NUSANTARAEXPRESS, BINTAN - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan usulan dari masyarakat yang kemudian dikerjakan secara bersama oleh TNI AD bersama pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya.

Karena itu, setiap pelaksanaan TMMD, semata-mata hanya untuk memenuhi harapan warga akan geliat pembangunan di wilayahnya, sehingga pada akhirnya warga jualah yang merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan.

Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan (Kapendam I/BB), Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, di sela peninjauan sasaran fisik TMMD ke-107 Kodim 0315/Bintan di Kampung Tanjung Siambang, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (7/4/2020).



Dalam peninjauan ke lokasi sasaran fisik semenisasi jalan sepanjang 1.050 meter dan pemasangan gorong-gorong itu, Kapendam hadir bersama Kasrem 033/Wira Pratama, Kolonel Inf Jimmy Watuseke, serta Dansatgas TMMD ke-107 yang juga Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa.

Di kesempatan ini, Kapendam menyatakan apresiasinya atas pelaksanaan TMMD di Kampung Tanjung Siambang itu. Karenanya, ia meminta agar pekerjaan dilaksanakan dengan baik, sehingga program TMMD sesuai dengan harapan bersama.

"Kegiatan TMMD ini dilakukan dengan adanya usulan dari masyarakat untuk membuka jalan. Oleh karena itu, sangat diharapkan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik guna memenuhi harapan warga dan kita bersama," kata
Kolonel Zeni.

Sembari menyapa warga yang antusias menyabut kehadiran rombongan, Kolonel Zeni juga berkesempatan mendengarkan testimoni warga yang mengucapkan terima kasih atas sumbangsih TNI, Polri dan Pemko Tanjungpinang yang dengan jerih payahnya telah membangun semenisasi jalan dan gorong-gorong di kampung mereka.

"Terima kasih yang tak terhingga untuk TNI, Polri dan Pemko Tanjungpinang yang sudah membangun jalan di kampung kami menjadi lebih baik. Kami warga yang sebagian besar adalah nelayan, selama ini harus melalui jalan yang becek dan berlumpur. Kini jalan kami sudah bagus, tidak becek lagi,” ujar Juliadi, Ketua RT 02/RW 01, Kampung Tanjung Siambang.

Kolonel Zeni pun tidak lupa memberi semangat kepada Juliadi yang mewakili warga untuk ikut membantu perawatan sasaran fisik yang telah dibangun.

"Semua yang dibangun ini hanya untuk rakyat. Jadi tolong dirawat dan dipelihara, sehingga masa pakainya akan lebih tahan lama," ucap Pamen TNI AD lulusan Akmil 1993 ini.

Di kesempatan yang sama, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa juga menyampaikan ucapan terima kasih atas waktu yang diberikan oleh Pangdam I/BB melalui Kapendam dalam peninjauan lokasi sasaran fisik ini.

Turut hadir dalam peninjauan, antara lain Kasdim 0315/Bintan Letkol Inf Horas Sitinjak, SIP, Pasi Bakti Korem 033/WP, Kapten Chb Suriman, Pasiter Kodim 0315/Bintan, Kapten Inf Baziduhu Zebua, Dan SSK TMMD ke-107 Kodim 0315/Bintan, Letda Inf Iyansyah, serta Lurah Dompak, Herri dan perangkat Kampung Tanjung Siambang, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

Sumber: Pendam I/BB

NUSANTARAEXPRESS, SEMARANG - Ditengah masa pandemi Corona, persediaan darah di PMI semakin berkurang bahkan minim. Untuk membantu mengatasi minimnya persediaan darah tersebut, Kodam IV/Diponegoro menggelar donor darah di Aula Denmadam, Semarang, Selasa (07/04/2020).

"Donor darah dilakukan untuk membantu PMI dalam mengatasi minimnya persediaan darah", terang Kakesdam IV/Diponegoro, Kol Ckm dr. Rahmat Saptono, Sp.OG. di Kantornya.



Masih kata dr Rahmat, kita semua sangat prihatin dengan adanya wabah corona. Kita juga harus bersatu melawan virus yang telah menelan banyak korban, diantaranya dengan konsisten melakukan social dan physical distancing.

Namun demikian kita juga tidak boleh lengah dengan ancaman kekurangan ketersediaan darah di PMI.

"Masih banyak masyarakat diluar sana yang membutuhkan darah untuk kesembuhan mereka. Ingat setetes darah yang kita sumbangkan dapat menyelamatkan nyawa seseorang, dan Kodam IV sangat peduli itu, tegasnya.

Apa yang dilakukan Kodam IV/Diponegoro kali ini, diharapkan dapat membantu PMI untuk memenuhi ketersediaan darah dan menyelamatkan nyawa masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah kali ini berhasil menghimpun 123 kantong darah segar yang siap untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI Kota Semarang. (*)

NUSANTARAEXPRESS, MEDAN - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Persatuan Istri Tentara Angkatan Darat (Persit) tahun 2020, Ketua Umum (Ketum) Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Hetty Andika Perkasa mendistribusikan paket bantuan ke seluruh Rumah Sakit TNI AD.(Senin 06 april 2020).

Dengan kepedulian niat hati yang tulus, dengan adanya perkembangan situasional saat ini merebaknya Virus Corona atau Virus Disease (Covid-19) di Indonesia, Ketua Umum Persit KCK Ny Hetty Andika Perkasa memberikan bantuan berupa makanan dan obat obatan kepada para tenaga medis penanggulangan Covid-19 Rumah Sakit Tentara TK IV/ Pekan baru melalui pesawat komersil bertempat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.



Pada kesempatan tersebut Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Junaidhi, S.Sos menyampaikan "Kami atas nama Kodam I/BB mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Ketua Umum Persit, karena ini sangat membantu dan dibutuhkan di tengah wabah Covid-19 ini, diharapkan agar imunitas para tenaga medis kita terjaga dan tubuh tetap prima,"ungkap Kapen

Kapendam I/BB berharap agar masyarakat melaksanakan semua imbauan pemerintah tentang pencegahan Covid-19 mengingat ancaman virus corona sangat luar biasa. “Ini dilakukan mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar.

“Dalam hal ini, kami akan mendukung sepenuhnya kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat maupun Komando Atas,” tegasnya.

Menurut Kapendam, bantuan dari Ketua Umum Persit KCK yang kami terima ada 8 koli yang kita terima, 6 koli untuk di Rumkit Medan 2 Koli, Rumkit Pematang Siantar : 2 koli, Rumkit Binjai : 2 koli dan Rumkit Pekanbaru : 2 koli. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk simpati Persit kepada tenaga medis di wilayah Kodam I/BB sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19,"terang Kapen

Tambahnya lagi Bantuan tersebut sangat berguna memenuhi kebutuhan dalam menangani penyebaran Covid-19. "Terutama kebutuhan untuk tenaga medis dan paramedis yang akan menangani COVID-19 ini,"

Hal ini dilakukan bertujuan meningkatkan rasa solidaritas, kebersamaan, tanggung jawab, tenggang rasa, dan rasa tolong menolong antar sesama dalam menangani penyebaran Covid-19. Tegasnya

Maka dari itu Semua pihak harus saling bahu-membahu membantu pencegahan dan penanggula ngan Covid-19. Menurutnya, dengan ditempuhnya opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah pusat, tentu ada masyarakat yang merasakan dampak langsung.

“Dalam menangani virus corona ini perlu adanya kerjasama yang terjalin harmonis dengan semua elemen khususnya pemerintah dan masyarakat sehingga wabah virus mematikan ini dapat segera berlalu”. Tutup Kapendam I/BB

Sumber : Pendam I/ BB

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Untuk memutus Covid 19, Lurah Sirandurung di dampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan kegiatan monitoring warga. Senin (06/04/20) di seputaran Kelurahan Sirandurung - Kabupaten Labuhanbatu.

Kegiatan monitoring Lurah Sirandurung M. Kamisdan Ritonga.S.A.P. MM selaku Lurah Sirandurung bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Polres Labuhanbatu S.Manullang dan Babinsa Kodim Napitupulu melakukan monitoring warga yang baru pulang dari luar daerah/kota dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 di kabupaten Labuhan batu.

Jelas Luran Silandurung, “Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di Kelurahan  Sirandurung dan sekitar nya, sesuai dengan arahan dari Bapak H.Andi Suhaimi Dalimunthe.ST.MT selaku Bupati Labuhan Batu”.

Ujarnya, “Menghimbau agar seluruh Perangkat Daerah dari Kecamatan sampai ke pedesaan agar bisa bekerja sama dan saling membantu untuk memutuskan penyebaran Covid 19”.

“Menghimbau kepada seluruh warga kalau ada keluarga yang baru datang dari luar daerah atau luar kota agar dapat melaporkan kepada kepling agar secepat mungkin bisa diturunkan pihak medis dari Puskesmas terdekat, supaya kalau ada gejala bisa secepat mungkin di atasi. Atas kerja samanya saya ucapkan terima kasih”. Ujar Lurah Sirandurung. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, PANAI TENGAH - Kapolsek Panai tengah AKP RUDI HARTONO LAPIAN, SH, dan Bhabinkamtibmas Polsek Panai Tengah AIPDA JUPRIADI melakukan kegiatan penyemprotan Desinfektan Covid-19, Selasa tanggal 07 April  2020, pukul 10.30 Wib di Desa Sei Jawi Jawi Kec. Panai Hulu.

Jelas Kapolsek, kepada awak media nusantaraexpress.com, “Giat penyemprotan desinfektan ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran wabah Virus Corona / Covid-19”.



Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Panai tengah AKP RUDI HARTONO LAPIAN, SH, dan Bhabinkamtibmas AIPDA JUPRIADI bersama Camat Panai Hulu, TNI, Kepala Desa Sei Jawi Jawi, tim Medis Puskesmas Panai Hulu dan warga Desa Sei Jawi Jawi Kec. Panai Hulu.

Giat dari Polri dan Forkomincam ini melakukan Penyemprotan Desinfektan guna untuk pencegahan atau memutus mata rantai  penyebaran wabah Virus Corona / Covid-19 di Desa Sei Jawi Jawi Kec. Panai Hulu dan menyampaikan Himbauan maklumat Kapolri dengan menggunakan pengeras suara terhadap warga masyarakat Desa Sei Jawi Jawi Kec. Panai Hulu yang berkunjung ke Pekan Sido makmur Desa Sei Jawi Jawi Kec. Panai Hulu, tentang pencegahan penyebaran Virus Corona / Covid-19 dan larangan untuk tidak mudik jelang Bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri.

Kades dan Warga tersebut diatas merasa senang atas kehadiran Polri dan mengucapkan terimakasih atas penyemprotan Desinfektan dan himbauannya. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos km 76 dipimpin oleh Sertu Khamdi sebagai Wadanpos Km 76 melaksanakan pemeriksaan kendaraan yang melintas di jalan poros Trans Papua km 76 Distrik Mannem.

Hal tersebut yang di sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Letkol Inf Ary Sutrisno S.I.P dalam rilis tertulisnya di kabupaten Keerom, Papua. Selasa (07/4/2020).

"Pemeriksaan kendaraan yang gencar dilaksanakan merupakan kegiatan untuk meminimalisir tindak kriminalitas dan tindakan illegal yang sering dilakukan oleh sekelompok orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab dan belum sadar bahwa yang dilakukan itu salah dan melanggar hukum".



Selain itu Dansatgas juga menegaskan bahwa, dengan aktifnya anggota Satgas dalam hal ini Pos km 76 melaksanakan kegiatan pemeriksaan kendaraan roda dua dan empat juga membuat rasa aman dan nyaman warga atau masyarakat sekitar yang tinggal di dekat pos.

Barang-barang terlarang yang beredar seperti minuman keras dan ganja, merupakan barang yang dilarang oleh pemerintah karena berdampak negatif bagi si pengguna, walaupun mengkonsumsi miras merupakan kebiasaan dan budaya bagi masyarakat yang tidak bisa di hilangkan, namun demikian jika aparat keamanan juga turut membantu dalam meminimalisir peredaran barang terlarang tersebut, lambat laun barang terlarang tersebut akan sedikit dan berkurang peredarannya.

Ucapan terima kasih masyarakat kepada anggota Satgas Pos km 76 melalui Bapak Ondo Afi Fransiskus Musuy (51) dengan seringnya diadakan pemeriksaan kendaraan secara rutin semakin berkurang juga peredaran barang terlarang dan masyarakat yang mengkonsumsinya.

Autentikasi
Papen Satgas Raider 300
Lettu Inf Dody Suyono

NUSANTARAEXPRESS, SURAKARTA - Untuk memastikan personilnya faham akan tugas dan tanggung jawabnya, Danramil 02/Banjarsari Kodim 0735/Surakarta Kapten Inf Narno melaksanakan kegiatan pengecekan personel dengan cara Apel Pagi di halaman Koramil 02/Banjarsari Jl.Ahmad Yani No 273 Surakarta ( 7/4).

Kegiatan apel pengecekan merupakan salah satu pembinaan yang dilaksankan oleh Kapten Inf Narno Selaku Danramil serta sarana menyampaikan informasi kegiatan dalam mendukung upaya pencegahan dan mematikan perkembangan Virus Corona (Covid-19).

Pada kesempatan apel pengecekan Danramil memberikan penekanan kepada Anggota sebelum melaksankan tugas sesuai  dengan pembagian tugas Masing - masing. penekanan yang di sampaikan yaitu pertama untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, melaksanakan tugas pokok dengan sungguh sungguh tanpa ada pamrih, Jaga dan pertahankan kekompakan, Hindari pelanggaran serta Selalu menjaga kesehatan Sterilkan diri sebelum pulang kerumah dan bertemu keluarga.

Tidak lupa Danramil juga Menyampikan " agar anggota tetap menjaga kesehatan dan kebugaran baik individu mau keluarga  di hadapkan padatnya kegiatan di wilayah Surakarta".

(Agus Kemplu)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN – Personil Kodim 0107/Aceh Selatan gelar kegiatan donor darah yang bertempat di Aula Makodim Jl. T. Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Selasa 07/04/2020.

Kegiatan donor darah ini dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dan juga mengatasi ketersediaan stock darah di PMI. Hal tersebut juga atas arahan langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Andika dalam rangka mengatasi kekurangan persedian darah di wilayah satuan masing-masing.



Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R. Sulistiya Herlambang HB mengatakan, Bhakti Sosial dengan donor darah ini sangat perlu dilakukan ditengah pandemi Covid-19 ini khususnya di Aceh Selatan guna mengatasi dan membantu PMI menyuplai darah ke RSUD Yulidin Away untuk diperuntukan bagi pasien yang membutuhkan.

“Ditengah memfokuskan kegiatan pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran virus corona ini, kita juga peduli terhadap hal yang lain termasuk melakukan donor darah dalam rangka membantu PMI menyediakan cadangan darah diperuntukan bagi pasien yang membutuhkan di RSUD Yulidin Away Aceh Selatan” ujar Dandim

Dandim juga menyampaikan, ditengah-tengah maraknya penyebaran Virus Corona yang melanda Dunia termasuk Indonesia, Kodim 0107/Aceh Selatan akan terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan mengambil langkah-langkah yang efesien dengan tetap bersinergi dengan Pemda Aceh Selatan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

“Melalui donor darah ini juga sebagai upaya kita mengatasi kesulitan pemerintah, PMI dan masyarakat aceh selatan untuk mendapatkan kesediaan darah ditengah social distancing saat ini” ungkap Dandim

Selain itu Letkol Herlambang menambahkan, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah dengan mengatur waktu dan jarak pada saat hendak melakukan donor darah tersebut dan juga bekerjasama dengan Poskes IM 10.05 Tapaktuan dan UTD RSUD Yulidin Away.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, kita menerapkan prosedur yang ketat saat pelaksanaan donor darah, yaitu Physical dan Social Distancing” tambah Dandim.

Sementara itu, Ketua PMI Aceh Selatan H. Nasjuddin, SH.MM dan juga sebagai Sekda Aceh Selatan saat ini diwakili oleh Penanggung jawab UTD RSUD Yulidin Away dr. Adil Dinata Simangunsong, Sp.PK mengucapkan rasa terimaksihnya kepada TNI dalam hal ini Kodim 0107/Aceh Selatan atas partisipasi yang telah diberikan untuk memenuhi kesedian darah di PMI Aceh Selatan dan RSUD Yuliddin Away.

"Ini bukan kali pertama pihak Kodim Aceh Selatan bekerja sama dengan PMI dan UTD RSUD Yulidin Away dalam melakukan kegiatan sosial donor darah. Untuk itu kami mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI dan semoga donor darah ini bermanfaat bagi masyarakat Aceh Selatan khususnya" tutupnya. (Pendim Asel/Hsn)


NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Sehubungan dengan pemberitaan awal sesuai keterangan Kadinkes Bengkalis Dr. Ersan Saputra, bahwa pasien yang masuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait wabah covid 19 bertambah 1 merupakan warga Pulau Rupat.





Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata menurut Jubir Siaga Covid 19, Alwizar, bahwa pasien yang kini dirawat di RS Pertamina Dumai tersebut merupakan rujukan dari Klinik Sei. Pakning, Kec. Bukit Batu, bukan dari Pulau Rupat.





"Itu berita PDP dr Rupat yg dirawat di RS. Pertamina tu salah tu..yg benar rujukan dr Klinik Pertamina Sei Pakning ke RS. Pertamina Dumai, " ujar Alwizar melalui jejaring WhatsApp wartawan, Senin malam ini.





Sebelumnya telah di beritakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis, Dr. Ersan Saputra mengatakan, bahwa PDP di rawat di RS Pertamina Dumai, karena jarak Rupat dengan Bengkalis cukup jauh.





Dijelaskan, bahwa RS Pertamina telah ditetap sebagai RS rujukan untuk cobud 19. Sedangkan riwayat pasien masih menunggu laporan dari Puskesmas.





"Yang pasti kemarin pasien ini sudah dilakukan PE (Penyelidikan Epidemiologi), "tambah Ersan.





Menurut dia, saat ini jumlah pasien ODP di Bengkalis sebanyak 3.521 orang, selesai dilakukan pemantauan 1.238 orang, dan masih proses pemantauan berjumlah 2.283 orang.





"Sejauh ini, PDP di Kabupaten Bengkalis berjumlah 15 orang, namun yang sudah sehat dan dinyatakan pulang 8 orang. Sedangkan sisanya 7 orang yang kini sedang menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.**Budi




NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Seorang warga Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, kini masuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tekait wabah covid 19. Sehingga dengan ditetapkan status PDP di Kabupaten Bengkalis sehubungan dengan wabah virus corona bertambah satu orang.





Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis, Dr. Ersan Saputra, bahwa dengan bertambahnya PDP satu orang tersebut, kini yang masih dalam perawatan di RS Pekanbaru menjadi 7 orang, dan di RS Pertamina Dumai 1 orang.



"Pasien ini sedang di rawat di Rumah Sakit Pertamina Dumai. Karena mengingat jarak Rupat dengan Bengkalis cukup jauh, "terangnya, Senin (06/04/20) malam.



Dijelaskan, bahwa RS Pertamina telah ditetap sebagai RS rujukan untuk cobud 19. Sedangkan riwayat pasien masih menunggu laporan dari Puskesmas.



"Yang pasti kemarin pasien ini sudah di lakukan PE (Penyelidikan Epidemiologi), "tambah Ersan.



Menurut dia, saat ini jumlah pasien ODP di Bengkalis sebanyak 3.521 orang, selesai dilakukan pemantauan 1.238 orang, dan masih proses pemantauan berjumlah 2.283 orang.



"Sejauh ini, PDP di Kabupaten Bengkalis berjumlah 15 orang, namun yang sudah sehat dan dinyatakan pulang 8 orang. Sedangkan sisanya 7 orang yang kini sedang menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.**Budi

Diberdayakan oleh Blogger.