NUSANTARAEXPRESS, PONTIANAK - Bertempat di ruang kerjanya, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjadi salah satu narasumber pada webinar dengan tema, "Menggelorakan Semangat Kepahlawanan Untuk Meningkatkan Nasionalisme dan Pembangunan Nasional", Pontianak Senin (16/11/20).

Webinar memperingati Hari Pahlawan tahun 2020 ini digelar oleh Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Pontianak. Selain Pangdam, bertindak sebagai narasumber diantaranya, Dubes Azerbaijan (Ketua PWNU Kalbar), Hildi Hamid, Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus dan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Garuda Wiko serta Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum selaku keynote speaker. Sedangkan moderator, Kakanwil DJKN Kalbar, Edward UP. Nainggolan.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang menyampaikan materi tentang Menanamkan Nilai - Nilai Nasionalisme Dalam Mendukung Pembangunan Nasional mengatakan, salah satu program pembangunan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pembangunan karakter.

[nextpage title="next"]
"Dalam hal pembangunan SDM maka Kodam XII/Tpr telah mengambil langkah-langkah dalam rangka menerapkan nilai-nilai semangat nasionalisme melalui beberapa kegiatan diantaranya melalui metode komunikasi sosial kemudian pembinaan pembangunan wilayah dan bhakti TNI," kata Pangdam.

Sedangkan nasionalisme, kata Pangdam, pada prinsipnya adalah suatu paham kebangsaan dari masyarakat pada suatu negara yang mana memiliki kesadaran dan semangat akan cinta tanah air dan juga bangsa yang bisa dalam rangka membentuk, mendukung karakter bangsa dan negara. Sedangkan apabila dilihat dari ciri-cirinya nasionalisme itu sendiri diantaranya adalah bagaimana kita memiliki dan menjaga akan keberadaan bangsa Indonesia.

"Kita harus bisa mementingkan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompok, adanya rasa semangat persatuan dan kesatuan di dalam bangsa kita," ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selanjutnya Pangdam mengatakan, sedangkan pembangunan nasional adalah sebagai upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara sekaligus merupakan proses pembangunan keseluruhan sistem penyelenggaraan negara untuk mewujudkan negara atau dapat diartikan sebagai upaya pembangunan yang berkesinambungan untuk melaksanakan tugas mewujudkan cita-cita nasional.

[nextpage title="next"]
Menurut Pangdam, implementasi jiwa nasionalisme dalam pembangunan nasional tentunya dipengaruhi oleh faktor yang dapat mendukung terwujudnya paham nasionalisme. Diantaranya, adanya nilai-nilai ikatan senasib dan sepenanggungan, bertempat tinggal di suatu wilayah yang sama namun satu tujuan serta semangat kejuangan yang sama.

Sedangkan pada saat masa ini terutama di masa bangsa Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19 maka harus adanya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat secara kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan masker, menghindari kerumunan, selalu menjaga jarak dan kesadaran mematuhi berbagai ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

"Oleh karenanya dalam rangka menghadapi Covid-19 diperlukan adanya semangat jiwa nasionalisme dari seluruh bangsa Indonesia demi kelangsungan hidup bersama. Jika dimasa lalu berjuang melawan penjajah maka di masa sekarang ini adalah bagaimana bangsa Indonesia dengan rasa nasionalisme tinggi harus bisa dan mampu melawan sebagai bangsa pemenang di dalam melawan Covid-19," pungkas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - 50 (Lima) Papan Bunga Ucapan Selamat dan Sukses Atas Pengungkapan Dan Penangkapan Sabu Sabu 15 Kg datang dari berbagai elemen masyarakat dipajang  di sepanjang jalan MH. Thamrin depan Mako Polres Labuhanbatu.

Hal ini membuktikan dukungan dari masyarakat akan pemberantasan narkoba di Wilkum Polres Labuhanbatu Raya cukup tinggi, oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK.,MH menyampaikan kepada seluruh personil saat pelaksanaan apel pagi hari senin 16 Nopember 2020 yang dihadiri Wakapolres Kompol Taufiq, para PJU, para Perwira, Brigadir dan ASN.
"Saya cukup bangga dengan satuan ini atas prestasi yan ditorehkan,sehingga marilah kita tetap berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,seperti janji saya saat pertama datang disini saya akan menjaga dan menjamin keamanan se Labuhanbatu Raya dan sebentar lagi kita akan dihadapkan pesta demokrasi yaitu pilkada serentak yang diwilayah kita diikuti Labuhanbatu induk,Labura dan Labusel harus bisa kita deteksi dari sekarang tentang tingkat kerawanan, sehingga dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan lancar".

[nextpage title="next"]
Seperti diberitakan sebelumnya Polres Labuhanbatu dengan diback up Ditres Narkoba Polda Sumut pada hari Kamis 12 Nopember 2020 di Jalan Lintas Sumatera KM 330/331 Desa Sisumut Kec.Kota Pinang Kabupaten Labusel berhasil mengungkap 15 Kg sabu sabu, dimana pelakunya dua orang bernama ES (Lk 27 Th) dan AF (Lk 20 Th) tewas dalam penangkapan saat pengembangan kasus dan dua orang personil Sat Narkoba bernama BRIPTU Heri Chandra dan BRIPTU Yusuf Hade mengalami cidera pada saat itu dan sempat dirawat inap selama satu malam di RS.Bhayangkara Polda Sumut. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pandemi yang sedang kita hadapi menyadarkan kita bahwa "kesehatan adalah hal utama yang wajib kita pelihara", demikian ucap Pjs.Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP pada peringatan hari kesehatan Nasional diruang kerjanya jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan Senin (16/11/2020).

Jagalah waktu sehatmu dengan sering berolahraga,jaga kebersihan lingkungan, kebersihan badan, dan atur pola makan dengan makanan yang sehat, mudah-mudahan itu dapat menghindarkan diri kita dari penyebaran bibit penyakit.

[nextpage title="next"]
Terlebih masa pandemi Covid-19 ini, menurut Fitryus, menjaga kesehatan diri dengan mengikuti protokol kesehatan sangatlah penting, karena itu juga menjaga diri kita beserta keluarga yang kita cintai dari virus yang berbahaya tersebut.

Untuk itu mari Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.
Jaga Diri, Keluarga dan Masyakarat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19. Selamat Hari Kesehatan Nasional 2020, ucap Mhd.Fitryus. [Rahmad]


NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat Kandidat empat Pasangan Calon (Paslon) yang ada di Bupati Bengkalis di gedung Cik Puan jalan Hang Tuah, kota Bengkalis dengan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes), Minggu (22/11/20) sekitar pukul 19.30 WIB.





Hal ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Fadhillah Al-Mausuly, bahwa meskipun penyampaian visi-misi dan debat ini bersifat terbuka untuk umum, namun mengingat masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, maka bagi masyarakat bisa menyaksikan live streaming melalui Facebook, dan Yautube KPU Kabupaten Bengkalis.






"Selain itu, masyarakat juga bisa menyaksikan debat kandidat ini secara langsung melalui UB TV (chanel 6). Oleh karena itu mari kita sama-sama menyaksikan penyampaian visi-misi dan debat kandidat tersebut," ujar Ketua KPU, Minggu (15/11/20).






[nextpage title="next"]
Dijelaskan, dengan diadakan penyampaikan visi-misi dan debat kandidat untuk keempat Paslon Bupati ini, agar masyarakat bisa mengenali dan mengetahui visi-misi mereka untuk menentukan pilihan. "Jadilah pemilih yang cerdas, "tegas Fadhillah.





Peserta PEMILU untuk PILKADA 2020 Kabupaten Bengkalis ada empat pasangan calon. Nomor urut 1 Calon Bupati Kade Rismanto berpasangan dengan Iyet Bustami dengan diusung dua partai PDIP dan PKB.





Selanjutnya, calon Bupati nomor urut 2 Abi Bahrun berpasangan Herman Achmad diusung dua partai PKS dan PPP. Kemudian nomor urut 3 Kasmarni berpasangan Bagus Santoso diusung lima partai PAN, PBB, Nasdem, Gerindra dan Demokrat, dan nomor urut empat Indra Gunawan berpasangan Samsu Dalimunthe diusung dua partai yakni Golkar dan Perindo. [**Budi]


NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat memimpin upacara Wisuda Purna Bhakti prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal yang dilaksanakan di lapangan Laut Maluku Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (16/11/2020).

Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan bahwa upacara yang diselenggarakan ini merupakan salah satu tradisi TNI AL untuk memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada 231 Anggota Kodiklatal yang memasuki masa purna tugas. Mereka terdiri dari 217 orang purna wirawan TNI AL dan 14 orang Wredatama PNS yang memasuki masa purna tugas dan mengakhiri pengabdian formalnya sebagai anggota dan PNS TNI Angkatan Laut di lingkungan Kodiklatal.



[nextpage title="next"]
Menurutnya, upacara ini tidak hanya simbolis formal semata namun ucapara tradisi Wisuda Purna Bhakti hari ini memiliki dua makna yang penting bagi organisasai maupun bagi para wisudawan. Bagi organisasai upacara ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi dari pimpinanan TNI AL atas Dharma Bakti, dedikasi, loyalitas dan kinerja wisudawan selama menjadi prajurit maupun pegawai negeri sipil TNI AL di lingkungan Kodiklatal.

Sedangkan makna yang kedua mengandung nilai nilai yang menggambarkan peristiwa diakhirinya perjalanan panjang pengabdian para wisudawan serta simbul pewarisan nilai nilai luhur kepemimpinan dari generasi yang telah memasuki masa purna bhakti kepada generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan dan pengabdian kepada TNI AL bangsa dan negara khususnya Kodiklatal tercinta.

Tampak hadir dalam Upacara Wisuda Purna Bhakti tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han), para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, Komandan Puslat dan Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal selain itu hadir pula Inspektur Kodiklatal dan Kepala Keungan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal. [*]

NUSANTARAEXPRESS, CIANJUR - Bataliyon Infanteri Raider 300/Bjw melaksanakan kegiatan Sosialisasi bahaya NARKOTIKA dari BNN serta pengecekan urine yang dipimpin langsung oleh Kompol Giwangkara ( kasi pemberantasan narkoba kab. cianjur).

Hal tersebut di sampaikan Komandan Bataliyon Infanteri Raider 300/Bjw Letkol Inf Jani Setiadi dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur. Senin (16/11/2020).



[nextpage title="next"]
Dijelaskan Danyonif Raider 300/Bjw, Sosialisasi dan pengecekan urine yang di laksanakan oleh BNN Kab. Cianjur kepada prajurit Raider 300/Bjw tentang pasal-pasal pengguna narkotika untuk menambah wawasan serta menghindari barang haram tersebut.

Menurut Kompol Giwangkara (51) tujuan diadakan Sosialisasi dan pengecekan urine tentang Narkotika kepada Prajurit Raider 300/Bjw bahwa bahaya narkoba akan membawa dampak tidak baik terhadap satuan, terutama kepada prajurit itu sendiri dan keluarganya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa bahaya dampak penyalahgunaan narkoba sangat fatal, bahkan hingga berujung kematian. Olehnya, seluruh keluarga besar Yonif Raider 300/Bjw diharapkan dapat menghindari penyalahgunaan narkoba.

[nextpage title="next"]
Di samping itu juga dari pihak BNN Kab. Cianjur juga melaksanakan pengecekan kepada setiap Prajurit Raider 300/Bjw yaitu dengan pengecekan urine untuk meyakinkan Prajurit Raider 300/Bjw benar-benar bebas dari narkoba.

Danyonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Jani Setiadi sangat senang dengan adanya Sosialisasi narkotika ini karena para Prajurit Raider 300/Bjw sehingga dapat mengetahui, mengenal dan menghindari penyalahgunaan obat obatan tersebut.

" Jani bahkan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin. “Saya pikir kegiatan seperti ini sangat bagus. Disamping dapat memberikan pengetahuan kepada para Prajurit juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya. (Pen Yonif Raider 300/Bjw)

NUSANTARAEXPRESS, MANOKWARI - Satuan Bintaldam XVIII/Kasuari menggelar kegiatan pembinaan mental, ideologi, kejuangan (Bintalidjuang) dan pembinaan rohani (Binroh) di Yonif 764/IB (9/11/2020) dan Kodim 1804/Kaimana (10/11/2020) jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

"Selain untuk melaksanakan program kerja (Progja) Bintaldam XVIII/Kasuari di Triwulan IV juga dalam rangka menekan terjadinya pelanggaran oleh para Prajurit di satuan jajaran (Satjar) Kodam XVIII/Kasuari," ucap Kepala Pembinaan Mental Kodam (Kabintaldam) XVIII/Kasuari, Kolonel Czi Didik Marhedi, Sabtu (14/11/2020) di Markas Bintaldam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.



[nextpage title="next"]
Dalam kegiatan di dua satuan jajaran (Satjar) Kodam XVIII/Kasuari yang berada di Kabupaten Kaimana tersebut, materi pembinaan mental diberikan oleh Kabintaldam dan Kalakbintaljarah Bintaldam, Letkol Caj Ahmad Subri. Adapun materinya sendiri meliputi tiga fungsi atau lingkup tugas bidang Bintal yang dikenal dengan istilah 'RIK' yakni Rohani, Ideologi, dan Kejuangan.

"Kepada para Prajurit, PNS, dan ibu-ibu Persit KCK warga Yonif dan Kodim yang hadir pada kegiatan Bintal itu kita juga sampaikan dan ingatkan kembali kepada mereka untuk menghindari terjadinya pelanggaran dalam penggunaan media sosial (Medsos), baik oleh diri pribadi masing-masing maupun anggota keluarganya," ujar Kabintaldam.

"Selain itu juga tentang pentingnya berolah raga, sebagaimana penyampaian Pangdam XVIII/Kasuari bahwa kalian harus berolahraga kapan pun itu bila ada kesempatan. Hal ini sesuai dengan ST Kasad, yaitu mulai pkl 07.00 hingga 09.00 WIT, sehingga fisik kita tetap terjaga dan sehat," tambahnya.

[nextpage title="next"]
Khusus kepada para Prajurit TNI AD yang bertugas di Yonif dan Kodim, diingatkan dan diberikan pemahaman kembali tentang pentingnya Netralitas TNI pada kegiatan pesta demokrasi, termasuk didalam rangkaian proses Pilkada yang berlangsung di Provinsi Papua Barat.

"Saya berharap, para Prajurit, PNS, dan Persit KCK, termasuk didalamnya para Komandan Satuan (Dansat) memiliki rohani, ideologi, dan mental kejuangan yang tangguh sehingga akan lebih optimal dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dalam kedinasan maupun sekaligus meminimalisir terjadinya pelanggaran.

(Pendam XVIII/Ksr)


NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pemerintah berencana akan menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium. Pemerintah menyebut BBM Premium akan dihapus sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON).





Adapun penghapusan BBM jenis premium ini akan dilakukan pada 1 Januari 2021. Rencananya, BBM Premium akan dihapus dari wilayah Pulau Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).





[nextpage title="next"]
Ekonom IKS, Eric Sugandi menilai BBM jenis premium sendiri memang sudah mulai langka di berbagai SPBU sejak beberapa bulan lalu. Menurutnya, hal ini merupakan langkah yang didorong pemerintah untuk mendorong masyarakat beralih ke BBM jenis lain.





Namun menurutnya, penghapusan BBM premium ini tentu akan memberikan dampak inflasionernya.  “Tapi inflasi keseluruhan mungkin tetap relatif rendah karena tekanan dari demand side masih lemah,” kata Eric kepada KONTAN, Minggu (15/11).





Adapun menurut Eric, penghapusan BBM jenis premium dinilai akan membantu pemerintah mengurangi impor migas yakni BBM. Namun sayang Eric belum bisa mengukur berapa besaran pengurangan impor BBM.





 





Sumber: Kontan.co.id





 




NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Di hari terakhir rangkaian KTT ke-37 ASEAN yang berlangsung pada Minggu, 15 November 2020, Presiden Joko Widodo akan menghadiri sejumlah konferensi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kepala Negara akan mengawali rangkaian acara dengan menghadiri KTT ke-11 ASEAN-PBB. Selanjutnya, Presiden juga akan hadir pada KTT ke-4 Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada 9 November 2020 lalu, RCEP merupakan perjanjian perdagangan bebas di kawasan yang melibatkan 15 negara. Perjanjian tersebut memiliki tujuan untuk membuka akses pasar, menyediakan fasilitas perdagangan dan investasi, serta mempromosikan integrasi ekonomi regional.

[nextpage title="next"]
Di tengah upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini, penandatanganan perjanjian RCEP diharapkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan dunia usaha sekaligus menjaga stabilitas industri dan rantai pasok regional dan global, serta menunjukkan dukungan kawasan untuk sistem perdagangan multilateral yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

Rangkaian KTT ke-37 ASEAN ini akan ditutup dengan upacara penutupan yang akan berlangsung siang nanti. Pada upacara penutupan tersebut sekaligus akan ada serah terima keketuaan ASEAN dari Vietnam kepada Brunei Darussalam.

Untuk diketahui, rangkaian KTT ke-37 ASEAN ini dimulai pada Kamis, 12 November 2020, lalu dengan Vietnam, yang pada tahun ini terpilih sebagai Ketua ASEAN, bertindak selaku tuan rumah.

[nextpage title="next"]
Rangkaian KTT tersebut membahas langkah bersama untuk mencegah dampak kesehatan yang lebih luas dari pandemi Covid-19 bagi kawasan. Para kepala negara atau pemerintahan ASEAN juga membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan negara-negara mitra untuk menangani dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi.


(BPMI Setpres)







NUSANTARAEXPRESS, LAMPUNG - Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) merayakan HUT ke-13 tahun 2020 ini pada Rabu (11/11/2020). Syukuran 13 tahun PPWI tersebut secara nasional diselenggarakan di Kebon Kredo Coffe, Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.




Selain Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A.; acara syukuran juga dihadiri oleh sejumlah pengurus dan anggota PPWI, antara lain Ir. Anang Priantoro selaku Dewan Penasehat PPWI Lampung yang juga merupakan pemilik Kredo Coffe. Selain itu, terlihat hadir Koordinator PPWI Regional Sumatra, Edi Suryadi; pemilik 10 media di Lampung, Husin Muchtar; dan perwakilan Pengurus DPD dan DPC PPWI di Provinsi Lampung.






[nextpage title="next"]
Di antara peserta acara ini, tidak ketinggalan terlihat Ketua dan Sekretaris DPC PPWI Karawang Jawa Barat, Dede Nurcahaya dan Neneng Jauhara Khairiah; serta Ketua dan Sekretaris DPC PPWI Ogan Komering Ilir Sumatra Selatan, M. Abbas Umar dan Agung Jepriansyah. Jumlah peserta acara yang berlangsung secara sederhana namun hikmat dan penuh keakraban itu tidak kurang dari 60 orang yang mewakili hampir seluruh kabupaten dan kota se Lampung.




Dalam sambutannya, Wilson Lalengke mengajak seluruh peserta untuk mengucapkan syukur atas perkembangan organisasi PPWI yang sampai saat ini semakin berkembang dan diterima oleh masyarakat, baik di Indonesia ataupun dunia.




"Pencapaian tersebut tentu tidak datang begitu saja. Keberhasilan tidak dicapai oleh satu dua orang, ini semua terjadi berkat kerja keras kita semua. Kekompakan, kebersamaan dan kemauan kita untuk selalu berbagi ide, apa yang ada dalam pikiran dan hati kita, dan mencoba memahami semua masalah yang muncul sehingga kita mampu mencari jalan keluar bagi persoalan-persoalan yang kita hadapi merupakan modal PPWI yang baik dan cukup menentukan. Itulah yang menjadi kekuatan kita," ungkap Alumni PPRA-48 Lemhanas RI Tahun 2012 itu.




[nextpage title="next"]
Lebih lanjut, Wilson menyampaikan terima kasih kepada para pengurus PPWI di seluruh Indonesia yang mau berbagi informasi tentang apa yang dirasakan, dicita-citakan, dan mengimplementasikan program PPWI di tengah masyarakat. Hal tersebut merupakan refleksi yang membanggakan bagi PPWI.



Lahirnya organisasi PPWI, tambah Wilson, bertujuan untuk menaungi semua elemen masyarakat yang beraktivitas di bidang jurnalistik, terutama jurnalisme warga. Kegiatan jurnalistik meliputi tulis-menulis, fotografi, video, dan pengelolaan media, termasuk di dalamnya aktivitas netizen yang memanfaatkan media-media sosial dan jaringan pertemanan.






"Salah satu tugas kita adalah berupaya merobah image publik yang menganggap bahwa dunia jurnalistik itu merupakan wilayah kerja para wartawan professional saja, warga kebanyakan tidak boleh ikut-ikut; kita dorong untuk masuk kepada pola pikir yang baru, yakni bahwa jurnalistik dan publikasi media massa itu adalah tugas dan tanggung jawab semua warga masyarakat," ulas jebolan pasca sarjana bidang Global Ethics dari Birmingham University Inggris ini.




[nextpage title="next"]
Hal tersebut sesuai dengan UUD 1945, Pasal 28F yang berbunyi: "Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia."




Jurnalistik itu tugas dan tanggung jawab kita semua, jangan biarkan pemberitaan yang muncul di ruang publik dikendalikan oleh satu dua pihak saja. Karena yang paling mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi di sekitar kita adalah kita sendiri, bukan orang lain.




"Jangan sampai apa yang terjadi di tempat kita diolah dan diberitakan oleh orang yang berada di luar daerah tersebut. Semestinya warga yang ada di lingkungan tempat kejadian suatu peristiwa itu sendiri yang harus memberitakan. Informasi dari merekalah yang paling asli, akurat, tepat, dan terpercaya. Prinsip yang diusung PPWI adalah _every citizen is journalist_ atau setiap warga adalah pewarta," jelas Wilson Lalengke yang juga menyelesaikan pasca sarjananya di bidang Applied Ethics di Utrecht University Belanda dan Linkoping University Swedia ini.




[nextpage title="next"]
Sementara itu, Anang Priantoro selaku Dewan Penasehat PPWI Lampung juga menyampaikan kebanggaan terhadap perkembangan PPWI, baik media maupun jurnalis, yang dalam pemberitaan sudah ada kemajuan dan tidak terpaku pada satu pokok pembahasan.




"Saya merasa senang karena media-media dan jurnalis yang bergabung dengan PPWI sudah mulai memberitakan informasi di berbagai bidang atau aspek yaitu politik, ekonomi dan pembangunan, pariwisata, kebudayaan, dan lain-lain. Tidak hanya berita kriminal saja yang dikedepankan," tandas Anang.



Koordinator PPWI Regional Sumatra, Edi Suryadi, yang bertindak sebagai pemandu acara syukuran selanjutnya mengajak Ketum PPWI dan seluruh peserta melakukan pemotongan tumpeng HUT Ke-13 PPWI, yang dilanjutkan makan siang bersama. (NJK/Red)




Liputan: Dede N






Diberdayakan oleh Blogger.