NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Memastikan hadir kesetaraan kesempatan. Jangan sampai yang kecil tertinggal apalagi tergilas. Itulah semangat kami di Pemprov DKI. Itulah pilihan arah kebijakan DKI selama beberapa tahun ini. Dan Alhamdulillah ideologi itu dilaksanakan secara serius dengan teknologi dan teknokrasi.



Alhamdulillah langkah itu mendapatkan PENGHARGAAN.






"Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta kembali meraih penghargaan. Kali ini pada Indonesia Government Procurement Award yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga negara yaitu LKPP RI (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah)".



Provinsi DKI Jakarta dinilai sebagai pemerintah daerah dengan inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan.




[nextpage title="next"]
Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LKPP Pak Roni Dwi Susanto pada Rakornas Pengadaan 2020 di Bogor, 18 November 2020.




Republik ini, kota ini harus dibangun dengan semangat gotong royong. Kami menerjemahkan visi ini menjadi berbagai terobosan/inovasi pengadaan oleh Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Provinsi (BPPBJ) DKI Jakarta.




Salah satu terobosan tersebut adalah e-Order. https://eorder-bppbj.jakarta.go.id



Inovasi PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) untuk belanja UMKM s/d 50 juta dengan menggunakan e-Order. Market place yang diluncurkan sejak tahun lalu ini, membuka ruang bagi UMKM untuk ikut menikmati PBJ di Indonesia. Pengadaan 22 juta masker kain untuk seluruh warga DKI di masa awal pandemi COVID-19 juga dimungkinkan melalui e-Order.




Kita terus mendorong kolaborasi warga dalam pengadaan barang dan jasa. Jika selama ini pemerintah melaksanakan sendiri program-programnya dan warga menunggu dilayani saja (City 1.0), sekarang kami bisa mengajak warga menjadi mitra pemerintah, bersama-sama menyelesaikan masalah kotanya. Ini yang kita sebut sebagai City 4.0, kota kolaborasi.




Dengan kolaborasi tentu saja akan membuat apa yang Pemprov DKI kerjakan makin akuntabel dan transparan. DKI Jakarta akan terus menjadi barometer dalam pelayanan sistem teknologi terkini, membangun sistem aplikasi kota cerdas (smart city), memberikan pelayanan yang efektif, cepat dan mudah.



Terima kasih atas kolaborasi LKPP RI selama ini, kita berharap bisa terus kembangkan dan mendorong lebih luas keterlibatan warga. Dengan pendekatan pembangunan seperti ini harapannya dapat mencapai tujuan kita: Keadilan Sosial.












NUSANTARAEXPRESS, KOTAPINANG - Pengedar Narkoba kambuhan berinisial ZT (34) ditangkap personel Sat Narkoba Polres Labuhanbatu, Rabu (18/11/2020) sekira pukul 12.00 WIB.

Penangkapan dipimpin Kanit I, Ipda. Sarwedi Manurung beserta tim beberapa saat setelah tersangka terpantau menyerahkan bungkusan kecil kepada seseorang di pekarangan rumah tinggalnya di Kel. Kotapinang, Kec. Kotapinang, Kab. Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Walaupun sempat berusaha melarikan diri, namun petugas berhasil meringkus ZT, dengan barang bukti sabu-sabu seberat 7,14 gram, yang dikemas dalam empat plastik klip transparan.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP. Deni Kurniawan, S.I.K, M.H. melalui Kasubag Humas, AKP. Murniati menjelaskan, penangkapan ZT yang telah meresahkan masyarakat tersebut berkat informasi masyarakat.

[nextpage title="next"]
Selanjutnya Kapolres, AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, M.H. memerintahkan Kasat Narkoba, AKP. Martualesi Sitepu, S.H, M.H. dan personelnya untuk gerak cepat melakukan penyelidikan terkait informasi peredaran Narkoba.

Dari hasil pemeriksaan tersangka yang merupakan ayah dua anak ini mengakui sudah enam bulan melakukan bisnis haram tersebut.

Omzet penjualan ZT sekitar 10 gram per minggunya, dengan keuntungan sekira Rp2,5 juta per minggu.
ZT juga mengakui sudah kedua kali ini berhadapan dengan penegak hukum, dimana pada 2018 lalu ia ditangkap dengan perkara yang sama dan menjalani hukuman 2 tahun penjara dan sekira Juli 2019 selesai menjalani hukuman.

Tersangka mengakui memperoleh barang haram tersebut dari seorang laki-laki bernama M dan sampai sekarang Satres Narkoba masih melakukan pengejaran dan pencarian terhadap M.

Tehadap tersangka ZT dipersangkakan Pasal 114 ayat Subs 112 ayat UU No. 35 tahun 2009, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, SIANTAR - Komadan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Asep Nugraha S.E.,M.Si, memimpin Upacara serah terima jabatan Dandim 0207/Simalungun dari Letkol Inf Frans Kishin S.A.P M.P.M.Panjaitan kepada Letkol Inf Roly Souhoka, bertempat di Aula Makorem 022/PT Jalan Asahan km 3,5 Nagori Siantar State Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun ,Sumut, Rabu ( 18/11/2020).

mengawali sambutan Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Asep Nugraha S.E.,M.Si, memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME karena atas rahmat dan karunian- Nya, kita dapat hadir untuk mengikuti acara tradisi korps serah terima jabatan dan tradisi korps pelepasan komandan Kodim 0207/Simalungun dalam keadaan sehat wal’afiat.



[nextpage title="next"]
Pengalihan tugas jabatan tersebut diperlukan sebagai upaya pembinaan personel dalam rangka Tour of Duty dan Tour of Area, sehingga memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas, sebagai konsekwensinya pejabat yang mendapat kesempatan promosi jabatan harus dapat mengimplementasikan totalitas kemampuan secara optimal sesuai dengan dinamika dan tantangan tugas yang dihadapi.

Kepada Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan beserta istri, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat Komandan Kodim 0207/Simalungun pengalaman tugas yang telah diperoleh selama ini dapat digunakan sebagai bekal untuk melaksanakan tugas pengabdian selanjutnya.

Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Frans Khisin Panjaitan yang selama ini dengan setia mendampingi suami bertugas di lingkungan Korem 022/PT dengan penuh ketulusan dan kesabaran sehingga mampu memberikan kontribusi positif untuk kemajuan organisasi Persit KCK Cabang XXXIV Kodim 0207/Simalungun.



[nextpage title="next"]
Dan selanjutnya kepada Letkol Inf Roly Souhoka saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan TNI AD untuk menjabat sebagai Komandan Kodim 0207/Simalungun laksanakan amanah ini dengan sebaik – baiknya.segera beradaptasi dan lakukan orientasi tugas dan pelajari karakteristik wilayah secara menyeluruh bangun dialog dan komunikasi secara cerdas serta santun dengan semua lapisan masyarakat, sehingga terwujud sinegritas yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang menyentuh langsung bagi kepentingan masyarakat.

Kemudian lanjutkan apa yang sudah baik dari pejabat lama, dan memberi warna yang lebih baik lagi serta mengevaluasi kinerja yang mungkin belum terlaksana selama ini.,” ucapnya.

Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan naskah serah terima jabatan Dandim , tradisi penciuman bendera Duaja Korem 022/PT , Photo bersama dan acara ramah tamah.

Turut Hadir Dalam acara sertijab Dandim 0207/Simalungun antara lain Para Kasi Korem 022/PT, Para Kasat disjan Rem 022/PT, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Danyonif 126/KC.Ketua Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB beserta pengurus dan anggota Persit KCK, Para Perwira,Bintara dan Tamtama.[*]

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E,M.Tr (Han) menghadiri Pembekalan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E.,M.M. yang digelar di Gedung Sudomo, JOPR Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Rabu (18/11).

Pembekalan kepada seluruh tenaga pendidik Lembaga Pendidikan TNI AL di Surabaya yang dimulai pukul 09.30 s.d. 12.00 Wib ini, juga hadir juga Irjenal Laksda TNI Moelyanto, Pangkoarmada II Laksda TNI I NG Sudihartawan, Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, Danlantamal V, Dan STTAL, Wadan Kodiklatal, Para Direktur Kodiklatal, para Direktur AAL dan Komandan Resimen AAL.



[nextpage title="next"]
Wakasal dalam pembekalanya menyampaikan bahwa profesionalisme prajurit matra laut sangat dipengaruhi dari output yang dihasilkan Lembaga Pendidikan TNI AL. Oleh sebab itu, dirinya mendukung upaya yang dilakukan Lemdik dalam mencetak SDM prajurit matra laut yang bermoral profesional dan berani.

Adapun peningkatan SDM tersebut hanya bisa diraih dengan kesungguhan tekad para prajurit sebagai pengawak organisasai khususnya pembimbing siswa dan instruktur dalam memajukan peserta didik serta kesungguhan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar untuk menambah Ilpengtek.

Menurutya, output yang profesional dan siap pakai sangat dipengaruhi dalam pelaksanaan Lattek yang menggunakan alutsista di Kotama Operasi. Oleh sebab itu, Wakasal menenkankan agar pesertadidik diberi kesempatan lebih untuk melaksanakan Lattek di KRl dan Pasukan, dan berharap agar Lattek ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta didik.

[nextpage title="next"]
Wakasal juga menekankan tentang disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajar di Lembaga Pendidikan TNI AL, mengingat pandemi Covid 19 masih belum berakhir.

“Edukasi, terapkan secara konsisten adaptasi kebiasaan baru dan awasi dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan 3 M (memakai masker, menjaga Jarak dan mencuci tangan), jaga menjaga imunitas tubuh dengan olahraga cukup, asupan gizi cukup, istirahat cukup dan penerapan pola hidup sehat,” pungkasnya.

Dalam Kunkernya di Surabaya, Wakasal dijadwalkan Kunker ke Kodiklatal, Koarmada II, Lantamal V, Rumkital Dr. Ramelan Surabaya, Puspenerbal dan Dispsial. [*]


NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Dalam kondisi COVID-19, Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Bengkalis tetap mengikuti arahan dari pusat, apabila ada tahanan baru dari Kepolisian maupun dari Kejaksaan harus dilakukan isolasi selama 14 hari.





Hal ini disampaikan Kepala LAPAS Bengkalis Edi Mulyono melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Aris Yulianta, bahwa tahanan yang langsung diisolasi tersebut, apabila tidak terkonfirmasi COVID-19 dengan disediakan ruangan tahanan khusus.





"Akan tetapi, apabila tahanan dari dua lembaga (Kejaksaan dan Kepolisian) itu terkonfirmasi COVID-19, maka akan kita kembalikan lagi kepada pihak yan menahan sampai tahanan tersebut bebas dari COVID-19, "terang Aris, Rabu (18/11/20).





[nextpage title="next"]
Dijelaskan, sejauh ini pihaknya baru sekali menerima tahanan yang terkonfirmasi COVID-19 hasil fari Rapid Tes, yakni tahanan dari Polsek Mandau. Sehingga pihak LAPAS mengembalikan tahanan tersebut ke pihak yang menahan.





Saat ini penghuni LAPAS Bengkalis berjumlah 1539 warga binaan dengan mengisi 4 blok (blok A, B, C dan D) yang semuanya laki-laki. Sedangkan tahanan wanita di 4 kamar dalam blok yang berbeda dengan jumlah tahanan 53 orang.





"Kemudian, tahanan masuk katagori anak dibawah umur berjumlah 15 orang semuanya laki-laki di dalam tahanan satu kamar, terkait kasus pembunuhan, dan pelanggaran UU Perlindungan Anak, "terang Aris.





[nextpage title="next"]
Menurutnya, khusus untuk ruang tahanan laki-laki dewasa, diisi sesuai luasnya ruangan. Di sana ada ruangan yang diisi sampai 50 orang, ada yang diisi 30 orang, dan ada juga ruangan diisi dengan jumlah tahanan di bawahnya.





"Untuk pembinaan ketrampilan, kita menyediakan produksi tempe, pelatihan las, jahit, tenun dan sebagainya. Sedangkan untuk pembinaan religi, kita ada ruang santri dengan mengaji dan solat berjamaah di Masjid, kemudian bagi yang beragama nasrani kita juga sudah sediakan gereja untuk beribadat, "terangnya lagi. [*Budi]


NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - PT Waskita Toll Road (WTR) salah satu perusahaan investasi jalan
tol terbesar di Indonesia berhasil mendapatkan pendanaan senilai Rp 550 Miliar melalui penjualan Reksa Dana Penyertaan Terbatas Ekuitas Danareksa (RDPT) Infrastruktur bagi PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) kepada Reksadana.

RDPT berbasis ekuitas ini dibentuk oleh Manajer Investasi yakni PT Danareksa Investment Management (DIM) dan sebagai Bank Kustodian yakni PT Bank Central Asia, Tbk (BCA).

Adapun persentase saham KKDM yang akan dialihkan adalah sebesar 30% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh. Saat ini WTR memiliki saham sebesar 99,7%.

[nextpage title="next"]
Pada bulan Agustus 2020 lalu, PT Waskita Toll Road telah menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) atas rencana pengalihan sebagian sahamnya pada PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) melalui Instrumen ekuitas Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT).

KKDM merupakan Badan Usaha Jalan Tol yang memegang konsesi ruas Bekasi – Cawang - Kampung Melayu (Becakayu).

Direktur Utama WTR, Herwidiakto menjelaskan, dari divestasi ini WTR akan memperoleh penerimaan dana sebesar Rp 550 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan ruas Becakayu dan ruas tol WTR lainnya.

"Mekanisme RDPT ini merupakan salah
satu upaya untuk memperoleh penerimaan dana agar proses bisnis WTR dalam melakukan Asset Recycle dapat terlaksana," ujarnya.

[nextpage title="next"]
Herwidiakto menambahkan, besarnya minat investor terhadap RDPT ekuitas ini adalah bukti tingginya kepercayaan investor
terhadap fundamental bisnis WTR di bidang infrastruktur khususnya jalan tol di Indonesia.

“Ke depan kami akan melakukan inovasi-inovasi dalam rangka percepatan penerimaan untuk penyelesaian proyek dan investasi infrastruktur jalan tol lainnya.” jelas Herwidiakto lagi melalui siaran pers yang terima, Rabu (18/11).

Setelah menandatangani PPJB, yang merupakan bagian dari salah satu tahapan penerbitan RDPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka selanjutnya akan dilaksanakannya penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) pada 18 November 2020 setelah seluruh dokumen dan legalitas telah terpenuhi. (JNI)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Untuk mewujudkan generasi yang berkualitas tentunya di terlebih dahulu awali dari dalam keluarga, dukungan ekonomi dan latar belakang lingkungan juga menjadi faktor utama, dari itu mari kita sukseskan ini semua dari dalam diri kita sendiri dengan mengikuti program Keluarga Berencana (KB), Karena dengan dua anak itu "lebih baik", ucap Ketua TP.PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny.Retno M.Fitryus dalam acara pencanangan bakti sosial momentum kesatuan gerak PKK-bangga kencana-kesehatan tahun 2020 di aula Permata land hotel rantauprapat Selasa (18/11/2020).



[nextpage title="next"]
Program 2 anak adalah salah satu agenda yang telah diprogramkan sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan dan tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK terutama menyangkut program kegiatan untuk mewujudkan aspek kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintahan di setiap tingkatan, meskipun di masa wabah pandemic covit 19 kita tetap melaksanakan kegiatan ini ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Kepada ibu Ketua PKK Kecamatan, Kelurahan, serta desa agar melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK banggakencana kesehatan hingga bulan Desember mendatang di masing-masing wilayah jalin kerjasama dengan instansi terkait yaitu OPD KB, dinas kesehatan dan dinas PMD sehingga kegiatan tersebut terlaksana dengan baik dan tepat sasaran. Ucap ketua TP.PKK Labuhanbatu.

Pjs Bupati Labuhanbatu hadir pada acara tersebut menyebutkan, kemitraan dengan PKK harus terus ditingkatkan karena gerakan PKK terbukti berperan dalam pembangunan keluarga, khususnya program banggakencana dan kesehatan. Berhasilnya program KB akan menjamin pertumbuhan penduduk yang seimbang dengan daya dukung dan daya tampung yang tersedia.jumlah anggota keluarga yang besar akan menimbulkan berbagai persoalan seperti pendidikan kesehatan maupun perekonomian keluarga.



[nextpage title="next"]
Menurut Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP, kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK banggakencana kesehatan merupakan bagian dari upaya mengintensifikasikan lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dan kesehatan dengan bertumpu kepada kadar-kadar sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Keberhasilan program banggakencana dan kesehatan tidak terlepas dari peran serta tokoh agama tokoh masyarakat dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan dan merencanakan kehidupan berkeluarga. Oleh karena itu pemerintah Ndak nya senantiasa bersinergi dalam setiap program pembangunan.

Pembangunan tersebut harus dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusia seutuhnya yang dimulai dari pendidikan di setiap keluarga. terciptanya ketahanan keluarga akan melahirkan generasi yang tangguh berkarakter dan mampu bersaing di era digitalisasi. Tegas Pjs Bupati.

Sebelumnya kepala dinas bp2kb Labuhanbatu Lidyawati Harahap M.si, M.Ap menyampaikan kegiatan an-naml kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan merupakan wujud dari sinergitas kemitraan antara pemerintah dan gerakan PKK dalam melaksanakan program Keluarga berencana dan kesehatan. Bersama opd KB, Dinas Kesehatan, dinas PMD serta stakeholder terkait.

Kader PKK mulai dari tingkat desa Kecamatan hingga Kabupaten secara bersama-sama melaksanakan berbagai kegiatan yang merupakan rangkaian dari pencanangan kesatuan gerak PKK banggakencana kesehatan.

[nextpage title="next"]
Disampaikan Lidya kegiatan momentum PKK banggakencana kesehatan berlangsung selama 3 bulan sejak Oktober hingga Desember 2020. Untuk mensukseskan program bangga kencana OPD KB juga bermitra dengan TNI melalui bakti sosial manunggal TNI banggakencana kesehatan yang berlangsung sejak bulan Mei hingga September.



Adapun tema kegiatan hari ini ini adalah dengan PKK bangga kencanakesehatan kita perkuat program bangga kencana di Kampung KB pada masa adaptasi kebiasaan Baru. ucap lidyawati.

Dalam rangkaian acara tersebut pkk-kb-kes Kabupaten Labuhanbatu memberikan hadiah apresiasi pencapaian MKJP MOP tertinggi, apresiasi kader PKK Kecamatan yang mendukung program banggakencana, pemberian akta kelahiran, Kia, dan Kartu keluarga Kampung KB paindoan Kelurahan Rantau Utara

Kegiatan tersebut dihadiri PJS bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP, Ketua TP.PKK Labuhanbatu, My.Retno Fitryus, Kasiter Kodim 0209/Lb,Staf Ahli, Kaban Latbang BKKBN Sumatera Utara Tengku Latahinda M.Pb.dan stakeholder terkait. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, KATINGAN - Menangani pandemi Corona diperlukan kepedulian dan kekuatan semua komponen masyarakat. Untuk mengoptimalkan peran tersebut Koramil 1015-02/Baun Bango mencanangkan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Desa Petak Bahandang, Tasik Payawan, Katingan, Selasa (17/11/20).

Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dilakukan oleh Danramil 02/Bbg, Letda Caj Subroto. Dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua PKK Kab. Katingan, Ketua PKK Kec. Tasik Payawan, Camat Tasik Payawan, Anggota Koramil 02/Bbg, Anggota Polsek Kamipang Tasik Payawan, Kepala Puskesmas Kamipang Tasik Payawan serta para relawan.

[nextpage title="next"]
Danramil 02/Bbg, Letda Caj Subroto menyampaikan, ancaman nyata pada saat ini adalah penyebaran virus Corona atas Covid-19. Bukan hanya Indonesia yang terdampak, tetapi seluruh negara yang ada di dunia terkena imbas dari serangan virus, banyak korban yang berjatuhan, lumpuhnya ekonomi dan semua aktifitas sosial masyarakat menjadi terganggu.

Menurut Danramil, untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan upaya bersama dengan mengerahkan semua potensi yang ada di seluruh wilayah. Oleh karenanya Koramil 02/Bbg membentuk Satgas Desa Tangkal Covid-19.
"Satgas ini terdiri para relawan yang akan bertugas untuk melakukan sosialisasi, edukasi dan mitigasi terkait dengan Covid-19," kata Danramil.

Selanjutnya Danramil mengatakan, adapun sasaran dari Satgas ini adalah individu, keluarga, komunitas, institusi, wilayah serta masyarakat. Adapun metodenya melalui nasehat, dorongan, insentif maupun sanksi sosial.

[nextpage title="next"]
Diharapkan dengan Satgas Desa Tangkal Covid-19 ini, kata Danramil, dengan adanya dapat merubah perilaku masyarakat untuk memiliki kesadaran untuk melaksanakan protokol kesehatan.
"Satu-satunya cara kita menang melawan Covid-19 sampai dengan saat ini adalah dengan melaksanakan 3 M yaitu rajin mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak," kata Letda Caj Subroto.

Usai pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dilakukan pembagian masker kepada masyarakat serta pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat. (Pendam XII/Tpr)
Diberdayakan oleh Blogger.