NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga Markas Komando Pasukan Khusus TNI, yaitu Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD di Cijantung Jaktim, Marinir TNI AL di Cilandak Jaksel dan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma Jaktim, Kamis (19/11/2020).



Sidak yang dilaksanakan Panglima TNI tersebut bertujuan untuk  mengecek secara langsung kesiapsiagaan dari Pasukan Khusus TNI, bila sewaktu-waktu dibutuhkan dalam penugasan. Dalam apel kesiapsiagaan di tiga satuan pasukan khusus tersebut dibutuhkan waktu rata-rata enam menit untuk mengumpulkan pasukan lengkap berikut perlengkapan tempurnya.



[nextpage title="next"]
Tiba di Markas Kopassus, Panglima TNI disambut langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan beserta jajaranya. Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI langsung memerintahkan Danjen Kopassus untuk mengumpulkan seluruh personel Korps Baret Merah agar segera melaksanakan apel kesiapsiagaan.


Di hadapan prajurit Kopassus, Panglima TNI menegaskan bahwa Prajurit Baret Merah (Kopassus) adalah pasukan kebanggaan bangsa Indonesia. “Kalian adalah kesatria bangsa yang siap ditugaskan untuk menjaga negara dan bangsa ini dari ancaman dan gangguan musuh yang ingin mencabik-cabik kesatuan dan persatuan bangsa. Kalian adalah prajurit terlatih dan hanya dalam hitungan enam menit, seluruh prajurit sudah berkumpul lengkap dengan perlengkapan standar,” ujarnya.



Kepada seluruh prajurit Kopassus agar terus berlatih dan berlatih untuk selalu meningkatkan performa tempur prajurit profesional. “Kesenyapan adalah profesionalitasmu. Berani, benar dan berhasil. Komando..., Komando…,” teriak Panglima TNI.


Sidak dilanjutkan ke Markas Korps Marinir TNI AL yang berada di Cilandak. Tiba di Markas Marinir, Panglima TNI disambut Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han) dan jajarannya.


[nextpage title="next"]
Panglima TNI pun langsung meminta agar seluruh pasukan di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak dikumpulkan. Lonceng dibunyikan dan seluruh pasukan langsung berlari dan berkumpul di lapangan. Semua pasukan memakai seragam dan membawa peralatan, lalu berbaris saat sampai di lapangan.



Di hadapan prajurit Marinir, Panglima TNI mengatakan bahwa kesiapsiagaan adalah hal yang utama karena prajurit harus hadir di tengah masyarakat untuk mendapatkan hati rakyat. “Saya merasa bangga, hadir di tengah-tengah prajurit petarung. Tidak seperti biasanya, saya secara mendadak melaksanakan alarm dan saya nilai kesiapsiagaan prajurit petarung sangat baik. Kebanggaan adalah kehormatan. Oleh sebab itu, harus dijaga dan dipertahankan,” jelasnya.


Sidak terakhir di Markas Wing I Paskhas Lanud Halim Perdanakusuma. Tiba di Markas Korps Paskhas, Panglima TNI disambut langsung oleh Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Y, S.E., M.Tr (Han).


[nextpage title="next"]
Panglima TNI menilai pendadakan yang dilaksanakan di Paskhas sangat bagus karena kesiapsiagaannya, dan mengapresisasi  kepada Paskhas terkait tugas-tugas yang diberikan dan diemban dapat dilaksanakan dengan baik.


Panglima TNI memerintahkan kepada prajurit Korps Baret Jingga untuk terus meningkatkan profesionalismenya karena profesionalisme adalah nafas bagi setiap prajurit. Untuk itu tetaplah berlatih dan berlatih. “Tugas TNI adalah menjaga Ibu Pertiwi dari gangguan dan ancaman atau musuh yang memiliki niat jahat untuk menginjak-injak persatuan bangsa. Komando…., Komando… ,” teriak Panglima TNI.


Autentikasi:


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Brebes – Kasdim 0713 Brebes, Mayor Infanteri Edwin Samma Baratiku yang mewakili Dandim, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan serta jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, menerima kunjungan kerja Tim Kajian Daerah Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas), yang dipimpin oleh Bandep Urusan Sosial Budaya Setjen Watannas Brigjen TNI Heru Triyanto, S.Sos, di Aula Janderal Soedirman Makodim 0713 Brebes. Kamis (19/11/2020).

Dalam kesempatan ini, Kasdim memaparkan secara singkat tentang berbagai potensi yang ada di Kabupaten Brebes kepada tim tersebut, terutama potensi perikanan dan pariwisata perairan lainnya, agar dapat didorong pengembangan oleh Watannas. Termasuk rencana pengembangan sejumlah potensi wisata di Brebes pasca pandemi covid-19.



[nextpage title="next"]
Sementara dalam sambutannya, Brigjen TNI Heru Triyanto menyampaikan, bahwa pihaknya bertugas membantu Presiden RI dalam menyelenggarakan pembinaan gerakan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional.

“Sekretariat Jendral Watannas merupakan supporting unit untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Wantannas itu sendiri, salah satunya adalah membantu memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan rancangan kebijakan dan strategis nasional,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, mengacuk kepada tugas itu, dirinya bersama rombongan melaksanakan kajian daerah secara periodik, dimana kali ini sasarannya adalah Kabupaten Kabuaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes.



[nextpage title="next"]
Untuk lingkup kajian daerah yang dilakukan meliputi peninjauan secara langsung ke lapangan, maupun pengumpulan data administratif terhadap kondisi ketahanan nasional di delapan bidang (demografi, geografi, sumber kekayaan, alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan).

Setelah kegiatan ramah tamah, Brigjen TNI Heru Triyanto memberikan cinderamata kepada Dandim Brebes, dan kemudian melanjutkan kegiatan yaitu mengunjungi tempat pencucian (mesin pencuci) garam di Desa Pesantunan, Kecamatan Brebes, dan juga mengunjungi Obyek Wisata Mangrove Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes.

Perlu diketahui, sebelum kunker ke wilayah Kabupaten Brebes, tim dari pusat tersebut berkunjung ke Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, selama dua hari, yaitu mulai dari 17-18 Oktober 2020. (Aan)



NUSANTARAEXPRESS, RABAT - Raja Maroko, Yang Mulia Raja Mohammed VI, hari ini berbicara melalui telepon dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres. Pembicaraan difokuskan pada perkembangan terbaru yang terjadi belakangan ini di wilayah negara kerajaan itu, termasuk situasi di zona Guergarate di Sahara Maroko.

Selama percakapan ini, Yang Mulia Raja Mohammed VI menekankan bahwa setelah kegagalan segala upaya terbaik yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Kerajaan Maroko telah memikul tanggung jawabnya dalam kerangka menjalankan haknya yang paling sah, terlebih lagi karena ini bukan yang pertama. saat milisi “polisario” terlibat dalam tindakan yang tidak dapat diterima. Maroko telah memulihkan situasi, menyelesaikan masalah secara definitif, dan memperlancar kembali arus lalu lintas di wilayah Guergarate.

[nextpage title="next"]
Raja Mohammed VI berkata bahwa Kerajaan Maroko akan terus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan ketertiban dan menjamin pergerakan orang dan barang yang aman dan lancar di daerah perbatasan antara Kerajaan Maroko dan Republik Islam Mauritania.

Sang Raja juga menegaskan kembali kepada Guterres bahwa Maroko akan memgang teguh komitmen untuk gencatan senjata. Demikian pula, Kerajaan tetap bertekad kuat untuk bereaksi, dengan sangat keras dan dalam kerangka pertahanan yang sah, terhadap ancaman apa pun terhadap keamanannya dan kedamaian warganya.

Di akhir pembicaraan, Yang Mulia Raja Mohammed VI meyakinkan Sekretaris Jenderal bahwa Maroko akan terus mendukung usahanya dalam kerangka proses politik. Yang terakhir harus dilanjutkan berdasarkan parameter yang jelas, yang melibatkan pihak-pihak yang terkait dalam sengketa regional ini dan memungkinkan penyelesaian yang realistis dan dapat dicapai dalam kerangka kedaulatan Kerajaan Maroko. (PPWI-PERSISMA/Red)

NUSANTARAEXPRESS, JAMBAI - Dewan pimpinan pusat LSM IPB PROPINSI Jambi menggelar rapat pengurus pembentukan pengurus dan ketua DPC LSM IPB kota jambi. Rapat dilaksanakan di kantor pusat DPP IPB PROVINSI, Rabu (19/11/20).

Atas rekomendasi / mandat dari ketua umum DPP LSM IPB Pusat, Muhammad Teddy Sarmidi yang diwakilkan oleh H Dhon Fredy selaku wakil ketua umum.



Dengan diadakan pertemuan tersebut, menetapkan kepengurusan ketua DPC LSM IPB kota jambi untuk menjalankan LSM IPB dengan kepengurusannya di bawah ini :

Ketua : Raden Teguh Wahyudi Sujati Hamidjaja, S.H.

[nextpage title="next"]
Demikian hasil rapat yang dilaksanakan di markas besar IPB Jambi yang menghasilkan kepengurusan ketua DPC LSM IPB untuk kota jambi agar dilantik dan dikukuhkan cepatnya.

Pada acara pertemuan tersebut, Waketum DPD LSM IPB provinsi Jambi H Dhon Fredy mengucapkan terimakasih dengan jajaran pengurus pusat DPP IPB PROPINSI Jambi karena bisa berkumpul di kantor DPP IPB PROPINSI Jambi.

"Dengan Niat tulus kita datang ke kantor DPP ini, sebagai wakil ketua umum DPP Provinsi Jambi
saya berpesan kepada semua jajaran pengurus DPD DPC DPAC mari kita sama berjuang bersama-sama menjaga nilai-nilai budaya Melayu dalam aktualisasi kehidupan sehari-hari.  Bukan hanya sekedar diucapkan dalam mulut. Tapi kita implementasikan dalam tindakan sehari-hari". Jelas Fredy.

(Kaperwil Mjamil Mile)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Upaya penegakan Peraturan Bupati Brebes Nomor 64 Tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019, terus dilakukan di situasi new normal pandemi covid atau AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Di Kecamatan Larangan, Brebes, yaitu di Desa Luwunggede, upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19, masih dilakukan secara gabungan oleh Tim Satgas Gugus Covid-19 Desa Luwunggede, dengan sasaran masyarakat yang masih berkumpul tanpa memakai masker di sepanjang jalan utama desa tersebut.



Dalam keterangannya, Danramil 16 Larangan Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Suwardi menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan yakni himbauan dan pembinaan kedisiplinan serta kepatuhan terhadap protokoler kesehatan AKB.

[nextpage title="next"]
“Kita juga menghimbau kepada para pelintas jalan utama Desa Luwunggede, Kecamatan Larangan, agar memakai masker dan menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah,” ungkapnya, Rabu (18/11/2020).

Dijelaskannya lanjut, selain kegiatan itu, bagi para pengendara sepeda motor dan sepeda kayuh yang melintas tanpa memakai masker juga diberikan masker secara gratis sebagai langkah penyadaran.

“Tim Satgas Gugus Covid-19 Desa Luwunggede juga mendapatkan support jajaran Forkopimcam Larangan, dan juga segenap Ormas yang meliputi Ansor, Banser, dan Kokam,” tandasnya.

Sementara itu, Kades Luwunggede, Suhersih, menyatakan apresiasi atas upaya tim gabungan tersebut dalam menjaga, menyadarkan atau mendisiplinkan, dan memberikan ketenangan kepada warganya agar tidak terpapar virus mematikan itu. (Aan)
Diberdayakan oleh Blogger.