NUSANTARAEXPRESS, SUMSEL - Latihan Antar Kecabangan TNI AD TA 2020 kini memasuki tahap serangan, dimulai dengan latihan tembakan Kendaraan Tempur (Ranpur) Anoa dan APR Peleton Kavaleri Serbu (Tonkavser) Kompi Kavaleri (Kikav)-2 Satgasrat Brigif R-9/DY Kostrad di Puslatpur TNI AD, Martapura, Sumsel, Jumat (20/11/2020).



“Sebagai unit serbu Kavaleri, Tonkavser bertugas melakukan pengintaian paksa untuk mengetahui keadaaan, kekuatan maupun posisi musuh,” ujar Letda Kav Ary Sukma Putra. S.Tr (Han), Komandan Tonkavser Kikav-2.



[nextpage title="next"]
Letda Kav Ary menambahkan, tembakan Tonkavser bertujuan mengganggu konsentrasi dan membubarkan pasukan infanteri musuh.

Untuk mendukung tugasnya, Tonkavser diperkuat lapis baja ringan atau Tank medium (Medium Battle Tank) macam Anoa berkapasitas 5 personel yang dilengkapi senapan SM 5.Cis kita kaliber 12,7 mm dan SM 2 kaliber 7,62 mm serta  Ranpur jenis APR berkapasitas 15 personel yang dipersenjatai MAG. 58 kaliber 7,62 mm.



Latihan menembak juga dilakukan Batalyon Artileri Medan (Yonarmed)-11 dengan mengerahkan dua pucuk Meriam 76 Tarik. Sebelumnya, meriam legendaris tersebut diangkut melalui sling load menggunakan helikopter Bell 412 Tim Penerbad di titik selling pucuk tembakan.

Tembakan meriam Armed ini dimaksudkan untuk mendukung gerak pasukan infanteri dalam bentuk bantuan tembakan, mengganggu konsentrasi sekaligus menghancurkan kedudukan musuh.  (Pen Lat Ancab 2020).

NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Target indikator kinerja kegiatan dalam Pembangunan Jangka Menengah Daerah di RPJMD Bengkalis periode 2016-2021 dalam visi-misi Bupati Bengkalis Amril Mukminin-Muhammad sampai tahun 2020 ini mencapai 64 persen.

Dan diperkirakan untuk realisasi target indikator kinerja jangka menengah dalam program RPJMD Bupati Amril Mukminin-Muhammad diakhir masa jabatan tahun 2021, diperkirakan hanya bisa sampai angka sekitar 75 persen.

"Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa aspek, diantaranya dilihat dari segi aspek program, dan juga batas keuangan yang ada. Karena sejauh ini masih banyak digunakan untuk menyelesaikan kegiatan rutin," terang Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis, Rinto, Jum'at (20/11/20).



[nextpage title="next"]
VISI-MISI 4 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis


Menurut Rinto, dari visi-misi keempat Calon Bupati Bengkalis yang ikuti kontestasi PILKADA 2020 ini, semua programnya hampir sama, yakni menyinggung soal Sosial Budaya, Sosial Ekonomi, Infrastruktur dan SDM.

"Artinya, keempat isu tersebut masuk semua, dan memang menjadi persoalan di Kabupaten Bengkalis yang harus dituntaskan. Dan hal ini menjadi PR kita terutama bagi Calon Bupati terpilih nantinya," terangnya.



APBD-P 2021 Dipercepat

Lantaran PILKADA serentak 2020 diselenggarakan pada tanggal 9 Desember, dan seiring APBD Murni 2021 sudah disahkan DPRD, maka mau tidak mau Calon Bupati terpilih nantinya tetap melaksanakan kegiatan RPJMD Visi-Misi Kepala Daerah sebelumnya.

"Akan tetapi, apabila Calon Bupati terpilih ingin cepat melaksanakan Visi-Misinya yang sudah dijadikan RPJMD, maka bisa dipercepat pelaksanaan kegiatannya dengan mempercepat pengesahan di APBD-P, "tambah Rinto.

[nextpage title="next"]
Pertumbuhan Ekonomi Minus


Saat ini kondisi struktur ekonomi di Kabupaten Bengkalis sedang tidak bagus. Di tahun 2019 minus 1,92 persen, yang merupakan angka terendah se-Riau. Karena selama ini hanya menggantungkan satu sektor, yakni Dana Bagi Hasil (DBH) migas saja.

"Ini hitungan pertahun di tahun 2019 lalu. Sedangkan di tahun 2020 ini pertumbuhan perekonomian belum bisa dihitung persentasinya. Dan kemungkinan perekonomian makin jatuh seiring adanya COVID-19. Hal ini juga menjadi tantangan Calon Bupati terpilih dan tugas kami untuk menyelesaikannya, "papar Rinto.

Pengangguran Meningkat

Dalam hal aktifitas masyarakat Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Bappeda ini juga sempat menyinggungnya. Bahwa pengangguran di tahun 2018 mencapai 7,83 persen. Dan di tahun 2019 terjadi peningkatan hingga sampai 9,62 persen.

Dan kemungkinan di tahun 2020 pengangguran semakin meningkat seiring terjadi COVID-19. Tapi angka pastinya di tahun 2020 belum bisa dipersentasi, karena hitungan per-31 Desember.

"Pengangguran di Kabupaten Bengkalis dari tahun ke tahun semakin meningkat itu, memang akibat dari beberapa faktor. Diantaranya yang paling vital disebabkan pertumbuhan penduduk bertambah, tapi lapangan pekerjaan terbatas, "jelas Rinto lagi.

[nextpage title="next"]
Anggaran APBD 2021


Sekretaris Bappeda Bengkalis ini juga menyampaikan, bahwa prediksi anggaran APBD Bengkalis tahun 2021 kisaran sekitar Rp3,3 Triliun. "Angka ini bisa naik dan bisa turun sampai disahkan DPRD, disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada, "tutup dia.  [**Budi]

NUSANTARAEXPRESS, KALIMANTAN BARAT - Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 642/Kps Pos Temajuk membantu warga melaksanakan panen buah dan sayur di Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 4 orang personel Satgas Pos Temajuk dipimpin oleh Serda Dewa bersama masyarakat setempat.

Demikian diungkapkan Dansatgas Yonif 642/Kps Letkol Inf Alim Mustofa dalam konfirmasinya di Pos Kotis Entikong Kabupaten Sanggau. Jumat (20/11/20).



[nextpage title="next"]
Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan Pos Temajuk dalam membantu panen di Dusun Maludin tersebut membuktikan kedekatan dan kepercayaan masyarakat terhadap Satgas Yonif 642/Kps khususnya Pos Temajuk. "Dengan menerapkan rasa saling percaya antara personel satgas dan masyarakat maka akan tercipta rasa kebersamaan yang kuat." Ujar Dansatgas.

Sementara itu ditempat terpisah, Danpos Temajuk Letda Inf Ryan hidayat menjelaskan bahwa Kelompok Tani Ladang Utama merupakan salah satu kelompok tani di Desa Temajuk yang memanfaatkan dan mengelola lahan bersama yang diketuai oleh Bapak Fitriadi (45) salah satu warga desa setempat. "Lahan tersebut dimanfaatkan warga untuk menanam berbagai macam tanaman seperti jagung, kacang panjang, semangka dan labu," Ujar Danpos.

[nextpage title="next"]
Bapak Fitriyadi (45) mengatakan tujuan dibentuk kelompok tani tersebut agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan kebun yang mereka punya dan sebagai ketahanan pangan dimasa Pandemi Virus Covid-19."Hasil panen ini nantinya akan kami jual ke pasar dan sebagian digunakan untuk keperluan masak di dapur sendiri," ungkap Bapak Fitriyadi.

Lebih lanjut ia mengucapkan terimakasih kepada personil Satgas karena telah membantu dan peduli terhadap masyarakat Desa Temajuk khususnya dalam kegiatan panen seperti ini guna mendukung perekonomian masyarakat setempat. [*]


NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis kini tengah menyelidiki kegiatan penyediaan jaringan internet di Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2020 dengan nilai Rp1,5 Milyar.





Demikian yang disampaikan Kasi Pidsus Kejari Bengkalis, Juprizal, bahwa sejumlah OPD yang mendapatkan jaringan internet dari Diskominfotik, juga diduga mempunyai jaringan internet sendiri yang dananya dikeluarkan pihak OPD.






"Artinya, kita nilai sebuah pemborosan keuangan daerah. Sebab anggaran tumpang tindih antara Diskominfotik dengan sejumlah OPD tersebut. Diskominfotik telah menyediakan jaringan internet ke tiap OPD, tapi OPD juga diduga memasang jaringan sendiri, " terang Kasi Pidsus, Kamis (19/11/20).






[nextpage title="next"]
Atas dasar tersebut, tambah Juprizal, pihaknya melakukan penyelidikan. Apabila nantinya ditemukan terjadi kerugian keuangan daerah, maka kasus tersebut akan ditingkatkan ke proses penyidikan.





Dijelaskan, pihaknya sudah memanggil PPTK, KPA dan PA di Diskominfotik, dan juga sudah memanggil sejumlah OPD terkait yang diduga sudah mendapatkan jaringan internet dari Diskominfotik, akan tetapi pihak OPD masih menganggarkan lagi untuk menyediakan jaringan internet sendiri.





"Saat ini masih dalam tahap penyelidikan proses full data. Jika nantinya memang ada unsur kerugian negara maka akan kita tingkatkan penyidikan, "tutupnya. **


NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Jumat, 20 November 2020.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/991/XI/2020 tanggal 18 November 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 129 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 53 Pati TNI AD, 43 Pati TNI AL dan 33 Pati TNI AU.

[nextpage title="next"]
5
3 Pati TNI AD yang dimutasi yaitu, Letjen TNI Moch. Fachruddin, S.Sos dari Wakasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Herman Asaribab dari Pangdam XVII/Cen menjadi Wakasad, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. dari Dansecapaad menjadi Pangdam XVII/Cen, Brigjen TNI Ferry Zein dari Kasdam XVIII/Ksr menjadi Dansecapaad, Brigjen TNI Djoko Andoko dari Dirdik Akademi TNI menjadi Kasdam XVIII/Ksr, Kolonel Arm Dedi Prihatmodjo, S.I.P. dari Paban I/Jakrenstra Srenaad menjadi Dirdik Akademi TNI, Mayjen TNI Joko Purnomo, S.H., M.H. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Kolonel Inf Sri Umbul Mahatma Safrie, S.I.P. dari Paban Utama Jahpers Sahli Bid. Jahpers Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Ekku Sahli Bid. Ekkudag Panglima TNI, Kolonel Arh Trias Wijanarko, S.I.P. dari Waasren Kaskogabwilhan III menjadi Pa Sahli Tk. II Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI.

Brigjen TNI Fauzi Rusli, S.H. dari Irops Irjen TNI menjadi Sekretaris Itjen TNI (Validasi Orgas), Kolonel Cpm Arief Wibowo Djadi, S.E. dari Irut Kum Itum Irjen TNI menjadi Irum Itjen TNI, Brigjen TNI Sunoto dari Dosen Ahli Latgab Sesko TNI menjadi Direvjianbang Sesko TNI, Brigjen TNI Edy Imran, S.H., M.Si., M.H. dari Ir Babinkum TNI menjadi Kaotmilti II Jakarta Babinkum TNI, Kolonel Chk Jonny Posman Siahaan, S.H. dari Kabidtut Otjen TNI Babinkum TNI menjadi Kaotmilti III Surabaya Babinkum TNI, Brigjen TNI R. Agus Renaldi Kusuma, S.Sos., M.A. dari Dansatintel Bais TNI menjadi Asintel Kaskogabwilhan II, Brigjen TNI Rio Firdianto, S.H. dari Asintel Kaskogabwilhan II menjadi Dansatintel Bais TNI, Mayjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL.,M.A.R.S. dari Kapuskesad menjadi Ka RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. Budiman, Sp.BP-RE(K).,M.A.R.S. dari Kapusrehab Kemhan menjadi Kapuskesad, Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S. dari Dirbang Riset RSPAD Gatot Soebroto menjadi Kapusrehab Kemhan, Kolonel Ckm DR. dr. Soroy Lardo, Sp.PD., FINASIM. dari Anggota Komite Etik Kommed RSPAD Gatot Soebroto menjadi Dirbang Riset RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. Abraham Arimuko, S Gatot Soebroto dari Dirum RSPAD Gatot Soebroto menjadi Kakommed RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Ckm dr. Iwan Turniaan, M.A.R.S. dari Dirbincab Puskesad menjadi Dirum RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Czi Panca Iswandaru, S.E. dari Paban Sahli Kasad Bid. Jahpers menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Indag, Kolonel Inf Edy Santoso dari Analis Madya Bid. Gunkuatkomcadduk Ditrah Ditjen Strahan Kemhan menjadi Irsus Itjenad.

Brigjen TNI Jajah Subarjah, S.E., M.M. dari Dir PIT Pusterad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Czi Drs. Burlian Sjafei dari Pamen Ahli Bid. Kermamil Kodiklatad menjadi Dir PIT Pusterad, Brigjen TNI dr. Ari Binuko dari Dircab Puskesad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Ckm. dr. Moh Arif H, Sp.B. dari Kakesdam V/Brw menjadi Dircab Puskesad, Brigjen TNI Herry Hudriman, S.E.,M.M. dari Ir Pusbekangad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Budi Fitri, S.E., M.Si. dari Dircab Pusbekangad menjadi Ir Pusbekangad, Kolonel Cba Agus Santosa, S.Sos. dari Kasubditbinjasaint Sdircab Pusbekangad menjadi Dircab Pusbekangad, Brigjen TNI Ghoib Pujantoro, S.I.P., M.M. dari Ir Pussenkav Kodiklatad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Kav Drs. Yotanabey, A.M., M.Def., S.T. dari Paban VII/Ops LN Sopsad menjadi Ir Pussenkav Kodiklatad, Brigjen TNI Umar Sanusi, S.Sos., M.Si. dari Ir Pussenarmed Kodiklatad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Arm Khoirul Hadi, S.E. dari Wadirjianbang Sdirjianbang Akmil menjadi Ir Pussenarmed Kodiklatad, Mayjen TNI Irwansyah, M.A., M.Sc. dari Pangdam I/BB menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Mayjen TNI Hasanuddin, S.I.P., M.M. dari Pangdam IM menjadi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Marzuki dari Ir Kostrad menjadi Pangdam IM, Mayjen TNI Raden Tjahja Komara dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Polkamnas menjadi Ir Kostrad, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Was Eropa dan Amerika menjadi Pa Sahi Tk. III Kasad Bid. Polkamnas, Kolonel Inf Beny Sulistiono dari Kasrem 043/Gatam (Lampung) Kodam II/Swj menjadi  Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Was Eropa dan Amerika, Mayjen TNI Kurnia Dewantara dari Pangdam IX/Udy menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dari Danpaspampres menjadi Pangdam IX/Udy, Brigjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. dari Danrem 061/Sk (Bogor) Kodam III/Slw menjadi Danpaspampres, Kolonel Inf Achmad Fauzi, S.I.P., M.M. dari Kasrem 172/Pvy (Abepura) Kodam XVII/Cen menjadi Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III/Slw, Brigjen TNI Bonifasius Widiyanto Sambodo, S.H.,M.H. dari Ses Bainstrahan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Arh Iswan Gunadi, S.Sos., M.Si. dari Auditor Madya Itjen Kemhan menjadi Kapus Lola Kawasan Bainstrahan Kemhan.

Brigjen TNI Achmad Taufiq dari Dirdalproggar Ditjen Renhan Kemhan menjadi Ses Ditjen Renhan Kemhan, Kolonel Inf Sammy Ferrijana, S.Sos., M.Si. dari kapus Manajemen Akreditasi LP3M Unhan Menjadi Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan, Kolonel Inf Sulaiman, S.Sos. dari Kabag Dukops pada Binda Kalimantan Utara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Kalimantan BIN Utara, Kolonel Inf Aswardi, S.E. dari Pamen Denma Mabesad menjadi Direktur Non Aparatur Negara pada Deputi Bidang Intelijen Pengamanan Aparatur BIN (Orgas baru) dan Brigjen TNI Saturninus Aldian G., S.E. dari Pa Sahli Tk. II Lingkungan Hidup Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

[nextpage title="next"]
4
3 Pati TNI AL yang dimutasi yaitu, Laksda TNI Weko Pamudji Mulyo, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama, S.Pi., M.Agr. dari Danlantamal XI Mer Koarmada III menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han. dari Danpasmar-I Kormar menjadi Danlantamal XI Mer Koarmada III, Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. dari Danlantamal III Jak Koarmada I menjadi Danpasmar-I Kormar, Kolonel Mar Umar Farouq, S.A.P. dari Dandenma Mabesal menjadi Danlantamal III Jak Koarmada I, Laksma TNI Dr. R.A. Mulyadi, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Kankonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Wisnu Sumarto, S.T., M.Si. (Han) dari Kadispamsanal menjadi Pa Sahli Tk. II Kankonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI, Laksma TNI Indaryanto dari Dir C Bais TNI menjadi Kadispamsanal, Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si. dari Kapuskersin TNI menjadi Dir C Bais TNI.

Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A. dari Kas Koarmada II menjadi Kapuskersin TNI, Laksma TNI Dafit Santoso dari Danlantamal II Pdg Koarmada I menjadi Kas Koarmada II, Laksma TNI Hargianto, S.E., M.M., M.Si.(Han) dari Pati Sahli Kasal Bid. Soskumdang menjadi Danlantamal II Pdg Koarmada I, Kolonel Laut (T) Ir. Yunus Subekti, M.A.P. dari Kabid Taka Kelola Pushan Siber Baistrahan Kemhan menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Soskumdang, Kolonel Laut (KH) Drs. Asep Wawan Winandi, M.H. dari Sahli Pang D Jemen Koarmada I menjadi Pa Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bid. Hubint Panglima TNI, Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, S.T., M.M. dari Ir Puspenerbal menjadi Irops Itjen TNI.

Laksma TNI Dr. Bambang Wiratama, S.E., M.M., CHRMP. dari Irum Itjen TNI menjadi Irlat Itjen TNI (Validasi orgas), Laksma TNI Imam Suyudi dari Dirum Sesko TNI menjadi Dosen Ahli Latgab Sesko TNI, Laksma TNI Riza Yasma, S.H., M.P.A. dari Kaotmilti II Jakarta Babinkum TNI menjadi Kaotmilti IV Makassar Babinkum TNI, Laksda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP. dari Aspers Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr.(Han) dari Pangkolinlamil menjadi Aspers Kasal, Laksma TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr.Opsla. dari Waasops Kasal menjadi Pangkolinlamil, Laksma TNI Bambang Pramushinto dari Kakoordos Seskoal menjadi Waasops Kasal, Laksma TNI Judijanto, S.T. dari Dirdiklat Kodiklatal menjadi Kakoordos Seskoal, Laksma TNI Ali Trisanto, S.E., M.Si. dari Kadisopslatal menjadi Dirdiklat Kodiklatal, Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P. dari Staf Khusus Kasal menjadi Kadisopslatal, Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si. dari Danguskamla Koarmada III menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (P) Wasis Priyono, S.T., M.Tr. (Han) dari Sahli Pang A Wilnas Koarmada II menjadi Danguskamla Koarmada III.

Laksma TNI Sutarmono, M.Si.(Han) dari Pati Sahli Kasal Bid. Wilnas menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (P) Dr. Isworo Sutristyanto, S.H., M.A.P. dari Kadep Iptek AAL menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Wilnas, Laksma TNI Ir. Yudi Y. Trividyaputra, M.Si.(Han) dari Pati Sahli Kasal Bid. Sumda Hanneg menjadi Staf Khusus Kasal, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr.(Han) dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Sumda Hanneg, Laksma TNI Agus Hariadi, dari Danpusdikopsla Kodiklatal menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Eko Wahjono, dari Danpusdikbangspes Kodiklat TNI menjadi Danpusdikopsla Kodiklatal, Kolonel Laut (P) M. Setyadiono Rianto, M.Han.  dari Dansiaplat Pratugas Puslat Kodiklat TNI menjadi Danpusdikbangspes Kodiklat TNI, Laksma TNI Umar Arief, S.E. dari Kapus Lola Kawasan Baistrahan Kemhan menjadi Ses Baistrahan Kemhan, Kolonel Laut (S) Didik Rochmad Widodo, S.E. dari Kasubdit Administrasi Pelaksanaan Anggaran Pinjaman Luar Negeri dan Pinjaman Dalam Negeri/Devisa Ditminlakgar Ditjen Renhan Kemhan menjadi Dirdalproggar Ditjen Renhan Kemhan.

Laksma TNI Purwanto, S.E., M.M., M.Si.(Han) dari Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Kemhan menjadi Dosen Tetap Unhan, Laksma TNI Didit Maryono dari Kabinda Sulawesi Utara BIN menjadi Agen Madya pada Direktorat Sulawesi dan Nusa Tenggara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Kolonel Laut (P) Ardiansyah, S.E. dari Kasubdit Maluku Utara dan Papua pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Sulawesi Utara BIN, Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M. dari Koorsahli Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Udjang Kerdjawan Agung dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Dr. M. Adnan Madjid, S.H., M.Hum. dari Dosen Tetap Unhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun) dan Laksma TNI Basuki Riatno, S.H. dari Agen Madya pada Direktorat Maluku dan Papua pada Deputi II BIN menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

[nextpage title="next"]
3
3 Pati TNI AU yang dimutasi yaitu, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos. dari Dirdok Kodiklatau menjadi Pa Sahli Tk. III Bid Polkamnas Panglima TNI, Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean dari Danlanud Adi menjadi Dirdok Kodiklatau, Kolonel Pnb M. Yani Amirullah dari Dansekkau menjadi Danlanud Adi, Marsda TNI I Nyoman Trisantosa, S.I.P., M.Tr. (Han) dari Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Marsma TNI Surya Margono, S.E. dari Dir D Bais TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI, Kolonel Sus Budi Sutriarso dari Analis Utama Lugri Dit G Bais TNI menjadi Dir D Bais TNI, Marsma TNI Jorry S. Koloay dari Waasops Panglima TNI menjadi Kas Koopsau I, Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dari Kas Koopsau I menjadi Waasops Panglima TNI, Marsma TNI Prabowo, S.A.P., M.M. dari Irben Itjen TNI menjadi Irlog Itjen TNI (Validasi Orgas), Marsma TNI Agus Rudi Supriyadi dari Direvjianbang Sesko TNI menjadi Dirum Sesko TNI, Kolonel Sus Evi Zuraida, S.E., M.H. dari Kabidluhkum Babinkum TNI menjadi Ir Babinkum TNI.

Marsma TNI Bowo Herutomo dari Kadisbtbau menjadi Staf Khusus Kasau, Kolonel Sus Ir. Made Mahendra dari Sesdiskonsau menjadi Kadisbtbau, Marsda TNI Asep Dian Hermawan dari Aslog Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Djamaluddin, M.Si. (Han) dari Waaspers Kasau menjadi Aslog Kasau, Marsma TNI Mujianto, S.T., M.Tr.(Han) dari Kadiswatpersau menjadi Waaspers Kasau, Marsma TNI Basuki Rochmat dari Kapuspotdirga menjadi Kadiswatpersau, Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si. (Han) dari Kadispenau menjadi Kapuspotdirga, Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah, S.Sos. dari Paban IV/Renprogar Srenum TNI menjadi Kadispenau, Marsma TNI dr. Bobby DS., Sp.P. dari Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana, S.E., M.M. dari Pamen Sopsau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem.

Marsma TNI Imam Kuncoro, S.E., M.D.S. dari Pati Sahli Kasau Bid. Iptek menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., M.M. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Iptek, Marsma TNI Paminto Bambang Pamungkas, S.I.P. dari Wagub AAU menjadi Kadisdikau, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M. dari Danlanud Spo menjadi Wagub AAU, Marsma TNI Deni Hasoloan S. dari Pangkosek Hanudnas IV Bik menjadi Danlanud Spo, Kolonel Pnb Bonang Bayuaji G., S.E. dari Danlanud Hsn menjadi Pangkosek Hanudnas IV Bik, Marsma TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr. (Han) dari Danlanud Ats menjadi Waasops Kasau, Kolonel Pnb Fakhrizet, S.Sos. dari Paban I/Dok Ditdok Kodiklatau menjadi Danlanud Ats.

Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama, S.Sos. dari Pamen Sopsau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Air Power, Kolonel Lek Suyitno dari Analis Kebijakan Bidang Sosial Ekonomi pada Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas menjadi Bandep Ur. Lingkungan Strategi Regional Setjen Wantannas, Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, M.S.S. dari Koorsahli Kasau menjadi Staf Khusus Kasau dan Marsma TNI dr. Moch. Soewandi, Sp.M. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI Au (dalam rangka pensiun).

 

Autentikasi:

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil



NUSANTARAEXPRESS, LAMPUNG BARAT – Sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) SMK/SMA dan sederajat se Provinsi Lampung mengikuti rapat koordinasi dan pembinaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Jum’at, 13 November 2020. Kegiatan tersebut diselenggarakan di SMKN 1 Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, dipimpin langsung oleh Kadis Dikbud Provinsi Lampung.

Agenda utama rapat koordinasi dan pembinaan tersebut adalah terkait pengelolaan dana pendidikan, termasuk ketentuan dan peraturan dalam meminta sumbangan dari orang tua/wali murid. Materi rakor dan pembinaan kepala sekolah ini disampaikan oleh Kepala Dinas Dikbud Lampung, Dr. H. Sulpakar, M.M.

[nextpage title="next"]
Berdasarkan ketentuan perundangan, jelas Sulpakar, sekolah hanya boleh meminta sumbangan ke orang tua/wali murid sekali dalam setahun, “Sekolah juga harus menyampaikan secara terbuka dan transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi,” kata Kadis Dikbud, Sulpakar.

Selanjutnya, pihak sekolah diharuskan membuat brosur atau selebaran pemberitahuan ke rumah-rumah wali murid supaya tidak terjadi permasalahan akibat adanya wali murid yang tidak mampu dan ketidak-terbukaan komite sekolah. “Orang tua/wali murid harus diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan pertanyaan saat rapat komite sekolah,” tegas Sulpakar.

Pada kesempatam ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga membahas hal-hal yang terkait dengan kinerja kepala sekolah bersama seluruh perangkat sekolah. Kadis mengingatkan agar kepsek dan guru-guru beserta staf, terutama yang berstatus ASN/PNS agar tidak melibatkan diri dalam kegiatan apapun yang terkait politik di masyarakat.

Kejujuran, tambah Kadis Sulpakar, adalah hal utama dan sangat penting dalam pelaksanaan tugas kepala sekolah. “Kepala sekolah harus berlaku jujur mengenai apapun tentang sekolahnya kepada masyarakat dan guru-guru di sekolah,” ujar Sulpakar,

[nextpage title="next"]
Dalam arahannya, Kadis Sulpakar tidak lupa mengingatkan agar seluruh Kepsek di Lampung untuk menerapkan sistem anti korupsi di sekolah masing-masing. “Saya sangat-sangat menyarankan agar setiap kepala sekolah di seluruh Provinsi Lampung wajib menerapkan sistem anti korupsi di sekolahnya, ini juga sesuatu yang paling utama,” imbuh Sulpakar.

Terkait dana bantuan operasional sekolah (BOS), Kadis menghimbau kepada pihak sekolah agar mengolanya secara transparan. Menurutnya, penggunaan dana BOS yang dikurukan setiap tahunnya harus terbuka dan transparan, harus jelas diunakan untuk apa, dibelikan apa, diberikan kepada siapa, dan seterusnya. Semua informasi tentang dana BOS harus disampakan secara benar dan terbuka kepada orang tua/wali murid, lembaga-lembaga kontrol sosial dan masyarakat umum.

“Rancangan Anggaran Kegiatan Sekolah atau RAKS harus disosialisasikan secara transparan kepada wali murid. Pihak sekolah tidak boleh sombong dan tertutup, apalagi menghindarkan dari LSM dan wartawan yang ingin mendapatkan informasi dalam rangka mengawasi serta mengontrol birokrasi sekolah,” pungkas Kadis Dikbud Provinsi Lampung menegaskan. (Darman)


Sumber: PPWI

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Kabupaten labuhanbatu di hunjuk menjadi tuan rumah pelatihan peningkatan kapasitas kwartir Pramuka peduli daerah tingkat provinsi se- Sumatera Utara berpusat di SMK Pemda rantauprapat kecamatan rantau selatan Kamis malam (19/11/2020).

Pelatihan dimaksud di ikuti 70 orang dari 17 kabupaten/kota se- Sumatera Utara dan berlangsung sejak tanggal 19 sampai 21 November 2020.

Giat tersebut di buka langsung oleh ketua Kwartir provinsi Sumatera Utara Nurdin Lubis SH, disaksikan Pjs Bupati Labuhanbatu Drs. H. Mhd. Fitryus SH.MSP, DANDIM 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE, MTR (Han), Kwarcab Labuhanbatu Akbar Tanjung dan Forkopimda Labuhanbatu.



[nextpage title="next"]
Pjs Bupati mengucapkan terima kasih atas perhatian kwartir Sumut yang telah menghunjuk labuhanbatu sebagai tuan rumah pelatihan peningkatan kapasitas Pramuka peduli bencana daerah tingkat provinsi Sumatera Utara tahun 2020.

"Suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami pemerintah kabupaten labuhanbatu bisa menjadi tuan rumah kegiatan besar ini", ucap Drs Fitryus.

Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi peserta yang mengikutinya berhubung kita lihat masih tingginya potensi bencana di daerah kita termasuk bencana non alam Covid-19.ujar Fitryus.



Ketua kwartir daerah Sumatera Utara H.Nurdin Lubis SH.MM pada kesempatanya mengatakan Pramuka adalah bagian yang tidak pernah lepas dari diri saya, dari Pramuka banyak lahir generasi penerus yang bisa diandalkan, dalam diri pramuka tertanam nilai patriotisme dan kecintaan terhadap negara yang tinggi.

Semoga melalui pelatihan ini bisa menambah kecintaan kita terhadap sesama, daerah dan NKRI yang kita cintai ini.ucap Nurdin. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU SELATAN - Menjelang detik-detik pilkada yang tinggal beberapa hari lagi, segala cara telah dilakukan semua calon untuk mengambil suara, ada yang menarik simpati masyarakat dengan visi misi dan program, dan ada juga pencarian suara tersebut dengan cara membodohi masyarakat.

Misalnya yang terjadi di Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara, hampir di setiap desa beredar informasi bahwa diduga pembodohan dan pembohongan dilakukan ketua PKH Kecamatan dan dusun dan Tim Sukses dengan cara mengancam para penerima bantuan pemerintah pusat tersebut akan memutus bantuan bila tidak memilih pasangan salah satu calon bupati Labusel.

Sebelum berita ini tayang, informasi diambil dari salah satu dusun di desa Aek goti, desa Mandala Sena dan desa Binanga dua, sebut saja (W) 33 dirinya merasa tidak nyaman karena tidak bisa menentukan pilihan sesuai hati nurani, karena tersandung penerima program manfaat tersebut, W kerap di takut- takuti akan diputus bantuan yang di terima apabila tidak memilih calon keluarga istana.

[nextpage title="next"]
Peristiwa serupa juga dialami (N) warga desa Aek goti, ketua kelompok PKH dusun kerap mengingatkan dirinya akan memutus bantuan yang diterima dan tidak akan menerima selamanya apabila tidak memilih calon unggulan pengurus PKH di pilbub desember mendatang.

"Kami disuruh milih calon bupati jagoan mereka, kalau tidak nanti bantuan PKH yang kami terima setiap bulan akan diputus". Ucap W.



Dari peristiwa ini perlu di ketahui masyarakat umum, bahwa bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) adalah program pemerintah pusat (Kemensos), bukan program Bupati, yang dengan mudah melakukan pemutusan bantuan tanpa prosedur yang jelas.seharusnya hal ini tidak dilakukan mereka para pemangku kepentingan, berikan yang terbaik bagi masyarakat jika ingin mensejahterakan masyarakat, bukan mensajikan hal-hal bodoh kepada mereka hanya karena sebuah ambisi mencari jabatan.

Perlu digaris bawahi, perbuatan ketua PKH ini dapat terjerat pidana,
Sanksi pidana tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubenur, Bupati, dan Wali Kota. Seperti yang diatur dalam Pasal 182a.
"Setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum, menggunakan kekerasan, ancaman kekerasan, dan menghalang-halangi seseorang yang akan melakukan haknya untuk memilih bisa dipidana penjara paling sedikit 24 bulan dan paling banyak 72 bulan atau 6 tahun,"

[nextpage title="next"]
Selanjutnya, hal tersebut diperjelas dalam Pasal 178 yang berbunyi: "Setiap orang yang dengan sengaja menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya dipidana penjara hukuman 12 bulan dan 24 bulan."

Berkaitan money politic Pasal 187 Ayat (1) berbunyi: 'Setiap orang yang melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sehingga memengaruhi pemilih ancaman hukuman 36 bulan paling ringan paling lama 72 bulan',"

Kapolsek Silangkitang AKP.J.Tampubolon ketika dikonfirmasi terkait hal ini menyebutkan segera laporkan ke Bawaslu jika ada hal ini terjadi, dan jika terbukti secara hukum kita akan tindak para pelaku.ucap Kapolsek.

Sementara pendamping PKH desa Aek goti Kecamatan Silangkitang Ari menyebutkan pihaknya tidak membenarkan hal tersebut dilakukan oleh para ketua PKH di dusun, " sudah sering saya tegaskan agar bersikap netral, jangan bawa PKH ke politik, kalau mau menjadi Tim Sukses sebaiknya keluar dari urusan PKH, ucap Ari via WhatsApp. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - "Pemerintah wajib hadir ditengah masyarakat untuk memberikan perhatian dan melayani segalah kebutuhan masyarakat" ucap Pjs Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd. Fitryus kepada seluh forkopimca Bilahbarat saat melakukan kunjungan kerja ke kantor camat Bilahbarat Kamis (19/11/2020).

Sudah menjadi keeajiban kita sebagai pengabdi negara yang menerima gaji dari negara untuk bekerja setulus hati dan ikhlas melayani masyarakat.



Jangan sampai ada kantor kosong walaupun sedetik, seandainya kepalanya tidak ada di ruangan secepatnya staf segera mengisi kekosongan tersebut, karena kepentingan masyarakat banyak itu tidak bisa diprediksi.ujar Fitryus.

[nextpage title="next"]
Disebutkannya, ayo tulus dan ikhlas memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, karena kita juga berasal dari sana, kita juga bagian dari mereka, tidak ada pejabat jika tidak ada masyarakat, tegasnya.


Camat Bilahbarat M.Molok Kartadinata sangat mengapresiasi kunjungan kerja Pjs Bupati Labuhanbatu ke kantor Camat Bilahbarat, semoga bimbingan dan arahanya bisa menjadi motivasi sebagai peningkat kinerja kami seluruh forkopimca Bilahbarat." Meskipun hanya 71 hari disini namun saya yakin, apa yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami", ucap Molok.

Rangkaian acara tersebut, Pjs Bupati Labuhanbatu memberikan bantuan protokol kesehatan berupa Hand Soap,Masker, Sanitizer dan Desinfektan.

Hadir dilokasi hari itu, Pjs Bupati Labuhanbatu didampingi Asisten I pemerintahan kabupaten labuhanbatu Sarimpunan Ritonga M.pd, staf ahli Bupati Jumingan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Kades dan forkopimca Bilahbarat. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tanggal 17 Nov 2020 telah dilaksanakan Rapat Pertama Kreditor di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Sukisari, S.H. sebagai kuasa konsumen/kreditor mengharapkan Pengurus PKPU menjalankan Pasal 233 Ayat (1) meminta Hakim Pengawas mendengar saksi atau memerintahkan pemeriksaan oleh ahli untuk menjelaskan keadaan yang menyangkut penundaan kewajiban pembayaran utang.

Agar Hakim Pengawas melaksanakan Pasal Pasal 238 (1) untuk mengangkat satu atau lebih ahli untuk melakukan pemeriksaan dan menyusun laporan tentang keadaan harta Debitor dalam jangka waktu tertentu berikut perpanjangannya yang ditetapkan oleh Hakim Pengawas.

[nextpage title="next"]
Sukisari, S.H. juga meminta Hakim Pengawas Memperhatikan kepentingan Konsumen dengan memperhatikan Undang Undang Perlindungan Konsumen, agar Konsumen tidak dirugikan dalam Proses Perdamaian yang diajukan oleh Debitor dalam PKPU.

Para Konsumen, harus segera ajukan Tagihan agar bisa diketahui tagihan dan ikut dalam rencana perdamaian.

Bagi yang mau dikuasakan bisa siapkan Fotocopy Kuitansi, Fotocopy Formulir Pemesanan, Fotocopy PPJB / AJB, dan Hubungi WA 08118 120164

Semoga konsumen bisa mendapatkan hak nya sesuai dengan proses UU No. 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan PKPU dan Undang Undang Perlindungan Konsumen. (JNI)

NUSANTARAEXPRESS, SUMSEL -  Kedahsyatan tembakan roket kendaraan tempur Astros Yonarmed-1 Satgasrat Brigif Raider-9/DY Kostrad membahana di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, MartapuraSumatera Selatan. 




Tembakan ini merupakan tahap akhir dari dinamika pertahanan sebagai tembakan perlindungan pemunduran pasukan Satgasrat  pada Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2020 yang mengerahkan seluruh Alutsista modern TNI AD besar-besaran, salah satunya adalah senjata pamungkas Artileri Medan Astros Universal Multiple Launcher/AV-LMU II MK6. 


Setidaknya 24 butir peluru kaliber 127 mm dimuntahkan tiga pucuk Astros milik Yonarmed-1 yang terbagi dalam dua sesi tembakan. 


[nextpage title="next"]
Sesi pertama merupakan tembakan pertahanan untuk melindungi pemunduran sebanyak 8 butir dan sesi kedua merupakan tembakan pertahan seebuan sebanyak 16 butir,” kata Danyonarmed-1 Letkol Arm Lukas Minardo yang memimpin langsung pelaksanaan tembakan, Rabu (18/11/2020)


Astros Universal Multiple Launcher merupakan kendaraan peluncur roket buatan Brasil, dengan spesifikasi teknis antara lain Chasis Tatra T815-7, 6x6, mesin Diesel (12 L, V8 Engine), kecepatan maksimal 110 km/jam, jarak jelajah 650 km (80 km/jam), transmisi manual dan otomatis.


Sementara itu, untuk menunjang manuver di lapangan, Astros memiliki dimensi panjang 9,85 meter, lebar 2,70 meter, tinggi 3,15 meter dan berat 24 ton tanpa roket serta 28 ton dalam kondisi siap tempur. 


Astros memiliki kecepatan tembak 16 detik, kecepatan isi ulang 8-12 menit serta dilengkapi sistem penggerak roket mekanik, elektrik dan hidrolik dengan empat kaki untuk menjaga stabilitas saat penembakan.


Selain itu, Astros memiliki kemampuan melintasi air hingga kedalaman 1,2 meter, kemampuan melintasi sudut tanjakan 60 % dan kemampuan sudut kemiringan (slide slope) 30 %. (Pen Lat Ancab 2020).








NUSANTARAEXPRESS, LAMBAR - Ibu Sukaidah salah satu warga Desa Tugu Sari, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat, belom menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Sedangkan Ibu Sukaidah tersebut telah mengalami kelumpuhan total selama 10 bulan.

Sudah selayaknya Ibu Sukaidah mendapatkan Program Keluarga Harapan, karena Ia menyadang disabiltas berat. Karena penyakit yang dideritanya tergolong di dalam bidang kesehatan dan merupakan salah satu Program yang ada dalam PKH.

[nextpage title="next"]
Salah satu dari anak Ibu Sukaidah, atas nama Aning, menjelaskan kepada awak media, Selasa (17/11/2020), bahwa semenjak adanya bantuan sosial berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai) Ibu Sukaidah tidak mendapat bantuan PKH.

“Kami dari keluarga Ibu Sukaidah, mengharapkan kepada Dinas Sosial Lampung Barat, beserta pendamping PKH, agar kiranya Ibu kami atas nama Sukaidah mendapatkan bantuan PKH,” ujar Aning. (Sahilman)

Editor: NJK

Sumber: PPWI
Diberdayakan oleh Blogger.