NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kadiskominfo) Labuhanbatu Rajid Yuliawan S.Kom didampingi Kepala Bidang (Kabid) Informasi publik Zainul Arifin Nasution S.Pd menerima kunjungan Kadiskominfo Indragiri hulu (Inhu) Jawater Situmorang didampingi empat orang stafnya diruang rapat diskominfo Labuhanbatu jalan WR.Supratman Selasa (24/11/2020).

Kunjungan diskominfo Inhu ke Labuhanbatu dalam rangkaian kegiatan study banding diskominfo Inhu terkait kerjasama diskominfo dengan awak media dan perusahaan media, selain itu intansi publikasi tersebut membahas cara pelayanan informasi siaran udara Radio yang baru saja berdiri di kabupaten Indragiri Hulu dan juga alat alat pendukung lainya yang dibutuhkan di radio.

Kadis Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan Menyebutkan, diskominfo Labuhanbatu berdiri sejak tahun 2016 yang masih dalam masa proses pembenahan dan peningkatan kapasitas dan mutu pelayanan dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.



[nextpage title="next"]
Saat sekarang ini kita terus berusaha berbuat yang terbaik untuk pelayanan publikasi kepad masyarakat terkait perkembangan perkembangan dan pembangunan daerah labuhanbatu, baik itu visi misi pemkab labuhanbatu hingga program pemerintah kabupaten labuhanbatu.ujar Rajid Yuliawan S.Kom.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter Situmorang mengatakan banyak terimakasih atas ilmu yang diberikan Diskominfo Labuhanbatu kepada dirinya, semoga kekurangan yang kami miliki dapat tertutupi nantinya setelah pulang dari kabupaten labuhanbatu ini.

"Banyak yang kami dapat hari ini, kami akan coba mengikuti apa yang telah diperbuat Kominfo labuhanbatu, kami salut dengan yang dimiliki kominfo labuhanbatu, meski baru beberapa tahun berdiri sudah memiliki IT yang cukup membantu meringankan tugas Kominfo.tegas Jawalter. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, MANDAU – Siapa yang tak kenal dengan Elida Netty, S.H., M.H. di Kabupaten Bengkalis, sosok paruh baya yang energik dan konsisten bergerak di beberapa organisasi. Wanita kelahiran kota Minyak Duri yang juga berprofesi sebagai pengacara / advocad. Bukan hanya kacah Kabupaten, nemun tingkat nasional.

Saat bincang-bincang dengan media NusantaraExpress, Selasa (24/11/2020) di Kantor Hukum beliau Jl. Hang Tuah Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau dari hal yang sederhana sampai ke hal-hal cukup pelik. Ada yang menarik dari diskusi kecil dengan Elida Netty, S.H., M.H.

Apalagi dari pembahasan terpetik sebuah kalimat yang sederhana, namun cukup bermakna.

“Kejar Politik Fatamorgana Menjadi Nyata”



Kalau defenisi dari Fatamorgana itu sendiri adalah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada menurut Wikipedia.

Namun yang kita lihat dari defenisi Advocad Elida Netty, S.H., M.H. bukan itu yang dimaksud.

“Sekarang dimasa pesta demokrasi secara serentak yang ada di Indonesia memberikan edukasi kepada masyarakat secara umum, khususnya di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau pesta Pilkada sedang berjalan’.

"Saya mengajak masyarakat secara keseluruhan di Kabupaten Bengkalis bersama-sama menjaga nilai-nilai kebersamaan di pesta Pilkada ini. Saya yakin masyarakat di Kabupaten Bengkalis sudah sangat cerdas dan bisa memilah dan memilih siapa calon Bupati dan Wakil Bupati nantinya”.



[nextpage title="next"]
“Saat ini dunia teknologi juga sangat berperan memberikan edukasi kepada masyarakat, bagaimana mempromosikan dari kandidat dari masing-masing. Namun terlepas dari itu semua, tentunya teknologi juga punya aturan-aturan terkait dengan penggunaan. Mari kita sikapi dunia teknologi dan manfaatkan secara positif, jangan justru malah sebaliknya. Apalagi pada masa Pilkada saat ini. Teknologi di media sosial justru dapat memberikan efek negatif dari ketidak hati-hatian dari postingan-postingan yang tidak beretika”.

Apa Fatamorgana yang dimaksud ?

“Fatamorgana yang saya maksudkan adalah, sebuah fenomena potitik lumrah dilakukan oleh semua kandidat. Dan terkadang informasi ini disikapi secara negatif oleh beberapa orang, khususnya netizen yang suka menyimpulkan dan memberikan tanggapan-tanggapan yang tidak seharusnya”.



“Nah inilah yang justru akan merugikan secara pribadi dan akan berefek negatif bagi penulis postingan di media sosial. Harusnya dicari dahulu kebenarannya. Jangan ikut-ikutan. Semua itu ada konsekuensinya. Tentuntanya akan berhadapan dengan undang undang ITE”. Jelas Master Hukum Elida Netty memaparkan.

Fatamorgana dalam politik itu wajar dan sesuatu hal yang sangat lumrah dilakukan.  Jelas Tokoh perempuan baruh baya ini imbuhnya.  [MS]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Dalam kapasitasnya sebagai Aparatur Pemerintah, Abdi Negara, Abdi Masyarakat, serta selaku pelaksana kebijakan publik, setiap insan Pegawai Negeri Sipil khususnya anggota Korpri TNI hendaknya terus berupaya meningkatkan kadar profesionalisme serta tetap berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan Bangsa dan Negara.

Hal tesebut ditegaskan Aspers Panglima TNI Marsekal Muda TNI Diyah Yudanardi dalam sambutannya saat membuka Seminar Webinar Tentang Kepegawaian dan Pandemi Covid-19 dalam rangka HUT ke-49 Korpri Tahun 2020, Selasa (24/11/2020) di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Selaku Pembina Harian Korpri di lingkungan Instansi TNI, Aspers panglima TNI berharap Korpri TNI dapat terus meneguhkan fungsinya, meningkatkan semangat, peran, serta kontribusi mengingat pada era normal baru (new normal), setiap aparatur instansi pemerintah dituntut harus tetap produktif, kreatif dan inovatif sehingga tidak mengurangi hasil kerja.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Korpri TNI Dr. drg. Widya Leksmanawati, Sp. Ort. M.M. dalam laporannya menjelaskan, Kegiatan Webinar Kepegawaian ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-49 Korpri tahun 2020 di lingkungan TNI yang sebelumnya telah dilaksanakan donor darah, bakti sosial, dialog siaran RRI bekerjasama dengan Puspen TNI dan akan diakhiri dengan syukuran pada tanggal 29 November 2020.



[nextpage title="next"]
Kegiatan Seminar Webinar Tentang Kepegawaian dan Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua hari (24-25 November 2020) ini diisi dengan ceramah kesehatan Covid-19 oleh PLT. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Dr. H. Muhamad Hidayat, serta pembekalan dan tanya jawab dari narasumber yaitu:

- Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, S.H., M.H., dengan topik "Peran Korpri dalam Berkontribusi, Melayani dan Mempersatukan Bangsa".

- Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB dengan topik "Kebijakan pola Pengembangan Kompetensi PNS menghadapi Reposisi Jabatan Struktural Eselon III dan IV Ke Dalam Jabatan Fungsional".

- Karopeg Setjen Kemhan dengan topik "Kebijakan Pola Pembinaan Manajemen Kepegawaian PNS Kemhan yang Ditugaskan li Lingkungan Organisasi TNI".

- Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) -  Prof Dr. Agus Pramusinto, M.D.A. dengan topik "Implementasi Tugas Fungsi dan Pengorganisasian Komisi Aparatur Sipil Negara di Setiap Instansi Pemerintah" serta pembicara lainnya.



Pada bagian lain, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan seminar webinar kepegawain yang juga merupakan Ketua Dewan Pengurus Korpri Unit TNI Angkatan Laut, Pembina Tk I IV/b Drs. Safwanuddin, M.M. mengungkapkan, kegiatan seminar online ini diikuti tidak kurang dari 500 orang dari seluruh pengurus Korpri dari tingkat Unit Korpri Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU dan unit Korpri TNI Provinsi.

 

Autentikasi:

Ketua DPK TNI, Pembina Utama Muda IV/c Dr. drg.Widya Leksmanawati, Sp.Ort., M.M.

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pohon memang sangat berjasa bagi seluruh mahluk hidup, terutama bagi manusia, ucap Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs. H. Mhd.Fitriyus pada peringatan hari pohon dunia Sabtu 21 Nopember 2020 di halaman kantor bupati labuhanbatu jalan WR.Supratman Kecamatan Rantau Selatan.

Setiap manusia di dunia pasti menyadari bahwa pohon merupakan komponen penting dalam kehidupan, tanpa pohon manusia tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya.

Tepat tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Hari Pohon Sedunia ini juga dijadikan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahkluk hidup di muka bumi.jelas Pjs. Bupati Labuhanbatu

Menurut Fitryus, Selain itu juga, hari pohon sedunia ini juga untuk menghormati jasa J. Sterling Morton, seorang pecinta alam dari Amerika yang memiliki semangat tinggi dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Morton begitu gigih dalam mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Hal inilah yang seharusnya dikampanyekan kepada khalayak luas tentang pentingnya menanam dan menjaga kelestarian hutan dan pohon.

 

[nextpage title="next"]
Perlu diketahui, hutan yang pada dasarnya ditumbuhi banyak pohon, punya fungsi sebagai penyerap gas CO2 (karbondioksida) dan penghasil O2 (oksigen), juga penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar.

Mengingat semakin hari dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudka dengan menanam pohon.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global di bumi diantaranya adalah dengan menanami setiap jengkal rumah dengan pohon.

Dengan dilestarikannya pohon-pohon dan hutan, akan terjadi keharmonisan dan keseimbangan ekologis yang manfaatnya tentu saja kembali kepada manusia itu sendiri.

Tujuan diperingati hari pohon sedunia yaitu mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik.ujar Drs. Fitryus. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Peringatan Hari Anak Sedunia dideklarasikan pada tahun 1954 dan dirayakan setiap tanggal 20 November. Pemilihan tanggal 20 November juga tak lepas dari langkah PBB yang mengadopsi Deklarasi Hak Anak pada tahun 1959.Demikian ucap Pjs Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP diruang kerjanya Senin 23/11/2020 sa'at memperingati hari anak sedunia.

Pada 20 November 1989 juga menjadi hari penting, ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak-hak Anak. Sejak tahun 1990, Hari Anak Sedunia juga diperingati untuk menandai langkah Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak Anak.

"Anak adalah titipan Tuhan yang wajib kita jaga keberadaannya".



Anak merupakan generasi penerus bangsa yang memerlukan bimbingan,arahan dan pendidikan dari kita pemerintah dan para orang tua agar kedepannya memiliki pandangan yang baik dan benar untuk dirinya secara pribadi dan pembangunan negeri ini.ucapnya.

Pjs Bupati Labuhanbatu berharap melalui momentum peringatan hari anak nasional kita bisa memenuhi hak-hak anak, mulai hak bermain, pendidikan, kesehatan dan hak memperoleh perlindungan, jauhkan anak dari diskriminasi dan kekerasan.tegas Drs. Fitryus. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP membacakan pengantar nota keuangan ranperda APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2021 pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu Senin 23 November 2020 di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menargetkan pajak daerah pada R.APBD tahun 2021 sebesar 69,240.000.000 restribusi daerah sebesar 9,170.131.200, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar, 13.940.288.000, lain-lain pendapatan daerah wah besar 119.500.000.

Sedangkan pendapatan transfer di ditargetkan sebesar 1.032.310.001.000, yang terdiri dari transfer pemerintah pusat sebesar 952.310.001.000, dan transfer antar daerah sebesar 80.000.000.000,.

Untuk dana bagi hasil bukan pajak ditargetkan sebesar 36,066,950.000, dana alokasi umum 659.352.692.000,Dana alokasi khusus 182.413.942.000, Dana Desa ditetapkan sebesar 74.477.417.000.

Menurut Drs.Fitryus dilihat dari kondisi rencana pendapatan daerah yang dikemukakan di atas bahwa pendapatan transformasi memiliki kontribusi yang paling dominan terhadap total pendapatan daerah, kondisi ini sekaligus mencerminkan bahwa pemerintah Kabupaten Labuhanbatu masih memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap pendapatan transfer dari pemerintah atasan,oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu tetap melakukan langkah dan upaya secara menyeluruh agar pendapatan asli daerah ke depan lebih dapat ditingkatkan sebagai wujud kemandirian daerah sesuai dengan amanah undang-undang otonomi daerah.



[nextpage title="next"]
Disampaikan Pjs Bupati Labuhanbatu, belanja modal direncanakan dalam rapbd Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021 adalah sebesar 135.944.121.036, sudah termasuk didalamnya dana alokasi khusus tahun anggaran 2021 sebesar 72.309.119.000, belanja tidak terduga dialokasikan sebesar tiga miliar rupiah, belanja transfer sebesar 148.519.281.200.

Alokasi belanja tersebut dipertahankan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh seluruh organisasi perangkat daerah tentu dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 nantinya tetap mengedepankan azas dan prinsip pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

kami menyadari bahwa rancangan peraturan daerah dimaksud belum sepenuhnya memenuhi harapan anggota dewan yang terhormat. Oleh karena itu kiranya dapat dibahas dan diteliti bersama-sama dalam sidang dewan selanjutnya kami berharap dengan kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif dan Perda tentang APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021 ini dapat terlaksana dengan baik. Ujar Drs.Fitryus.

Rapat paripurna kali ini diikuti jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, seluruh kepala OPD, para asisten, staf ahli, ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu beserta seluruh anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu. Pembahasan R.APBD Kabupaten Labuhanbatu dibahas pada rapat paripurna selanjutnya. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.