NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Kadiskual Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso, CHRMP., memimpin sekaligus membuka pelaksanaan Rakernisku II TNI Angkatan Laut TA. 2020 bertempat Rupat Diskual Gedung B4 Lantai III Mabesal, melalui Video Conference yang di ikuti Kepala Akuntansi STTAL Letkol Laut (S) Dwi Saptono bersama Kakuwil Kodiklatal dan Akun jajaran Kodiklatal serta Akun AAL yang bertempat di Aula Spespa Pusdik Banmin Kodiklatal Jl.Bumimoro - Morokrembangan Surabaya. Rabu (18/11/2020)

Pada pelaksanaan pembukaan Rakernisku II TA.2020 di awali sambutan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso, CHRMP, menyampaikan pada penyelenggaraan Rakernisku II ini menindaklanjuti kebijakan strategis dalam pengelolaan keuangan negara serta memberikan bimbingan teknis di bidang keuangan agar pengelolaan keuangan pada tiap badan keuangan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian keuangan.

Pada Rakernisku II TA 2020 mengambil tema " Melalui Rakernisku II TNI Angkatan Laut TA.2020 Kita Wujudkan Pengelolaan Keuangan Negara yang Transparan Dan Akuntabel Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Rangka mempertahankan Opini WTP,".

[nextpage title="next"]
Pada penyusunan laporan keuangan merupakan pertanggungjawaban terhadap pengelolaan anggaran yang berada di UO TNI Angkatan laut yang saat ini telah kita laksanakan selama hampir satu tahun penuh, dengan harapan opini BPK pada laporan keuangan di Tahun 2020 dapat kita raih kembali.

Usai sambutanya dilanjutkan berbagai paparan antara lain tentang Diskusi Pengelolaan Tabungan Disiplin bagi Prajurit TNI Angkatan Laut, Program Asabri sesuai PP 54 Tahun 2020, paparan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada akhir tahun anggaran 2020 dan paparan evaluasi penyusunan laporan keuangan TW III dan persiapan laporan keuangan semester II unaudited tahun anggaran 2020 serta sesi tanya jawab.

Pelaksanaan Rakernisku II yang diselenggarakan setiap tahunnya merupakan penjabaran dari program kerja Diskual TA. 2020 dalam rangka pembinaan pengelolaan keuangan negara di lingkungan TNI Angkatan Laut yang sasarannya para pejabat dijajaran Kuwil dan Akun serta pembinaan Korps Suplai TNI Angkatan Laut secara umum. [Penerangan STTAL]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Babinsa jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan terus berkomitmen mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan Ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Salah satunya seperti yang di laksanakan oleh Babinsa Koramil 05/Samadua Koptu Tursaini melalui Upaya Khusus Pendampingan Pertanian yang di lakukan di Desa Ladang Panton Luas Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (25/11/2020).

Dalam kegiatan pendampingan pertanian kali ini, Koptu Tursaini ikut membantu warga Desa binaannya dalam tanam padi serentak di lahan seluas lebih kurang 10.1 Hektar dalam wilayah Desa Ladang Panton Luas Samadua.



[nextpage title="next"]
"Upaya pendampingan ini akan terus kita lakukan dan bersinergi dengan petugas penyuluh pertanian dari masa penanaman, perawatan hingga masa panen nantinya."ujar Koptu Tursaini.



Pada kesempatan itu juga, Koptu Tursani berpesan kepada petani warga Desa binaannya agar senantiasa terus meningkatkan semangat bercocok tanam agar capaian ketahanan pangan khususnya di wilayah Desa Ladang Panton Luas terwujud dengan maksimal.

"Di tengah pandemi covid-19 saat ini, kita harapkan kepada petani untuk terus memacu semangat bertani agar kebutuhan dan ketersedian bahan pangan dalam wilayah selalu tepenuhi,"harap Koptu Tursaini.[Pendim Asel]

NUSANTARAEXPRESS, RANTAUPRAPAT - AKBP Deni Kurniawan, S.I.K., M.H. selaku Kapolres Labuhanbatu sosok pemimpin yang layak dicontoh, karena AKBP Deni tidak melupakan sosok guru dari mulai dini sampai saat ini "Tanpa guru saya tidak mungkin bisa seperti ini" dan Orang hebat bisa membuat beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu bisa melahirkan ribuan orang-orang hebat. Tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa. ucap AKBP Deni saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya pada peringatan hari guru nasional, Rabu (25/11/2020).

Di tahun 2020 ini, peringatan Hari Guru kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Sistem pendidikan dimana saja, di seluruh dunia terkena dampak langsung, sekolah-sekolah pun sementara harus ditutup.

Karena itu, meski tidak bisa bersua dengan para guru, kamu bisa memberikan ucapan Selamat Hari Guru kepada guru-guru kesayangan kalian yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk masa depanmu,

Apalah artinya kita tanpa sosok guru yang telah memberikan kita berbagai macam ilmu saat di sekolah. mumpung hari guru tak ada salahnya kamu mengirimkan ucapan ini secara pribadi ataupun melalui medsos, "Bhaktimu Mencerdaskan Negeri Tak Akan Terlupakan" ucap Kapolres Labuhanbatu. (Her)

NUSANTRAAEXPRESS, PAPUA - Kepala Suku Dani, Kabupaten Puncak Ilaga, Papua, Jembatan Murib, meminta masyarakatnya untuk tetap berpegang teguh kepada kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya Jembatan Murib sebagai Kepala Suku Dani Kabupaten Puncak Ilaga, meminta kepada masyarakat untuk untuk berpegang teguh kepada kedaulatan NKRI,” ujarnya dalam acara pertemuan dengan para tokoh adat dan masyarakat lainnya, Selasa (24/11/2020).

Jembatan Murib menyatakan bahwa pemerintah adalah wakil Tuhan di bumi ini. Sebagai masyarakat harus patuh terhadap pemerintah. “Selain itu, pemerintah juga telah memberikan perhatian khusus kepada kami masyarakat Papua mulai dari pembangunan hingga banyak anak-anak Papua yang telah menjadi pejabat-pejabat pemerintah baik itu di Papua sendiri maupun juga di luar Papua,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jembatan Murib juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yakni TNI-Polri, yang telah memberikan rasa aman kepada masyarakat di Kabupaten Puncak. Sehingga aktivitas masyarakat sehari-hari bisa berjalan dengan aman dan damai.

[nextpage title="next"]
Namun, tidak dapat dipungkiri Jembatan Murib termasuk beberapa kepala suku lainnya, sangat menyayangkan adanya pembunuhan beberapa anggota masyarakatnya baru-baru ini. “Aksi pembunuhan tersebut tidak terlepas dari kehadiran kelompok bersenjata yang baru saja datang dari Tembagapura,” ujarnya.

Para kepala suku yang demi keselamatannya menolak namanya disebutkan, menyatakan hal yang hampir serupa.   “Sekarang Marga Alom-Magai Suku Damal sudah menolak kehadiran OPM di Kabupaten Puncak. Kami trauma setelah perang suku 2010-2011 yang mengakibatkan adanya anggota Suku Damal yang ditembak oleh OPM, sehingga kami Suku Damal menolak kehadiran OPM di Ilaga,” ucapnya.

Bahkan seorang anggota masyarakat yang tidak mau identitasnya disebut menyatakan bahwa hidup mereka penuh dengan ancaman OPM.  “Setiap hari kami dipaksa mendukung kegiatan mereka. Mereka tidak segan untuk membunuh kami jika keinginannya ditolak,” ucapnya.

Pernyataan masyarakat tersebut berdasarkan kenyataan, karena beberapa hari terakhir terdapat lima orang meninggal dunia oleh Orang Tak Dikenal (OTK).

Meski beragam pendapat telah bergulir, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kejadian ini tidak terlepas dari persiapan adanya peringatan 1 Desember sebagai hari ulang tahun OPM.

Padahal dalam tubuh OPM sendiri terdapat perpecahan, yang disebabkan oleh adanya persaingan dan perebutan wilayah kekuasaan dan kepemimpinan antara kelompok OPM yang sudah berada di wilayah Ilaga dengan kelompok OPM yang baru datang dari luar wilayah.

Hal ini bukan rahasia lagi untuk masyarakat sekitar Ilaga, bahwa kedua pihak tersebut telah bertikai cukup lama karena adanya perbedaan pemahaman. Ironisnya, kedua belah pihak tidak peduli bahwa perbedaan dan pertikaian tersebut harus berujung pada timbulnya korban di pihak masyarakat. **

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Memperingati HUT Ke-49 KORPRI tahun 2020 yang akan jatuh pada tanggal 29 November ini, PNS Kodim 0713 Brebes melakukan kegiatan sosial, yaitu menyambangi PNS Kodim Brebes yang purna bhakti tugas sekaligus memberikan tali asih. Rabu (25/11/2020).

Disampaikan Dandim Brebes Letkol Infantri Mohammad Haikal Sofyan melalui PNS Ngabdul, anggota Staf Personalia Kodim Brebes, bahwa tujuan anjangsana adalah untuk terus menjalin silaturahmi dengan mantan rekannya yang sudah purna tugas atau pensiun.



[nextpage title="next"]
“Sesuai slogan HUT Ke-49 KORPRI tahun ini yaitu KORPRI berkontribusi melayani dan mempersatukan bangsa, kita memberikan bingkisan untuk menjalin silaturahmi dengan pensiunan,” ungkapnya.

Lanjutnya, adapun kunjungan dilakukan di kediaman Sutimin (58), Desa Pesurungan Kidul RT/RW. 01, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, dan juga Tri Murti (59), Jalan Kelinci Nomor 18, Perumnas Kaligangsa, Kecamatan/Kabupaten Brebes.

Sementara itu Tri Murti dan Watimin, masing-masing menyatakan sangat terharu dan berterima kasih kepada rekan-rekannya yang masih aktif berdinas, karena masih ingat dan menyempatkan waktunya untuk mengunjunginya, dan bahkan memberikan cindera mata. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Sebagai wujud kepadulian dalam pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 diwilayah binaanya, Babinsa Koramil 03/IV Jurai Kodim 0311/Pessel Serda Hadiansyah berperan aktif lakukan himbauan untuk mematuhi prokes kepada masyarakat termasuk siswa dan siswi sekolah, pada Rabu 25/11/2020.

Bertempat di SDN 20 Painan Utara jln. Setia Budi Painan kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk mensosilisaaikan tentang hidup bersih dengan menerapkan protokol kesehatan.

Serda Hadiansyah mengungkapkan kegiatan itu dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang semakin hari semakin meningkat penyebaranya.

"Kita akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu waspada dengan covid-19 dengan menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan, agar pelaksanaan belajar tatap muka ini berjalan dengan baik," sebutnya.
(Pendim 0311/Pessel).

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Denkesyah 04.01.01 Purwokerto melalui Klinik Pratama Kartika 13 Brebes kembali memberikan penyuluhan kesehatan tentang penyakit degeneratif hipertensi dan covid-19, kepada keluarga besar TNI Brebes di Aula Jenderal Soedirman Makodim 0713 Brebes, Rabu (25/11/2020).

dr. Rizkyana Puspita Rini selaku narasumber menjelaskan, tujuan edukasi adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan di lingkungan prajurit dan PNS TNI Brebes.

“Melalui penyuluhan ini diharapkan menambah pengetahuan tentang penyakit darah tinggi dan covid-19, sehingga keluarga besar TNI di Brebes mampu melakukan upaya pencegahan agar keluarganya juga tidak terpapar penyakit tersebut,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, setelah mendapatkan tambahan wawasan kesehatan, diharapkan dapat menerapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari baik secara individu maupun kelompok.



[nextpage title="next"]
Tak lupa dirinya mengapresiasi upaya TNI Brebes dalam membantu pemerintah daerah bersama dinas terkait selama ini, yaitu menegakkan operasi yustisi sesuai Perbup Nomor 64 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di wilayah Kabupaten Brebes.

“Langkah efisien mencegah penularannya virus corona adalah 3 M, yaitu memakai Masker agar tidak terkena percikan droplet saat batuk, bersin atau berbicara dari orang yang terinfeksi, sesering mungkin Mencuci tangan dengan sabun/cairan disinfektan, dan juga Menjaga jarak,” tandasnya.

dr. Rizkyana juga berharap ilmu yang disampaikan dapat ditransfer kepada orang lain sehingga dapat bermanfaat lebih luas.

Hadir dalam kegiatan ini, Kasdim Brebes Mayor Infanteri Edwin Samma Baratiku, Kaminvetcad IV 07 Brebes, Kapten Infanteri Heri Riyanto, S.H, dan juga Dansubdenpom IV 1-4 Brebes, Kapten Cpm Budi Hermanto. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Orang hebat bisa membuat beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu bisa melahirkan ribuan orang-orang hebat. Tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa.ucap Pjs Bupati Labuhanbatu pada peringatan hari guru nasional Rabu 25/11/2020 usai mengikuti upacara secara virtual diruang rapat Bupati Labuhanbatu jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan.

Di tahun 2020 ini, peringatan Hari Guru kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Sistem pendidikan dimana saja, di seluruh dunia terkena dampak langsung, sekolah-sekolah pun sementara harus ditutup.

Karena itu, meski tidak bisa bersua dengan para guru, kamu bisa memberikan ucapan Selamat Hari Guru kepada guru-guru kesayangan kalian yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk masa depanmu,

Apalah artinya kita tanpa sosok guru yang telah memberikan kita berbagai macam ilmu saat di sekolah. mumpung hari guru tak ada salahnya kamu mengirimkan ucapan ini secara pribadi ataupun melalui medsos, "Selamat Hari Guru Nasion", ucap Pjs.Bupati Labuhanbatu. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, MANDAU – Elida Netty, S.H., M.H. mengatakan, “Berpolitik Santun” di Pilkada 2020 jelasnya saat berbincang-bincang dengan dengan media NusantaraExpress, Selasa (24/11/2020) di Kantor Hukum beliau Jl. Hang Tuah Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Wanita kelahiran kota Minyak Duri yang berprofesi sebagai pengacara / advocad di kancah nasional ini memberikan paparannya terkait dengan Pilkada serentak 2020 khususnya di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Kenapa ini harus saya ucapkan dengan kalimat “Berpolitik Santun”, Jelas Elida Netty, S.H., M.H.

Harapan advocat Elida Netty, S.H., M.H. di Pilkada Bengkalis 2020 Tentang Berpolitik Santun?

“Harapan saya, di Pilkada Kabupaten Bengkalis tahun 2020 ini benar-benar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang politik. Dan masyarakat juga benar-benar cerdas menyikapi berita-berita miring atau informasi-informasi yang sengaja dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab”.


 



[nextpage title="next"]

“Saya melihat saat ini di media sosial atau media online banyak yang menyudutkan kandidat-kandidat dengan statement nya. Hal ini kan tidak bagus. Janganlah berlaku demikian. Bagaimanapun saat ini antara paslon yang satu dengan paslon yang lainnya juga putra-puteri terbaik Negeri Junjungan. Dan ini harus kita jaga nilai-nilai toleransi dan etika dalam berpolitik”. Tuturnya.



“Jangan sampai kita menyesal, dengan ujaran kebencian yang dihembuskan menjadi malapetaka”. Ujar Pengacara ini mengingatkan.

Apa pesan Ibu selaku Advocat dan Tokoh Wanita ?

“Sekali lagi saya mengingatkan kepada masyarakat, simpatisan dan juga kepada Tim pemenangan dari masing-masing paslon. Semua itu ada konsekuensinya di undang undang ITE. Apalagi ada pihak-pihak yang sengaja menghembuskan perpecahan, ini tidak bagus untuk Kabupaten Bengkalis ke depan”.

[MS]

NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Pemantauan serta peningkatan keamanan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Pos Kalibom Melaksanakan Sweeping di jalan Trans Papua yang dilaksanakan di depan pos, Kampung Kalibom, Distrik Waris, Kab. Keerom, Prov Papua. Selasa (24/11/2020).

Lebih lanjut dijelaskan Danpos Kalibom yang dipimpin oleh Letda Inf Sakkap Manalu selaku Komandan Pos Kalibom beserta 11 anggotanya melaksanakan sweeping dimalam hari yang dimana banyak oknum pelintas batas yang melancarkan aksinya dalam berbagai bentuk penyelundupan, "pada kegiatan ini selalu perhatikan faktor keamanan dan kewaspadaan, bersikap ramah terhadap masyarakat,serta berikan yang terbaik". Ujarnya.

Tambahnya, kegiatan Sweeping ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya Peredaran Narkoba jenis sabu dan ganja serta minuman keras dan penyelundupan hewan yang dilindungi yang marak beredar di tengah masyarakat. "Kita ketahui bersama, daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi. Dalam mengelabui petugas, mereka sering memanfaatkan jalur-jalur perjalanan tidak resmi yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen pelintas batas Negara," tambahnya.

Dibalik kegiatan tersebut masyarakat merasa sangat terbantu atas terselenggaranya kegiatan Sweeping tersebut, sehingga angka pelanggaran dan kegiatan kekerasan berkurang di jalan lintas tersebut dikarenakan sering terjadinya aksi mabuk-mabukan yang mengganggu ketertiban di jalanan.

"Tidak hanya melaksanakan Sweeping, tetapi kami juga memberikan sosialisasi tentang bahaya Virus Covid-19 serta mematuhi Protokoler Kesehatan. Selama sweeping berlangsung tidak adanya hal hal menonjol yang diduga membawa barang-barang terlarang tersebut",ujar Danpos. [*]
Diberdayakan oleh Blogger.