7 Karakter Pemimpin Ideal


 

7 Karakter Utama Pemimpin Ideal adalah deskripsi yang menjelaskan tentang point-point yang harus dimiliki seorang pemimpin. Baik secara sempit maupun luas, seorang pemimpin tentunya perlu mengetahui dan memiliki sifat dari 7 karakter utama pemimpin ideal.

Seorang pemimpin adalah individu dengan jiwa yang terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan visi yang bersifat seragam. Seorang pemimpin diharuskan mampu melibatkan diri dalam unsur keberagaman sifat anggota yang menjadi tanggung jawabnya. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu membawa misi kelompoknya ke arah yang baik dan tetap teguh merangkul semua anggota kelompok.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Cerdas

Kecerdasan adalah titik tentu yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil oleh seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalah kelompok. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang cerdas dalam membawa diri yang didukung dengan keunggulan berfikir dan peka terhadap hal-hal sekitar. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berfikir luwes dan memiliki ide-ide segar untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Berinisiatif

Tidak hanya cerdas, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Inisiatifme diri jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan. Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mampu menggerakkan dirinya sendiri terlebih dahulu untuk memulai segala sesuatunya tanpa adanya paksaan. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi kelompok pun akan terjamin dengan baik.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Bertanggung jawab

Bertanggung jawab berarti berani untuk menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan. Selain cerdas dan berinisatif, seorang pemimpin yang ideal tentunya perlu memiliki sifat bertanggung jawab. Pengambilan keputusan terhadap cara kerja dan pelaksanaan misi suatu kelompok tentunya diputuskan dengan tidak tergesa-gesa. Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu berfikir taktis untuk menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang diambil.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Karakter yang satu ini tentunya timbul dari seberapa berhasilnya seorang pemimpin dalam menggerakkan anggotanya dan bijak dalam mengambil keputusan. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang tanpa perlu berfikir ulang, anggotanya akan dengan kesungguhan hati mampu mempercayai pemimpin tersebut untuk mengambil keputusan. Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu mendamaikan hati semua anggota. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Jujur

Kejujuran dalam diri seseorang tentunya menjadi point khas yang harus dimiliki oleh seorang manusia, terutama oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur menjanjikan keterbukaan dan keluwesan dalam memberikan segala informasi yang mencakup kepentingan kelompok. Kejujuran yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas dari kelompoknya.

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Rela Berkorban

Rela berkorban berarti rela menerjunkan diri dalam kepentingan kelompoknya dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi kelompok secara detail. Sifat rela berkorban ini pun tentunya harus didasari dengan kecerdasan dan kebijakan dari seorang pemimpin. Pemimpin ideal yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.
Para Pimpinan di Prsidium Pusat, Saat Rakernas I di Kota Batu Malang Jawa Timur. Dari Kiri, Ibrahim SE, (Bendahara), Ir. Moh. Dahlan Foudubun (Sekjen), Agustinus L. Kilikily S.H. (Ketum), Ir. Jumadi SH (Ketua IV), Drs. Etalo MA (Ketua I)

Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dicintai dan Mencintai

Kualitas Wajib Seorang Pemimpin

Santun

Sikap santun merupakan dasar dalam kepemimpinan. Kemampuan untuk mudah mengungkapkan rasa hormat atau syukur dengan mengucapkan kata-kata seperti ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

Murah Hati

Murah hati di sini bukan berarti berkaitan dengan uang. Murah hati lebih ke arah keikhlasan Anda untuk mengabdikan waktu, usaha dan kesabaran terhadap rekan kerja Anda, teman atau orang di sekitar tanpa harus memiliki rasa ingin mendapatkan imbalan.

Renda Hati

Ken Blanchard, seorang ahli di bidang manajemen, mengatakan “Orang yang rendah hati bukannya tidak memikirkan tentang diri mereka sendiri, namun mereka hanya mengurangi waktunya untuk memikirkan diri sendiri.”

Empati

Dengan menempatkan diri pada keadaan yang orang lain sedang rasakan, Anda akan menjadi lebih mampu dan efektif dalam memimpin sebuah tim.

Mempertimbangkan

Mempertimbangkan segala akibat dan kemungkinan yang akan terjadi merupakan kualitas umum yang harus dimiliki oleh orang yang ingin memiliki sikap kepemimpinan. Pertimbangan di sini berarti mempunyai pemikiran tulus terhadap situasi orang lain seperti kesejahteraan mereka, situasi yang sedang mereka hadapi hingga opini pribadi mereka.

Keberanian

Ada alasan di balik mengapa Aristotle menempatakan keberanian sebagai sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Keberanian merupakan alasan simple yang dapat membuat seseorang mengambil keputusan. Pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang berani dalam memutuskan pilihan-pilihan sulit dan menerima risiko demi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Belas Asih

Belas kasih adalah kondisi mental yang berarti mempunyai perhatian lebih terhadap mereka yang sedang memiliki nasib kurang beruntung dan aspirasi untuk membantu mereka tersebut.

Integritas

Komitmen sesorang atau kemauan untuk melaksanakan kewajiban dengan alasan yang sebenarnya, tidak perduli dengan keadaan yang sedang terjadi merupakan definisi dari integritas. Orang yang mempunyai integritas tidak mampu untuk melanggar kepercayaan yang telah diamanahkan dan sulit untuk melakukan korupsi. Mampu memilih dan menjalani yang benar terlepas dari konsekuensi yang akan diterima adalah ciri dari seorang berintegritas tinggi.

Sopan

Peter Ducker pernah mengatakan “sikap sopan bagaikan oli yang semakin memperlancar jalannya suatu organisasi.” Sikap sopan adalah sikap paling esensial yang harus dibangun agar hubungan yang profesional dapat berjalan lancar dan lama, begitupun sikap saling menghormati yang harus dibangun dalam lingkungan kantor.

Penyesalan

Bila Anda merasa telah melakukan kesalahan, janganlah ragu untuk mengatakan maaf dan menyesal telah melakukan tindakan tersebut. Dengan begitu, Anda telah menunjukkan bahwa Anda adalah pemimpin yang berjiwa besar.

Hanya beberapa orang saja yang memiliki kualitas yang dikategorikan sebagai natural born leaders. Namun walaupun Anda tidak memiliki semua kualitas di atas, Anda tetap bisa untuk menjadi seorang pemimpin dengan belajar sikap-sikap diatas. Malahan, semua dari kita seharusny bisa bersikap seperti tersebut.

Ditulis Oleh :

Jumadi, ST,  S.H.

Ketua 4 LMR-RI Presidium Pusat

Membawahi Kompartemen : Informatika dan Laskar

[*red]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Pusat Kerjasama Internasional  (Kapuskersin) TNI, bertempat di kantor Subden  Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2020).

Acara  Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapuskersin TNI dari Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si. kepada Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A. berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020.

Selanjutnya Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si.  akan berdinas di Bais TNI, sedangkan Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A. sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Koarmada II.



 

[nextpage title="next"]
Pada kesempatan tersebut, sebagai pejabat baru, Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A.  melakukan penandatanganan pakta integritas dan berita acara serah terima jabatan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasum TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis S.H., M.H., dan Kababinkum TNI Laksda TNI Anwar Saadi, S.H. serta pejabat teras Mabes TNI.

 

Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Dalam pelayaran etape ke-8 dari Tarakan tujuan Sorong, Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 2020 berkesempatan lego jangkar di Perairan Waigeo tepatnya di sebalah selatan Pulau Waigeo kepulauan Raja Ampat untuk melaksanakan berbagai kegiatan latihan bagi para Taruna Tk.III angkatan ke-67, salah satunya adalah latihan dayung menggunakan School Boat KRI Bima Suci, Rabu (2/12/20).

Dalam kegiatan kali ini, Komandan Satgas Operasi Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. menurunkan 2 unit School Boat dan 2 unit Rescue Boat KRI Bima Suci untuk menggelar latihan dayung di peraian Waigeo di sekitar KRI Bima Suci lego jangkar.

Bertepatan dengan peringatan HUT Armada RI yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2020 mendatang, dalam latihan dayung School Boat ini Komandan Satgas OBS 20 mengadakan pertandingan lomba Dayung internal antar Taruna dan Prajurit KRI Bima Suci dengan Satlat KJK 20.



[nextpage title="next"]

Komandan Satgas OBS menyampaikan "Lomba dayung School Boat yang diselenggarakan oleh Satgas OBS 20 di perairan Waigeo ini adalah untuk memberikan latihan praktek dayung menggunakan School Boat bagi para Taruna Tk.III angkatan ke-67 sekaligus untuk memeriahkan HUT Armada RI tahun 2020", terang Letkol Waluyo-sapaan karib Komandan Satgas OBS.

Lebih lanjut beliau mengatakan, "bagi para pemenang lomba dayung tersebut diberikan reward sebagai bentuk apresiasi Komandan Satgas OBS kepada para Tim yang telah tampil dengan baik dan semangat, namun tetap dalam pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M.", imbuh Dansatgas OBS.

(KRI BSC)

NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS – Tim Sentra Gakkumdu yang dikomandai oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis, menggelar apel bersama pelepasan patroli Money Politic di halaman Mapolres Bengkalis, Rabu (02/12/20) pagi.

Lantaran dalam situasi pandemi COVID-19, apel yang berlangsung di Mapolres Bengkalis jalan Pertanian itu, seluruh peserta tetap mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan menjalankan 3M, yakni memakai marker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhlasin, S. Sos, menyampaikan kepada seluruh peserta apel, bahwa politik uang harus ditolak tanpa perlu ada tawar-menawar lagi. “Mari bersama cegah politik uang dari sekarang, “ungkapnya.

Menurut Mukhlasin, apel tersebut dilakukan, bertujuan untuk mencegah dan mengawasi agar tidak terjadinya politik uang dalam pelaksanaan PILKADA 2020 yang akan digelar pada tanggal 9 Desember mendatang.

“Dalam hal ini, kita telah membentuk satgas anti politik uang, dan tugasnya melakukan patroli bersama. Agar bisa tercapai PILKADA Bengkalis yang bersih, aman dan damai. Bebas politik uang, sara, hoaks, dan lainnya, “kata Mukhlasin lagi.

Setelah apel bersama, yang dihadiri Sekda Bengkalis Bustami HY, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan SIK., MT, Kasi Pidum Kejari Bengkalis Imanuel Tarigan SH., MH, melepas kendaraan Satgas Patroli Money Politic, dengan berkeliling, dan razia di beberapa titik kota Bengkalis.

Dalam pengawalan politik uang ini, Bawaslu Bengkalis telah menyiapkan 1.085 pengawas yang tersebar di sebelas Kecamatan se Kabupaten Bengkalis, termasuk posko pengaduan yang juga sudah disiapkan di setiap Kecamatan.

Kepada sejumlah wartawan, Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin mengatakan, bahwa terjadinya transaksi politik uang itu, hingga hari pemilihan di TPS pada tanggal 9 Desember nanti. Sehingga petugas akan bekerja maksimal di lapangan hingga hari ‘H’ Pilkada.

Disisi lain, Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan, S.I.K., M.T. mengaku pihaknya telah menyiapkan tim bersama Sentra Gakkumdu untuk mencegah terjadinya politik uang.

“Kita menyiapkan tim under cover (penyamaran), untuk menindak pelaku politik uang. Ini dilakukan agar Pilkada Bengkalis bebas dan bersih dari money politic, “terang Kapolres [**Budi]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Tekab unit Resum Polres Labuhanbatu yang dipimpin langsung oleh Kanit Idik I Resum Iptu SM Lumban Gaol SH berhasil mengamankan MI alias Iwan (39) yang sehari-harinya bekerja mocok-mocok warga Jalan Manunggal Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Sabtu (28/11/2020).

Dimana diketahui MI adalah seorang residivis tindak pidana narkoba pada tahun 2017 karena mengedarkan sabu dan di hukum dua tahun penjara di lembaga pemasyarakatan Rantauprapat.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan SIK MH dalam pers rilisnya, Selasa (1/12/2020) menjelaskan bahwa korban adalah inisial MSM (77) seorang wiraswasta warga jalan AMD Simpang Mangga bawah Kelurahan Bakaranbatu dan istri nya MBS (76) seorang ibu rumah tangga benar telah menjadi korban Curas pada Selasa (17/12/2020) sekitar pukul 09.30 Wib.

Dimana kronologis berawal dari tetangga korban KGS yang juga sebagai saksi hendak memanaskan mobil korban seperti biasa, karena rumahnya berdekatan dengan korban. Namun KGS curiga seperti ada kejanggalan di rumah tersebut. KSG pun takut dan kembali pulang ke rumahnya, lalu menceritakan hal tersebut ke ESP yang juga tetangga korban.

ESP pun penasaran dan datang untuk memeriksa rumah korban, benar saja ESP mendapati MSM dan MBS  sudah bersimbah darah di ruangan kamar dengan barang barang berserakan seperti bekas di acak acak.

ESP pun menghubungi KSG untuk memberitahu kejadian yang menimpa pasutri lansia tersebut dan langsung membuat laporan ke Polres Labuhanbatu kemudian langsung membawa korban ke rumah sakit bersama petugas untuk melakukan pertolongan lebih lanjut.

 

[nextpage title="next"]

Kapolres merincikan, pada Selasa (17/11/2020) sekitar pukul 08.00 wib pelaku MI memasuki rumah korban melalui pintu pagar depan, kemudian MI pun masuk dari pintu samping rumah dan langsung menuju ruang kamar. Namun, aksinya keburu terpergok oleh korban MSM, dan MI pun langsung memukul MSM dengan tangan hingga tersungkur.

"Kemudian istri korban pun datang untuk menolong dan langsung memukul tersangka MI menggunakan alu sembari teriak meminta tolong, namun MBS kalah tenaga, MI pun mendorong MBS hingga terhempas ke lantai dan langsung mengambil alu tersebut dan memukuli pasutri lansia ini sampai tidak sadarkan diri. Kemudian MI pergi meninggalkan Pasutri tersebut dengan bersimbah darah sambil membawa barang-barang dari dalam rumah korban," ujarnya.

Akibat penganiayaan tersebut, lanjutnya, MSM mengalami luka robek di bagian kepala bagian kiri, luka robek di pelipis kiri, bengkak punggung dan bengkak tangan kiri. Istrinya juga MBS mengalami luka di kelopak mata kiri, bengkak di pipi kanan dan robek di belakang telinga kanan.

Namun karena keadaan kedua korban semakin mengkhawatirkan korban di rujuk dari RSUD Rantauprapat ke salah satu RS di kota Medan.

Dan untuk melengkapi penyelidikan telah di periksa 7 orang saksi.

Tak berlangsung lama, Satreskrim berhasil membongkar kasus Curat ini oleh tim opsnal unit 1 resum Polres Labuhanbatu melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan data dan bukti-bukti. Akhirnya Sabtu (28/11/2020) tim mendapat informasi bahwa pelaku berada di dusun Kampung Baru Gunung Gajah Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu

"Mengetahui petugas, namun tersangka ini tidak menyerah dan mencoba melakukan perlawanan dan membahayakan, petugas memberi tembakan peringatan ke udara, namun tidak dihiraukan oleh tersangka. Hingga akhirnya melakukan tindakan tegas dan terukur dan melepaskan tembakan ke betis sebelah kanan pelaku," sebut Kapolres.



Dari tangan tersangka, diamankan barang bukti berupa satu unit Handphone Nokia hitam, satu buah handphone Nokia putih,satu buah handphone merah,dua buah cincin, satu buah kalung, satu buah gelang tangan, satu buah kotak handphone dan satu lembar surat toko mas.

Iptu SM Lumban Gaol SH menjelaskan tersangka melakukan kejahatannya secara spontan karena melihat situasi sepi."Telah kami amankan juga barang bukti kejahatannya berupa  satu buah alu, satu buah martil, satu buah batu, satu buah pisau dapur dan satu buah parang,dan akibatnya korban ditaksir mengalami kerugian mencapai Rp 30.000.000," ungkap Lumban Gaol.

"Atas perbuatannya, MI melanggar Pasal 365 KUHP pidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," jelas Kapolres. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU -  Sabu seberat 15 Kg dimusnahkan Polres Labuhanbatu bersama Forkopimda Labuhanbatu Raya, tokoh agama, tokoh masyarakat serta organisasi pegiat anti narkoba. Kegiatan ini berlangsung di Aula Serbaguna Polres setempat pada Rabu (2/12/2020).

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, SIK MH menyebutkan, barang bukti yang dimusnahkan ini adalah hasil pengungkapan sindikat narkotika jaringan Provinsi Aceh - Sumatera Utara dan Provinsi Riau yang beberapa waktu lalu disaat pengungkapan pelakunya telah diamankan dan dilakukan tindakan tegas, tepat dan terukur.

"Kegiatan pemusnahan ini adalah sebagai bentuk komitmen kami polres Labuhanbatu bersama elemen terkait termasuk didalamnya ada unsur masyarakat untuk bersama-sama memerangi dan menekan peredaran narkotika yang ada di wilayah Labuhanbatu Raya, serta memastikan bahwa masyarakat aman dan nyaman," ujarnya.



Tersangka yang diamankan pada saat penangkapan tersebut sebanyak 2 orang yang keduanya adalah warga Medan. Saat pengungkapan, kedua pelaku ini berusaha untuk melukai anggota kepolisian hingga kemudian petugas melakukan tindakan tegas.



[nextpage title="next"]

"Anggota kami juga dilarikan ke RS. Bhayangkara Medan pada saat itu untuk dilakukan tindakan medis. Jumlah sabu-sabu seberat 15 kg ini kalau dikonversikan dengan nilai rupiah 1 kg nya adalah Rp. 1 M, berarti senilai Rp. 15 M. Sedangkan kalau digunakan oleh orang dengan asumsi 1 gram sabu untuk 10 orang, maka kita bisa menyelamatkan 150.000 orang," sebutnya.



Bagi masyarakat, Kapolres juga mengimbau agar menjauhi narkoba. "Kalau mengetahui terkait peredaran, segera menginformasikan kepada petugas agar dilakukan tindakan," tegasnya.

Pantauan awak media dilokasi, sebelum barang bukti sabu dimusnahkan, terlebih dahulu Tim Labfor Polda Sumatera Utara melakukan pengecekan 15 bungkus. Setelah itu, pemusnahan Narkotika jenis sabu ini dilakukan dengan cara merebus dengan air panas sampai cair dan dibuang ke kloset. (Her)
Diberdayakan oleh Blogger.