NUSANTARAEXPRESS, SORONG - Komando Armada (Koarmada) III menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong sebagai Satuan Kerja dengan kontribusi pemulihan ekonomi regional terbaik se-Sorong Raya kategori pagu lebih dari 150 miliar.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut disampaikan Kepala KPPN Sorong, Juanda yang diterima langsung Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2021 Satker Lingkup KPPN Sorong di Hotel Vega Sorong Jl. Frans Kaisepo, Malaingkedi, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (10/12/2020). Penyerahan DIPA TA 2021 disampaikan Wali Kota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, M.M., kepada Satker Lingkup KPPN Sorong antara lain kepada Pangkoarmada III. Pada kesempatan ini hadir Asrena Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Ridwan Prawira, S.T., M.Tr. (Han) dan sejumlah pejabat Keuangan Kementerian/Lembaga Kabupaten dan Kota Sorong.



[nextpage title="next"]

Pangkoarmada III mengatakan pengelolaan keuangan negara, setidaknya empat prinsip dasar yang harus dipenuhi di Koarmada III, yakni akuntabilitas berdasarkan hasil atau kinerja, keterbukaan setiap transaksi, pemberdayaan manajer secara profesional serta pemberdayaan lembaga pemeriksa, yakni Inspektorat selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Koarmada III. “Di lingkungan kami, Koarmada III selalu mengutamakan efektifitas, efisiensi, dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPPN Sorong mengatakan bahwa penghargaan dari KPPN Sorong atas raihan Satker Koarmada III sebagai Satker dengan daya serap tertinggi di wilayah Sorong Raya dalam realisasi anggarannya, sehingga telah memberi konstribusi dalam pemulihan ekonomi regional Sorong Raya.

Pada tahun 2019, Koarmada III juga menerima piagam penghargaan Terbaik Kedua Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun Anggaran 2019 Katagori 12 Indikator Penilaian tingkat Kementerian Negara/Lembaga Kabupaten dan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat dari Kementerian Keuangan, dalam hal ini KPPN Sorong.

Autentikasi:

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

NUSANTARAEXPRESS, LEBANON - Komandan Satgas MTF TNI XXVIII-L/UNIFIL tahun 2019 yang dijabat Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS melaksanakan kunjungan atau Courtesy Call ke Lebanese Armed Force (LAF) Navy, bertempat di Beirut Naval Base, pada Rabu (9/12).

Dalam kunjungan tersebut, Letkol Ludfy diterima langsung oleh Commander The LAF Navy Captain Commodore Hassam Dannaoui. Kesempatan ini pun digunakan Dansatgas menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang telah diberikan, sekaligus mengundang secara langsung kepada Commander The LAF Navy untuk hadir dalam kegiatan Medal Parade KRI Sultan Hasanuddin-366 pada tanggal 18 Desember 2020 mendatang.

Selain mengundang, kepada Captain Commodore Hassam Dannaoui, Letkol Ludfy juga mengharapkan adanya latihan bersama antara Satgas MTF dengan LAF Navy untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dari kedua Angkatan Laut.

Pelaksanaan latihan bersama dengan LAF Navy maupun Angkatan Laut negara lain menurut Letkol Ludfy, merupakan salah satu hal yang ditekankan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G Sudihartawan kepada dirinya, sebagai bagian dari upaya memperluas pengetahuan dan meningkatkan profesionelisme prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019 KRI Sultan Hasanuddin- 366.



“Apa yang ditekankan oleh Pangkoarmada II kepada kami tidak lain sebagai tindak lanjut dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya terkait Pembanguna sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi,” ujar Ludfy.



Di lain pihak, Commander The LAF Navy juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama kepada Satgas MTF TNI selama melaksanakan misi perdamaian PBB di Lebanon, dan berharap kemampuan Lebanon akan berkembang lebih baik di masa yang akan datang, baik Militer serta khususnya LAF Navy maupun pemerintahannya. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Dansatgas MTF TNI kepada Commander The LAF Navy. (Pen2)

NUSANTARAEXPRESS, SANGAU KALBAR - Peduli dengan akses jalan yang sering dilalui warga, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Pos Balai Karangan bersama masyarakat menggelar kegiatan kerja bhakti perbaikan jalan di Dusun Jemongko, Desa Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Sanggau.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 642/Kps dalam keterangannya di Mako Satgas Entikong, Kabupaten Sanggau. Rabu, (9/12/20).

Dansatgas mengatakan, kerja bhakti dipimpin oleh Dan SSK IV Lettu Inf Sigit diikuti personel Pos bersama dengan masyarakat sekitar. Dalam kesempatan tersebut personel Satgas Pamtas dan masyarakat bahu membahu memperbaiki Jalan yang berlubang di Jalan Lintas Malindo yang sering dilalui warga untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.

"Kegiatan tersebut merupakan bukti Satgas Yonif 642/Kps peduli dengan lingkungan sekitar." ujar Dansatgas.



Di tempat terpisah, Dan SSK IV Lettu Inf Sigit mengatakan kegiatan kerja bhakti tersebut dilakukan bersama dengan warga Dusun Jemongko."Kami bergotong royong untuk memperbaiki jalan yang rusak itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melewati jalan tersebut dalam melakukan aktivitas sehari-hari, selain itu, hal tersebut juga sebagai bentuk antisipasi terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut akibat jalan berlubang," ujar Lettu Inf Sigit.

Ditambahkan Dan SSK IV, bahwa kegiatan yang dilaksanakan bersama warga Dusun Jemongko menandakan kedekatan Satgas Yonif 642/Kps dengan Masyarakat.

"Ini bukti kita Solid dengan Masyarakat, bahu membahu memperbaiki jalan untuk kenyamanan kita semua," tutur Lettu Inf Sigit mengakhiri. *

NUSANTARAEXPRESS, MANDAU – 09 Desember 2020 telah  berlalu. Pilkada serentak di penghujung tahun 2020 sudah berakhir. ini adalah momen untuk merajut dan menata kembali sekat sekat dan kusutnya tatanan sosial masa kampanye. Khususnya di Pilkada Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

“Selamat tinggal Pilkada 2020 dan mari kita rajut kebersamaan untuk membangun Kabupaten Bengkalis lebih maju dan lebih cerdas, bebas korupsi dan narkoba. Hari ini tanggal 10 Desember 2020 merupakan hari dimana awal masa menatap masa depan baru Kabupaten Bengkalis yang lebih profesional tidak terkota-kotak”.



Cerita ala Pilkada 2020 di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau memberikan cerita tersendiri bagi semua tim pemenangan dari 01,02,03, dan 04. Namun semua itu adalah seni menyampaikan inspirasi. Tak perlu disikapi sinis, apalagi sampai membenci.

Realita kehidupan terkadang tidak seperti yang kita harapkan, inilah cerita ala Pilkada 2020. Selamat Tinggal Pesta Pilkada dan mari kita rajut kebersamaan.

MISLAM - Redaksi

 

NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Perhitungan suara Pilkada serentak di KPU RI saat ini terus melakukan penginputan data, Kamis 10 Desember 2020. Untuk Rekapitulasi Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau saat ini yang sudah masuk laman resmi KPU RI sebanyak 470 TPS dari 1285 TPS dengan persentase 36,58 % dengan total suara sebanyak 31.512 (31,5%).

Untuk sementara, Paslon 02 Kasmarni-Bagus Santoso menduduki peringkat I di Pilkada Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau Tahun 2020.



Sumber: kpu.go.id

NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Keerom-Aksi pemadaman yang cepat dan tanggap, berhasil dilakukan oleh Personel Pos Kalipao Satgas Yonif Raider 100/PS dengan menaklukan si jago merah yang membakar salah satu rumah warga di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Rabu (09/12/2020).

Hal tersebut disampaikan Danki C Satgas Lettu Inf Wiridan Antariksa PS S.T.Han, dalam konfirmasinya menyampaikan bahwa kejadian tersebut berawal pada saat personel Pos Kalipao dibawah pimpinan Letda Inf Sumarlin sedang melaksanakan kegiatan Sweeping di jalan Trans Papua, kemudian salah satu anggota Pos Kalipao Praka Marudut Situmorang melihat adanya kepulan asap hitam dari arah Kampung Yuwainda kemudian dengan cepat Marudut melaporkannya Danpos Kalipao Letda Inf Sumarlin.

Seketika melihat kepulan asap hitam tersebut, sontak personel Pos Kalipao langsung bergerak cepat mendatangi Kampung tersebut, setibanya di lokasi ternyata salah satu rumah warga Bapak Silas Psebo (38) sudah dilahap oleh api, rumah tersebut sudah lama kosong di tinggal pemiliknya dan di jaga oleh keponakan korbannya bernama Boni Samof (19).

[nextpage title="next"]
Dengan cepat personel Pos Kalipao langsung memadamkan api tersebut dengan alat seadanya berupa ember bersama dengan masyarakat turut membantu memadamkan api tersebut, dengan harapan api tersebut tidak menjalar ke rumah berikutnya, "Api terus berkobar semakin besar, ditambah dengan cuaca pada saat itu hujan gerimis, tanpa menyurutkan semangat kami bekerja sama dengan warga untuk memadamkan si jago merah yang semakin besar, alhasil kobaran api berhasil dipadamkan satu jam setengah setelah kejadian sekitar pukul 18:30 WIT," kata Danpos.

Aksi cepat gerakan anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Pos Kalipao dan masyarakat telah membuat kebakaran tidak lebih luas sehingga api bisa di padamkan.
"Tidak ada korban jiwa namun kerugian materil berupa satu unit rumah habis terbakar beserta isinya," tambahnya.

Menurut keterangan dari Bapak Lazarius Muenda selaku Kepala Kampung Yuwainda mengatakan bahwa kejadian tersebut bermula pada saat anak-anak tetangga bermain didalam rumah tersebut kemudian menghidupkan korek api dengan membakar kertas, tanpa disadari serpihan api jatuh tepat diatas kasur dan menyebabkan api cepat membesar melahap semua bagian kasur dan merambat ke barang - barang lainnya.

Apresiasi dan rasa bangga masyarakat atas kepedulian personel Pos Kalipao selain menjaga perbatasan juga terlihat pada saat membantu masyarakat memadamkan api yang melanda rumah warga, tak lupa Kepala Kampung lagi lagi mengucapkan terimakasihnya, " Luar biasa Bapak TNI, terimakasih banyak atas bantuannya sehingga api tidak menjalar kemana mana, semoga Bapak TNI diberi rezeki berlimpah, dan Tuhan melindungi Bapak TNI," ucap Lazarus dengan senang. *
Diberdayakan oleh Blogger.