NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Pondasi Jembatan Karangbokong, di Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, retak dan terancam ambrol akibat tergerus arus Sungai Rambatan.

Dijelaskan Kapten Infantri Suwardi, Danramil 16 Larangan, Kodim 0713 Brebes, bahwa keretakan terjadi di sisi sebelah timur jembatan yang merupakan akses penghubung antar desa, yaitu Desa Kamal dengan Desa Pamulihan. Jumat (18/12/2020).

“Dari laporan masyarakat setempat, bahwa retaknya pondasi jembatan setinggi 15 meter dari dasar sungai, dilihat pada pukul 05.00 WIB,” bebernya.



Lanjutnya, derasnya arus Sungai Rambatan disebabkan oleh curah hujan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang cukup lama, yang mengguyur wilayah Kecamatan Larangan pada Kamis (17/12) mulai pukul 14.00-23.00 WIB.

“Untuk saat ini kendaran roda empat dengan beban berat tidak diperbolehkan melintas karena dikhawatirkan akan memperparah kerusakan dari beban yang diangkutnya,” imbuhnya.



Ditambahkannya, pihak pemerintah desa setempat telah melaporkannya kepada pihak kecamatan, untuk diteruskan kepada Dinas PU Kabupaten. Selain itu, bersama masyarakat juga telah dilakukan pemasangan papan peringatan, khususnya bagi kendaran roda empat dengan beban berat. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, PACITAN - Soliditas TNI/Polri di Kabupaten Pacitan tak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, dua lembaga negara yang berkecimpung dalam bidang keamananan dan pertahanan ini selalu kompak dalam menjaga kondusivitas wilayahnya. Kamis, (17/12/2020).

Tak hanya dalam kegiatan operasional dilapangan, dalam berbagai kesempatan TNI/Polri kerap berdampingan dan saling mengisi satu sama lain.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Polres Pacitan ini. Memperingati HUT ke-72 Kodam V Brawijaya, sejumlah personel mendatangi Makodim 0801 Pacitan dipimpin Langsung oleh Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, SH, S.I.K, M.H. Kedatangan puluhan anggota Kepolisian ini bukan tanpa sebab melainkan mengucapkan selamat sekaligus membawa tumpeng sebagai ucapan selamat ulang tahun Kodam V Brawijaya dalam hal ini Kodim 0801 Pacitan merupakan bagian Kodam V Brawijaya yang ada diwilayah Kabupaten Pacitan.



[nextpage title="Next"]

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pacitan ini disambut hangat oleh Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav. Ibnu Khazim, S.I.P., M.Si bersama Kasdim serta Perwira Staf Kodim 0801 Pacitan.

“Selaku pribadi dan pimpinan Polres Pacitan Kami mengucapkan selamat ulang tahun ke-72 bagi jajaran Kodam V Brawijaya. Semoga sukses dan tetap Jaya” Ucap AKBP wiwit.

Acara menjadi lebih meriah saat Kapolres bersama sama Dandim meniup lilin dan dilanjutkan memotong tumpeng serta memberikan suapan pertama kepada Dandim 0801 Pacitan.

AKBP Wiwit menuturkan, kedatangannnya bersama anggota tersebut merupakan wujud soliditas dan sinergitas yang kuat antara dua lembaga tersebut. Menurutnya, kekompakan ini harus terus dijaga dan ditingkatkan untuk bersama-sama menjaga kondusivitas Kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan.

“Bersama Kita Bisa” Imbuhnya

Sementara itu, Damdim 0801 Pacitan dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kedatangan jajaran Kepolisian. Pihaknya sangat terkesan karena memang tidak menyangka akan kedatangan tamu istimewa di hari istimewa.

“Terima kasih atas kedatangan Kapolres dan anggota sekalian. Terus kita bangun sinergitas dan kesolitan kita untuk Pacitan yang lebih baik” Ujarnya. *

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Di musim penghujan 2020 ini, anggota Koramil 16 Larangan, Kodim 0713 Brebes, memprakarsai penghijauan di wilayah binaannya, dimana kali ini dilakukan di sepanjang tanggul irigasi mulai dari samping Makoramil menuju Desa Kendaga.



Disampaikan Danramil, Kapten Infantri Suwardi, bahwa penanaman bibit pohon dilakukan bersama pihak Perhutani, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Pemali-Jratun, anggota Pramuka Saka Wira Kartika Koramil Larangan, dan Pramuka SMA Al Falah Larangan, menanam pohon untuk memperkuat tanggul irigasi di Jalan Larangan-Sitanggal.

“Reboisasi dilakukan sepanjang 1,5 kilometer di Jalan Larangan-Sitanggal,” ungkapnya, Jumat (18/12/2020).



[nextpage title="Next"]

Adapun pohon yang ditanam meliputi 100 bibit trembesi, 100 bibit cemara, dan juga 50 bibit pete cina.

Menurutnya, penanaman pohon sangat tepat dilakukan di saat musim penghujan ini, dan diharapkan saat memasuki musim kemarau 2021 nanti, pohon-pohon yang ditanam tersebut sudah kuat karena tumbuh subur dalam beberapa bulan ke depan.



“Kami mendorong atau memberikan stimulus kepada masyarakat untuk menanam pohon dalam upaya mencegah tanah longsor, dan kali ini upaya penguatan tanggul sungai agar tidak mudah jebol sehingga menyebabkan banjir,” tandasnya.

Tak lupa dirinya mengucapkan terima kasih atas bantuan ratusan bibit pohon itu kepada balai penyemaian bibit BPDASHL Pemali-Jratun, di Desa Baros, Kecamatan Ketanggungan. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan rapid Test gratis untuk kaum perempuan dalam rangka Peringatan Hari Ibu Ke-92 Tahun 2020, yang dilaksanakan di Aula Kantor TP PKK di jalan W.R. Supratman Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.(18/12/2020), Pukul 10.00 Wib.

Pelaksanaan Rapid Test gratis untuk kaum perempuan tersebut menindak lanjuti surat Ibu Ketua Tim Penggeraj PKK Provinsi Sumatera Utara tanggal 14 Desember 2020 dalam rangka Peringati Hari Ibu Tahun 2020.

Pantauan media, peserta hadir dari tiga (3) kecamatan yaitu, kecamatan Rantau Utara berjumlah 35 orang, Kecamatan Rantau Selatan berjumlah 35 orang, dan kecamatan Bilah Barat berjumlah 30 orang.

Ketua TP PKK Labuhanbatu, melalui Wakil Ketua I Ny. Ir.Hj. Diah Aulidan Yusuf Siagian mengatakan dalam pidatonya dalam rangka hari Ibu ke-92 Tahun 2020 Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Rapid Test gratis untuk kaum perempuan tersebut menindak lanjuti surat Ibu Ketua Tim Penggeraj PKK Provinsi Sumatera Utara.



[nextpage title="Next"]

Diharapkan kepada seluruh perempuan terkhusus ibu - ibu di Kabupaten Labuhanbatu bisa mengawas diri lebih baik dan mampu menjadi petahanan dalam mengurus keluarga untuk menghindari penyebaran Virus Corona dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjalankan 4 M (Memakai Masker, Mencuci tangan, menjaga jarak, dan Menghindari kerumunan), tegasnya.

Wakil Ketua I juga menghimbau kepada kaum perempuan agar menaikkan sistem imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat, mengkonsumsi Vitamin, minum 1,5 L air mineral, berjemur di Bawah sinar matahari, dan istrahat cukup, tutupnya.



Ny. Yanti mengatakan terimakasih kepada Tim Penggerak Kabupaten Labuhanbatu atas pelaksanaan Rapit Test Gratis untuk kaum perempuan dalam rangma peringatan Hari Ibu Tahun 2020.

Karena dengan adanya pelaksanaan Rapid Test ini kita dapat mengetahui apakah kita reaktif atau tidak, namun bukan hanya itu pemahaman lebih dalam juga kita dapat tentang mengatasi penyebaran Covid-19, tutupnya. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Musyawarah V Provinsi Banten yang berlangsung di salah satu Hotel di Tangerang Banten berjalan lancar dan tentunya harus mematuhi Protokol Kesehatan dimasa Covid-19, Kamis (17/12).

Lilis Komariah selaku ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), ketika ditemui awak media menyampaikan bersyukur dan selamat atas dilantiknya kembali Mulyadi Jayabaya (JB) sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten masa bakti 2020-2025, jelas Lilis.

"Harapan kita kedepan lebih baik lagi, lebih menyatu lagi dalam bekerja sama serta berkelaborasi. Walaupun saat ini masih pandemi Covid-19 kita ambil hikmahnya dan harus tetap semangat", tambah Lilis.



Imbuh Lilis, Kadin Mulyadi Jayabaya telah memberi kita semua peluang dan kebebasan berkembang tanpa membedakan yang besar atau kecil, tinggal kita memanfaatkan peluang itu agar bisa lebih bermanfaat bagi orang lain.

Berharap lima tahun kedepan (2020-2025) semuanya bisa bersinergi dengan baik. Baik dari pengusaha kalangan atas maupun bawah dan bisa tertata dengan baik lagi, biar kita bisa sukses semuanya, ungkap akhir Lilis Komariah ketua DPD IWAPI Provinsi Banten. (JNI)


NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis, menetapkan pasangan Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) sebagai pemenang Pilkada 2020.


 






“KPU Bengkalis pada hari ini melalui sidang pleno dari pagi hingga pukul 02.30 WIB dini hari secara resmi menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Bupati-Wakil Bengkalis pada Pilkada Serentak 2020," kata Ketua KPU Bengkalis Fadillah Al Mausully di Gedung Daerah Bengkalis, Kamis (17/12/20).






 


Alfadillah menjelaskan, pasangan Kaderismanto-Sri Barat (KDI) memperoleh 50.570 suara (18 persen), Abi Bahrun-Herman (AMAN) memperoleh 64.276 suara (23 persen), Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) memproleh 91.291 suara (33 persen) dan pasangan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte (ESA) memperoleh 71.823 suara (26 persen).


 






"Dari empat kontestan tersebut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) unggul dengan perolehan 91.291 suara (33 persen)," ujar Ketua KPU.






Disebutkan, untuk suara sah sebanyak 277.960 dan suara tidak sah 5.196 dengan total keseluruhan 283.156 suara yang terbagi di 1.285 Tempat Pemungutan Suara (TPS). **


NUSANTARAEXPRESS, PONTIANAK - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghadiri acara Penyerahan Apresiasi Bagi Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2018 - 2019 oleh Satuan Tugas Desa Mandiri Provinsi Kalimantan Barat di Ballroom Hotel Aston, Kota Pontianak, Kamis (17/12/20).

Apreasi ini diberikan kepada 87 Kepala Desa yang pada tahun 2018 - 2019 naik status desanya menjadi Desa Mandiri. Serta kepada 826 Tenaga Pendamping Profesional terdiri dari Tenaga ahli madya Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Kalbar dan Tenaga ahli pemberdayaan masyarakat P3MD pendamping desa dan pendamping lokal desa yang telah melakukan upaya pendampingan dan pelaksanaan update data IDM setiap tahunnya.

Apresiasi diberikan secara simbolis oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji dan Forkopimda Kalbar kepada para perwakilan Kepala Desa berupa piagam penghargaan.



Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., saat memberikan keterangan menyampaikan, program desa mandiri akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan bekerja sama dengan Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar serta stake holder lainnya.

"Insyaallah target kita tahun depan lebih banyak lagi, sehingga anggaran provinsi itu kedepannya ada alokasi untuk menambah nilai - nilai dari indikator - indikator dari desa mandiri, agar desa lainnya terpacu," kata Gubernur.



Lanjut Gubernur mengatakan, dengan kerja sama antara Pemprov Kalbar dan TNI-Polri serta lainnya dapat memacu desa sangat tertinggal bisa jadi desa mandiri.

"Jadi jangan mau status desa sangat tertinggal walaupun mungkin ada sedikit pengurangan dana desanya itu bisa kita cukupi dengan program dari APBD nanti," kata H. Sutarmidji.



[nextpage title="Next"]

Sedangkan sebelumnya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam acara menyampaikan, bahwa desa adalah tulang punggung dalam pembangunan negara. Untuk mengejar ketertinggalan di desa pemerintah saat ini telah memberikan anggaran cukup besar kepada desa.

Oleh karena itu menjadi suatu kebanggaan sebagai Kepala Desa/Lurah apabila mereka bisa mewujudkan kesejahteraan warganya. Inilah sebetulnya semangat yang perlu dikembangkan, untuk membangun masyarakat agar lebih maju sejalan dengan strategi pemerintah dimana pada 2045 nanti pada saat Indonesia Emas.

"Maka diharapkan desa - desa itu secara aspek ekonomi, kehidupan sosial dan lingkungan sudah memiliki kemandirian. Artinya dari desa itulah sebetulnya negara kita akan kuat, Inilah perlunya peran strategis dari para kepala desa," kata Pangdam.



Pangdam XII/Tpr mengatakan, sejalan dengan yang menjadi tujuan dari pemberdayaan masyarakat melalui program desa mandiri, Kodam XII/Tpr telah mendukung semua kebijakan Gubernur, dengan membentuk Satgas Desa Mandiri.

"Satgas Desa Mandiri akan membantu dan mempercepat terwujudnya Desa Mandiri. Ada beberapa desa yang kita pacu sehingga sesuai dengan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan agar segera tercapai dan terwujud," ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. [Pendam XII/Tpr]
Diberdayakan oleh Blogger.