NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Bagi prajurit dalam melaksanakan tugas dimungkinkan dihadapkan situasi keterbatasan, termasuk air minum meskipun situasi hujan. Keterbatasan sejenis ini menjadi peluang berkarya. Seperti halnya dilakukan Tim LS II (Legal Servi Dinas Hukum Komando Armada III yang ditampilkan pada lomba kreativitas dalam rangka Hari Armada 2020.

Seperti diketahui curah hujan di Kawasan Katapop desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat cukup tinggi, akan tetapi air hujan mengandung kadar asam dan kurang bagus dikonsumsi secara terus menerus, sehingga diperlukan proses elektrolisasi. Kondisi ini menginspirasi Tim LS II (Diskum Koarmada III) berkreasi membuat alat untuk mengolah air hujan menjadi air yang layak diminum, baik dan sehat.

Hasil karya ini dibuat di Katapop menjadi inspirasi diberi nama “Aquatop”. Manfaatnya kadar PH yang dihasilkan alat ini PH 7+ /Basa (Alkali) sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Kadiskum Koarmada III “Aquatop” Kolonel Laut (KH) Ida Kade Sadnyana, S.H., M.H., selaku Ketua Tim bahwa setiap hari manusia mengkonsumsi air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Yang disarankan adalah ‘air putih’/air mineral kurang lebih sebanyak dua liter setiap harinya. “Pertanyaannya, apakah air minum yang kita konsumsi setiap hari berkualitas baik dan menyehatkan tubuh,” tanyanya.

Beberapa parameter tentang air putih (air mineral) yang menyehatkan serta relatif sangat baik untuk tubuh kita, pertama, air tersebut mempuyai PH (Pondus Hydrogenii) yang bersifat Alkaline, atau basa dengan ukuran PH 9 – 9,5. Kedua, air tersebut mempunyai TDS yang sedikit, yaitu kurang dari 50. Ketiga, mengandung anti-oksidan yang tinggi atau Ion negatif – 300 mv sampai – 400 mv.
Hasil pengolahan Aquatop menghasilkan kadar PH minimal 7+ /Basa, mengapa menggunakan air hujan? Karena, Air Hujan /Sublimasi mempunyai TDS kurang dari 50. PH (Pondus Hydrogenii).
Nilai PH dari 1 sampai 14. Bila nilai suatu pH dibawah angka 7 dapat dikatakan asam, dan bila nilai PH memiliki angka di atas 7 dapat dikatakan basa (alkali). Nilai PH = 7 adalah netral.

[nextpage title="Next"]

Ada beberapa cara menguji air putih yang biasa dikonsumsi bersifat asam atau basa, misalnya dengan alat PH meter atau indikator PH tester (indikator PP). Bila menggunakan alat PH meter, alat tersebut dicelupkan pada air yang biasa dikonsumsi, kemudian akan muncul angka menunjukkan air tesebut bersifat asam atau basa (alkaline).

Alternatif kedua menguji dengan PH tester atau indikator PP, maka akan ditampilkan warna sebagai indikatornya bersifat asam atau basa (alkali). Jika air yang dikonsumsi saat diuji dengan PH tester menunjukkan warna hijau muda, atau kuning bahkan sampai orange, maka dapat dipastikan bahwa air tersebut bersifat asam. Sebaliknya, bila air yang biasa kita konsumsi saat di uji dengan PH tester menunjukan warna biru sampai ungu, maka dapat dipastikan air tersebut bersifat basa atau alkali.

Menurut Dr. Otto Heinrich Warburg (Peraih Penghargaan Nobel) bahwa “Jaringan Kanker bersifat asam dan hipoksia (kekurangan oksigen), sedangkan jaringan yang sehat adalah basa. Penyakit kanker tidak bisa hidup dalam tubuh basa/Alkali”. Sehingga dengan mengkonsumsi Air yg bersifat Basa /7+ dapat terhindar dari penyakit kanker.

Adapun Bahan yang dipergunakan untuk memproduksi air minum, Aquatop yakni adaptor 250 Volt/DC (dapat menggunakan travo bekas lampu TL, travo bekas printer, bekas cash HP) Dua tabung plastik yang sama besar dan berhubungan, dua kran air dispenser, nepel tandon air, kapas pembersih wajah, kawat stainles sebagai konduktor, air hujan.

Alat tersebut berfungsi untuk memisahkan PH/Basa pada air hujan. Cara kerja kedua tabung plastik transparan dan sama besar, dihubungkan oleh nepel tandon air, lobang nepel dimasukkan kapas (sebagai penyaring), kedua tabung di isi air hujan sama tinggi. Pasang kawat /stainlis melingkar sbg konduktor tiap tabung. Lubangi tutup tabung dan hubungkan/jepit kawat kundoktor dengan kabel dari adaptor warna hitam negatif dan warna merah positif, tancapkan adaftor pada aliran listrik selama empat jam, air pada tabung yang dialiri kabel hitam akan naik/lebih tinggi dari tabung yang dialiri melalui kabel merah.

Apabila air dari kabel hitam tingginya lebih (kira kira 5 cm) atau di ukur dgn alat ph meter menunjukkan PH 8 keatas sudah bisa dikonsumsi/dipindahkan seluruhnya dari tabung dan selanjut diisi kembali dgn air hujan dengan ketinggian yang sama dan seterusnya.

Air pada tabung ug dialiri arus positif (kabel merah) dapat digunakan untuk mencuci muka, atau kalau batuk diminum satu gelas atau digunakan untuk mencucj kaki (gatal2) Hasilnya jadi air minum yang baik dan sehat dengan alat Aquatop. Apabila ada yang berkenan sharing informasi, dapat menghubungi Tim LS II Diskum Koarmada III.

Otentikasi:

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul kadir, M.A.P.



NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama yang akan segera bekerja sebagai anggota Kabinet Indonesia Maju. Bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kepala Negara memperkenalkan enam figur tersebut kepada publik dari veranda Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa petang, 22 Desember 2020.

“Pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju,” ujarnya.



Keenam figur tersebut ialah Tri Rismaharini, Sandiaga Salahuddin Uno, Budi Gunadi Sadikin, Yaqut Cholil Qoumas, Sakti Wahyu Trenggono, dan Muhammad Lutfi. Keenamnya hadir secara langsung saat Presiden memberikan keterangan.

Tri Rismaharini ialah Wali Kota Surabaya selama dua periode, yakni pada 2010-2015 dan 2016-2021. Dalam Kabinet Indonesia Maju, Presiden Joko Widodo memberikan tanggung jawab kepada Risma untuk memimpin Kementerian Sosial.

“Beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri sosial,” ucapnya memperkenalkan figur yang akrab disapa Ibu Risma tersebut.



Figur lainnya, Sandiaga Salahuddin Uno, merupakan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sandiaga diketahui juga pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pada 2005-2008. Presiden memberikan amanah kepada Sandiaga untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Dulu beliau adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Hipmi. Saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden.



Kemudian, Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN, akan ditugaskan tanggung jawab sebagai Menteri Kesehatan oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya Budi Gunadi Sadikin juga telah malang melintang dalam sejumlah posisi seperti Direktur Utama Bank Mandiri dan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium. Yang bersangkutan saat ini juga bertugas sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional dan terlibat langsung dalam upaya penanganan pandemi serta pemulihan ekonomi nasional.

“Sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” tuturnya.



[nextpage title="Next"]

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut memperkenalkan Yaqut Cholil Qoumas sebagai calon anggota Kabinet Indonesia Maju. Pria yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut adalah Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor.

“Beliau adalah tokoh muslim Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” ucap Presiden.



Selanjutnya ialah Sakti Wahyu Trenggono yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Kepala Negara menugaskan beliau untuk mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Beliau sekarang ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” ujarnya.



Terakhir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Muhammad Lutfi, turut diperkenalkan Presiden Joko Widodo. Kali ini, Kepala Negara akan memberikan tanggung jawab kepada Lutfi untuk memimpin Kementerian Perdagangan.

“Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang, dan terakhir Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” tandasnya.

Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan melantik keenam figur tersebut untuk resmi menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Desember 2020, esok.


[BPMI Setpres]

NUSANTARAEXPRESS, NTT - Masih dalam rangka program ketahanan pangan, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan melaksanakan penebaran 130.000 ekor benih udang Vaname, dan 25.000 ekor benih Ikan Bandeng di lahan tambak Koarmada II, pada Selasa (22/12).

Ratusan ribu benih Udang Vaname dan Ikan Bandeng tersebut, akan dibudidayakan di lahan seluas kurang lebih 3.500 meter persegi yang terbagi menjadi dua area tambak.



Dalam sambutannya Laksda Sudihartawan mengatakan, tidak dipungkiri jika wabah Covid-19 telah memberikan dampak sangat besar terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

"Pemimpin TNI telah membuat kebijakan dan memerintahkan kepada tiap-tiap angkatan sampai satuan-satuan terkecil untuk membuat program ketahanan pangan guna mengantisipasi kelangkaan bahan kebutuhan pokok. Bukan hanya pada saat pandemi Covid-19, namun juga untuk pasca pandemi dan masa yang akan datang, " tutur Laksda Sudihartawan.



[nextpage title="Next"]

Orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini berharap, dengan memanfaatkan lahan yang tersedia untuk program budidaya udang Vaname dan ikan Bandeng mampu menambah kesejahteraan prajurit Koarmada II.



Tampak hadir pada kegiatan ini antara lain komandan Lantamal V Laksma TNI Mohamad Zaenal, Kadis kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim yang diwakili oleh Kepala UPT Budidaya Air Payau Bapak Miftakhul Munir, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkot Surabaya, Bapak Cahyo Utomo serta para Pejabat Utama Koarmada II dan para Kasatker Mako Koarmada II. [Pen2]

NUSANTARAEXPRESS, KAPUAS HULU - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny. Ely Nur Rahmad melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Kunjungan kerja diawali dengan berkunjung ke Mayonif RK 644/Walet Sakti, Kapuas Hulu, Selasa (22/12/20).

Hal ini disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., usai mendampingi Pangdam XII/Tpr melalui keterangan tertulis dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Disampaikan juga oleh Kapendam, ikut serta dalam kunjungan kali ini diantaranya Danrem 121/Abw, Kapoksahli, para Asisten Kasdam XII/Tpr dan Kabekangdam XII/Tpr beserta para istri masing - masing pejabat tersebut.

Kapendam mengatakan, kedatangan Pangdam XII/Tpr serta rombongan disambut langsung oleh Danyonif RK 644/Wls, Letkol Inf Ari Sunu Kuncoro serta menerima jajar kehormatan dari anggota Regu Jaga. Selanjutnya Pangdam XII/Tpr menerima paparan dari Danyonif RK 644/Wls dilanjutkan memberikan motivasi melalui pengarahan kepada 488 personel yang tergabung dalam Satgas BGC TNI Konga XXXIX-C MONUSCO Kongo serta seluruh personel Korum Yonif RK 644/Wls selaku unsur tinggal.

[nextpage title="Next"]

Saat memberikan pengarahan kepada personel Satgas, kata Kapendam, Pangdam menyampaikan bahwa penugasan ke daerah operasi bagi seorang prajurit TNI merupakan wujud nyata pengabdian kepada negara dan bangsa serta suatu tugas kehormatan karena akan membawa nama baik Kodam XII/Tpr, TNI AD, TNI juga akan membawa nama besar bangsa Indonesia.

Pangdam XII/Tpr juga menyampaikan, selama ini, dalam setiap penugasan pasukan perdamaian dunia, TNI selalu berhasil dan mengharumkan nama bangsa, karena dipersiapkan dengan baik dan punya nilai juang, seperti halnya juga nilai-nilai yang dimiliki oleh Prajurit Kodam XII/Tpr, yaitu semangat Carathana Jitavina yang memiliki arti Sekali Melangkah Pantang Menyerah. Artinya setiap diberi tugas apapun prajurit harus melaksanakan dengan baik dan berhasil.

Lanjut Kapendam mengatakan, Pangdam menjelaskan adapun potensi tantangan utama yang akan dihadapi selama berada di daerah operasi yaitu; pertama, masih terjadinya konflik bersenjata akibat perang saudara, kedua, wilayah penugasan yang nantinya ditempati merupakan daerah pandemi Malaria dan Cholera serta ancaman Covid-19, ketiga, adanya ancaman iklim dan cuaca yang berdampak pada kondisi fisik prajurit dan keempat, tingkat kriminalitas yang cukup tinggi yang dilakukan oleh kelompok bersenjata.

"Untuk itu, Pangdam menegaskan kepada prajurit agar melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, menjaga keamanan, keselamatan dan selalu fokus pada tugas pokok, serta menunjukkan kepada dunia Internasional bahwa mereka adalah prajurit-prajurit pilihan dan terbaik di satuan masing-masing," kata Kapendam mengutip perintah Pangdam.

Selain itu, masih kata Kapendam, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menekankan kepada seluruh Prajurit anggota kontingen, untuk selalu dapat mengendalikan diri dan tidak membuat pelanggaran karena apa yang diperbuat selama melaksanakan tugas merupakan cerminan dari militer Indonesia di mata dunia Internasional.

Selain itu, berkaitan dengan pandemi Covid-19 dan beberapa penyakit di daerah penugasan, Pangdam juga menekankan kepada seluruh prajurit agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta tetap konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan kegiatan.

"Kepada seluruh anggota kontingen yang sudah berkeluarga, Pangdam berpesan agar tetap menjaga komunikasi yang baik antara satuan maupun keluarga. Tidak boleh terlalu banyak memikirkan keluarga yang di home base, setiap prajurit harus tetap fokus dalam melaksanakan tugas negara," kata Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos.

Sedangkan kepada anggota Korum, Kapendam menyampaikan, Pangdam berpesan agar mendukung tugas dan tanggung jawab yang bertugas di home base serta melaksanakan program satuan.

"Pangdam meminta untuk menjaga Pangkalan, unsur tinggal, Prajurit serta keluarganya dan untuk tidak lupa membantu do’a agar selama Satgas berada dalam daerah penugasan senantiasa diberikan aman, lancar dan berhasil," tutupnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke mendatangi Kantor Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia di Gedung Kedubes Maroko, Jl. Denpasar No. 1, Jakarta Selatan, Selasa, (22/12/2020). Kedatangan Ketua Umum PPWI diterima langsung oleh Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, YM Dr. Ouadia Benabdellah.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Dubes Ouadia Benabdellah didampingi wakilnya, Mr. Mounir Belaayachi.
"Alhamdulillah, Puji Tuhan, Amitofo... Saya baru saja usai bertemu Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, YM Dr. Ouadia Benabdellah," ujar Wilson dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta.

Berita Terkait:

https://nusantaraexpress.top/top/2020/12/22/amerika-berikan-pengakuan-kedaulatan-maroko-atas-wilayah-sahara-barat/

Dalam pertemuan itu, kata Wilson, atas nama PPWI, dirinya menyerahkan Pernyataan Resmi PPWI, yang berisi ucapan selamat atas hasil perjuangan Pemerintah Maroko untuk mendapatkan pengakuan terhadap wilayah teritorialnya di Moroccan Sahara. PPWI juga mendukung segala kebijakan dan upaya yang dilakukan Pemerintah Kerajaan Maroko di wilayah Moroccan Sahara, yang tujuannya adalah untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan penduduk di wilayah itu.



[nextpage title="Next"]

Pada kesempatan ini, Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, YM Dr. Ouadia Benabdellah, diantaranya menyampaikan bahwa Kedubes Maroko berkenan untuk memberikan penghargaan kepada semua media yang telah membantu publikasi berita terkait pengakuan Amerika Serikat atas kedaulatan Maroko di wilayah Moroccan Sahara. “I am happy to provide letter of appreciation to all media which participate to publish this news of US recognition on the sovereignty of Morocco over Moroccan Sahara,” kata Dubes Ouadia Benabdellah.

Oleh karena libur akhir tahun segera tiba, kantor Kedubes Maroko akan tutup mulai besok, Rabu, 23 Desember 2020. Terkait dengan itu, piagam penghargaan dari Kedubes Maroko untuk ratusan media yang berpartisipasi dalam pemberitaan terkait pengakuan kedaulatan Maroko atas Moroccan Sahara oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, ditunda hingga masuk kantor lagi di awal Januari 2021 mendatang. "Penghargaan akan disampaikan pada awal January 2021 mendatang. Terima kasih," tulis Wilson dalam pesannya kepada jaringan wartawan dan pewarta seluruh Indonesia. (JML/Red)
Diberdayakan oleh Blogger.