NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Puluhan santriwan dan santriwati Ponpes (Pondok Pesantren) Yayasan Nurul Islam (Yanuris), Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dibekali materi wawasan kebangsaan dan PBB dari Babinsa Koramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes. Sabtu (24/4/2021).

Dijelaskan Nizar Eko Septianto selaku ketua panitia, bahwa kegiatan merupakan salah satu program Pesantren Intensif 1442 H/2021 M di Ponpes Nurul Islam Linggapura.

“Ada 32 santriwan dan 23 santriwati yang mengikuti kegiatan motivasi patriotisme dari TNI,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan mengundang pemateri dari TNI karena anak didiknya memerlukan sosok keteladanan yang berdisiplin.



“Santriwan dan santriwati kami diberikan pendidikan formal dan non formal sebagai bekal mereka di kehidupan dunia dan akhirat,” tandasnya.

Sementara disampaikan Pelda Ibrohim, Babinsa Koramil Tonjong, materi kelas yang diberikannya meliputi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sedangkan pemateri kedua, Kopda Supriyadi memberikan edukasi unsur-unsur bela negara yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila, dan sikap rela berkorban.

“Untuk materi praktek yaitu baris-berbaris, mereka kami berikan materi PBB dasar dan tata cara apel,” bebernya.

Sebagai acara penutup dilaksanakan apel selesai kegiatan, buka puasa bersama, dan sholat magrib berjamaah.

Dr. H. Chayatullah Romas, selaku Pimpinan Yayasan Nurul Islam Linggapura menyatakan bahwa pembekalan dan motivasi yang diberikan diharapkannya dapat menjadikan para anak didiknya tersebut lebih berdisiplin kedepannya, dan juga mempunyai sifat rela berkorban, pantang menyerah, cinta tanah air dan bangsa, sehingga akan menjadi generasi pemimpin bangsa yang unggul kelak. (Aan)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.