Diduga Proyek Peningkatan Jalan di Kelurahan Bencongan tidak sesuai dengan RAB

Diduga Proyek Peningkatan Jalan di Kelurahan Bencongan tidak sesuai dengan RAB

Minggu, 11 Juli 2021,

Tangerang, Aktual News Pembangunan Peningkatan jalan kualitas PSU permukiman ( jalan lingkungan ) yang berlokasi di kampung Brebes RT 07 RW 01 Kelurahan Bencongan, kecamatan Kelapa dua, yang dikerjakan oleh M2 Banten diduga tidak sesuai spesifikasi standart dan kualitas.

Pasalnya, dari hasil investigasi awak media di lapangan kami melihat banyaknya kejanggalan di proyek tersebut, antara lain seperti ketebalan beton yang bervariasi antara 15 sampai 18 cm, padahal yang harusnya digelar itu adalah 20 cm, dan dari papan bagistingnya pun kami temukan rata-rata hanya 19 cm, sedangkan pemasangan besi dowel hanya di ikat dengan kawat yang seharusnya di Las.

Pak Alik Selaku mandor pekerja saat kami konfirmasi beliau menyampaikan “Panjang jalan 183 meter, lebar jalan 3 meter dan dengan ketebalan beton 20 cm, sedangkan agregatnya yang digelar sebanyak 5 mobil, untuk pemasangan besi dowelnya itu per 5 meter, lebar dowelnya sendiri mah sudah sesuai tapi untuk kaki-kakinya yang seharusnya di las, namun dowelnya yang saya pakai di ikat.

“Untuk ukuran dowelnya saya pakai ukuran 25 sama 10, walaupun saya pakai bagisting bekas tapi kan dari besi, itu juga nyewa, menurut saya sudah sesuai, memang itu besi 15 ditambah kaso 46 gitu, pak dimana mana kontraktor besar juga pakai bagisting bekas gak ada yang baru, walaupun jalan besar juga,” Ucapnya.

Di tempat yang sama yang sering disapa Besrot selaku pelaksana saat hendak kami konfirmasi terkait hal tersebut beliau enggan menemui awak media, ketika kami coba menggali informasi lebih lanjut beliau malah pergi dari lokasi proyek, lalu kami mencoba lagi untuk menghubungi via telepon namun tak kunjung diangkat dan enggan merespon, sedangkan pengawas proyek tersebut tidak ada di lokasi. [Red/Akt 03]

 

Rus/Mansyur

Aktual News

TerPopuler