NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Sidang praperadilan Habib Rizieq Shihab (HRS) akan digelar besok di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Sebanyak 1.610 personel gabungan bakal mengamankan jalannya sidang.

“1.610 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemda disiagakan untuk pengamanan sidang praperadilan besok di PN Jakarta Selatan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/1/2021).

Sidang pembacaan permohonan praperadilan bakal dimulai pukul 09.00 WIB. Argo mengatakan pengamanan meliputi lokasi sidang hingga lalu lintas di sekitar PN Jaksel.

“Pengamanan mulai lokasi sidang hingga pengaturan jalur lantas,” ujar Argo.



Sebelumnya, PN Jaksel menjadwalkan sidang pembacaan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Habib Rizieq pada Senin (4/1). Habib Rizieq saat ini menjadi tersangka dan ditahan dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.





NUSANTARAEXPRESS, BENGKULU SELATAN - Sebanyak 46 Personil Polres Bengkulu Selatan hari ini, Senin (04/01/2020) melaksanakan upacara kenaikan pangkat terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2021. Bertempat di lapangan apel Mapolres Bengkulu Selatan, Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkulu Selatan sebagai Inspektur Upacara AKBP Deddy Nata S.I.K.

Dalam amanatnya Kapolres Bengkulu Selatan berpesan kepada anggota yang telah dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi untuk tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan dalam internal Polri. Tak hanya itu bertepatan dengan tahun baru 2021 ia juga mengajak seluruh anggota untuk melakukan evaluasi diri kinerja satu tahun sebelumnya.

“Pangkat baru berarti semangat baru untuk mengabdi kepada masyarakat lebih baik lagi,” pesan Kapolres.



Upacara berlangsung khidmat dan sederharna dengan Komandan Upacara (DAN UP) IPDA Sukamto,S.H dan Perwira Upacara (PA UP) AKP A. Munawan. Selain itu hadir juga Waka Polres Bengkulu Selatan Kompol Sugeng HP, S.H, Para Kabag, para Kasat, Perwira dan personil Polres Bengkulu Selatan lainnya. Pada kesempatan tersebut salah satu anggota memasuki Purna tugas yaitu IPTU Bambang Budiyono.

[Humas Polri]

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Koramil 01/Pc. Soal Kodim 0311/Pessel bersama masyarakat bergotong-royong membangun rumah warga korban kebakaran, di kampung Tanjung Medan kenagarian Inderapura Barat Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pessel, pada Minggu 3/01/2021.

Rumah yang dibangun merupakan rumah milik empat orang warga yang hangus terbakar pada 26 desember 2021.kegiatan juga turut dihadiri oleh Tokoh masyarakat, kepala kampung, tokoh pemuda, panitia penggalangan dana.

Pjs Danramil 01/Pc.Soal Letda Inf Indra Gunadi mengungkapkan kegiatan gotong royong ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dan rakyat.



[nextpage title="Next"]

"Setiap ada kesusahan ditengah masyarakat kami (Koramil) akan selalu siap untuk membantu sesuai dengan 8 wajib TNI yang menjadi landasan kami," ungkap Danramil.



Lebih lanjut, Pjs Danramil menambahkan diharapkan kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan semangat gotong royong dalam kehidupan masyarakat diwilayah binaan.

"Semoga kedepanya, semangat gotong royong akan kembali menjadi kebiasaan dalam kehifupan bermasyarakat baik itu dalam keadaan suka meupun duka".



Dalam kegiatan tersebut, prajurit TNI, dan aparat Desa setempat beserta warga saling bahu- membahu dengan tulus iklhas membantu guna mempercepat pembangunan rumah. [Pendim 0311/Pessel]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Apel pagi perdana satuan TNI Kodim 0713 Brebes di tahun baru 2021, diisi dengan penekanan Prokes (Protokol Kesehatan) covid-19. Senin (04/01/2020).

Tampak Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kodim Brebes, Kapten Infanteri Surikan, selaku perwira pengawas menekankan hal tersebut di halaman Makodim Brebes, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 107 Brebes, Jawa Tengah.

“Kita tekankan agar seluruh TNI dan PNS selalu menerapkan Prokes 3M, yaitu memakai Masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan, baik saat memasuki Makodim maupun saat kembali ke rumah masing-masing,” ungkapnya.



Kapten Surikan juga mengajak agar anggota rajin berolahraga dan makan makanan yang bergizi terutama yang mengandung antioksidan untuk mengurangi terpapar wabah pandemi.

“Virus corona dapat menyerang siapa saja, namun apabila imunitas tubuh kita kuat, kemungkinan besar kita akan terjaga,” tegasnya.

Ditambahkannya, apel pertama di awal tahun 2021 ini sebagai semangat baru dalam mengabdi kepada bangsa dan negara melalui satuan teritorial TNI-AD. [Ujang/Aan]

NUSANTARAEXPRESS, TANJABTIM -
Seorang ibu usai melahirkan bernama Manni, hendak di bawa Asi (Suami) warga Parit 4 desa Lambur Luar kecamatan Muara Sabak Timur ke Rumah Sakit karena usai melahirkan mengalami gangguan. Namun sayangnya karena dalam perjalanan terjebak di kemacetan jalan Siau, ibu manni akhirnya menghembuskan nafas terakhir di kemacetan.

Pemilik Akun medsos Nur Hamzah yang tahu persis kejadian menceritakan dalam Fb nya pada minggu 03 januari 2021, Nur Hamzah menyebutkan bahwa benar Ibu Manni warga parit 4 Lambur Luar barusan telah melahirkan seorang anak dan anaknya selamat. Namun saat proses melahirkan sang ibu mengalami kendala dan akan dibawa ke Rumah Sakit, namun dalam perjalanan sang ibu tak terselamatkan karena terjebak macet antrian panjang akibat akses jalan yang rusak parah, ungkapnya di halaman status Facebook nya.

Kemudian Emand dilaman Fb nya juga menuliskan kisah yang sama, dimana seorang ibu bernama Manni warga parit 4 desa Lambur Luar setelah menjalani persalinan pada 3 januari 2021 mengalami pendarahan hendak dilarikan ke rumah sakit di kabupaten (RS NH dikeramas kec.Muara Sabak Barat kab.Tanjabtim).

Emand dalam statusnya mengataka, "Saya sebagai masyarakat sangat miris melihat kondisi jalan di kabupaten Tanjabtim yang katanya kewenangan Provinsi ini. Selalu menjadi alasan dan sanggahan, apakah nyawa masarakat terlalu murah buat kaum penguasa dalam negeri ini".  Tidak ada unsur menyalahkan siapa yang salah atau pembenaran dalam cuitan status facebooknya, namun fakta akhirnya terjadi, ujarnya di laman pribadi.

Kemudian salah seorang pengguna jalan inisial HNR, disaat bersamaan menceritaka, "Kejadian kemacetan di jalan poros provinsi jambi itu sangat parah nian, sehingga kami menunggu antrian hampir berjam- jam. Tadi juga ada mobil ambulance dari rumah sakit mau ke Nipah dan ada juga mobil orang meninggal usai melahirkan dari arah lambur menuju kabupaten, terpaksa terhenti di desa Siau Jalan provinsi arah Muara Sabak Timur menuju kecamatan Rasau dan kec. Nipah Panjang".

Sebagaimana diberitakan oleh beberapa awak media baik itu media cetak dan Online bahwa Jalan provinsi dari arah dari kec. Muara Sabak Timur menuju kec. Rantau Rasau, kemudian kec. Nipah Panjang memang sejak lama mengalami rusak parah, sehingga terkadang mengalami kemacetan sampai 2 km, kendaraan yang antri.

Berita ini diterbitkan kutipan dari beberapa pengguna jejaring Medsos Facebook. Sampai saat ini sudah terjadi korban, seorang ibu usai melahirkan, kemudian mau dirujuk kerumah sakit akibat jalan status provinsi di Desa Siau rusak parah sehingga meninggal dunia di jalan.

Harapannya para pemangku kebijakan Daerah dan anggota Legislatif segera bertindak dan segera mencari solusi terbaik dan tercepat. Agar tidak terulang kejadian merenggut nyawa di tengah kemacetan akibat jalan yang rusak. (Ayud007).

NUSANTARAEXPRESS, BALI - Mengawali tahun 2021, Segenap Prajurit Lanal Denpasar dibawah pimpinan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E. dukung pelaksanaan Karya Bakti dengan membersihkan tumpukan sampah yang tersebar di sepanjang Pantai Kuta. Kegiatan ini selain melibatkan unsur TNI/Polri juga turut menggandeng organisasi GM FKPPI Bali sebagai salah satu bentuk sinergitas dalam pelestarian dalam menjaga kebersihan pantai.

Seperti yang dikatakan Danlanal Denpasar, kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan secara periodik ini bertujuan untuk membuat pantai yang ada di Bali tetap terjaga kebersihannya agar bisa terus menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Kalau kondisinya selalu kotor otomatis menurunkan kredibilitas kita khususnya mengenai kebersihan pantai." ujarnya di Pantai Kuta awal pekan ini.



Selain membersihkan pantai, ia juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk selalu tertib menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan alat-alat yang berbahan plastik.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung, I Wayan Puja menjelaskan sampah yang menumpuk di Pantai Kuta menjelang akhir tahun bisa mencapai 30 ton dan saat ini didominasi dengan sampah plastik.

[nextpage title="Next"]

"Sampah ini asalnya datang dari pemukiman, dan tidak dikelola disatu tempat kemudian diangkut dari sungai menuju laut. Karena pantai kita posisinya menghadap ke Barat, ketika angin datang dari barat otomatis pantai ini akan menampung sampah kiriman." terang I Wayan Puja.



Kegiatan ini dibuka oleh Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Made Mahaparta dan dihadiri pula Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., Kasdim 1611/Badung Letkol Inf I Gusti Ngurah Wilantara dan Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Rachmad Zulkarnaen. Disamping itu Karya Bakti bersih-bersih Pantai Kuta juga melibatkan 400 orang yang terdiri dari TNI/Polri, masyarakat umum, Desa Adat Kuta, dan juga organiasi Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (GM-FKPPI) Bali. [Pen Lanal Denpasar]

NUSANTARAEXPRESS, PACITAN - Pasca terjadinya bencana alam tanah longsor, Babinsa Koramil 0810/03 Arjosari Kodim 0801 Pacitan bersama warga melaksanakan kegiatan karya bakti pasca longsor membersihkan material tanah dan kayu dijalan Pacitan Ponorogo Km 13, Minggu (03/01/2021).

Saat dikonfirmasi Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav. Ibnu Khazim S.IP.,M.Si membenarkan adanya tanah longsor tebing pinggir jalan raya ponorogo pacitan km 13 longsor tanah dengan ketinggian 12 m panjang 15 m longsor dan menimpa jalan raya ponorogo pacitan tersebut yang mengakibatkan menutup jalan.

"Karena intensitas hujan sedang diwilayah kabupaten Pacitan, khususnya Kec.Arjosari diguyur hujan mulai pagi hingga siang hari dan daerah tersebut merupakan kawasan rawan bencana longsor sehingga mengakibatkan tanah lonsor yang menutup akses jalan menuju kabupaten Ponorogo", Ungkap Letkol Kav. Ibnu Khazim S.IP.,M.Si.



[nextpage title="Next"]

"Upaya awal yang dilakukan Danramil 0801/03 Arjosari beserta beberapa anggotanya koordinasi dengan kantor pool alat berat dikantor pool kedung bendo untuk mengangkat material berupa tanah dan batu dan dibantu oleh masyarakat," Pungkas Dandim 0801/Pacitan.

Letkol Kav. Ibnu Khazim S.IP.,M.Si juga mengingatkan kepada warga masyarakat lainnya agar mewaspadai musim hujan saat ini, terutama tempat-tempat yang rawan longsor, karena saat hujan lebat, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi bencana lain seperti pohon tumbang dan sebagainya.

“Intinya, warga harus selalu waspada dan berhati-hati saat hujan lebat turun. Lebih baik mengungsi ke tempat yang aman dari bencana yang akan terjadi," himbaunya. [Pendim 0801/Pacitan]

NUSANTARAEXPRESS, YOGYAKARTA - Polresta Yogyakarta berinovasi melakukan program kemanusiaan yang bertajuk Polresta Yogyakarta Berbagi. Program ini merupakan kegiatan sosial dengan membagikan nasi kotak secara gratis di kawasan Ngejaman Malioboro Yogyakarta dan Pos Teteg Malioboro.

Dalam kegiatan ini Polresta Yogyakarta membagikan 100 mangkuk soto kepada warga masyarakat di Simpang Ngejaman Malioboro dimana soto tersebut disediakan di dalam almari yang berisikan 100 mangkuk soto.

Kabagsumda Polresta Yogyakarta Kompol Kusila, S.H., M.Sn. yang memimpin pembagian soto pada Minggu (03/01/2020), menyebutkan kegiatan Polresta Yogyakarta Berbagi merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh Personel Polresta Yogyakarta.

 “Setelah penggalangan dana terkumpul, uang tersebut dibelanjakan dalam bentuk soto yang sudah siap makan untuk dibagikan di Simpang Ngejaman Malioboro," jelasnya.



[nextpage title="Next"]

Tidak hanya itu program ini turut membantu masyarakat sekitar seperti tukang becak, petugas kebersihan, security, pengunjung malioboro dalam mencukupi kebutuhan makan terutama di waktu siang. Pembagian soto ini tetap mengedepankan protokol kesehatan sehingga tetap aman.

"Harapannya dengan pengadaan soto gratis tersebut dapat meringankan beban warga masyarakat yang memang membutuhkan khususnya di tengah pandemi covid-19," tutupnya.

 

[HUMAS POLRI]






NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Polri berhasil menangkap pelaku terkait video parodi lagu ‘Indonesia Raya’ berinisial MDF. Pelaku terkait video parodi lagu ‘Indonesia Raya’ ini adalah warga negara Indonesia (WNI) yang masih berstatus pelajar.

“Ya benar,” kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo saat dimintai konfirmasi soal penangkapan ini, Jumat (1/1/2021).

Dalam pengusutan kasus parodi lagu ‘Indonesia Raya’ ini Bareskrim Polri bekerja sama dengan polisi Malaysia atau PDRM. Penangkapan MDF sendiri dilakukan oleh tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat, di bawah koordinasi Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri.

PDRM awalnya memeriksa saksi seorang WNi yang masih anak-anak. WNI berusia 11 tahun itu berada di daerah Lahad, Datu, Sabah, Malaysia. Bocah ini menyatakan pelaku lagu parodi Indonesia Raya adalah pemilik akun YouTube My Asean yang berada di Indonesia.

[nextpage title="Next"]

Di Indonesia pada Kamis (31/12) kemarin, tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat bergerak. Polisi pun berhasil menangkap MDF pada pukul 20.00 WIB. Dasarnya adalah laporan polisi dengan nomor LP/B/0730/XII/2020/Bareskrim tanggal 30 Desember 2020.

MDF ditangkap karena diduga telah melakukan dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian, permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan, dan/atau mengubah Lagu Kebangsaan, dengan nada, irama, kata- kata, dan gubahan lain dengan maksud untuk menghina atau merendahkan kehormatan lagu kebangsaan. Tersangka terancam melanggar UU ITE.





NUSANTARAEXPRESS, BOGOR - Bersama Walikota Bogor Bima Arya dan Cycle Comunity Bogor bersepeda, Danrem 061 Suryakancana Brigjend Achmad Fauzi S.I.P, M.M bersepeda mengelilingi Kebun Raya Bogor, Minggu ( 03/12/2020 ).

Untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah salah satu alasan yang disampaikan Danrem mengapa Ia rajin bersepeda.

Dan menurutnya lagi bahwa bersepeda adalah olahraga yang paling Efisien. Dan dengan bersepeda maka dapat Meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah, Meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot, Memperbaiki dan meningkatkan mobilitas sendi. Menurunkan tingkat stres, kecemasan, hingga mencegah potensi depresi.,disamping pemantauan pelaksanaan PAM VVIP oleh Prajurit



Yang mana hal tersebut sering dijumpai disaat pandemik covid-19, banyak orang yang stres ataupun depresi dengan mencemaskan virus covid-19 yang sampai saat ini terus mewabah.

Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, Danrem bersepeda di Kebun raya Bogor juga untuk melakukan pemantauan Penegakan disiplin protokol kesehatan yang di himbau oleh pemerintah, Ia ingin memantau apakah pengunjung K Kebun Raya Bogor sudah menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M terutama mengenakan masker dan menjaga jarak. [Penrem 061/SK]
Diberdayakan oleh Blogger.