NUSANTARAEXPRESS, PACITAN - Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav. Ibnu Khazim S.IP.,M.Si, melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, untuk penyemprotan fogging di Makodim 0801 Pacitan dan Asrama yang berada dilingkungan Kodim 0801 Pacitan Jl. Letjen R. Suprapto No.42, Barean, Sidoharjo, Kec. Pacitan Kabupaten Pacitan, Jumat (08/01/2021).

Letkol Kav. Ibnu Khazim S.IP.,M.Si mengatakan, penyemprotan fogging ini dalam rangka sebagai upaya antisipasi mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria.

"Penyemprotan fogging ini, merupakan sebagai upaya antisipasi mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria oleh Jajaran TNI, yang selalu bekerjasama dengan instansi terkait, sehingga dapat menekan wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria ini di wilayah Kabupaten Pacitan pada umumnya dan secara khusus di lingkungan Makodim 0801Pacitan serta Asrama", Ungkap Dandim 0801 Pacitan.



[nextpage title="Next"]

“Segala upaya harus kita lakukan, termasuk mematuhi setiap petunjuk atau instruksi pemerintah melalui surat edaran yang disampaikan kepada masyarakat, namun yang tak kalah pentingnya kuatkan dengan doa, sehingga wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria tidak bisa berkembang” Tandasnya.

Hal ini dikarenakan adanya perubahan cuaca yang tak menentu, kadang hujan dan kadang panas, sehingga hal inilah yang menyebabkan munculnya jentik jentik nyamuk yang membawa penyakit DBD dan malaria.



“Penyakit demam berdarah umumnya menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti dengan ciri-ciri belang-belang putih di sekitar tubuh dan kaki dan nyamuk ini menularkan virus dengue penyebab demam berdarah ke manusia melaui gigitan kecilnya ke dalam kulit,” Pungkas Dandim.

Diharapkan dengan adanya upaya dari satuan ini dapat memberikan dampak positif berupa terbebasnya warga Kodim 0801 Pacitan dari DBD maupun malaria. *

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Renovasi besar Masjid Istiqlal sejak Mei 2019 lalu telah selesai. Masjid kebanggaan umat tersebut kini bersolek lebih indah selepas 42 tahun berdirinya.

Presiden Joko Widodo meresmikan langsung selesainya renovasi masjid tersebut pada Kamis, 7 Januari 2021, di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta.

“Hari ini Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua, telah selesai direnovasi. Alhamdulillah,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Kepala Negara mengatakan bahwa Istiqlal tampak berubah total dan seperti baru di mana terdapat penataan lanskap yang semakin rapi, tata cahaya yang indah, dan sejumlah peningkatan lainnya untuk memberikan rasa nyaman umat dalam beribadah dan berkunjung ke masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

“Renovasi Masjid Istiqlal menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita Indonesia,” kata Presiden.



Menilik sejarahnya, masjid tersebut didirikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt. atas kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia. Ungkapan syukur tersebut kemudian diwujudkan ke dalam pendirian sebuah masjid sebagai simbol kemerdekaan yang kini kita kenal dengan nama Istiqlal. Kata istiqlal sendiri berarti merdeka dalam bahasa Arab.

Ke depannya, Presiden berharap agar Masjid Istiqlal tidak hanya megah secara fisik, tapi juga menjadi sarana umat untuk meningkatkan iman dan takwa serta menjadi pusat pemberdayaan umat.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal juga harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, membangun toleransi, dan membangun perdamaian,” imbuhnya.



[nextpage title="Next"]

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas renovasi yang telah dilakukan. Ia mengatakan, sepanjang 42 tahun berdiri, baru kali ini Masjid Istiqlal mendapatkan renovasi secara besar-besaran. Anggaran yang dialokasikan untuk proses renovasi ini juga mencapai Rp511 miliar dengan melibatkan hingga 1.000 pekerja.

“Izinkan kami atas nama warga masyarakat, khususnya umat Islam, menghaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Presiden karena selama 42 tahun baru kali ini Masjid Istiqlal tersentuh renovasi besar-besaran. Renovasi ini dilaksanakan secara serius dan profesional oleh Kementerian PUPR dengan menunjuk Waskita Karya sebagai pelaksananya,” ucapnya.

Peresmian renovasi tersebut ditandai dengan pemukulan beduk sekaligus penandatanganan prasasti peresmian renovasi oleh Presiden Joko Widodo. Setelahnya, Kepala Negara juga menyempatkan diri untuk melaksanakan ibadah salat magrib berjemaah di masjid tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hadir dalam peresmian tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

[BPMI Setpres]

NUSANTARAEXPRESS, YOGYAKARTA - Dalam upaya mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan menuju New Normal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta diwujudkan melalui peran aktif Denpomal Lanal Yogyakarta Lantamal V Koarmada II dengan melaksanakan Operasi Non Yustisi Gabungan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19, Kamis (7/1).

Operasi dilaksanakan, dengan kegiatan penindakan dan pendataan bagi warga masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan Covid-19, khususnya kedisiplinan pemakaian masker dilakukan tidak hanya kepada perorangan, namun juga kepada pelaku usaha, pengelola dan penanggungjawab tempat dan fasilitas umum seperti cafe, warung makan maupun tempat berkumpulnya warga.

Adapun kepada pelanggar, diberikan sanksi sosial berupa membersihkan area dan fasilitas umum maupun pembinaan fisik ringan seperti push up, hal ini untuk memberikan efek jera kepada pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

[nextpage title="Next"]

Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M. melalui Dandenpomal Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Sambudi, menyampaikan bahwa kegiatan operasi non yustisi yang diikuti Denpomal Lanal Yogyakarta ini merupakan salah satu wujud kepedulian Kita selaku Instusi TNI AL di Yogyakarta khususnya Denpomal Lanal Yogyakarta dalam membantu unsur Satgas Covid-19 pemda DIY.

Pelaksanana kegiatan bersinergi dengan unsur Satgas Covid-19 Pemda DIY terdiri dari unsur TNI Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Perlindungan Masyarakat. [Satlinmas]

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - TNI AL-STTAL Surabaya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. beserta rombongan dengan didampingi Komandan Kodiklatal, Laksamana Muda TNI Nurhidayat dan Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. mengunjungi Kampus Prajurit Teknokrat STTAL Bhumimoro Morokrembangan Surabaya dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan. Jumat (08/01/2021).

Mengawali kunjungan tour facilitynya di Kampus Prajurit Teknokrat STTAL, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) meninjau Laboratorium Terpadu Pulau Dana antara lain: Laboratorium D201 Power Electronic Trainer dan Fundamental of Electrical Machine Trainer, Laboratorium D202 Digital Trainer dan Electrical Installation Trainer, Laboratorium D203 CCTV Trainer dan Transformers Trainer, Laboratorium D204 Servo Trainer, Intervacing Trainer, Micro Advanced Trainer dan Micro Controler Trainer, Laboratorium D205 Centrifugal Pump Module, Fluid Friction Apparatus, Series and Parallel Pump Test Set, Centrifugal Compressor Module dan Laboratorium D206 Type Air Conditioner Training, General Cycle Refrigeration Training, Refrigerator and Heat Pump Data Trainer serta Laboratorium D207 Hydraulic System dan Pneumatic System.



[nextpage title="Next"]

Pada kesempatan ini juga Kepala Staf Angkatan Laut beserta rombongan meninjau ruang kelas mahasiswa dan hasil produk penelitian karya cipta teknologi Prajurit Teknokrat STTAL di Gedung Pulau Nipa antara lain: Hasil produk penelitian Dosen STTAL, Kolonel Laut (KH) Dr. I. Made Jiwa Astika, M.MT., yakni "Rancang Bangun Cone Explosive sebagai Senjata Tempur Dasar Laut dengan Sistim Firing Device berbasis Microcontroller Arduino dan Lora" yang menjadi Juara 1 Lomba Karya Cipta Teknologi (LKCT) dan produk-produk hasil penelitian karya cipta Prajurit Teknokrat STTAL lainnya, yang mana STTAL sebagai pusat riset teknologi keangkatanlautan dan kemaritiman guna mendukung tugas pokok dan fungsi TNI AL maka hasil penelitian karya cipta teknologi Prajurit Teknokrat STTAL dapat dikembangkan dan diaplikasikan sesuai kebutuhan TNI AL serta Kasal berkesempatan juga meninjau Gedung Marore Kampus STTAL Surabaya.



Selesai tour facility dari Kampus Prajurit Teknokrat STTAL, Kasal beserta rombongan dengan didampingi Komandan Kodiklatal dan Komandan STTAL menuju ke Kesatrian Kodiklatal dengan berolahraga bersepeda beserta Para Pejabat Mabesal dan Kodiklatal.

[Penerangan STTAL]

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA -  Seruan aksi mogok nasional yang digagas Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dinilai konyol. Sebab organisasi tersebut mengorbankan berbagai kebutuhan dan aktivitas warga demi kepentingan sekelompok orang.


Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua Ali Kabiay mengatakan, ajakan KNPB untuk aksi mogok nasional telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Dia meyakini masyarakat sudah cerdas dalam memilih aksi-aksi yang perlu diikuti atau tidak.




“Aksi-aksi KNPB ini sering kali merugikan mereka dan para pemuda di Papua. Jadi masyarakat sudah cerdas dalam melihat hal ini,” kata Ali Kabiay di Kota Jayapura, Papua, Kamis (7/1/2021).



Menurut dia, bila warga ikut dalam aksi mogok nasional ini, mereka akan rugi. Sebab dapat membuat sistem pendidikan lumpuh, pemerintahan akan terganggu, ekonomi akan merosot, dan berdampak pada kesehatan masyarakat.“Apa yang sudah KNPB perbuat untuk Tanah Papua, saya rasa tidak ada sama sekali,” ujarnya.


Sebaliknya Pemerintah Indonesia terus berusaha membangun daerah di wilayah paling Timur ini. Diantaranya dengan kebijakan otonomi khusus, perhelatan PON dan pembangunan lainnya. “Karena itu dia meminta masyarakat tak mudah terprovokasi isu hoaks dan ajakan-ajakan KNPB. Sebab seruan-seruan tersebut akan merusak situasi kondusif di daerah,” ujarnya. (*)

NUSANTARAEXPRESS, JAMBI - Bertempat di rumah dinas gubernur Jambi gabungan kelompok Tani Hutan, salah satu nya KTH Mendaluh Alam Sejahtra selaku Ketua Eko Purwanto akan menerima sertepikat izin perhutanan sosial lahan seluas lebih kurang 2.248 hektar pada kawasan hutan produksi terbatas di Desa Muara Danau kecamatan Renah Mendaluh kabupaten Tanjung Jabung Barat provinsi Jambi, 7 januari 2021.

Kegiatan serah terima Sertepikat izin ada tiga(3) yakni sertepikat Hutan sosial, Hutan Adat dan menyetujui pengajuan Tora. Serah terima izin sertepikat langsung oleh Presiden RI dari Istana kepresidenan secara Virtual yang diikuti oleh 30 Kelompok Tani Hutan dari 15 provinsi penerima SK Hutan Sosial, hutan adat dan SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).



Kegiatan yang dikordinir oleh Koordinaotr UPT kementrian LHK dan Balai perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan (BPSKL) serta Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH).

Sebelum acara pokok Penyerahan SK sertepikat Oleh Bapak Presiden RI, Laporan langsung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang berapa jumlah SK Sertepikat Hutan sosial, Hutan Adat dan SK Tora di seluruh indonesia yang sudah tereleasasi sesuai target pemerintah.

Acara berlangsung bertempat dirumah dinas gubernur jambi dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) covid 19 dihadiri pula oleh Ir. Muhammad Said MM derektur penangan komplik teturial dan hutan adat ditjen PSKL kementrian LHK kemudian kepala dinas kehutan provinsi jambi Bastari.

Berdasarkan SK keputusan mentri lingkungan hidup dan kehutanan RI nomor ; SK.908/MENLHK_PSKL/PSL.0/3/2020 Tentang pemberian izin usaha pemanfaatan hutan sosial kemasyarakat kepada gabungan kelompok tani hutan mendaluh alam sejahtra seluas lebih kurang 2.248 hektar pada kawasan hutan prosuksi terbatas di Desa Muara Danau Kecamatan Renah Mendaluh Kabupaten Tanjung jabung barat provinsi jambi.

[nextpage title="Next"]

Setelah melakasnakan Gladi resik di Aula Rumah Dinas Gubenur Jambi dan Sekira pukul 13.40 wib, seluruh kelompok di yang hadir di minta bersiap untuk mendengar langsung pidato bapak Presiden RI Ir.Joko Widodo secara virtual.

Dalam pidato nya Presiden menyampaikan ke KTH yang menonton langsung, Sebagai mana yang sudah ada dibeberapa Provinsi dan daerah, yang sudah menerima SK dapat memnafaatkan lahan agro wisata, lumbung pangan dengan berbagai jenis tanaman pangan. Untuk itu semua perlu adanya dukungan dengan memanfaatkan dana Kredit Usaha Rakayat (KUR) agar bisa menopang permodalan petani, di bantu juga teknologi tepat guna agar mudah mendapat informasi cara mengelola dan memanfaat lahan-lahan tidur tersebut.

Presiden Jokowidodo dalam pidato virtual nya juga mengingatkan dengan tegas kepada seluruh masyarakat petani penerima SK Sertepikat izin, jangan main-main dengan izin yang sudah di berikan, jangan sampai berpindah tangan, saya akan terus memantau, agar nanti nya tidak di salahkan gunakan izin-izin tersebut, jelas nya.

Ketua Kelompok Tani Hutan Remah Mendalo Alam Sejahtera, Eko Purwanto salah kelompok Penerima SK Hutan Sosial Provinsi Jambi sangat mengapresiasi pernyataan bapak Presiden. Untuk itu Eko dan anggota setelah menerima SK tersebut sangat berharap mendapat dukungan dan bekerja sama dengan pemerintah serta instansi-instansi terkait daerah dan Provinsi mendukung serta pembinaan agar program yang akan kami usul kan dapat terlaksana dengan baik, harapnya. [Ayudi]

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Sekelompok orang diduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang pesawat mission aviation fellowship (MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Tujuh penumpang dan pilot dilaporkan selamat dalam insiden ini.

Pesawat MAF jenis Twin Otter ini dibakar massa yang mengklaim bagian dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNPB), Rabu (6/1/2021) kemarin.

Insiden ini berawal saat pesawat ditahan oleh massa saat hendak take off di Bandara Kampung Pagamba menuju Kabupaten Nabire. Mereka lalu menyerang pilot dan para penumpang.



[nextpage title="Next"]

Namun para korban selamat setelah tokoh gereja setempat membawa mereka ke tempat aman. Tapi pesawat yang hendak mereka tumpangi ludes dilahap api.

Base Manager MAF Nabire, Paul Iswanto, membenarkan adanya aksi pembakaran pesawat tersebut pada Rabu kemarin. Dia mengatakan, pilot dan penumpang dalam keadaan selamat.

"Namun mereka masih trauma," kata Paul di Kabupaten Nabire, Papua, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu Wakapolres Nabire, Kompol Samuel Tatiratu mengatakan, masih menunggu laporan resmi dari anggota yang diterjunkan ke lokasi kejadian. (*)
Diberdayakan oleh Blogger.