NUSANTARAEXPRESS, JAMBI - Management PT Mendahara Agro Jaya Industri (PT. MAI) anak perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara 6 (PTPN 6) menggelar rapat kerja yang dilaksanakan di kantor besar PT. MAI yang beralamat di Lagan Tengah Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi (9/1/21).

Agenda rapat membahas evaluasi, pemantapan, kinerja dan perencanaan pelaksanaan program kegiatan operasional perusahaan.

Dalam rapat kerja tersebut di dihadiri dan pimpin langsung  oleh Eka Nugraha sebagai Senior Executive Vice Presiden, SEVP Operasional PT. Perkebunan Nusantara 6, didamping oleh Tuti Indriani Kabag SDM PT. Perkebunan Nusantara 6 dan dihadiri direktur PT.MAI Dody Setiawan, Manager Operasional Sugeng, Manager SDM Umum Herdiwan, Kepala Dinas Tehnik Munawir, serta Asisten SDM Umum Renol.

Kedatangan rombongan Eka Nugraha dan Tuti Indriani disambut dengan antusias  oleh jajaran management PT. MAI dan karyawan karyawati.

Eka Nugraha SEVP Operasional memberikan arahan tentang penguatan dan sinkronisasi serta penjelasan secara rinci mengenai program kerja secara keseluruhan dengan baik.

Eka Nugraha SEVP Operasional  memaparkan mengenai petunjuk langsung perencanaan, program kerja operasional monitoring dan evaluasi administrasi dan pemantapan dalam bekerja.

“Teruslah berinovasi dan berkreasi guna untuk perbaikan yang berkelanjutan”. Jelas Eka Nugraha



“Pada tahun 2021 yang merupakan tahun awal pencanangan Tahun Produksi, sehingga kita bisa menjadi perusahaan agro industri yang handal, bertumpu pada produktivitas, kualitas produk dan pelayanan yang prima dengan kemampuan sendiri” . Tegasnya Eka Nugraha.

[M Jamil-Kaperwil]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Program Subuh Berjamaah Keliling bareng Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST,MT merupakan yang pertama dalam sejarah pemerintahan di Kabupaten Labuhanbatu, Program ini akan menjadi gerakan membangun spiritualitas, sosial dan kultural di kalangan pemerintahan dan masyarakat.

“Subuh berjamaah sudah kita lakukan tiap hari. Tapi subuh berjamaah keliling bareng Bupati baru ada saat ini. Kita berharap selain untuk membangun spiritual juga membangun kebersamaan dan solidaritas sosial. Kita harus kompak,” ujar Bupati Andi saat memberikan sambutan dalam kegiatan perdana Subuh Berjamaah Keliling di Masjid Al-Ikhlas kelurahan Sidorejo Kecamatan Rantau Selatan Minggu (9/2/2021).



Selain dihadiri Bupati Subuh Berjamaah Keliling juga diikuti beberapa jajaran SKPD di labuhanbatu, Camat ransel, Lurah seranse, Ustadz - Ustadz pengurus DMI, Pengurus BKM, Tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.



[nextpage title="Next"]

Bupati melanjutkan, gerakan Subuh Berjamaah juga diharapkan dapat menjadi sarana membangun kultur atau budaya, baik budaya silaturahmi, sosial maupun budaya gotongroyong. Menurut Bupati, kalau jum’atan masjid bisa terisi penuh, begitupun saat shalat subuh juga harus lebih banyak dari biasanya. “Begitupun disini, jangan penuhnya saat ada Bupati saja. Besok dan selanjutnya juga harus lebih banyak dari biasanya,” katanya.



Usai mendengarkan bimbingan dan arahan dari Bupati, para jama'ah shalat subuh mendapatkan siraman rohani dari ustadz pendamping Bupati Labuhanbatu dalam program suling.dan dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Tekab Polsekta Kotapinang tangkap pengeroyok dan penganiayaan Singkat Sihotang. Mingu (10/1/2021).

Dasar penangkapan LP / 219 / XII / Res.1.6/ 2020 / SPKT / SU / LBS / SEKTA KOTA PINANG, tanggal 28 Desember 2020, pelapor an.Petrus Sihotang.
"Benar, ketiga pelaku sudah ditangkap", Ujar Kapolsekta Kotapinang kepada wartawan.

Adapun ketiga tersangka, James Saragih (45), Bindu Siburian (45) dan Ripsal Siburian (22), mereka merupakan warga Jalan Perjuangan, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kata AKP Bambang G Hutabarat menjelaskan, kronologis kejadian bermula hari Senin (28/12/2020) sekira pukul 01.00 WIB, korban Singkat Sihotang orang tua dari pelapor (Petrus Sihotang) datang ke rumah mengendarai sepeda motor dengan kondisi mukanya berdarah dan mengatakan lihat kamu dulu saya, saya telah dikeroyok dan dipukul orang ramai-ramai, setelah itu orang tua saya mengeluh perutnya sakit, muntah darah dan mukanya bengkak akibat dianiaya, selanjutnya pelapor membawa orangtuanya ke rumah sakit RSUD Kotapinang.

Pada hari Rabu (30/12/2020) sekira pukul 18.00 WIB, korban meninggal dunia setelah dirawat 3 hari di RSUD Kotapinang. Saksi Beti boru Ginting dan Satria Sembiring menerangkan dan menjelaskan bahwa pelaku aniaya terhadap Singkat Sihotang adalah James Saragih, Bindu Siburian dan Ripsal Siburian dengan cara memukul bagian wajah dan bagian muka dan menunjang dada korban sehingga korban tergeletak.

[nextpage title="Next"]

Hasil konfirmasi dari RSUD Kota Pinang sebab kematian akibat benturan di kepala. Pada hari Selasa (5/1/2021), pukul 16.30 WIB, tersangka Bindu Siburian dan James Saragih, dijemput di Aek Kanopan, Labura berkat usaha diplomasi dgn para isteri tersangka.

Sedangkan Ripsal Siburian (anak kandung dari Bindu Siburian), dari keterangan sementara Bindu Siburian tidak diketahui keberadaannya. Kedua tersangka sekarang sdh diamankan di Polsekta Kota Pinang.

Selanjutnya, hari Sabtu (9/1/2021) pukul 12.30 WIB, Tekab Kotapinang mendapat informasi Ripsal Siburian berada di Lingkungan Simaninggir, Kelurahan Kotapinang. Panit 1 Reskrim Polsekta Kotapinang, Iptu Gunawan Sinurat bersama Tim berhasil menangkap dan mengamankan tersangka yang saat itu sedang berada di kedai kopi marga Sihotang, kemudian membawanya ke komando. [Her]

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA BARAT - Kreativitas Satkopaska Koarmada III tidak pernah berhenti. Salah satu karya pasukan elit Koarmada III yang monumental adalah steger atau mounting “AGAS” Senjata Mesin Ringan (SMR) multiguna yang dapat dipasang di helikopter, sea rider, dan KAL (Kapal Angkatan Laut).

Menurut Komandan Satkopaska Koarmada III , Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari P., M.Tr. Hanla., kreativitas tersebut terus dilakukan penyempurnaan dengan ditambahkannya tiga komponen. Yakni corong penangkap perangkai dan kelongsong, kantong penampung, dan box amunisi. “Dengan adanya ketiga komponen tersebut, hasil buangan dari sisa tembakan berupa perangkai amunisi dan kelongsong bisa tertampung aman”, ujarnya pada saat uji fung di combat boat, perairan Katapop, Distrik Salawati, kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (9/1/2021).

Selain itu, penambahan box amunisi juga membuat penembak tidak memerlukan bantuan orang lain sebagai penghantar amunisi. Steger atau mounting “AGAS” Senjata Mesin Ringan (SMR) multiguna dapat dipasang di helikopter, sea rider, dan KAL (Kapal Angkatan Laut).

“Mounting untuk menempatkan senjata merupakan sarana penunjang pada heli, Sea Rider, KAL, dan kendaraan tempur lainnya, dalam memberikan bantuan dan perlindungan tembakan satuan atau prajurit yang melaksanakan aksi pada sasaran,” kata Komandan Satkopaska Koarmada III, Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari P., M.Tr. Hanla.,
“Dengan mounting senjata ini dapat meningkatkan profesionalisme prajurit melaksanakan tugas, sehingga misi berhasil dan keamanan prajurit terjamin dalam latihan dan operasi,” ujarnya.

Yudo Ponco Ari mengisahkan, penamaan AGAS terinspirasi dari serangga serangga yang seakan-akan nyamuk, tetapi lebih kecil dan terdapat di tepi laut, sungai, dan kawasan semak. Agas mengandung racun menyebabkan rasa gatal. “Agas binantang sangat kecil dan tidak terlihat, tetapi menyiksa. Pada saat pembuatan mounting ini, kami terganggu dengan Agas, sehingga mounting multiguna ini dinamakan “AGAS”,” ujarnya.

 

[Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia mengerahkan Personel dan Alutsistanya dalam proses pencarian hilangnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta - Pontianak yang diperkirakan jatuh di sekitar perairan pulau Laki dan pulau Lancang Kepulauan Seribu, sekitar pukul 14.39 WIB, Sabtu (9/1/2021).

Informasi hilangnya pesawat Sriwijaya Air SJ -182 tujuan Jakarta - Pontianak ini langsung direspon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dengan mengerahkan kekuatan personel dan Alutsista dalam operasi pencarian dan pertolongan (Search and Rescue) SAR.



Dalam operasi ini rencananya TNI akan mengerahkan personel Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) Kodam Jaya, 4 KRI TNI AL, Personel Intai Amphibi (Taifib) dan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) yang malam ini bergerak bersama Badan SAR Nasional (Basarnas).

Sedangkan TNI AU besok pagi akan mengerahkan 1 Heli Super Puma Nas-332, EC-752 Caracal, Fix Wing Boeing 737 Intai Maritim, dan CN- 295, 1 Heli Dauphin HR 3604 milik Basarnas dan Personel SAR dari Korphaskas.



Dalam pelaksanaan operasi personel dari TNI berada di bawah Koordinasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan saat ini tengah bertolak ke titik koordinat hilangnya kontak pesawat tersebut.

 

Autentifikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU SELATAN - Berikut Pagu Dana Desa, Desa Rintis, Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara dari Tahun 2015 sampai dengan Tahun 2020 Sesuai Data Kementrian Desa melalui Sistem Informasi Desa.

 

























DESA:RINTIS
KECAMATAN:SILANGKITANG
KABUPATEN:LABUHANBATU SELATAN
PROVINSI:SUMATERA UTARA

THN 2015

-

THN 2016









































URAIAN KEGIATANANGGARAN (Rp.)
Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendidikan67,382,000
Kegiatan Pembangunan Sarana Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan102,601,600
Kegiatan Pembangunan Sarana Air Bersih104,703,984
Pembangunan Jalan Usaha Tani/Pengerasan Jalan Desa264,499,260
Kegiatan Pelaksanaan Pembangunan Desa Lainnya I51,508,114
Kegiatan Pelatihan Kelompok Tani dan Nelayan5,400,000
Kegiatan Pemberdayaan Usaha Kecil dan Industri Rumah Tangga39,500,000
Peningkatan Kapasitas Kader PMD10,740,816

THN 2017



































URAIAN KEGIATANANGGARAN (Rp.)
Kegiatan Pembangunan Jalan Desa317,124,000
Kegiatan Pembangunan Sarana Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan313,161,000
Kegiatan Pembangunan Sarana Air Bersih75,943,074
Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat14,250,000
Kegiatan Posyandu47,720,000
Penyertaan Modal Desa73,500,000

THN 2018























































URAIAN KEGIATANANGGARAN (Rp.)
Kegiatan Pembangunan Jalan Desa271,512,074
Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendidikan84,093,800
Kegiatan Pembangunan Sarana Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan101,822,000
Kegiatan Pembangunan Sarana Air Bersih46,907,500
Lingkungan Pemukiman47,400,000
Kegiatan Pelatihan Kepala Desa dan Perangkat11,635,000
Kegiatan Pelatihan Kelompok Tani dan Nelayan23,890,000
Kegiatan Kapasitas Kader PMD18,000,000
Kegiatan Posyandu72,730,000
Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Lainnya I18,600,000
Penyertaan Modal Desa50,000,000

THN 2019











































URAIAN KEGIATANANGGARAN (Rp.)
Dukungan Penyelenggaraan PAUD (APE, Sarana PAUD dst)19,413,000
Penyelenggaraan Posyandu (Mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insentif)91,200,000
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengadaan Sarana/Prasarana Posyandu/Polindes/PKD87,558,000
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Desa93,851,000
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Lingkingan Pemukiman383,513,000
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong, Selokan dll)68,326,874
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sumber Air Bersih Milik Desa118,751,000
Pengadaan Teknologi Tepat Guna Untuk Pengembangan Ekonomi Pedesaan Non Pertanian47,500,000

THN 2020

















































URAIAN KEGIATANANGGARAN (Rp.)
Penyelenggaran PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah NonFormal Milik Desa (Honor, Pakaian dll)13,090,000
Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa (Pengadaan Buku, Honor, Taman Baca)25,379,000
Penyelenggaraan Posyandu (Mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insentif)100,990,000
Pemeliharaan Jalan Lingkungan Pemukiman/Gang7,752,000
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Lingkungan Permukiman (Dipilih)105,913,000
Pemeliharaan Sumber Air Bersih Milik Desa (Mata Air, Penampung Air, Sumur Bor dll)21,583,874
Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sumber Air Bersih Milik Desa (Dipilih)75,874,000
Pengadaan Teknologi Tepat Guna Untuk Pengembangan Ekonomi Pedesaan Non Pertanian21,320,000
Kegiatan Penanggulanan Bencana103,980,000
Penanganan Keadaan Mendesak468,000,000


 

 

Sumber: Kemendesa





NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Curah hujan tinggi mengguyur wilayah teritorialnya Kodim 0311/Pessel melalui jajaranya lakukan pemantauan wilayah. pemantauan ini dilakukan untuk mengantisipasi bahaya tanah longsor yang mungkin dapat terjadi.

Seperti yang tengah dilakukan oleh Serka Rayendra Babinsa Koramil 06/Bayang Kodim 0311/Pessel saat melakukan pemantauan tanah longsor akibat derasnya hujan di kampung puluik-puluik kenagarian puluik-puluik kecamatan IV Nagari Bayang Utara, pada Sabtu (9/1/2021).

Serka Rayendra mengungkapkan, kegiatan pemantauan wilayah ini memang rutin dilakukannya selaku bintara pembima desa (Babinsa) selaku ujung tombak satuan teritorial.



 

[nextpage title="Next"]

"Sebagai babinsa diwilayah ini, kegiatan ini rutin dilakukan guna mengetahui perkembangan situasi diwilayah, terlebih disaat musim penghujan, karena termasuk daerah yang memiliki kerawanan cukup tinggi yaitu tanah longsor," ungkapnya.



Selain itu, Bati Tuud koramil 06/Bayang Pelda Joni Maritim selaku yang tertua manambahkan, pemantauan yang tengah dilakukan babinsanya itu sebagai wujud kepadulin TNI kepada masyarakat.

"Apabila ada musibah yang terjadi diwilayah binaanya, babinsa harus selalu yang terdepan dalam memberikan bantuan, sebagai wujud kepadulian TNI dengan rakyat, sehingga dapat diambil langkah-langkah antisipasi lebih awal,"tambahnya. [Pendim 0311/Pessel]

NUSANTARAEXPRESS, MERAUKE - Komando Resor Militer 174/Anim Ti Waninggap (Korem 174/ATW) Merauke mendistribusikan bantuan sosial berupa 2000 paket sembako untuk wilayah Merauke, yang merupakan bantuan dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.

Selain bantuan paket sembako untuk warga masyarakat di wilayah Kabupaten Merauke, Panglima TNI dan Kapolri juga memberikan bantuan 2000 paket Alat Swab Antigen dan 200 unit Alat Pelindung Diri (APD) untuk Gereja.



Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko diwakili oleh Kepala Seksi Logistik Korem Kolonel Arm Ayi Yosa  Karya W., S.Sos melepas pemberangkatan 7 unit truk dinas Korem 174/ATW Merauke yang mengangkut bantuan dari Panglima TNI dan Kapolri, bertempat di lapangan apel Makorem 174, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Jumat (8/1/2021).

[nextpage title="Next"]

Dengan menggunakan truk dinas, pendistribusian paket sembako dan Alat Swab Antigen serta APD di seluruh  wilayah Korem 174 meliputi  Kabupaten  Merauke, Asmat, Mappi, Boven Digoel dan Mimika, dikawal langsung oleh para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil wilayah Merauke.



Kegiatan ini sebagai bentuk tali asih dan kepedulian TNI-Polri kepada masyarakat Provinsi Papua dan Papua Barat ditengah pandemi wabah Covid-19. Masyarakat Papua khususnya di wilayah Kabupaten Merauke mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah peduli, karena bantuan sembako seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kurang mampu saat ini dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. [Penrem 174]






NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis membentuk tim khusus merespon temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait insiden penembakan anggota laskar FPI.

“Kapolri Jenderal Idham Azis merespons dengan menginstruksikan membentuk tim khusus (Bareskrim Polri, Divisi Hukum Polri, dan Divisi Propam Polri) untuk menindaklanjuti temuan dari Komnas HAM,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/1/2021).

Tim khusus ini nantinya dinilai akan bekerja secara maksimal. Polri akan mengusut oknum terkait penemuan Komnas HAM secara terbuka dan profesional.

“Tentunya Tim Khusus ini akan bekerja maksimal, profesional dan terbuka dalam mengusut oknum anggota polisi terkait kasus itu,” tuturnya.



Komnas HAM sebelumnya memaparkan hasil investigasi peristiwa tewasnya enam orang laskar FPI. Hasilnya, Komnas HAM menemukan tewasnya empat orang laskar FPI merupakan pelanggaran HAM.

Komnas HAM menjelaskan bukti-bukti yang mereka peroleh mulai dari temuan di lapangan, voice note, hingga screenshot CCTV. Komnas HAM juga telah memeriksa polisi, keluarga korban, pihak FPI, hingga saksi di lokasi. Komnas HAM memanggil pula sejumlah ahli.

Hasilnya, memang ada peristiwa pembuntutan terhadap Habib Rizieq Shihab oleh polisi pada saat itu. Dalam proses itu, ada enam orang laskar FPI yang tewas dalam dua konteks yang berbeda.





Diberdayakan oleh Blogger.