NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Guna terus menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Desa binaannya, Babinsa Koramil 09/Trumon kodim 0107/Aceh Selatan Sertu Jumarding Komsos dengan warga Desa Ladang Rimba Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (12/01/2021).

Kegiatan Komsos tersebut juga dalam rangka menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya.

Sertu Jumarding menyampaikan, selaku Babinsa, ia secara rutin menyambangi dan berkomunikasi dengan masyarakat di wilayah binaanya.

Ia juga berharap, Dengan intensnya Komsos ke wilayah Desa binaannya tersebut, dapat mempererat hubungan tali silaturrahmi antara Babinsa bersama warga, agar keberadaan Babinsa dapat diterima baik dan berdampak positif bagi masyarakat.

“Komsos ini merupakan ajang silaturrahmi dan membina hubungan baik bersama warga, agar terjalin hubungan komunikasi yang baik bersama warga, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna memperkuat ketahanan wilayah dan semakin terciptanya Kamtibmas khususnya wilayah desa ladang rimba" ujar Sertu Jumarding.



Disela-sela kegiatan itu juga, Sertu jumarding himbau dan berpesan kepada warga Desa binaanya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan.

"Kebersihan lingkungan sangat penting untuk di jaga dan diperlihara pada setiap saatnya agar desa ladang rimba ini selalu sejuk, bersih dan indah di pandang mata, terutama dapat menangkal segala penyebaran penyakit."tutup Sertu Jumarding. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA BARAT - Akibat teror yang ditujukan kepada petugas bandara mengakibatkan maskapai penerbangan Susi menangguhkan pendaratannya di Bandara Merdey Distrik Merdey, Papua Barat.

Hal tersebut disampakan Dandim 1806/Teluk Bintuni Letkol ARM Fence Donatus Marani dalam rilis tertulisnya di Makodim Teluk Bintuni, Distrik Merdey, Papua Barat Selasa (12/1/2021).

Dikatakan Dandim, teror yang terjadi pada Senin (11/1/2021) pukul 08.24 WIT, berawal saat petugas bandara Merdey medapatkan teror melalui telepon gelap yang mengatas namakan Didimus Yerkohok yang sehari-harinya bekerja sebagai pegawai Bandara Merdey.

“Teror disampaikan apabila pesawat Susi Air mendarat di Bandara Merdey, maka pesawat tersebut akan dibakar dan dipanah oleh masyarakat setempat,’’ ujar Dandim.



“Tidak hanya sampai disiu, pelaku kembali melakukan teror sekitar pukul 09.23 WIT dengan ancaman yang sama, sehingga pihak penerbangan Susi Air memutuskan untuk membatalkan pendaratan,’’ terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah menghimpun informasi, pihak Kodim melaporkan kejadian kepada Kepala Seksi Intelijen (Kasi Inte) Korem 182/JO Mayor Inf Tri Handoko di Fakfak, Papua Barat.

“Informasi langsung ditindaklanjuti Kasi Intel Korem dengan melibatkan berbagai aparat intelijen dilapangan guna mencari tahu identitas dan motif pelaku teror,’’ lanjutnya.



“Alhamdulilah, berkat kesigapan para Babinsa dilapangan dan kerja sama yang baik dengan pihak kepolisian, akhirnya Bandara Merdey dapat diamankan dan pelaku dapat ditangkap,’’ tandasnya.

[nextpage title="Next"]


Sementara itu, saat dihubungi melalui telephone selulernya, Kasi Intel Korem 182/JO Mayor Inf Tri Handoko membenarkan peristiwa tersebut dan menyatakan bahwa pelaku diletahui berinisial KA yang merupakan warga Kampung Merdey.

“Motif pelaku melakukan teror, untuk saat ini masih didalami pihak kepolisian, kita tunggu saja hasilnya,’’ terang Kasi Intel.

“Sejak kejadian awal teror, petugas hanya butuhkan 9 jam untuk mengetahui identitas dan menagkap pelaku. Semua berkat kerja sama yang baik antara TNI dan Polri dilapangan,’’ tegasnya.

“Saat ini, pelaku dan barang bukti handphone telah disita dan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan," ungkapnya.

"Operasional Bandara Medley di Teluk Bintuni telah dijaga aparat Kodim dan saat ini dapat dikatakan kondusif, semua jadwal penerbangan sudah dapat berjalan kembali secara normal,’’ tandasnya. [Dispenad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI Polri) kembali menerima kantong jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu. Pas hari iniC ada 56 kantong jenazah yang diterima tim DVI Polri.

“Kemudian juga kami telah menerima 56 kantong jenazah dan juga 8 kantong properti,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di RS Polri, Jakarta Timur, Selasa (12/1/2021).


Selain itu, DVI Polri juga menerima 58 sampel DNA dari keluarga korban. Tercatat hingga pukul 09.00 WIB. “Sampai dengan jam 9 pagi tim DVI telah terima sebanyak 58 sample DNA dari keluarga korban,” jelasnya.


Temuan-temuan itu akan segera di periksa oleh tim antemortem dan postmortem. Setelah datanya lengkap, tim DVI akan melakukan kecocokan dengan keluarga.


“Data antermortem maupun postmortemnya akan dilakukan tindak lanjut tindakan rekonsiliasi ataupun kecocokan kedua data tersebut sehingga akan kita identifikasi korban-korban dari kecelakaan Sriwijaya,” jelas Rusdi.


Tim DVI Polri sebelumnya telah mengidentifikasi satu jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Identitasnya adalah Okky Bisma. Okky Bisma berjenis kelamin laki-laki dengan golongan darah O. Berdasarkan data di e-KTP, Okky Bisma berstatus pelajar/mahasiswa namun dia diketahui merupakan pramugara Sriwijaya Air. Okky Bisma beralamat di Jakarta dan berusia 29 tahun.


 

 

[Humas Polri]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Hutan kota yang berfungsi sebagai paru-paru dan sumber oksigen bagi warga kini mulai jarang terlihat di kota-kota besar di Indonesia. Karena, hampir sebagian besar lahan telah dihabiskan untuk pembangunan seperti perumahan, perkantoran dan perindustrian. Hutan juga mendukung spesies yang tak terhitung jumlahnya, termasuk manusia, namun kita sering tampak tidak menyadarinya. Penebangan pohon menyebabkan bumi meningkat, pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Sehingga pasokan air dalam tanah semakin berkurang. Ucap Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST,MT, dihari peringatan menanam sejuta pohon diruang kerjanya, Selasa (12/1/2021).

Dijelaskan Bupati, Manfaat menanam pohon bagi kehidupan adalah sebagai berikut: Memelihara Tanah dan Menjaga Bumi Tetap Dingin Pohon dapat menyerap CO2 yang memicu pemanasan global. Tumbuhan selalu membutuhkan sejumlah CO2 untuk fotosintesis, namun, udara di bumi saat ini sangat pekat dengan emisi ekstra sehingga hutan melawan pemanasan global hanya dengan bernapas. Sebagai Penyerap Karbon Hutan dapat membersihkan polusi udara dalam skala yang jauh lebih besar, dan bukan hanya CO2. Pohon menyerap berbagai polutan di udara, termasuk karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen dioksida. Pohon juga bisa menjadi penghalang kebisingan alam yang populer. Efek meredam sebagian besar disebabkan oleh gemerisik daun ditambah suara putih hutan lainnya, seperti nyanyian burung dan hanya beberapa pohon yang ditempatkan dengan baik dapat memotong suara latar sebesar 5 hingga 10 desibel, atau sekitar 50% yang didengar oleh telinga manusia.

Selain Memberikan keindahan dan kenyamanan, Pohon memberikan keteduhan, segar, sejuk serta menghasilkan bahan-bahan berupa kayu, daun, bunga, dan buah. Saluran Air Alami Hutan seperti spons raksasa yang menyerap limpahan air daripada membiarkannya jatuh ke permukaan, tetapi tidak bisa menyerap semuanya. Air yang melewati akar di pohon akan menetes ke akuifer, mengisi kembali persediaan air tanah yang penting untuk minum, sanitasi, dan irigasi di seluruh dunia. Fungsi pohon untuk menurunkan pencemaran udara. Pembakaran bahan bakar fosil menyebabkan karbon dioksida terperangkap di atmosfer kita. Hal ini menyebabkan suhu menjadi panas serta mengubah iklim kita dengan cara yang berbahaya. Menampung 80% Keanekaragaman Hayati di Bumi Hampir setengah dari spesies yang ada di bumi hidup di hutan, termasuk 80% keanekaragaman hayati di darat. Keanekaragaman hayati adalah masalah besar, baik untuk ekosistem maupun ekonomi manusia, namun semakin terancam di seluruh dunia oleh deforestasi. Pengendalian banjir dan bencana alam Pengendalian banjir dan bencana alamseperti tsunami dan abrasi. pohon yang terdapat hutan-hutan di daerah tertinggi menyimpan sejumlah besar air, yang seharusnya mengalir dari bukit dan mengalir di sepanjang sungai ke kota-kota. Pohon bermanfaat untuk kesehatan mental manusia. Dengan melihat pepohonan maka hati dan fikiran akan menjadi segar dan terbukti menyembuhkan kesehatan mental.

Menanam pohon berarti menabung oksigen sebagai bentuk usaha mewujudkan Generasi masa depan dengan bumi yang indah. Ayo Tanam Pohon sekarang sebagai aksi nyata bukan hanya kata.

Selamat Memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon...!

 

[Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu menerima pengharga'an ataupun Rewards dari PT.PLN UP3 rantauprapat yang diserahkan langsung oleh Maneger PT.PLN UP.3 rantauprapat Elfi Ziarman kepada Bupati Kabupaten Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST,MT, diruang kerja Bupati Jalan SM.Raja Kecamatan Rantau selatan Selasa 12 Desember 2021.

Pengharga'an dimaksud terkait tepat waktu dan patuhnya pemerintah kabupaten Labuhanbatu membayar rekening listrik setiap bulanya.

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST,MT, didampingi Kaban Bapenda Muslih SE, mengucapkan terima kasih atas rewads yang diberikan oleh PLN kepada pemkab labuhanbatu.



"Terimakasih saya ucapkan atas pengharga'an yang diberikan kepada kami karena telah melakukan pembayaran tagihan listrik tepat waktu khususnya dilingkungan perkantoran pemkab labuhanbatu, saya berharap kerjasama dengan PLN dapat kita tingkatkan dan terus terjalin dengan baik".



[nextpage title="Next"]

Kedepanya Bupati menginginkan dilabuhanbatu ini seluruhnya terang benderang, tidak adalagi rumah masyarakat yang tidak dialiri listrik, apalagi berdasarkan fasilitas hingga hari ini di A.jamu gardu listrik sudah berfungsi kembali dengan baik, itu menandakan kabupaten labuhanbatu telah bisa memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Labuhanbatu.

Mudah-mudahan dengan kehadiran PLN hari ini menambah semangat untuk pemkab labuhanbatu dalam memberikan pelayan untuk masyarakat labuhanbatu.ujar Bupati.



Sementara itu Maneger PLN UP3 rantauprapat didampingi stafnya menyebutkan, bahwa kehadiran pihak PLN ke kantor Bupati labuhanbatu untuk memberikan apresiasi kepada pemkab labuhanbatu karena telah melakukan pembayaran tagihan listrik dengan rutin setiap bulanya.

Dirinya berharap kerjasama denhan pemkab labuhanbatu dapat lebih baik lagi dikarenakan masih banyaknya program elit PLN yang aksn diluncurkan dilabuhanbatu ini,salah satunya program listrik prabayar. [Rahmad]





NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Jembatan kereta api jalur Jakarta-Surabaya (jalur hulu) di atas Sungai Glagah, di Dukuh Timbang, Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terputus pada Senin malam (11/1).

Disampaikan Danramil 09 Tonjong, Kapten Infantri Ngadino, melalui Babinsa setempat, Serka Iskandar, kerusakan jembatan terjadi pada pukul 21.30 WIB di KM 305/56, yaitu pilar penyangga jembatan setinggi 22 meter ambruk/ambrol sehingga menyebabkan rangkaian besi penyangga rel kereta api sepanjang 50 meter ambruk.



“Putusnya jembatan disebabkan karena salah satu pilar jembatan roboh karena diterjang banjir besar Kali Glagah sejak Senin petang,” bebernya, Selasa pagi (12/1/2020).



Dijelaskannya lanjut, banjir terjadi karena sebelumnya wilayah Kecamatan Tonjong diguyur hujan lebat dalam waktu yang cukup lama, yaitu mulai pukul pukul 16.00-21.00 WIB.

[nextpage title="Next"]

Dibenarkan Tatang Iratmaja, pegawai PJKA/PDR Tonjong, sebelum banjir terjadi kenaikan debit air sungai mulai pukul 18.15 WIB, dan puncaknya pada pukul 21.30 WIB, pilar jembatan jembatan itu terputus karena tak kuat menahan derasnya air sungai.



Untuk perjalanan kereta api jurusan Jakarta-Surabaya melalui Purwokerto/Yogyakarta, baik melewati jalur hulu/jalur 2 maupun jalur hilir (1), sementara ditutup.

“Masing-masing jembatan mempunyai 4 pilar, dan yang roboh adalah salah satu pilar di jalur hulu atau sebelah barat,” terangnya.



Untuk rel kereta api masih menggantung. Sedangkan untuk kerugian belum bisa ditaksir.

Menurutnya, peristiwa itu baru pertama kali terjadi sejak jalur kereta api itu dibangun puluhan tahun lalu.

Petugas PJKA bersama TNI-Polri sudah mengamankan lokasi dengan memasang police line, untuk menghindarkan masyarakat yang terus berdatangan untuk melihat agar mereka tidak terlalu dekat sehingga membahayakan jiwa. [Aan]



NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Upaya penegakan Prokes (Protokol Kesehatan) terus dilakukan tim gabungan penanggulangan covid-19 di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Tampak gambar tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Satpol PP Kecamatan Kersana, melakukan patroli gabungan untuk menegakkan Prokes pemakaian masker kepada masyarakat (11/1).

Dijelaskan Danramil 06 Kersana, Kapten Infantri Turiman, bahwa pihaknya bersama instansi terkait lainnya melakukan rutinitas patroli malam dengan sasaran tempat-tempat keramaian atau tempat berkumpul masyarakat.



“Kami bersama pihak Polsek dan Trantib Kecamatan Kersana, melakukan patrol kamtibmas sambil menegakkan Prokes pemakaian masker,” ungkapnya, Selasa pagi (12/1/2021).



Ditambahkan Kapolsek Kersana, Iptu Suratman, SH, bagi masyarakat yang tidak memakai masker diberikan teguran edukasi dan sanksi ringan, yaitu push up atau skot jump/squat jump sebanyak 20 kali.

“Ini bukan untuk menindak masyarakat, namun untuk menumbuhkan kepedulian demi kesehatan bersama,” tegasnya. [Aan]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil menegaskan pembagian PTSL  yang sedang oleh pemerintah kepada masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis. Maka itu, tidak ada pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh siapapun utamanya di Kementerian ATR/BPN.

Ada nada sumbang di balik gencarnya pemerintah bagi-bagi sertifikat hak atas tanah. Nada sumbang itu adalah keluhan masyarakat yang mengalami pungutan liar saat mengurus sertifikat tanah lewat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap), padahal dijanjikan gratis.

Apakah mengurus sertifikat sebaiknya di RT/RW atau sendiri agar menghindari pungli? “Menurutnya, sendiri dan datang ke Kantor BPN sangat bagus sekali. Hanya saja, pengurusan tersebut kolektif, rawan pungli,”urai bu Ery Juliani Pasoreh

"Jadi seluruhnya individual itu diorganisir dan kalau di kota Bogor kita yang bikin pengawasan agar media dapat mengedukasi masyarakat tidak terbebani,” pungkasnya.
[nextpage title="Next"]


“Apabila adanya pungutan terkait sertifikat tanah oleh pejabat di Kementerian ATR tidak diperbolehkan," tuturnya. Senin (11/1/2021) di hotel Ibis Styles Sunter Jakarta Utara.

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mencatat ada 3 nama kementerian yang paling banyak diadukan masyarakat. Ketiga instansi ini dilaporkan karena banyak pungli.

"Pemerintah-pemerintahan, jadi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai ke bawah. Iya Kemendagri, kedua, Kementerian Kemenhub (Kemenhub); ketiga, Kementerian ATR/BPN,"



Dalam keputusan tersebut diatur tentang biaya dalam rangka pelaksanaan persiapan pendaftaran tanah sistematis, seperti kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, lalu kegiatan operasional petugas kelurahan/desa. (JNI)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Polri menyampaikan Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah menerima 16 kantong jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Selain itu, tim DVI juga menerima 3 kantong yang berisi properti.

“Kemudian sampai jam 9 ini juga tim DVI telah menerima 16 kantong jenazah dan juga 3 kantong properti,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (11/1/2021).


Rusdi mengatakan tim postmortem akan melakukan identifikasi terhadap kantong-kantong jenazah tersebut. Sementara tim antemortem tetap mengumpulkan data yang dibutuhkan dari keluarga korban.




“Tentunya tugas-tugas ke depan dari anggota postmortem akan melaksanakan kegiatan identifikasi terhadap kantong jenazah ini, kemudian juga petugas-petugas dari antemortem akan tetap mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dari keluarga korban,” kata dia.



[nextpage title="Next"]



Rusdi menjelaskan, data antemortem itu didapat dari data umum korban. Seperti usia, berat badan hingga rekam medis korban sebelum meninggal dunia.


“Untuk data antemortem itu bisa didapat dari data-data umum dari korban. Seperti umur, berat badan, tinggi badan, warna kulit. Hal ini bisa menjadi bagian bagaimana nanti tim DVI bekerja. Ada juga rekam medis dari korban sebelum korban meninggal dunia,” tutur dia.


Rusdi mengatakan data antemortem sangat membantu dalam proses identifikasi. Data antemortem ini kemudian akan dicocokkan dengan data postmortem.


“Kalau ada dokumen atau ijazah itu pasti ada sidik jari dari korban, itu akan digunakan oleh tim untuk mencocokkan sidik jari yang ada pada antemortem dengan sidik jari yang ditemukan contohnya pada postmortem, itu akan sangat membantu,” kata dia.


 

[Humas Polri]

NUSANTARAEXPRESS, TANJABTIM - Puluhan masyarakat dan mahasiswa mengatas namakan Aliansi Gerakan Rakyat menggugat Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Granat TJT menggeruduk Kantor bupatinya sendiri terkait jalan rusak hingga sampai memakan korban ibu yang mau melahirkan tidak tertolong karena kemacetan beberapa waktu yang lalu.

Dalam aksi Kordinator umum Granat TJT Indra menyampaikan aksi ara rakyat khususnya para supir roda empat agar pemerintah Provinsi Jambi dan Tanjabtim secara bersama-sama mengambil tindakan tegas terkait kondisi jalan hancur sampai mengakibatkan kemacetan panjang hampir setiap hari.



"Akibat jalan yang hancur, berdampak diberbagai hasil persoalan ekonomi, baik itu tanaman masyarakat yang mau dijual membusuk di tengah jalan, apalagi hasil laut yang masih melewati jalur darat karena mengantri di jalan yang sedang rusak parah," ucapnya.



Begitu juga orasi kordinator lapangan Rian, dihadapan Bupati Tanjabtim, iya mengatakan saat ini jalan di Tanjabtim sedang tidak baik-baik saja sampai-sampai seorang ibu rumah tangga meninggal dunia usai melahirkan karena terjebak macet di ruas jalan yang rusak parah dan ia berharap ketegasan Bupati terhadap pemerintah provinsi agar jalan Tanjabtim segera diperbaiki.

[nextpage title="Next"]

"Kita dari Granat TJT agar bapak sebagai bupati bisa mencari solusi agar jalan Provinsi Jambi yang ada di tanjabtim segera diperbaiki dan ekonomi masyarakat lancar dan begitu juga jalan Kabupaten ditanjabtim bisa diperbaiki juga," jelasnya, 11 Januari 2021.



Terpisah, Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto yang melihat rakyat dan mahasiswa datang kedepan kantornya langsung berhadapan para demontrasi sambil mengatakan pemerintah tanjabtim sudah berusaha berkomunikasi dengan pemerintah provinsi dan sudah mendapat jawaban yang berjanji akan memperbaiki jalan provinsi menjadi jalan beton sepanjang 2,5 kilometer.



"Jalan kewenangan pemerintah provinsi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah dianggarkan perbaikan jalan sepanjang 2,5 kilometer," katanya.



Romi mengatakan, terkait tuntutan granat TJT, sangat diterima oleh Bupati dan akan bertanggung jawab dan hanya saja dari empat tuntutan hanya dua poin disepakati oleh Bupati Romi.

"Poin pertama saya sepakat, Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung timur segera merealisasikan pembangunan atau peningkatan jalan yang menjadi kewenangan pemerintah Tanjung Jabung Timur dan poin kedua pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Timur melayangkan surat ke pemerintah provinsi terkait peningkatan jalan," cetusnya. [Ayudi]

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi kejahatannya di Kabupaten Puncak - Papua dengan membakar fasilitas umum yaitu 2 tower Base Transceiver Station (BTS) milik Telkom yang mengakibatkan jaringan di Ilaga mati total.


Dua tower BTS milik Telkom yang dibakar yaitu BTS 4 yang terletak diperbukitan Pingeli di Distrik Omukia dan BTS 5 yang terletak di wilayah Muara yang terletak di Distrik Mabuggi Kabupaten Puncak.


Kapolres Puncak AKBP Dicky Hermansyah Saragih saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, kejadian tersebut benar dari laporan masyarakat dan hasil peninjauan di lapangan.


“Ya benar, ada pembakaran dua BTS milik Telkom, yakni BTS 4 dan BTS 5. Dari laporan warga kami langsung meninjau kelapangan,” katanya saat dikonfirmasi, Senin siang (11/1/2021).



Untuk diketahui, salah satu BTS yang dibakar baru beroperasi pada Desember 2020 lalu. Pembangunan BTS tersebut untuk mempermudah akses komunikasi masyarakat di Ilaga Puncak Papua dan dimanfaatkan oleh hampir seluruh masyarakat kabupaten Puncak.


[nextpage title="Next"]

Kapolres menyebut, kejadian pembakaran baru diketahui pada Sabtu (9/1) setelah pihak Palapa Ring Timur melakukan pengecekan menggunakan Helikopter karena kedua BTS tidak memancarkan sinyal. “Dari hasil pengecekan yang dilakukan kedua BTS ditemukan dalam keadaan terbakar sehingga pembangkit daya ke tower tidak terkoneksi dan link radio ke Telkom maupun Telkomsel terputus,” ujarnya.



“Ini adalah Fasilitas umum, akibat pembakaran dua BTS tersebut, jaringan 4G Telkom Ilaga terputus serta link palapa ring Sugapa-Ilaga-Mulia Terputus dan mati total,” tambahnya.


Disinggung soal pelaku pembakaran, Kapolres mengatakan bahwa pelaku merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). “Pelaku kejahatan ini dari kelompok KKB, tapi belum di ketahui dari kelompok siapa dan tujuannya apa? Jadi masih kita dalami,” pungkasnya. (*)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Pitewi mengajarkan pola hidup sehat dan bersih kepada siswa SD Negeri Pitewi Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom dengan melakukan pembersihan lingkungan Sekolah.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Senin (11/01).

Disebutkan Dansatgas bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Pos Pitewi merupakan hal positif yang sangat baik diterapkan dan diajarkan kepada anak-anak tunas Papua. "Dengan kita mengajarkan pola sehat dan bersih kepada siswa SD Negeri Pitewi di Perbatasan RI-PNG, harapannya kita membantu dapat membentuk karakter di usia dini mereka." Ungkap Anggun.



[nextpage title="Next"]

Dijelaskan lebih lanjut oleh Komandan Pos Pitewi Kapten Inf Rum Patria Misa bahwa kegiatan yang dilakukannya meliputi pembersihan rumput di depan Sekolah yang kondisi nya sudah panjang dan terlihat kumuh. "Kami membekali personel dengan mesin rumput, kemudian sisa potongan rumput tersebut di bersihkan oleh para siswa. Dengan hal kecil yang kita ajarkan harapannya dapat membentuk karatekter mereka untuk hidup bersih dan sehat." Jelas Rum.

Salah satu siswa SD Negeri Pitewi bernama Joshua (9) juga merasa senang dengan adanya pembersihan lingkungan yang digagas Pos Pitewi. "Sa senang dengan kegiatan ini, sekolah kami jadi bersih dan rapi. Terima kasih abang-abang Satgas Yonif MR 413 Kostrad Pos Pitewi." Tutur Joshua. [Pensatgas 413]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu membentuk panitia pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) sebagai persyaratan pendirian Universitas Islam Negeri (UIN) dilabuhanbatu yang dipimpin langsung oleh Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST,MT dalam sebuah rapat bersama OPD terkait diruang rapat Bupati Labuhanbatu jalan SM.Raja Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Senin (11/1/2021).

Pembentukan panitia dimaksud diikuti, Sekdakab Labuhanbatu Ir.M.Yusuf Siagian, M.MA, Asisten I pemerintahan Sarimpunan Ritonga,M.Pd, Kadis, Pertanahan H.M.Ihsan Harahap, ST, Plt Kadis Kominfo Rajid Yuliawan,ST, Kabag Kesra Ahmad Sampurna Rambe, Perwakilan Disdik Yongki Ridwan, ST, FKUB Labuhanbatu H.Khairul Dalimunte, Ketua MUI Labuhanbatu K.H.M.Darwis Lubis, LC, dan tokoh masyarakat H.Ridha Amran Siregar.



[nextpage title="Next"]

Disebutkan Bupati Andi, Yayasan untuk pendirian STAIS harus kita bentuk secepatnya, karena itu merupakan syarat pendirian UIN, dan ini harus kita sigapi dengan serius.

Bupati berpesan pembentukan panitia pendirian STAIS itu harus lah berhati-hati, libatkan semua Alumni Islamic Center dan pihak yang turut berjuang dalam pendirian UIN yang telah direncanakan.agar tidak ada saling cemburu hingga mengganggu proses berjalanya rencana ini.tegas Bupati.

Diharapkan nya, semua pihak yang terlibat didalamnya nanti bisa bekerjasama untuk mensukseskan dan membesarkan UIN Labuhanbatu nantinya.

Disisi lain Tokoh masyarakat labuhanbatu Ridha Amran Siregar memberikan masukan, agar proses pendirian UIN dilakukan dengan hati-hati, pengurusan surat yayasan hingga surat tanah harus di barengi dengan dasar hukum yang kuat agar tidak menimbulkan masalah dibelakang hari. Ujarnya. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST,MT, didampingi Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian M.MA menerima kunjungan Danlanal Tanjung balai Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory ,SE, beserta rombongan di ruang kerjanya Senin (11/1/2021).

Kunjungan Danlanal dimaksudkan sebagai pengenalan dirinya yang baru bertugas di wilayah Tanjung balai yang sebelumnya bertugas di Mabesal Cilangkap Jakarta timur.



Bupati Labuhanbatu berharap dengan adanya petugas Angkatan laut di wilayah perairan labuhanbatu bisa menekan tindak kejahatan yang menggunakan jalur tikus perairan Labuhanbatu, seperti penyelundupan narkoba dan lain sebagainya.

"Selamat datang Komandan di bumi Ika Bina En Pabolo yang kita cintai ini, semoga ditangan komandan perairan Labuhanbatu bisa terpantau, mengingat masih banyaknya jalur ilegal yang ada diperairan kita yang sering digunakan pengedar narkoba untuk mengirim barang tersebut ke daerah ini".



[nextpage title="Next"]

Kita sangat khawatir dengan hal ini, beberapa bulan lalu di perairan kita ditemukan barang haram tersebut oleh masyarakat yang jumlahnya tidak tanggung.jika ini tidak terpantau bisa hancur generasi muda labuhanbatu.ucap Bupati.



Sementara itu DANLANAL Tanjung Balai Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory ,SE yang baru dua bulan memimpin di tanjung balai itu mengucapkan terima kasih atas jamuhan terhadapnya, disebutkan Robinson " Labuhanbatu jauh lebih luas dari Tanjung balai, kita akan fokuskan juga penjagaan di perairan Labuhanbatu".

Ada beberapa pos yang kita miliki yang kita terima dari pemkab Labuhanbatu, ini akan kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk menjaga perairan pesisir Labuhanbatu. ucapnya. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.