NUSANTARAEXPRESS, BREBES – Dandim 0713 Brebes melepas salah satu Babinsanya, Serka Slamet Budiman, Babinsa Cikandang dan Kersana, Koramil 06 Kersana, yang kini telah menjadi perwira (Letnan Dua) untuk berdinas di Kodam XII Tanjungpura.

Tampak Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, memimpin langsung acara korp raport pindah satuan di Aula Makodim Brebes, Kamis siang (14/1/2021).



“Mewakili keluarga besar Kodim Brebes, saya ucapkan selamat atas pangkat baru, dimana ini menjadi kebanggaan keluarga,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai seorang prajurit, mendedikasikan diri di seluruh wilayah NKRI adalah pengabdian, termasuk bagi Letda Infanteri Slamet Budiman yang akan menjadi Danton di satuan Batalyon Infanteri Raider Khusus 644 Walet Sakti, yang bermarkas di Kota Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Dalam acara pelepasan tersebut, juga dibarengi dengan penerimaan perwira baru untuk mengisi jabatan sebagai Danramil 10 Sirampog yang sebelumnya ditinggalkan Kapten Infanteri Mukhrodi yang purna tugas.

“Kita juga mengucapkan selamat kepada Kapten Infanteri Siswanto, yang akan menjadi Danramil Sirampog,” imbuhnya.

Puncak acara dilaksanakan pemberian cinderamata kepada mantan Babinsa tersebut, serta ucapan selamat kepada kedua perwira. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Danramil dan personil Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan menerima Bimbingan Teknis Manajemen Teritorial Tahun 2021 bertempat di Aula Makodim Jl T Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (14/1/2021).

Adapun meteri yang di terima oleh para Danramil dan Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan dalam kegiatan tersebut, di antaranya Manajemen Teritorial, Kamampuan Teritorial, Bhakti TNI dan yang lainnya yang menyangkut tugas pokok Danramil dan Babinsa di kewilayahan.



Materi-materi teritorial itu juga langsung di sampaikan oleh Kasiter Korem 012/Teuku Umar Mayor Arh Boy Iswarmen, S.E dan turut di hadiri oleh Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom, Kepala Staf Kodim (Kasdim) serta para Perwira Staf Kodim 0107/Aceh Selatan.

Dandim Aceh Selatan menyebutkan, tujuan di laksanakan kegiatan ini untuk menyiapkan satuan dan Danramil serta Babinsa jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan memiliki kemampuan untuk melaksanakan Binter TN AD secara profesional serta untuk kepentingan pertahanan Negara di darat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Sehingga ke depannya, para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim Aceh Selatan dapat melaksanakan tugas pokok dan ikut membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Selatan."sebut Dandim.

Lebih lanjut, para Danramil dan Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan menerima materi dari Kasiter Korem 012/TU. Dalam kesempatan itu Kasiter menyampaikan, yang mana pembinaan teritorial merupakan fungsi utama dari TNI AD yang memiliki fungsi membantu Pemerintah dalam pengelolaan potensi Nasional melalui pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bhakti TNI.

"Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim Aceh Selatan dapat meningkatkan ilmu manajemen teritorial dan memiliki kemampuan pembinaan yang baik, dan penguasaan pengetahuan serta ketrampilan yang merupakan tuntutan dasar yang harus di kuasai khususnya Babinsa dalam mendukung tugas pokok satuan di wilayahan desa binaan masing-masing."tutup Kasiter. (Husni)

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Olah raga bersepeda tak hanya banyak diminati oleh kalangan muda akan tetapi sudah digemari seluruh kalangan, tidak terkecuali anggota Kodim 0311/Pessel.

Seperti yang dilakukan Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti bersama anggota lakukan gowes bersama Guna menjaga imunitas dan kesehatan dimasa pandemi covid-19, pada Kamis (14//1/2021).

Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, dimasa pandemi seperti sekarang ini olahraga sepeda juga bisa dijadikan pilihan dalam beorlahraga guna menjaga imunitas tubuh.



"Olah raga sepeda sangat bagus dimasa pandemi seperti sekarang ini,tidak perlu lama akan tetapi rutin dilaksanakan setiap hari akan dapat memelihara kesehatan," ungkap Dandim.



Selain itu, Dandim 0311/Pessel menambahkan kegiatan bersepada juga berguna untuj memupuk keakraban antara sesama prajurit kodim 0311/Pessel.

"Semoga dengan dilaksanakan kegiatan olahraga sepeda ini dapat memupuk keakraban dan kekompakan sesama prajurit kodim 0311/Pessel guna mendukung tugas pokok sebagai aparat kewilayahan,"tutup Dandim.

Gowes kali menempuh jarak sepanjang 15 KM dimulai dari halaman Makodim 0311/Pessel. *

bNUSANTARAEXPRESS, BREBES - Angin puting beliung menyebabkan pohon roboh sehingga menimpa beberapa rumah di Dusun Karang Salam RT/RW. 03, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis dini hari (14/1/2021).

Dijelaskan Danramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes melalui Bati Tuud, Pelda Sugiharto, bahwa puting beliung diawali dengan hujan dengan intensitas sedang-tinggi yang mengguyur wilayah Desa Mendala dan sekitarnya mulai pukul 21.00 WIB (13/1).



“Dua atap bangunan rumah warga setempat tertimpa pohon yang roboh pada pukul 04.00 WIB, sehingga mengalami kerusakan,“ terangnya.



Tidak ada korban jiwa atas bencana alam itu, namun kerugian bagi keluarga Nuri (46) dan Parid (52), mencapai belasan juta rupiah.

Ditambahkannya, saat ini warga dibantu BPBD dan TNI, melakukan gotong royong untuk menyingkirkan batang pohon tumbang dan memperbaiki kerusakan atap.

“Bersama BPBD Sirampog, kami menghimbau kepada masyarakat agar memotong cabang-cabang pohon besar di sekitar pemukiman, sehingga tidak menimbulkan potensi roboh saat tertiup angin besar dan kencang, karena akarnya tidak kuat menahan pohon yang rimbun,” pungkasnya. [Aan]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Terputusnya akses jalan utama penghubung antar desa, Desa Banjarsari-Cibentang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, karena longsor membuat puluhan masyarakat di kedua desa itu melakukan upaya pemulihan. Kamis (14/1/2021).



Dijelaskan Danramil 12 Bantarkawung, Kapten Infantri Nurhadi, Babinsanya memberikan motivasi dengan ikut kerja bakti melakukan pembuatan jalan darurat dengan memangkas tebing di sekitar jalan yang longsor.

“Longsor dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi sehari sebelumnya sekitar pukul 15.00 WIB, sehingga mengakibatkan jalan kedua desa terputus hari ini sekitar pukul 04.30 WIB,” bebernya.

Ditambahkannya, dari hasil kerja keras bersama itu akhirnya saat ini jalan dapat dilalui kendaraan roda dua.

“Untuk Kendaraan roda empat sementara tidak diperbolehkan melintas demi faktor keamanan dan mencegah longsor susulan karena kontur tanah jalan baru masih labil,” tandasnya. [Aan]

NUSANTARAEXPRESS, TANJABTIM - Agus Kades Rantau Karya Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menyayangkan salah satu awak media Online memberitakan pada Rabu (13/01/2021) bahwa kantor desa tutup pada saat masih jam kerja atau ngantor.

Hal tersebut saat awak media yang menghubunginya via telefon sekira pukul 13.15 Wib.

“Saya jawab dan saya jelaskan bahwa saya ada mau menghadiri kondangan dengan beberapa staf desa dan sebagian ada berurusan dengan inspektorat terkait pemeriksaan fisik 2020 dan ada juga urusan kekantor Dukcapil. Mungkin ada nanti yang datang, barang kali staf desa lagi keluar atau makan siang”, ungkap nya.


“Sebenarnya saya berterima kasih kepada awak media yang memberitakan kondisi Kantor desa Tutup saat masih jam kerja, jadi besok-besok saya bisa mengingatkan staf desa saya yang tidak lagi ada urusan luar untuk tetap standby di kantor. Jadi kalau dibilang kantor sudah tutup jam 13.15wib mungkin miskomunikasi saja”, jelas Kades.



[nextpage title="Next"]

Biasanya kalau ada warga yang hendak berurusan sama saya atau staf desa warga komunikasi atau menghubungi terkadang saya berkeliling ke rumah-rumah warga apalagi sekarang banyak kelompok penggiat ternak madu di wilayah Desa Rantau Karya, di situ saya sering meninjau situasi perkembangan ternak madu warga, tambahnya.

Harapan Kades tetap menjalin komunikasi dengan para awak media mana yang terbaiknya lah, agar tidak terjadi miskomunikasi.

Pemdes mengutamakan kepentingan masyarakat Desa dan terus memberikan pelayanan yang terbaik ke pada warga desa, kalaupun ada kekurangan dalam pelayanan administrasi dan keluhan warga media dan lembaga lah sebagai penyambung aspirasi warga ke pemerintahan untuk menjadi lebih baik lagi, ungkapnya. [007Ay]

NUSANTARAEXPRESS, SURABYAA - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal., S.E., M.M., M.Soc., Sc., meninjau pelaksanaan validasi pendaftaran calon Bintara Prajurit Karier tahun 2021 Gelombang I untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, bertempat di Gedung Achmad Ichsan Balai Prajurit Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (13/01).

Lantamal V sejak 4 Januari lalu melaksanakan validasi pendaftaran para calon prajurit, kegiatan ini akan dilaksanakan sampai dengan 22 Januari 2021 mendatang. Hingga hari ini animo pendaftar online mencapai 5000 orang, tercatat 1.666 calon telah melaksanakan validasi pendaftaran, yang terdiri dari 1.448 calon Bintara pria dan 218 calon Bintara wanita

Seperti diketahui TNI AL sejak 28 Desember lalu membuka pendaftaran calon Bintara TNI AL secara online yang nantinya akan mengawaki unsur-unsur kapal perang dan Korps Marinir TNI AL.

Turut hadir mendampingi Danlantamal V, dalam kesempatan ini Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono. Selama pelaksanaan validasi pendaftaran ini tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. [*]

NUSANTARAEXPRESS, SORONG - Sebanyak satu tim Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada III yang bermarkas di Koarmada III Jl. Poros Katapop, Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua dikerahkan untuk memperkuat Search And Rescue (SAR) jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sejak tiga hari yang lalu.



Komandan Satkopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari P., M.Tr. Hanla., turut dalam SAR ini mengatakan, timnya bersama Dislambair dan Satkopaska Koarmada I, Taifib dan Denjaka secara bergantian berada di lokasi SAR. “Setelah posisi duga ditentukan oleh KNKT yang onboard KRI Rigel, seluruh penyelam turun melaksanakan pencarian dan evakuasi pesawat dan jasad yang masih ada,” ujarnya. Sorong, 13 Jauari 2021. [*]
Diberdayakan oleh Blogger.