NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami mentransfer ilmu teknologi komputer dengan mengajarkan pengoperasionalan laptop kepada salah seorang pemuda Kampung Gambut Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Demikian dibenarkan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam konfirmasinya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Selasa (19/01/2021).


Dansatgas menyampaikan bahwa salah satu pemuda bernama Atrianus (19) di Kampung Gambut mendatangi Pos Bendungan Tami meminta Komandan Pos untuk mengajarkannya ilmu dasar Komputer. “Kebetulan salah satu anggota kami bernama Serda Anggi Piliang membawa laptop sehingga pemuda tersebut diberikan materi dasar pengenalan computer,” ujarnya.


Komandan Pos Bendungan Tami Letda Inf Bayu Dwigantara mengatakan bahwa pemuda tersebut saat ini tengah mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Distrik Heram Kota Jayapura. “Memulai semester pertama di Universitas Terbuka Jayapura menuntut Atrianus untuk memahami bahkan menguasai ilmu komputer, apalagi ia mengambil jurusan sosial dan politik, sehingga membuatnya harus terbiasa dengan komputer,” tuturnya.


Sementara itu, Atrianus mengaku senang atas ilmu yang diberikan Satgas Yonif MR 413 Kostrad kepada dirinya dan mengucapkan banyak terima kasih kepada abang-abang Satgas yang mulai mendidiknya. “Sebelumnya saya juga menerima ilmu komputer di SMA, namun kesalahan saya dulu tidak serius belajar, beruntung ada abang Satgas yang masih mau mengajarkan komputer melalui laptop membuat saya semakin semangat belajar. Terima kasih atas kebaikan abang Satgas,” ucapnya.



Autentikasi :


Pen Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad

NUSANTARAEPRESS, CISARUA - Cisarua, Telah terjadi banjir bandang di area Perumahan Karyawan PTPN VIII Gunung Mas, Puncak, Cisarua, kab Bogor. Selasa (19/01/2021).

Danramil 2124/Cisarua Mayor Inf Aris menjelaskan bahwa akibat hujan yang turun terus menerus sejak kemarin pagi dengan tingkat volume yang cukup tinggi mengakibatkan meluapnya air sungai Cisampai (anak sungai Ciliwung).

Dampak dari peristiwa tersebut, 2 unit bangunan rumah dan 1 warung rusak berat.

Gabungan dari Unsur Polsek dan Koramil serta Satpol Kecamatan Cisarua, Unsur Tagana, Unsur Damkar Ciawi, Ormas (Pemuda Pancasila), Puskesmas Cisarua, Tim Offroad Gayatri, Serta Siskomdes Tugu Selatan, telah melakukan perbantuan penyelamatan bagi korban bencana.



Danramil beserta Camat, Kapolsek dan juga Kades Tugu Selatan telah menuju TKP. Dan kemudian Unsur Forkomcam juga telah melaksanakan Koortas dengan pihak PTPN untuk melaksanakan penanganan awal Bencal, yaitu Melaksanakan Evakuasi penghuni rumah di Perumahan Karyawan (lebih kurang 120 KK), Kemudian Menyiapkan dan menempatkan lokasi penampungan sementara di aula Wisma Affandi, area Gn Mas, Mendata Personel (Pengungsi dan Perbantuan dari Tagana, BPBD, Ormas, dan Damkar), Menyiapkan Posko Terpadu di kantor PTPN Gn Mas, Mendata kebutuhan para Pengungsi dan menyiapkan Dapur Umum untuk kebutuhan Pengungsi, Serta Melaks pengamanan lokasi, sortir personel yg tdk berkepentingan masuk lokasi.

[nextpage title="Next"]



Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P, M.M selaku Komandan Korem 061/SK memerintahkan kepada seluruh jajaran Muspika untuk segera menangani kejadian bencana alam tersebut secara serius, dan juga segera memperbaiki kerusakan sejumlah sarana yang rusak akibat bencana banjir bandang di Cisarua.

Sementara yang berkaitan dengan evakuasi warga terdampak, Danrem meminta untuk segera menyediakan tempat tinggal sementara dan juga menitik beratkan pada ketersediaan logistik dan kebutuhan lain bagi para pengungsi yang berada di pengungsian.

"Saya ingin menyampaikan duka yang mendalam atas musibah banjir di Semoga masyarakat yang terdampak mendapatkan kesabaran dan keikhlasan," tandasnya. [Penrem 061/SK]




NUSANTARAEXPRESS, MAMUJU - Selepas meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak karena gempa dan mengakibatkan berhentinya pelayanan pemerintahan daerah, Presiden Joko Widodo tiba di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Di lokasi tersebut, Kepala Negara ingin memastikan langsung bahwa evakuasi dan pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak gempa telah berjalan dengan baik.

“Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini,” ujarnya di Stadion Manakarra, pada Selasa, 19 Januari 2021.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Mamuju ini, Presiden menyaksikan sendiri dampak besar yang diakibatkan gempa berkekuatan magnitudo 6,2 pada Jumat (15/1) yang melanda Kabupaten Mamuju dan Majene.

Presiden memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali,” tutur Presiden.



Kepala Negara juga menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana gempa. Presiden mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

“Saya ingin menyampaikan dukacita mendalam atas korban kurang lebih 80 orang yang meninggal yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” tandasnya.



[nextpage title="Next"]

Untuk diketahui, Stadion Manakarra saat ini dialihfungsikan sebagai tempat pengungsian bagi para warga terdampak bencana gempa. Sejumlah tenda didirikan untuk menampung warga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selepas meninjau posko pengungsian tersebut, Presiden juga singgah di sebuah lokasi perumahan tak jauh dari Stadion Manakarra di mana banyak rumah warga yang ambruk akibat bencana gempa. Kepala Negara sempat berbincang dengan seorang warga yang rumahnya turut mengalami kerusakan berat.

Saat menyampaikan keterangan di posko pengungsian, Presiden menjelaskan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan.

“Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta,” ucapnya.


[BPMI Setpres]







NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri masih terus mengidentifikasi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Sampai hari ini, tim DVI sudah menerima 438 sampel DNA.

“Total sampel DNA yang kami lakukan pemeriksaan sekarang sudah mencapai 438 sampel, 293 terdiri dari sampel postmortem dan 145 dari keluarga,” ujar Komandan DVI Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Kombes Hery Wijatmoko, saat konferensi pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (19/1/2021).

Hery menambahkan tim DVI telah menerima 310 kantong jenazah. Untuk kantong properti, lanjutnya, tim DVI menerima 250 kantong.

“Kemudian properti yang kami terima sampai saat ini sebanyak 250 kantong. Jadi tambahan keterangan properti ini, jadi properti ini tidak a catch dengan body part sehingga kami memerlukan data-data pendukung untuk analisa dan pemeriksaan,” ucapnya.

Lanjutnya, dia menyebut tim DVI telah berhasil mengidentifikasi 34 korban dan 23 korban di antaranya telah diserahkan kepada keluarga. Dia pun mengatakan identifikasi masih terus dilakukan.

“Pemeriksaan yang digunakan saat ini kami lebih menitik beratkan pada pemeriksaan DNA forensik. Karena semakin lama semakin ada keterbatasan untuk pemeriksaan yang lain termasuk sidik jari,” ujar Hery.










NUSANTRAAEXPRESS, JAKARTA – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri masih melakukan proses identifikasi terkait bagian tubuh korban Sriwijaya Air SJ182. Tim DVI akan berkoordinasi dengan banyak pihak bila korban ada yang tidak dapat teridentifikasi.

“Apabila nanti ditemukan tidak teridentifikasi, kami akan melakukan rapat koordinasi, terutama dengan maskapai, dirjen perhubungan darat, dan dari Basarnas. Kami akan merapatkan sebelum membuat keputusan, kami akan menyampaikan fakta yang kami terima, kami dapatkan dari pemeriksaan di DVI tim,” ujar Komandan DVI Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Kombes Hery Wijatmoko, di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Selasa (19/1/2021).

Hery menjelaskan tim DVI melakukan identifikasi berdasarkan jumlah kantong jenazah dan body part yang diterima. Artinya, bila tidak dapat teridentifikasi, maka ada bagian tubuh yang sulit untuk diidentifikasi sehingga tidak dapat dikenali sosok tersebut.

“Jadi begini, ini pertanyaan ini sudah kali berapa kali ditanyakan keluarga kepada kami. Jadi ada beberapa kriteria. Jadi tidak teridentifikasi itu, (body part) ditemukan tidak teridentifikasi, itu namanya ada tapi tidak bisa teridentifikasi,” lanjutnya.

“Atau tidak ditemukan karena kami menerima sekian ratus kantong jenazah itu atau body part itu, tidak mencerminkan jumlah passenger yang on board. Jadi kalau tadi saya katakan pada pagi ini kita menyampaikan sekian ratus kantong, itu tidak mencerminkan jumlah on board passenger” tambahnya.

Hery menerangkan tim DVI akan bekerja secara maksimal agar semakin banyak korban yang bisa teridentifikasi meski ada sedikit kendala. Ia berharap akan banyak ditemukan kantong jenazah agar proses identifikasi lebih mudah.

“Kemudian setelah nanti dihentikan Basarnas, kami shut down, artinya kami akan memfokuskan pada pemeriksaan di postmortem dan pemeriksaan di laboratorium DNA forensik. Dari situ akan bisa diketahui berapa yang cocok, berapa yang tidak ada. Kendala yang apabila semakin lama operasi di laut, itu adalah terjadinya campur sampel. Artinya begini, dari laut itu ada orang yang meninggal di sana, namanya campur, tercampur. Ini pernah terjadi pada kasus-kasus yang lain. Dari situ kami akan analisa,” tandas dia.





NUSANTARAEXPRESS, JAMBI - Humas PT. Mendahara Agrojaya Industri (PT.MAI) Renol didampingi oleh M. Jamil Mile mengunjungi kediaman mantan Kapolda Jambi Irjen Pol (Purn) Drs. Bambang Suparsono di kediamanya di Palmerah kota Jambi, Senin (18/1/2021).

Kedatangan Renol (PT.MAI) ke kediaman Irjen Pol (Purn) Drs. Bambang Suparsono hanya untuk silaturahmi. Kunjungan silaturahmi ini sebagai sarana membangun kesepahaman untuk terus semangat membangun kehidupan beragama, kehidupan bertoleransi dan mewujudkan kehidupan yang rukun. Jelas Renol kepada Media Express Group.

 “Manfaat silaturahmi dapat menjadikan kita sebagai makhluk yang mulia. Pasalnya menyambung tali silaturahmi serta dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki”. Jelas Irjen Pol (Purn) Irjen Pol (Purn) Drs. Bambang Suparsono mantan Kapolda Jambi.


 “Manusia merupakan makhluk sosial, dimanapun dan kapanpun membutuhkan manusia lainnya untuk bisa saling membantu, saling menolong, mendukung, bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia. Oleh karena itu, di dalam Islam silaturahmi sangatlah penting”. Jelas Renol menambahkan.



Ya, Islam merupakan salah satu agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. Dan dengan silaturahmi ini, merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan. Menjalin silaturahmi merupakan salah satu cara mewujudkan ukhuwah islamiyah dan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sanak saudara, dan keluarga.

Pantauan Media Express Group, silaturahmi dari PT. MAI yang diwakili oleh Bidang Humas Renol terlihat cukup hangat, kekeluargaan dan komunikatif.

[M.Jamil Kaperwil]

NUSANTRAAEXPRESS, JAKARTA - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Walau vaksin sudah mulai diberikan, namun pemberianya masih terbatas dan belum menjangkau komunitas wartawan/jurnalis yang juga garda terdepan dalam melawan Covid-19.

Oleh karenanya, peningkatan imunitas dan tetap melaksanakan protokol kesehatan masih menjadi upaya mencegah komunitas wartawan terpapar virus Covid-19.

Melihat hal tersebut maka Yayasan Peduli Jurnalis bersama PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mencoba memberikan bantuan 3.000 paket suplemen herbal Herbamuno+ kepada komunitas wartawan guna meningkatkan imunitas tubuh.

Bantuan suplemen ini diserahkan Chief Finance Officer (CFO) PT Mustika Ratu Tbk, Jodi Andrea Suryokusumo kepada Ketua Umum YPJI, Andi Arif, Kamis, (14/1) di Kantor Pusat Yayasan Jurnalis Peduli Indonesia, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Sementara vaksin belum sampai ke komunitas wartawan, maka kita coba upayakan peningkatan imunitas tubuh sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Andi.



Chief Financial Officer PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Jodi Andrea Suryokusumo menjelaskan, sistem daya tahan tubuh memang menjadi sangat penting di tengah pandemi maupun perubahan cuaca ekstrim yang sering terjadi di Indonesia.

[nextpage title="Next"]

"Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rajin mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh," papar Jodi.



Mustika Ratu sebagai wellness holistic company, lanjut Jody, berkomitmen selalu mendukung Imun Kuat Indonesia Sehat terutama bagi rekan-rekan media agar selalu terjaga dalam menjalankan tugas.

"Herbamuno+ merupakan suplemen untuk membantu menjaga daya tahan tubuh rekan rekan media dapat kembali beraktivitas tanpa cemas.

Ditambahkan Jodi, dalam bahan dasar Herbamuno+, tiga diantaranya merupakan bahan utama yang dipercaya berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh sebagaimana yang disarankan BPOM.

"Herbamuno+ siap wujudkan Imun Kuat, Indonesia Sehat," pungkas Jodi.

Bantuan paket Herbamuno+ ini sendiri sudah disebarkan ke sejumlah komunitas jurnalis di Jabodetabek seperti Forum Wartawan Hiburan (Forwan), Forum Wartawan Polda Metro Jaya, Forum Wartawan Kemenkop (Forwakop), Forum Jurnalis Online (FJO), Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Kota Depok, dan sejumlah komunitas jurnalis lainnya. [Rls]






NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – DIREKTORAT Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri  telah melakukan pemeriksaan terhadap dua korban penipuan situs jual-beli daring Grab Toko.

Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebutkan bahwa penyidik siber melakukan pemeriksaan terhadap korban yang ditipu hingga puluhan juta rupiah.

“Sampai dengan saat ini telah dilakukan pemeriksaan terhadap 2 korban an. YMH (30) dengan kerugian Rp71.690.500 dan AS (52) dengan kerugian Rp11.298.500,” ucap Kombes Ahmad di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Namun, Ahmad tak menjelaskan lebih detil terkait hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik siber.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri memeriksa dua karyawan PT. Grab Toko yakni inisial CD (30) selaku supervisor dan AR (39) selaku head sales sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan penipuan toko daring Grab Toko dan pencucian uang.

“Ada dua karyawan PT. Grab Toko yang sudah dilakukan pemeriksaan yaitu inisial CD dan AR,” kata Ahmad.



[nextpage title="Next"]

Adapun Direktur Utama Grab Toko Yudha ditangkap lantaran diduga pelaku penipuan daring dan pencucian uang. Yudha diamankan berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/0019/I/2021/Bareskrim.

“Pelaku meminta bantuan pihak ketiga untuk membuat website belanja daring. Website ini juga diketahui menggunakan hosting di luar negeri,” ucap Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi.



Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri KBP Adex Yudiswan mengatakan ada 980 orang yang memesan barang elektronik dari situs GrabToko. Namun, hanya sembilan yang menerima barang pesanan tersebut.
“Sembilan barang yang dikirimkan kepada costumer ternyata dibeli pelaku di ITC dengan harga normal,” tuturnya.





NUSANTARAEXPRESS, PACITAN - Dalam rangka menjaga dan merawat pangkalan kantor koramil, anggota Koramil 0801/06 Bandar Kodim 0801/Pacitan melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dalam pembuatan pagar kantor Koramil. Senin (18/01/2021).

Kerja bakti kali ini sasaran nya adalah melanjutkan pembuatan Pagar kantor Koramil. Pembuatan pagar guna untuk keamanan dan keindahan koramil, pagar tersebut satu satu rangkaian dari pengecoran dan pembuatan talut yg sudah di kerjakan hari kemarin.

"Pagar demi keamanan mengingat tinggi talut lebih dari tiga meter yg berada di sebelah timur koramil guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan baik pejalan kaki atau sepedah motor", Ungkap Letda Arh Gino.

"Kebersihan adalah sebagian dari Iman. Oleh karenanya, dengan dilandasi kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan,dan merawat Kantor agar tetap selalu rapi dan bersih dan indah dipandang orang yang melintas", Ujar Plh Danramil 0801/06 Bandar.





“Hal ini sebagai langkah upaya menjaga dan merawat Pangkalan yang pada dasarnya akan berdampak bagi kesehatan anggota koramil sendiri dan akan nyaman apabila lingkungan bersih jauh dari penyakit serta lebih enak dipandang,” Pungkas Letda Arh Gino.

Selain itu, pembuatan pagar belakang Makoramil ini juga sebagai contoh bagi masyarakat, agar mereka juga melaksanakan pembersihan di lingkungan tempat tinggalnya dan juga merawat apa yg mereka miliki.(Pendim 0801/ Pacitan)

NUSANTARAEXPRESS, RUPAT - Kepolisian Resort Rupat menangkap satu orang pelaku spesialis pembobolan rumah T Bin I (18 thn) pemuda pengangguran. Berkat informasi dari warga setempat yang melaporkan pelaku ke Kapolsek Rupat.

Dengan cepat  Satres Polsek Rupat  mengejar pelaku  ke Tempat Kejadian Perkara , yakni ke Desa Terkul Jalan Bahari RT O18 / RW OO6.  Saat dikejar pelaku  masuk ke dalaman rumah korban.

"Korban kehilangan Kalung emas dengan suratnya,  DVD, Speaker, dan uang tunai dua juta limaratus lima puluh ribu rupiah,  tabung gas elpiji  dan juga membawa parang panjang  dengan  cara membobol rumah". Jelas Kapolsek Rupat AKP Syaidina Ali,  S.H. melalui IPDA Untung.



Kejadian ini sudah direncanakan matang pada hari senen 11 Januari 2021 di jalan bahari  Desa Terkul Rupat. Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Kapolsek Rupat AKP Syaidina Ali,  S.H.  Dan dikuatkan beberapa orang saksi.

“Korban yang melaporkan pelaku ke Polsek Rupat”,  Jelas Kapolsek melalui IPDA Untung di ruangan kerjanya, Senen (18/01/21)  sekitar jam 9.00 Wib.

[Rudi. H]

NUSANTARAEXPRESS, JAMBI - Berbagai promo dan tawaran menarik gencar dilakukan pengelola cafe atau tempat santai lainnya. Tapi di Ruang Hijau di PTPN VI yang belakangan populer, menawarkan ketenangan dan nuansa alam.

Hadir di Jambi Ruang Hijau (RH) PTPN VI, yang cocok untuk tempat tongkrongan masa kini. Dimana selain pas di hati, nuansa keindahan alam dan suasana outdoor dipadukan disini. Inilah yang menjadi pembeda Ruang Hijau.

Buat kamu yang masih bingung cari tempat wisata sekalian tongkrongan di Jambi, RH layak jadi referensi.

Ruang Hijau tempat tongkrongan masa kini ini memadukan nuansa alam yang recommended banget buat kalian. Rindangnya pepohonan dan nuansa alam, menjadi pilihan pengunjung untuk mengabadikannya di media sosial.

Selain itu, lokasinya yang tidak jauh tak perlu naik pesawat maupun menempuh perjalanan yang berjam-jam. Apalagi, tempat tongkrongan serba cocok untuk semua kalangan ini, sudah ada di Jambi loh.

Uniknya lagi, tempat ini bukan cuma bisa nongkrong atau kumpul-kumpul saja. Akan tetapi juga bisa menjadi tempat wisata, yang tak kalah elegan dari suasana rekreasi impian mu di luar Jambi.

Pengen tau lebih lanjut, apa saja rahasia menakjubkan tempat tongkrongan sekaligus wisata alam yang satu ini. Yuk lihat di sini.

[nextpage title="Next"]

Sebelumnya, RH yang dipadukan nuansa alam ala-ala anak jaman now, yang cocok untuk segala usia ini berlokasi di Kenali Asam Bawah Kecamatan Kota Baru Kota Jambi. Tepatnya, di lingkup perkantoran PTPN VI.

Disini, kalian bukan hanya dimanjakan dengan menu makanan, minumannya saja. Akan tetapi, juga bisa menikmati nuansa alam yang asri bak perkebunan.

Masih ada lagi, kalian bisa melihat kawanan rusa yang berkeliaran di areal tersebut. Jika beruntung, kalian dapat memberikan makanan yang dibawa pengelola Ruang Hijau PTPN VI untuk rusa itu.

Tak ayal, nuasa alam yang ditampilkan di Ruang Hijau PTPN VI ini makin populer, dan sontak membuat pengunjung yang datang terpukau dengan keindahannya.

Pengunjung Pun Langsung Terpukau

Bukan lagi, keindahan tempat tongkrongan yang berasa bersentuhan langsung dengan alam ini pun, tuai pujian dari para pengunjung.

Seperti yang tuturkan Puput, salah satu pengunjung Ruang hijau, saat ditemui. Ia mengatakan bahwa mengetahui tempat tersebut, dari media sosial. Ia pun langsung bergegas ke lokasi bersama teman-temannya.

Sekali sampai di lokasi, dia dibuat terpukau dengan keindahan yang ditampilkan tempat tongkrongan, di area perkantoran PTPN VI ini.

“Ini pertama kalinya kami ke sini, tau tempat ini dari Instagram. Tempatnya unik ya, selain bisa nongkrong bareng teman-teman kita juga bisa nikmatin alam,” katanya.



Hal serupa juga disampaikan rekannya David, bahwa Ruang hijau ini recommended untuk anak-anak muda.

Bukan isapan jempol belaka, pemuda ini dibuat ngiler dengan keindahannya. Bahkan, dipastikan akan kembali lagi ke Ruang Hijau gagasan PTPN VI ini.

“Untuk makanan dan minumannya enak, dan harganya juga pas ya di kantong mahasiswa seperti kami. Kalau suasananya begini terus, kita pasti balik lagi kesini,” imbuhnya.



Sementara itu, Pengelola Ruang Hijau, Marwan Ilhami Akbar saat di temui di lokasi belum lama ini mengungkapkan bagaimana tempat ini semakin jadi pilihan.

[nextpage title="Next"]

Marwan mengatakan, bahwa Ruang Hijau ala jaman now ini, diresmikan pada bulan November 2020 lalu.

“Diresmikan pada tanggal 10 November 2020 oleh Direktur Utama PTPN VI. Sepekan kemudian, atau tepatnya 17 November barulah di buka untuk umum,” jelasnya.

Setelah launching, Ruangan hijau pt,pn6 semakin ramai dikunjungi. Tak hanya warga dari Kota Jambi, pengunjung datang dari kabupaten lain hingga dari luar Jambi. Marwan menyebutkan pengunjung itu salah satunya rombongan dari Sumatera Barat.

Masih disampaikan Marwan, selain sebagai tempat santai, Ruang Hijau ini dibuka untuk mengedukasi masyarakat yang datang berkunjung.

“Jadi Ruang Hijau ini selain tempat ngopi, tempat untuk mengedukasi orang juga. Ya kita tu, kalau pengen nikmatin alam ya jaga juga alamnya. Misalnya tidak buang sampah sembarangan, dan tidak kasih sembarangan makanan sama Satwanya,” jelasnya.

[nextpage title="Next"]

Selain menjadi tempat nongkrong, RH kini populer menjadi tempat Prawedding. Belakangan, terpantau awak media akan adanya rombongan calon pengantin di sini.

Menariknya, ternyata pengelola menyediakan paket untuk foto Prawedding juga.

Jadi, bagi kalian yang ingin suasana prawedding mu lebih bernuansa, tempat ini cocok banget.

prawedd ada tim khususnya, Prawedd itu disediakan oleh jasa dari luar Ruang Hijau. Untuk biayanya, Rp 250.000. Tetapi Fotografer dan semuanya, bawa sendiri. Biaya ini untuk makanan minuman Rp 200 ribu, serta fee untuk ruang hijau,” paparnya.

Penyediaan paket ini tak terlalu mahal, mengingat adanya makanan dan minuman senilai Rp 200 ribu. Ini juga, termasuk memanggil kawanan rusa yang hanya dapat dilakukan pengelola untuk foto prawedd mu.

Nah, untuk jam operasional Ruang Hijau ini juga cukup lama. Di mana, mulai dari jam 8 pagi, hingga jam 9 malam. Pokoknya ini tempat recommended banget deh.

“Kita buka setiap hari, Senin sampai Kamis itu jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Kemudian untuk hari Jumat, buka juga jam 8 pagi, tapi sampai jam 10 malam. Sedangkan hari Sabtu sampai Minggu, kita buka jam 11 pagi sampai 10 malam,” ujarnya.

Ternyata, tempat ini sudah lama jadi pilihan untuk prawedd. Syahril, Humas PTPN VI mengatakan hal itu pada awak media.

“Sudah lama sebenarnya. Bahkan sebelum ada Ruang Hijau. Tapi dulu, tidak semua kita terima. Ada yang bisa, ada yang tidak,” ungkap Syahril.

Rimbunan pepohonan teduh yang jadi lokasi pengambilan foto itu, bilang Syahril, sudah ada dari pendirian kantor perusahaan plat merah itu.

Kedepan, Ia bilang akan ada penempatan tanaman anggrek di sini. Tentunya, akan menambah spot baru. Namun Syahril belum bisa memastikan, kapan akan terwujud.

[M.Jamil Kaperwil]

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan didampingi Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., memimpin Upacara Sidang Terbuka Senat STTAL dalam rangka Penutupan Pendidikan dan Wisuda Program Pascasarjana (S2) Angkatan VI dan Diploma (D3) Angkatan XIII Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Tahun 2021. Senin (18/01/2021).

Sebanyak 58 lulusan STTAL yang diwisuda, terdiri dari 18 Perwira sebagai Magister Teknik bidang Analisis Sistem dan Riset Operasi (ASRO) dan 40 Bintara sebagai Ahli Madya bidang Teknik. Mahasiswa yang baru diwisuda pada Senin, 18 Januari 2021 di Gedung Marore STTAL Bumimoro Surabaya tersebut berhasil mengembangkan berbagai macam karya inovasi terbaru di bidang teknologi Keangkatanlautan dan Kemaritiman yang sangat dibutuhkan oleh TNI/TNI Angkatan Laut.

Pada wisuda tahun ini, yang terpilih mendapatkan penghargaan Vidya Adhiguna sebagai lulusan terbaik, meliputi: Pada Strata Magister (S2) diraih oleh Mayor Laut (P) Tunang Arimbo NRP. 17662/P., dengan IPK 3.53, Predikat Sangat Memuaskan dari Prodi S2 Asro. Sedangkan pada Strata Diploma Tiga (D3) diraih Sertu TTU Febry Bintanio Wibisono NRP 116117 dengan IPK 3.45., Predikat Sangat Memuaskan dari Prodi D3 Hidro Oseanografi.

[nextpage title="Next"]



Selesai pelaksanaan prosesi wisuda, Wakasal dengan didampingi Komandan STTAL meninjau produk-produk hasil penelitian para Prajurit Teknokrat STTAL, diantaranya: Rancang Bangun Cone Explosive Sebagai Senjata Tempur Dasar Laut dengan Sistim Firing Device berbasis Microcontroller Arduino dan Lora, Rancang Bangun Prototype Unmanned Grenade Tamer dengan Kendali Wireless, Rancang Bangun Drone Dua Media, Rancang Bangun UAV Solar Cell, Rancang Bangun Observer Vertical Take Off And Landing (VTOL) Drone, Seabin 13 dan
Rancang Bangun Controllable Riding Bouy, serta produk hasil penelitian Prajurit Teknokrat STTAL lainnya yang sangat strategis dibidang teknologi keangkatanlautan dan kemaritiman.

Dalam kegiatan ini turut serta dihadiri secara online (Virtual) para Pejabat Utama Mabesal, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, Pemimpin Kotama Wilayah Barat dan Timur, Rektor Perguruan Tinggi Mitra STTAL, Ketua dan Wakil Ketua Ikatan Alumni (IKA) STTAL, jajaran Civitas Akademika STTAL, Ketua Cabang BS Jalasenastri STTAL dan para Pengurus Cabang BS Jalasenastri STTAL.

Kagiatan kali ini dilaksanakan secara off line dan online (virtual) dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19, yang sebelumnya melaksanakan Swab dan Rapid test serta 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). [Penerangan STTAL]

NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Dalam rangka memelihara ketahanan pangan di perbatasan, Pos Yuruf Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam melakukan kegiatan bercocok tanam sayur mayur dengan memanfaatkan lahan kosong sekitar pos, di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankipur I Yonif 312/KH Kapten Inf Rasam dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Senin (18/01/2021).

Rasam mengatakan bahwa selain melaksanakan pengamanan di perbatasan RI-PNG, satgas juga melaksanakan kegiatan bercocok tanam berbagai macam jenis sayuran secara rutin di lahan kosong yang berada di sekitar Pos.



Selain untuk memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar pos, kegiatan ini juga bermanfaat untuk pemenuhan logistik pos itu sendiri, sehingga tetap dapat menjaga kesehatan dengan menjaga asupan makanan yang bergizi.

“Anggota kami di perbatasan melakukan upaya untuk bercocok tanam secara mandiri dikarenakan jarak pos dengan pasar yang jauh sehingga tidak efektif jika mengandalkan pasar sebagai kebutuhan pangan sehari-hari,” ucap Rasam.



Adapun jenis sayur mayur yang ditanam seperti pare, sawi, buncis, kacang panjang, cabai dan tomat, selain sebagai usaha mandiri pos dalam memenuhi kebutuhan pangan, hasil kebun juga didistribusikan kepada warga yang ada sekitar pos.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada warga sekitar untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk bercocok tanam sayur mayur,” tutup Rasam.

Autentikasi

Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam.
Diberdayakan oleh Blogger.