NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Polres Labuhanbatu melalui Satuan Lalulintas yang dipimpin AKP Rusbenny, S.H., M.H. menggelar bhakti sosial dengan berbagi sembako kepada masyarakat, Jum'at (22/1/2021) dalam rangka Jum'at berbagi.

Adapun sembako yang diberikan ini sebanyak 20 karung beras, 20 kotak mie instan serta 20 liter minyak goreng.

Kasatlantas Polres Labuhanbatu AKP Rusbenny, S.H., M.H. mengatakan, sasaran pembagian sembako tersebut adalah beberapa warga sekitar Kota Rantau Prapat yang kurang mampu dan terkhusus kepada warga yang terdampak pandemi covid 19.



"Sembako yang kita berikan kali ini tidaklah banyak, tetapi jangan pandang dari jumlahnya,” cetus Kasat.


[nextpage title="Next"]

Kasat juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama, seperti memakai masker, menjaga jaga jarak, serta rajin mencuci tangan.



Begitu juga bagi para pengendara, agar selalu mentaati peraturan, memakai helm, serta melengkapi surat-surat kenderaan.

Hadir juga diantaranya, Kaur Bin Ops IPDA Kusno Siagian, Kaurmintu IPTU Yustina, Kanit Dikyasa IPTU Agus Enty Mansah, Kanit Reg Iden IPDA Chairil Anhar, Serta di hadiri oleh 5 personil Sat Lantas Polres Labuhanbatu. [Her]



NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis mendapatkan rangking terbaik, dalam Program Kampung Tangguh dalam Pengendalian Ketahanan Pangan Tingkat Polda Riau.



Dengan prestasi ini, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, memberikan penghargaan kepada personil yang telah berhasil atas dedikasi Pengendalian Ketahanan Pangan Polres Bengkalis.



Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, kepada dua personilnya, yakni, Aipda Mustafa Kamal dan Bripka Nadra Marden, saat dilaksanakan apel pagi, Jum'at (22/01/21).



Penghargaan ini diberikan, atas bimbingan dan pendampingan anggota tersebut, atas kebun cabe di desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, yang telah memberikan kontribusi ke masyarakat, dengan penurunan harga cabe di pasar Bengkalis.



"Dengan adanya hasil panen cabe atas binaan Polres Bengkalis, terbukti mampu menekan harga penjualan cabe di pasar Bengkalis. Selain itu hasil penjualan juga kita zakatkan melalui Baznas Bengkalis sebesar 10 persen, " terang Kapolres.**

 



Editor: Tirawati

NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Dalam rangka memberikan kenyamanan warga perbatasan dalam beribadah, Pos Kout Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam bersama warga melaksanakan gotong royong membersihkan Gereja St. Yohanes di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankipur III Satgas Pamtas Yonif 312/KH Lettu Inf Dadang Iskandar dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Sabtu (23/01/2021).

Menurut Dadang kegiatan ini merupakan program rutin pembinaan teritorial yang akan akan terus dilakukan secara berkelanjutan dengan menyasar kepada fasilitas-fasilitas umum yang sering dipergunakan oleh warga salah satunya adalah tempat ibadah.



“Kemanunggalan TNI dan Rakyat akan semakin erat, terlebih kegiatan gotong royong ini dilaksanakan dengan penuh antusias baik dari warga sendiri maupun dari para Prajurit,” ucap Dadang.



Di tempat terpisah Danpos Towe Hitam Letda Inf Topan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Yonif 312/KH terhadap masyarakat di perbatasan sekaligus sebagai upaya menanamkan semangat gotong royong dan saling membantu antar sesama terhadap warga.

“Gotong royong yang dilakukan meliputi pemotongan rumput yang sudah tinggi dihalaman depan, kiri, kanan dan belakang gereja serta bagian dalam gereja, semoga dengan lingkungan yang bersih dan rapi, jemaat bisa lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah,” ucap Topan.

Autentikasi
Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam.

NUSANTARAEXPRESS, BENGKAYANG, KALBAR - Mantapkan sinergitas bersama Polisi dan Aparat Pemerintah Desa Sentabeng, Satgas Yonif 642/Kps terjun langsung dalam pembagian Bantuan Sembako bagi warga wilayah perbatasan yang terdampak banjir di Dusun Kinda, Desa Sentabeng, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa, dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Entikong, Kabupaten Sanggau. Jumat (22/1/2021).

Diungkapkan Dansatgas, tiga orang personel Satgas dari Pos Sentabeng dipimpin Sertu Zanuar Rusli, ikut membantu pemerintah setempat agar pembagian Bantuan Sembako di Dusun Kinda tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman.



“Inilah wujud kebersamaan Satgas dengan pemerintah setempat agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” ujarnya.

“Kesempatan ini juga merupakan momentum untuk meningkatkan keakraban dan hubungan yang harmonis antara Satgas Yonif 642/Kps dengan Aparat Pemeritahan dan seluruh warga,” jelas Dansatgas.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, Bantuan Sembako dari pemerintah tersebut diberikan kepada warga yang terdampak banjir dengan cara mendatangi secara langsung rumah-rumah warga.

“Semoga dengan bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban warga,” tutur Dansatgas.

Di tempat terpisah, Bapak Sujiyanto selaku Kepala Desa, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang sudah berkenan hadir ikut membantu proses pembagian Bantuan Sembako kepada warganya sehingga kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

“Kepedulian dan partisipasinya sangat membantu kami. Kiranya ke depannya juga Satgas selalu hadir dan ada untuk kami warga perbatasan, “ tutupnya. [Pen Satgas Yonif 642/Kps]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Subuh keliling yang saya lakukan bukan tanpa tujuan, " saya ingin mengajak masyarakat Labuhanbatu untuk selalu meramaikan saf jama'ah shalat subuh seperti halnya shalat Jum'at" ucap Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT, seusai melakukan shalat subuh berjamaah di masjid Al- Muhajirin perumahan Padang pasir Kecamatan Rantau Selatan, Sabtu (23/1/2021).

Disebutkan Bupati, mengatur Negara, Provinsi dan Kabupaten kemungkinan besar bisa dilakukan seorang pemimpin, namun mengatur umat untuk berjama'ah ketika subuh kemungkinan besar agak sedikit sulit, karena tidak bisa kita pungkiri, bangkit dari tidur sa'at itu kita agak malas.



Dari itu, saya bertekad melalui program shalat subuh keliling ini saya ingin masyarakat labuhanbatu turut andil meramaikan masjid ketika subuh, karena banyak manfaat yang tersirat di waktu subuh, diwaktu subuh Allah membuka lebar pintu Rezki untuk umatnya, Allah menyediakan udara yang segar dan sehat untuk kita.ucap Bupati.

Dicontohkan Bupati, Erdogan presiden turki, selama menjabat lebih kurang 4 tahun beliau lebih fokus membangun umat untuk berjama'ah ketika subuh, melalui ini beliau sukses membangun negaranya, karena ketika niat subuh sudah ditanamkan maka tidur pasti dipercepat, tidak lagi ada orang bergadang, dan dengan sendirinya dunia malam akan menjadi sunyi, dan mudah-mudahan kejahatan akan hilang dari bumi Ikabina ini. Ujarnya.

[nextpage title="Next"]



Usai mendengarkan bimbingan dari Bupati Labuhanbatu, para jama'ah selanjutnya mendengarkan tausyiah dari Ustadz Taufik Sulaiman,LC, didalam tausyahnya sang ustadz mengajak seluruh jamaah dan masyarakat labuhanbatu untuk memakmurkan masjid dengan shalat subuh berjamaah, dan menjaga shalat lima waktu agar rahmat Allah diturun untuk masyarakat Labuhanbatu seperti apa yang diharapkan Bupati Labuhanbatu.

Turut hadir mendampingi Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT, dilokasi, para ustadz dan pengurus DMI,Camat Rantau Selatan Azhar Rambe, Lurah dan Kepling setempat.dan diikuti ratusan Jama'ah Shalat Subuh. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Kelompok warga masyarakat yang tergabung dalam Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) melayangkan laporan pengaduan masyarakat ke lembaga Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Kamis, 21 Januari 2021. Pengaduan masyarakat itu terkait dugaan rekayasa kasus yang dilakukan oleh Jaksa Budi Atmoko, SH, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada kasus kriminalisasi warga Leo Handoko yang saat ini perkaranya sedang bergulir di Pengadilan Negeri Serang.

“Kami menilai JPU Budi Atmoko, SH ini tidak profesional, dan bahkan diduga merekayasa kasus Leo Handoko yang hanya dilaporkan pasal pemalsuan dokumen oleh pelapor Mimihetty Layani, direkayasa menjadi tersangka penipuan [1]. Ini sudah tidak benar, JPU itu punya niat buruk hendak memenjarakan orang tanpa didukung bukti dan fakta lapangan yang kuat,” ungkap Edi Suryadi, salah satu Koordinator Regional PPWI, di Jakarta, Jumat (22-01-2021.


Selain itu, tambah Edi Suryadi, dirinya menduga bahwa ada tekanan kepada JPU itu bahwa dia harus berhasil menggiring palu hakim memutuskan Leo Handoko bersalah. “Ada dugaan bahwa JPU Budi Atmoko ini ditekan dari atas, baik oleh pimpinannya di Kejaksaan Negeri Serang maupun dari Kejaksaan Agung. Kalau sudah ditekan begitu, apalagi motivasinya kalau bukan UUD, ujung-ujungnya duit? Mimihetty Layani yang memperkarakan Leo Handoko itu kan pemilik perusahaan Kopi Kapal Api, jadi banyak duitnya,” imbuh Edi Suryadi yang juga menjabat sebagai Sekjen Topan-RI itu.

Sejalan dengan Edi Suryadi, Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, menyampaikan bahwa pihaknya terpaksa melaporkan Jaksa Budi Atmoko agar kebiasaan merekayasa kasus tidak menjadi budaya di kalangan jaksa. “Saya sudah sampaikan pada pernyataan publik terdahulu bahwa kebingungan JPU ini berawal dari proses penyidikan di Bareskrim Polri yang penuh kelicikan dan rekayasa kasus untuk mendapatkan sejumlah rupiah [2]. Penyidik Binsan Simorangkir yang diduga memeras Leo Handoko dan kawan-kawan jajaran direksi PT. Kahayan Karyacon sudah kita laporkan ke Kapolri dan Presiden [3]. Nah, giliran Jaksa Budi Atmoko memutar-mutar perkara agar kasus yang seharusnya merupakan ranah perdata ini layak dipidanakan,” jelas Wilson Lalengke kepada media ini, Jumat, 22 Januari 2021.

[nextpage title="Next"]

Wilson bahkan menduga bahwa proses penegakan hukum oleh Kejari Serang dalam kasus pengusaha bata ringan (hebel) di Cikande, Serang, Banten, itu penuh dengan niat menghukum terdakwa, bukan untuk menegakan kebenaran dan keadilan. Pasalnya, saat Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu mendatangi Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Serang, bersama beberapa rekan media, dia melihat kegalauan pada diri pejabat yang mereka jumpai.

“Saat saya tanyakan soal penambahan pasal 378 tentang penipuan ke dalam surat dakwaan JPU, Kasi Pidum Yogi Wahyu Buana, SH, terkesan mencla-mencle. Awalnya dia bersih-keras menjawab ‘karena ada di dalam BAP Polisi’, namum saat diminta untuk menunjukkan bukti pasal 378 itu tertulis di BAP, Yogi yang terlihat bingung dan galau itu akhirnya berkilah ‘sesuai hasil konsultasi dan arahan pimpinan’. Ini benar-benar konyol, membuat dakwaan berdasarkan arahan pimpinan, bukan atas dasar alat bukti yang ada,” urai lulusan pasca sarjana bidang Global Ethics dari Birmingham University, Inggris, ini keheranan.



Kasi Pidum Yogi, lanjut Wilson, bahkan memberikan keterangan yang absurd, dengan menggunakan kata atau frasa ‘seolah-olah’ ketika ditanyakan apa bukti pendukung yang dijadikan dasar pertimbangan bagi Kejari Serang sehingga memasukkan pasal 378 di dalam surat dakwaan. “Yogi bilang bahwa dugaan pemalsuan (akte notaris tanpa persetujuan RUPS yang dibuat oleh notaris – red) ini seolah-olah dia (Leo Handoko – red) itu posisinya sebagai direktur keuangan. Saya langsung menyergah, ‘kenapa pakai kata seolah-olah, kita bicara fakta, bukan berasumsi liar [4],” beber Wilson yang menilai pernyataan Kasi Pidum itu sebagai sesuatu yang tidak masuk akal sehat, ngawur, bahkan sesat pikir.

Menanggapi perilaku JPU yang dinilai menyimpang dalam membuat surat dakwaan terhadap pesakitan Leo Handoko, PPWI memutuskan membuat laporan pengaduan masyarakat yang ditujukan kepada Komisi Kejaksaan RI, yang ditembuskan kepada sembilan instansi terkait lainnya serta ratusan media online, cetak, dan elektronik. Surat pengaduan masyarakat yang dilengkapi lampiran bukti-bukti pendukung laporan, selain ke Komisi Kejaksaan, juga dikirimkan ke Komisi Yudisial, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Jamwas Kejagung, Komnas HAM, Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten, Pengadilan Tinggi Provinsi Banten, Pengadilan Negeri Serang, dan Komite I DPD RI.

[nextpage title="Next"]

Dalam surat pengaduannya, PPWI meminta kepada Komisi Kejaksaan agar memeriksa JPU Budi Atmoko, SH; Kasi Pidum Yogi Wahyu Buana, SH; dan Kepala Kejaksaan Negeri Serang, Supardi, SH. “Berdasarkan keterangan dari Kasi Pidum, surat dakwaan itu dibuat dan menjadi tanggung jawab Kejari Serang. Jadi kita meminta agar Komisi Kejaksaan dan para pemangku kepentingan dalam penegakan hukum di negeri ini agar memeriksa dan memberikan sanksi kepada JPU Budi Atmoko dan para pimpinannya, yakni Kasi Pidum dan Kepala Kejarinya,” pungkas Edi Suryadi. (APL/Red)

Catatan:

[1] Dolfie Rompas: Penambahan Pasal Dakwaan Tidak Sesuai dengan Hukum Acara; https://pewarta-indonesia.com/2021/01/dolfie-rompas-penambahan-pasal-dakwaan-tidak-sesuai-dengan-hukum-acara/.

[2]. Kebobrokan Oknum Penyidik Bareskrim Hasilkan Dakwaan Ngibul di Kejari Serang; https://pewarta-indonesia.com/2021/01/kebobrokan-oknum-penyidik-bareskrim-hasilkan-dakwaan-ngibul-di-kejari-serang/.

[3] Oknum Penyidik Bareskrim Diduga Peras Warga, PPWI Lapor Kapolri dan Presiden; https://pewarta-indonesia.com/2021/01/oknum-penyidik-bareskrim-diduga-peras-warga-ppwi-lapor-kapolri-dan-presiden/.

[4] Rekaman hasil wawancara Team PPWI dengan Kasi Pidum, Yogi Wahyu Buana, ada pada redaksi.






NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri terus mengidentifikasi korban Sriwijaya Air SJ182. Pada hari ini tim DVI berhasil mengidentifikasi 2 korban.

“Alhamdulillah pada kesempatan sore ini tim rekonsiliasi berhasil mengidentifikasi kembali 2 jenazah melalui identifikasi DNA,” kata Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Polri Kramat Jati, Brigjen Asep Hendradiana, saat konferensi pers di Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati Jakarta Timur, Jumat (22/1/2021).

Asep menerangkan 2 korban baru yang teridentifikasi itu bernama Yumna Fanisyatuzahra (3) dan Muhammad Nur Kholifatul Amin (46). Adanya penambahan 2 nama yang teridentifikasi ini membuat total korban Sriwijaya Air SJ182 yang berhasil diidentifikasi sebanyak 49 jenazah.

Sedangkan untuk total kantong jenazah yang diterima tim DVI sebanyak 325. Untuk kantong properti, sejumlah 278.

Dia menambahkan total jenazah teridentifikasi yang telah diserahkan kepada keluarganya sebanyak 5 jenazah. Asep mengatakan data ini adalah update tim DVI hari ini sampai pukul 17.00 WIB.

“Total jenazah yang sudah diserahkan kepada keluarga sampai hari ini sejumlah 40 jenazah,” tandas Brigjen Asep.



Sebelumnya, tim DVI sudah mengidentifikasi 47 korban Sriwijaya Air SJ182. Korban-korban itu bernama Angga Fernanda Afrion, Rion Yogatama, Rusni, dan Sevia Daru.

[nextpage title="Next"]

Para korban lainnya bernama Yulian Andika, Ratih Windania, dan Teofilus Ura Dari. Lalu korban atas nama Kolisun, Grislend Gloria Natalies, Faisal Rahman, Andi Syifa Kamila, Shinta, dan Mulyadi juga telah teridentifikasi.
Selanjutnya, Didik Gunardi, Athar Rizki Riawan, Gita Lestari Dewi, Fathima Ashalina Marhen, dan Rahmania Ekananda juga telah teridentifikasi. Untuk korban-korban lainnya yang sebelumnya sudah teridentifikasi bernama Okky Bisma, Khasanah, Fadly Satria Satrianto, Asy Habul Yamin, Indah Halimah Putri, dan Agus Minarni.

Ricko, Ikhsan Adhan, Supianto, Pipit Piyono, Mia Tresetyani, dan Yohanes Suherdi juga telah dikenali. Selain itu, korban atas nama Rosi Wahyuni, Rizki Wahyudi, Nelly, Beben Sopian, Makrufatul Yeti Srianingsih, Arifin Ilyas, dan Arneta Fauziah juga berhasil diidentifikasi.
Dan juga, korban bernama Fao Nuntius Zai, Yunni Dwi Saputri, Iu Iskandar, dan Oke Dhurrotu juga berhasil dikenali. Lalu ada satu korban teridentifikasi yang tidak diumumkan namanya karena permintaan keluarga.











NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis dalam beberapa hari ke depan. Pengganti Komjen Sigit sebagai Kabareskrim Polri akan diumumkan usai Presiden Jokowi melantik Komjen Sigit.

“Pengganti Kabareskrim diumumkan) setelah Kapolri baru dilantik,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Jumat (22/1/2021).

Sementara itu, Karo Penmas Brigjen Rusdi Hartono mengatakan penunjukan Kabarerkim akan melalui mekanisme Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri terlebih dahulu.

Wah, itu sampai saat ini belum (nama calon Kabareskrim). Yang jelas proses pengangkatan ada namanya Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi, itu yang akan memproses itu semua,” kata Rusdi.

Rusdi menjelaskan nantinya Wanjakti akan mendiskusikan nama-nama calon kandidat terbaik Polri yang layak untuk menggantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Ya tentunya nanti dewan itu akan mendiskusikan, merapatkan siapa saja personel terbaik Polri yang akan atau dianggap mampu untuk memangku jabatan tersebut,” jelasnya.





NUSANTARAEXPRESS, PACITAN - Kegiatan jurnalistik dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan siswa, mahasiswa, guru, dosen, karyawan, ASN dalam melihat dan mengenal potensi lokal dalam rangka untuk pengembangan diri di era normal. Kegiatan akan dilaksanakan secara luring di SMKN 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tanggal 28 – 29 Januari 2021. Sedangkan peserta lainnya secara daring melalui Zoom Meting dan You tube.

Salah satu yang bisa digunakan untuk mempromosikan potensi yang ada yaitu melalui media online yang menggunakan internet sebagai alat bantunya. Media online sebagai media massa depan harus didorong untuk menghasilkan karya jurnalistik yang bisa mengedukasi dan memotivasi dalam rangka bangkit dalam era new normal.
Seorang jurnalis harus selalu berpegang teguh pada sembilan eleemen jurnalisme Bill Kovach. Siapa saja yang menyebarkan berita harus berpedoman pada kode etik jurnalisme media siber.

Bill Kovach menyarankan sembilan hal yang mesti dipegang teguh dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik mereka. Sembilan hal tersebut adalah: 1) Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran; 2) loyalitas pertama jurnalisme adalah memenuhi hak mengetahui warga; 3) intisari jurnalisme adalah disiplin dalam verifikasi; 4) para wartawan harus menjaga independensi terhadap sumber berita; 5) jurnalisme harus berfungsi sebagai pemantau kekuasaan; 6) jurnalisme harus menyediakan forum publik untuk kritik maupun dukungan warga; 7) jurnalisme harus berupaya membuat hal-hal penting menarik dan relevan; 8) jurnalisme harus menjaga agar berita komprehensif dan proporsional; 9)para praktisinya harus diperbolehkan mengikuti nurani mereka.

Objektivitas, keberimbangan dan netralitas pemberitaan pers merupakan hal yang mutlak tersaji dalam liputan pers nasional. Walaupun secara individu jurnalis ada yang berprofesi sebagai dosen, politisi, bahkan ASN namun independensi dalam menyajikan berita menjadi sebuah tantangan. Pada prinsipnya pemberitaan yang nihil kepentingan politik, ekonomi bahkan kepentingan kekuasaan maupun kepentingan lainnya akan menghasilkan karya jurnalistik yang memberikan motivasi dan dorongan kepada khalayak untuk kemajuan dan kebermanfaatan bersama. Terutama untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian, berita yang bersih dari sisipan kepentingan diharapkan mampu melaksanakan proses pembelajaran proses kehidupan bermasyarakat dalam bingkai NKRI.
Generasi muda sebagai penerus bangsa harus dibekali dengan ilmu jurnalistik agar unsur faktualitas dalam hal ini kebenaran, akurasi, relevansi, serta kelangkapan unsur berita terpenuhi. Selain itu juga mengajak generasi muda untuk tidak berpihak dan selalu menjaga netralitas dalam setiap kegiatan. Sehingga apa yang kita sajikan meruapakan berita yang diharapkan oleh masyarakat berasal dari data yang akurat dan kredibel yang senantaisa menjunjung tinggi "cover both side".

Mengelola mindset dan melakukan inovasi pengembangan produk ke arah digital salah satunya melalui media online memerlukan pengetahuan yang lebih di bidang jurnalistik. Sembilan elemen jurnalisme Bill Kovach, aspek faktualitas berita,aspek imparsialitas serta kode etik jurnaisme media siber dalam rangka memberikan informasi yang kredibel, akurat kepada khalayak . "Sekolah Jurnalistik Mengenal Potensi Lokal dan Pengembangan Diri Siswa di Era New Normal sangat dibutuhkan, untuk pengembangan diri siswa sebagai tempat penyaluran bakat siswa dibidang penulisan.

IKUTILAH:
Penyenggaraannya secara Daring dan Luring.

Untuk Luring dengan tempat yang terbatas peserta hanya dibatasi 20 orang peserta.
Tempat penyelenggaraan di: SMKN 1 DONOROJO, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur, Indonesia

»🔥 SEMINAR NASIONAL dan WORKSHOP🔥«
📜Dengan tema:

"SEKOLAH JURNALISTIK : MENGENAL POTENSI LOKAL DAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI ERA NEW NORMAL 📸✨

📢 Pemateri :
◾Sugiyono, M.Pd (Ketua LPPM STKIP PGRI Pacitan)
◾Prof. Dr. Andrik Purwasito D.E,A (Guru Besar UNS)
◾Erwin Kartinawati, S.Sos.,M.I.Kom (Dosen Universitas Sahid Surakarta)
◾Agoes Hendriyanto, S.P.,M.Pd (Direktur Prabangkaranews Media Group & Dosen STKIP PGRI Pacitan)
◾Pepih Nugraha (Mantan Redaktur Kompas/Founder Kompasiana.com)

✔️SEMINAR
💰FREE" Alias Gratis*
📝Fasilitas : e-sertifikat

✔️WORKSHOP (40JP)
💰 Rp. 50.000
📝 Penugasan
📝 e-sertifikat 40 JP

📌 Save the date📌
📆 : Kamis - Jum'at, 28 - 29 Januari 2021
⏰ : 08.00 s/d 12.30 WIB
*🏠 : Live Zoom Meeting dan youtube.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Let's join us😉😁‼️
Pendaftaran:
https://bit.ly/sekolahjurnalistik
Narahubung:
- Ika Noviana (08563368882)

[Rls]

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Tidak terasa berjalannya (TMMD) Ke-109 Kodim 0311/Pessel terjalin keakrapan bersama warga terus menerus makin terlihat,di saat kunjungan Pjs Danramil 06/Bayang Kodim 0311/Pessel Lettu Kav.Sukardi S.H mengecek kelokasi di nagari pancung taba, Kecamatan IV nagari Bayang Utara.

Di samping mengecek lokasi TMMD Ke 109 Kodim 0311/Pessel yang telah di laksanakan beberapa bulan yang lalu Pjs Danramil 06/Bayang Lettu Kav.Sukardi juga menyempatkan berdialog dengan kepala kampung Dilan dan warga setempat.jumat 22/1/2021.



Warga Dilan mengucapkan terima kasih atas di buka nya jalan dari pancung taba menuju kampung dilan walaupun kondisi belum maksimal di gunakan warga,karna kondisi jalan saat musim hujan tidak bisa di pakai atau di lewati.

Dengan adanya jalan ini masyarakat sangat antusias membuka lahan perkebunan baru yang selama ini belum terjangkau oleh warga.

Pjs.Danramil 06/Bayang Lettu Kav.Sukardi mengucapkan terima kasih kepada warga yang memberikan sambutan baik,dengan silaturrahmi ini dapat menguatkan dan mempererat TNI dan masyarakat.



Pjs.Danramil mengatakan kepada warga agar kita sama- sama berdoa agar jalan dinagari pancung taba menuju kampung dilan supaya cepat di perkeras dan warga tidak kesulitan lagi menempuh saat musim hujan tutup nya. [*]

NUSANTRAAEXPRESS, PONTIANAK - Bersama dengan para goweser Tanjungpura Cycling Club (TCC), Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin kegiatan bersepeda Tour De Anjongan. Gowes kali ini menempuh jarak kurang lebih 80 Kilometer.

Gowes dilaksanakan dengan tetap berpedoman dengan protokol kesehatan. Olah raga bersepeda kali ini dilaksanakan sebagai upaya menjaga kondisi fisik dan stamina agar tetap sehat juga bugar, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok yang maksimal.

Didahului dengan pengecekan kesehatan dan senam pemanasan serta penjelasan rute yang dilalui. Rombongan goweser start dari rumah dinas Pangdam XII/Tpr menuju Jalan Ahmad Yani, Jalan Imam Bonjol, Jalan 28 Oktober, Jalan Budi Utomo, Jalan Pontianak - Sungai Pinyuh dan Pit Stop pertama di Mayonkav 12/BC.

Saat di Mayonkav 12/BC sembari memulihkan tenaga, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan bantuan berupa buku saku pedoman perubahan perilaku, leaflet, pamflet dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Danyonkav 12/BC, Letkol Kav I Nyoman Artawan, S.Sos.

[nextpage title="Next"]



Selanjutnya Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan para goweser melanjutkan bersepeda melewati Jalan Pontianak - Sungai Pinyuh kemudian Jalan Sungai Pinyuh - Anjungan dan finish di Gua Maria Anjongan.

Saat di finish, Pangdam XII/Tpr beserta pejabat utama Kodam XII/Tpr juga memberikan bantuan yang sama kepada pihak pengelola Gua Maria Anjongan Bapak Beni Van Aert.

Wakapendam XII/Tpr, Letkol Kav Edi Supriyadi menjelaskan, kegiatan gowes dengan rute jauh kali ini juga sebagai sarana membangun silaturahmi dan hubungan emosional di antara sesama Prajurit Kodam XII/Tpr.

"Gowes bersama ini juga menjadi wadah pembinaan atlet-atlet pesepeda Kodam XII/Tpr yang tergabung dalam Tanjungpura Cycling Club," kata Letkol Kav Edi Supriyadi.

Selain itu, kata Wakapendam, kegiatan ini juga upaya Kodam XII/Tpr untuk mengkampanyekan upaya pencegahan Covid-19 yaitu Iman, Aman dan Imun. Iman artinya kita menjalankan ibadah sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing. Aman, selama beraktivitas agara menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M, memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, mencuci tangan pakai sabun.

"Kemudian menjaga Imun, yaitu dengan beristirahat cukup antara 7-8 jam, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang dan olah raga," pungkas Letkol Kav Edi Supriyadi.

Turut hadir mendampingi Pangdam gowes diantaranya, Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, Irdam XII/Tpr, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, para Asisten Kasdam XII/Tpr dan Kabalak Kodam XII/Tpr. [Pendam XII/Tpr]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Menindak lanjuti peredaran narkoba di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK MH memerintahkan personil Sat Narkoba agar melakukan upaya paksa kepolisian untuk menekan dan menuntaskan peredaran narkoba dilokasi tersebut.

Menindaklanjuti hal itu, Kamis, (21/1/2021) pukul 20.30 Wib, personil Sat Narkoba Polres Labuhanbatu dipimpin Kasat AKP Martualesi Sitepu, SH MH, Kanit I IPDA Sarwedi Manurung serta 20 personil Opsnal melakukakan penggerebekan.



Dalam penggerebekan ini dibagi dalam 2 tim yang masuk dari 2 lokasi yang berbeda. Namun di lokasi, melihat kedatangan petugas banyak yang berlarian dan sebanyak 12 orang berhasil diamankan.

Dari TKP yang pertama, Jalan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara tim berhasil mengamankan 7 orang pria diantaranya, DH (22), Indra (32), ARS (37), SS (31), SB (16), MI (31), AP (31).

Selanjutnya dari TKP II yaitu
Kos-kosan di Gang Amaliah Bawah, Jalan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara mengamankan 5 orang, yaitu N alias Dian (38), MAE (28), Sus perempuan (43), GUN (49) dan SS perempuan (32).

[nextpage title="Next"]



Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK MH melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi menjelaskan, dari hasi pemeriksaan awal terhadap 12 orang yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 2 perempuan yang dinaikkan status menjadi tersangka sebanyak 3 orang.

Yaitu dari TKP kos-kosan di Gang Amaliah Bawah yaitu S alias SUS perempuan 42 tahun warga Jl Sei Menanjung Kelurahan Pantai Burung TB II Kecamatan Datuk Bandar Kabupaten Asahan dengan BB 1 (satu) buah bong terbuat dari botol plastik,1 (satu) buah kotak plastik warna hijau yang berisikan, 1 (satu) buah kaca pirek yang diduga berisikan narkotika jenis sabu dan 1 (satu) buah jarum baru,1 (satu) buah toples plastik yang berisikan, 12 (dua belas) buah pipet, 9 (sembilan) bungkus plastik klip kosong bekas pakai dan 5 (lima) buah mancis.

Berikutnya N alias Dian laki-laki 38 tahun warga Jalan Sirandorung Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara dengan barang bukti 1 (satu) bungkus narkotika jenis sabu seberat 0.06 gram netto,1 ( satu ) buah timbangan elektrik,1 ( satu ) bungkus plastik klip kecil kosong,2 ( dua ) hendpone Nokia dan uang senilai Rp.325.000.

Sementara dari TKP jalan Padang Bulan tepatnya di sebuah warung rokok yaitu DH laki-laki (23) Warga Jln Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara dengan barang bukti berupa 16 (enam belas) bungkus plastik klip berisi narkotika jenis sabu seberat 2,26 gram bruto,1 (satu) buah plastik klip ukuran sedang, uang sebesar Rp. 200.000,- (hasil penjualan sabu).

"Ke 3 tersangka masih dilakukan pemeriksaan secara marathon untuk mengetahui darimana mendapatkan narkobanya, dan ke 3 nya dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subs pasal 112 ayat (1) dari undang-undang No. 35 Tahun 2009 ttg Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," sebut Kasat.

Sementara untuk yang 9 orang lainnya masih dilakukan pemeriksaan. "Selanjutnya akan diperiksa urinenya dan dilakukan gelar perkara dalam penanganan ke 9 orang ini nantinya," jelasnya. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Menjalankan Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Labuhanbatu,  Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor 09 Tahun 2019 Tentang Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga di Kabupaten Labuhanbatu serta Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jum'at bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat di Labuhanbatu, hari ini Jum'at 22 Januari 2021 Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu bersama Perangkat Kecamatan Bilah Barat yang langsung dipimpin Camat Bilahbarat M. Nur Putra BF Lubis, S.T., melakukan gotong royong pembersihan sampah.



Giat kali ini melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas Desa Janji dan Kepala Desa Janji  Zahri, SAg mengajak seluruh Kepala Dusun dan Badan Pertimbangan Desa (BPD) Janji antara lain Kadus Bukit Medan Desa Janji,  Amiruddin Nasution, Kadus Batu Bujur Atas Mustar Sipahutar,  Kadus Lubuk Nornor Mardan Tambunan,  Kadus Batu Bujur Bawah Zamaluddin Ritonga, Kadus Bangun Sari Jamaluddin Hasibuan,  Kadus Barnung Irfan Pohan,  Kadus Aek Pala Zainal Siregar, Kadus Bangun Rejo Zainal Efendi Siregar,  Kadus Lobu Indah Janji Marwansyah Ritonga,  Babinsa Desa Janji Serka Rahman,  Babinkamtibmas Desa Janji Aiptu R.E. Simanjuntak, Ketua BPD Desa Janji Abdullah Sani dan 7 Anggota serta ASN Kantor Camat Bilah Barat.[nextpage title="Next"]



Kami secara bersama-sama bahu membahu melaksanakan gotong royong kebersihan di 2 (dua) titik lokasi yaitu di areal Tugu Adipura dan berusaha bersihkan sampah liar yang sudah menggunung di Jalan Adam Malik Rantauprapat (jalan lintas sumatera) tepat di Dusun Bukit Medan Desa Janji Kecamatan Bilah Ucap Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B-3, Supardi Sitohang, SE, dilokasi.

Dalam giat itu, kami secara bersama-sama memasang spanduk larangan buang sampah sembarangan dan sekaligus himbauan,  agar setiap orang dapat memahami arti pentingnya sebuah lingkungan hidup yang sehat melalui pengelolaan sampah sejak dini dari rumah tangga sendiri.  Jika kemauan dan kesadaran kelola sampah itu tumbuh dan sampah rumah tangga atau sampah sejenis sampah rumah tangga (bekas bahan bangunan, dll)  tidak dibuang sembarangan dan mau berlangganan jasa pengangkutan sampah, mudah-mudahan masalah sampah dilabuhanbatu dapat sama-sama kita atasi dan Kota Rantauprapat  serta Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Labuhanbatu akan semakin ASRI.ujar Supardi. (Rahmad)
Diberdayakan oleh Blogger.