NUSANTARAEXPRESS, TANGSEL - Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Setu, Tangerang Selatan yaitu H. Sofyan mengatakan kepada awak media di sela-sela Family Gathering di Vila Bukit Danau, Puncak, Cipanas, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu bahwa akan mendukung semua program dari Wali Kota Tangsel Benyamin Davni - Pilar yang terpilih. “Insya Allah kita akan membantu semua program-programnya di wilayah Tangsel dengan bekerja -sama di Pemerintahan, Kecamatan, Kelurahan bahkan sampai ke Wali Kota Tangsel,” urai H. Sofyan dengan ramah.

H.Sofyan juga mengatakan bahwa tujuan diadakannya Family Gathering Pemuda Pancasila untuk menjalin silaturahmi.

“Tujuan diadakannya Family Gathering Pemuda Pancasila yaitu untuk menjalin silaturahmi, membangkitkan perkembangan Pemuda Pancasila di Wilayah Setu,” ujarnya dengan semangat.



Mengenai gesekan yang sering terjadi di Tangsel dengan Ormas lain, H.Sofyan menambahkan bahwa selalu menjalin silaturahmi. “Tahun 2021 dan ke depannya Insya Allah tidak akan terjadi gesekan antar Organisasi Masyarakat (Ormas) di Tangsel, karena kami selalu menjalin silaturahmi antar Ormas yang ada,”pungkasnya meyakinkan. [JNI]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) binaan Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes, melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan bencana alam tanah bergerak yang merusak infrastruktur jalan dan merusak 26 pemukiman warga di Dukuh Sambungregel RT/RW. 03, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada 15 Januari 2021 lalu.

Dijelaskan Serka Wasim, Babinsa Salem yang sekaligus Pamong SWK Salem, bahwa para anak asuhnya itu melakukan penggalangan dana kepada segenap elemen masyarakat Salem, TNI-Polri, Perhutani, dan juga di jalan raya.



“Anak asuh kami juga melakukan penggalangan dana di depan Makoramil Salem dan juga di depan Kantor Kecamatan Salem, selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu kemarin,” bebernya, Minggu (24/1/2021).

Menurutnya, apa yang mereka lakukan sebagai bentuk kemanusiaan dan juga salah satu implementasi di lapangan terkait salah satu dari 5 krida SWK, yakni bencana alam.

“Kita hanya memotivasi mereka untuk berjiwa sosial, melakukan salah satu krida SWK yaitu membantu Pemda dalam menanggulangi bencana alam, dan juga memoles mereka agar kelak menjadi pemimpin bangsa yang peka lingkungan,” tandasnya.



Ditambahkannya, untuk dana yang terkumpul sebanyak Rp.  5.260.000, akan diserahkan langsung siang ini kepada Perangkat Desa Manggis untuk dihimpun dan digunakan membantu saudara-saudara mereka yang kemalangan itu.

“Saat Salem terjadi bencana alam tanah longsor pada 22 Februari 2018 lalu, dimana saat itu infrastruktur rusak dan menelan korban jiwa 24 orang dan belasan luka-luka, bantuan dari seluruh penjuru Indonesia berdatangan tanpa diminta. Untuk itulah kita juga harus melakukannya,” pungkasnya. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT didampingi puluhan Ustadz, Pengurus DMI, Camat Rantau Utara dan Para Kepala OPD Pemkab Labuhanbatu disaksikan ratusan jamaah shalat subuh, mengajak seluruh umat muslim untuk selalu memakmurkan mesjid dan menjadikan mesjid tempat yang nyaman untuk beribadah, hal itu disampaikanya seusai melaksanakan shalat subuh berjamaah di mesjid Nurul Huda Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara, Minggu (24/1/2021).

Menurut Bupati, Dengan memakmurkan masjid maka rahmat Allah akan tercurah kepada kita pribadi maupun masyarakat umum, " Banyak cara untuk memakmurkan masjid, satu diantaranya yaitu menjaga shalat kita secara berjamaah".



Kedua, menurut Bupati Andi, yaitu menjadikan mesjid tempat yang nyaman untuk beribadah," mari perbaiki, kita tambahi bangunannya jika ada yang perlu kita perbaiki dan kita bangun, sehingga kita tetap nyaman di dalam mesjid, karena selain untuk beribadah, mesjid juga sebagai tempat untuk mendidik putra-putri kita, tempat untuk berdiskusi dan bersilaturahmi, dari itu mari sama-sama kita ciptakan situasi lingkungan dan suasana nyaman di setiap mesjid yang ada di daerah kita, tegas Bupati.

Disampaikanya, hingga hari ini dirinya atas bimbingan para ustadz bertekat untuk membangun mushalla-mushalah didusun-dusun, karena beliau berkayikan dua puluh hingga tiga puluh tahun kedepan, mushallah ini akan menjadi masjid yang sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat populasi jumlah umat muslim yang ada dilabuhanbatu ini.

Disamping itu, salah seorang tokoh masyarakat sekitar H.Johan, S.pd, MM, sangat mengapresiasi program Subuh keliling gagasan Bupati Labuhanbatu, menurutnya, ini kali pertama sejarah yang ada dilabuhanbatu, di mana sepengetahuan dirinya belum pernah dilakukan oleh Bupati sebelumnya, H.Johan juga berpesan ikutilah apa yang dilakukan oleh Bupati, "jika ingin makmur dalam hidup, maka makmurkanlah mesjid,Ujarnya.

Disisi yang sama, Ustadz Rendi Fitrayana,LC, dalam tausyahnya menyampaikan, Allah dan para malaikat akan selalu bersalawat dan mendoakan umat yang memakmurkan dan selalu bertausyah didalam mesjid. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Mosso membantu meningkatkan ekonomi Warga Perbatasan RI-PNG dengan mengolah singkong menjadi makanan tradisional Jawa Tengah berupa Gethuk Goreng yang di lakukannya di Kampung Mosso Distrik Muara Tami Kota Jayapura.


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Sabtu (23/01/2021).




Munurut Dansatgas, kegiatan yang dilakukan oleh Pos Mosso pimpinan Letda inf Hary Bagus dalam mengajarkan masyarakat mengolah singkong menjadi Gethuk Goreng, dapat membantu meningkatkan perekonomian di Kampung Mosso. "Awalnya, beberapa anggota Pos Mosso melakukan anjangsana di kediaman Mama Agustina Nutafua (55) sekaligus membantu panen Singkong di kebun miliknya," katanya.



"Kemudian salah satu anggota Pos Mosso bernama Praka Taufik menyarankan agar hasil panen singkong tersebut sebagian diolah menjadi makanan khas dari daerahnya Banyumas, Jawa Tengah yaitu Gethuk Goreng. Karena tidak pernah melakukan hal itu Mama Agustina meminta agar Praka Taufik mengajarkan cara membuat Gethuk Goreng tersebut," ungkap Dansatgas.



[nextpage title="Next"]




Seperti diketahui bahwa pembuatan Gethuk Goreng terbilang cukup mudah, dimana singkong yang telah dikupas lalu direbus selama 30 menit ke dalam panci. Setelah itu singkong ditumbuk hingga halus dicampur dengan gula merah secukupnya yang diisi di dalam Gethuk Goreng tersebut. Langkah terakhir sebelum masuk di penggorengan ialah dengan membentuknya sesuai ukuran yang dikehendaki.


Dari Hasil percobaan tersebut, Mama Agustina mengakui bahwa Gethuk Goreng yang diolah bersama Satgas sangat lezat dan ia yakin warga lainnya di Kampung Mosso akan menyukai makanan baru ini.



"Saya ingin menjadikan ini sebagai usaha baru saya. Saya juga berterima kasih kepada anak-anak Satgas Pos Mosso yang telah membantu mengajarkan saya membuat Gethuk Goreng ini," tutur senang Mama Agustina.




Harga Gethuk Goreng itu sendiri yang ditawarkan oleh Mama Agustina seharga Rp. 5.000,- kepada masyarakat Kampung Mosso dimana pada satu bungkus nya terdapat 4 buah Gethuk Goreng siap santap.


Autentikasi :

Pen Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Kodim 0503/JB menggandeng Vihara Hemadhiro Mettavati dan PMI DKI Jakarta melaksanakan bakti sosial (baksos) dalam rangka memeriahkan HUT Kodam Jaya Ke-71 dan Hari Juang Kartika. Acara baksos ini diselenggarakan di Vihara Hemadhiro Mettavati, Jl. Kapuk Raya, Gg. Mawar Sca, RT/RW: 11/01, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (23/01/21).

Dandim 0503/Jakarta Barat, Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki, S.IP, mengatakan kegiatan donor darah dan bakti sosial sebagai bentuk perhatian TNI kepada Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. "Hampir setiap harinya, rumah sakit di Jakarta membutuhkan 1000 kantong darah dan saat ini baru 70 % yang tersedia," kata Dandim.



Dandim berharap kegiatan tersebut terus bisa berlanjut hingga bisa membantu kebutuhan PMI di Jakarta. “Melalui kegiatan ini, kita berharap semoga bakti sosial donor darah akan terus berlanjut dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan darah melalui PMI DKI Jakarta,” harap Dandim Dadang Ismail Marzuki.

[nextpage title="Next"]
Giat baksos donor darah kali ini dipimpin langsung Dandim 0503/Jakarta Barat, Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki, S.IP, dihadiri Ketua PMI Propinsi DKI Jakarta, H. Rustam Efendi; Danramil 04/CK, Kapten Cpl Edy Moerdoko; Camat Cengkareng, Ahmad Faqih; Kapolsek Cengkareng, Kompol Egman; Pasi Log Kodim 0503/JB, Mayor Inf J Edi Suroso; dan Kapospol Kapuk, Ipda Edy. Turut hadir juga Bimas, Aiptu Sudarto, Babinsa Jajaran Koramil 04/Ck, Babinkamtibmas Polsek Cengkareng, Lurah se Cengkareng, Bante Kanit Sasano, Romo Asun, Suhu Phusan, Koordinator PWI Jakbar, dan Ormas Pemuada Pancasila.



Danramil 04/CK Kapten Cpl, Edy Moerdoko, usai acara menyampaikan bahwa bakti sosial ini dalam rangkaian HUT ke-71 dan Hari Juang Kartika 2020, yang langsung dipimpin oleh Dandim 0503/JB. "Acara Bakti Sosial Donor Darah sudah kami agendakan bersama Romo Asun selaku Ketua Majelis Mahayana Vihara Hemadhiro Mettavati bulan Desember 2020 namun karena Pandemi Covid-19 di Wilayah Kecamatan Cengkareng semakin tinggi maka kegiatan kami undur menjadi bulan Januari 2021. Dalam acara ini kami juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan dari mulai pendaftaran peserta donor sampai selesai kegiatan," ungkap Danramil.

Dirinya juga mengungkapkan terima kasih kepada Unsur 3 Pilar, Kapolsek, Camat serta Ketua Majelis Mahayana Vihara Hemadhiro Mettavati dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Bakti Sosial Donor Darah. Masih kata Danramil, Peserta donor darah sebanyak 120 yang terdiri Jajaran Babinsa Koramil 04/CK, Bhabinkamtibmas Polsek Cengkareng, ASN dan PJLP Jajaran Kelurahan se Kecamatan Cengkareng, Satpol PP, Ormas Pemuda Pancasila, Ormas Banser, Ormas Tekab, Citra Bhayangkara dan Warga Masyarakat Kelurahan Kapuk.

Selain baksos donor darah, juga dilaksanakan baksos pemberian paket sembako kepada para pendonor darah. [AMR/Red]
Diberdayakan oleh Blogger.