NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Kodim 0713 Brebes, melalui Ranting 11 Sirampog, Koramil 10 Sirampog, menyalurkan bantuan sembako kepada 26 KK yang merupakan korban bencana alam tanah bergerak di Dusun Sambungregel RT/RW. 03, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Ketua Persit KCK Ranting 10 Sirampog, Ny. Tri Siswanto mengatakan, bantuan 60 kotak mie instan awalnya diserahkan secara simbolis oleh Dandim Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan dan Ketua Persit Kodim Brebes, Ny. Rosarina Haikal Sofyan, kepada Masruri, Kepala Desa Manggis, di Aula Jenderal Soedirman Makodim Brebes (1/2).

“Gerakan sedekah ini merupakan wujud kepedulian Persit Brebes kepada saudara-saudara kami di Dusun Sambungregel yang rumahnya rusak akibat tanah bergerak,” ucapnya, Senin sore, di Posko MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Centre), Dusun Sambungregel. (1/2/2021).



Sementara itu dijelaskan, Abdul Mukmin, Sekretaris MDMC Brebes sekaligus anggota BPBD Brebes, pihaknya mengapresiasi bantuan tersebut karena akan sangat bermanfaat bagi setempat.

“Bantuan kami himpun di Posko MDMC, untuk logistik warga setempat yang terdampak,” kata Abdul Mukmin melalui sambungan telpon.

Ditanya para relawan dan dinas terkait dalam upaya penanganan bencal itu, dirinya membeberkan bahwa sebelumnya tim gabungan telah melakukan evakuasi barang-barang berharga milik 26 KK ke rumah-rumah saudara atau tetangganya, merobohkan bangunan rumah yang membahayakan, serta menyalurkan santunan maupun logistik.

Ditambahkannya, Pemkab Brebes akan segera merelokasi puluhan warga terdampak dengan membuatkan Huntara (Hunian Sementara), di tanah wakaf dan tanah bengkok desa, setelah dilakukan penelitian kontur tanah oleh ahli geologi.

Disperakim Jateng juga menyatakan akan memfasilitasi pembangunan kembali rumah yang terdampak, jika tempat relokasi sudah dipersiapkan.

Jamilah (45), mewakili warga terdampak, menyatakan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah peduli membantu meringankan beban dirinya dan para tetangganya.

Untuk diketahui, bencana tanah bergerak terjadi pada Rabu, 13 Januari 2021, yang dipicu intensitas hujan yang tinggi yang mengguyur wilayah Desa Manggis dan sekitarnya. Tak hanya bangunan rumah yang terdampak, tanah bergerak juga merusak infrastruktur jalan, satu bangunan masjid dan TPQ. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Himbauan Protokol Kesehatan (Prokes) covid-19 juga terus digaungkan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Kodim 0713 Brebes, kepada warga masyarakat Kabupaten Brebes.

Disampaikan Ny. Rosarina Haikal Sofyan, Ketua Persit KCK Cabang XXIII Kodim Brebes, sebagai istri prajurit sudah sepantasnya mendukung peran suami dalam membantu pemerintah menanggulangi wabah pandemi.

“Sasaran pemasangan banner edukasi covid-19, adalah tempat berkumpul masyarakat, yaitu di lingkungan Pasar Induk Brebes di samping Kodim,” ucapnya, Selasa (2/2/2021).

Disampaikannya juga, kali ini himbauan tulisan itu adalah protokol kesehatan 5M, yakni memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari Kerumunan, dan mengurangi Mobilitas.



“Ini adalah edukasi untuk menjaga diri sendiri, keluarga, dan orang lain,” imbuh Mayor Kowad Rosarina itu di Aula Jenderal Soedirman Makodim Brebes (1/2), saat pidato penyaluran bantuan sosial kepada puluhan warga Dusun Sambungregel, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, warga yang terdampak bencana alam tanah bergerak.

Pihaknya juga mengapresiasi salah satu pedagang pasar, Teguh (43), karena dirinya antusias membantu TNI Kodim Brebes untuk memasang banner himbauan tersebut. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, FEZ, MAROKO - Raja Maroko, Yang Mulia King Mohammed VI, pada Kamis 28 Januari 2021 lalu, di Istana Kerajaan di Fez, meluncurkan program kampanye vaksinasi Covid-19 secara nasional. Dalam kesempatan ini, King Mohammed VI menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 itu.

Sesuai dengan instruksi Kerajaan, pemberian vaksin kepada warga Maroko akan digratiskan untuk semua warga. Hal itu dilakukan dengan tujuan mengimunisasi semua elemen warga masyarakat Maroko dengan jumlah 30 juta atau sekitar 80 persen populasi, dalam rangka mengurangi dan menghentikan kasus infeksi maupun kematian akibat virus Corona.

Melalui program vaksinasi tersebut, Pemerintah dan masyarakat Maroko berharap dapat menahan penyebaran virus, untuk kemudian semua warga dapat kembali ke kehidupan normal secara bertahap. Sebagaimana diketahui bahwa Covid-19 saat ini telah menghancurkan berbagai tatanan kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk bidang perekonomian.



Program vaksinasi secara nasional Maroko ini akan menyasar semua warga dan orang asing yang berada di wilayah Maroko yang berusia 17 tahun ke atas. Menurut sumber Pemerintah Kerajaan Maroko, program vaksinasi yang dilakukan di hampir semua negara saat ini, akan berlangsung secara bertahap, dan diyakini akan menguntungkan semua warga. (PERSISMA/Red)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pengedar narkoba kambuhan inisial DSD alias Dewi (45) warga Jalan Bulu Soma Dusun Terang Bulan, kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara ditangkap Satnarkoba Polres Labuhanbatu pada Minggu (31/01/2021) sekira pukul 16.30 Wib.

Penangkapan ini dipimpin oleh Kanit I Ipda Sarwedi Manurung beserta tim saat setelah petugas melakukan penyamaran atau under cover buy terpantau menyerahkan barang terlarang berupa satu plastik klip berisi narkotika seharga Rp.100.000 kepada petugas yang mengaku sebagai pembeli di rumah tempat tinggalnya.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK MH melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, Senin (1/2/2021) menjelaskan, dari hasil penggeledahan dalam rumahnya, petugas kembali menemukan barang bukti sebanyak 5 bungkus plastik kecil dari tangan pelaku seberat 0,56 gram netto.



Dari hasil interogasi, pelaku menjelaskan bahwa barang bukti tersebut diperoleh dari seseorang inisial PTN pada hari Minggu 31 Januari 2021, pukul 14.30 Wib yang seketika dilakukan pengembangan namun tidak berhasil menemukan PTN.

Selanjutnya, pelaku juga menjelaskan bahwa dia sudah pernah berurusan dengan hukum dalam hal yang sama (residivis) yang baru selesai menjalani hukuman bulan April 2020 setelah di vonis 1,5 tahun.

"Dianya mengakui kembali melakukan bisnis haram tersebut karena desakan ekonomi," ujarnya.

Kasat juga menjelaskan, keberhasilan penangkapan bandar narkoba kambuhan inisial DSD alias DEWI berkat informasi masyarakat sekitar rumah pelaku yang sudah resah dengan bisnis haram tersebut kepada kepada Polres Labuhanbatu.

"Tehadap tersangka DSD dipersangkakan pasal 114 ayat subs 112 ayat undang-undang No. 35 Tahun 2009.dengan ancaman hukuman maksimal 20 Tahun penjara," jelasnya. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Hari Sumpah Pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa merupakan momentum histories yang teramat penting dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda telah memberikan motivasi baru bagi bangsa ini, untuk memperjuangkan nasib dan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang berdaulat, serta memberikan inspirasi terhadap seluruh anak bangsa untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai upaya disintegrasi.

Ketika Sumpah Pemuda berlangsung di Jakarta, ternyata ada pemuda dari Papua ikut hadir dalam Sumpah Pemuda di Jakarta Tahun 1928 mewakili pemuda-pemuda Papua.

Hal itu terungkap ketika Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi, mengunjungi Ketua Barisan Merah Putih Papua, Tokoh Pepera, dan Ondofolo di Distrik Waena, Jayapura, Ramses Ohee.



"Ayah beliau, Poreu Ohee, adalah Kepala Desa Sentani pada tahun 1927 atas penunjukan Sultan Tidore, sebagai bukti bahwa Papua sudah menjadi bagian dari kerajaan di Nusantara yaitu Tidore pada masa sebelum kemerdekaan," kata Marsma TNI Budhi Achmadi, Minggu, (31/1)

Dijelaskannya, saat Ramses kecil juga sering diceritakan bagaimana ayahnya mengaku ikut hadir dalam Sumpah Pemuda di Jakarta Tahun 1928 mewakili pemuda-pemuda Papua. Sayangnya era tersebut masih belum ada teknologi kamera untuk mengabadikan momen dengan mudah seperti sekarang. Sehingga cerita bahwa ada pemuda Papua bernama Poreu Ohee ikut Sumpah Pemuda hanya menjadi cerita turun temurun dalam keluarga Ohee di Sentani.

"Kunjungan ini sangat bermakna untuk mendengar cerita tentang Papua di era pra kemerdekaan RI, dimana beliau lahir di tahun 1931, dan kunjungan ini untuk memberikan perhatian dan rasa hormat kepada sesepuh yang telah ikut merawat NKRI di Papua. Beliau adalah sedikit tokoh Pepera yang tersisa dari total 1025 orang yang dulu memilih NKRI," tegas Marsma TNI Budhi Achmadi. (*)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Dipimpin langsung Sekdakab Labuhanbatu Ir.M.Yusuf Siagian, Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu menggelar rapat koordinasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilingkungan pemerintahan kabupaten labuhanbatu, Senin 1 Februari 2021, diruang rapat Bupati Labuhanbatu.

Disebutkan sekda, pada tanggal 3 Februari vaksin tiba disumatera Utara, " kita akan jemput vaksin itu, dan segera kita lakukan pelaksanaanya". Ucap sekda.

Penjemputan itu nantinya akan kita lengkapi dengan pengawalan, baik dari pihak Polres, Kodim, Dishub, BPBD maupun Pol PP, agar penjemputan itu tidak menemui kendala, " Kepada instansi terkait dalam hal ini Dinkes dan BPBD Siapkan segala sesuatunya yang diperlukan untuk penjemputan vaksin tersebut", tegas Sekda.



Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H.Kamal Ilham , SKM.M.Kes, menyampaikan, ada 5080 buah vaksin yang akan kita realisasikan, dengan sasaran utamanya untuk pejabat publik dan 2040 nakes labuhanbatu yang akan dilaksanakan secara bertahap.

"Hari Rabu 3 Februari kita jemput vaksin tersebut kekota Medan, dan hari Kamis kita sudah ada dilabuhanbatu, berhubung Bupati dan Kapolres ada tugas luar satu minggu, maka pelaksana'an penyuntikan vaksin akan kita lakukan pada tanggal 8 februari'. Ucap Kamal.



Disisi lain Kabag OPS Polres Labuhanbatu Kompol Marluddin, S.Ag menyatakan siap melakukan pengawalan dan pengamanan penjemputan vaksin Covid-19 ke ibukota provinsi Sumatera Utara, " kita akan bersama pihak TNI melakukan pengawalan dan pengamanan dari penjemputan hingga penyimpanan vaksin sebelum digunakan, ujarnya.

Terlihat hadir mengikuti rapat koordinasi dimaksud, Sekdakab Labuhanbatu Ir,M.Yusuf Siagian,M.MA, Asisten I pemerintahan kabupaten labuhanbatu Sarimpunan Ritonga, S.Pd, Kabag OPS Polres Labuhanbatu, Kasi OPS Dandim 0209/lb, Para OPD dan Kabag. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.