NUSANTARAEXPRESS, KOTAPINANG - Dalam rangka operasi antik 2021, Tekab Reskrim Polsekta Kotapinang tangkap 2 pengedar ganja. Rabu (10/2/2021).

Kedua 2 tersangka yaitu AAH (25) dan DY (29), warga Aek Torop Barat, Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Mereka ditangkap di Lingkungan Kampung Makmur, Kotapinang hari Selasa (9/2/2021) sekira pukul 02.00 WIB.

Dari kedua pengedar ganja ini, petugas mengamankan 17 paket narkotika jenis daun ganja kering, 1 unit HP Samsung lipat dengan no SIM 085276717606, 1 HP androit xiomi No Sim 085207954810, 1 buah plastik asoi warna biru dan 1 unit sepeda motor Honda Scopy warna merah BK 2858 ZAN.



Kapolsekta Kotapinang, AKP Bambang G Hutabarat membenarkan penangkapan tersebut. "Benar lae, semalam tim Tekab menangkap 2 pengedar ganja", Ujarnya kepada wartawan.

Kata AKP Bambang G Hutabarat, kronologis kejadian bermula hari Selasa (9/2/2021) sekira pukul 02.00 WIB, tim Tekab dipimpin Panitia 1 Reskrim Iptu Gunawan Sinurat mendapat informasi dari masyarakat bahwa di lingkungan Kampung Makmur, Kelurahan Kotapinang sering terjadi transaksi narkoba.

Maka selanjutnya tim langsung melakukan pengintaian di lokasi dimaksud dan berhasil menangkap 2 orang laki-laki yg mengaku bernama AAH dan DY, dari mereka ditemukan 17 paket narkotika jenis daun ganja kering yang terbungkus plastik warna biru.

Kuat dugaan keduanya ( AAH dan DY red) adalah pengedar yang sedang menunggu para pembeli datang. Kemudian pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsekta Kotapinang untuk di proses hukum. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, PEKANBARU - Pengusaha jasa penunjang migas yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Jasa Penunjang Migas Indonesia (APJPMI) Provinsi Riau 100 persen siap dukung Pertamina Hulu Rokan (PHR) dalam pengelolaan Blok Rokan ke depan.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Propinsi (DPP) Riau Asosiasi Pengusaha Jasa Penunjang Migas Indonesia (APJPMI), Dr.Burhan Phili,SE.M.Ak, Rabu (10/2/2021) di Pekanbaru.

Seperti diketahui, industri penunjang migas memiliki peran penting sebagai mata rantai penggerak pembangunan ekonomi. Selain, berperan sebagai penunjang utama operasi industri migas, sebagai partner utama KKKS, juga meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dan membuka lapangan kerja, terutama di daerah.

"Selama ini anggota APJPMI Riau adalah para mitra bisnis PT Chevron Pacific Indonesia. Sebagai entitas bisnis, tentu kami mendukung upaya-upaya para stakeholder terutama pemerintah provinsi Riau, dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif, khususnya di dunia jasa penunjang migas," ujarnya.



"Dalam koridor business to business, APJPMI Riau, tentu siap memberikan kontribusi bagi Riau, meningkatkan perekonomian dan memberi peluang kerja yang besar bagi putra daerah dalam meningkatkan kompetensi sektor migas," tambahnya.

Sebagai langkah awal, APJPMI Riau juga telah melakukan kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR), terkait penelitian dan pengembangan teknologi migas, MoU kerjasama telah ditandatangani bulan Desember 2020.

Apalagi, kabar terbaru yang menggembirakan bahwa hak kelola Blok Rokan berdasarkan PI sebesar 10 persen untuk BUMD untuk Riau dipastikan tetap, sebagai hak atas daerah pemilik ladang, yang diputuskan dalam RDP Panitia Kerja (Panja) Migas Komisi VII DPR RI di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

"Sebagai bagian dari upaya bersama memajukan Riau, sejalan dengan program pemerintah, target produksi 1 juta barel tahun 2030, APJPMI Riau siap bekerjasama dengan semua stakeholder migas," pungkasnya. [*Red]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan secara perdana menggelar Vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang di laksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yulidin Away Tapaktuan, Rabu (10/02/2021).

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom menjadi orang pertama yang berhasil di Vaksinasi pada tahap pertama tersebut setelah melewati meja pendaftaran dan Tensi darah.

Vaksinasi tahap pertama ini di laksanakan kepada pejabat TNI/Polri, pejabat Daerah dan Tenaga Kesehatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Setelah di Vaksin, Dandim Aceh Selatan menuju ruangan observasi dan meyakinkan dirinya dalam keadaan sehat serta tanpa ada atau tidak nya merasa gejala apapun.

"Hari ini vaksinasi tahap pertama di gelar di Kabupaten Aceh Selatan, dan alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar."ujar Dandim.



Pada kesempatan tersebut juga, Dandim Aceh Selatan mengatakan bahwa pihaknya akan terus membantu Pemerintah dalam mensukseskan Vaksinasi khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Disamping itu juga, Dandim berharap pelaksanaan Vaksinasi mulai dari tahap pertama dan seterusnya dapat telaksanakan dengan baik dan lancar karena tujuannya baik untuk kita semua.

"Apa yang di programkan pemerintah tidak ada yang tidak baik, hanya tergantung kita dan cara berpikir kita menyikapi ini bagaimana, jadi tidak perlu kita sikapi dengan pikiran-pikiran yang negatif atau yang lain-lain. Mudah-mudahan ini memberikan kekuatan pada kita semua."tuturnya.

Sebagai orang pertama yang berhasil di vaksinasi di Aceh Selatan, Dandim sangat merasa bangga dan mudah-mudahan, harap Dandim, dapat juga memberikan semangat bagi yang lain.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyehatkan. Walaupun ini bukan menjadi jaminan tidak terinfeksi covid-19. Namun, kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan sebagai pencegah awal dari dalam. Akan tetapi dari luar kita juga harus melaksanakan protkes dan menjalankan itu, tidak ada kata lain selain disiplin dari diri sendiri dalam menerapkan protkes sebagai salah satu kuncinya pencegahan covid-19."tutup Dandim. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Labuhanbatu. Dalam rangka operasi antik 2021, usai apel pagi Polres Labuhanbatu gelar chek urin dadakan personel nya. Rabu (10/11/2021).

Pelaksanaan chek urin diikuti 50 personel yang terdiri dari Sat Sabhara 14 orang, Sat Narkoba 10 orang, Sat Intelkam 5 orang, Ton Sus 5 orang, Bagi Ops 4 orang, SPKT 2 orang, Binmas 3 orang, Sat Reskrim 5 orang, Sat Tahti 1 orang, dan Bag Sumda 1 orang, mereka merupakan personel yang ditunjuk Kabag dan Kasatnya.

Turut hadir dalam chek urin tersebut Kabag Ops Kompol Marludin, Kabag Sumda Kompol Hendri Matondang, KBO Sat Narkoba Iptu Chairul Siregar, Kanit 1 Ipda Sarwedi Manurung, Kasiwas Ipda Fajar Sidik, Kasi Propam Ipda Iskandar Sipayung dan Paur Dokes Suprapti beserta personel nya.



Dari hasil pemeriksaan terhadap 50 personel tidak ditemukan urin yang terkontaminasi dengan zat narkoba.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan melaui Waka Polres Labuhanbatu, Kompol Mhd. Taufiq menerangkan bahwa kegiatan chek urin dadakan dilaksanakan untuk mencegah personel supaya tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.
"Tujuan kegiatan ini agar personel tidak terlibat penyalahgunaan narkoba", Ujarnya.



Lebih lanjut, Kompol Mhd. Taufiq mengatakan, saat ini Polda Sumut sedang melakukan Operasi Antik Toba 2021 yaitu dalam rangka P4GN (Pencegahan Penyalahgunaan Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika) dengan harapan tidak ada lagi personel yang bermain-main dengan narkoba dilapangan.



Masih menurut, Kompol Mhd. Taufiq, apabila ditemukan hal ini akan cukup memalukan dan terhadap personel yang dicurigai terlibat dalam penyalahgunaan narkoba harus ditingkatkan pengawasan sebagaimana dimaksud dalam Program Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo yaitu melakukan Transformasi Polri melalui program PRESISI PREDIKTIF, RESPONSIBILITAS, TRANSFARANSI BERKEADILAN yang dibagi dalam empat Transformasi yaitu Transformasi Organisasi, Transformasi Operasional, Transpormasi Pelayanan Publik dan Transformasi Pengawasan. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menerima Courtesy Call (CC) Asisten Deputi (Asdep) 4 Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Brigjen TNI Suparjo beserta rombongan Tim Kemenko Polhukam bertempat di Ruang Kerja Pangkoarmada II pada Selasa (09/02).

Kedatangan Tim Kemenko Polhukam yang disambut langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan didampingi Pejabat utama koarmada II ini dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja guna identifikasi dan perumusan kebijakan serta rekomendasi bidang kekuatan, kemampuan dan Kerjasama pertahanan. Serta pemamtauan tentang sinkronisasi gelar kekuatan TNI dengan pembangunan Nasional dan kontribusi industri pertahanan terhadap pembangunan kekuatan TNI yang mengacu kepada pencapaian MEF.



Dalam sambutannya Laksda Sudihartawan berharap kunjungan ini mampu meningkatkan hubungan kerja sama yang telah terjalin dan terjaga baik selama ini antara Koarmada II dengan Kemenko Polhukam, ” terang Laksda Sudihartawan-sapaan karib Pangkoarmada II.

Senada dengan Laksda Sudihartawan, Brigjen Suparjo beserta rombongan juga menyatakan rasa terima kasih dan bangga atas sambutan hangat selama kunjungan silaturahmi yang mereka laksanakan di Koarmada II.

”Kami mengucapkan terimakasih kepada Pangkoarmada II sudah berkenan memberikan dukungan fasilitas sehingga kami bisa mendapatkan gambaran tentang aspek ancaman, aspek kesiapan penggelaran kekuatan dan kemampuan serta peningkatan kemampuan baik secara jumlah fisik, dukungan dan lain-lain, “ ungkap Brigjen Suparjo.

Selesai melaksanakan kunjungan kerja dilanjutkan dengan paparan situasi terkini jajaran Koarmada II dan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari kedua belah pihak serta foto bersama.

Tampak hadir dalam kunjungan ini Kepala Staf Koarmada II, Asops dan Asintel Pangkoarmada II, Kabid Kerja Sama Kemenko Polhukam , Plt Kabid Kuatpuanhan, Analis Kebijakan Ahli Pertama Kemenko Polhukam serta Staf Kedeputian . (Pen2)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pencuri sepeda motor ditembak Tekab Unit Resum Polres Labuhanbatu, karena saat ditangkap dalam keadaan tangan diborgol melawan petugas dan menghiraukan tembakan peringatan. Selasa (9/1/2021).

Dasar LP / 1863 / XII / 2020 / SPKT / RES - LBH dan Spt / 227 / 02 / II / RES. 1.24./ 2021 / RESKRIM dengan tersangka BS alias Bogel (21), warga Jalan Siringo-ringo Gg Cempaka, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.
"Benar bang semalam tim Tekab Resum menangkap pencuri sepeda motor", Ujar Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu, AKP Parikesit kepada wartawan.

Kata AKP Parikesit, kronologis kejadian berawal hari Senin (14/12/2020), sekira pukul 19.30 WIB. Korban bersama dengan keluarga pergi keluar rumah dan meninggalkan sepeda motor didalam rumah, kemudian hari Selasa (15/12/2021) sekira pukul 01.00 WIB, korban pulang kerumah.

Setelah pintu depan rumah dibuka, korban pun terkejut melihat sepeda motor tidak ada, melihat hal tersebut korban langsung mengecek kondisi rumah dan korban melihat kamar tidur sudah berantakan, maka korban pun membuat pengaduan ke Polres Labuhanbatu.

Lebih lanjut, AKP Parikesit dari hasil lidik (8/2/2021) sekira pukul 15.00 WIB, Kanit Resum Iptu Sahat M Lumbangaol bersama personel mendapat informasi keberadaan tersangka di Jalan Kandis Gg Hasibuan, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu.

Setelah mendapat informasi tersebut tim langsung menuju lokasi dan berhasil mengamankan pelaku, kemudian tim melakukan pengembangan terhadap pelaku lain.

Namun tiba-tiba tersangka melakukan perlawanan terhadap petugas dengan menggunakan borgol terpasang di tangannya yang mengakibatkan tangan personel Briptu Doni Indra Harepa mengalami terkilir dan bengkak di tangan sebelah kiri.

Melihat hal tersebut petugas memberikan tembakan peringatan ke udara tetapi tidak di hiraukan tersangka maka petugas mengambil tindakan tegas dan terukur. Lalu tim membawa tersangka ke RSUD Rantauprapat guna perobatan.

Selanjutnya tim membawa tersangka ke Polres Labuhanbatu beserta barang bukti 1 unit sepeda motor Yamaha R15 warna hitam dengan nomor mesin G3J6E0066234, nomor Rangka MH3RG4710HK035513 guna proses hukum lebih lanjut. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Untuk kedua kalinya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar Tower BTS (Base Transceiver Station) 5 milik Telkom yang dioperasikan oleh PT Palapa Ring Timur Telematika di perbukitan Duagi wilayah Muara Distrik Ilaga utara Kabupaten Puncak, Papua.

Tindakan keji ini jelas-jelas mematikan jalur komunikasi di wilayah tersebut dan merugikan masyarakat karena terputusnya jalur komunikasi yang dimanfaatkan masyarakat di distrik Ilaga Kabupaten Puncak Jaya.

Menurut keterangan Sely Danda teknisi PT Palapa, dirinya ditelepon oleh Josea Hagabal (kepala kampung Toegi) yang didamping 1 orang anggota KKB Kasar Waker mengabarkan bahwa BTS 5 kembali dibakar, padahal BTS tersebut dalam tahap perbaikan, akibat dibakar KKB awal Januari lalu.



Anggota KKB juga meminta uang jaminan keamanan senilai 1milyar. "Terkait dana yang diminta 1Milyar kami baru menyanggupi 40 juta dari 80juta yang sudah disepakati dan kami serahkan melalui bapak kepala kampung Toegi" ujarnya.

Sementara itu pihak KKB puncak Jaya tidak menghendaki aktifitas apapun yang menggunakan Helikopter. Menurut Sely Danda, "Helikopter digunakan untuk mengangkut material tower keatas bukit mengingat medan yang cukup berat, mungkin anggapan mereka untuk mendrop pasukan untuk mengejar KKB," tambahnya.

Sampai diturunkannya berita ini, Bupati Puncak Willem Wandik belum bisa dimintai keterangan terkait hal pembakaran tower tersebut.

Sementara Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan adanya informasi tentang pembakaran itu. “Sedang didalami kebenarannya oleh pihak Kepolisian, termasuk kemungkinan adanya keterlibatan KKB dan pihak tidak bertanggungjawab lainnya yang memanfaatkan situasi ini,” ujarnya. (*)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah dan kali ini menembak seorang warga sipil, Ramli (32 th) di Kampung Bilorai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (8/2/2021).

Korban penembakan merupakan warga sipil pendatang asal Makassar, yang sehari-hari berdagang di kampung Bilorai.

Menurut keterangan Musdalifah (26 th) istri korban, suaminya ditembak dari jarak 2 meter menggunakan pistol dan tepat mengenai pipi serta tembus ke bahu saat berjualan di warungnya sekitar pukul 17.10 WIT. Setelah melakukan aksinya, pelaku melarikan diri.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya insiden tersebut. Dia mengatakan bahwa korban selamat dan kondisinya kini sudah stabil.



“Direncanakan hari ini, Selasa (9/2/2021), korban akan dievakuasi menggunakan pesawat dari Bandara Bilorai menuju rumah sakit di Timika guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” ujar Kombes Ahmad Musthofa Kamal.

Sampai berita ini diturunkan, masih belum diketahui identitas dan motif pelaku, karena korban tidak mengenal pelaku yang saat itu seolah hendak membeli di warungnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa melalui sambungan telepon juga membenarkan kejadian tersebut dan menduga pelaku terkait erat dengan Kelompok Kriminal Bersenjata di wilayah tersebut.

“Nanti akan didalami oleh rekan Polri untuk proses selanjutnya. Kejadian ini menambah panjang rentetan aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB di Intan Jaya,” ungkapnya.

Sebelumnya pada tanggal 30 Januari 2021, KKB juga telah membunuh satu orang warga sipil a.n.  Boni Bagau di sekitar perbatasan Distrik Sugapa - Distrik Homeyo, Kab Intan Jaya, yang dituduh sebagai mata-mata TNI dan Polri.

Aksi teror KKB ini sangat meresahkan warga masyarakat di Intan Jaya. Selain aksi teror kepada warga sipil dan aparat keamanan, KKB juga mengintimidasi pejabat Pemda setempat untuk mendapatkan uang. Hal ini dikemukakan oleh Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, Senin (8/2/2021).

Natalis mengatakan bahwa dirinya dan seluruh PNS sering didatangi KKB yang meminta bantuan dan harus dipenuhi. “Bukan saya sendiri, seluruh PNS terutama putra daerah jarang ada di tempat karena mereka dapat ancaman. KKB minta bantuan uang atau makanan, kalau tidak dikasih KKB malam-malam walau dingin dan hujan mereka bisa menuju ke rumah dengan senjata lengkap,” paparnya. (***)
Diberdayakan oleh Blogger.