NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kepala-kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) kabupaten Keerom, Papua menyatakan dukungan untuk keberlangsungan Otsus bagi tanah Papua terkait undang-undang nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua.

Para kepala suku yang hadir menyatakan dukungannya agar program Otsus di Papua harus tetap dilanjutkan, karena sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua baik dibidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan kesejahteraan.



Hal ini ditegaskan Simon Kossay salah seorang kepala suku yang menjadi ketua RKPT. "Pada hari ini tanggal 20 Februari 2021, kami 13 orang kepala suku di Pegunungan tengah duduk bersama ingin menyampaikan dukungan kepada pemerintah tentang kelanjutan Otsus jilid II" tegasnya.

"Hanya saja ada beberapa poin kami minta untuk dirubah agar kedepannya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah lebih tepat sasaran untuk orang asli Papua" ujarnya.

Menurut Simon percepatan pembangunan yang dilakukan pemeruntah sudah bagus tetapi belum merata hingga wilayah pedalaman.

"Kami mengapresiasi sikap dari presiden Joko Widodo yang sering hadir di Papua, dan kami berharap agar warga kami yang berada di pedalaman dan daerah terpencil tak luput dari perhatian" harapnya.



Vincentius Himan selaku sekretaris RKPT juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang telah melayani orang Papua lebih dari 21 tahun.



Ia berharap kedepan kalau bisa seluruh jabatan dipemerintahan Papua hingga kelurahan diisi oleh orang asli Papua.

Keterlibatan tokoh masyarakat adat dan agama juga penting dilibatkan dalam penerapan Otus kedepannya agar pelaksanaan lebih transpararan sambungnya.

Kami mendorong pemerintah untuk mengaudit program Otsus agar masayarkat lega dan tidak hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu" harap Vincentius.

Para kepala suku yang tergabung dalam FKPT Keerom hadir dalam kesempatan itu antara lain, Simon Kossay ketua RKPT, Vincentius Himan sekretaris RKPT, Kepala suku Mee Piet Giay, Kepala suku Membramo tengah dan Keerom Pius Wanimbo, Kepala suku Yahukimo Markus Asso, Kepala suku Tolikora Paleli Enembe, Sekretaris II RKPT Wim Mabel dan Wakil RKPT Y. Riantus.W. (***)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Pembukaan jalan pada sasaran Fisik Pra TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan di Desa Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan telah tembus ke titik akhir, hari ini tahapan pengerjaannya di fokuskan pada pembutan parit dan penimbunan dari titik awal.

"Alhmdulillah, pembukan badan jalan pada tahapan awal telah tembus ke titik akhir, hari ini mulai kita fokuskan pembuatan parit dan penimbunan jalan dengan menggunakan material pasir dan batu (sirtu)."ucap Koordinator Lapangan Kapten Inf Amri Umari, Minggu (21/02/2021).



Kapten Amri mengatakan, dengan tahapan pekerjaan yang ada, target pekerjaan yang menjadi program dalam TMMD Reguler ke 110 dapat segera bisa terselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

Kehadiran program TMMD ke 110 membuka harapan baru bagi warga sekitar. Pasalnya dengan adanya pembukaan badan jalan ini memudahkan warga setempat menuju lahan perkebunannya dan membawa hasil pertaniannya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Pantauan dilapangan, pembuatan parit dan penimbunan jalan ini mengerahkan alatan berat Escavator (Beco) dan dua unit Mobil Dump Truck sebagai Pengangkut material sirtu.

"Harapan kita, dengan dukungan semua pihak dan masyarakat setempat, pelaksanaan pra dan tahapan sesungguhnya TMMD ke 110 ini dapat terlaksana dengan sukses dan lancar."tutup Kapten Inf Amri. (Husni)

NUSANTARAEXPRESS, JAMBI - Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Ikatan Pemuda Bersatu Jambi (DPP IPB Jambi) mengadakan rapat koordinasi, rapat tersebut dipimpim langsung oleh Ketua Umum DPP LSM IPB Mohammad Teddy Sarmidi didampingi jajaran Pengurus Pusat DPP IPB, Waketum  H. Don Feredy SE, Waketum Seno S.H., Korlap dan Satgas.

Agenda rapat yang digelar di Kantor DPP kota Jambi yang beralamat jalan A. Roni Sani RT 25 No 111 Kelurahan Paal lima Kecamatan Kota Baru Kota jambi, Sabtu (20/2/21).



Agenda rapat rutin DPP IPB dalam rangka mempererat silaturahmi sesama pengurus DPP.

Rakor tersebut dihadiri oleh Ketua Umum, Waketum, Korlap dan Satgas Anggota IPB Provinsi Jambi.

Ketua umum Muhammad Teddy Sarmidi menjelaskan, bahwa dalam rapat tersebut membahas koordinasi sesama pengurus dan anggota DPP LSM IPB terkait beberapa program kerja yang tertunda dikarenakan kesibukan masing-masing pengurus.

“Ini merupakan rapat rutin di yang laksanakan DPP LSM IPB dalam rapat mingguan  bagi semua pengurus, berharap agar semua program kita yang tertunda kita mulai selesaikan”, jelasnya.

Jelas Ketua Umum lagi, “Dalam kesempatan ini, kita bisa melakukan pertemuan dan rakor untuk lebih akbrabnya seluruh pengurus, sehingga terbentuk silaturrahmi dengan baik”.

“Kita berharap kedepan akan terbentuk solidaritas serta rasa kekeluargaan diantara sesama anggota dan pengurus, sehingga nantinya bisa bekerjasama dengan baik antara Korlap dan satgas,” katanya.

Selain itu dengan ini juga ada keterbukaan sesama anggota agar kedepannya DPP LSM IPB lebih baik lagi dan tetap mengedepankan kearifan masyarakat lokal.

“Dalam acara ini, kawan-kawan dari ketua DPC , DPAC dan Korlap serta Satgas dapat saling memberikan masukan, saran dan lainnya.”ungkap Teddy Sarmidi sebagai ketum.

[M.Jjamil Kaperwil Prov. Jambi]






NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA – Kasus narkoba yang menjerat Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi beserta 11 anggota lainnya menjadi perhatian serius Polri. Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pun bakal menggelar pengecekan urine bagi anggota polisi secara rutin.

“Propam Mabes Polri dan Propam Polda jajaran akan melaksanakan operasi penertiban dan pengecekan urine,” ujar Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).



Irjen Sambo mengatakan, tes urine dikhususkan kepada anggota yang terindikasi menggunakan narkoba. Selain itu, juga untuk anggota Polri yang bertugas di wilayah yang memiliki banyak tempat hiburan.

“Kepada anggota Polri yang terindikasi pengguna dan anggota Polri di Polsek/Polres yang terdapat banyak tempat hiburan,” tuturnya.



Irjen Sambo mengatakan operasi penertiban dan pengecekan urine ini akan berkoordinasi dengan Propam jajaran Polda. Dia menjelaskan, tes urine rutin ini guna mencegah anggota Polri terjerumus narkoba.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini anggota Polri terlibat dan terjerumus dalam lingkaran penggunaan dan perdagangan narkoba,” kata Sambo. [Humas Polri]




NUSANTARAEXPRESS, YOGYAKARTA - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., Sc., bersama dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan KAPOLRI Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, serta pejabat tinggi TNI-POLRI lainnya, melaksanakan peninjauan terhadap penerapan Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di wilayah Maguwoharjo Yogyakarta, Jumat (19/02). Seperti diketahui Yogyakarta merupakan salah satu dari delapan wilayah kerja Lantamal V, yang merupakan Pangkalan Utama terbesar TNI AL, dimana cakupan wilayahnya mulai dari Tegal Jawa Tengah hingga Denpasar Bali.

Peninjauan ini dilaksanakan untuk melihat secara langsung penerapan PPKM Skala Mikro mulai dari tingkat RT, RW dan Desa khususnya dalam pelaksanaan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan), serta 3T (Tracing, Testing, Treatment). Guna percepatan penanggulangan Covid-19 di wilayah tersebut, Prajurit TNI AL dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta selaku Babinpotmar, bersinergi bersama dengan Babinsa, Babinpotdirga, dan Bhabinkamtibmas, serta elemen masyarakat lainnya dilibatkan secara langsung sebagai tracer Covid-19.

Usai mendampingi Panglima TNI dalam lawatannya di Yogyakarta, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal juga berkesempatan melaksanakan tatap muka dengan para prajurit TNI AL di Markas Komando Lanal Yogyakarta. Beberapa penekanan disampaikan Komandan Lantamal V dalam pertemuan tersebut, diantaranya terkait kontribusi aktif TNI AL terhadap penanggulangan Covid-19, serta kesiapsiagaan satuan TNI AL pada berbagai situasi serta potensi bencana alam.

“Kesigapan prajurit TNI AL harus terus terjaga, baik itu pada aspek personel, sarana dan prasarana, serta tim kesehatan yang harus siap kapan saja untuk dikerahkan dalam merespon berbagai situasi, termasuk potensi terjadinya bencana alam di wilayah kerja Pangkalan TNI AL”, tegas Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal. [*]

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Prajurit Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II dengan spesialisasi/kejuruan SBA dan RJD melaksanakan latihan Demolisi Bawah Air di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Pantai Paiton, Probilinggo.

Sesuai dengan kebijakan Pimpinan TNI AL yang memprioritaskan pengembangan profesionalisme prajurit sesuai dengan standar kompetensi sesuai tugas dan tanggung jawabnya, latihan Demolisi Bawah Air yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya pengembangan dan peningkatan kemampuan yang wajib dimiliki oleh prajurit Satran Koarmada II, khususnya dalam mendukung kegiatan tahap Netralisasi dalam peperangan ranjau.



Latihan Demolisi Bawah Air yang dilaksanakan pada tanggal 15 - 18 Februari 2021, merupakan latihan pertama kali secara mandiri yang dilaksanakan oleh prajurit Satran Koarmada II. Latihan ini merupakan upaya untuk me- refresh kembali kemampuan dan membangun rasa percaya diri prajurit KRI dalam penguasaan Bahan Peledak,  mengoperasikan System Case PAP, Perangkaian Bahan Peledak dan prosedur lainnya baik pengamanan, penggunaan dan pemusnahan bahan peledak.



Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan Komandan KRI Pulau Rupat selaku Papelat menyampaikan Latihan merupakan suatu keharusan prajurit dengan spesifikasi/kejuruan SBA dan RJD dengan penugasan di Satuan Kapal Ranjau untuk memiliki kemampuan melaksanakan  Demolisi Bawah Air, sebagai penunjang kegiatan operasional unsur KRI pada kegiatan Tindakan perlawanan Ranjau yang dilaksanakan nantinya.

Diharapkan dengan latihan ini akan menimbulkan kebanggaan, militansi, profesionalisme sesuai instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan untuk mendukung pokok-pokok kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, khususnya di bidang pembangunan SDM TNI AL yang profesional. [Pen2]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Pengerjaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada Program Pra TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan di Desa Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan milik Sdr Akmaludin telah memasuki tahapan penimbunan lantai.

Demikian disampaikan Koordinator Lapangan Pra TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Amri Umari, Sabtu (20/02/2021).

Dalam tahapan pengerjaan RTLH ini, masyarakat setempat secara bergiliran turut serta bergabung dengan Satgas Pra TMMD Kodim 0107/Aceh Selatan dalam pengerjaan rehap RTLH milik Sdr Akmaludin.



"Memasuki H+5, kegiatan pra TMMD dengan sasaran fisik rehab RTLH telah memasuki tahapan penimbunan lantai pada sasaran rumah sdr Akmaludin. Pengerjaan ini juga ikut di bantu oleh warga setempat."tutur Kapten Amri.

Kehadiran Satgas TMMD ke 110 di Desa Krueng Kluet ini, tidak hanya mempunyai misi menyelesaikan pembangun saja. Namun kegiatan ini juga lebih untuk merekatkan hubungan antara TNI dengan rakyat melalui semangat kegotong-royongan dalam membantu kesulitan warga lainnya.

"Dengan pelibatan warga langsung di dalam sasaran fisik TMMD ini, di harapkan masyarakat setempat ikut merasa memiliki karya yang juga dibangun oleh mereka sendiri."imbuhnya.

Kapten Amri Umari juga menyampaikan, yang mana pengerjaan pada sasaran fisik RTLH lainnya juga sedang dikerjaan pemasangan atap serta dinding rumah. [Husni]
Diberdayakan oleh Blogger.