NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Angin kencang merusak pemukiman warga di Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Rabu dini hari (24/2/2021).

Dijelaskan Danramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Siswanto, setidaknya ada 3 rumah warga yang rusak yaitu di Dukuh Pucung Lancar RT. 06 RW. 05, Desa Plompong.

“Hujan lebat mulai terjadi pukul 01.00 sampai dengan 03.30 WIB, sedangkan sekitar pukul 03.00 WIB, saat hujan mulai mereda angin semakin membesar dan merusak beberapa rumah warga setempat,” terangnya.



Adapun rumah yang terdampak meliputi milik Ihwanudin (42) rusak berat pada bagian atap, kemudian Mahtubi (67) rusak ringan pada bagian atap kamar depan dan parabola hancur, serta rumah milik Abdul Rohim (45) yang mengalami kerusakan pada bagian atap dapur karena tertimpa rangka atap baja ringan rumah milik Ihwanudin.

“Rangka atap yang terbuat dari baja ringan milik Pak Ihwanudin terangkat angin karena sedang dalam taraf pembangunan,” tandasnya.

Tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai Rp. 30 juta.

Pihaknya bersama perangkat desa langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk mendata kerugian dan selanjutnya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera melaksanakan kerja bakti menyingkirkan material bangunan dan perbaikan rumah. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Satuan Tugas (Satgas) Pra TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan terus memaksimalkan tahapan pengerjaan sasaran fisik seperti penimbunan badan jalan dan rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebayak Empat Unit di Desa Krueng Kluet dan Kampung Tinggi Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.

"Sejauh ini tahapan penimbunan badan jalan dengan material pasir dan batu pada sasaran Fisik pra TMMD tersebut sudah mencapai sejarak 200 M. Begitu juga dengan pengerjaan RTLH, hingga hari ini di masing-masing empat unit rumah ini sudah mencapai tahapan pengerjaannya 25% hingga 30%."ujar Koordinator Lapangan Pra TMMD Kapten Inf Amri Umari, (24/02/2021).

Disebutkan Kapten Inf Amri, Program TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan merupakan kolaborasi antara TNI dan Pemerintah dalam membangun Negeri khususnya di wilayah pedesaan.



"Selain itu juga, gelaran TMMD ini bentuk wujud nyata sinergitas TNI dan pemerintah dalam mewujudkan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan."tutur Kapten Amri.

Melihat hasil yang sedang dikerjakan Satgas Pra TMMD pada penimbunan badan jalan, salah seorang petani warga Desa Krung Kluet Tarmizi mengaku sangat terbantu dengan hadirnya Program TMMD Kodim 0107/Aceh Selatan di Desanya.

Pasalnya, dengan adanya pembukaan jalan tersebut, dapat lebih mempermudah ia selaku petani setempat menuju ke lahan perkebunannya.

Menurutnya, hadirnya TMMD di Desanya sangat dirasakan manfaat dan banyak keuntungannya.

"Seperti saat ini, belum saja jalan ini selesai di kerjakan, kami yang memikili lahan perkebunan di sekitar lokasi TMMD sudah bisa dengan kenderaan langsung menuju ke lahan perkebunan kami, yang sebelumnya dengan berjalan kaki.

Apa lagi nanti setelah jalan ini rampung di kerjakan, maka dapat lebih mempermudah lagi kami pergi ke kebun dan membawa pulang hasil dari pertanian kami."tutupnya. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Kernek truk khusus pasar glugur mogok
mogok kerja, limbah dan sampah pasar berserakan tak terkendali, hal ini kembali melahirkan citra buruk dinas lingkungan hidup Labuhanbatu yang dinilai kurang efektif dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kenyaman dan kebersihan lingkungan masyarakat labuhanbatu.

Diusut, yang melatar belakangi mogoknya petugas pengangkut sampah khusus pasar Glugur itu menurut salah seorang Kernek yang enggan disebutkan namanya menyebutkan, "gimana mau kerja bang, sudah hampir dua bulan kami tidak gajian, sementara anak istri kami butuh makan, ya terpaksa kami cari pocokan di luar agar kami bisa makan", ujarnya.

Ditempat terpisah salah seorang pengunjung Dullah warga sekitar mengutarakan kekecewaannya terhadap dinas lingkungan hidup yang dipimpin H.Nasrulah, menurutnya semenjak dipimpin beliau sampah dilabuhanbatu tidak terkodinir dengan baik," kita dituntut bayar restribu, denda bagi yang buang sampah sembarangan, tapi kinerja mereka tidak sesuai dengan tuntutan mereka, seharusnya pelayanan mereka juga harus maksimal, kemana uang Restribusi sampah itu, kalau petugasnyapun tidak bisa tergaji". Ucapnya.

Lain halnya disebutkan seseorang yang juga berprofesi sebagai Kernek truk pasar Glugur, disampaikanya, yang menjadi penyebab mogok kerja selain belum menerima haknya, para Kernek saat ini di roker atau di tukar-tukar, " jadi tidak nyaman bang bekerja karena dor kena roker, mungkin kasi limbah B-3 tidak paham kerja, jadi sesukanya saja perlakukan kami yang dilapangan ini".

Kami berharap PLH Bupati labuhanbatu kali ini meninjau kinerja Petinggi Dinas LH Labuhanbatu,agar semua bisa kembali baik dan normal.harapnya.

Sementara itu Kadis LH Labuhanbatu H.Nasrullah, hingga berita ini diterbitkan belum bisa dihubungi via Washapp nya. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Aksi cepat babinsa koramil 01/Pancung Soal Kodimn0311/Pessel bersama pemadam kebakaran dan dibantu warga sekitar dapat menjinakan api saat kebakaran melandabrumah diwilayah binaanya.

Kebakaran melanda rumah Ramawas (62) dan Nodil Martosa (33) warga kampung rawa gemulau nagari Simpang lama kecamatan pancung soal pada Selasa (23/2/2021) pukul 11.40 wib.

"Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak api dapat dipadamkan sehinggabtidak menyebar keperumahan yang lain," ucap Serda Agus Mayardi dilokasi kebakaran.



Selain itu, Pjs Danramil 01/Pancung Soal Letda Inf Indra Gunadi membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran rumah yang menghanguskan dua unit rumah warga diwilayah teritorialnya.

"Kita sudah menerjunkan babinsa kelapangan untuk membantu memadamkan api dilokasi, bersama-sama masyarakat dan api dapat dipadamkan, penyebabnya masih dalam penyelidikan dan sudah ditangani oleh pihak kepolisian sektor Panso, " tambah Danramil.
(Pendim 0311/Pessel)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tugas misi perdamaian di Kongo bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu bagaimana mempertahankan dan bahkan meningkatkan pencapaian tersebut menjadi tantangan tersendiri.

Demikian sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., dalam upacara pemberangkatan satgas MONUSCO T.A 2021 di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Panglima TNI menyampaikan bahwa prajurit Indonesia pada misi PBB tidak hanya dikenal karena profesionalisme dalam melaksanakan tugas, tetapi juga kemampuan mereka untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat di tempat mereka ditugaskan.



“Oleh sebab itu, dengan prinsip ‘to win heart and mind’ misi akan berjalan dengan baik dan lancar karena dapat diterima masyarakat di daerah operasi,” tambahnya.

Panglima TNI yakin bahwa dengan bekal latihan, keterampilan dan pengetahuan yang telah dimiliki, prajurit Satgas akan dapat mengemban tugas tersebut dengan baik.

“Lengkapi lesson learned dari Satgas sebelumnya dengan kemampuan taktis di lapangan yang adaptif dan inovatif untuk mencapai keberhasilan tugas. Selain itu unsur komandan harus benar-benar memahami kemampuan dan batas kemampuan, rincian tugas, prosedur standar operasi ataupun aturan pelibatan yang telah ditentukan,” tutupnya.

Satuan Tugas Kizi Kontingen Garuda XX-R MONUSCO TA 2021 terdiri dari 175 prajurit gabungan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

 

Autentikasi:

Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (P) Djawara H.T. Whimbo
Diberdayakan oleh Blogger.