NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran secara resmi membuka program TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Tahun 2021 yang berlangsung di Aula Makodim Jl. T. Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (02/03/2021).

Acara pembukaan TMMD ke 110 tahun 2021 ini berlangsung sederhana dan mengukuti anjuran Protokol Kesehatan Covid-19 dengan jumlah undangan di batasi serta wajib memakai masker dan jaga jarak.



Dalam acara ini juga, turut berhadir Kasiter Korem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen, Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho, SIK.SH.MH, Ketua DPRK Amiruddin, Kapala Dinas, Badan dan Kantor dalam lingkup Kabupaten Aceh Selatan, para Muspika dan juga berhadir Kepala Desa Krueng Kluet, Kampung Paya dan Kampung Tinggi.

Dalam Laporannya, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M, Yusuf, S.I.Kom menyampaikan, bahwa program TMMD tersebut merupakan bentuk sinergitas TNI dengan lintas sektor lainnya serta dalam upaya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan wilayah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik dan non fisik serta memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

Masih dalam laporannya, Dandim Aceh Selatan menyampaikan yang mana program TMMD ke 110 di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan mewujudkan pencapaian sasaran percepatan pembangunan daerah pedesaan yang meliputi sasaran fisik pembukaan badan jalan sepanjang 850 Meter, pembuatan 3 titik talut, 1 unit jembatan dan rehap 4 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam kata sambutannya mengatakan Operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud yang salah satunya adalah program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD dengan kriteria sasaran berupa daerah tertinggal, terisolir, daerah kumuh, perkotaan, perbatasan dan pulau terluar serta daerah terdampak bencana alam.

Selanjutnya, Bupati Tgk Amran juga menuturkan, kegiatan TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian/LPNK Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Tgk Amran berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya selama 30 hari pelaksanaan TMMd ini agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat, tepat guna dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Kepala Badan dan Dinas Instansi yang memiliki keterkaitan dengan program TMMD ini saya berharap untuk dapat melaksanakan kegiatan secara sinergi terpadu sehingga akhir dari kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat."tutup Bupati. (Husni)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, menerima pelimpahan pekerjaan infrastruktur Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, dari Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE, MH melalui Wakil Bupati, Narjo, SH, di Aula Kantor Setda Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa (2/3/2021).

Narjo menjelaskan, pembukaan pembangunan infrastruktur melalui TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2021 ini, memang dibuka secara sederhana terkait kewaspadaan pandemi covid-19.

Untuk sasaran infrastruktur yang dibangun meliputi peningkatan jalan beserta sarana pendukungnya, yakni rabat beton sand sheet sepanjang 680 meter lebar 2,2 meter, pembangunan saluran drainase sepanjang 634 meter lebar 30 centimeter, pembangunan talud 391 meter dengan ketinggian antara 60 centimeter sampai 1,5 meter.



Selanjutnya adalah pembangunan 3 unit plat duicker dan 2 unit gorong-gorong.

“Selain sasaran infrastruktur atau fisik, di TMMD Sengkuyung juga dilakukan pembangunan non fisik melalui berbagai macam penyuluhan, sosialisasi, dan juga pelatihan keterampilan, dimana disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Selain kedua sasaran ini, juga akan dikerjakan renovasi 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga setempat.

Sementara itu, Dandim Haikal menjelaskan, seluruh sasaran TMMD yang mengambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini, akan dituntaskan selama 30 hari kedepan, mulai tanggal 2-31 Maret 2021.



Untuk anggarannya bersumber dari APBD fisik Provinsi Jateng senilai Rp. 251 juta dan juga APBD Kabupaten sebesar Rp. 700 juta.

“Karena waktu terprogram hanya 30 hari saja, maka kami bersama segenap komponen masyarakat Desa Pruwatan, melakukan pra TMMD sejak tanggal 15 Februari 2021 lalu,” ucapnya.

Menurutnya, pemilihan lokasi pekerjaan melalui TMMD sangatlah tepat karena akses jalan yang sedang dibangun merupakan jalur transportasi antar dusun (Dusun Wiru-Genteng), dan juga tembus ke Dusun Legok, Desa Kalilangkap (desa tetangga Pruwatan).

Selain tenaga manual dari para teknisi bangunan TNI dan seluruh komponen masyarakat, alat berat juga diterjunkan untuk mempercepat dan menjaga kualitas hasil pekerjaan, yaitu 1 unit excavator, 1 unit tandem roller, dan juga sejumlah concrete mixer (molen).

“Untuk rencana bakti sosial adalah pelayanan akte lahir, perpustakaan keliling, dan juga pasar murah,” pungkasnya.

Hadir juga dalam acara ini Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, SIK.M.HP, Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan, SH, MH, Kajari Brebes yang diwakili Jaksa Fungsional Setya Adhi, SH, Sekda Brebes Ir. Djoko Gunawan, MT, jajaran SKPD Pemkab Brebes terkait, dan juga Camat se-Kecamatan Bumiayu. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mensukseskan program pemerintah yaitu vaksinasi covid-19 untuk memutus mata rantai wabah pandemi.

“Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus mendukung apapun yang sudah menjadi kebijakan pemerintah, ayo kita ambil bagian,” ungkapnya, Selasa pagi (2/3/2021).

Dijelaskannya, pagi ini sampai Kamis nanti (4/3), seluruh prajurit dan PNS Kodim Brebes akan divaksin sinovac secara tiga gelombang bertempat di Klinik Pratama Kartika 13 Brebes, atau di samping Makoramil 01 Brebes.



Vaksinasi ini dilakukan secara menyeluruh kepada satuan TNI maupun di jajaran Kodam IV Diponegoro.

Selain vaksinasi, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar kepatuhan dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan covid-19 5 M harus terus dilakukan dalam setiap aktivitas terutama saat di luar rumah, mulai dari Mencuci tangan, Menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilisasi, dan Membatasi kerumunan.

Dandim juga mengajak agar masyarakat tidak mudah mempercayai berita hoax tentang vaksin sinovac yang banyak beredar di media sosial, karena tujuannya adalah untuk meresahkan masyarakat dan memicu gangguan Kamtibmas.



“Mari bersama-sama kita sukseskan program vaksinasi ini, sehingga kita dapat beraktivitas dan produktif kembali ditengah pandemi,” tandasnya.

Sementara itu disampaikan dr. Mohamad Ali Subehan, Dokter Umum IGD DKT Tegal atau RS. TK. IV Pagongan Tegal, untuk jenis vaksin yang disuntikkan adalah COVID-19 Vaccine.



Vaksin ini sudah melalui uji BPOM dan telah diproduksi oleh Bio Farma, dimana mulai dari seluruh bahan baku (bulk) vaksin ini, terlebih dahulu melalui serangkaian uji mutu yang ketat dari pihak Laboratorium Bio Farma dan BPOM. Hal ini guna memastikan vaksin yang dihasilkan memenuhi standar kualitas dan mutu yang telah ditetapkan.

dr. Rizkyana Puspita Rini menambahkan, sebelum divaksin, para prajurit/PNS melalui serangkaian tes, baik konsultasi tentang riwayat penyakit, skrining, dan tensi darah.

“Hanya yang sehat dan memenuhi persyaratan saja yang divaksin,” tegasnya. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, KAMPUNG BUNSUR - SIAK- Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XII Tingkat Kampung Bunsur Kec. Sungai Apit Kabupaten Siak yang berpusat di Halaman Kantor Penghulu Bunsur Kec. Sungai Apit, Siak resmi dibuka, Senin (01/03/21). Pembukaan STQ ke XII resmi dibuka dengan pemukulan beduk secara bersama yang dimeriahkan dengan kompang.

Terlihat hadir dalam pembukaan STQ Wakil Bupati Siak Bapak H.Husni Mirza, BBA, MM, Camat Sungai Apit, Penghulu Kampung Bunsur, Ketua LPTQ Kampung Bunsur, Kapolsek Sungai Apit AKP YUDHA EFIAR, S.H., Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan seluruh masyarakat.

Ketua panitia Maryadi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk mensukseskan penyelenggaraan STQ tersebut.

"Kami dari Panitia STQ ke XII Kampung Bunsur Sungai Apit, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya buat panitia pelaksana, bahwa penyelengaraan STQ ke XII tingkat Kampung Bunsur tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik dan meriah."

"Kepada masyarakat, khususnya kepada seluruh jajaran LPTQ Kampung Bunsur Kec. Sungai Apit untuk terus berusaha melakukan pembinaan dan menanamkan rasa keinginan membaca Al Quran". Jelas Khaidir dalam sambutannya sebagai Penghulu Kampung Bunsur.



 



Hal senada juga disampaikan Camat Sungai apit dalam sambutannya, bahwa LPTQ Kecamatan juga harus melakukan pembinaan terhadap pengembang tahfiz. Dengan tujuan bagaimana anak-anak kita supaya dapat menghafal Al-Quran, katanya.

Pada kesempatan itu juga dirinya berharap nantinya Kampung Bunsur ini ada yang mewakili MTQ ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kalau bisa satu atau dua orang yang mewakili Kampung ke tingkat Kecamatan sampai ke tingkat Provinsi, amiin." Tutupnya.

Kapolsek Sungai Apit AKP YUDHA EFIAR, S.H  dalam sambutannya, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga agar tidak terjadi Karhutla. [Zam-Red]

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Komamdan komando distrik militer (Dandim) 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti ikuti video confrence rapat kordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), bertempat di ruang vidcon Kodim 0311/Pessel jln. H. Ilyas Yacub Painan, pada Senin (1/3/2021).

Kegiatan vidcone yang dipimpin langsung oleh Panglima Kodam (Pangdam) I/BB Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M itu juga dihadiri oleh Pasi Teritorial Kodim Kapten Arm Hengki Gustian, Pasi Intel Lettu Kav Sukardi, S.H, dan Pasi Operasi Lettu Inf Emjunaidi.

Selesai kegiatan vidcon Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti mengungkapkan siap mendukung pemerintah dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan diwilayah teritorialnya.

"Kita akan terus berkoordinasi dengan instansi yang berwenang agar kebakaran hutan tidak terjadi lagi diwilayah kabupaten pesisir selatan,"ungkap Dandim.

Selain itu, Dandim juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar hutan apabila ingin mengolah lahan pertanian.

"Kita himbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membakar hutan untuk membuka lahan, gunakanlah metode-metode yang lebih ramah lingkungan, apalagi disaat musim kemarau seperti ini, tentunya apabila membakar akan menyebabkan api mudah menyebar," ajak Dandim.
(Pendim 0311/Pessel)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK.,MH melalui Kasatres Narkoba AKP Martualesi Sitepu, SH.,MH menerangkan tentang keberhasilan Sat Narkoba Polres Labuhanbatu menangkap dua tersangka pengedar narkoba jenis ganja berinisial IPN alias Wanca (38) Warga Dsn I Sei Sentosa Kecamatan Panai Hulu Labuhanbatu dan RAS alias Irul (51) Warga Lingkungan Titi Panjang Negri Lama Kecamatan Bilah Hilir, Minggu (28/2/2021) pukul 16.00 Wib.

Kedua tersangka ditangkap sedang mempaketi daun ganja di rumah yang sengaja disewa Wanca di jalan Adam Malik Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Labuhanbatu.

Kasatres Narkoba Polres Labuhanbatu AKP Martualesi Sitepu menyebutkan, kedua tersangka ini sudah menjadi target dari Satres Narkoba Polres Labuhanbatu setelah dari seminggu penyelidikan yang dipimpin Kanit 1 IPDA Sarwedi Manurung dan Team Opsnal Unit 1 BRIPKA Dedi Ritonga setelah melakukan beberapa kali undercover buy akhirnya pada hari minggu berhasil ditangkap dengan penggerebekan dirumah kontrakan Wanca.

Dari hasil penggeledahan badan dan ruangan, petugas berhasil menyita 6 (enam) bungkus kertas warna coklat berisikan Narkotika jenis ganja seberat 48 gram netto, 1(satu) plastik asoi warna biru yg berisikan narkotika jenis ganja seberat 14.5 gram netto, 1 (satu) bungkus plastik tembus pandang yg berisikan narkotika jenis sabu seberat 0,01 gram netto, 1(satu) buah kaca pirek bekas bakar yg berisikan narkotika jenis sabu seberat 1,56 gram netto, 1(satu) buah bong, 2 (dua) unit timbangan dan 1 (satu) unit handphone merk samsung warna biru.

"Adapun total daun ganja yang berhasil disita yaitu 62,2 Gram dari Kedua tersangka yang mengaku mendapatkan narkotika jenis ganja dari Penyabungan (Mandailing Natal) dari seseorang laki-laki yang bernama inisial A merupakan kenalan dari tersangka Wanca," sebutnya.


Ditambahkannya, tersangka Wanca juga mengakui sebelumnya membeli ganja tersebut sebanyak 10 kg ,namun sudah habis dijual ecer ke wilayah Padang Lawas Utara sebanyak 8 kg dan sisanya 2kg diecer diwilayah rantau prapat.
Dari setiap kg tersangka menjual /kg seharga 2 juta rupiah.dari hasil penjualan tersangka mendapat keuntungan sebanyak 4 jt rupiah.

Bisnis haram ini sudah berulangkali dilakukan oleh Tersangka Wanca sudah 2 (dua) kali berhadapan dengan hukum dalam perkara yg sama ,yaitu pada tahun 2010 menjalani hukuman selama 9 tahun,tahun 2017 selama 4 tahun (dijalani 2 tahun).

Sedangakan tersangka IRUL sudah 2 (dua) kali berhadapan dengan hukum perkara yang kepemilikam dsun ganja juga yaitu pada tahun 2010 di vonis 1 tahun 2 bulan dan 2014 divonis 2 tahun (dijalani 1 tahun 4 bulan).

"Terhadap kedua tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 114 Sub Pasal 111 dan Pasal 112 UU RI no.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," jelasnya. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Pengabdian yang luar biasa yang dilakukan Satgas Yonif Raider 100/PS untuk meningkatkan pendidikan di perbatasan, dimana kepedulian terhadap generasi bangsa untuk mencerdaskan dan memajukan pendidikan, Pos Arso 13 jajaran Pos Satgas Yonif Raider 100/PS yang, juga membantu mengajar anak-anak Kampung Naramben, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Senin,(01/03/2020).

Diungkapkan Danpos Arso 13 Letda Inf Tri Yanto mengatakan bahwa alasan melaksanakan kegiatan mengajar sebagai tenaga pendidik di perbatasan karena melihat kendala yang dihadapi sejumlah sekolah di perbatasan adalah kurangnya tenaga guru atau tenaga didik, sehingga Satgas Yonif Raider 100/PS berinisiatif untuk ikut membantu mencerdaskan anak anak perbatasan, "Kita ketahui bersama bahwa pendidikan ditengah Pandemi Covid-19 membuat waktu anak anak tersita dengan terbatasnya waktu untuk beraktifitas," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dari Satgas untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, serta memotivasi belajar anak-anak sekolah tersebut agar dapat terus bersemangat dalam menuntut ilmu. "Disinilah terlihat betapa besarnya kepedulian Satgas Yonif Raider 100/PS kepada anak anak perbatasan, dengan membuka mata mereka akan kemajuan zaman sekarang, sehingga mereka tidak tertinggal akan cita citanya," imbuhnya.

Ditempat terpisah, hal senada disampaikan Danki A Satgas Yonif Raider 100/PS Lettu Inf Arya Megah Miko S.S.T.Han menyampaikan bahwa kegiatan mengajar dilaksanakan oleh Serda Boang bersama Praka Vidiantoro anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Pos Arso 13 yang mengajarkan membaca dan menulis kepada anak-anak sekolah. Selain itu, memberikan motivasi dan wawasan kepada mereka agar dapat terus bersemangat dalam menuntut ilmu di sekolah.

Serda Boang menambahkan, merupakan salah satu tanggung jawab Satgas untuk ikut berperan aktif memajukan pendidikan dalam rangka menciptakan generasi muda yang memiliki sumber daya unggul. "Walaupun diakhir penugasan tidak membuat kami lengah dalam memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak perbatasan," tutupnya. [Pen Satgas Yonif Raider 100/PS]
Diberdayakan oleh Blogger.