NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kepala Kepolisian Resort Mimika AKBP I Gusti Era Adhinata menyebutkan bahwa sesuai dengan hasil olah tempat kejadian perkara dan ciri-ciri yang ada dipastikan satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditemukan tewas di Mile 53 pada Senin (1/3/21) adalah Ferry Elas (35) sebagai Danton TPN OPM Kodap III Kalikopi Tembagapura pimpinan Joni Botak.

Dijelaskannya, dari hasil pencocokan wajah dengan foto Ferry Elas pada data base tim operasi gabungan TNI-Polri hingga atribut yang digunakan korban dan identifikasi gambar, ditemukan kemiripan antara korban dengan Ferry Elas.

"Bahkan pada barang bukti lain berupa satu HP ditemukan berisi foto-foto Ferry Elas yang setelah dilakukan investigasi ada persesuaian dengan korban yang ditemukan di TKP baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh dan wajah," katanya.

Lebih lanjut AKBP I Gusti Era Adhinata menjelaskan bahwa berdasarkan catatan kriminal Kepolisian, Ferry Elas merupakan salah satu anggota KKB yang ikut dalam deklarasi penggabungan KKB se-Pengunungan Tengah 1 Agustus 2019 di Ilaga, serta terlibat beberapa tindakan kejahatan lainnya seperti perampasan HP masyarakat sipil di Kabupaten Puncak Ilaga pada Agustus 2019 dan ikut melakukan gangguan keamanan di Tembagapura tahun 2020.



“Juga terlibat penyanderaan guru dan tindak pidana pencurian HP korban guru di Kampung Jagamin pada 22 Februari 2020 serta terlibat penembakan Pos Pam TNI-Polri di Opitawak pada bulan Maret 2020,” tambahnya.

Sebelumnya, Ferry Elas berhasil ditembak aparat gabungan TNI-Polri saat dirinya bersama 6 anggota KKB lainnya melakukan penyerangan dengan menembaki aparat TNI-Polri yang sedang melakukan patroli di Mile 53 pada Minggu (28/2/21) sekitar pukul 10.30 WIT. ‘’Saat diserang aparat membalas dengan tembakan secara terarah, dan ada satu orang terkena, sedangkan yang lainnya melarikan diri,” ucap Era Adhinata.

Menurutnya, kemungkinan besar saat itu Ferry Elas dan 6 anggota KKB akan memasuki areal PT. Freeport Indonesia untuk melakukan gangguan kepada perusahaan dan karyawan, namun berhasil dicegah aparat keamanan yang sedang berpatroli di Mile 53.

“Aparat coba melakukan pengejaran terhadap sisa KKB yang melarikan diri namun terhalang sungai dengan arusnya deras,” ujarnya.

Beratnya medan berupa jurang curam dan sungai dengan arus deras tersebut, juga diakui Era Adhinata, saat tim gabungan TNI-Polri untuk menuju lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara. (*)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Adam dan Aris Anak dari pasangan Supono (32) dan Nur Rahmawati (26) bayi kembar siam asal Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara segera dibawa pulang ke kampung halamannya usai pasca operasi pemisahan di rumah sakit umum pusat Adam Malik Medan pada tanggal 20 Januari lalu.

Adam dan Aris adalah bocah yang lahir pada tanggal 9 Desember 2019 lalu, Saat itu, Bayi tersebut lahir melalui operasi cesar dengan berat 2.640 gram dan panjang 39 Cm, sekitar pukul 10.15 WIB. Berat badan yang rendah ini, ditambah kembar siam sempet perut, mengharuskan keduanya menjalani perawatan intensif.

Proses kepulangan Adam dan Aris dijemput langsung dari RSUP Adam Malik oleh PLH Bupati Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, didampingi Asisten I pemerintahan kabupaten labuhanbatu Drs.Sarimpunan Ritonga, Mpd, Kadis Kesehatan H.Kamal Ilham, SKM,MKes, Kadis Kominfo Rajid Yuliawan,S.Kom, Kabag Protokoler Prandi A,Nasution, Dirud RSUD rantauprapat Dr.Syafil,M, Harahap, dan beberapa tenaga medis.



Adam dan Aris bocah berusia satu tahun lebih ini diperbolehkan pulang setelah dokter RSU Adam Malik menyatakan keduanya dalam keadaan sehat, dan ini diperkuat oleh kunjungan gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada beberapa hari lalu.

Sebelum acara penyerahan pihak RSUP Adam Malik ke Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mengatakan sangat mengapresiasi kegigihan yang membuahkan hasil menyelamatkan nyawa bayi kembar siam warga labuhanbatu ini." Atas nama pemerintah kabupaten labuhanbatu saya ucapkan terimakasih kepada RSUP Adam Malik dan tim dokter yang turut melakukan operasi pemisahan, semoga Adam dan Aris sekembalinya dari sini ke kampung halamannya tetap dalam keadaan sehat selalu, dan kelak menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya.

Sebagai pemerintah kami akan tanggung jawab atas kondisi kesehatan bayi ini selama masa perawatan, ujar PLH Bupati Labuhanbatu.

Disisi lain, Prof.dr.Guslihan Dastjipta,SP, A, (K) ketua Tim operasi pemisahan mengatakan, kedua bayi tersebut dalam kondisi yang stabil kesehatannya, " kondisinya tidak meragukan lagi, dan bisa dibawah pulang ujarnya.



Sementara itu, Dirut RSUP H.Adam Malik dr, Zainal Safri, Sp.PD, KKV.SpJP. (K). menyebutkan, selama satu tahun lebih Adam dan Aris berada di RSUP Adam Malik dan baru dilakukan pemisahan pada 20 Januari 2021, ini dikarenakan tim melihat dan memeriksa sisi paling kecil resiko jika dilakukan operasi terlebih dahulu.

"Alhamdulillah hari ini atas jeripayah tim yang terlibat lebih kurang dari 70 tenaga medis yang terlibat berhasil memisahkan Adam dan Aris yang telah terasa seperti keluarga disini, bahkan Adam dan Aris sudah memiliki Atok disini", ucap Zainal.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H.Kamal Ilham, SKM, MKes, menyampaikan rasa suka citanya atas keberhasilan Tim RSUP Adam Malik yang telah melakukan pemisahan Adam dan Aris.

"Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan kita selaku warga labuhanbatu atas keberhasilan RSUP Adam Malik, kita akan berikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk kedua anak ini, saya akan perintahkan petugas kesehatan untuk memeriksanya seminggu empat kali, agar kondisi anak itu benar-benar baik" ucap Kamal.

Supono orang tua Adam dan Aris mengucapkan sangat berterima kasih kepada RSUP Adam Malik dan Pemkab Labuhanbatu yang telah memberikan perhatia penuh kepada kedua anaknya, "insha Allah kami akan sekuat tenaga merawat dan membesarkan anak kami, semoga kedepannya mereka mengingat jasa pemerintah kabupaten labuhanbatu. ujarnya. [Rahmad]




NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Sebanyak sepuluh juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 kembali tiba di Indonesia. Bahan baku vaksin yang berasal dari perusahaan Sinovac tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa siang (2/3) sekira pukul 12.05 WIB, melalui penjemputan khusus Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA891.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan sepuluh juta bulk vaccineBulk vaccine ini adalah materi dasar vaksin yang nanti akan dibuat Bio Farma menjadi vaksin (siap pakai),” ujar Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono yang menyaksikan ketibaan bahan baku vaksin tersebut.

Kedatangan sepuluh juta dosis bahan baku vaksin ini merupakan kedatangan kelima setelah pada kedatangan sebelumnya pemerintah juga telah mendatangkan baik vaksin siap pakai maupun bahan baku vaksin. Pada kedatangan pertama dan kedua, pemerintah mendatangkan sebanyak 1,2 juta dan 1,8 juta dosis vaksin siap pakai. Adapun untuk kedatangan ketiga dan keempat masing-masing sebanyak 15 juta dan 10 juta dosis bahan baku vaksin telah didatangkan.

Dengan demikian, pemerintah telah mendatangkan 38 juta dosis vaksin yang berasal dari perusahaan Sinovac. Vaksin-vaksin tersebut akan digunakan untuk mendukung program vaksinasi massal secara gratis yang menargetkan 181,5 juta masyarakat.

“Bertahap nanti kemudian akan datang 185 juta vaksin yang berasal dari Sinovac,” imbuh Dante.

Bahan baku tersebut, sebagaimana bahan baku pada kedatangan ketiga dan keempat, selanjutnya akan diolah dan diproduksi lebih jauh oleh BUMN farmasi PT Bio Farma yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksin Covid-19 produksi Sinovac tersebut sebelumnya juga telah menerima izin penggunaan darurat dari BPOM. Vaksin tersebut juga telah memperoleh fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk diketahui, Dante melanjutkan, selain mengadakan vaksin Covid-19 yang berasal dari Sinovac, pemerintah juga telah memperoleh komitmen pengadaan vaksin dari sejumlah perusahaan farmasi lainnya, yakni AstraZeneca dari Inggris, Pfizer-BioNTech dari Jerman dan Amerika, serta Novavax dari Amerika yang kesemuanya akan digunakan dalam program vaksinasi pemerintah.

“Kesemua vaksin tersebut akan memenuhi kebutuhan vaksinasi seluruh masyarakat Indonesia,” tandasnya.


[BPMI Setpres]

NUSANTARAEXPRESS, ABUHANBATU - PLH Bupati Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian,MMA, hadir mengikuti rapat paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka pengesahan Rancangan peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2017 tentang tarif layanan kesehatan kelas III pada Badan layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat diruang rapat DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM.Raja,Selasa 2 Maret 2021.

Usai mendengarkan penyampaian panitia husus, PLH Bupati Labuhanbatu mengucapkan terima kasih kepada panitia khusus atas masukan dan saran terhadap Rancangan peraturan daerah ini," kami akan menyempurnakan Rancangan peraturan daerah ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait tentang perubahan atas peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2017 tentang tarif pelayanan kesehatan kelas 3 pada Badan layanan Umum Daerah rumah sakit umum daerah Rantau Prapat".



Adapun rancangan peraturan daerah ini menurut Ir.Muhammad Yusuf Siagian bertujuan untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan pada Badan layanan Umum Daerah rumah sakit umum daerah Rantau Prapat perlu didukung dengan penetapan tarif pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan selaras dengan indeks harga dan perkembangan ekonomi maka perlu dilakukan perubahan untuk mengakomodir jenis pelayanan kesehatan baru dan penyesuaian besaran tarif layanan kesehatan yang telah ada. ucap nya.

Rapat paripurna yang dibuka oleh ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar,SH, tersebut diikuti seluruh anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu dari seluruh fraksi, dan dihadiri oleh Asisten III Zaid Harahap,S.Sos, Para Kepala OPD dan Kabag.yang mana sebelumnya seluruh yang hadir juga mengikuti rapat paripurna laporan panitia khusus terhadap pembahasan Rancangan peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021-2026 pada pukul 09:00 Wib. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu menyatakan siap fasilitasi penjemputan dan perawatan bayi kembar Siam pasca operasi di rumah sakit umum Adam Malik Medan pada tanggal 20 Januari lalu, Hal ini disampaikan langsung PLH Bupati Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian,MMA, ketika memimpin rapat persiapan penjemputan diruang rapat Sekdakab Labuhanbatu jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan,Senin 1 Maret 2021.

Menurut PLH Bupati, Ini merupakan tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakatnya, sesuai surat undangan gubernur Sumatera Utara kita harus jemput bayi tersebut, dari itu, persiapan yang matang harus kita lakukan agar nantinya tidak terjadi sesuatu hal diluar kemampuan kita.



Disamping itu Ir.M.Yusuf Siagian memerintahkan intansi terkait untuk melakukan persiapan yang full extra, baik itu tenaga medis maupun kendaranya," kita harus serius karena ini menyangkut nyawa" ucapnya.

Sesuai kesepakatan, pemerintah kabupaten labuhanbatu dengan tim yang terbentuk dari dinas Kesehatan, RSUD rantauprapat, Dinas Sosial, Dinas Kominfo dan BPJS siap melakukan penjemputan pada tanggal 3 Maret 2021.

Diketahui Bayi Kembar Siam yang mengikuti operasi pemisahan pisik tersebut adalah warga Dusun Sei kelapa dua desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilahilir.

Asisten I,Drs. Sarimpunan Ritonga, Mpd, Kadis Kesehatan H.Kamal Ilham, SKM,MM, Kadiskominfo Rajid Yuliawan,S.Kom, Dirut RSUD rantauprapat Dr.Syafril, M.Harahap, Kabag Protokoler Prandi A.Nasution, Camat Bilahilir Bangun Siregar, Kabid Yankes H.Indera Agusman, Kabid Kesmas Friska Simanjuntak, Mkes, Kapus Tanjung Haloban Suprapto, SKM, Perwakilan Kemensos. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Sebagai langkah percepatan pemulihan perekonomian sumber daya manusia dan pelayanan publik pasca pandemi covid 19 menuju Labuhanbatu maju dan berdaya saing, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyelenggarakan forum konsultasi publik rancangan awal rencana kerja perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022 Senin 1 Maret 2021 di ruang data dan karya kantor bupati Labuhanbatu Jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan.

Adapun dasar pelaksanaan sesuai dengan undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah.



Adapun tujuan penyelenggaraan forum konsultasi publik dimaksud untuk memperoleh saran dan masukan sebagai bahan penyusunan rancangan awal rkpd Tahun 2022, kemudian untuk menindaklanjuti sasaran dan prioritas perencanaan pembangunan daerah program pembangunan daerah dan indikator kinerja yang disesuaikan dengan pagu indikatif.

PLH Bupati Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mengajak kepada seluruh aparatur pemerintahan daerah Kabupaten Labuhanbatu untuk selalu bersikap optimisme dalam situasi pandemi covid yang masih terus terjadi hingga saat ini ini yang telah menimbulkan dampak hampir terhadap seluruh sektor, diantaranya kesehatan, pendidikan perekonomian, tenaga kerja penyelenggaraan pemerintahan b dan lain sebagainya.

Menurut PLH bupati Labuhanbatu pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik. Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek, politisi, teknokratis dan aspiratif.

Tahapan konsultasi publik ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

untuk itu partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam rangka menyempurnakan rancangan kerja pemerintah daerah yang sedang disusun.

Diakhir arahannya Ir.M.Yusuf Siagian menghimbau kepada seluruh peserta untuk melaksanakan konsultasi publik hari ini dengan sungguh-sungguh, sehingga Memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu.

Abdul Haris Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar dalam pemaparannya menyebutkan,
Tahun 2022 diharapkan menjadi tahun pertama lepas dari tekanan Covid-19 yang merupakan tahun kunci pemantapan pemulihan ekonomi.

Hadir mengikuti kegiatan dilokasi, PLH Bupati Labuhanbatu Ir.M.Yusuf Siagian, M.MA, Staf Ahli Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Jumingan, Seluruh Kepala OPD Pemkab Labuhanbatu, Kabab BAPPEDA, dan Deputi BI Pematang Siantar. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pasca kebakaran yang menimpah tiga rumah warga dusun Perbaungan bawah Desa Perbaungan Kecamatan Bilahulu pada hari Senin sekira pukul 8:40 pagi, sekira pukul 10:30 pada hari yang sama PLH Bupati Labuhanbatu didampingi Para kepala OPD dan Kaban BPBD langsung turun kelokasi menyambangi keluarga duka.

Dilokasi, seusai meninjau ketiga rumah korban si jago merah, PLH Bupati Labuhanbatu Ir.M.Yusuf Siagian menyerahkan bantuan kepada tiga kepala rumah tangga korban kebakaran, yaitu Dahrin Rambe (51), Munawar Rambe (47) dan Jalal (45).



Adapun jenis bantuan yang diberikan berupa perlengkapan makanan tiga box, perlengkapan bayi tiga paket, perlengkapan operasional tiga paket, paket sandang sembilan paket, tas sekolah sembilan buah, matras sembilan buah dan selimut sembilan bulan.

Dihadapan masyarakat sekitar, PLH Bupati yang juga menjabat Sekdakab Labuhanbatu ini mengucapkan turut berdukacita atas musibah yang menimpah ketiga kepala keluarga masyarakat Perbaungan ini, " bencana adalah musibah yang tidak kita inginkan, dari itu kewaspadaan kita harus tetap kita jaga," ucapnya.



PLH Bupati Labuhanbatu juga berpesan agar kiranya seluruh masyarakat labuhanbatu untuk selalu berhati-hati dan waspada akan segala sesuatu yang mungkin saja bisa terjadi, seperti halnya kebakaran hari ini, " matikan listrik, cek kompor jika kita hendak bepergian". Tegasnya.

Mewakili ketiga tamanya Dahrin Rambe mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemerintahan kabupaten labuhanbatu atas partisipasi dan perhatian nya kepada mereka yang tertimpa musibah," semoga Tuhan membalas kebaikan ini semua, ucapnya. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Warkop Gelas Batu Puncak Panatapan yang menjadi tujuan bersantai warga Rantauprapat semakin ramai dikunjungi baik hari biasa maupun di hari libur. Demikianpun, ditengah masa pandemi covid-19, Owner Warkop Gelas Batu Puncak Panatapan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk mencegah penyebaran covid-19.

Hal itu dapat dilihat di pintu masuk Puncak Panatapan yang mewajibkan pelanggan warkop untuk memakai masker agar bisa memasuki lokasi bersantai keluarga tersebut.



Bahkan, pemilik juga menggunakan pengeras suara untuk memberikan himbauan kepada pelanggan setia warkop Gelas Batu Panatapan untuk selalu memakai masker.

Tidak hanya itu, dilokasi juga dipenuhi pesan himbauan untuk selalu mengedepankan Protokol Kesehatan.

Sementara itu, Owner Warkop Gelas Batu Amin Wahyudi Harahap mengatakan dilokasi telah disediakan tempat cuci tangan yang tersebar di beberapa titik.

"Kita tetap menerapkan prokes, kita sediakan tempat cuci tangan di beberapa titik,"ucapnya Selasa (03/02/2021).

Selain itu. Lanjut Amin, kita juga mengatur jarak meja antara meja sekitar 2 meter dan melakukan jaga jarak setiap 1 jam sekali.

"Kita juga sudah memberikan jarak antara meja sejauh 2 meter dan melakukan jaga jarak setiap 1 jam sekali, karena kita siap mendukung pemerintah untuk selalu mengedepankan prokes,"tutupnya. (Rahmad)
Diberdayakan oleh Blogger.