NUSANTARAEXPRESS, SERANG - Untuk memperkuat pelatihan vokasi sebagai bagian dari program unggulan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, Kemnaker menjadikan program transformasi balai latihan kerja (BLK) sebagai salah satu lompatan besar.
Hal itu dikemukakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) gelombang I Tahun 2021, sekaligus meresmikan gedung serba guna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang di kota Serang, Provinsi Banten, Kamis (25/2/2021).
"Ke depan akan terus dilakukan penguatan SDM instruktur, peningkatan kualitas dan kurikulum pelatihan, pengembangan kurikulum dan SKKNI berbasis kebutuhan industri serta peningkatan pengakuan atas kompetensi lulusan," ujarnya, di depan 100 peserta yang mewakili 368 peserta PBK.

Pembukaan PBK gelombang I ditandai dengan penekanan tombol secara serentak oleh Menaker; Dirjen Binalattas, Budi Hartawan; dan Kadisnaker Banten, Al Hamidi.

Adapun arah kebijakannya adalah mengubah secara total BLK sebagai balai pelatihan vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

Menurut Ida, salah satu agendanya adalah redesain pelatihan untuk merespons tantangan ketenagakerjaan lokal, nasional, dan Internasional. Ia menambahkan, pihaknya mendorong seluruh proses pelatihan di BLK memenuhi kebutuhan pasar kerja, sehingga Kemnaker selalu bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri.

"Pelatihan di sini tak melahirkan pengangguran baru, karena mereka bisa dipastikan penempatannya di industri atau perusahaan," katanya.
Ia juga mengatakan, keberadaan BLK juga untuk mendukung pemenuhan SDM di industri dan perusahaan wilayah Provinsi Banten.

Gelombang I PBK Tahun 2021 diikuti 368 peserta, dengan jurusan unggulan las dan listrik. Animo masyarakat dan perusahaan sangat tinggi untuk jenis pelatihan kedua jurusan ini.

"Bahkan perusahaan indent untuk mendapatkan alumni BBPLK Serang," ujar Ida.
Dalam kesempatan tersebut, Menaker mengimbau warga masyarakat Serang, khususnya kaum muda yang masih mencari pekerjaan dan ingin meningkatkan kompetensinya, untuk jangan ragu untuk mengikuti pelatihan di BBPLK Serang. Pasalnya pelatihan di Serang didukung oleh fasilitas kelas elit terbaru dengan bimbingan instruktur yang kompeten di bidangnya.
"Silakan bekerja keras dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada untuk menjadi sumberdaya kompeten yang berkontribusi pada pembangunan Banten dan bangsa Indonesia pada umumnya, " katanya.

Sementara itu,  Dirjen Binalattas, Budi Hartawan, dalam laporannya mengatakan saat ini BBPLK Serang satu-satunya BLK yang menyelenggarakan pelatihan teknisi ahli 2 tahun untuk kejuruan Mesin, Las, Listrik dan Mekatronik sebanyak 9 kelas yang saat ini duduk di semester 2 dan 4.
"Pelaksanaan pilot project pelatihan teknisi 1 tahun untuk 4 kejuruan yang akan mulai dilaksanakan di tahun 2021, " kata Budi Hartawan.
Tahun ini, BBPLK Serang telah menjalin kerja sama dengan beberapa dunia industri, antara lain PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk. Kerja sama ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja bagi perluasan pabrik PT. Chandra Asri grup di Kota Cilegon, yang membutuhkan sekitar 25.000 tenaga kerja di semua bidang kerja sama dengan perusahaan yang menangani proyek PLTU Jawa IX dan X Suralaya, Cilegon, Banten. [RLS/RED]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Program TNI manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 110 di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan yang sedang berlangsung di Desa Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan tidak hanya terfokus membangun Infastruktur membuka badan jalan serta sasaran fisik dan non fisik lainnya.

Namun, salah satu tujuan dari TMMD ini adalah semakin mantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Di tempat berlangsungnya kegiatan TMMD, personil TNI yang tergabung dalam Satgas terus membangun keakraban dengan warga melalui Komunikasi Sosial.

Seperti yang dilakukan oleh Koptu Romzi Said, ia menyempatkan Komsos dengan warga setempat di sela-sela pembuatan talut jalan, Sabtu (06/03/2021).



Sedikit melepas lelah, sambil beristirahat Koptu Romzi bertukar cerita pengalaman hidup bersama warga Desa Krueng Kluet, keseruan pun terjadi saat keduanya saling menceritakan tentang perjalanan hidup masing-masing.

Kopda Romzi mengatakan, menjalin hubungan baik dengan warga akan mendekatkan hubungan emosional antara Satgas TMMD dengan masyarakat, sehingga dalam menjalankan tugas diwilayah timbul rasa kebersamaan dan kenyamanan.

“Interaksi sosial yang kami lakukan akan menjadikan TNI dan warga semakin akrab, apalagi masyarakat desa yang menjalani bermacam-macam pekerjaan, membuat kami semakin bertambah pengalaman kala berbagi cerita tentang kehidupan."tutur Koptu Romzi.

Safruddin, selaku warga Kreung Kluet sangat berterima kasih kepada TNI dan Pemerintah yang telah memprogramkan TMMD di Desanya. Pasalnya, sasaran fisik pembukaan jalan yang masih berlangsung tahapan pengerjaannya, membawa manfaat yang besar baginya.

"Program TMMD yang sedang berlangsung di desa kami ini saya marasai sangat besar manfaatnya. Sebab, dengan adanya TMMD ini, memudahkan akses kami pergi ke lahan perkebunan dan membawa pulang hasil pertanian."ungkapnya.

Ia juga mengakui, dimana, adanya kegiatan ini dapat menambahkan hubungan persaudaraannya dengan prajurit TNI.

Untuk di ketahui, sasaran fisik pembuatan takut di titik pertama, sampai hari ini tahapan pengerjaannya telah mencapai sepanjang lebih kurang 150 Meter. [Husni]



NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Dukungan masyarakat sangat penting untuk mensukseskan program TMMD Ke-110 TA 2021 Distrik Kawagit  Kodim 1711/Boven Digoel, seperti yang dilakukan oleh salah satu warga Distrik Kawagit Bapak Nerson dengan memperbantukan longboardnya untuk pengedropan material ke lokasi, Jumat (5/3/2021).


Saat ditemui disela-sela kegiatan, Nerson menuturkan bahwa masyarakat disekitar lokasi ikut andil dalam mendukung program TMMD Ke-110 Kodim 1711/Boven Digoel dengan berbagai hal supaya pelaksanaan TMMD di Distrik Kawagit berjalan sesuai dengan rencana.




“Saya dengan teman-teman mungkin tidak membantu pembangunan rumah pada program TMMD, akan tetapi bentuk dukungan dan partisipasi kami dengan memperbantukan longboard milik pribadi untuk mengangkut bahan material ke lokasi TMMD,” ungkap Nerson.


Nerson juga menyampaikan, terkadang debit air sungai menuju ke lokasi TMMD sering pasang surut, dan itu semua tergantung cuaca serta banyaknya curah hujan di hulu sungai.  “Jika sungai sedang surut, maka kita dalam hal ini masyarakat Distrik Kawagit ikut memperbantukan longboard untuk melangsir material dari kapal utama, hal tersebut disebabkan kapal utama tidak dapat melintasi sungai karena air surut,” terangnya.








“Dengan menempuh jarak yang lumayan jauh melewati medan sungai dan membawa bahan bangunan, tidak menjadi beban bagi kami yang mambawa material atau bahan bangunan untuk di bawa ke lokasi,” tambahnya.


Ini merupakan bentuk ucapan terima kasih warga Distrik Kawagit kepada Satgas TMMD ke-110 Kodim 1711/Boven Digoel yang masuk ke Distrik Kawagit. “Khususnya di Kampung Kombay, Kampung Wanggom dan Kampung Kawagit, sehingga kita selaku warga di Distrik  ini memperbantukan longboard kami untuk membawa material ini sampai ke tempat TMMD,” tutup Nerson. [Penrem 174 Merauke]


NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi bersama 27 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menandatangi kerja sama penanganan pengaduan tindak pidana korupsi terintegrasi atau dikenal dengan Whistleblowing System TPK Terintegrasi.

Penandatanganan ini  dihadiri oleh Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung Juang KPK ini bertujuan untuk mendorong penggunaan Whistleblowing System sebagai alat dalam mendeteksi korupsi. “Saya berharap dengan WBS Terintegrasi, WBS pada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD dapat optimal dalam mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi,” kata Firli.

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengatakan penandatanganan perjanjian kerja sama ini, merupakan wujud upaya transparansi dan transformasi dalam pengelolaan BUMN yang profesional.

Dalam acara ini dilakukan simulasi pelaporan dan penanganan pengaduan melalui Whistle-Blowing System Terintegrasi. Dalam tindak pidana korupsi, posisi pengadu atau dikenal dengan Whistle-Blower seringkali memiliki risiko tinggi. “Whistleblower punya peran sentral dalam mendukung proses peradilan sekaligus posisinya sangat beresiko. Tidak jarang mendapat ancaman, intimidasi, pengucilan, ataupun sanksi administrasi dari pihak terlapor. LPSK punya mandat untuk melindungi mereka,” kata Hasto.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Muhammad Hadiyana bersama 27 BUMN yaitu:

  • PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

  • PT Pupuk Indonesia (persero)

  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk

  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

  • PT Hutama Karya (Persero) Tbk

  • PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk

  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

  • PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

  • PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk

  • PT Angkasa Pura I (Persero)

  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

  • PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

  • PT Bahana Pembinaan Usaha indonesia (Persero)

  • PT Taspen (Persero)

  • PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

  • PT Pertamina (Persero)

  • PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero)

  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

  • PT INTI

  • PERHUTANI

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero)


Sebelumnya, pada 21 Desember 2020 KPK telah mendatangani Perjanjian Kerja Sama Penanganan Pengaduan dalam Upaya Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan 23 Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMN/D. Pada kesempatan tersebut, BUMN yang telah turut berpartisipasi yaitu PT Angkasa Pura II (Persero) dan PTPN (Persero).

Adapun bagi masyarakat yang ingin melaporkan indikasi tindak pidana korupsi secara langsung kepada KPK dapat menyampaikannya melalui tautan https://kws.kpk.go.id/.

Biro Hubungan Masyarakat

Komisi Pemberantasan Korupsi

Jl. Kuningan Persada Kav.4

Jakarta Selatan

Call Center 198

www.kpk.go.id

Juru Bicara Pencegahan

Ipi Maryati Kuding - 0811864648

 

Sumber: KPK




NUSANTARAEXPRESS, PEKANBARU - Bertempat di lapangan Tenis Korem 031/WB, Danrem 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed S.E., M.Han membuka secara Resmi Lomba Tenis Lapangan Putra dalam rangka HUT Ke 62 Korem 031/WB Jumat (05.03.21).


Kejuaraan tersebut dihadiri oleh Danlanud, Wakapolda Riau, Kapengti, Kepala BNI, Ketua Persit, serta atlet dari berbagai Instansi di lapangan Tenis Korem 031/WB.Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, Protokol kesehatan selalu di terapkan guna mencegah Penyebaran Covid-19.


Mengawali sambutannya Danrem mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan para peserta karena telah berkenan hadir dan berpartisipasi pada kejuaraan tenis putra dalam rangka memeriahkan Hut ke-62 Korem 031/Wira Bima tersebut. Dirinya juga menjelaskan bahwa Kejuaraan tenis yang diselenggarakan hari ini merupakan kejuaraan tenis yang ke tiga kalinya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-62 Korem 031/Wira Bima. Karena sebelumnya kita sudah menggelar kejuaraan tenis lapangan junior dan kejuaraan tenis lapangan putri.

“Selain untuk berolahraga dalam rangka meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19, kejuaraan tenis lapangan ini, juga dimaksudkan untuk saling mempererat tali silaturrahmi dan kekeluargaan di antara peserta maupun instansi. Dengan demikian diharapkan tumbuhnya rasa keber¬samaan, persaudaraan, kekom¬pa¬kan, dan soliditas yang sema¬kin erat diantara semua peserta, yang akan menjadi salah satu modal utama dalam membangun komitmen dan meraih keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dan pengab¬dian kepada masyarakat, bangsa dan negara.,” pungkas Danrem. [Pen031]



NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Satres Narkoba Polres Labuhanbatu salurkan Bantuan Sosial dari Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK MH berupa bahan pokok makanan dan sejumlah uang tunai kepada salah satu kepala keluarga bernama Misran (63) yang sehari-harinya bekerja sebagai Muntir Bengkel Sepeda beralamat di Jl Nenas Kelurahan Padang Bulan Kecamatatan Rantau Utara yang mengalami cacat fisik bawaan lahir, Jum'at (5/3/2021).

Penyaluran Bansos Kapolres Labuhanbatu diserahkan melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu,SH.,MH didampingi Kanit 1 IPDA Sarwedi Manurung ini, sangat membuat warga tersebut cukup senang dan bahagia.



Kasat Narkoba AKP Martualesi Siteou menjelaskan, rumah kontrakannya tersebut sekaligus lokasi berbengkel memperbaiki jari-jari lingkar sepeda dan sepeda motor.

"Sejak lahir dia mengalami cacat fisik dan dua tahun yang lalu isterinya telah dipanggil yang maha kuasa," jelasnya.

Selain itu, Misran juga sangat berterima kasih sekali atas respon dari Kapolres Labuhanbatu melalui surat yang dikirimkannya.

"Saya kirimkan beberapa waktu yang lalu kepada Bapak Kapolres perihal untuk dapat diberikan bantuan seadanya dengan keadaan saya yang seperti ini, kiranya Allah SWT membalaskan segala kebaikan kebaikan yang diberikan kepada saya," terangnya.

Perlu diketahui, penyaluran bantuan sosial ini meruapakan salah satu Program Kapolres Labuhanbatu yaitu Jumat Berkah yaitu memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang terdampak dari Pandemi Virus Corona Covid19 yang pelaksanaanya dilaksanakan setiap hari jumat. (Her)

NUSANTARAEXPRESS, SAMBAS - KALBAR - Dalam upaya meningkatkan kebersamaan dengan warga di daerah penugasannya, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama warga melaksanakan karya bakti membersihkan jalan Desa di Dusun Aruk, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan, Kab. Sambas.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa, dalam rilis tertulisnya di Entikong, Kabupaten Sanggau, Jumat (5/3/2021).

Dikatakan Dansatgas, karya bakti ini juga merupakan wujud kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang terus dilakukan Satgas Yonif 642 di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia sektor barat.

“Dalam penugasan yang sudah berjalan selama lima bulan ini, tidak henti-hentinya Satgas Yonif 642 selalu berupaya untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat di tempat penugasan kami ini,” tutur Dansatgas.

Ditempat terpisah, Wadanpos Gabma Sajingan, Sertu Galoh mengungkapkan karya bakti yang dilakukan oleh personel Pos Gabma Sajingan bersama warga Desa Sebunga ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kita bersihkan rumput-rumput liar yang berada di bahu jalan serta di parit, agar lingkungan menjadi bersih dan parit tidak tersumbat lagi, sehingga menjadi nyaman untuk dipandang ketika dilewati,” ungkapnya.

Sementara itu, Bapak Anton Hartono (30 th) salah satu warga Dusun Aruk mengungkapkan, selain untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan semangat kebersamaan antara warga dengan TNI.

“Masyarakat disini sangat senang dengan kehadiran bapak-bapak TNI, karena bapak TNI sudah banyak membantu kesulitan yang kami alami dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. (Pen Satgas Yonif 642).
Diberdayakan oleh Blogger.