NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Personil Babinsa Jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan Jalani Vaksinasi yang berlangsung di Aula Makodim Jl. T.R Angkasa Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (15/03/2021).

Kegiataan Vaksinasi di Kodim 0107/Aceh Selatan di jadwalkan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama ini, personil Babinsa yang ikut di vaksinasi sejumlah 104 Personil.

Dalam pelaksaannya, kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, Poskes TNI wilayah Aceh Selalatan dan Klinik Cayaha Sehat Tapaktuan.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M.Yusuf, S.I.Kom dan di dampingi Perwira Staf Kodim langsung mantau pelaksaanan kegiatan Vaksinasi tersebut. Dalam kesempatan ini juga turut berhadir Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan Novi Rosmita, SE. M.kes.



Plt Kadiskes menyampaikan, alokasi Vaksin terhadap Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan sebanyak 208 Vial, dan pada pelaksanaannya di bagi dalam dua hari.

Kemudian, Plt Kadiskes menyebutkan, pada hari juga dilaksanakan vaksinasi terhadap anggota Polri dari Bhabinkamtibmas Polres Aceh Selatan.

"Jumlah yang kita alokasikan untuk TNI/Polri dari Kodim dan Polres Aceh Selatan banyak 271 vial dengan pembagain 208 untuk Babinsa, 71 untuk Bhabinkamtibmas."ujar Plt Kadiskes.

Sementara itu, Dandim Aceh Selatan mengatakan, Vaksinasi ini terlebih dahulu di peroritas kepada Personil Babinsa. Mengingat para Babinsa ini merupakan salah satu orang yang terlibat langsung dalam penanganan, pencegahan Covid-19 di wilayah.

"Oleh kerena itu, vaksinasi ini kita peroritaskan kepada personil Babinsa, karena mereka selama pandemi covid-19 ini terlibat langsung bersama satake holder di wilayah dalam penangan, pencegahan virus corona tersebut."terang Dandim.

Dandim Aceh Selatan juga memastikan, bahwa seluruh personil dan PNS Kodim pada tahap berikutnya akan menerima Vaksinasi.

Diketahui, pada hari pertama ini kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, dari sejumlah Babinsa yang di vaksin, ada beberapa personil Babinsa yang tidak dapat menerima vaksininasi dikarenakan faktor kesehatan.

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Kebersamaan Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan bersama masyarakat Desa Krueng Kluet Kecematan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan tidak hanya terlihat disaat melakukan pengerjaan pada sasaran fisik.

Akan tetapi, momen kebersamaan ini pun berlangsung di sela waktu istirahat dan saat menyantap makan makanan siang yang di lakukan personil Satgas TMMD Kopda Sulomo bersama Personil TNI lainnya dengan warga setempat di lokasi TMMD, Senin (15/03/2021).

Suasana penuh keakraban tersebut menunjukan kebersamaan antara TNI dengan warga Desa Krueng Kluet yang semakin kompak setiap harinya dalam menyelesaikan program TMMD yang sedang berlangsung tersebut.



Kopda Sulomo menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan guna menjalin dan membangun rasa kebersamaan antara Prajurit TNI Personel Satgas TMMD dengan Masyarakat sekitar.

"Dengan kebersamaan ini tentunya kami TNI menjadi bagian dari keluarga masyarakat setempat, karena hal seperti ini jarang terjadi dan merupakan sebuah momen bagi kami."ujar Kopda Sulomo.

Sementara itu, salah satu warga Desa Krueng Kluet Yusuf menyampaikan rasa bangganya dapat menikmati makan siang bersama prajurit TNI.

"Rasa lelah ketika mengerjakan sasaran fisik tadi hilang sekejab waktu disaat dapat bercengkrama bercanda gurau dengan bapak TNI."tutur Yusuf.

Ia berharap juga apa yang menjadi target sasaran pada program TMMD itu dapat terlaksana dengan maksimal.

"Mengingat, program TMMD ini sangat besar manfaatnya bagi kami dalam peningkatkan kesejahteraan dan perokonomian kami warga desa krueng kluet."tutupnya. [Aan]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES -  Sebuah truk box bermuatan makanan ringan terbalik dan melintang di Jalan Raya Pantura, wilayah kecamatan Tanjung, sehingga sempat menyebabkan arus lalu-lintas macet selama kurang lebih 20 menit. Senin pagi (15/3/2021).

Dijelaskan saksi mata kejadian, Manun (65), warga setempat, mobil box dengan Nopol E 8859 BW, melaju dari arah Kabupaten Cirebon menuju Pemalang dengan kecepatan sedang.

“Mobil box itu tiba-tiba membanting setir untuk menghindari sepeda motor yang menyeberang jalan sehingga terbalik,” bebernya.

Sementara dijelaskan Danramil 04 Tanjung, Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Suyatno melalui Pelda Rullyon, Bati Tuud, kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.40 WIB.



Untuk pengendara, Rosna Sanitra Idrus (37), warga Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku lega karena tidak sampai menabrak pengendara motor yang melintas memotong jalan.

“Saat ini lalu-lintas kembali normal setelah datang mobil derek. Untuk truk dan sopir dievakuasi ke Polsek Tanjung,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa atas insiden itu. Bhabinkamtibmas dan Babinsa Koramil Tanjung, segera meluncur ke TKP untuk membantu mengatur lalu-lintas dengan memberlakukan sistem contraflow sementara. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Berdasarkan peraturan bersama Mendagri dan Menkes no 34 tahun 2005 nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang pedoman penyelenggaraan KKS, dimana Tim pembina provinsi akan melaksanakan verifikasi penghargaan KKS (Kabupaten/Kota Sehat) tingkat nasional tahun 2021, sehubungan dengan itu Tim Pemkab Labuhanbatu melakukan persiapan melalui sosialisasi dan verivikasi di aula BAPPEDA Kabupaten Labuhanbatu jalan Asrol Adam Kecamatan Rantau Selatan, Senin 15 Maret 2021.

Verivikasi ditujukan kepada dua item, yaitu pertama verivikasi Dokumen, dimana tim pembina KKS provinsi melakukan seleksi dan penilaian dokumen kabupaten kota dengan tetap berpedoman pada peraturan Bersama Menteri dan Menkes Nomor 34 Tahun 2005 dan nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005tentang pedoman penyelenggaraan kabupaten kota sehat dengan penyesuaian terhadap undang-undang nomor 23 tahun 2014 yaitu diselenggarakan Dalam 7 tatanan dan telah memenuhi persyaratan pelaksanaan verifikasi KKS tahun 2021.



Kabupaten kota yang baru pertama kali mengikuti verifikasi penghargaan KKS diharuskan mengawalinyadengan kualifikasi pemantapan yaitu tahapan yang diprioritaskan pada dua tatanan penilaian yang meliputi tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Kedua, Verivikasi lapangan, di mana pelaksanaan verifikasi KBS di lapangan akan disampaikan lebih lanjut setelah pelaksanaan verifikasi dokumen oleh tim pembina KKS pusat selesai.

Sebelum membuka acara tersebut, Asisten I Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Drs.Sarimpunan Ritonga,M.Pd, mengatakan, Persiapan menuju kabupaten/kota sehat sekiranya bukan hanya berharap akan sebuah penghargaan semata, namun harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat labuhanbatu dan sekitarnya.

Kebersihan adalah suatu kewajiban yang harus kita lakukan disetiap hari, dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menciptakanya, karena dengan lingkungan yang bersih dapat tercipta masyarakat yang sehat yang mendukung maju dan mundurnya pembangunan daerah.ujarnya.

Ketua Tim Pembina Kabupaten sehat Kabupaten Labuhanbatu Hobool Z,Rangkuti, dalam paparannya menyebutkan, penyelenggaraan Kabupaten sehat sebagai upaya untuk mewujudkan kondisi yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lainnya sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten sehat sendiri merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mendorong terciptanya kualitas lingkungan fisik, budaya, dan produktivitas serta perekonomian yang sesuai dengan kebutuhan wilayah.

Disebutkannya tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu sebagai pembinaan manajemen yang baik maupun teknis penyelenggaraan Kabupaten sehat di tingkat kabupaten dinas kesehatan dan lintas sektor terkait serta meningkatkan pembinaan,bimbingan teknis dan manajemen bagi para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Kabupaten sehat.

melalui penyelenggaraan Kabupaten sehat ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya atau solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut Kabupaten sehat ke depan tidak hanya dipandang sebagai perlombaan atau seremonial semata untuk menaikkan eksistensi pihak-pihak tertentu, dan menjadi di di tolak ukur keberhasilan pembangunan daerah yang mampu menggerakkan masyarakat dalam mewujudkan Kabupaten sehat sebagai tempat layak untuk dihuni. Ujarnya.

Disisi lain Kepala Bidang Kesejahteraan Masyarakat dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska E, Simanjuntak, SKM, mengatakan sangat diharapkan Forum Komunikasi Kabupaten agar bersinergi dengan Forum Komunikasi Kecamatan untuk mencapai target indikator KKS 2021.

Selain Kaban BAPPEDA dan Asisten I, turut hadir mengikuti sosialisasi tersebut, perwakilan OPD terkait, para Camat, perwakilan kebun PTP Janji, PT Pangkatan dan PTPN3. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, NTT - Dalam menjaga kedaulatan negara di perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonif 742/SWY menggelar patroli patok perbatasan negara yang dilaksanakan secara secara terencana dan berkesinambungan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, saat melakukan pengecekan di Pos Fohuk Kipur III yang terletak di Desa Henes Kecamatan Lamaknen Kabupaten Balu NTT, Sabtu (13/3/2021).

Diungkapkan Dansatgas, patroli patok di perbatasan RI-RDTL sektor timur yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 742/SWY bertujuan untuk memastikan kondisi patok batas negara tidak bergeser ataupun rusak, karena hal ini menyangkut tentang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dari 554 jumlah patok perbatasan RI-RDTL sektor timur baru 56 patok yang sudah dicek terdiri dari patok PBN sebanyak 33 patok, CBDRF sebanyak 3 patok dan 20 patok BSP dan keberadaannya masih ada, sedangkan sisanya masih dalam proses pengecekan," ucapnya.

Lebih lanjut Dansatgas menargetkan awal bulan April 2021, pengecekan terhadap 554 patok perbatasan itu selesai dilaksanakan oleh pos jajaran Satgas Pamtas Yonif 742/SWY, sehingga dapat diketahui kondisinya dan dilaporkan kepada Danrem 161/WS selaku Komandan Kolakops.

"Setidaknya sebelum bulan puasa pada April mendatang semua patok sudah diketahui keberadaannya dan kondisinya,” ujarnya.

Dansatgas juga menekankan agar masing-masing pos untuk melakukan patroli patok secara berkala dengan waktu dan personel sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Danpos.

“Utamakan faktor keamanan dan pedomani jadwal yang telah ditetapkan oleh pimpinan dalam pelaksanaan patroli ini,” pungkasnya. (Dispenad)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Beramai-ramai masyarakat Desa Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utra Kabupaten Aceh Selatan sejak pagi hari membantu Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan mengerjakan sasaran fisik pada titik ke dua pembuatan talud, Minggu (14/03/2021).

Antusias warga Krueng Kluet terlihat jelas ikut berperan aktif dalam mensukseskan program TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan tersebut.

Begitu juga dengan Kepala Desa Busran, saban hari ikut mengontrol dan mengatur warganya secara bergantian dalam merampungkan pengerjaan sasaran fisik itu.

Setiap hari, warga kami ikut secara bergantian secara betgotong royong bersama satgas TMMD dalam menyelesaiakan apa yang menjadi sasaran fisik pada program TMMD ini."ujar Kades, Minggu (14/03/2021).



Menurut Kades, keberlangsungan TMMD itu sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, pasalnya, program tersebut membawa perubahan terutama dari segi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Demikian juga, sebut Kades, selain perubahan di segi pembangunan Desa, kegiatan TMMD itu juga menjadi salah satu sarana dalam menambah persaudaraan antara masyarakat dan TNI.

Sementara itu, dalam keterangan Koordinator Lapangan TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Amri Umari. Target persentase pengerjaan fisik pembuatan talud terus meningkat.

"Kita berharap dengan sisa waktu yang ada ini tidak ada hambatan dan hal lain yang dapat memperlambat pengerjaan sasaran fisik, sehingga target waktu dan sasaran dapat tercapai sesuai harapan."tutup Kapten Amri. [Husni]
Diberdayakan oleh Blogger.