NUSANTARAEXPRESS, LABUSEL - Ketua Komda LMR-RI.BPH.NMS Labuhanbatu Selatan memenuhi undangan pemerintah daerah sebagai pemerhati pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) T.A 2022 yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Selasa (23/03/21) di Aula Convention Hall Hotel Grand Suma Blok Songo.

Musrembang Kabupaten Labuhanbatu Selatan dibuka oleh Plh. Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. H. Ahmad Fuad. MM.

Acara Musrembang ini dihadiri oleh Unsur Muspika, Ketua DPRD dan seluruh anggota.

Musrenbang kali ini mengangkat tema "Menumbuhkan Kemandirian Ekonomi dengan Menggerakkan Sektor-sektor Ekonomi Kerakyatan yang didukung Investasi dan Infrastruktur".



Dalam hal ini, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Propinsi Sumatera Utara Sukma Sukanto,ST memaparkan perkembangan Statistik Tahun 2018-2021 menyangkut peningkatan dan penurunan di angka Kemiskinan, Ekonomi, Pendapatan Daerah serta Pengangguran.

Sementara pada lapangan pekerjaan di kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai acuan perbandingan kabupaten lain.



"Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Labuhanbatu selatan Kamallidon Siregar, S.Pd. M.Si ketika berkoordinasi dengan ketua LMR.BPH.NMS Kabupaten Labuhanbatu Selatan Irvan Lubis menjelaskan sekala prioritas pada Musrembang T.A 2022 yang selalu diharapkan lebih baik setiap tahunnya dengan peningkatan lapangan kerja, peningkatan mutu pelayanan kesehatan, pendidikan pendukungan ekonomi, peningkatan pembangunan serta ekonomi kreatif". Jelas Irvan Lubis melalui pesan WhatsApp.



Sementara Irvan Lubis sebagai ketua LMR-RI.BPH.NMS kabupaten Labuhanbatu Selatan lebih menekankan pemahaman bahasa skala prioritas yang diminta jangan meninggalkan pekerjaan yang tertinggal yang belum selesai dikerjakan. [Red]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Satgas TMMD ke 110 Kodim 0107/ Aceh Selatan terus memaksimalkan pengerjaan pada sasaran fisik, seperti yang dilaksanakan hari ini yakni merapikan bahu jalan sepanjang 850 Meter di Desa Krueng Kluet Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.

Warga Krueng Kluet pun terlihat sangat antusias membantu Satgas TMMD dalam merampungkan sasaran fisik pada TMMD Tahun 2021 ini.

Kemanunggalan TNI dengan Rakyat sangat tergambar jelas di lokasi TMMD, Personil Satgas dan warga sangat kompak bergotong royong dalam melaksanakan pengerjaan merapikan bahu jalan dan menyusun batu disepanjang jalan pada sasaran TMMD tersebut.



Koordinator lapangan TMMD ke 110 Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Amri Umari mengungkapkan, bahwa masyarakat Krueng Kluet pada setiap harinya secara bergiliran bekerja dan bergotong royong di lokasi TMMD membantu Satgas.

"Warga ini membantu secara sukarela dan pada setiap harinya bergantian bergotong royong dengan satgas." tutur Kapten Inf Amri.



Kapten Amri menyampaikan, berkat kekompakan dan semangat yang luar biasa antara Satgas dan masyarakat setempat, jalan sepanjang 850 Meter dan juga sasaran fisik lainnya hingga saat ini sudah hampir rampung di kerjakan.

"Semoga semangat gotong royong seperti ini dapat terus lestari untuk selamanya, sehingga segala bentuk pekerjaan dapat terealisasi dengan baik dan maksimal." tutupnya. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS,  BREBES - Bersih-bersih sampah dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes dengan dibantu segenap elemen masyarakat dan TNI Koramil 01 Kodim 0713 Brebes. Rabu (24/3/2021).

Ir. Diding Setyadi, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Brebes mengemukakan, pembersihan sampah di Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah (Parin), Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, dimulai pukul 09.00 sampai 11.30 WIB.

“Selain pembersihan sampah, juga dilakukan sosialisasi bagi pedagang yang mempunyai warung-warung tenda tanpa izin atau tidak mematuhi peraturan Pemda,” bebernya.



Sementara itu, Karnen, SE selaku Ka Korlap OW. Parin menyatakan terima kasih atas bantuan seluruh pihak demi kemajuan salah satu obyek wisata andalan kota bawang ini.

Dirinya mengajak para pengunjung Parin agar tidak membuang sampah sembarangan, karena dengan itu saja sudah sangat membantu pihaknya dalam menjaga keindahan Parin.

Turut andil juga anggota Lanal Tegal, perangkat desa setempat, dan juga para pedagang OW. Parin. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES – Pekerjaan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program TMMD Sengkuyung tahap I Kodim 0713 Brebes, milik Siti Romlah (57), warga Dusun Wiru RT. 3 RW. 5, Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memasuki tahap finishing yaitu pengecatan. Rabu (24/3/2021).

Sasaran renovasi meliputi rangka atap (perbaikan kayu kaso/kuda-kuda, kayu gording, serta genteng), pemasangan dinding kalsiboard, pemasangan 2 unit kusen kayu dan lubang ventilasi, pemasangan 4 unit kaca jendela mati, dan pengecatan.

Dijelaskan Danramil 08 Bumiayu, Kapten Armed Jupriadi melalui Babinsa Pruwatan, Sertu Anang Jatmiko, bahwa Siti Romlah adalah satu dari lima orang warga penerima manfaat program rehab rumah dalam TMMD Sengkuyung senilai Rp. 10 juta untuk setiap rumah.



“Ibu Siti Romlah layak mendapatkan rehab rumah karena tergolong tidak mampu secara ekonomi dan hanya tinggal sendirian,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, kelima rumah warga penerima manfaat mulai dipugar dan dikerjakan pada Selasa, 9 Maret 2021 lalu.

Sementara itu, Siti Romlah menyatakan banyak terima kasih kepada Pemkab, TNI, Pemdes Pruwatan, dan juga seluruh pihak yang membantu melayakhunikan gubuknya yang dahulu, sehingga kini memberikan semangat hidup baru baginya. (Aan S)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Rabu, (21/3/2021), bertempat di ruang data dan karya Bupati Labuhanbatu, melaksanakan agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022. Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2019 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019.

Musrenbang ini dibuka oleh Sekdaprovsu Dr.Ir.Hj.Sabrina M.Si, ditandai dengan pemukulan gong yang dikemas dalam bentuk tatap muka langsung dan melalui video conference. Peserta dalam ruangan acara dibatasi dan mengikuti protokol pencegahan covid-19.



Hj.Sabrina menyebutkan, Musrenbang menjadi instrumen evaluasi capaian kinerja pemerintah Kabupaten , untuk meningkatkan rantai ekonomi, SDM, industri, Pertanian, Pendidikan, dan pendukung kemajuan pembangunan daerah lainya." Semoga dengan musrembang kali ini seluruh program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang maju aman dan bermartabat". Ucapnya.

Disamping itu, PLH Bupati Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang ini diarahkan untuk dapat mensinkronkan pendekatan bottom-up dan top-down secara partisipatif dengan mempertimbangkan aspek teknokratik, dan keputusan yang diambil secara politik (bermusyawarah untuk bermufakat) serta secara substansi berorientasi pada pendekatan Holistik, Tematik, Integratif dan Spasial.



"Musrenbang RKPD dimaksudkan untuk memperoleh arahan, saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022 dengan mendorong dan mengoptimalkan peran aktif masyarakat, stakeholders para pemangku kepentingan dan proses perencanaan pembangunan daerah", jelasnya.

Kemudian Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Heryanto SE, mengatakan, Musrenbang harus menuangkan Aspirasi Masyarakat kedalam pokok pembahasan RKPD dan menjadi momentum utama meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten labuhanbatu di tahun 2022.



Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022 ini diisi dengan Paparan Kepala Bappeda Labuhanbatu terkait Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Daerah, terkait Target dan Strategi Pendapatan Daerah serta mengenai Kebijakan Anggaran dan Belanja Daerah Tahun 2022. Dengan tema "Percepatan pemulihan perekonomian sumberdaya manusia dan pelayanan publik pasca pandemi Covid-19 menuju Labuhanbatu maju dan berdaya saing".

Musrenbang kali ini dihadiri Sekdaprov Sumatera Utara Dr.Ir.Hj.Sabrina, M.Si, didampingi Asisten III Pemprovsu Drs,H.Fitriyus, Para OPD Provsu dan Kabupaten Labuhanbatu, Asisten, Staf Ahli, Camat, Kabag, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat kabupaten labuhanbatu. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Sebanyak 48 orang yang terdiri dari putra dan putri terpilih dalam seleksi calon Paskibraka Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021, demikian diungkapkan Pelaksana harian Bupati Labuhanbatu H. Ir. Yusuf Siagian MMA, yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas (Kadis) Kepemudaan dan Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Pora Budpar) Kabupaten Labuhanbatu Awaluddin Siagian Spd, selasa (23/03/2021).

Menurut Kadispora kegiatan seleksi Paskibraka ini resmi ditutup oleh Plh Bupati Labuhanbatu H Ir Yusuf Siagian Mma, di Gedung Olah Raga JL. WR Supratman, Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Jumat (19/3/2021) lalu.

“Terimakasih kepada para pelatih, personil kodim 0209/LB, personil Polres Labuhanbatu dan Dinas Kesehatan, yang mana kita sudah berusaha semaksimal mungkin, dalam melaksanakan seleksi ini dari tahap awal sampai dengan tahap akhir, pada seleksi calon anggota paskibra kali ini kita tetap melakukan secara profesional dan menyingsingkan kepentingan pribadi,” ungkapnya

Selain itu kata Dispora, pihaknya juga sudah mendapat pilihan yang akan di kirim ke Provinsi diantaranya 2 laki-laki dan 2 wanita, dan untuk mensuport para peserta yang tidak lulus, Kadispora Labuhanbatu, menghaturkan kata kata dukungan, janganlah berkecil hati, karena perjuangan belum usai.

“Ke-empat peserta yang lolos ke tingkat provinsi akan kita kirim pada tanggal 08 April 2021, dan kepada adik – adik yang terpilih untuk berangkat ke tingkat Provinsi saya ucapkan selamat dan siap – siaplah untuk bertanding di sana nanti nya, jagalah nama baik Kabupaten kita, jagalah kesehatan adik – adik, hindarilah jalan jalan agar adik – adik terhindar dari kecelakaan,” jelasnya.

Dan menurut Kadispora Labuhanbatu, untuk seleksi Paskibraka tahun 2021 diikuti oleh 172 orang peserta yang terdiri dari Putra 83 orang dan putri 89 orang dengan jumlah sekolah terdiri dari 27 sekolah SLTA sederajat di Kabupaten Labuhanbatu dan 48 calon paskibraka yang terpilih akan di umumkan melalui sekolah masing – masing.

“Seleksi ini dilaksanakan oleh personil Kodim 0209 Labuhanbatu, Personil Polres Labuhanbatu, Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dan Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu serta Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu,” tambahnya. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, SUMBA TIMUR - Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi mendampingi Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti dalam Kunjungan Kerja Ketua DPD RI di Kabupaten Sumba Timur, Selasa 23 Maret 2021 mengatakan bahwa DPD RI akan terus memperjuangkan pemekaran DOB termasuk calon DOB dari Sumba Timur. Dalam Kunjungan kerja tersebut turut hadir Senator asal NTT, Dr Asyera Wundalero dan Senator Bustami asal Lampung. Sementara dari Pemerintah Sumba Timur hadir Wakil Bupati, dan Pimpinan DPRD.

Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M.Si meminta DPD RI untuk terus memperjuangkan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Sumba Timur. Dirinya meminta agar DPD RI terus menjadi perwakilan daerah yang terus memperjuangkan Daerah Otonomi Baru.



"Saya atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Sumba Timur menyampaikan bahwa Sumba Timur telah mengajukan dokumen pemekaran 3 (tiga) Daerah Otonomi Baru Kabupaten yaitu DOB Sumba Timur Jaya, DOB Sumba Selatan dan DOB Pahunga Lodu ke Kementerian Dalam Negeri tahun 2015 yang lalu, untuk itu kami sangat mengharapkan bantuan DPD RI untuk mengawasal usulan kami," jelas Bupati Sumba Timur.

Bupati Sumba Timur mengatakan selain permasalahan pemekaran dirinya juga mengatakan permasalahan lainnya untuk diselesaikan, hal ini terlihat dari data yang ada bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Sumba Timur masih pada 30,02 persen, "ini merupakan pukulan berat bagi kami untuk dukungan pemerintah pusat dan DPD RI sangat dibutuhkan. Dalam kesempatan ini kami sangat mengharapkan dukungan DPD RI untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi daerah dan masyarakat Sumba Timur melalui berbagai program dan kegiatan pemulihan ekonomi, pembangunan insfrastuktur dasar dan perluasan investasi," tegas Bupati Sumba Timur.

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menjelaskan bahwa Propinsi NTT berpeluang besar terjadinya pemekaran di empat kabupaten yakni, Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten Alor, dan Kabupaten Sumba Timur

Menurut Fachrul Razi selain 3 DOB di Sumba Timur, secara keseluruhan terdapat delapan calon DOB dimaksud yakni Adonara di Flores Timur (Flotim), Kota Maumere di Sikka, Pantar di Alor, Amfoang di Kabupaten Kupang, dan Amanatun di Timor Tengah Selatan (TTS). "Tiga calon DOB di Kabupaten Sumba Timur yang diusulkan Bupati agar segera dimekarkan yakni Pahungga Lodu, Sumba Timur Jaya, dan Sumba Selatan. Ketiga Aspirasi ini kami terima dan akan kami perjuangkan," tegas Fachrul Razi. [*]
Diberdayakan oleh Blogger.