NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Delapan anak asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berhasil lolos seleksi Sekolah Calon Tamtama gelombang I tahun 2021, yang diumumkan di Rindam IV Diponegoro, Kabupaten Magelang, Senin pagi 5 April 2021.

Dibeberkan Koptu Joko Agung Nugroho, anggota Kodim 0713 Brebes selaku pembimbing jasmani sekaligus motivator kedelapan anak, bahwa delapan dari sepuluh anak didiknya berhasil dilantik, sedangkan dua orang lagi gugur saat pantukhir pusat itu di Magelang.

Dari ke-8 anak, dua orang berasal dari Kecamatan Wanasari, 1 orang dari Kecamatan Bulakamba, 4 orang Kecamatan Brebes, dan 1 orang lagi dari Kecamatan Songgom.



“Mereka lulus murni karena rata-rata berasal dari keluarga yang kurang mampu,” terangnya, Selasa (6/4/2021).

Lanjut Koptu Joko, para anak didiknya itu tekun berlatih sejak 1 tahun lalu, bahkan salah satu anak, Hilal Ramadhan (20), Kelurahan Brebes RT. 008 RW. 002, berhasil menurunkan berat badannya dari 90 menjadi 62 kilogram.

“Untuk materi fisik dalam satu minggu 4 hari (Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat) setiap jam 16.00 WIB di Stadion Karang Birahi Brebes, sedangkan pembinaan renang dilakukan setiap Rabu dan Sabtu di Kolam Renang Tirta Kencana, Gor Sasana Adhi Karsa Brebes,” sambung pemegang sabuk hitam (Dan I) Karate Gabdika Shito Ryu Kai ini.



Joko menyatakan bangga dan mendapatkan kepuasan batin tersendiri karena berhasil mengantarkan anak-anak itu menjadi prajurit murni tanpa biaya sepeser pun.

“Mereka akan mulai mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam IV Diponegoro, di Gombong, Kabupaten Kebumen pada tanggal 21 April 2021 mendatang,” tandasnya.

Ia menambahkan, untuk selanjutnya di tahun ini juga, dirinya melatih fisik dan mental dua orang anak Desa Limbangan Kecamatan Brebes, dan anak Desa Klampok Kecamatan Wanasari, untuk persiapan seleksi Akmil.

Sementara itu dari pengakuan Sohari (47), bapak dari Bais Kurniawan (20), anak asal Desa Klampok RT. 08 RW. 05, Kecamatan Wanasari, dirinya menyatakan bangga dan bersyukur karena anak sulungnya dari 3 bersaudara berhasil lulus.



“Hanya terima kasih kepada orang-orang yang membantu anak saya, dan tentunya sujud syukur kepada Gusti Allah atas karunia ini,” ungkap penjual sayur di Pasar Klampok, Kecamatan Wanasari ini.

Sohari juga menyatakan terharu karena Bais memang menjadi harapan keluarga untuk membimbing dan membantu pendidikan adik-adiknya nanti.

“Bais lulus murni tanpa biaya Pak, karena saya sendiri hanya penjual sayur caisim di Pasar Klampok,” pungkasnya.

Untuk sekedar diketahui, Koptu Joko sebelumnya telah berhasil mengantarkan kelulusan anak-anak asal Kabupaten Brebes lainnya, yakni pada tahun 2019 sebanyak 5 orang menjadi Tamtama gelombang I dan 1 orang gelombang II. Selanjutnya tahun 2020, Bintara AL lulus 1 orang. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan Prajurit dan Alutsista dalam rangka membantu korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur dan Barat (NTT-NTB) . Salah satu Alutsista yang disiapkan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban alam di NTT dan NTB adalah  KRI Oswald Siahaan (OWA)-354.


“Hari ini saya telah memerintahkan Kasal untuk memberangkatkan KRI OWA-354 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB,” kata Panglima TNI sesaat sebelum bertolak ke wilayah Natuna, di Lanud Halim Peerdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).


Selain mengerahkan KRI OWA-354, Panglima TNI juga mengerahkan pesawat Hercules C-130 dan Helikopter untuk membantu korban bencana alam di NTT dan NTB. “Selain membawa bantuan untuk korban bencana alam di NTT dan NTB, TNI juga memberangkatkan Prajuritnya untuk membantu evakuasi dan pertolongan pertama,” ungkapnya.


Panglima TNI  menegaskan bahwa saat ini TNI juga menyiagakan pesawat angkut berat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Skadron Udara 32 Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Malang, untuk mengangkut pasukan TNI dan bantuan kemanusiaan. “Pengerahan KRI dan pesawat angkut berat, serta Prajurit TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB, merupakan bagian dari operasi militer selain perang yang memang menjadi salah satu tugas pokok TNI,” tegasnya.


Panglima TNI  juga menambahkan bahwa rencananya TNI akan memberangkatkan Batalyon Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar. “Dikerahkan Batalyon Zeni TNI menuju ke lokasi bencana untuk membantu membersihkan daerah terdampak sekaligus melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujarnya.



Autentikasi :


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Nick Messet, mantan pejuang Organisasi Papua Merdeka (OPM) pernah mengusulkan supaya KKB ditetapkan sebagai kelompok teroris karena pergerakannya yang kerap membahayakan masyarakat sipil. Dan masyarakat Papua pada umumnya tidak setuju dengan eksistensi KKB di Papua karena selalu menimbulkan ketakutan pada masyarakat.

“Saya sudah pernah bilang kalau KKB itu dikategorikan sebagai teroris saja, mereka sudah membuat ketakutan pada masyarakat,” kata Nick.

Dirinya mendukung penuh bila KKB dikategorikan menjadi teroris. Ia menilai jika wacana tersebut sudah tepat sebagai strategi untuk menangkal pergerakan KKB.

“Kalau itu kebijakan pemerintah, sudah tepat menjadikan sebagai teroris, supaya orang Papua tidak dibunuh,” ucapnya.

Nick juga tetap mengingatkan kepada aparat keamanan yakni TNI dan Polri untuk berhati-hati dalam menjaga keamanan di Papua. Ia mengimbau agar aparat keamanan dan pemerintah mengedepankan ruang dialog.
Dari fakta-fakta mengenai sepak terjang yang telah dilakukan oleh KKB selama ini, banyak pihak yang menyampaikan bahwa sepatutnya KKB masuk ke dalam kategori tindak terorisme.

Salah satunya Deputi VII Badan Intelijen Wawan Purwanto yang mensejajarkan KKB dengan organisasi teroris. “KKB pada dasarnya sejajar dengan organisasi teroris yang menjadi musuh bersama dan harus ditindak tegas,” kata Wawan.

Menurutnya, kejahatan yang dilakukan KKB selama ini sejajar dengan aksi terorisme dan sesuai dengan Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas UU No 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi UU.

“Aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB telah menimbulkan efek ketakutan yang meluas di kalangan masyarakat, dan kerap menyebabkan korban jiwa hingga menimbulkan kerugian harta benda,” tegasnya. (**)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, mewakili Pj. Bupati Kabupaten Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, membuka secara langsung pertemuan advokasi peran keluarga cegah stunting 2021 yang digagas oleh dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu di ruang data dan karya Kantor Bupati Labuhanbatu Selasa (6/4/2021).

Disebutkan Sekdakab Labuhanbatu pencegahan stunting sangat penting dilakukan sedini mungkin untuk membebaskan setiap anak khususnya di Kabupaten Labuhanbatu dari resiko terhambatnya perkembangan otak yang menyebabkan tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.Stunting disebabkan oleh multi faktor diantaranya adalah pola pengasuhan anak yang tidak tepat oleh karena itu stanting tidak hanya rentan terjadi pada keluarga dengan sosial ekonomi rendah bahkan stunding juga berpotensi terjadi pada keluarga dengan sosial ekonomi yang cukup baik.



Anak yang dititipkan kepada pengasuh tetapi tidak memperoleh pengasuhan yang baik juga akan meningkatkan resiko kekurangan gizi seperti stanting maka peran keluarga sebagai tempat yang utama dan pertama dalam proses pengasuhan anak menjadi sangat penting.

Sesuai dengan amanah konvensi hak anak kecukupan gizi merupakan salah satu hak anak yang harus dipenuhi agar anak dapat tumbuh berkembang secara optimal. Namun saat ini hal tersebut belum terpenuhi secara maksimal Hal ini dapat ditandai dengan tingginya angka stunting pada balita. Survei status gizi balita Indonesia tahun 2019 menunjukkan prevalensi stanting dari 30,8% pada tahun 2018 menjadi 27,67% pada tahun 2019.

Dihadapan peserta pertemuan, Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, menghimbau kiranya seluruh elemen dan stakeholder terkait untuk selalu bergandengan tangan mencegah dan menindaklanjuti penyebab Stunting di Kabupaten Labuhanbatu tercinta ini.



Dilain sisi, Kepala Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Tinur Bulan, SKM.M.Kes, menyampaikan, pertemuan advokasi tahun 2021 dilatarbelakangi pertunjukan Kabupaten Labuhanbatu sebagai Kabupaten lokus intervensi stunting Berdasarkan keputusan menteri perencanaan pembangunan nasional atau kepala Bappenas nomor Kep, 42/M.PPN/HK/04/2020 tanggal 9 April 2020 perihal penetapan perluasan Kabupaten kota lokasi intervensi penurunan stunting terintegrasi.

Adapun maksud dan tujuan menurut Tinur Bulan,untuk meningkatkan kapasitas stakeholder pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam pencegahan stunting atau gagal pertumbuhan pada anak. Ujar Tinur Bulan.

Pertemuan advokasi dimaksud diikuti 75 peserta yang berasal dari TP.PKK, Kepala Desa, Lembaga Kesehatan, Forum Anak dan OPD terkait. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, BALI - Best Hostels Indonesia bagi-bagi kebahagiaan dalam event K-Popular 2021 Dance Cover Competition & Festival, Bali. Selain menjadi sponsor acara, Best Hostels Indonesia juga membagikan beberapa doorprize berupa kode booking dengan potongan 50% bagi pengunjung booth.

Kehadiran tim Best Hostels Indonesia dalam acara ini semata-mata menjadi ajang untuk menyapa milenial. Ini erat kaitannya dengan tingginya permintaan hostel sebagai kebutuhan mendasar bagi tren traveling milenial.

Sejak beberapa tahun belakangan, hostel telah bertransformasi menjadi salah satu kebutuhan traveling, khususnya bagi generasi milenial. Ada beberapa alasan yang membuat para milenial menjatuhkan pilihan akomodasinya pada hostel.

Alasan-alasan tersebut antara lain, harganya yang lebih affordable, pengalaman baru yang ditawarkan, kesempatan berjejaring lebih luas, hingga desain hostel yang instagramable. Selain itu, kecenderungan milenial Indonesia untuk memilih akomodasi yang praktis dan savvy juga menjadikan alasan hostel banyak diburu.

Model travelling khas milenial juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di destinasi wisata, dibandingkan stay di penginapan. Tren traveling seperti inilah yang membuat hostel jadi akomodasi paling recommended.

Dalam kesempatan menyapa milenial ini, Best Hostels Indonesia juga ingin memperkenalkan fitur terbarunya, yakni fitur eXplore. Fitur ini akan semakin memudahkan traveler untuk booking tiket kegiatan sesuai minat yang diinginkan.

Ada beberapa kategori kegiatan yang ditawarkan dalam fitur eXplore, seperti culture & heritage, culinary, adventure, dan workshop. Namun seiring berjalannya waktu, kategori- kategori ini akan terus meningkat.

Tentang Best Hostel Indonesia

Best Hostel Indonesia atau BestHostels.co.id adalah platform online booking pertama di Indonesia yang berfokus pada hostel. Kehadirannya menjadi fasilitator untuk memenuhi kebutuhan akan hostel yang terus meningkat.

Platform ini juga berkontribusi untuk mendorong kemajuan hostel mitra di seluruh Indonesia. Tidak sekadar membantu memasarkan penginapan, Best Hostels Indonesia juga ikut mengekspose keunikan dari setiap hostel mitra. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya disuguhi oleh fasilitas saja namun juga berbagai nilai plus lain dari masing-masing hostel.



Traveler juga dapat memesan berbagai tiket perjalanan dan pengalaman seru di fitur eXplore dari Best Hostels Indonesia. Keberadaannya akan membantu traveler untuk menemukan penawaran tiket aktivitas sesuai keinginan.

Seiring dengan pertambahan usianya, Best Hostels Indonesia berkomitmen untuk terus tumbuh menjadi jawaban dari kebutuhan traveling milenial.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Aditya Prasapta (Sales & Marketing Consultant Best Hostel Indonesia) 081337802065

pras@besthostels.co.id

NUSANTARAEXPRESSM BALI - Best Hostels Indonesia bagi-bagi kebahagiaan dalam event K-Popular 2021 Dance Cover Competition & Festival, Bali. Selain menjadi sponsor acara, Best Hostels Indonesia juga membagikan beberapa doorprize berupa kode booking dengan potongan 50% bagi pengunjung booth.

Kehadiran tim Best Hostels Indonesia dalam acara ini semata-mata menjadi ajang untuk menyapa milenial. Ini erat kaitannya dengan tingginya permintaan hostel sebagai kebutuhan mendasar bagi tren traveling milenial.



Sejak beberapa tahun belakangan, hostel telah bertransformasi menjadi salah satu kebutuhan traveling, khususnya bagi generasi milenial. Ada beberapa alasan yang membuat para milenial menjatuhkan pilihan akomodasinya pada hostel.

Alasan-alasan tersebut antara lain, harganya yang lebih affordable, pengalaman baru yang ditawarkan, kesempatan berjejaring lebih luas, hingga desain hostel yang instagramable. Selain itu, kecenderungan milenial Indonesia untuk memilih akomodasi yang praktis dan savvy juga menjadikan alasan hostel banyak diburu.

Model travelling khas milenial juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di destinasi wisata, dibandingkan stay di penginapan. Tren traveling seperti inilah yang membuat hostel jadi akomodasi paling recommended.

Dalam kesempatan menyapa milenial ini, Best Hostels Indonesia juga ingin memperkenalkan fitur terbarunya, yakni fitur eXplore. Fitur ini akan semakin memudahkan traveler untuk booking tiket kegiatan sesuai minat yang diinginkan.

Ada beberapa kategori kegiatan yang ditawarkan dalam fitur eXplore, seperti culture & heritage, culinary, adventure, dan workshop. Namun seiring berjalannya waktu, kategori- kategori ini akan terus meningkat.

 

Tentang Best Hostel Indonesia

Best Hostel Indonesia atau BestHostels.co.id adalah platform online booking pertama di Indonesia yang berfokus pada hostel. Kehadirannya menjadi fasilitator untuk memenuhi kebutuhan akan hostel yang terus meningkat.

Platform ini juga berkontribusi untuk mendorong kemajuan hostel mitra di seluruh Indonesia. Tidak sekadar membantu memasarkan penginapan, Best Hostels Indonesia juga ikut mengekspose keunikan dari setiap hostel mitra. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya disuguhi oleh fasilitas saja namun juga berbagai nilai plus lain dari masing-masing hostel.



Traveler juga dapat memesan berbagai tiket perjalanan dan pengalaman seru di fitur eXplore dari Best Hostels Indonesia. Keberadaannya akan membantu traveler untuk menemukan penawaran tiket aktivitas sesuai keinginan.

Seiring dengan pertambahan usianya, Best Hostels Indonesia berkomitmen untuk terus tumbuh menjadi jawaban dari kebutuhan traveling milenial.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Aditya Prasapta (Sales & Marketing Consultant Best Hostel Indonesia) 081337802065

pras@besthostels.co.id

 

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Bencana tidak mengenal hari libur. Kalimat itu yang acap diucapkan Kepala BNPB, Letjen TNI Dr (HC) Doni Monardo. Makna yang tersirat adalah, “petugas kebencanaan” harus senantiasa siaga. Termasuk jika harus melakukan perjalanan marathon atas nama penanggulangan bencana.

“Ini bukan kejadian pertama, di mana kami harus melakukan perjalanan maraton satu daerah ke daerah lain. Setelah kembali ke Jakarta, tak lama berselang harus bertolak lagi ke lokasi bencana yang baru. Nah, itu yang terjadi pagi ini,” ujar Tenaga Ahli BNPB, Egy Massadiah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (5/4/2021) jelang take off ke Maumere NTT.

Sebelumnya, rombongan Ka BNPN baru saja melakukan serangkaian kunjungan terkait kebencanaan dan penanganan Covid. Sejak hari Selasa (30/3/2021) hingga Sabtu (3/4/2021). “Mulai dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, berlanjut ke Mamuju, dan Palu. Esok harinya menuju Surabaya, lalu Bali. Sabtu kembali ke Jakarta, Minggu malam stand by di Halim untuk bertolak meninjau banjir bandang di Pulau Adonara, Flores Timur, NTT. Berhubung cuaca semalam di lokasi tujuan tidak memungkinkan, perjalanan diundur menjadi pagi ini, pukul 05.00 WIB,” ujar Egy.

Seperti diketahui, banjir bandang telah menerjang dua desa di Flores Timur pada Minggu (4/4/2021) pukul 01.00 WITA. Selain itu beberapa wilayah lainnya di NTT juga mengalami hal serupa.

Banjir bandang yang dipicu intensitas hujan tinggi itu, menerjang antara lain Desa Nelelamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kelurahan Waiwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat. *

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Adalah Azzam Muqaff (12), murid kelas 6 SDIT Harapan Umat Brebes, meraih juara pertama ajang panahan putra Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kecamatan Wanasari tahun 2021, yang digelar di SMP Muhammadiyah Sawojajar, Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Minggu (4/4/2021).

Azzam yang merupakan putra pertama dari Pelda Ujang, Ketua Penerangan Kodim 0713 Brebes ini, menyisihkan puluhan peserta dari 20 desa di Kecamatan Wanasari, baik itu anak-anak SMP, SMA, maupun dewasa.



Dikemukakan Daryani, Ketua Panitia AMM Wanasari, kegiatan itu merupakan program kerja yang digelar setiap dua tahun sekali ini diperuntukkan bagi masyarakat umum di wilayah kecamatannya.

“Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah panahan dan tenis meja. Agar lebih meriah juga ada perlombaan rakyat yaitu gobak sodor,” terangnya.

Menurutnya, tujuan dilakukan kegiatan itu adalah ajang pencarian bakat yang seni dan olahraga untuk persiapan Porseni tingkat kabupaten dan diharapkan sampai ke tingkat provinsi.

“Dengan pertandingan panahan dan tenis meja Porseni tingkat kecamatan ini dapat memotivasi anak-anak kami, sehingga giat berlatih kedepannya agar muncul bibit-bibit atlet dari Wanasari khususnya,” tandasnya.



Sementara disampaikan ayah bocah, Pelda Ujang, bahwa apa yang diraih putranya merupakan hasil dari latihan memanah sejak 2018, dibawah bimbingan Tarsono, M.Pd, pelatih Club Brebes Archery, serta rajin berlatih di rumah.

“Walaupun baru tingkat kecamatan, namun Azzam sudah membuat bangga keluarga, Kodim Brebes, dan juga Kecamatan Wanasari,” ujarnya.

Ujang berharap bakat anaknya itu akan mengantarkannya berprestasi ke tingkat yang lebih tinggi lagi sehingga mengharumkan nama Kabupaten Brebes. (Aan)
Diberdayakan oleh Blogger.