NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Komandan kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom jalin silaturrahmi dengan para perangkat Desa Air Pinang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (07/04/2021).

Kegiatan silaturrahmi di hadiri oleh Batuud Koramil 01/Tapaktuan Peltu Wahdi, Kepala Desa Air Pinang dan Seluruh perangkat Desanya.



Pada kesempatan pertama, Kepala Desa Air Pinang mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Dandim 0107/Aceh Selatan yang telah menyempatkan waktu untuk dapat bertatap muka bersilaturrahmi dengan Aparatur Desa Air pinang.

"Ini suatu penghormatan dan penghargaan bagi kami karena telah dapat bersilaturrahmi dengan bapak Dandim."ucap Kades.

Dalam kesempatan ini juga, di hadapan Dandim, Kades Air Pinang sedikit memberikan informasi tentang kondisi wilayah Desa Air Pinang.

Sementara itu, Dandim Aceh Selatan menuturkan, kegiatan merupakan komunikasi guna terciptanya sinergitas dua arah antara Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dengan para Pemerintah Desa, Tokoh Agama atau tokoh masyarakat Desa Air Pinang khususnya agar tercipta sinergi yang baik untuk pembangunan serta keamanan wilayah.

"Kegiatan silaturrahmi ini juga merupakan wadah untuk mendiskusikan banyak hal guna mendorong kemajuan pembangunan bangsa dan negara, terutama di dalam wilayah teritorialnya Kodim 0107/Aceh Selatan."tutur Dandim.

Disela-sela interaksinya, Dandim Aceh Selatan mengajak Aparatur Desa Air Pinang untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan. Termasuk, dalam kesempatan ini, Dandim menitipkan pesan agar dalam hal apapun, terutama terkait Kamtibmas wilayah serta kegiatan di dalam masyarakat agar selalu bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang betugas di Desa tersebut.

Tidak lupa juga, Dandim Aceh Selatan mengucapkan terimakasihnya kepada Aparatur Desa Air Pinang yang telah meluangkan waktu dan kesempatan dalam kegiatan silaturrahmi tersebut.

Di ketahui, kegiatan silaturrahmi itu juga berlangsung dengan Aparatur Desa Lhok Rukam dan Panjupian Kecamatan Tapaktuan. (Husni)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Menjelang pemilihan suara ulang (PSU) pada tanggal 24/4/2021 mendatang, Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi.,M.Si, lakukan kunjungan sekaligus silaturahmi dengan pejabat Forkopimda Labuhanbatu untuk mejàlin komunikasi yang baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilabuhanbatu.

Kunjungan silaturahmi tersebut dilakukan PJ Bupati sejak hari Selasa tanggal 6 April hingga 7 April mendatang, yang mana pertama kalinya, PJ. Bupati Labuhanbatu mengunjungi Kantor KPU, Bawaslu, dan Kajari Rantauprapat.kemudian dilanjutkan pada hari Rabu (7/4/2021) PJ.Bupati mengunjungi Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat, DANDIM 0209/lb dan Kapolres Labuhanbatu.



Kunjungan sekaligus silaturahmi dimaksud dalam agenda kordinasi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam bincang ringan bersama pejabat pemerintahan kabupaten labuhanbatu itu, Muliyadi Simatupang berharap kepada seluruh intansi pemerintahan untuk selalu bergandengan tangan mensukseskan PSU nantinya, Muliyadi juga berharap kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas para pelaku kerusuhan.

Dalam silaturahmi tersebut, PJ.Bupati labuhanbatu didampingi oleh, Asisten I Drs.Sarimpunan Ritonga,M.Pd, Staf Ahli Bupati Ir.H.Jumingan. (Rahmad)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Ondofolo atau Pemimpin Adat Kampung Sereh Sentani, Kabupaten Jayapura, Yanto Hiyo Eluay mengatakan bahwa Otonomi Khusus (Otsus) diyakini banyak mengubah wajah Papua menjadi lebih baik, dan sebelum diberlakukannya Otsus tahun 2001, pembangunan di tanah Papua sangat tertinggal bahkan terpuruk.

“Kondisi Papua sebelum ada Otsus sangat rendah dalam tingkat pembangunan dan kesejahteraan. Faktor dana APBD yang tidak memadai di Provinsi, Kota dan Kabupaten. Juga PAD yang tidak baik dan SDA yang tidak dikelola. Memang kita sangat terpuruk sebelum ada Otsus," kata Yanto yang juga Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua, dalam keterangannya di Papua. Selasa (6/4)

Yanto pun mencontohkan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana di Papua. Pembangunan tersendat lantaran tidak ada anggaran. "Kita harus melihat bahwa pembangunan membutuhkan biaya. Menikmati sarana pendidikan, kesehatan, jalan, membuka suatu keterisolasian daerah, itu semua membutuhkan biaya," ujarnya.

Selanjutnya putra dari tokoh kharismatik Papua, Almarhum Theys H. Eluay ini juga menyoroti tudingan miring terhadap Otsus yang telah berjalan 20 tahun terakhir ini.

"Begitu ada Otsus, banyak sekali perubahan, kemajuan di Papua. Sarana prasarana, rumah sakit, fasilitas kesehatan, pembangunan jalan dan sebagainya. Sekarang orang bicara tidak berhasil? Dulu Anda mau bangun jalan, darimana duitnya?" ungkap Yanto.

Menurutnya, Pemerintah Pusat secara konsisten menggelontorkan dana Otsus ke Bumi Cenderawasih setiap tahunnya dan jumlahnya mencapai ratusan triliun rupiah. Meski demikian, dalam pelaksanaan Otsus, dirinya mengakui belum maksimal dan masih banyak menemukan kekurangan yang harus diperbaiki.

Untuk itu, Yanto mengusulkan pembentukan lembaga khusus setingkat kementerian untuk mengelola Otsus di Bumi Cenderawasih. Yanto meyakini hal itu dapat memaksimalkan pelaksanaan Otsus di akar rumput. (**)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Tiga pilar (Pemdes, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas) Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar lomba kebersihan lingkungan dan pos kamling kreatif tingkat RT, dalam rangka pemberdayaan kebersihan lingkungan dan kondusifitas desa.

Disampaikan Muhamad Rifai, selaku Kades Bantarkawung, lomba tersebut diadakan untuk membangkitkan kepedulian, semangat gotong-royong, dan juga kebersamaan warganya.

“Lomba itu juga untuk meningkatkan kebersihan dan keamanan di Desa Bantarkawung, yang dimulai dari lingkup RT,” ujarnya, Selasa malam (6/4/2021).



Sementara diterangkan Kapolsek Bantarkawung, Iptu Hasari, untuk kriteria penilaian pos kamling yakni kebersihan, kerapian, dan keindahan tempat, kreatifitas, adanya rest area, kelengkapan administrasi, dan apakah pos kamling selalu ditempati setiap malamnya.

Kriteria selanjutnya adalah kelengkapan peralatannya yang berupa kentongan, tongkat-T, senter, lampu emergency, borgol/tali pengikat, kotak P3K, ban lengan Kamling, alat pemadam kebakaran, jam dinding, jas hujan, pengeras suara, serta alat komunikasinya.

“Lomba ini merupakan stimulan untuk meningkatkan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) untuk membantu menjaga kondusifitas wilayah Kecamatan Bantarkawung mulai dari lingkup RT,” bebernya.

Menurutnya, pos kamling merupakan potensi pengamanan swakarsa masyarakat yang berasaskan budaya gotong-royong. Pos kamling juga sebagai sarana menjalin keakraban antar warga.



“Kita tingkatkan kondusifitas keamanan mulai dari lingkup RT sehingga warga merasa nyaman dan aman dengan adanya ronda malam,” tandasnya.

Danramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Nurhadi melalui Serma Marji, Babinsa setempat menambahkan, untuk kriteria penilaian lomba kebersihan meliputi kebersihan jalan, tali air, dan kebersihan lingkungan rumah tangga.

Turut menjadi tim penilai adalah Suranto, S.Sos dari Satpol PP Bantarkawung, dan Team Djarum Coklat yang juga ikut membantu hadiah. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Persempit peredaran narkoba dan aksi kejahatan lainnya seperti penipuan yang melibatkan warga binaan, tim gabungan mendadak melakukan razia di
Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Rantauprapat, Selasa (6/4/2021).

Tim gabungan terdiri dari petugas sipir dipimpin Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas II Rantauprapat, Jayanta dan personel Sat Narkoba Polres Labuhanbatu dipimpin Kanit 1, Ipda Sarwedi Manurung.



Dari hasil razia ditemukan 5 unit handphone genggam merek Nokia, 5 buah baterai handphone, 2 buah kepala charger, 3 buah gunting, 3 buah pisau, 2 buah besi tajam, 3 buah headset, 1 buah kipas angin kecil, 1 buah tali pinggang dan 1 buah besi.

Semua barang yang ditemukan merupakan barang terlarang di Lembaga Permasyarakatan, sehingga barang-barang tersebut disita petugas dan selanjutnya akan dimusnahkan.



Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP Martualesi Sitepu menjelaskan, bahwa razia dadakan adalah bentuk sinergitas Polres Labuhanbatu dengan Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Rantauprapat dalam menjaga kekondusifan warga binaan.
"Ya hari ini kita razia dadakan di Lapas Rantauprapat", Ujarnya kepada wartawan.



Kata AKP Martualesi Sitepu, razia dadakan juga sebagai salah satu upaya mempersempit peredaran narkoba dan kejahatan lainnya yang melibatkan warga binaan. (Her)





NUSANTARAEXPRESS, NATUNA - Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. menyambut kedatangan serta mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., guna meninjau serbuan vaksinasi AstraZeneca tahap II dosis 1 Covid-19 yang di gelar di Hanggar Integrasi Lanud RSA, Jl. Adi Sucipto, Ranai, Kab. Natuna, Selasa (6/4/2021) sore.


Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan tiba di Apron Base Operation Lanud RSA beserta rombongan terdiri dari Asops Panglima TNI, Aster Panglima TNI dan Kapuspen TNI. Sementara Kapolri di dampingi oleh Asops Kapolri, Kadiv Humas Polri, Kadiv Propam Polri serta pejabat dari Mabes TNI dan Polri lainnya.




Di Apron Lanud Raden Sadjad rombongan Panglima TNI di sambut oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, S.H, MH., Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si., Danrem 033/Wira Pratama  Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, S.Hub.Int.,.dan unsur Forkompinda Kab. Natuna.


Selain peninjauan serbuan vaksinasi, dalam agendanya Panglima TNI juga melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan antara lain meresmikan dan pengukuhan Komandan Kapal Perang RI (KRI) Alugoro 405, peletakan batu pertama kantor Mako Guspurla Koarmada 1 dan Posko Keamanan Laut Terintegrasi Gedung Sionban kapal selam di Pelabuhan Fasilitas Labuh (Faslabuh) TNI AL di Selat Lampa Kab. Natuna.


Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi oleh Tim vaksinator dari TNI-Polri sesuai prosedur vaksinasi, mulai dari skrinning dan penyuntikan vaksin serta observasi.


Panglima TNI berpesan kepada prajurit TNI-Polri tetap memakai masker walaupun sudah divaksin. Adapun jumlah personel yang menerima Vaksin AstraZeneca yang bertugas wilayah Natuna sebanyak 1.290 orang, terdiri dari 1.153 personel TNI dan 137 personel Polri.


Serbuan Vaksinasi kepada prajurit TNI tersebut dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk percepatan penanganan vaksinasi Covid-19 menuju Indonesia sehat.Selanjutnya rombongan bertolak melanjutkan kunjungan kerjanya ke Lanud Soewondo, Medan.


Autentikasi

Kapen Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian, M.M.




Diberdayakan oleh Blogger.