NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) kerahkan 21 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk melakukan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali pada Rabu (21/4/2021) dini hari.





“Dari 21 KRI yang kerahkan untuk mencari KRI Nanggala-402 salah satunya adalah kapal selam KRI Alugoro-405. Selain 21 KRI yang melakukan pencarian TNI juga dibantu beberapa kapal dari Polri dan Basarnas,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad, S.I.P. saat memberikan keterangan pers dihadapan awak media terkait hilangnya KRI Nanggala-402, bertempat di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali, Jumat (23/4/2021).





Lebih lanjut Kapuspen TNI mengatakan, bantuan dalam pencarian KRI Nanggala-402 datang dari beberapa negara sahabat seperti Singapura, Malaysia, Australia dan India. Beberapa kapal bantuan dari negara sahabat seperti MV Swift Rescue (Singapura), MV Mega Bhakti (Malaysia), HMAS Ballarat dan HMAS Sirius (Australia) serta SCI Sabarmati (India).





Berdasarkan laporan terakhir, KRI Rimau-724 mendeteksi satu titik magnet yang kuat. Selanjutnya TNI menerjunkan KRI Rigel-933 yang memiliki kemampuan sonar bawah laut untuk memastikan temuan KRI Rimau tersebut.





Menurut Kapuspen TNI saat ini fokus pencarian KRI Nanggala-402 berada di area ditemukannya tumpahan minyak dan deteksi benda bermagnet tinggi. Dengan begitu, diharapkan kapal selam dapat segera ditemukan. “Tim TNI AL saat ini masih menanti kehadiran KRI Rigel yang memiliki sonar. Dengan begitu, temuan benda magnet tinggi bisa dipastikan apakah itu kapal selam Nanggala atau bukan,” ujarnya.





“Tapi tentunya semua wilayah Perairan Utara Bali sedang dilakukan pencarian dengan mengerahkan sedemikian banyak peralatan atau kapal yang ada. Mudah-mudahan segala sumber daya yang ada kita kerahkan, bisa mempercepat untuk mengetahui posisi yang pasti,” ujarnya.





Kapuspen TNI menjelaskan bahwa saat ini KRI Rigel-933 sedang merapat menuju lokasi pencarian dan nantinya Panglima TNI bersama Kapolri akan menyaksikan proses pencarian yang dilakukan oleh KRI Rigel. “Mudah-mudahan KRI Rigel-933 dalam proses pencariannya bisa memberikan gambaran yang jelas,” ucapnya.





Dalam kesempatan tersebut, Mayjen TNI Achmad Riad menyampaikan bahwa saat ini Kasal Laksamana TNI Yudo Margono sudah berada di KRI Soeharso. “Nantinya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan meninjau secara rangsung  proses pencarian KRI Nanggala-402 yang dilakukan oleh KRI Rigel-933,” katanya.





Autentikasi :





Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.







NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU -  Sebanyak 1.564 orang anak yatim akan menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada safari Ramadhan 1442 H, yang di jadwalkan pada hari Jum'at 30 April 2021 mendatang.





Informasi ini didapat dari jadwal safari Ramadhan yang di gagas Pemkab Labuhanbatu dalam hal ini Bagian Kesra Jum'at 23/4/2021, dikantor Bagian Kesra Kabupaten Labuhanbatu jalan Asrol Adam Kecamatan Rantau Selatan.





"Ya, pada tahun ini kita akan berikan santunan kepada 1.564 orang anak yatim dan bantuan vacum cleaner yang ada di labuhanbatu" Ucap Kabag Kesra Labuhanbatu H.Ahmad Sampurna Rambe.





Adapun jumlah mesjid dan Anak Yatim yang menerima bantuan yang tersebar di sembilan Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu yaitu Kecamatan Bilahbarat 10 Mesjid dan 166 orang anak yatim, Rantau Utara 15 mesjid 213 orang anak Yatim, Rantau selatan 15 mesjid 218 anak Yatim, Bilahulu 10 mesjid 165 orang anak Yatim, Pangkatan 7 mesjid 9 orang anak Yatim, Bilahilir 13 Mesjid 202 orang anak Yatim, Panai Hulu 10 Mesjid 162 orang anak Yatim, Panai Tengah 224 orang anak Yatim dan Kecamatan Panai Hilir dengan jumlah anak Yatim yang menerima santunan 120 orang.





Dikatakan Sampurna, karena ini masa pandemi Covid-19 jadi kegiatan ini kita batasi dengan menggelar safari di sembilan titik di sembilan Kecamatan. " Penyerahan bantuan dan santunan juga kita berikan secara simbolis sesuai protokol kesehatan Covid-19" ujar Sampurna. [Rahmad]







NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Tidak ingin gagal dalam pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pilkada serentak kabupaten labuhanbatu pada H-I sesuai jadwal yang ditetapkan pada hari Sabtu 24 Februari 2021, pemerintah kabupaten labuhanbatu dipimpin oleh PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S Pi, M.Si melakukan rapat pematangan persiapan PSU tersebut diruang rapat Bupati Labuhanbatu jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan Sabtu 23/4/2021.





Rapat dimaksud diikuti Sekdakab Labuhanbatu Ir. M.Yusuf Siagian, MMA, Asisten I,II dan III, Seluruh kepala OPD, Para Kaban dan Kabag.





PJ Bupati Labuhanbatu mengatakan, selaku penyelenggara segala sesuatu yang terjadi di lokasi dan suasana PSU menjadi tanggung jawab pemerintah daerah terutama kepala daerah.









"Bagaimana caranya kita harus sukseskan PSU esok, mari kita jaga hingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan".





Terutama ASN, ucap PJ Bupati, harus menjaga sikap dan menahan diri untuk tidak terlibat dalam politik, ini agar kita terhindar dari pidana dan memancing kisruh masyarakat yang dapat disorot media.ucapnya.





Selain persiapan data dan dana, kita juga harus mempersiapkan disamping itu, seperti fasilitas kesehatan maupun BPBD, agar jika terjadi sesuatu kita siap menghadapinya.ini harus kita matangkan.tegasnya.





Menambahi arahan PJ.Bupati, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, menegaskan kepada seluruh kepala OPD untuk berpatisipasi mensukseskan PSU esok dengan turut serta standby di TPS bersama gubernur Sumatera Utara yang direncanakan akan mengunjungi TPS yang terlibat PSU. [Rahmad]







Kue Semprit





Salah satu jenis kue yang cukup mudah untuk dibuat adalah kue semprit. Kue semprit mempunyai bentuk menarik yang dibubuhi selai pada bagian tengahnya.





Tidak hanya pada saat lebaran saja namun kue semprit ini juga bisa dijadikan sebagai camilan sehari-hari bagi Anda beserta keluarga.





Simak resep cara membuat kue semprit berikut:





Bahan- bahan yang dibutuhkan kue semprit:





  • 200 gr tepung terigu
  • 100 gr gula halus
  • 150 gr margarin
  • 1 kuning telur
  • 20 gr coklat keping
  • 25 gr tepung maizena
  • 20 gr susu bubuk
  • ¼ sdt esens vanila




Cara membuat kue semprit:





  1. Langkah pertama adalah dengan cara mengocok gula halus lalu campur menggunakan esens vanila, dan margarin hingga lembut. Beri tambahan kuning telur lalu kocok lagi secara
  2. Jika sudah, maka anda bisa memasukkan tepung terigu, susu bubuk, dan tepung maizena lalu aduk rata.
  3. Langkah selanjutnya, adalah dengan membentuk adonan di atas menggunakan spuit bunga di atas loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin.
  4. Tambahkan keping coklat pada bagian atasnya.
  5. Panggang dengan suhu 140 derajat celscius selama kurang lebih 25 menit.
  6. Setelah matang angkat dari oven dan kue semprit siap untuk disajikan.




Anda bisa menyajikannya di dalam toples untuk menyajikannya pada tamu. Selain menggunakan selai nanas sebagai bahan tambahan Anda bisa pula menggunakan variasi topping seperti selai strawberry dan lain sebagainya.





Sumber: resepkuerenyah.com







Cuma butuh 3 bahan, no mixer





Bahan-bahan





  1. 200 gr Maizena
  2. 2 sachet Skm
  3. 120 gr Mentega/margarin
  4. Boleh tambah coklat bubuk




Langkah





  1. Masukan mentega dan skm kedalam wadah, lalu aduk rata
  2. Setelah tercampur rata, masukan maizena
    Aduk hingga kalis
  3. Bentuk adonan kecil-kecil sesuai selera
  4. Hias adonan optional, bisa gunakan sprinkle/chocochip/almond/meses..
  5. Panggang dalam oven sampai matang
    Lama memanggang tergantung oven yg ada.
  6. Siap disajikan




Sumber: cookpad.com







NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Di tengah Bulan Suci Ramadhan dan pelaksanaan Ibadah Puasa umat Muslim,  Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menggelar Doa bersama pada Kamis (22/04) di Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh prajurit TNI AL se-Indonesia untuk mendoakan keselamatan Kapal Selam KRI Nanggala-402.





Di jajaran Lantamal V, kegiatan doa bersama digelar secara bersamaan, baik oleh prajurit yang beragama Islam dari Masjid At-Taqwa Lantamal V, Prajurit beragama Kristen di Gereja GPIB Galilea Ujung Surabaya, dan prajurit yang beragama Hindu melaksanakan doa di Pure Jala Wira Dharma Koarmada II.









Dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Doa bersama sejalan dengan Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa dalam kondisi saat ini prajurit TNI AL wajib membantu baik dalam melaksanakan aksi cepat tanggap evakuasi kapal selam, maupun melaksanakan doa bersama demi keselamatan KRI Nanggala-402 dan seluruh personel yang ada didalamnya. *







NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), dan sejumlah instansi terkait lainnya untuk mengerahkan segala kekuatan dalam rangka melakukan pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402. Keselamatan terhadap 53 awak kapal yang ada di dalamnya menjadi prioritas utama.





"Saya telah memerintahkan Panglima TNI, KSAL, Basarnas, dan bersama-sama instansi terkait lainnya untuk mengerahkan segala kekuatan dan upaya seoptimal mungkin melakukan upaya pencarian dan penyelamatan. Prioritas utama adalah keselamatan 53 awak kapal," ujar Presiden dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 22 April 2021.





Saat ini Panglima TNI, KSAL, dan sejumlah elemen terkait lainnya tengah memimpin langsung upaya pencarian di lapangan. KRI Nanggala 402 mengalami hilang kontak saat menggelar latihan di perairan utara Pulau Bali pada Rabu, 21 April 2021, kemarin.





Terkait hal tersebut, Kepala Negara menegaskan bahwa pemerintah akan terus mengupayakan yang terbaik dalam pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di dalam KRI Nanggala 402.





"Kepada keluarga awak kapal, saya memahami betul perasaan Bapak dan Ibu semuanya saat ini. Tapi, sekali lagi, pemerintah telah dan akan terus mengupayakan yang terbaik dalam pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di dalam kapal selam tersebut," tuturnya.





Mengakhiri pernyataan, Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar upaya pencarian dan penyelamatan ini diberikan kemudahan dan kelancaran dan seluruh awak yang berada di dalam kapal selam tersebut dapat kembali dalam keadaan selamat.





"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar upaya pencarian dan penyelamatan ini dilancarkan, diberikan kemudahan untuk menemukan kembali KRI Nanggala 402, dan seluruh awaknya dalam keadaan selamat," tandasnya. [Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden]







NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi menahan dua orang anggota DPRD Propinsi Jawa Barat 2014-2019 dan 2019-2024. Dua orang tersangka ini adalah ABS (Anggota DPRD Jawa Barat 2014-2019 dan 2019-2024) dan STA (Anggota DPRD Jawa Barat 2014-2019).





KPK menetapkan ABS dan STA sebagai tersangka dalam perkara dugaan suap terkait pengurusan dana bantuan Propinsi Jawa Barat kepada Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2017-2019.





Perkara ini adalah satu dari banyak kasus yang diawali dari kegiatan tangkap tangan KPK. Pada 15 Oktober 2019 KPK menggelar kegiatan tangkap tangan di Indramayu. Hasilnya, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka.  Selain itu, KPK menyita uang yang terkait dengan perkara sebesar Rp685 juta.





Empat tersangka yang ditetapkan setelah kegiatan tangkap tangan adalah SP (Bupati Indramayu 2014-2019), OMS (Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu), WT (Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu), dan CAS (swasta).





Sekitar Agustus 2020 KPK juga menetapkan tersangka lain yakni ARM yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2014 s.d. 2019 yang saat ini masih dalam proses persidangan pada Pengadilan Tipikor pada PN Bandung.





Kemudian berdasarkan fakta-fakta hasil penyidikan dan persidangan, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup dugaan adanya keterlibatan pihak lain sehingga KPK kembali melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan sejak bulan Februari 2021 dengan ABS dan STA sebagai tersangka.





ABS dan STA diduga menerima sejumlah uang yang berhubungan dengan proposal pengajuan dana bantuan keuangan provinsi Jawa Barat untuk kegiatan peningkatan jalan kepada pihak Dinas PUPR Kab. Indramayu. Tersangka ABS diduga menerima uang dengan total Rp750 juta dan STA diduga menerima uang dengan total Rp1,05 miliar.





Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.





Biro Hubungan Masyarakat





Komisi Pemberantasan Korupsi





Jl. Kuningan Persada Kav 4, Jakarta Selatan





Call Center KPK: 198





www.kpk.go.id





Juru Bicara Bidang Penindakan





Ali Fikri - 085216075917











NUSANTARAEXPRESS, PAPUA BARAT - Satuan Pendidikan (Satdik) 3 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berada di Sorong Papua Barat kembali mendidik putra-putra terbaik Papua dalam program Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI. Pembukaan pendidikan tersebut dipimpin langsung Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat di Mako Satuan Pendidikan (Satdik) 3 Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis, (22/4/2021).





Pendidikan ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Agkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam dalam menghadapi segala ancaman.









Komandan Kodiklatal Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang lolos dalam seleksi penerimaan calon siswa. Dengan keberhasilan ini, para siswa patut bersyukur kepada Tuhan YME yang direfleksikan dalam bentuk perjuangan untuk dapat menyelesaikan semua tahap program pendidikan serta ditingkatkan kemampuannya agar menjadi prajurit tamtama tni al yang bermoral, profesional dan berani





Menurutnya pendidikan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan yang terbagi dalam 3 tahap. Pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan. Pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama 2 bulan





Tujuan Dikmata ini adalah untuk mendidik dan membekali calon tamtama TNI AL menjadi prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialisasi sesuai kejuruannya, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai tamtama TNI AL dimanapun ditempatkan baik di KRIi maupun di staf





Kepada para siswa Dankodiklatal menyampaikan ucapan semangat berjuang untuk meraih cita-cita sebagai prajurit TNI AL dan tetap harus tunjukkan selama dalam pendidikan nanti agar berprestasi dan tumbuh menjadi prajurit TNI AL yang bisa dibanggakan, tidak hanya oleh keluarga, namun prajurit yang dibanggakan oleh bangsa Indonesia





“Mengingat pendidikan di sini tidaklah ringan, fisik dan mental yang kuat mutlak diperlukan dalam menghadapi latihan yang berat sebagai upaya mengubah pribadi saudara yang semula berasal dari masyarakat umum menjadi prajurit matra laut yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak prajurit TNI AL yang memenuhi standar kompetensi, memiliki karakter yang tangguh dan mental kejuangan yang tinggi.” Tegas Dankodiklatal





Hadir dalam pembukaan tersebut Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Direktur Doktrin Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang, Danpasmar III Sorong Brigjen TNI Amir Faisol, S.Sos , Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI Mar Markos, S.E, selain itu hadir pula Dansatdik 3 Sorong Kolonel Laut (P) Friche Flack dan tim satgas Satdik 3 Sorong Kodiklatal. *


Diberdayakan oleh Blogger.