NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Pos Penyekatan Terpadu di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, belum memutarbalikkan kendaraan bermotor yang mengangkut para pemudik. Petugas gabungan dari yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Dishub, Dinkes, Satpol PP, serta pihak terkait lainnya, hanya sebatas melakukan tindakan pencatatan data, pemeriksaan suhu para pengendara dan penumpang, serta memeriksa surat-surat ketentuan pemudi sesuai protokol kesehatan.

Di hari pertama penyekatan pada periode pra mudik dengan pengetatan (22 April-5 Mei) ini, Waka Polres Brebes, Kompol Eko Yulianto S.I.K, MH, memimpin penyekatan para pemudik yang akan masuk wilayah Jateng dari Jabar, di Pos Penyekatan Terpadu Terminal Truk Kecipir, Desa Kecipir, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Sabtu (17/4/2021).

Menurutnya, pihaknya langsung mendirikan pos penyekatan di Kecipir, sehari sejak dikeluarkannya Addendum Surat Edaran dari Kepala BNPB, Doni Monardo, selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, tanggal 21 April 2021, tentang perubahan larangan mudik.



Pos Kecipir ini adalah salah satu dari tiga pos penyekatan. Untuk kedua pos lainnya berada di Exit Tol Pejagan, dan satu lagi di jalur perbatasan Jateng-Jabar di Desa Bojongsari Kecamatan Losari, dimana jalur ini sebagai jalur alternatif dari Ciledug, Jabar masuk ke Brebes Jateng.

Untuk pos penyekatan di Bojongsari untuk menghadang para pemudik yang menggunakan jalur tikus, dimana biasanya dipakai mobil-mobil travel dari Jakarta dan sekitarnya.

Sementara dari wawancara dengan Danramil 05 Losari, Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Muhtadi, ia menjelaskan bahwa sebelum operasi penyekatan, Waka Polres Brebes meresmikan Pos Penyekatan Terpadu Kecipir dan mengambil apel para petugas gabungan.

“Sedang dibangun juga dua pos pendukung yang nantinya untuk tempat istirahat para petugas, karena pelaksanaan tugas nantinya akan diberlakukan selama 24 jam secara bergantian atau shift,” teranganya.

Sementara disinggung terkait larangan mudik, Muhtadi menjelaskan bahwa sesuai petunjuk di masa pra mudik dengan pengetatan ini, petugas belum memberlakukan putar balik kendaraan bermotor jika memenuhi syarat.

“Jadi para pemudik masih boleh melakukan perjalanan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat serta menunjukkan surat negatif covid-19 atau hasil test swab PCR antigen 1x24 jam bagi yang belum divaksin, bukti kartu vaksin dosis 1 dan 2, dan surat jalan atau surat tujuan pulang kampung,” terangnya.

Sedangkan bagi pemudik warga asli Brebes nantinya akan tetap diawasi oleh Satgas Covid-19 di masing-masing desa dengan memaksimalkan posko PPKM Mikro sesuai SOP yang sudah berjalan.

Sekedar informasi sesuai Addendum Surat Edaran Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, nomor 13 Tahun 2021 tanggal 21 April 2021, tentang perubahan peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dan pengendalian penyebaran covid-19.

Adapun perubahan dimaksud adalah, semula waktu peniadaan mudik hanya 10 hari yang dimulai pada H-7 lebaran atau 6 Mei 2021 sampai dengan tanggal 17 Mei 2021, dirubah menjadi satu bulan yakni mulai tanggal 22 April 2021 sampai dengan 24 Mei 2021.

Pemerintah sendiri membagi musim mudik tahun ini menjadi 3 periode, yakni periode pra mudik dengan pengetatan (22 April-5 Mei), periode peniadaan mudik (6-17 Mei), serta periode pasca mudik dengan pengetatan (18-24 Mei).

Pada periode perjalanan di masa larangan mudik, kendaraan bermotor yang diizinkan melintas hanya kendaraan pelayanan distribusi logistik, pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak atau non-mudik dengan mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit atau duka, ibu hamil dan satu pendamping, sedangkan untuk persalinan dapat disertai dua orang pendamping.

Di masa periode ini pula, penumpang kendaraan umum atau pribadi akan diperiksa surat negatif covid-19, jika tidak ada maka akan dilakukan tes antigen atau GeNose C19 acak oleh petugas di lapangan. (Aan)




NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Untuk mendukung tugas pokoknya sebagai Babinsa, tentunya harus selalu berada di wilayah Desa binaannya, hal itu di laksanakan Babinsa melalui kegiatan anjangsana.





Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 04/Sawang Kodim 0107/Aceh Selatan Serda Asyirul Kamil di Desa Ujung Karang Kecamatan Aawang Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (24/04/2021).





Di ungkapkan Serda Kamil, terjun ke wilayah Desa binaanya ini rutin di laksanakan pada setiap harinya. Hal itu untuk mengetahui situasi wilayah sekaligus dalam membangun hubungan emosional dengan warga Desa binaanya.





"Kegiatan ini kita laksanakan untuk mengetahui setiap perkembangan situasi wilayah. Namun di sela-sela kegiatan tersebut, kita juga menyempatkan berinteraksi denga warga agar keakraban dan hubungan tali silaturrahim tetap terjalin dengan baik."ungkapnya.





Saat berada di Desa binaannya ini juga, tak jarang seorang Babinsa terlihat ikut dalam membantu kegiatan yang di lakukan oleh warganya.





Seperti yang berlangsung kali ini. Serda Kamil tidak sungkan membantu warga Desa binaannya tersebut yang sedang memotong kayu bakar.





"Hal seperti ini, kami lakukan untuk lebih mendekat diri dengan warga dan dalam rangka memantapkan kamanunggalan TNI dan Rakyat."tutup Serda Kamil. [Husni]





NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj.Bupati LabuhanbatuMulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si meninjau langsung proses Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilkada Serentak T.A 2020 yang sedang berlangsung di Kabupaten Labuhanbatu. Sabtu 24/04/2021.





Adapun lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikunjungi yaitu TPS 005, TPS 007, TPS 009, TPS 010, TPS 013 yang berada di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan dan TPS 009 serta TPS 017 di Kelurahan Siringo-Ringo Kecamatan Rantau Utara.






Dalam kunjungannya tersebut Sekdaprov Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si berharap agar seluruh panitia bisa bertugas secara maksimal, dan betul-betul teliti dalam melangsungkan proses pemungutan suara ulang, sehingga tidak ada lagi kesalahan yang bisa menimbulkan potensi pemilihan ulang.





"Cukup kali ini aja ya pemilihan ulangnya, untuk kedepannya jangan sampai ada lagi." ungkap Sabrina sambil tersenyum.





Beliau juga berpesan agar seluruh penyelenggara maupun pemilih yang akan mencoblos untuk tetap menjaga Prokes Covid 19.





Turut hadir meninjau lokasi tersebut Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Divisi Hukum Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD., Wadir Reserse Narkoba Polda Sumut AKBP Agus Darojat, S.I.K, MH., Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH., Sekdakab Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, M.MA., Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd., Pimpinan OPD Labuhanbatu, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Camat Rantau Utara H. Turing Ritonga, ST., Camat Rantau Selatan Azhar Rambe, Lurah Siringo-ringo Rustam Effendie, ST, M.AP., Lurah Bakaran Batu Ardi Juliandi Dalimunthe, ST., dan Rombongan. [Rahmad]







NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA memantau pemungutan suara ulang (PSU) pilkada kabupaten labuhanbatu di TPS 005 kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan, Sabtu 24/4/2021.





Kehadiran Sekda dimaksud atas arahan PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.pi, M.Si,pada rapat pematangan pelaksanaan PSU, agar seluruh pihak penyelenggara terlibat untuk mensukseskan PSU Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu.







Dilokasi, Ir. Muhammad Yusuf Siagian melakukan pengecekan para kepala OPD yang ditugaskan mengawasi jalannya pelaksanaan PSU, agar terciptanya kondisi yang sesuai diharapkan pemerintah, yakni aman dan nyaman. dan memastikan bilamana ada oknum ASN yang terdaftar sebagai peserta PSU untuk bersikap netral sesuai amanat Forkopimda Labuhanbatu.





Dari pantauan, dilokasi terlihat aman dan sportif sesuai protokol kesehatan Covid-19 dengan penjagaan dari pihak keamanan dari Polres Labuhanbatu,TNI, Dishub dan tiga kepala OPD Labuhanbatu seperti Kadis P3A Tinur Bulan, Kadis P2KB Lidyawati Harahap, dan Kadisdukcapil Maznil Khoiri.





"Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar, dan masyarakat menentukan pilihan sesuai hati nurani mereka masing-masing tanpa ada yang intervensi, agar tercipta labuhanbatu yang bermartabat sesuai logo labuhanbatu".ucap Tinur Bulan dilokasi. [Rahmad]











NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Labuhanbatu menggelar doa selamat bersama agar pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) berjalan aman dan kondusif di aula pertemuan Polres Labuhanbatu Jln Wr.Supratman rantauprapat Kecamatan Rantau Utara.





Doa bersama itu pun dihadiri Pamatwil dari Polda Sumut Kombes Pol Yus Nurjaman, Asisten III Pemkab Labuhanbatu Zaid Harahap, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kaum Duafa dan Anak Yatim.





Dalam sambutannya, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu yang telah hadir mengikuti doa bersama menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 24 April 2021.





“Polres Labuhanbatu menurunkan 1.520 personil untuk melaksanakan tugas pengamanan PSU di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan,”





Deni berharap, Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang terakhir kali dilaksanakan di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan.





“Mari kita bersama-sama berdoa supaya PSU berjalan aman, lancar dan kondusif. Saya minta PPK, PPS dan KPPS jangan takut dan gentar melaksanakan tugas karena anggota Polri berada di TPS melakukan tugas pengamanan,” harapnya.





Sementara itu, Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, menuturkan telah melaksanakan apel pasukan TNI-Polri. “Kami siap mengamankan pelaksanaan PSU. Orang lain tidak berhak berada di TPS selain penyelenggara dan petugas keamanan. TNI-Polri akan memberikan tindakan tegas bagi pelanggar dan perusuh pelaksanaan PSU,” tegasnya.





Dilokasi yang sama, mewakili Pj Bupati Labuhanbatu, Zaid Harahap, mengucapkan terima kasih dan berharap pelaksanaan PSU ini berjalan lancar dan sukses.





“Pemerintah memastikan tidak ada intervensi kepada KPU, PPK, PPS, KPPS selama pelaksanaan PSU. Kepada penyelenggara untuk melaksanakan tugas dengan profesional. [Rahmad]


Labuhanbatu, Aktual News-Pj.Bupati LabuhanbatuMulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si meninjau langsung proses Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilkada Serentak T.A 2020 yang sedang berlangsung di Kabupaten Labuhanbatu. Sabtu 24/04/2021.

Adapun lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikunjungi yaitu TPS 005, TPS 007, TPS 009, TPS 010, TPS 013 yang berada di Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan dan TPS 009 serta TPS 017 di Kelurahan Siringo-Ringo Kecamatan Rantau Utara.

Dalam kunjungannya tersebut Sekdaprov Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si berharap agar seluruh panitia bisa bertugas secara maksimal, dan betul-betul teliti dalam melangsungkan proses pemungutan suara ulang, sehingga tidak ada lagi kesalahan yang bisa menimbulkan potensi pemilihan ulang.

“Cukup kali ini aja ya pemilihan ulangnya, untuk kedepannya jangan sampai ada lagi.” ungkap Sabrina sambil tersenyum.

Beliau juga berpesan agar seluruh penyelenggara maupun pemilih yang akan mencoblos untuk tetap menjaga Prokes Covid 19.

Turut hadir meninjau lokasi tersebut Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Divisi Hukum Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD., Wadir Reserse Narkoba Polda Sumut AKBP Agus Darojat, S.I.K, MH., Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K, MH., Sekdakab Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, M.MA., Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd., Pimpinan OPD Labuhanbatu, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Camat Rantau Utara H. Turing Ritonga, ST., Camat Rantau Selatan Azhar Rambe, Lurah Siringo-ringo Rustam Effendie, ST, M.AP., Lurah Bakaran Batu Ardi Juliandi Dalimunthe, ST., dan Rombongan. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

 






NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Menindak Lanjuti viralnya Video pemalakan seorang pemuda terhadap supir odong-odong yang sedang menurunkan penumpang di Dusun Suka Jadi Desa Sabungan Kec. Sei Kanan Kab. Labusel.





Hari Jumat tanggal 23 April 2021 "Menurut Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP PARIKHESIT, SIK. MH,  Team 3 Opsnal Resum yang dipimpinan langsung oleh Kanit Resum IPTU SM LUMBAN GAOL, SH, melakukan penyelidikan dan mendapat informasi identitas pelaku, selanjutnya Tim bergerak dan berhasil mengamankan ZFS Alias Zul, 23 Thn pekerjaan mocok-mocok di rumahnya Jl. Khairil Anwar Kab. Labuhanbatu.





Pasalnya ZFS alias Zul videonya yang sempat viral di media sosial sedang melakukan pemalakan pada sopir di sabungan, Labusel.  Zfs alias zul tak sadar aksinya di rekam oleh supir yang pemberani dan kemudian viral di media sosial.





Team Khusus Anti Bandit Polres Labuhanbatu mendapati ZFS alias Zul sedang tidur di kediaman orang tuanya, tanpa perlawanan ZFS alias Zul di bawa ke Polres Labuhanbatu guna proses selanjutnya, berikut barang bukti baju yang digunakan saat melakukan pemalakan, jelas Kasat.  [Her]





NUSANTARAEXPRESS, YOGYAKARTA - Pengamat Sosial Politik Universitas Pasundan Bandung (UNPAS), Dr. Tugiman, S.H., M.Si., mengungkapkan bahwa aksi sadis, brutal dan teror kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau separatis Papua bisa dijerat Pidana Terorisme. 





Dikatakan Tugiman, KKB selama ini telah melakukan aksi-aksi teror yang sebagaimana dirumuskan dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 Jo Undang Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana terorisme.





“Tindak kekerasan yang dilakukan oleh KKB telah menimbulkan korban jiwa yang meluas, merusak fasilitas publik, mengancam keamanan dan keselamatan warga, membuat suasana mencekam dan mencemaskan serta mengancam stabilitas keamanan nasional," kata Tugiman pada Jumat (23/4/2021) di Yogyakarta. 





Lebih lanjut disampaikannya, beberapa indikator tindak pidana terorisme yang dilakukan oleh KKB antara lain adalah pada tahun 2017, kelompok ini melakukan penyanderaan kepada sekitar 1.300 Warga Desa Binti dan Desa Kimbley, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.  





Kemudian, pada 3 Desember 2018 lalu, KKB melakukan pembantaian massal terhadap 31 pekerja PT Istaka Karya di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga, Papua.   Para pekerja tersebut sedang melakukan kegiatan pembangunan jalan Trans Papua, sehingga mengakibatkan 24 orang meninggal dunia.  





"Selama 2019-2020, KKB juga melakukan pembantaian dan pembunuhan terhadap puluhan personel TNI-Polri, dan melakukan penembakan terhadap pesawat pengangkut sipil serta berbagai aksi teror dan kekerasan bersenjata lainnya dengan korban warga sipil maupun aparat keamanan," katanya. 





Tugiman menyampaikan bahwa pada 8 Februari 2021 KKB juga melakukan penembakan warga pendatang asal Makassar. Selain itu KKB juga melakukan aksi biadap menembak mati seorang guru di Kampung Yulukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.





Tidak berhenti di situ, KKB juga melakukan pembakaran rumah dinas Guru, bangunan SD Jambul, SMP 1 dan SMA 1 Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, dan melakukan pembunuhan terhadap guru honorer, pelajar serta warga sipil lainnya. Begitu juga dengan kelompok yang mengatas namakan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) ini juga melakukan pembakaran Heli milik PT Ersa Air.   "Negara bisa menggunakan UU terorisme dalam hal ini karena Inti dari kegiatan  terorisme adalah menyebarkan rasa takut dan cemas di tengah masyarakat untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan (Crime Against Humanity), serta merupakan ancaman yang serius terhadap kedaulatan  Negara, ini tinggal political will pemerintah untuk menyikapinya," pungkas Tugiman. (**)


Surabaya, Aktual NewsKantor Polisi di Surabaya bertambah lagi satu jajaran Polsek, yakni Polsek Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, yang terletak di Jalan Abdul Karim 41 Surabaya dan diresmikan langsung oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhony Isir, Sabtu (24/4/2021).

Polsek dengan type D ini setelah duresmikan, akan langsung melayani masyarakat di 4 Kecamatan wilayah Gunung Anyar serta menjaga Kamtibmas dalam masa bulan puasa serta jelang idul fitri.

Kapolrestabes Surabaya dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan Polsek Gunung Anyar Polrestabes Surabaya, terima kasih serta apresiasi kepada Walikota Surabaya karena telah mendukung terkait dengan penguatan organisasi khususnya Polsek di wilayah hukum Polres Surabaya.

Setelah Polsek Gunung Anyar dan kedepannya ada penguatan kembali yakni di Polsek Sambikerep. Dengan bertambahnya mako Polsek akan meningkatkan pelayanan publik kepada warga masyarakat termasuk juga kegiatan-kegiatan pemeliharaan Kamtibmas.

Wilayah Polsek Gunung Anyar sendiri ada 4 Kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih 58.000 jiwa dan sementara Polsek Gunung Anyar ini masuk tipe D dengan personil 18 anggota.

“Ke depan, akan kita perkuat lagi jumlahnya dalam operasionalnya. Polsek Gunung Anyar ini tidak mempunyai fungsi penegakan hukum, namun lebih banyak ke fungsi Binmas dan Harkamtibmas,” jelas Kombes Pol Isir, Sabtu (24/4/2021).

Harapannya, ke depan Polsek ini akan diperkuat lagi tipenya hingga ke tipe B ataupun ke A.

Sementara, untuk pelayanan penegakan hukum warga dapat melapor ke Polsek Rungkut ataupun langsung ke Polrestabes Surabaya untuk pelayanan gakkumnya.

Lebih lanjut kata Isir, dengan diresmikan Mako Polsek Gunung Anyar, ini adalah bagian dari pada transformasi Polri dalam Polri yang presisi yang salah satunya adalah transformasi organisasi dan juga transformasi operasional serta pelayanan publik juga penguatan pelayanan.

“Terima kasih untuk Bapak Walikota Surabaya juga DPRD kota Surabaya yang telah mendukung organisasi Polri di Polrestabes Surabaya,” tambah Isir.

Harapannya, dengan hadirnya Polsek Gunung Anyar, dapat lebih mendekatkan polisi dengan warga. Karena tanpa warga Polisi bukan apa-apa dan tanpa warga Polisi juga bukan siapa-siapa. [ Red/Akt-21 ]

 

Aktual News

 

Bogor, Aktual NewsBertempat di Masjid Dzikrullah Polresta Bogor Kota yang terletak di Jl. Kapten Muslihat Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah- Kota Bogor, Danrem 061/Sk Brigjen TNI Ahmad Fauzi S.I.P.,M.M. menghadiri kegiatan doa bersama TNI Polri dalam rangka memberikan dukungan moril dan spiritual bagi pencarian KRI nanggala-402, Sabtu (24/4).

Danrem yang berkesempatan memberikan sambutannya, mengajak seluruh jajaran TNI Polri di Wilayah Korem 061 Suryakancana khususnya wilayah Kota Bogor untuk mendoakan yang terbaik bagi KRI nanggala-402 dan juga para ABK yang berada di dalam kapal selam tersebut.

Ia juga mengungkapkan kan rasa simpatinya yang merdalam kepada 53 awak kapal selam nanggala-402 yang sampai saat ini ini belum dapat diketahui keberadaannya, Ia berharap kapal selam beserta para ABK dapat diketemukan dalam keadaan selamat.

” Pengabdian para ABK Untuk Bumi Pertiwi ini adalah satu hal yang sangat luar biasa, apa yang mereka lakukan adalah sesuatu untuk bangsa ini dan untuk keutuhan NKRI.” Ujarnya.

Oleh karena itu ia selaku Komandan Korem 061/SK memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para ABK yang berada didalan kapal selam nanggala-402.
” Dan kami dari jajaran Korem 061/Suryakancana tentunya akan terus berdoa untuk memberikan energi positif bagi keselamatan prajurit TNI yang menjalankan tugasnya menjaga perairan Bumi Pertiwi.” Pungkasnya.

Selain Brigjen TNI Achmad Fauzi, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro juga menyampaikan keprihatinannya terkait hilangnya nanggala-402, dan bahwa ini ia bersama jajaran TNI Polri terus memberikan dukungan moril berupa doa untuk keselamatan para awak kapal selam yang berjuang menjaga perairan Republik Indonesia.

” mari kita bersama-sama mendoakan agar mereka dapat selamat dan tim pencari bisa mendapatkan kekuatan untuk menemukan atau memberikan kabar baik dari keberadaan kapal selam itu.” Ujarnya.

Kegiatan do’a bersama untuk kapal selam Nanggala-402 beserta 53 ABK yang berada didalam kapal tersebut, Turut hadiri Dandim 0606/ Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota, Dandenpom III/1 Bogor, Waka Polresta Bogor Kota, PJU Polresta Bogor Kota, Personil Polresta Bogor Kota, Personil Kodim 0606 Kota Bogor, Personil Denpom III/1 Bogor serta Personil Sat POMAU Lanud Atang Sanjaya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

 

Siantar,Aktual News-Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,S.I.K menerima kunjungan tim asistensi dan supervisi mabes polri dalam rangka operasi kontijensi aman nusa II penanganan covid-19 tahun 2021 yang dipimpin olek ketua Tim Kombes pol Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto,MH, Anggota Tim Kombes Pol Laksana Pol,AKBP Trisuhartanto S.I.K bersama dengan Paping Polda Sumut Kompol S.Sembiring brtempat aula widia satia brata siantar,Sabtu 24 April 2021

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar,S.I.K menyampaikan kepada tim Selamat Datang Di polres pematangsiantar dalam rangka operasi kontijensi aman nusa II penanganan covid-19 tahun 2021 kegiatan ini di ikuti 11 Polres yakni polres pematangsiantar,polres tapteng ,polres tanjungbalai,polres palas,polres batubara,polres Simalungun ,polres Asahan ,Polres Sidempuan ,polres tapsel,polres sibolga dan poilres taput yang dihadiri oleh para kabag ops ,Kasatgas dan operator.

Pada Kesempatan ini ketua tim asistensi dan supervisi mabes polri Kombes pol Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto,MH menyampaikan bahwa tujuan supervisi ini untuk mengetahui sejauh mana penjabaran operasi kontijensi aman nusa II penanganan covid-19 tahun 2021 di wilayah Sumatera Utara ,Sama sama kita ketahui sekarang ini negara india yang paling tinggi masyarakat terserang covid-19 untuk itu saya berharap kepada kita semua anggota polri agar koveratif membatu pemerintah dengan memsosialisasikan kepada masyarakat tentang berbahanya covid-19 memalui bhabinkamtibmas ,maupun babinsa , ketua tim Kombes pol Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto,MH juga mengharapkan, dengan adanya supervisi operasi Aman Nusa II penanganan covid-19 tahun 2021 bisa dilakukan dengan lebih baik lagi.[ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

Solear, Aktual News-Adung warga Kp Kukulu Rt 013/007, Ds Cikareo kec Solear Kab, Tangerang melaporkan Jakaria Alias Priuk warga Kp Bojong Rt 001/006, Ds Pasanggrahan Kec Solear Kab, Tangerang ke Kepolisian Daerah Banten Polresta Tangerang, dengan Tanda Bukti Lapor Nomor : TBL/1410 / K/XII/2020/Resta Tangerang, tanggal 15 Desember 2020, laporan tersebut berdasarkan barang bukti Akta Hibah dengan saksi-saksi 1. Nunu Nursamsi, 2 . Aen

Kuat dugaan laporan tersebut berdasarkan musyawarah di Aula kantor Desa Pasanggrahan terkait sengketa tanah antara Tatang Sumarna dan Jakaria, sebagai catatan Tatang Sumarna adalah ahli waris dari Tanggal bin Mulud sedangkan Jakaria sebagai ahli waris dari Sanah, ada hal aneh dalam musyawarah tersebut disebutkan bahwa tanah tersebut sudah terdaftar di PPATs Kecamatan Solear dengan Akta Jual Beli No 04, namun di pelaporan kepolisian Adung melaporkan Jakaria Alias Priuk dengan barang bukti Akta Hibah namun sayang Akta Hibah yang dijadikan barang bukti pelaporan tidak di jelaskan Nomor Akta Hibahnya dan kuat dugaan pelaporan tersebut ada unsur paksaan.

Didalam pelaporan tersebut Jakaria Alias Priuk dilaporkan dengan perkara pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin dengan pasal 406 KUHPidana dan pasal 167 KUHPidana dengan waktu kejadian sekitar bulan November 2020, jam 11:00 WIB, tempat kejadian Kp Bojong Rt 001/006, Ds Pasanggrahan Kec Solear Kab, Tangerang yang menjadi pertanyaan besar Jakaria Alias Priuk telah dilaporkan oleh Adung dengan pasal tersebut di atas namun hingga saat ini Jakaria Alias Priuk sudah beberapa kali di panggil oleh penyidik Unit harda Polresta Tangerang sebagai saksi, awak media AktualNews sudah beberapa kali mewawancarai Jakaria Alias Priuk terkait pemanggilan dirinya oleh penyidik Unit harda Polresta Tangerang.

Hingga terbitlah surat panggilan Nomor : S pgl/440/IV/1.2./2021/Reskrim untuk yang kesekian kalinya, Jum’at 17:32 WIB awak media AktualNews kembali mewawancarai Jakaria Alias Priuk di kediamannya, Jakaria Alias Priuk mengatakan sebagai warga negara yang taat hukum dirinya datang ke ruangan penyidik unit harda Polresta Tangerang guna memenuhi panggilan penyidik atas dirinya yang telah dilaporkan oleh Adung, dengan laporan pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin.

Hal aneh jika permasalahan atas laporan pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin, dengan adanya dua ( 2 ) orang saksi atas laporan tersebut seharusnya sudah ada yang menjadi tersangka atau laporan tersebut sudah P21 sebab laporan tersebut dibuat pada tanggal 15 Desember 2020 namun hingga kini tepatnya tanggal 24 maret 2021 laporan tersebut belum P21 padahal pelapor dan yang dilaporkan jelas hanya dua belah pihak dan 2 orang saksi.

Yang menjadi pertanyaan besar berapa hari masa atau waktu pelaporan tersebut berlaku atau berapa hari berakhirnya waktu pelaporan.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

 

Solear, Aktual News-Merujuk dalam musyawarah pada hari minggu tanggal 25 Oktober 2020 telah diterbitkan lampiran “Berita Acara” terkait permasalahan tanah di blok IV, Kp Bojong Rt 001/006, seluas 400 M2, Ds Pasanggrahan, Kec Solear Kab, Tangerang antara Tatang Sumarna sebagai kuasa dari ahliwaris Tanggal bin Mulud dengan Martin Lubalu ( sebelum di cabut kuasanya sebagai kuasa ahliwaris-Red ) sebagai kuasa dari ahliwaris Sanah ( Almh- Red ), dari berita acara tersebut dijelaskan, 1 . SPPT tahun 1995 yang di keluarkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab, Tangerang tertanggal 03 April 1995 atas NOP : 36.19.012.005.004.0280.0.

2 . SPPT tahun 1995 yang di keluarkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab, Tangerang tertanggal 02 Januari 2020 atas NOP : 36.19.012.005.004.0280.0.
3 . Akta jual Beli No. 04/SOLEAR/2018, tertanggal 08 Januari 2018 yang dibuat dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah sementara ( PPATs ), Kecamatan Solear beserta lampirannya, dan AJB tersebut ditanda tangani oleh Camat Solear Samsu, S, Sebagai PPATs nya saat itu

Dari penelusuran awak media AktualNews ada indikasi dan kuat dugaan dokumen AJB tersebut digandakan jika melihat dari berita acara dalam musyawarah seperti disebutkan di atas bahwasannya lahan atau tanah yang terletak di kp Bojong Rt 001/006, desa Pasanggrahan Kec Solear Kabupaten Tangerang telah terdaftar dalam bentuk AJB No 04/Solear/2018, tertanggal 08 Januari 2018, dihadapan PPATs Kecamatan Solear, setelah ditelusuri ke PPATs kecamatan solear tanah atau lahan tersebut terdaftar dalam bentuk Akta Hibah No : 04/SOLEAR/2018.

Dari berita acara dalam musyawarah tersebut di jelaskan tanah atau lahan tersebut telah terdaftar dalam akta jual beli namun dilain pihak tanah atau lahan tersebut juga terdaftar dalam Akta Hibah dengan nomor registrasi sama ya itu No : 04/SOLEAR/2018, tertanggal 08 Januari 2018 dan di ketahui atau ditanda tangani oleh Samsu, Camat Solear sebagai PPATs, dugaan adanya pemalsuan dokumen antara AJB dan Akta Hibah dengan nomor registrasi yang sama dan yang menjadi pertanyaan besar di AJB dan Akta Hibah tanah tersebut berada di Kp Bojong Rt 001/006, desa Pasanggrahan tetapi nomor objek pajaknya berada di Kp Cipinang Rt 002/005, Ds Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang.

Dari dua hal tersebut menjadi dasar adanya dugaan pemalsuan dokumen AJB dan Akta Hibah yang dikeluarkan oleh PPATs Kecamatan Solear.
[ Red Akt-26 Har ]

 

Aktual News

Siantar,Aktual News-Diawal tahun 2021 lalu, PT. Perkebunan Nusantara IV ( PTPN IV ) pada rapat kerja dengan tagline Petarung N IV dengan perjuangan luar biasa untuk bisa meraih kejayaan. Pada saat direktur PTPN IV, Sucipto Prayitno juga menyampaikan rencana kerja jangka panjang PTPN IV mulai dari road Map PTPN IV, proyeksi RJPP tahun 2020 s/d 2024 serta transformasi keuangan jangka panjang.

Nah, dalam menindak lanjuti, rapat kerja tersebut, serta untuk meningkatkan capaian produksi setiap unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV, akan bertarung menggali potensi yang ada, tentunya dengan tidak melupakan program new normal yang diterapkan di PTPN IV.

Dari data yang diperoleh, triwulan pertama tahun 2021 capaian produksi di beberapa unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV mulai meningkat.

Khusus di wilayah kerja Distrik III yang terdiri dari 8 unit usaha pada triwulan pertama tahun 2021 kebun Adolina tampak menduduki peringkat I pada capaian produksi tertinggi dengan total 28,13 % terhadap RKAP tahun 2021.

Tidak hanya itu, peningkatan protas selama tiga tahun terakhir untuk kebun se Distrik IV juga tampak mengalami kenaikan, sebab dari Januari 2021 sampai dengan saat ini untuk kebun se Distrik III telah mencapai 5,5 ton / Ha dan angka ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada diangka 5,40 ton/Ha. Hal ini dibenarkan oleh Oktafif Andre Lubis SH, selaku Kabid SDM Umum dan Keamanan distrik III kepada Aktual News.

Sebagai peraih produksi tertinggi se wilayah Distrik III, kebun Adolina PTPN IV, dalam menjalankan bisnis tetap berupaya meningkatkan kinerjanya. Manager kebun Adolina Ihsan melalui Asisten Personalia kebun unit kebun Adolina, Michel sakti purba membenarkan, capaian produksi kebun Adolina berada di posisi atas se Distrik III dan dari data yang diterima, peningkatan capaian produksi tersebut berhasil di raih dengan berbagai upaya pencapaian RKAP tahun 2021 diantaranya melakukan panen kaveld tersendiri pada tanaman ulang, kemudian perbaikan jalan langsiran pada daerah sentongan sentongan. Kemudian peningkatan BRT dengan pemberian kairomix dan Hatch and Carry pada tanaman, meminimalisir restan dengan perbaikan jalan dengan alat berat melalui pemberian batu padas serta sirtu dari mitra Kuring serta upaya pencegahan serangan hama melalui EWS yang benar, melaksanakan Light trap. Menanam tanaman beneficial plant, pelepasan predator, serta melakukan pencegahan pencurian dengan meningkatkan soliditas tim pengamanan satpam JWM, Afdeling serta Muspika serta melakukan patroli oleh Karpim dan perangkat Afdeling.

Selain berbagai upaya diatas,kebun Adolina juga dikenal sebagai kebun yang memiliki kepedulian sosial yang dikelola oleh PTPN IV melalui program CSR.

Unit Kebun Pabatu
Kebun Pabatu yang terletak di wilayah kabupaten Serdang Bedagai dikenal sebagai salah satu unit usaha yang dikelola oleh PTPN IV dan dalam menjalankan program kerja sebagaimana Tagline petarung N IV, kebun Pabatu juga telah berhasil meningkatkan kinerja dan pada triwulan pertama tahun 2021 kebun Pabatu berhasil menduduki posisi ke dua dalam pencapaian produksi se Distrik III.

Manager unit kebun Pabatu, Masaeli Lahagu ketika ditemui di ruang kerjanya Senin, 19 Apri 2021 mengatakan bahwa upaya peningkatan capaian produksi di unit kebun Pabatu juga dilakukan semaksimal mungkin dan hal ini terbukti dengan berhasilnya kebun Pabatu menempati posisi kedua pada triwulan I tahun 2021 dalam pencapaian produksi se Distrik III.

Untuk capaian produksi di triwulan pertama tahun 2021, manager kebun Pabatu memberi data melalui askep kebun Pabatu, Aulia Irvan dimana dari data capaian produksi tahun 2021terlihat terus mengalami peningkatan. Dengan areal tanaman menghasilkan seluas 4400 ha, sejak bulan Januari hingga Maret 2021 capaian produksi di kebun Pabatu tampak mengalami kenaikan dan hingga triwulan pertama, kebun Pabatu mampu memperoleh capaian produksi sebesar 20, 06 % terhadap RKAP.
Sebagaimana unit kebun lainnya yang dikelola oleh PTPN IV, kebun Pabatu juga sebagai perusahaan yang sangat peduli terhadap lingkungan, dan untuk menjaga aset perusahaan termasuk yang berkaitan dengan upaya peningkatan capaian produksi kebun Pabatu juga melakukan pengamanan. [ Red/Akt-35/Ansary Nasution ]

 

Aktual News

 

Simalungun,Aktual News-Tekait Keberadaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Simalungun tak pernah lepas dari kesulitan. Namun keseriusan pemerintah dalam hal membantu meringankan beban warga petani, hingga kini masih terus diamati.

Berapa bulan lalu, petani di Kabupaten Simalungun mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi. Tapi kini, setelah pupuk bersubsidi tersedia di kios-kios yang ada di tiap Nagori atau desa, harganya malah melambung tinggi membuat para petani mengeluh.

“Dari yang kita dapat, Dari warga petani di Sidamanik membeli pupuk urea Rp170 ribu per zak, padahal harga eceran tertinggi saat ini hanya Rp112 ribu,” ungkap seorang warga yang tidak mau disebut namanya kepada awak media, Sabtu (24/4/21).

Menurut warga, bahwa tingginya harga pupuk subsidi tersebut sangat tidak masuk akal. Jika dihitung dengan menambahkan uang transport dan lain-lain, tidak sepantasnya harga pupuk tersebut mencapai Rp170 ribu/zak nya.

“Tidak masuk akal, bahkan ditambahkan pun dengan uang ini itu, jumlahnya tidak sampai segitu. Ini jelas sangat membebani petani,” bilangnya.

Namun dengan tingginya harga pupuk subsidi tersebut, warga mempertanyakan kinerja Dinas Pertanian dalam pengawasan, dan komitmen DPRD Simalungun dalam mengontrol pendistribusian pupuk bersubsidi di Simalungun.

“Dimana pengawasan dari Dinas Pertanian, kemudian komitmen DPRD juga tidak ada, padahal waktu kita RDP, mereka janji akan mengawasi pendistribusian pupuk ini, nyatanya hanya omong kosong,” ucap warga.

Tapi apa yang dikatakan warga ini tidak dibantah petani yang ditemui. Salah satunya Nr, kepada awak media.petani itu mengatakan, mereka para petani sangat terbebani mahalnya pupuk subsidi tersebut, hingga Rp170 ribu/zak.

“Kalau segitu ngapain pake kata subsidi, yah nama dihapus saja,” kata Nr dengan nada geram. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

Aktual News






NUSANTARAEXPRESS, SELATPANJANG - Personel Propam Polres Kepulauan Meranti membagikan sembako gratis untuk warga kurang mampu sekitar Mako Polres di Desa Gogok Darussalam, Jum'at (23/04/21).





Paket sembako tersebut diantarkan langsung ke rumah masing-masing penerima guna menghindari kerumunan, dan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.





Paket sembako yang diberikan berisikan beras, telor, minyak goreng, susu, teh celup, gula, dan indomie.





Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, melalui Kasi Propam Ipda Ali Afrianto SH mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat, khususnya di bulan suci Ramadan 1442 hijriyah.





"Dengan bantuan yang diberikan semoga dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama saat pandemi covid-19 ini, "ujarnya.





Ali menjelaskan, selain menyerahkan sembako, dalam kesempatan itu pihaknya juga menyampaikan imbauan tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19.





"Tetap ikuti anjuran pemerintah dengan disiplin protokol kesehatan yakni, memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun, "pesannya.**





Laporan: Martin Raigon. S





[MEG]







NUSANTARAEXPRESS, JABAR - Jumat Berkah, Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XLIII Yonif Raider 300/Bjw membagikan takjil gratis untuk warga yang melintas di Jalan Arya Wiratanudara tepatnya depan Asrama Yonif Raider 300/Bjw.





Hal tersebut yang di sampaikan Danyonif Raider 300/Bjw, Letkol Inf Jani Setiadi dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Jumat 23 April 2021.





Dikatakan Danyonif, Bahwa kegiatan yang dilaksanakan Ibu-ibu Persit Yonif Raider 300/Bjw yaitu membagi-bagikan takjil merupakan kegiatan yang sangat membantu masyarakat yang belum sempat membeli untuk membatalkan puasanya.





Pembagian takjil yang di pimpin langsung oleh ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIII Yonif Raider 300 PD III/Slw Ny. Leslie Prapipta Iriani mengatakan, aksi sosial pembagian takjil Sebanyak 100 paket tersebut merupakan bentuk kepedulian Persit kepada warga masyarakat.









“Dengan adanya kegiatan bagi-bagi takjil seperti ini, setidaknya kita bisa membantu masyarakat yang masih dalam perjalanan untuk sekedar berbuka puasa. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, dimana masyarakat banyak yang membutuhkan bantuan,” ujarnya.





“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membawa berkah bagi semua warga muslim yang berada disekitaran wilayah Cianjur, terutama untuk keterlibatan Ibu Persit dalam kegiatan ini juga dapat meningkatkan tali silaturahmi dan kedekatan antara TNI dan Rakyat, sehingga semakin memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat”,





Beberapa warga yang mendapat pemberian takjil untuk berbuka puasa turut memberikan apresiasinya, salah satunya datang dari Bapak Usep 40 Th salah satu tukang ojek menyebutkan, “Kami sangat bersyukur sekali, seraya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya, karena hari ini mendapat berkah berupa takjil gratis sebagai makanan berbuka puasa dari Ibu Persit Yonif Raider 300/Bjw". [Pen Yonif Raider 300/Bjw]







NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Sah berbadan hukum Partai Indonesia Terang (Pinter) siap implementasikan program-program strategis untuk rakyat. Badan Hukum Partai Indonesia Terang (Pinter) ditandatangani hari ini di Jakarta, Jumat (23/4/2021) oleh pendiri partai Dr.(Cn) Hj. Rizayati, dan sejumlah pendiri lainnya.





“Alhamdulillah, di Jumat yang penuh berkah ini, Partai Indonesia Terang resmi berbadan hukum. Ini menjadi pijakan kami untuk mengibarkan di seluruh pelosok nusantara, sekaligus mengimplementasikan program-program strategis untuk rakyat. Mohon doanya,” kata Hj. Rizayati.





Hj. Rizayati mengungkapkan kelahiran Partai Indonesia Terang (PINTER) berawal dari deklarasi oleh sejumlah pendiri dari berbagai pelosok tanah air pada 1 September 2020 lalu, di Hotel Kempinsky, Jakarta.





“ Usai deklarasi para deklarator banyak berkonsultasi ke Subdit Partai Politik Kemenkum dan HAM untuk kepentingan verifikasi Badan Hukum, sembari itu pula trus dilakukan kegiatan koordinasi dan konsolidasi daerah dalam rangka pembentukan DPW, DPC, DPAC dan sebagainya,” terang Hj. Rizayati, pengusaha asal Bumi Serambi Mekah, yang juga pencetus program Indonesia Terang.





Hj. Rizayati mengatakan sejak dideklarasikan hingga saat ini, pihaknya masih terus melengkapi syarat yang dibutuhkan oleh Kemenkum dan HAM untuk kepentingan verifikasi Badan Hukum dan verifikasi faktual oleh KPU RI.





“ Insya Allah target kita adalah ikut Pemilu 2024,” ujarnya.





Sejumlah DPW, DPC, dan DPAC masih terus diupayakan untuk terbentuk, karena itu bagian dari syarat formil dari Kemenkum & HAM sendiri. Disamping itu pihaknya juga masih melengkapi ragam macam keperluan administratif lainnya mulai dari DPP sampai dengan DPAC.





Sebagai partai politik yang peduli terhadap keberpihakan rakyat, Partai Indonesia Terang terus mengimplementasikan program-program strategis yang bersentuhan langsung dengan kepentingan rakyat.





“Program strategis kami adalah pemberdayaan UMKM, realisasi lampu PJU-TS untuk wilayah-wilayah terpencil yang belum tersentuh listrik negara di seluruh Indonesia, pembinaan kelompok tani, pondok pesantren dan sejumlah program sosial lainnya,” pungkasnya. *







NUSANTARAEXPRESS, PURWOREJO - Sedikitnya 11 orang ditangkap oleh aparat kepolisian dan sedikitnya 9 orang luka-luka terkait ratusan warga Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Puworejo yang bentrok dengan aparat kepolisian Resor Purworejo, Jumat (23/4/2021).





Petugas Polres Purworejo bersama TNI Kodim 0708 hendak membersihkan material pohon dan ranting serta batu yang melintang dan menghadang di jalan raya. Namun warga yang menolak tanah Desa Wadas, yang akan diambil batu untuk material pembangunan Bendungan Bener, menutup jalan menggunakan material pohon dan ban bekas, sebagai wujud penolakan dilakukannya sosialisasi dalam rangka inventarisasi dan identifikasi bidang tanah di Balai Desa Wadas.





Karena blokade tersebut, sosialisasi pindah ke aula kantor Kecamatan Bener. Warga yang mendapat undangan sosialisasi dijemput dan diantar oleh petugas Polres Purworejo.





“Kami mendapat laporan jika terjadi penutupan jalan di Desa Wadas, maka kami bersama petugas kepolisian dibantu Brimob Kutoarjo dan anggota Kodim 0708 datang ke lokasi untuk membuka jalan itu,” ungkap Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito.





Rizal mengatakan jalan yang ditutup oleh warga merupakan jalan umum dan jalan Kabupaten yang melintasi Desa Wadas, maka petugas harus untuk membuka akses jalan itu bagi kepentingan umum.





“Ini jalan kabupaten, tidak boleh kelompok masyarakat tertentu kemudian menguasainya dan melarang orang lain untuk melintas. Ini sama saja dengan mengganggu ketertiban umum sehingga harus ditertibkan,” tegasnya.





Kapolres mengaku telah melakukan himbauan berkali-kali kepada warga, namun warga tidak mengindahkan peringatan. Warga yang tergabung dalam organisasi Gempadewa dan Wadon Wadas tetap bertahan dengan duduk menghadang petugas maka dengan terpaksa blokade jalan dibuka.





Bentrok terjadi saat pembubaran blokade. Ada yang melempari petugas dengan batu sehingga petugas menembakan gas air mata dan menangkap orang yang terindikasi sebagai provokator.





“Kami bersama pak Wakapolres telah menghimbau berulang kali dan ini saya yakin ada yang memprovokasi, setelah kami cek mereka tidak kenal satu sama yang lainya. Dan itu merupakan orang luar bahkan bukan orang Purworejo yang sengaja akan mengganggu keamanan di Purworejo ini,” pungkas Rizal. *





NUSANTARAEXPRESS, SIAK – Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMR-RI) Komda Siak terus melakukan gerakan sosial “Jum’at Berbagi”, hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Komda Sia Abdul Azis saat di lapangan, Jum’at (23/04/21) kepada NusantaraExpress.





Bantuan sosial untuk warga yang membutuhkan kali kali ini yang menjadi sasaran Komda Siak adalah Kampung Bandar Sungai dan Kampung Belading Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak Provinsi Riau.





Pantauan NusantaraExpress, seperti biasa, paket yang diberikan adalah; Beras, Minyak Goreng, Telor, Mie Instan dan Gula Pasir.









Bantuan sosial ini langsung diberikan oleh Ketua Komda Siak Abdul Azis kepada yang bersangkkutan dengan didampingi oleh jajaran Komda Siak.





Ketua Komda saat ditanya oleh NusantaraExpress, siapa yang berhak mendapatkan bantuan ini?





Tentunya yang berhak menerima. Dan siapa saja, kami akan mendeteksi secara acak, baik dari informasi warga ataupun informasi dari tim intelijen kita di lapangan.





Sampai Kapan Program ini dijalankan?





Program ini terus akan kami lakukan





"Ucapan tak terhingga kepada Ibu Srirani sebagai salahsatu donatur di LMR-RI Komda Siak, sehingga program sosial ini berjalan dengan semestinya". Jelas Abdul Azis





Harapannya kedepan, akan lebih banyak lagi bermunculan donatur-donatur di Jum’at Berbagi ini. "Semoga sembako ini bisa bermanfaat dan menjadi berkah. Tentunya memberikan senyum yang indah yang bertepatan di bulan Suci Ramadhan 1442 H. Jangan dinilai dari harga ataupun bentuk. Apapun yang kami berikan murni  bentuk kepedulian. [Red]







NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Seiring dengan masuknya kembali bulan Ramadan di masa pandemi, umat Muslim di Indonesia sudah semakin terbiasa dengan tradisi baru, yaitu berkumpul secara virtual dan merayakan kebersamaan secara online. Ruang keluarga di rumah kini menjadi ruang pengalaman digital yang memampukan setiap orang untuk saling berkomunikasi, bekerja, mencari hiburan, dan berbagi informasi. 





“Berangkat dari hal tersebut, Facebook, bersama dengan segenap konten kreator terdepan di Indonesia, kembali menggulirkan program-program unggulan di Facebook Watch yang dapat menemani orang-orang di Indonesia menanti waktu sahur atau ngabuburit selama Ramadan tahun ini. Dari program masak yang menampilkan resep makanan dan minuman yang mudah dan lezat, acara bincang-bincang Ramadan santai yang berbicara mengenai beragam topik #BulanKebaikan, hingga acara hiburan serial yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga tersedia semua di Facebook Watch,” jelas Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan, untuk Facebook di Indonesia.  





Berikut adalah 12 program unggulan di Facebook Watch untuk Ramadan 2021:  





Anang Hermansyah 





Siapa yang tak kenal Keluarga A6? Selama bulan Ramadan ini, Mas Anang dan Bunda Ashanty akan berbagi momen seru dan spesial mengurus buah hati tercintanya, Aurel, Azriel, Arsy dan Arsya. 





Gen Halilintar 





Gen Halilintar akan berbagi keseruan dan keceriaan lewat video daily vlog, jalan-jalan, musik, sesi memasak bersama, sketsa komedi, challenge, review produk hingga edukasi. Semua akan disajikan dengan canda juga haru serta kehangatan yang khas dari keluarga Gen Halilintar. 





Tanboy Kun 





Butuh rekomendasi resep dan makanan enak? Ikuti terus update dari Halaman Facebook Tanboy Kun, ya! Selain itu, akan ada juga Food Challenge, Mukbang dan Food Experiment yang seru dan dapat dinikmati bersama keluarga atau kerabat di rumah. 





Tastemade Indonesia 





Di #BulanKebaikan ini, Tastemade Indonesia akan berbagi ragam ide menu dan kreasi resep untuk berbuka puasa setiap hari. Bagi kamu yang ingin mencari inspirasi resep makanan dan minuman unik dan menyegarkan untuk dinikmati saat berbuka puasa, cek video terbarunya di Halaman Facebook Tastemade Indonesia. 





Masak.TV 





Jadikan pengalaman di #BulanKebaikan ini menjadi lebih menyenangkan dengan mencoba membuat menu-menu pilihan dari Masak.TV di rumah. Tak hanya resep, Masak.TV juga berbagi tips dasar memilih bahan makanan dan trik saat memasak. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai atau mengasah hobi memasak di rumah. 





CumiCumi 





Dapatkan inspirasi menu berbuka puasa dari para selebriti papan atas Indonesia hanya di Bukaan Seleb di Halaman Facebook CumiCumi.com! Para selebriti ini akan mengajak kamu untuk memasak bersama dan berbagi resep menu andalan mereka. Agar tetap kreatif meski di rumah saja, tonton juga program Buat Sendiri yangakan membagikan inspirasi kerajinan tangan khas Ramadan yang dapat dikerjakan bersama keluarga. Ikuti juga diskusi santai bersama Ustadz Syam dan bintang tamu spesial yang inspiratif di NGOBROLBURIT tentang berbagai nilai penting dalam kehidupan. 





Starhits 





Simak tayangan eksklusif LESEHAN WITH… dari Starhits hanya di Facebook Watch, yang akan dipandu oleh Robby Purba dan Mumuk Gomez. LESEHAN WITH… akan menampilkan banyak bintang tamu untuk menemani kamu menyambut waktu berbuka puasa.  





Trans7 





Waktu sahur dan berbuka puasa di #BulanKebaikan bakal makin seru dengan ditemani program PAS BUKA dan SAHUR SEGER bersama Andre Taulany, Denny Cagur dan kawan-kawan. Andre dan Denny siap menemani kamu dengan canda tawa dan keceriaan selama bulan Ramadan ini. 





RCTI 





Penasaran dengan kelanjutan kisah dari Preman Pensiun? Atau ingin nonton episode terbaru dari Amanah Wali? Jangan khawatir - tonton episode terbarunya di Halaman Facebook RCTI, ya! Simak juga diskusi tentang agama Islam melalui program Kultum, dan jangan lupa untuk tunjukkan dukungan bagi idolamu di ajang pencarian bakat Hafiz Indonesia 2021





KDIMNCTV 





Serial televisi Kun Anta edisi “Mendadak Santri”, Ngabuburit dan Buka Puasa bareng Upin & Ipin, serial animasi ‘Entong’  dan program religi bersama ustadz pilihan, Cahaya Tauhid, siap menemani kamu dan keluarga di rumah menjelang waktu berbuka puasa. 





GTV Indonesia 





Supaya waktu sahur jadi lebih bersemangat, program BISA GITU YAK SAHUR akan berbagi informasi unik dan terkini dari seluruh dunia. Perkaya juga ilmu dan wawasan seputar Islam bersama ustadz pilihan hanya di JALAN CINTA RAMADAN. Program VOICE OF RAMADAN juga hadir hanya di Halaman Facebook GTV Indonesia dan akan menampilkan talenta-talenta luar biasa yang melantunkan lagu-lagu religi yang menenangkan hati. 





ANTV 





Waktu ngabuburit bersama keluarga di rumah jadi makin seru dan menyenangkan dengan ditemani oleh Raffi Ahmad, Ruben Onsu dan Komeng di program PESBUKERS NEW NORMAL! Tak hanya menjelang buka puasa, Raffi, Ruben dan Ivan Gunawan juga hadir untuk menghibur kamu saat menikmati waktu sahur lewat SAHURNYA PESBUKERS hanya di Halaman Facebook ANTV. [Red]







Siaran Pers





Xendit, salah satu perusahaan teknologi finansial penyedia solusi pembayaran terkemuka di Indonesia, meluncurkan inisiatif “Xendit Level Up Program” untuk mendukung 1.000 UMKM dan pelaku bisnis yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Melalui program ini, Xendit berkomitmen untuk mengalokasikan hingga 1 triliun rupiah, dengan memberikan pembebasan biaya senilai 1 miliar rupiah kepada masing-masing UMKM terpilih - sehingga mereka dapat menggunakan layanan payment gateway Xendit tanpa mengeluarkan biaya. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung dan memberdayakan para wirausahawan dan pelaku bisnis di Indonesia dan Filipina untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka, sembari mengadopsi transaksi digital yang semakin penting di era saat ini.





“Selama pandemi, kami telah melihat bahwa angka wirausahawan dan pelaku UMKM terus meningkat pesat, serta adanya pergeseran menuju platform dan pembayaran digital. Masyarakat Indonesia kini memiliki berbagai pilihan metode pembayaran, dan UMKM harus dapat memfasilitasi hal tersebut. Melalui pembebasan biaya senilai 1 miliar rupiah untuk layanan payment gateway Xendit, para pelaku UMKM tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya dan komisi. Mereka dapat berfokus untuk mengembangkan bisnis mereka. Pendeknya, kami ingin mendukung para pelaku usaha untuk mewujudkan #WaktuIndonesiaBerbisnis,” jelas Moses Lo, CEO and Co-Founder of Xendit.





UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, terutama untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca-pandemi. UMKM merupakan penyumbang terbesar produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar lebih dari 60% dan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja di Indonesia. Selama pandemi, sebagian besar UMKM mulai berpindah ke platform online, seiring dengan meningkatnya jumlah konsumen yang berbelanja secara online. Menurut data dari Bank Indonesia, transaksi pembayaran digital juga meningkat 37,8% selama pandemi. Oleh sebab itu, semakin penting bagi para pelaku bisnis untuk memfasilitasi konsumen mereka dengan layanan digital payment gateway.





Dr. M. Hanafiah, SE, MM.,, Asisten Deputi bidang Pembiayaan dan Investasi UMKM Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia, menyatakan dukungan dan apresiasinya terhadap program Xendit Level Up. “Kami senang melihat semakin banyak pihak yang membantu pengembangan UMKM di Indonesia sebagaimana lembaga lainnya yang bergerak di sektor ini dan kita harapkan sudah memiliki izin legalitas dari lembaga terkait agar bekerja secara sempurna. Terutama karena program Xendit ini sejalan dengan visi kami untuk membantu setidaknya 30 juta UMKM untuk Go Digital pada tahun 2023. Kami berharap, para UMKM di seluruh Indonesia memahami dan memanfaatkan kesempatan ini agar bisa memfasilitasi transaksi pembayaran digital dengan lebih mudah, aman, dan terpercaya, bagi para konsumen untuk kemajuan bisnis yang dikelolanya.”





Erik Hidayat, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Ekonomi Kreatif, mengungkapkan, “Kami sangat menyambut baik inisiatif Xendit untuk membantu 1.000 UMKM mengakses fasilitas pembayaran digital dengan mudah tanpa biaya, terutama karena tahun ini merupakan tahun pemulihan mereka pasca-pandemi. Kami dari Kadin juga akan mengajak anggota kami untuk berpartisipasi dalam program Xendit Level Up ini.”





Sebagai penyedia layanan payment gateway, Xendit memperjuangkan pertumbuhan dan kesuksesan UMKM Indonesia dengan terus membangun infrastruktur pembayaran digital yang aman, andal, dan mudah diakses. Xendit LEVEL UP Program terbuka bagi 1.000 UMKM dan bisnis di Indonesia dari berbagai sektor dan bidang, dengan syarat sudah beroperasi lebih dari tiga bulan.





Pendaftaran untuk Xendit LEVEL UP Program kini secara resmi sudah dibuka. Berikut adalah tahapan untuk berpartisipasi dalam Business Pitch Challenge:





  1. Business Pitch Challenge ditujukan bagi UMKM di industri ritel, e-commerce, dan jasa. Pendaftaran akan dibuka mulai 23 April hingga 30 Juni 2021. Para pendaftar harus:
    1. Membuat video berdurasi 3 menit yang menjelaskan model bisnis dan mengapa mereka layak mengikuti program ini.
    1. Mengunggah video tersebut di YouTube menggunakan tagar #WaktuIndonesiaBerbisnis
    1. Mengirimkan tautan video dengan mengisi formulir pendaftaran di sini.




  • The Accelerator Program ditujukan bagi UMKM di industri startup dan teknologi. Pendaftaran akan dibuka pada pertengahan Juli 2021. Informasi lebih lanjut akan diumumkan secara terpisah.




Beroperasi sebagai payment gateway terkemuka sejak tahun 2016, Xendit telah melayani lebih dari 2.000 pelanggan dari berbagai industri, mulai dari retail, fashion, industri finansial hingga perusahaan penyedia produk digital. Xendit juga telah memfasilitasi total 65 juta transaksi pembayaran.





Untuk informasi lebih lanjut terkait program Xendit Level Up, silakan mengunjungi https://www.xendit.co/id/level-up/





***





Tentang Xendit





Xendit adalah perusahaan teknologi keuangan yang menyediakan solusi pembayaran yang menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia dan Filipina, dari UKM, startup e-commerce hingga perusahaan besar. Xendit menyediakan sistem pembayaran yang aman dan mudah diintegrasikan, didukung oleh layanan pelanggan kelas dunia. Dengan beragam produk, sistem Xendit dapat menerima pembayaran dari akun virtual, kartu kredit dan debit, eWallets, outlet ritel (Alfamart dan Indomaret), dan juga kartu kredit online.





Bertujuan untuk membangun infrastruktur pembayaran Indonesia, Xendit sedang dalam perjalanan membentuk generasi unicorn berikutnya dengan memberdayakan para pemula untuk tumbuh secara eksponensial melalui produk yang ditawarkan. Sebagai startup Indonesia pertama yang berhasil lulus dari inkubator YCombinator yang bergengsi di Silicon Valley, Xendit terus berkembang untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Xendit memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. [Rls-Red]







NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - AXA Mandiri berkolaborasi bersama Bank Mandiri merayakan Hari Kartini dengan menyelenggarakan acara edukasi yang inspiratif dan menghadirkan sosok-sosok perempuan tangguh sebagai narasumber guna membentuk perempuan Indonesia yang tangguh dan mandiri, khususnya secara finansial. Sesi edukasi yang diselenggarakan secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan ini, antara lain, mengangkat topik pemanfaatan solusi keuangan seperti asuransi sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan perempuan. Acara yang digelar selama setengah hari ini bertujuan untuk memberikan ilmu serta inspirasi bagi para perempuan agar dapat menjadi lebih mandiri dan berani melangkah untuk menggapai cita-citanya dengan perencanaan keuangan yang matang.





“Momentum hari Kartini menjadi pengingat bahwa pendidikan dan pengetahuan yang luas bagi perempuan adalah kunci emansipasi dan bekal untuk menjadi seseorang yang mandiri. AXA Mandiri berkomitmen untuk dapat selalu memberikan literasi keuangan dan asuransi bagi perempuan Indonesia agar dapat berkontribusi tidak hanya bagi keluarganya namun juga bagi bangsa dan negara. Melalui inovasi produk dan kemudahan untuk mendapatkan layanan terbaik, AXA Mandiri selalu hadir dalam setiap tahap kehidupan perempuan untuk memastikan akses kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka,” ujar Handojo Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri.





Pada perayaan ini, AXA Mandiri menggelar sesi talkshow yang menghadirkan narasumber perempuan dari latar belakang yang beragam. Mengangkat tema “Saya, Perempuan Tangguh Indonesia”, sesi talkshow ini diharapkan dapat memberikan wawasan  yang bermanfaat bagi pemberdayaan perempuan dan peningkatan literasi keuangan melalui edukasi asuransi berdasarkan pengalaman di kehidupan nyata.





Acara peringatan Hari Kartini ini menghadirkan para perempuan tangguh Indonesia yang sukses memimpin perusahaan besar antara lain Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, Chief of Sharia AXA Mandiri Srikandi UtamiDirektur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indiarti, serta Global Sponsor Diversity & Inclusion AXA Indonesia Niharika Yadav. Para pemimpin ini mengulas bagaimana perempuan sebagai pengambil keputusan terkait keuangan di keluarga harus memiliki bekal pengetahuan  finansial agar mampu memproteksi diri serta keluarga dengan asuransi sejak dini. Turut hadir pula dalam acara ini, Maudy Koesnaedi yang berbagi kisah dan inspirasi sepanjang kariernya, serta usaha melalui tantangan untuk menggapai cita-cita dan menyemangati perempuan untuk terus berjuang meraih mimpi dan menerjemahkan makna Hari Kartini dari sudut pandang perempuan modern saat ini.





Selain sesi talkshow, UMKM perempuan binaan Bank Mandiri pun turut berpartisipasi secara virtual dengan menunjukkan keunggulan dan inovasi mereka untuk  menumbuhkembangkan sektor UMKM yang merupakan salah satu pilar ekonomi nasional. Program binaan ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen AXA Mandiri dan Bank Mandiri untuk memajukan dan mendukung UMKM lokal untuk kembali pulih dan siap berkontribusi sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.





“Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha mikro, kecil dan menengah merupakan salah satu segmen ekonomi yang merasakan dampak terberat dari pandemi ini. Namun, segmen ini juga melahirkan sejumlah wirausahawan perempuan yang dengan tangguh menjadi tulang punggung keluarga dan terus berkarya meski di tengah situasi yang menantang. Selaku institusi keuangan yang juga memiliki peran sebagai agen pembangunan, adalah tujuan dan komitmen kami untuk terus memberikan akses dan peluang kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan Indonesia untuk meraih kualitas hidup yang lebih baik,” Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri menjelaskan. Perayaan Hari Kartini oleh AXA Mandiri bersama Bank Mandiri ini menekankan pentingnya kemandirian bagi perempuan di segala aspek kehidupan termasuk finansial agar dapat menggapai cita-cita yang mereka impikan dan tangguh dalam menghadapi tantangan hidup, khususnya pada masa pandemi yang membebankan berbagai pihak. Dalam kesempatan ini, AXA Mandiri mengajak perempuan di seluruh Indonesia untuk mewarisi semangat Kartini yang mengedepankan kemandirian terutama untuk kemapanan finansial yang dapat memberikan dampak positif bagi dirinya dan juga dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya. [Rls-Red]







NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kebiadaban dan kekejaman yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua dengan membunuh masyarakat sipil, guru, anak sekolah dan pemerkosaan serta merusak fasilitas umum seperti sekolah, telah membuat warga Papua marah kepada kelompok bersenjata tersebut dan menilai KKB sama dengan teroris.





Salah satunya datang dari anggota DPRD Timika Alminus D Mom yang juga keluarga dari Ali Mom siswa SMAN 1 Ilaga yang ditembak dan dibacok KKB di wilayah Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, pada Kamis (15/4/2021) lalu.





“Ini bukan perjuangan murni, tapi mereka teroris punya kerja yang begini, bunuh sembarang-sembarang yang melanggar HAM. Saya akan sampaikan ke dunia,” ucap Alminus D Mom, Kamis (23/4/2021).





Menurutnya, jika benar-benar KKB adalah pejuang Papua merdeka, seharusnya berjuang sesuai dengan aturan yang berlaku dan bukan asal membunuh masyarakat sipil, yang merupakan kerja-kerja teroris.





“Mereka berjuang untuk Papua tapi mengapa bunuh orang Papua? Harusnya mereka melindungi masyarakat Papua. Ini perjuangan tidak benar dan ilegal,” bebernya. 





Selanjutnya, disampaikan bahwa jika pihak KKB tidak dapat memberikan bukti-bukti keterlibatan Ali Mom sebagai mata-mata seperti yang dituduhkan oleh KKB, maka pihaknya akan menempuh jalur adat maupun jalur lain untuk menuntut pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh KKB.





Rentetan kebiadaban dan kekejaman KKB ini, juga mendapatkan kecaman keras dari Ali Wanggai Kabiay (Tokoh Pemuda Papua) dengan membuat petisi yang dialamatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dari Aceh sampai Papua dan BNPT, DPR RI, Presiden, serta TNI-Polri.





Dalam petisi (https://www.change.org/p/masyarakat-indonesia-dari-aceh-sampai-papua-dan-bnpt-dpr-ri-presiden-pemerintah-tni-polri-merubah-status-tpn-pb-opm-kkb-menjadi-teroris) itu, Ali Wanggai Kabiay menilai bahwa aksi-aksi kekejaman yang selama ini dilalukan oleh Kelompok Separatis bersenjata di Papua, maka sudah sepantasnya organisasi perjuangan TPN PB, OPM, dan KKB dinaikkan statusnya sebagai organisasi atau kelompok teroris. Sehingga mereka dapat ditangani dengan tepat dan terukur sesuai SOP yang berlaku.





Dengan demikian, Ali Wanggai Kabiay berharap bahwa akselesrasi pembangunan di Papua dari berbagai sektor bisa berjalan dengan baik serta positif. Karena rakyat di Papua ingin hidup dalam tingkat kenyamaman dan Kamtibmas yang baik. (**)


Diberdayakan oleh Blogger.