NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Babinsa Koramil 03/Meukek Kodim 0107/Aceh Selatan Serda Arief P Siregar bersilaturrahmi dengan petugas Kesehatan Puskesmas Drien Jalo Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (27/04/2021).

Kedatangan Babinsa di sambut oleh beberapa petugas Kesehatan dari Puskesmas tersebut. Terlihat Babinsa dan Para awak Medis berinteraksi dengan santai dan penuh dengan keakraban.

Disebutkan Serda Arief, kehadirannya ke Puskesmas tersebut bertujuan untuk menjalin tali silaturrahmi sekaligus memperkokoh hubungan lintas sektoral dengan unsur elemen masyarakat terkait di wilayah Desa binaannya termasuk dengan petugas Kesehatan tersebut.

"Kegiatan ini selain dalam rangka menjalin tali silaturrahmi, juga untuk mempererat hubungan kerjasama dengan petugas kesehatan dalam wilayah desa binaan." terang Serda Arif

Lebih lanjut Serda Arief mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini, ia selaku ujung tombak satuan TNI Angkatan Darat terus berupaya mengikat kerjasama dengan stake holder dalam wilayah untuk berupaya bekerjasama memerangi dan menghambat laju penyebaran Covid-19 khususnya di Desa binaannya.

"Hal ini merupakan salah satu tugas pokok kami dalam menjaga wilayah desa binaan agar tetap selalu aman dan kondusif termasuk dari penyebaran covid-19 ini."sebut Serda Arief.

Menurut Serda Arief, kegiatan yang di lakukannya itu juga merupakan bentuk upaya dalam pencegahan penyebaran covid -19 diwilayah binaannya yang dalam hal itu selalu terus berkoordinasi dengan Petugas Puskesmas.

"Untuk mengurangi resiko terpaparnya warga diwilayah binaan oleh covid -19, saya selaku Babinsa selalu berkordinasi dengan dinas kesehatan dan instansi terkait lainnya yang ada diwilayah dalam upaya mengurangi kecemasan warga terkait penyebaran covid -19 ini."tutupnya. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 34 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 25 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL dan 6 Pati TNI AU, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (27/4/2021).


Sebanyak 34 Perwira Tinggi TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/933/IV/2021, tanggal 23 April 2021.


Adapun 25 Pati TNI yang naik pangkat terdiri dari 16 Pati TNI AD yaitu Mayjen TNI Oerip Soekotjo (Kaskogabwilhan II), Mayjen TNI Masri, S.Sos. (Kapushubad), Mayjen TNI Agoes Joesni, S.H. (Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN), Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., (Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN), Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H. (Pangdivif-2 Kostrad), Mayjen TNI Dr. Abdul Rasyid, S.H., M.Hum., (Kadilmiltama Mahkamah Agung), Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos. (Ir Kodiklatad), Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., (Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan BIN), Mayjen TNI Candra Wijaya (Gubernur Akmil), Brigjen TNI Junaedi, S.A.P. (Kapoksahli Pangdam I/BB), Brigjen TNI Alrizal, (Aspers Kaskogabwilhan II), Brigjen TNI Ramadi Siregar, S.E., M.Si. (Han) (Karoum Settama BSSN).



Brigjen TNI Yusuf Ragainaga (Kapoksahli Pangdam XVIII/Ksr), Brigjen TNI Agus Saepul, S.Sos., M.M., (Kapoksahli Pangdam XIII/Mdk), Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., (Widyaiswara Bid. Nik Akmil), Brigjen TNI Tatang Subarna (Kadispenad), Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc. (Danpuslatpur Kodiklatad), Brigjen TNI Ade Wihanto, S.Sos., C.Fr.A., (Ir Kemenko Polhukam), Brigjen TNI Suryo Tridoso Eko Sapto Handono (Waasrena Kasad Bid. Ren), Brigjen TNI Jama'ah, (Dirter Pusterad), Brigjen TNI Kembar Maruto Widhi, S.Sos., M.M., (Ir Pushubad), Brigjen TNI Ferdinand Mahulette, S.E., (Kepala Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional BSSN), Brigjen TNI Sugeng Ariyanto (Widyaiswara Bid. Min Akmil), Brigjen TNI Tony Suherman, S.Sos., C.Fr.A. (Dirkuad) dan Brigjen TNI Drs. R. Tagar Pujasambada, M.Psi., (Kapus Psi BIN).


3 Pati TNI AL yaitu Mayjen TNI (Mar) Purnomo (Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI), Laksda TNI Dwi Sulaksono, S.H., M.Tr. (Han) (Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI), Laksma TNI Putu Yuli Adnyana, M.Si., (Han) (Pa Sahli Kasal Bid. Dokstraops).



6 Pati TNI AU yaitu Marsda TNI Agung Heru Santoso, M.Si. (Han) (Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI), Marsma TNI Syamsu Maizar (Dirlaik Puslaiklambangjaau), Marsma TNI Tjahja Elang Migdiawan, S.T., M.M. (Dirjian Kodiklatau), Marsma TNI Supriyanto, S.E., M.Si. (Han) (Askomlek Kaskogabwilhan III), Marsma TNI Lintong S. Siregar (Kaskogartab II/Bandung) dan Marsma TNI dr. Mohamad Rowi, Sp.S (Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito).


Turut hadir dalam acara tersebut Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.M., Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Irjen TNI Letjen (Mar) TNI Bambang Suswantono, Aspers Panglima TNI dan Angkatan serta Pejabat Utama Mabes TNI.



Autentikasi :


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Lembaga Masyarakat Adat (LMA) beserta Dewan Adat Papua (DAP) dan Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Nabire menyatakan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) semakin brutal. Karena itu, KKB statusnya layak dinaikkan menjadi organisasi teroris.

“Kami LMA dan seluruh unsur adat Nabire meminta Pemerintah Pusat, DPR, BNPT dan pihak terkait lainnya untuk menaikkan status kelompok Kriminal ini menjadi organisasi teroris sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Ketua DAP Nabire, Herman Sayori dalam pernyataan sikapnya terkait aksi kebrutalan KKB, Senin (26/4/2021).



Ketua LMA wilayah II Nabire Socrates Sayori didampingi Ketua DAP Nabire Herman Sayori dan Melkisedek Rumawi selaku Ketua BMA Nabire ini, membacakan poin-poin yang mengutuk aksi brutal itu.

Menurut pihak Adat, aksi-aksi kekejaman KKB sudah bisa dikategorikan aksi teroris yang harus mendapat penindakan selayaknya teroris, bukan lagi kriminal.

Aksi kebrutalan KKB terbaru mengakibatkan Kabinda Papua Mayjen TNI Anumerta I Gede Putu Danny Nugraha Karya gugur akibat ditembak kelompok tersebut, Minggu (25/4/2021).

Herman Sayori juga mengutuk aksi KKB yang telah menelan banyak korban jiwa dan membuat kehidupan masyarakat Papua tidak tenang. “Kami mengutuk aksi kekerasan dan pembunuhan serta pembakaran gedung sekolah dan rumah Kepala Suku oleh KKB di Beoga Kabupaten Puncak. Aksi kekerasan KKB ini sudah melanggar hukum adat dan agama,” kata Socrtes Sayori.

Lembaga Adat juga mendukung penuh upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh TNI-Polri terhadap kelompok KKB yang sudah sangat meresahkan masyarakat. “Kami sebagai perwakilan Adat di Kabupaten Nabire mengucapkan bela sungkawa dan turut berduka cita yang mendalam kepada para korban, baik kepada dua orang guru, seorang siswa dan Kabinda Papua, semoga para korban diterima disisi Tuhan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Pemuda Adat Papua Jan Arebo yang menilai bahwa aksi-aksi yang dilakukan KKB tersebut sudah biadab dan di luar batas, sehingga keberadaan KKB di Papua sudah tidak bisa ditolerir lagi oleh Negara. “Saya sangat mengutuk keras aksi itu. Kebiadaban mereka (KKB) sudah tidak bisa ditolerir lagi oleh negara,” tegas Jan, pada Minggu malam (25/4).

Menurutnya, negara sudah tidak ada alasan lagi dan harus segera memutuskan KKB sebagai organisasi teroris. “Segera tetapkan mereka sebagai teroris agar TNI-Polri bisa cepat membasmi habis mereka,” pungkas Jan. (**)

NUSANTARAEXPRESS, KARAWANG - Kapolres Karawang, Polda Jawa Barat, AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.H., M.Si., menyambut baik kunjungan Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., Senin (26/4/21). Maksud kunjungan tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi dan membangun sinergitas antara awak media, khususnya yang tergabung di PPWI, dengan Polres Karawang. Hadir mendampingi Ketum PPWI, antara lain Ketua DPC-PPWI Karawang, Dede Nurcahya; Sekretaris DPC-PPWI Karawang, Neneng J Khairiah; dan Koordinator PPWI Regional Sumatera, Edi Suryadi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PPWI menyampaikan visi dan misi yang dijalankan PPWI selama ini. "Visi PPWI adalah untuk mewujudkan komunitas masyarakat Indonesia yang cerdas media. Cerdas media menurut definisi PPWI adalah masyarakat yang cerdas dalam menerima dan merespon setiap informasi yang diterimanya, serta cerdas juga dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” jelas Alumni PPRA-48 Lemhanas RI Tahun 2012.



Peran media massa, tambah Lalengke, sangat penting dalam memberitakan setiap kejadian secara benar dan sesuai fakta di lapangan (tidak hoax - red). “Oleh karena itu, sinergitas antara Polri dan media sangat penting dalam menjalankan tugasnya masing-masing," imbuh tokoh pers nasional Indonesia ini.

Untuk mencapai visi tersebut, kata Lalengke lagi, salah satu program utama yang dijalankan PPWI selama ini adalah edukasi jurnalistik kepada semua elemen masyarakat agar memahami cara menjadi pewarta (pemberi berita - red) yang benar, pewarta yang dapat memberikan informasi berkualitas sesuai fakta lapangan dan dari sumber terpercaya. Termasuk warga masyarakat di lingkungan TNI dan Polri diajak belajar jurnalistik, baik jurnalisme tulis-menulis, fotografi, videografi, maupun pengelolaan media.

[embed]https://youtu.be/8DeLnFhfc9s[/embed]

“Sejak 2013, PPWI bekerjasama dengan Divisi Humas Polri telah melakukan serangkaian pelatihan jurnalistik di berbagai Polda se-Indonesia, sehingga kita dapat melihat hasilnya saat ini, anggota polisi, khususnya di unit humas-humas, mereka sudah sangat piawai membuat berita,” ungkap penerima Best Executive & Professional Award 2013 itu.



Selain memperkenalkan seluruh Tim PPWI yang hadir saat itu, pada kesempatan ini, Ketum PPWI yang terkenal gigih membela anggotanya dan masyarakat umum yang teraniaya itu, menitipkan harapan kepada Kapolres untuk memberi perhatian khusus terhadap salah satu laporan anggota PPWI atas nama Aris Supriyadi terkait kasus pencurian mobilnya yang diduga dilakukan oleh para sindikat. “Alhamdullilah, Kapolres Karawang langsung merespon laporan tersebut dan akan segera diusut tuntas sesuai perundang-undangan yang berlaku," tutur lulusan pasca sarjana bidang Global Ethics dari Birmingham University, Inggris ini.

Sementara itu, Kapolres Rama Samtama Putra menyambut baik kunjungan Ketua Umum PPWI bersama Tim, yang datang sekira pukul 16.00 WIB. Pertemuan silahturahmi yang dilaksanakan di ruang kerja Kapolres Karawang ini berlangsung penuh kehangatan dan keakraban. Kapolres memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan berbagai program inovatif Polres Karawang dalam mengimplementasikan tugas pokok dan fungsi Polri sejalan dengan program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan – red) yang dicanangkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Terima kasih atas kunjungan Ketua Umum PPWI Nasional, Bapak Wilson Lalengke, ke kantor kami. Saya sangat berharap silahturahmi ini akan memperkuat sinergi antara Polres Karawang dengan media. Peran media selama ini sangat penting bagi kesuksesan kinerja Polri. Saya mengharapkan media dapat memberitakan, memberikan informasi yang benar untuk masyarakat. Karena jika memberitakan informasi hoax, hal tersebut akan memprovokasi masyarakat dan menimbulkan suasana tidak kondusif serta berakibat fatal terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat," papar Kapolres Rama Samtama Putra bersemangat.



Kapolres selanjutnya menjelaskan beberapa program yang sedang digarap dan akan segera launching, antara lain pengadaan ruang kontrol situasi Kamtibmas Karawang yakni Command Center Polres Karawang. Program ini, sebut Kapolres, akan memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait berbagai hal ke Polres Karawang tanpa harus kesulitan hadir secara fisik ke Kantor Polisi.

“Bahkan, jika ada kejadian darurat di lapangan, seperti kecelakaan, perampokan, pengrusakan, dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya, warga bisa langsung menghubungi pihak kepolisian hanya dengan memencet tombol “Panic Bottom” di aplikasi Karawang Tangguh di hape-nya, dan seketika itu juga Command Center akan langsung merespon dengan menghungi anggota kita yang standby di lokasi terdekat,” urai Kapolres yang ramah dan murah senyum itu.

Usai berdialog silahturahmi, Kapolres Rama Samtama Putra mengajak Ketum PPWI bersama tim meninjau ruangan dan fasilitas Command Center Polres Karawang yang berada di sebelah ruang kerja Kapolres, di lantai 2 Gedung Mapolres Karawang. Ketum PPWI sempat mencoba beberapa vitur yang tersedia di aplikasi Karawang Tangguh, seperti panic bottom dan portal warga.

“Setiap warga Karawang dapat mengunduh aplikasi Karawang Tangguh di play store dan memanfaatkan fasilitas vitur yang tersedia di aplikasi tersebut, termasuk pengecekan perkembangan kasus yang dilaporkan ke Polres Karawang. Tapi hati-hati, jika memencet tombol panic bottom sembarangan, tanpa ada kejadian darurat, hanya untuk iseng atau main-main, akan saya tindak,” tutup Kapolres memberi pesan kepada masyarakat.

Usai acara kunjungan silahturahmi tersebut, Ketum PPWI Wilson Lalengke bersama Tim melakukan foto bersama dengan Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra. Bravo Polres Karawang..!! (NJK/Red)

Lampung Selatan, Aktual News – Dewan Pimpinan Pusat (DPN) Perkumpulan Pengacara Islam Dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII) yang berkantor di Jalan Sidoarjo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, membuka pendaftaran verifikasi dan pelantikan sumpah advokat gelombang ke – 2 (Dua).

Pendaftaran gelombang ke – 2 dibuka sampai tanggal 15 Mei 2021, untuk penyumpahan di seluruh pengadilan tinggi se – Indonesia.

Jadwal pelantikan menyesuaikan dengan kuota penyumpahan di Pengadilan Tinggi (PT) didaerah masing – masing

GRATIS !!

Pengambilan Sumpah Advokat di Pengadilan Tinggi

Ada biaya bagi pengangkatan advokat dari organisasi sebesar Rp. 5000.000 (Lima Juta Rupiah)

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak yang tertera dibawah ini.

– Sriyanto S.SY, M.Ag (Ketua Umum)
Telpon 081273479964

– Muhammad Anwar SH (Sekretaris Jendral)
Telpon 082211523896

– M Indra Gunawan SH
(Kabid Pengembangan Organisasi dan
Keanggotaan)
Telpon 082211727735 [ Red/Akt-43/As ]

 

 

Aktual News

Tangerang, Aktual NewsAdung warga Kampung Kukulu Rt 013/007 Ds, Cikareo Kec Solear Kab, Tangerang telah membuat laporan ke Polresta Tangerang selasa tanggal 15 Desember 2020, 10:30 Wib dengan Nomor : TBL/1410/K/XII/2020/ Resta Tangerang laporan ditunjukkan atas nama Jakaria Alias Priuk warga Kp Bojong Rt 001/006, Ds Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang.

Jakaria Alias Priuk dilaporkan oleh Adung atas dasar laporan tersebut di atas yang mana Jakaria dilaporkan atas perkara pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin sekitar bulan November 2020, jam 11: 00 Wib tempat kejadian perkara Kp Bojong Rt 001/006, desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten, Tangerang, dari pelaporan tersebut dengan barang bukti laporan Akta Hibah berikut dua (2) orang saksi 1 . Nunu Nursamsi, 2 . Aen. sehingga sebagai terlapor Jakaria dikenakan pasal 406 KHUPidana dan 167 KHUPidana sebagai mana laporan Adung di Polresta Tangerang.

Berkas laporan Adung.

Dari bukti permulaan laporan tersebut diatas seharusnya kasus dugaan tindak pidana pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin sudah P21 karena bukti dan saksi lengkap, artinya suatu laporan adanya dugaan tindak pidana penyidik cukup merujuk pada dua (2) alat bukti seperti disebutkan di atas.

Hal aneh dengan laporan Adung atas diri Jakaria, keanehan atau kejanggalan dalam laporan tersebut berdasarkan laporan Adung terhadap Jakaria ke kepolisian Polresta Tangerang atas laporan pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin sesuai bunyi laporan dan pasal-pasalnya.

Seiring waktu berjalan laporan tersebut diduga kuat ada muatan politis atau ada unsur kepentingan pribadi hal tersebut berdasarkan penelusuran awak media AktualNews, kasus dugaan pengerusakan dan memasuki pekarangan orang lain tanpa seizin yang dituduhkan kepada Jakaria diduga telah dipelintir aduannya, hal tersebut berdasarkan dipanggilnya dua (2) pejabat kecamatan solear untuk di mintai keterangan hal yang janggal bila kasus tersebut melibatkan pejabat kecamatan solear untuk dimintai keterangan ” Ada Apa “,???
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

Bogor, Aktual NewsTerkait Musibah yang terjadi pada kapal selam KRI Nanggala 402 yang lost Contact pada hari Rabu 21 April sekira pukul 03.00 WITA, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa seluruh Awak KRI Nanggala-402 dinyatakan Gugur.

Dari ke-53 awak kapal tersebut, salah satunya adalah Letkol Laut (E) Irfan Suri, Ia tercatat sebagai warga Bogor Selatan kota Bogor tepatnya warga perumahan BNR cluster harmoni 2 blok 9/15 Sukamantri Tamansari.

Sebagai bentuk penghormatan kepada Letkol Irfan Suri, Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., dengan didampingi oleh Dandim 0606/Kota Bogor (Kolonel Inf. Roby Bulan. Sip), Kapolresta Bogor (Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. S.H, S.I.K, M.Si) serta Dandim 0621/Kab. Bogor (Letkol Inf Sukur Hermanto), Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061/SK Ny.Medy Fauzi, Ny.Sukur Hermanto (Istri Dandim 0621/Kab.Bogor) serta para pengurus persit Koorcab Rem 061/SK mengunjungi rumah duka.

Kunjungan Danrem beserta rombongan yaitu selain sebagai bentuk penghormatan terhadap almarhum, juga memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan, khususnya kepada istri dan anak-anaknya.

Ungkapan duka yang mendalam disampaikan oleh Danrem kepada keluarga Irfan Suri. Danrem menguatkan mereka dengan do’a yang dipanjatkan, Ia berharap dan yakin bahwa istri, anak dan seluruh keluarga Letkol Irfan Suri kuat dan tabah dalam menghadapi cobaan ini.

” Kami keluarga besar TNI/Polri mengucapkan duka yang mendalam atas peristiwa ini, mengingat peristiwa ini adalah perjalanan tugas negara, maka saya yakin beliau gugur dalam keadaan Sahid, dan tentunya Allah akan memberikan tempat yang terbaik untuk beliau. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga selalu tabah dan kuat menjalani semua ini. Karena bagaimanapun ini adalah takdir tuhan yang maha kuasa.” Ujar Danrem.

” Untuk itu saya juga berharap kepada warga masyarakat untuk membantu mendo’akan untuk mereka yang gugur di KRI Nanggala-402.” Pungkasnya.

KRI Nanggala-402 adalah kapal selam yang sebenarnya akan melaksanakan latihan tembak pada hari itu di kedalaman 750 meter, namun beberapa menit setelah melakukan penyelaman kapal tersebut hilang kontak (submiss), dan tiga hari setelah hilang kontak pihak TNI AL mendapatkan beberapa serpihan milik kapal tersebut yang selanjutnya ditemukan serpihan lainnya. Oleh karena itu, melihat bukti dan waktu ketersediaan oksigen dan lain sebagainya, maka dapat dipastikan bahwa KRI Nanggala-402 mengalami Subsunk atau tenggelam. Dan seluruh awak dalam kapal selam tersebut dinyatakan Gugur. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

Terkait Musibah KRI Nanggala 402,
Danrem 061/SK : Keluarga Besar TNI Mengucapkan Duka Yang Mendalam

Labuhanbatu, Aktual News-Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, menjadi salah satu kiat untuk menciptakan Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju.

Meski diperingati secara daring melalui Vidcond, Dapat kita lihat momentum peringatan Hari Otda ke-25 ini, adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid.

Otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, otonomi daerah telah mampu mengembangkan sistem berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat.

“Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya,” ucap Wakil Presiden RI.KH.Ma’ruf Amin ketika memberikan bimbingan dan arahannya melalui video confrence pada peringatan hari otonomi daerah ke 25 yang disaksikan PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.Pi, M.Si diruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu jln SM.Raja rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Senin 26/4/2021.

Dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus malalui proses yang panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi lebih efisien dan responsif.

“Melalui kebijakan desentralisasi pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola, menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat tumbuh dengan pesat”.

Wapres Menegaskan di era perkembangan otonomi daerah, posisi masyarakat bukan hanya konsumen pelayanan publik sehingga Semua ASN di daerah harus mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

“Pemda harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat. Kawal otonomi daerah agar diisi dengan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dengan mendorong munculnya kemandirian dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang ada, baik itu SDM maupun SDA,” ujarnya.

“Wapres juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk selalu bersinergi untuk mewujudkan tujuan dan impian memakmurkan negara,” harapnya.

Setelah mendapatkan bimbingan dan arahan dari Wapres RI, selanjutnya para peserta vidcond mendengarkan paparan dari Mendagri Tito Karnavian terkait Filosofi dan sejarah otonomi daerah.

Hadir mengikuti Vidcond Bersama PJ.Bupati Labuhanbatu, para Asisten pemerintah kabupaten labuhanbatu, Para Kepala OPD, Kasdim 0209/lb, dan perwakilan Polres Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Tangerang Selatan, Aktual News -DPC Perkumpulan Advokat Betawi (PADI) Tangerang Selatan Menggelar Kegiatan Ramadhan Berkah Berbagi takjil yang diadakan di Depan Kampus UIN Ciputat Minggu (25/4/2021).

Jaka Syahroni mengatakan, “Pembagian Takjil ini tidak hanya berbagi takjil bertujuan untuk memberikan suatu kebaikan kepada masyarakat setempat dan juga memberikan arahan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan yang harus tetap dijalankan.

Selanjutnya Jaka menjelaskan, ” ”Alhamdulillah Atas segala arahan, serta bimbingan dari Ketua Umum Alfaqir.M.Kurnia Ahyat, D.M,. S.H. Perkumpulan Advokat Betawi (PADI) TANGERANG SELATAN, Kami dapat mengawali/starter lebih awal dari seluruh jajaran cabang PADI di Nusantara yang nantinya juga akan turun kejalan dengan mengusung Tema “Berbagi Keberkahan Bulan Ramadhan” dengan memantapkan niat tulus menabur Kebaikan, dan berusaha memaksimalkan untuk PADI lebih dekat erat lagi dengan masyarakat marginal di Nusantara ini. Jelas Jaka Syahroni Selaku Ketua DPC Tangerang Selatan.

“Momentum di bulan ramadhan tahun ini jangan di siasiakan dalam
Berlomba lomba berbuat kebaikan” Tutup Jaka.

Acara Yang dilanjutkan buka bersama dengan para anggota Perkumpulan Advokat Betawi Kota Tangerang Selatan [Red/Akt-08/Chairul Anwar]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, BOGOR - Terkait Musibah yang terjadi pada kapal selam KRI Nanggala 402 yang lost Contact pada hari Rabu 21 April sekira pukul 03.00 WITA, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa seluruh Awak KRI Nanggala-402 dinyatakan Gugur, Bogor (26/4/2021).

Dari ke-53 awak kapal tersebut, salah satunya adalah Alm Letkol Laut (E) Irfan Suri, Ia tercatat sebagai warga Bogor Selatan kota Bogor tepatnya warga perumahan BNR cluster harmoni 2 blok 9/15 Sukamantri Tamansari.

Sebagai bentuk penghormatan kepada Letkol Irfan Suri, Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., dengan didampingi oleh Dandim 0606/Kota Bogor (Kolonel Inf. Roby Bulan. Sip), Kapolresta Bogor (Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. S.H, S.I.K, M.Si) serta Dandim 0621/Kab. Bogor (Letkol Inf Sukur Hermanto), Ketua Persit KCK Koorcab Rem 061/SK Ny.Medy Fauzi, Ny.Sukur Hermanto (Istri Dandim 0621/Kab.Bogor) serta para pengurus persit Koorcab Rem 061/SK mengunjungi rumah duka.



Kunjungan Danrem beserta rombongan yaitu selain sebagai bentuk penghormatan terhadap almarhum, juga memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan, khususnya kepada istri dan anak-anaknya.

Ungkapan duka yang mendalam disampaikan oleh Danrem kepada keluarga Alm Irfan Suri. Danrem menguatkan mereka dengan do'a yang dipanjatkan, Ia berharap dan yakin bahwa istri, anak dan seluruh keluarga Letkol Irfan Suri kuat dan tabah dalam menghadapi cobaan ini.

"Kami keluarga besar TNI/Polri mengucapkan duka yang mendalam atas peristiwa ini, mengingat peristiwa ini adalah perjalanan tugas negara, maka saya yakin beliau gugur dalam keadaan Sahid, dan tentunya Allah akan memberikan tempat yang terbaik untuk beliau. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga selalu tabah dan kuat menjalani semua ini. Karena bagaimanapun ini adalah takdir tuhan yang maha kuasa." Ujar Danrem.

"Untuk itu saya juga berharap kepada warga masyarakat untuk membantu mendo'akan untuk mereka yang gugur di KRI Nanggala-402." Pungkasnya.

KRI Nanggala-402 adalah kapal selam yang sebenarnya akan melaksanakan latihan tembak pada hari itu di kedalaman 750 meter, namun beberapa menit setelah melakukan penyelaman kapal tersebut hilang kontak (submiss), dan tiga hari setelah hilang kontak pihak TNI AL mendapatkan beberapa serpihan milik kapal tersebut yang selanjutnya ditemukan serpihan lainnya. Oleh karena itu, melihat bukti dan waktu ketersediaan oksigen dan lain sebagainya, maka dapat dipastikan bahwa KRI Nanggala-402 mengalami Subsunk atau tenggelam. Dan seluruh awak dalam kapal selam tersebut dinyatakan Gugur. [Penrem 061/SK]

Jakarta, Aktual News Hari ini, Selasa (27/4) adalah hari ke-15 di bulan Ramadhan 1442 Hijriah umat muslim menjalankan ibadah puasa.

Dihari ke-15 bulan Ramadhan ini aktualnews.co.id tetap menyajikan informasi seputar jadwal Imsak sebagai pengingat batas sahur dan jadwal buka puasa sebagai pengingat berbuka.

Berikut dibawah ini jadwal imsak dan buka puasa di DKI Jakarta untuk hari, Selasa tanggal 27 April 2021, 15 Ramadan 1442 H.

jadwal imsakiyah sumber ; https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah
jadwal imsakiyah sumber ; https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

[Red/Akt-23]

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta aparat TNI-Polri menurunkan kekuatan penuh untuk menindak dan menumpas secara tegas dan terukur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.


“Saya turut berduka cita atas wafatnya Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha akibat ditembak oleh KKB di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/4/2021).


Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha gugur dalam kontak senjata dengan KKB akibat terkena tembakan dibagian kepala. “Saya meminta pemerintah dan aparat keamanan tidak ragu dan segera turunkan kekuatan penuh menumpas KKB di Papua yang kembali merenggut nyawa. Tumpas habis dulu. Urusan HAM kita bicarakan kemudian. Kalau perlu turunkan kekuatan 4 Matra terbaik yang kita miliki selain Brimob Polri, Gultor Kopassus, Raiders, Bravo dan Denjaka. Kasih waktu satu bulan untuk menumpas mereka,” tegas Bamsoet.


Menurut Bamsoet tindakan KKB di Kabupaten Puncak Papua dalam beberapa waktu belakangan ini sudah sangat meresahkan. KKB di Kabupaten Puncak telah menembak mati 2 orang guru bernama Oktavianus Rayo dan Yonathan Renden, menembak mati tukang ojek Udin, KKB juga menembak mati seorang siswa Ali Mom 16 tahun serta membakar tiga sekolah di Kabupaten Puncak.


“Korban yang terus berjatuhan akibat konflik yang tidak berkesudahan ini harus segera diselesaikan salah satunya dengan langkah tegas TNI, Polri dan BIN,” pungkas Bamsoet.


Sementara itu, Pengamat pertahanan dan militer Susanintyas Nefo Handayani Kertapati menilai gugurnya Kabinda Papua yang ditembak KKB menjadi bukti nyata bahwa BIN bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan Papua. “Patut diapresiasi, semua ini karena BIN sangat serius dalam penanganan Papua, agar tetap menjadi bagian NKRI,” kata Nuning.


Lebih lanjut dirinya juga mengatakan Kabinda Papua gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa membela persatuan kesatuan Indonesia. “Kabinda Papua gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa membela persatuan kesatuan Indonesia. Beliau gugur saat menjalankan tugas pemulihan keamanan pasca gangguan keamanan kepada masyarakat di Beoga Puncak,” pungkasnya. (**)

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Personil Kodim 0107/Aceh Selatan beserta jajarannya melaksanakan Shalat Ghaib dan Do'a bersama untuk prajurit Kru Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak saat tugas latihan di laut Bali pada hari Selasa 20 April 2021 yang lalu.

Gelaran shalat Ghaib dan doa bersama ini di laksanakan seusai melakukan Shalat Dhuhur secara berjama'ah, Senin (26/04/2021).

Personil yang di Makodim, pelaksaan Shalat Ghaib ini berlangsung di Mesjih Al-Ikhlas Asrama Kodim 0107/Aceh Selatan, sedangkan Personil Koramil jajaran melakukan di Mesjid terdekat di wilayahnya bersama unsur pemerintah Kecamatan dan Masyarakat setempat.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusus, S.I.Kom menuturkan, pelaksaan Shalat Ghaib dan Doa bersama itu untuk di tujukan kepada seluruh Kru Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang gugur dalam tugas di saat melakukan latihan di laut Bali.

Dalam kesempatan ini, Dandim Aceh Selatan menyampaikan bela sungkawa dan duka yang mendalam atas gugurnya Prajurit TNI AL Kru KRI Nanggala 402 tersebut.

"Seluruh prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan dan keluarga Besar Kodim turut berduka cita dan merasakan kesedihan yang mendalam atas gugurnya prajurit TNI AL Kru KRI Nanggala 402 yang sedang melaksanakan tugas latihan."ujar Dandim.

Selain mengirimkan doa, Prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan dan keluarga besarnya juga mendoakan keluarga yang di tinggalkan Kru KRI Nanggala 402 tersebut agar di beri ketabahan dan kesabaran oleh Yang Maha Kuasa atas musibah yang menimpa itu.

"Semoga seluruh Kru KRI Nanggala 402 mendapatkan tempat di sisi Allah SWT dan di ampunkan segala dosa-dosanya. Begitu juga, bagi keluarga yang di tinggalkan agar di beri ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini."tutup Dandim. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, menjadi salah satu kiat untuk menciptakan Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju.

Meski diperingati secara daring melalui Vidcond, Dapat kita lihat momentum peringatan Hari Otda ke-25 ini, adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid.

Otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, otonomi daerah telah mampu mengembangkan sistem berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat.

"Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya," ucap Wakil Presiden RI.KH.Ma'ruf Amin ketika memberikan bimbingan dan arahannya melalui video confrence pada peringatan hari otonomi daerah ke 25 yang disaksikan PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.Pi, M.Si diruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu jln SM.Raja rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Senin 26/4/2021.



Dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus malalui proses yang panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi lebih efisien dan responsif.

"Melalui kebijakan desentralisasi pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola, menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat tumbuh dengan pesat".

Wapres Menegaskan di era perkembangan otonomi daerah, posisi masyarakat bukan hanya konsumen pelayanan publik sehingga Semua ASN di daerah harus mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

"Pemda harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat. Kawal otonomi daerah agar diisi dengan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dengan mendorong munculnya kemandirian dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang ada, baik itu SDM maupun SDA".ujarnya..

Wapres juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk selalu bersinergi untuk mewujudkan tujuan dan impian memakmurkan negara.harapnya.

Setelah mendapatkan bimbingan dan arahan dari Wapres RI, selanjutnya para peserta vidcond mendengarkan paparan dari Mendagri Tito Karnavian terkait Filosofi dan sejarah otonomi daerah.

Hadir mengikuti Vidcond Bersama PJ.Bupati Labuhanbatu, para Asisten pemerintah kabupaten labuhanbatu, Para Kepala OPD, Kasdim 0209/lb, dan perwakilan Polres Labuhanbatu. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 mengeluarkan surat edaran Nomor 360/045/COV1D-19/LB/2021 tertanggal 23 April 2021, meniadakan mudik hari raya Idul Fitri dan upaya pengendalian penyebaran Covid 19 selama bulan suci Ramadhan.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Pj Bupati Labuhanbatu, Mulyadi Simatupang, disusun dengan maksud untuk mengatur pembatasan mobilitas masyarakat dan mengoptimalisasi fungsi Posko Covid 19 di desa/kelurahan selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

"Tujuan surat ini adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19 selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah," tulis adendum surat edaran seperti yang dilihat, Minggu (25/4/2021).

Adapun waktu periode peniadaan mudik Idul Fitri ini adalah tanggal 6 Mei - 17 Mei 2021, namun tetnp berlaku Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 nomor 13 Tahun 2021.

Penambahan periode peniadaan mudik Idul Fitri sesuai Adendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 tahun 2021 yaitu periode H - 14 menjelang masa peniadaan mudik adalah tanggal 22 April - 5 Mei 2021. periode H + 7 pasca peniadaan mudik adalah tanggal 18 Mei - 24 Mei 2021. Upaya pengendalian Covid 19 adalah selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Peniadaan mudik untuk sementara bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi darat, kereta api, laut, lintas kota/kabupaten/provinsi/negara sebagai pengendalian mobilitas selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Perjalanan orang selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri sebagai dimaksud pada angka I dikecualikan bagi kendaraan pelayanan distribusi logistik dan pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non-mudik yaitu bekerja/perjalanan dinas/kunjungan duka keluarga sakit/kunjungan duka anggota keluarga meninggal/ibu hamil yang didampingi 1 orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didamping maksimal 2 orang.

Pengecualian ini juga berlaku untuk bagi pegawai instansi pemerintahan, pegawai BUMN/BUMD, TNI, Polri dengan melampirkan print out surat izin tertulis dari pejabat setingkat eselon II yang dilengkapi tanda tangan basah/elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Bagi pegawai swasta melampirkan print out surat Izin tertulis dari pimpinan perusaharan yang dilengkapi dengan tanda tangan basah/elektronik pimpinan perusahaan serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Sedangkan bagi pekeja sektor informal dan masyarakat umum non pekerja melampirkan print out izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkasi tanda tangan basah/elektronik Kepala Desa/Lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

  1. Pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Bandar Udara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia;

  2. Pelaku perjalanan transportasi laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Pelabuhan sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia;

  3. Pelaku perjalanan penyeberangan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Pelabuhan sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia;

  4. Khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi laut untuk pelayaran terbatas dalam wilayah satu kecamatan/kabupaten/provinsi, atau dengan transportasi darat baik pribadi maupun umum dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat hasil tes RT-PCR/rapid test antigen/tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan namun akan dilakukan tes acak apabila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah;

  5. Pelaku perjalanan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Stasiun Kereta Api sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan;

  6. Pelaku perjalanan transportasi umum darat akan dilakukan tes acak rapid test antigen/tes GeNose C19 apabila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah;

  7. Pelaku perjalanan transportasi darat pribadi, dihimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau tes GeNose C19 di rest area sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan dan akan dilakukan tes acak apabila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah;

  8. Pengisian e-HAC Indonesia dihimbau bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi darat umum maupun pribadi, kecuali bagi pelaku perjalanan udara dan laut wajib melakukan pengisian e-HAC Indonesia;

  9. Anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan tes RT-PCR/rapid test antigen/tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan;

  10. Apabila hasil tes RT-PCR/rapid test antigen/tes GeNose C19 pelaku perjalanan negatif namun menunjukkan gejala, maka pelaku perjalanan tidak boleh melanjutkan perjalanan dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR dan isolasi mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan; dan

  11. Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang menyelenggarakan fungsi terkait perhubungan darat/laut/udara/perkeretaapian menindaklanjuti Addendum Surat Edaran ini dengan melakukan penerbitan instrumen hukum dengan mengacu pada Addendum Surat Edaran ini dan peraturan perundang-undangan.


Diakhir surat, bagi pelanggaran terhadap surat edaran ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.