NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Bharada Komang korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang gugur saat terjadinya kontak tembak di kampung Makki distrik Ilaga timur kabupaten Puncak pada Selasa (27/4) siang ini diterbangkan ke Palembang Rabu, (28/4/21).

Jenazah rencananya akan diterbangkan menggunakan Batik Air "Siang ini akan diterbangkan dari Bandara Mozes Kilangin Mimika sekitar pukul 12.10 WIT" ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal.

Lebih lanjut Kombes Pol Iqbal mengatakan korban akan disemayamkan di kampung halamannya di Palembang "Jenazah akan transit di Jakarta kemudian lanjut ke Palembang karena keluarganya disana" tutur Kombes Iqbal.

Diketahui Bharada Komang gugur saat kontak tembak aparat gabungan TNI-Polri dengan KKB kemarin di kampung Makki distrik Ilaga Timur Kabupaten Puncak Selasa siang kemarin. Selain Bharada Komang 2 anggota lainnya yaitu Ipda Naton Tonapa dan Bripka M. Syaifudin ikut menjadi korban saat ini masih dalam perawatan tenaga medis. (**)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Pencarian terhadap Nurofik (40), warga Kelurahan Pasarbatang RT. 02 RW. 06, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang hanyut di Sungai Pemali Brebes dilanjutkan di hari kedua. Rabu (28/4/2021).

Dijelaskan Ketua SAR Brebes, Waryadi, pencarian hari ini menerjunkan 3 unit rubber boat dari Basarnas KPP Cilacap, BPBD Brebes, dan SAR Brebes sendiri.

“Fokus pencarian di hari kedua ini, Basarnas KPP Cilacap menyisir arah muara sedangkan kami bersama perahu LCR BPBD Brebes sisir kanan-kiri Sungai Pemali ke arah muara,” terangnya.



Lebih lanjut dijelaskan Topik Dowol (41), anggota tim evakuasi SAR Brebes, tim penyelamat itu juga membawa peralatan lengkap seperti rescue car carrier, satu set alat selam, satu set pakaian hazmat, tali-temali, lampu penerangan, dan tentunya rubber boat.

Berita Terkait:

https://nusantaraexpress.top/2021/04/27/satu-warga-brebes-tercebur-dan-hilang-di-sungai-pemali-saat-menyebrang-rakit/

“Pencarian tadi malam dihentikan pada pukul 20.00 WIB dengan alasan faktor keamanan tim penyelamat, karena cuaca mulai gerimis,” bebernya.

Lanjut Topik Dowol, selain sisir sungai dengan rubber boat, dua orang penyelam juga mencari jasad Nurofik di sekitar TKP tenggelamnya, yakni di sekitar penyeberangan perahu Sungai Pemali di Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari.

Sementara unsur pendukung seperti TNI-Polri, Satpol PP, PMI, Rapi, Bagana, Ubaloka, dan juga warga setempat, stand by di posko relawan di sekitar penyeberangan perahu Sungai Pemali Desa Kertabesuki.



Perlu diketahui, korban tenggelam (Nurofik), tercebur ke Sungai Pemali dari atas rakit/perahu penyeberangan yang dikemudikan Kasudin (57), warga Desa Sawojajar, dengan dugaan saat kambuh penyakit epilepsinya.

Kejadian terjadi pada Selasa pagi, 27 April 2021 sekitar pukul 09.30 WIB, di dekat tempat penyeberangan perahu Sungai Pemali di dekat tanggul Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari.

Penyeberangan rakit tersebut merupakan akses transportasi tradisional antar desa/kecamatan, yakni dari Desa Tengki Kecamatan Brebes ke Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari. (Aan)

Serang, Aktual News – Kepala desa serta perangkat pemerintah desa Cemplang sore tadi turun kejalan, turunnya kejalan untuk membagikan masker guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID – 19) yang diberikan ke pengendara yang melintas. Di jalan raya Cikande Rangkas Bitung tepatnya dikampung Kebon Kelapa, Desa Cemplang Kecamatan, Jawilan Kabupaten Serang Banten, Rabu (28/04/2021) yang tidak jauh kantor desa setempat.

Samsudin Penjabat Sementara Kepala Desa Cemplang, kepada media mengatakan, Turun kejalan dalam rangka memberikan masker kepada pengendara yang melintas, masyarakat dan pedagang serta pembeli yang ada dipasar sore.

“Dalam rangka membagikan masker guna memutus penyebaran Covid -19, yang dibagikan kepada masyarakat yang melintas dan pedagang pasar rebo /pasar sore,” ucapnya.

Dikatakannya, selain pembagian masker, dirinya akan melakukan penyemprotan cairan Disinfektan ditempat ibadah seperti Masjid dan Musholah yang ada di desa Cemplang.

“Selain bagi masker kita juga akan mengadakan, melakukan penyemprotan cairan disinfektan terutama tempat ibadah baik mesjid dan mushola se desa Cemplang,” ungkap Samsudin Pjs kepala desa Cemplang.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat yang ada diwilayah desa Cemplang dan luar desa Cemplang agar selalu ikuti protokol kesehatan Covid -19 dengan membiasakn memakai masker, Hindari Kerumunan, Jaga jarak dan selalu biasakan mencuci tangan.

“Agar selalu pakai masker untuk kesehatan diri, dan untuk kesehatan orang lain supaya memutus rantai Covid -19,” tandasnya.

Dalam kegiatan turun kejalan sore tadi dalam rangka membagikan masker turut hadir juga BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, RT, RW, Kader dan Bidan Desa.[ Red/Akt-43/Ahmad Suryani ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual News- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto S.I.P.,M.M.,Q.I.A. Melaksanakan Kunjungan kerja ke Mayonif 315/Grd Bogor dengan didam pingi oleh Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. selaku Komandan Korem 061/SK. Dan disambut oleh Danyonif 315/Grd (Letkol INF Aryo Priyo Utomo) beserta para Pa Yonif 315/Grd dan dihadiri oleh 409 Personil Yonif 315/Grd. Selasa (27/4).

Kunjungan kerja Pangdam III/Slw ke Mako Yonif 315/Grd di Jl.Mayjen Ishak Djuarsa Kelurahan Gunung Batu Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor yaitu dalam rangka pemeriksaan kesiapan operasi satgas Pamrahwan tahun 2021 Yonif 315/Grd ke wilayah Provinsi Papua.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam menyampaikan beberapa hal kepada prajurit Yonif 315 yang akan melaksanakan tugasnya ke tanah Papua, dan dalam penyampaiannya ia menjelaskan bahwa tidak ada pos pos yang dianggap aman, oleh karena itu kita dalam menjalankan tugas harus fokus dan bertanggung jawab, kita tidak boleh santai dan melepaskan tanggung jawabnya. apalagi ditempat ketinggian, jangan sampai kejadian yang menimpa Kabinda Papua menimpa kepada personel Kodam III/Slw yang bertugas di Papua.

Kemudian lebih lanjut ia meminta kepada para personil untuk menjaga kekompakan dan persatuan sesama personel yang melaksanakan tugas, tujuannya yaitu untuk menghindari adanya personel yang membelot dan berhianat kepada NKRI. dan jangan sampai mereka tergiur, salah satu contoh tergiur oleh perempuan ditempat tujuan, apalagi membawa senjata, hindari niat niat dari personel yang tidak baik dan kita harus Waspada dan siaga.

” Didaerah rawan kita tidak boleh lengah, kita harus tetap waspada, siapapun dan apa jabatannya, oleh karena itu kepada Danyon, Danki. Danton dan para Danru, tolong ingatkan anggota jangan lengah ikuti semua perintah Danyon.” Ungkap Pangdam.

” Laksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya untuk menarik simpati dari masyarakat seperti kegiatan mengajar dan Karya Bhakti. Dan juga lakukan hal-hal yang dapat membuat masyarakat Papua tentram dan nyaman

” Tugas itu adalah kehormatan bagi kita, kehormatan adalah segala galanya, termasuk kehormatan satuan dan Kodam III/Slw.” Tambahnya.

Turut Mendampingi Pangdam III/Slw dalam Kunjungan kerjanya yaitu Danrindam III/SLW. Asrendam III/Slw, Asintel Kasdam III/Slw, Asops Kasdam III/ Slw, Aspres Kasdam III/Slw, Aslog Kasdam III/ Slw, Aster Kasdàm III/ Slw, Kapendam III/Slw, Kakesdam III/ Slw, Kapaldam III / Slw, Kahubdam III/Slw, Kabekangdam III/SlW, Katopdam III/ Slw, Danbrigif 15/Kujang, Dandim 0606/Kt Bgr, Para Kasi Rem 061/Sk, Dandenpom III/I serta Kasmin Pangdam III/Slw.

Yonif 315/Grd akan diberangkatkan menuju Wil Papua direncanakan pada Minggu ke 2 Bulan Mei 2021 dan Jumlah personel yang berangkat 400 personel murni personel Yonif 315/Grd, Untuk Anggota Korum sebanyak 167 personel dan juga 26 personel BP (Hukum,Kes). Sedangkan Untuk kesiapan Personel, Alkap dan Alutsista dipastikan sudah terpenuhi. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

 

Medan, Aktual News Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejatisu, menuntut Direktur PT.Timur Property Investindo, The Antonius Fregianto alias Pak Egi selama 7 Tahun Penjara dalam persidangan yang berlangsung di Cakra 8, Selasa (27/4/2021), petang.

Namun selain membacakan tuntutan terhadap Egi, Jaksa Penuntut Umum Randy Tambunan juga memberikan tuntutan kepada Ketua I Koperasi Simpan Pinjam Timur Pratama Indonesia (Kospin TPI) Inne Irina Luhulima dituntut selama 8 Tahun Penjara. Keduanya juga dibebankan untuk membayar denda masing-masing besar Rp10 Milyar subsidair3 bulan kurungan.

Namun saat kedua terdakwa yakni The Antonius Fregianto alias Pak Egi dan Inne Irina Luhulima tak dilakukan penahanan

Dalam persidangan tersebut, keduanya dijerat Pasal 46 ayat (1) jo ayat (2) UU No.10 tahun 1998 Tentang Perubahan UU Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Dihadapan Ketua Majelis Hakim Immanuel Tarigan, Randi pun menegaskan bahwa keduanya terbuki melanggar UU Perbankan, dimana kegiatan penyimpanan di Kospin TPI tidak sesuai dengan aturan yang berlaku karena tak memiliki izin dari BI dan OJK.

Dalam rentang waktu 2016-2020 terdakwa yang menjabat Direktur TPI mengetahui jika Koperasi Simpan Pinjam Timur Pratama Indonesia berhasil menghimpun dana dari masyarakat kurang lebih Rp400.000.000.000,- (empat ratus milyar rupiah).

Dimana hampir seluruh dana nasabah tersebut dialihkan ke Rekening Bank Danamon Nomor Atas Nama PT. TPI dan digunakan oleh PT. TPI yang notabennya dikelola oleh terdakwa selaku Direktur PT. TPI. Dan hal itu juga diketahui Ketua I Koperasi Simpan Pinjam Timur Pratama Indonesia (Kospin TPI) Inne Irina Luhulima.

Usai membacakan tuntutan maka persidangan ditunda hingga pekan depan dengan agenda pledoi. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

Simalungun,Aktual News-Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo memimpin Rapat Kordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba Tahun 2021, dalam rangka pengamanan Perayaan Idul Fitri 1442 H, di Aula Andar Siahaan Mako Polres Simalungun, Jalan Jhon Horailam, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun,Sumatra Utara Rabu (28/4/21).

Namun dalam Rakor tersebut, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo menyampaikan kebijakan pemerintah mengenai larangan mudik dalam rangka menghadapi hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Simalungun.

Dikatakan Kapolres, bahwa Polres Simalungun menyiapkan 10 titik posko di Wilayah Kabupaten Simalungun dalam melakukan penyekatan bagi masyarakat yang tidak mematuhi kebijakan Pemerintah.

Antara lain Pos Pelayanan (Pos Yan) Simpang Dolok Merangir Kecamatan Tapian Dolok (Pos Penyekat), Pos Pengamanan (Pos Pam) Pematang Siantar- Asahan Kecamatan Bandar (Pos Penyekat), Pos Pam Simpang Nagojor KM 16- 17 Siantar- Mandoge Kecamatan Tanah Jawa (Pos Penyekat).

Kemudian Pos Pam Simpang Sitahoan, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Pos Penyekat), Pos Pam Saribu Dolok KM 62- 63 Siantar- Merek Silimakuta (Pos Penyekat), Pos Pam Pelabuhan Tiga Ras Kecamatan Dolok Pardamean ( Pos Penyekat), Pos Pam Jalan Medan KM 20- 12 Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok, Pos Pam Simpang Sipef KM 20 Siantar – Perdagangan Kecamatan Gunung Malela, Pos Pam Simpang Palang KM 25-26 Siantar – Parapat Kecamatan Dolok Panribuan dan Pos Pam BIS (Bukit Indah Simarjarunjung) Kecamatan Dolok Pardamean.

Dalam Rakor tersebut turut hadir Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. Dalam kesempatan itu Radiapoh menyampaikan Pemkab Simalungun akan menempatkan instansi yang terkait untuk ikut Pengamanan di Posko yang telah disiapkan.

“Pemkab juga akan menyiapkan kebutuhan- kebutuhan Sarana dan Prasarana dalam mendukung kesiapan Ops Ketupat Toba 2021 agar berjalan dengan baik dan lebih meningkatkan Protokoler Kesehatan” kata Radiapoh.

Sementara itu Ketua DPRD, Dandim 0207/Simalungun dan Kajari Simalungun mengatakan akan mendukung kesiapan Ops Ketupat Toba 2021 agar berjalan dengan lancar dan lebih meningkatkan Protokoler Kesehatan.[ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

Kiri ( Komang ) Ketua Komando HAM Tungkal Jaya Musi Banyuasin

 

 

Musi Banyuasin, Aktual News – Dewan Pengurus Cabang Tungkal Jaya KOMANDO HAM (Hidupkan Aspirasi Masyarakat). Yang beralamatkan di Suka Damai RT 031 Dusun 08 Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Melakukan silatuhrahmi dengan muspika yang ada di Tungkal Jaya. Rabu(28/04/21).

Setelah ditetapkan kepengurusannya oleh Dewan Pengurus Pusat, mereka melakukan jalinan silaturahmi dengan Muspika yang ada di Tungkal Jaya.

“Setelah di SK kan kepengurusan, kami melakukan kemitraan dan menjalin silaturahmi dengan Muspika yang ada didaerah,'” ucap Komang Ketua DPD Musibanyuasin

Sambung Komang , sekaligus kami menyerahkan SK penetapan kepengurusan kepada pimpinan Muspika dengan tujuan agar kepengurusan DPC Tungkal Jaya diketahui keberadaanya , sehingga dapat terjalin sinergi yang baik dan komunikasi baik.

“Saya berharap, dengan diketahuinya Kepengurusan DPC Tungkal Jaya ini , mudah – mudahan dapat terjalin kerjasama yang baik dan dapat turut serta dalam membangun daerah agar lebih maju” tutur Komang [ Red/Akt-43/AS ]

 

Aktual News

NTT, Aktual News-Dr. Simon Nahak,SH.,MH dan Louise Lucky Taolin,S.Sos resmi memimpin Kabupaten Malaka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malaka pada periode 2021-2024.

Kesaksian awak media Kedua putra terbaik asal Malaka itu, resmi dilantik oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat pada hari ini ini di aula El Tari Kupang Senin (26/4).

“Selamat atas pelantikan Dr. Simon Nahak, SH.,MH dan Louise Lucky Taolin,S.Sos sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malaka. Masyarakat Malaka menunggu kalian dengan penuh optimis, “Ujar Agustinus Nahak sebagai ketua tim kuasa hukum SN-KT kepada para awak media di Kupang NTT, Senin (26/4).

Sementara kegiatan pelantikan berlangsung, Simon Nahak dan Kim Taolin bersama kedua Bupati dan wakil Bupati Belu dan Sumba Barat berpakaian putih dengan menggunakan lambang Garuda kebesaran Bupati dan wakil Bupati.
Berikut nama-nama Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat. Dr.Simon Nahak,SH.,MH – Louse Lucky Taolin,S.Sos (Malaka) dr.Agus Taolin – Aloysius Hale Serens(Belu) Johanes Dede-Johanes Lidi Bora Kabba (Sumba Barat).
Kegiatan pelantikan telah selesai, Kini Dr.Simon Nahak,SH.,MH dan Louse Lucky Taolin,S.Sos Telah resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

“Di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Malaka terpilih kami yakin pemantapan sumber daya manusia dengan sinergitas memajukan potensi alam akan tercapai demi kesejahteraan masyarakat Malaka, “tutup Agustinus Nahak. [ Red/Akt-01/Jl ]

 

 

Aktual News

 

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kontak tembak antara TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Kampung Mauberi, Kabupaten Puncak, Papua. Selasa (27/4/2021).

Dalam kontak tembak itu, satu anggota Brimob yakni Bharada Komang meninggal dunia, sedangkan dua lainnya yakni Bripka Muhammad Saifuddin (anggota Polres Mimika) dan Ipda Anton (anggota Brimob) mengalami luka tembak.

“Memang benar terjadi kontak tembak, sekitar pukul 11.30 WIT. Satu anggota kita gugur dan dua lainnya terluka. Proses evakuasi sedang berlangsung,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, saat mengkonfirmasi informasi kontak tembak ini lewat telepon.



Fakhiri mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kontak tembak itu melibatkan kelompok KKB mana, karena aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran dan sebagian melaksanakan evakuasi korban.

Sementara itu, Kapen Kogabwilhan III Kol CZI IGN Suristiawa saat dihubungi melalui telepon juga membenarkan terjadinya kontak tembak tersebut. “Ya informasinya ada kontak tembak. Informasi awal yang kami terima tiga rekan dari Kepolisian menjadi korban dalam kontak tersebut,” ucapnya.

Suriastawa menegaskan aparat gabungan TNI-Polri akan terus melakukan tindakan tegas kepada KKB, sebagai tugas pengabdian menjaga kedaulatan negara dan melindungi masyarakat Papua dari aksi-aksi kebrutalan KKB.

“TNI-Polri tidak akan gentar menghadapi KKB meskipun nyawa taruhannya. Ini menjadi wujud pengaddian yang tidak main-main dari prajurit TNI-Polri terhadap saudara-saudara kita di Papua,” tutup Suriastawa. (Red)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Pencarian terhadap seorang korban tenggelam di sekitar tempat penyeberangan perahu Sungai Pemali wilayah Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih dilakukan tim relawan gabungan Kabupaten Brebes, baik unsur SAR, BPBD, TNI-Polri, Satpol PP, PMI, Rapi, Bagana, Ubaloka, dan juga warga setempat. Selasa sore (27/4/2021).

Disampaikan Danramil 03 Wanasari Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Solekhudin, korban tenggelam bernama Nurofik Bin Tarwad (40), warga Kelurahan Pasarbatang RT. 02 RW. 06, Kecamatan Brebes.



Kejadian berawal saat korban yang membawa sepeda menyeberangi Sungai Pemali dengan perahu/rakit penyeberangan sekitar pukul 09.30 WIB, namun tiba-tiba penyakit epilepsi korban kambuh sehingga membuatnya terjatuh bersama sepedanya ke dalam sungai dan langsung hanyut.



“Satu regu dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap, diterjunkan beserta peralatan lengkap untuk membantu melakukan pencarian korban,” terangnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi, I Nyoman Sidakarya selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, sampai dengan pukul 15.00 WIB korban tenggelam belum berhasil ditemukan sehingga operasi SAR masih terus dilakukan. (Aan)

Jakarta, Aktual News Hari ini, Rabu (28/4) adalah hari ke-16 di bulan Ramadhan 1442 Hijriah umat muslim menjalankan ibadah puasa.

Dihari ke-16 bulan Ramadhan ini aktualnews.co.id tetap menyajikan informasi seputar jadwal Imsak sebagai pengingat batas sahur dan jadwal buka puasa sebagai pengingat berbuka.

Berikut dibawah ini jadwal imsak dan buka puasa di DKI Jakarta untuk hari Rabu tanggal 28 April 2021, 16 Ramadan 1442 H.

jadwal imsakiyah sumber ; https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah
jadwal imsakiyah sumber ; https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

[Red/Akt-23]

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.