NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Prajurit Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) yang merupakan prajurit penjaga Samudera bertamabah 846 Personil, setelah Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat melantik dan mengambil sumpah dalam program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke 40 gelombang 2 TA 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksamil Juanda Sidoarjo, Selasa, (4/5/2021).

Ke 846 Siswa Dikmaba tersebut terdiri 724 orang pria dan 122 orang Siswa Dikmabawan, untuk selanjutnya setelah pengambilan sumpah dan pelantikan para Bintara baru tersebut akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.



Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung, Surabaya akan dididik 293 Bintara unuk menjadi pelaut yang handal. Di Kodikopsla ini akan mendidik Korps Navigasi, Bahari, korps Komunikasi korps Artileri dan Korps Senjata Bawah Air, yang akan menempuh pendidikan di Pusdikpel. Sedangkan korps Listrik Pesawat Udara (LPU) dan Mesin Pesawat Udara (MPU) akan dididik di Senerbal Pusdiksus.

Kodik lainya adalah Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro mendidik siswa paling banyak yakni 403 orang siswa. Ke-403 orang ini akan mengikuti pendidikan di beberapa Pusdik dibawah Kodikdukum antara lain Pusdiktek 94 orang mendidik Korps Mesin, Listrik, Pusdikbanmin 128 orang mendidik korps Suplay , Jasmani dan Kejuruan Musik, Pusdiklek mendidik 124 orang korps kejuruan Ede, Ekl, Esa, Etk dan PDK. Pudik Pomal mendidik 27 orang korps Polisisi Militer dan Pusdikkes dengan kejuruan 30 orang kejuruan Para medis .



Penutupan Pendidikan ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam rangka menghadapi segala ancaman.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan, sehingga berhak mengikuti pelantikan sekaligus penyumpahan bintara TNI AL dengan pangkat sersan dua.

Dankodiklatal berharap pendidikan di Puslatdiksarmil dapat berhasil mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik sesuai kejuruan masing-masing

Sedangkan kepada para siswa Dankodiklatal berharap agar mempertahankan kondisi fisik dan mental yang sudah baik. Selain itu agar memulai belajar untuk berpikir dan bertindak cerdas, karena status para siswa nantinya sebagai bintara tulang punggung kesatuan

Disisi lain disampaikan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, tidak hanya membutuhkan alutsista yang modern, namun sumber daya manusia TNI AL sebagai pengawak organisasi harus unggul, maju dan profesional dalam pelaksanaan tugas. *

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Sehari menjelang Sertijab Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., dan calon penggantinya Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P.,M.Tr.(Han), melakukan inspeksi kapal-kapal perang (Fleet Inspection) yang sedang sandar di Pangkalan Koarmada II menggunakan KAL Bawean, Selasa (04/05).

Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut untuk yang terakhir kalinya sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

Pangkoarmada II Laksda TNI Sudihartawan mengatakan, “ Proses Fleet Inspection merupakan tradisi menjelang pergantian jabatan Panglima Komando Armada, untuk melihat kesiapan seluruh kapal yang sedang dalam perbaikan, masih standby dipangkalan maupun yang siap digerakkan setiap saat oleh panglima baru sehingga pada saat serah terima semua sudah clear dan panglima baru sudah siap melaksanakan tugas kedepan,” jelas Laksda Sudihartawan saat melaksanakan Door Stop di KRI R.E. Martadinata (REM-331).



Dalam amanat yang disampaikan melalui radio komunikasi yang di Broadcast ke seluruh unsur KRI jajaran Koarmada II di Pangkalan dan di daerah operasi Laksda Sudihartawan menyampaikan “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit KRI baik yang sedang beroperasi di seluruh perairan yurisdiksi nasional Indonesia maupun di luar Negeri, atas kinerja dan hasil kerja yang telah ditunjukkan dengan baik dan sukses. Dan selaku Panglima Koarmada II saya juga merasa bangga kepada kalian semua, karena selama ini telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme yang luar biasa”, ungkap Laksda Sudihartawan.

“Saya berharap kepada seluruh prajurit Koarmada II, untuk memberikan dukungan yang sama kepada Panglima Koarmada II yang baru yaitu Laksda TNI Iwan Isnurwanto, dengan tetap mengedepankan profesionalisme yang didukung dedikasi serta loyalitas yang tinggi,” tegas Pati berbintang dua tersebut melalui radio dengan tegas berwibawa.

Pada kesempatan ini juga Laksda Sudihartawan dengan tulus dan kerendahan hati memohon maaf kepada seluruh jajaran yang selama ini dipimpinnya, apabila ada kesalahan dan kekhilafan selama kepemimpinannya sebagai Pangkoarmada II, sekaligus mohon diri dan mohon doa restu untuk mengemban tugas selanjutnya sebagai Asisten Komunikasi Elektronika (Askomlek) Kasal. [Pen2]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Warga masyarakat Desa Sitanggal Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, digegerkan dengan adanya sesosok mayat berjenis kelamin laki-laki yang mengambang dan tersangkut di pintu air Saluran Sekunder (Salsek) Danawangsa Sitanggal, desa tersebut. Selasa (4/5/2021).

Diterangkan Pjs. Danramil 16 Larangan Kodim 0713 Brebes, Letda Infanteri M. Yazid, mayat sudah dalam keadaan rusak atau membusuk karena diperkirakan sudah meninggal lebih dari 3 hari.



“Bagi keluarga yang merasa kehilangan salah satu anggota keluarganya yang laki-laki, maka dapat menghubungi langsung ke pihak Polsek Larangan, atau Koramil,” ujarnya.





Jasad pertama kali dilihat oleh Azis (35), petugas saluran air Danawangsa Sitanggal, yang merupakan warga setempat Desa Sitanggal RT/RW. 01.

Jasad selanjutnya diangkat oleh petugas bersama warga untuk dievakuasi ke RSUD Brebes pada pukul 11.00 WIB untuk autopsi, sementara proses identifikasi pertama dilakukan oleh pihak berwajib yakni Polsek Larangan. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - (Papua). Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, menyampaikan rasa syukur atas momentum peringatan 51 tahun kembalinya Irian Barat ke NKRI.  Sekarang masyarakat di Papua dan Papua Barat dapat menikmati hasil pembangunan, sang Bupati berharap masyarakat jangan mudah lagi terprovokasi.


“Momentum 51 tahun ini memberikan kesempatan bagi orang Papua untuk memimpin sendiri daerahnya, mulai dari Gubernur hingga Bupati dan Wali Kota. Mari bergandengan tangan membangun Papua agar rakyat makin sejahtera,” kata Elisa Kambu dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).


Dia mengatakan, adanya kepercayaan bagi Orang Asli Papua (OAP) memimpin daerahnya, harus dimanfaatkan dengan baik. Tugas selanjutnya tinggal mengelola amanah tersebut, agar Papua semakin maju dan sejahtera.


Kata Elisa Kambu, masyarakat di wilayah Papua, khususnya Kabupaten Asmat, jangan sampai mudah terprovokasi. Sebab sekarang sudah tidak ada alasan yang membuat warga susah. “Sudah saatnya masyarakat menikmati hasil pembangunan tanpa gangguan berarti,” ujarnya.


Momentum 1 Mei 2021 merupakan hari bersejarah di Tanah Papua. Saat itu wilayah Irian Barat yang kini menjadi Provinsi Papua dan Papua Barat kembali ke NKRI pada 1963. (**)

Labuhanbatu, Aktual News-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu bersama tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat labuhanbatu memperingati malam turunya Al-Qur’an yang sering disebut dengan Nuzulul Qur’an diruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu jalan Asrol Adam Kecamatan Rantau Selatan Selasa 4/5/2021.

Peringatan Nuzulul Qur’an pada Ramadhan 1442 H tersebut dihadiri oleh PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Para Asisten, Kepala OPD, Sekwan, Kabag, Kaban, Camat dan Staf pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan pentausyah Ustadz Muhammad Ali Hasibuan, M.Pdi dari kota Medan dan Qira’at Qur’an oleh Hamdani Abdul ghofur.

Pj.Bupati Menyebutkan diperingatinya Nuzul Quran sebagai bentuk kekuatan iman kita kepada Allah bahwa di waktu itu Allah menyampaikan Wahyu yang pertama melalui malaikat Jibril kepada baginda Rasulullah Saw.” Sebagai umat muslim tentunya kita mengimani ini, karena percaya terhadap Al-Qur’an termasuk dalam salah satu rukun iman”, ucap PJ.Bupati.

PJ.Bupati Berharap kepada seluruh yang berhadir dapat menjadikan momen peringatan Nuzulul Qur’an sebagai wadah mempererat tali silaturahmi antar sesama umat, karena sesungguhnya kita bersaudara ini dibuktikan dengan satu pedoman kitap yang kita imani.

Beliau juga berpesan kiranya Nuzul qur’an dijadikan pembulu rindu didada kita untuk tetap membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebelumnya, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA menghimbau kepada seluruh ASN Pemkab Labuhanbatu untuk selalu bekerja dengan tulus dan serius meskipun disuasana menjelang lebaran dan pelantikan Bupati.

Pimpinan ASN tertinggi dilabuhanbatu ini juga menegaskan kepada seluruh ASN untuk tetap menjalin silaturahmi sesama pegawai, ” meskipun open house ditiadakan saya berharap kita bisa menjalin silaturahmi dengan kunjung mengunjungi diantara kita, tegas Sekda.

Kemudian ucapnya, kepada seluruh aparatur pemerintahan untuk memberikan contoh kepada masyarakat mendukung himbauan pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan keluar kota atau mudik.

Dikesempatan itu, Ustadz Muhammad Ali Hasibuan dalam tausiyahnya menyampaikan tentang betapa pentingnya ingat mengingatkan kebaikan antar sesama dan mengagungkan suami atau istri.

Rangkain acara tersebut direncanakan diisi dengan berbuka bersama dan shalat Maghrib berjama’ah. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Medan, Aktual News – Sidang perkara dugaan korupsi mark up dengan terdakwa Mantan Kacab PDAM Deli Serdang, Hasran Siregar dan Mantan Kabag Keuangan PDAM Deli Serdang, Zainal Sinulingga kembali berlangsung di ruang Cakra 4 Pengadilan Negeri Medan, Senin (3/5/2021).

Namun dalam persidangan terungkap bahwa selama 2015-2018 telah terjadi mark up anggaran sehingga merugikan negara Rp.10,6 Milyar dari beberapa kepala cabang, termasuk Hasran Siregar.

Saat persidangan tersebut, terungkap tidak pernah ada pemeriksaan laporan keuangan. Pengakuan ini disampaikan Kepala SPI PDAM Tirtanadi, Parlindungan Siregar dalam kesaksiannya.

“Sebab mengacu pada SK Direksi No27 Tahun 2000, maka Kso Cabang PDAM Tirtanadi Deli Serdang tidak dilakukan pemeriksaan. Selain itu fokus pengawasan pada cabang di wilayah Medan,”kata Parlindungan. Dirinya mengaku mendapatkan perintah pemeriksaan setelah Kacab PDAM Deli Serdang Saipul Hutasuhut tentang selisih Voucher dan rekening koran sehingga merugikan Rp 10 milyar lebih.

Tapi dalam pemeriksaan Zainal Sinulingga mengakui siap bertanggungjawab saat dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Bahkan untuk melunasi pembayaran tersebut gaji tidak dibayarkan.

Masih dalam persidangan tersebut, terkuak dari 6 KSO PDAM hanya Cabang PDAM Deli Serdanglah yang tidak pernah diperiksa. Parlindungan menuturkan dari hasil penelusuran ditemukan selisih pada voucher dan rekening koran pada masa kepemimpinan Hasran. Pada perkara ditemukan kerugian dimasa Hasran memimpin Rp 684 juta.

Usai memberikan kesaksian, Hasran merasa keberatan karena perbuatan oleh jajarannya tanpa adanya sepengetahuan dari dirinya. Keberatan lainnya, seharus SPI melakukan pemeriksaan rutin sehingga bisa dicegah. Namun dalam perkara ini pihaknya tidak mengetahui. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

 

Aktual News

Simalungun,Aktual NewsSaat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro kembali diperpanjang di Kabupaten Simalungun.

Perpanjangan PPKM berbasis mikro ini dibenarkan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Simalungun Akmal Siregar.

“Namun Pemerintahan Kabupaten Simalungun akan menjalankan PPKM lagi sejak Hari ini Selasa 4 Mei 2021, sampai dengan 17 Mei 2021,” kata Akmal Siregar.

Akmal Siregar menerangkan, bahwa perpanjangan PPKM tersebut dilakukan berdasarkan Intruksi Mendagri Nomor 10 Tahun 2021.

“Sesuai dengan Intruksi Mendagri, kemudian selanjutnya Pemkab Simalungun masih menunggu Intruksi Gubernur,” kata Akmal Siregar kepada awak media, Selasa (4/5/21).

Tapi sebelumnya, penerapan PPKM berbasis mikro di Simalungun, Pemerintah telah membentuk Posko PPKM di semua Kecamatan, dengan rincian 32 Kecamatan dan 416 Kelurahan atau Nagori.

Terkait penerapan PPKM Mikro, Akmal Siregar mengatakan, Pemerintah lebih mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Pihak Pemerintahan Nagori diminta agar tetap melakukan koordinasi dengan seluruh unsur pemangku kepentingan, kemudian tetap melaporkan situasi penyebaran Covid-19 setiap harinya kepada Posko Kecamatan.

Penerapan PPKM kali ini dikatakan Akmal Siregar tidak berbeda dengan penerapan PPKM sebelumnya, Diterangkannya, dalam penerapan PPKM Mikro, jam operasional restauran diberlakukan berbatas sampai dengan jam 21:00 WIB. Kemudian untuk jam operasional tempat hiburan dibatasi sampai jam 22:00 WIb.[ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

Jayanti, Aktual News-Giat berbagi melalui Acara Santunan anak yatim dan buka bersama sukses di gelar oleh ketua PK Golkar Jayanti H.Rebo Muhidin.SH beserta Kepala desa Jayanti Misri Rahayu pada senin sore (03/05/2021) di area Proyek Kampung Tematik Jayanti, sebanyak 150 anak yatim bisa berbuka puasa bersama sekaligus melihat lokasi di mana bakal berdiri nya area bermain bagi mereka nanti di Kampung Tematik.

Acara santunan anak yatim dan buka bersama juga di hadiri oleh unsur Muspika, diantara nya Camat Jayanti Yandri Permana S.Stp, Kapolsek Cisoka AKP Nurrohman dan Danramil Cisoka, kepada anak anak yatim unsur Muspika pun mendoakan agar kelak mereka bisa menjadi manusia yang berguna bagi Bangsa dan Negara nya.

Pada kesempatan itu Kepala desa Misri Rahayu juga berpesan kepada anak yatim untuk terus bersekolah sampai ke jenjang atas ” kalian harus sekolah sebab pendidikan itu penting bagi kalian dan jangan sampai ada alasan tidak sekolah karena tidak ada biaya ” katanya menyemangati para anak yatim.

Setelah acara santunan dan buka bersama, ketua PK Golkar Kecamatan Jayanti H.Rebo Muhidin SH menyempatkan diri beramah tamah dengan Para Pengurus PD Golkar dari masing masing desa se Kecamatan Jayanti, H.Rebo Muhidin SH juga menyampaikan pesan dan amanat dari ketua DPD Golkar Kabupaten Tangerang H.Mad Romli SH.MM kepada seluruh jajaran pengurus PK dan PD se Kecamatan Jayanti.[Red/Akt-15/Mulyadi]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsKapolres AKBP Deni Kurniawan SIK MH, bersama Ketua Bhayangkari Cabang Labuhanbatu, nyonya Kiki Deni Kurniawan, Senin (3/5/2021), membesuk personil Polsek Kualuhhulu,  Bripka Rajinsyah Siregar, yang tertembak saat mengamankan pelaku pemerasan.

Dalam kesempatan ini,  Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Labuhanbatu, didampingi Kapolsek Kualuhhulu, AKP Sahrial Surait SH MH, Kasat Sabhara AKP Amdi Karna SH MH, Paur Dokkes Polres, Penata Tingkat I Suprapti,  para PJU Polsek Kualuhhulu dan Pengurus Bhayangkari Cabang.

Kedatangan Kapolres Labuhanbatu bersama Ketua Bhayangkari Cabang, disambut hangat pihak keluarga Bripka Rajinsyah Siregar.

Dalam kesempatan ini, Kapolres menyebutkan, kedatangannya ini untuk memberikan semangat moril kepada personil.  Agar cepat pulih dan kembali beraktifitas seperti sedia kala.

“Momen ini juga dijadikan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada keluarga personil, agar senantiasa diberi kesabaran,” tandas Deni Kurniawan. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Dalam rangka pemeriksaan kesiapan operasi satgas Yonif 315/Grd Operasi Pamrahwan TA. 2021 di wilayah Papua, Mayjen TNI Syafrudin selaku Asops Panglima TNI ini mengunjungi Yonif 315/Garuda Kota Bogor, Senin (3/5).

Bertempat di Mayonif 315/Grd yang terletak di Jl. Mayjen Ishak Djuarsa Kelurahan Gunung Batu Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, kunjungan kerja Mayjen TNI Syafrudin didampingi oleh Kasdam III Siliwangi, Danrem 061/SK, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalak Dam III/Slw, Danrindam III/Slw, Danbrigif 15/Kujang beserta Dandim 0606/Kota Bogor.

Tiba di Ksatrian Yonif 315/Grd Mayjen TNI Syafrudin disambut oleh Danyonif 315/Grd selaku Dansatgas Operasi Pamrahwan Papua Letkol Inf Aryo Priyo Utomo dengan Jajar Kehormatan dari Regu jaga Kesatrian Yonif 315/Grd.

Pada kesempatan tersebut asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafrudin memberikan pengarahan dan penekanan kepada personil Satgas Danpos ke atas yaitu sebagai berikut, yang mana khusus Danpos keatas yang dibutuhkan adalah masalah kepemimpinannya di lapangan, tidak boleh acuh dan selalu tanggap terhadap anggotanya. Dari paparan yang disampaikan oleh Dansatgas Yonif 315/Grd sudah sangat jelas bahwa seluruh anggota yang terlibat akan melaksanakan tugas lebih kurang 9 bulan lamanya, oleh karena itu laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jangan lengah dan selalu waspada.

kemudian Dansatgas dan para Danpos agar selalu mengingatkan anggotanya baik pada saat di pos maupun pada saat pergerakan, jangan ada setiap perorangan menganggap remeh daerah tugas apalagi di wilayah Timika setiap pergerakan harus selalu taktis, satuan ini adalah pasukan setan yang akan melaksanakan tugas di wilayah Papua, masuk ke daerah operasi harus rahasia setiap tugas pokoknya di daerah operasi. Dan setiap operasi harus ada perintah operasinya, dan setiap kegiatan harus direncanakan dgengan perhitungan mateng, dulu baru dilaksanakan, harus ikhlas dalam pelaksanaan tugas sehingga menjadi ladang ibadah, Satukan niat untuk tekad juang. Laksanakan dengan konsisten pantang pulang Sebelum berhasil.

Selain itu Asops Panglima TNI juga memberikan pengarahan dan penekanan kepada personil Satgas Yonif 315/grd yang mana dalam penyampaiannya ia mengatakan bahwa yang perlu diwaspadai oleh para anggota Satgas Yonif 315/Grd di daerah Papua adalah Timika, Merauke dan Mimika. Termasuk terkait penyakit HIV pun harus diperhatikan. penyakit HIV ini tentunya sangat berbahaya, oleh karena itu hindari penularan penyakit tersebut dengan cara Jangan melakukan hal hal yang tidak diperbolehkan tentunya yang dilarang agama manapun

” Namanya Daerah Operasi itu tidak ada yang aman, semuanya rawan semua prosedur harus kalian laksanakan, semuanya direncanakan terutama pada saat patroli prosedur taktis harus kalian laksanakan jangan seenaknya meninggalkan pos, Jangan pernah menerima tamu di pos, semoga prajurit mempunyai naluri intelijen maupun naluri tempur pelihara naluri itu.” Tegasnya.

Tugas harus dilaksanakan dengan ikhlas, satukan niat untuk tekad juang laksanakan dengan konsisten pantang pulang Sebelum berhasil. ” Untuk itu saya nyatakan Yonif 315/Grd resmi melaksanakan tugas pamrahwan di wilayah Papua tahun 2021.” Pungkasnya.

Usai memberikan arahan kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan operasi pamrahwan satgas Yonif 315/Grd oleh asops panglima TNI dan rombongan. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK





NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Pasca ditetapkannya sebagai organisasi teroris oleh pemerintah RI pada Kamis (29/4/2021) bulan lalu, Kelompok Teroris OPM kembali melakukan terornya dengan membakar bangunan SD Inpres Mayuberi, 2 unit rumah dinas guru, dan Puskesmas lama Ilaga Utara di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara.


Kejadian pembakaran diketahui setelah Joni Elalotagam (Kepala Distrik Ilaga Utara) mendatangi dan melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Satreskrim Polresta Puncak, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Senin, (3/5/2021) pukul 10.55 WIT.


“Sesuai laporan, benar ada warga yang melaporkan kejadian itu ke Polresta puncak. Pembakaran dilakukan kemarin malam Minggu (2/5/2021) sekitar pukul 21.30 WIT, dan diduga dilakukan oleh Teroris OPM,” kata Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suristiawa saat dihubungi melalui telepon, pada Senin (3/5/2021) siang.




Kolonel Suriastawa mengatakan menindaklanjuti dan memastikan kebenaran laporan itu, pihak aparat TNI-Polri yang ada disana melakukan pengecekan ke lokasi pembakaran dengan menggunakan drone.


“Berdasarkan hasil pemantauan dari foto udara (drone) terdapat adanya bekas bangunan SD, rumah dinas guru dan puskesmas yang telah dibakar,” ujar Kolonel Suriastawa.




Lebih lanjut Kolonel Suriastawa menyampaikan bahwa saat ini pihak aparat keamanan masih mendalami motif dari pelaku melakukan pembakaran tersebut. “Lebih detail nanti akan disampaikan oleh pihak Kepolisian. Terkait motif, pelaku, serta kerugian akibat kelakuan buruk kelompok teroris ini,” ucapnya.


“Perbuatan ini jelas menunjukkan bahwa pemerintah tidak salah mengelompokkan OPM menjadi organisasi teroris. Dan aparat keamanan disana akan mengejar dan menangkap pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, baik kepada masyarakat Papua maupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” pungkasnya. (**)






NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS - Dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19, jajaran Polsek Siak Kecil memperketat penjagaan di posko penyekatan larangan mudik perbatasan Bengkalis dengan Kabupaten Siak selama 24 jam, yang jaraknya satu kilometer dari perbatasan Kabupaten Siak.



"Petugas kita ada sepuluh orang yang stanby di posko dengan sistem shift secara 24 jam. Mereka melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang melintas, " terang Kapolsek Siak Kecil Ipda Lorensius Nevin Indradewa kepada wartawan, Senin (03/05/21) siang.



Menurut dia pemeriksaan yang dilakukan setiap pelaku perjalanan harus bisa menunjukkan dokumen perjalanan mereka. Serta hasil swab pcr atau rapid antigen pelaku perjalanan.



"Mereka yang melintas baik driver maupun penumpang harus menunjukkan hasil negatif Covid19 dari dari hasil swab atau rapid antigen. Ini berlaku seluruh kendaraan baik dari Bengkalis atau kendaraan dari luar Bengkalis, " kata dia.



Dijelaskan, dokumen yang harus dimiliki pelaku perjalan jika melintas posko ini minimal surat dari Kepala Desa atau Lurah setempat yang menyatakan mereka memiliki keperluan mendesak keluar kota. Atau bagi pekerja harus memiliki surat jalan dari instansi masing masing.



Pemeriksaan ini sudah dilakukan sejak posko penyekatan di buka pekan lalu. Bahkan sudah banyak juga pengendara atau pelaku perjalanan yang disuruh pihaknya putar balik karena tidak bisa menunjukkan dokumen perjalanan.



"Terutama yang dari Pekanbaru sudah banyak kita tindak dan suruh putar balik karena tidak ada dokumen perjalanan serta hasil rapid tesnya. Kita perketat untuk pelaku perjalanan dari Pekanbaru yang merupakan zona merah, "terangnya.



Selain itu nantinya di atas tanggal 5 Mei hingga tanggal 18 Mei mendatang, yang diizinkan melintas akan lebih diperketat. Pelaku perjalanan yang dibolehkan melintas hanya ASN yang memiliki izin perjalanan dinas. [**Budi]

NUSANTARAEXPRESS, JEMBRANA - Guna menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Jembrana melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melaunching aplikasi pelayanan terbaru, alat Point of Sales (POS), Jumat (30/4/21) lalu. Kegiatan berlangsung di Rumah Makan Anjungan Betutu, Kelurahan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

Kegaitan launching POS itu dihadiri Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, S.H., serta Wakil Bupati, I Gede Ngurah Patriana Krisna, S.T., dan Kepala Bidang Pajak Daerah, I Gede Gusdiendi, serta tamu undangan lainnya.

Selain meningkatkan PAD, melalui aplikasi ini diharapkan bisa menekan kebocoran dana, khususnya memastikan pajak yang dititip oleh konsumen yang berbelanja disetorkan ke kas daerah sesuai jumlahnya.

Kepala Bidang Pajak Daerah, I Gede Gusdiendi, mengatakan alat POS ini merupakan basisnya aplikasi perekam transaksi. Alat tersebut dihibahkan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, dimana saat ini Jembrana mendapatkan sebanyak 8 alat hibah.

”Tujuannya tidak lain sebagai optimalisasi pendapatan daerah dari Pajak Hotel dan Restaurant (PHR). Dengan dipasang alat ini, kami bisa memonitoring serta fungsi controlling setiap saat dari setiap transaksi yang dilakukan wajib pajak diwarung tersebut. Sehingga wajib pajak bisa dimonitor dan kontrol melalui alat perekam ini,“ jelas I Gede Gusdiendi.

Gilimanuk saat ini sebagai Sentral Kuliner Betutu sudah terpasang alat tersebut di tiga warung. Selain Warung Betutu Men Tempeh 1978, alat ini juga sudah terpasang di Warung Men Fery, serta Betutu Ibu Lina 1.

"Harapan kita, kerjasama dengan Bank BPD Bali ini bisa terus berlanjut sehingga semakin banyak wajib pajak yang bisa kita kontrol dan monitor. Jadi optimalisasi pendapatan daerah dapat terwujud,“ tandas I Gede Gusdiendi.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, S.H., menegaskan melalui launching ini Pemkab Jembrana akan terus berupaya menggenjot berbagai potensi pendapatan daerah. Selama ini, pendapatan itu dinilai masih cukup rendah sehingga harus digenjot dan dimaksimalkan lagi.

“Ini salah satu solusi. Bagaimana kita bersama teman-teman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bekerja cepat memaksimalkan pendapatan menekan kebocoran melalui sistem digitalisasi yang ada hari ini. Diharapkan semua temen-temen yang mengelola rumah makan ataupun restoran harus jujur. Karena kita kan sudah punya estimasi sendiri," kata Tamba.

Menurutnya, tim dari Pemkab Jembrana juga sudah memiliki estimasi sendiri. Bagaimana kondisi rumah makan saat hari-hari tertentu bisa ramai. Misalnya jelang hari raya dan saat tamu wisatawan berlibur ke Bali.

“Saya harap tidak hanya di rumah makan Men Tempeh saja alat ini bisa terpasang, tapi masih banyak restoran dan rumah makan lainnya bisa berpotensi sebagai sumber pendapatan. Itu yang kita maksimalkan dan ingin kita garap. Termasuk sektor warnet, ada juga tambak udang kita lihat banyak sekali. Juga sektor sewa aset pemkab lain nantinya," papar Tamba.

Menurut Bupati Tamba, pemasangan alat POS ini sebagai bentuk optimalisasi menggenjot pendapatan daerah. “Sehingga lebih banyak lagi pembangunan bisa diwujudkan di bumi Mekepung," tegas Bupati Tamba. [Abhi/AM/Red]
Diberdayakan oleh Blogger.