NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Warga masyarakat Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggeruduk Kantor Balai Desa Cihaur untuk berorasi menuntut kepala desa mereka, Washar, SE, mundur dari jabatannya terkait dugaan asusila yang dilakukannya dengan warga setempat. Rabu (5/5/2021).

Dijelaskan Kapten Cpl. A. Chaerul Huda, Danramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes, bahwa anggotanya bersama anggota Polsek, Linmas, dan Satpol PP Banjarharjo melakukan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang dimulai pukul 09.00 WIB itu.

“Setidaknya ada seratus warga setempat yang melakukan unjuk rasa,” terangnya.



Ia juga meminta agar warga tidak main hakim sendiri yang akhirnya dapat merugikan diri sendiri dan keluarga.

Sementara itu Camat Banjarharjo, H. Warto, SP.Kp, Danramil, dan Kapolsek Banjarharjo Iptu Teguh Iswanto, turut terjun langsung untuk menenangkan warga setempat, dan selanjutnya perwakilan warga dihadirkan di aula balai desa untuk audiensi.

Camat minta warga dapat menahan diri dan menyerahkan perkara sesuai jalur hukum yang berlaku.



“Keluhan warga akan secepatnya kita tindaklanjuti sampai ke tingkat kabupaten sesuai proses hukum yang harus dijalani,” bebernya.

Lanjut Camat, nanti akan turun tim dari Inspektorat Kabupaten Brebes untuk mengecek kebenaran permasalahan dan penyelesaiannya.

Pukul 11.50 WIB, massa akhirnya membubarkan diri dan mempercayakan penyelesaian permasalahan kepada aparat hukum. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LEBAK - Terbayang jika naik kereta api dengan pemandangan di tepi pantai yang indah menakjubkan dari balik kaca jendela dalam suatu perjalanan. jalur kereta api yang lintasan relnya berada di sepanjang garis pantai. Memang benar ada di Indonesia yaitu jalur kereta api Saketi menuju Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Lintasan rel kereta api tersebut adalah lintasan yang dibangun pemerintahan militer Jepang di saat Perang Dunia II yang kini hanya tinggal puing-puingnya saja yang ada.Proyek pembangunan rel tersebut dibangun antara tahun 1943-1944 menggunakan tenaga kerja bangsa kita yang notabene dengan istilah Romusha.

Bangunan jaman dulu tersebut dengan perancangnya ahli perkeretaapian Belanda yang menjadi tawanan perang Jepang.Sayang rel kereta itu kini hanya tinggal puing-puing. Padahal tentu sangat menyenangkan bisa menikmati perjalanan kereta sambil disuguhi pemandangan yang elok.

[caption id="attachment_61014" align="aligncenter" width="505"] Foto: Aktualnews[/caption]

“Menjajaki peninggalan Jepang di Banten Selatan. Selain suguhan pantainya yang indah daerah Cihara Lebak Banten yang menawarkan wisata pantainya yang indah juga menawarkan beberapa landmark peninggalan sejarah jaman penjajahan Jepang,” ujar Saefullah. Selasa (04/05/2021).

Selanjutnya ia mengatakan ketika kita melintas di daerah ini masih bisa kita saksikan beberapa bangunan bekas jembatan rel kereta api yang berada di sisi pantai yang dibangun untuk mengangkut batu bara, jembatan ini dibangun sekitar tahun 1940-an dengan memanfaatkan bangsa kita yang kala itu menjadi Romusha.

“Merasa sangat senang sekali dengan keindahan fenomena alam bersejarah. Sudah sering lewat main ke jalur ini cuma baru tahu kalau di tempat ini khususnya Cihara ternyata bersejarah,”ujarnya.

Menurut warga yang dari luar Lebak yang hobinya menjelajah alam dan wisata ini, di dekat puing bangunan Jepang tidak jauh ada Curug berumpak yang berada di sungai terdapat hamparan batu hitam yang terletak di Cisedekan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten ini masih alami dan belum banyak yang tahu.

“Keindahan Curug atau air terjun berumpak belum banyak yang tahu, elok dan masih alami dihiasi hamparan bebatuan hitam yang indah juga terdapat puing jembatan kereta api sisa peninggalan Jepang cocok untuk berwisata sejarah,” katanya.

Sementara itu, Pegiat Wisata Lebak Erwin Komara menuturkan, tempat ini sangat alami dan sangat potensial dikunjungi terutama yang hobi mancing juga bisa melihat puing jembatan peninggalan Jepang.

“Yang suka jelajah alam silahkan di coba masih orginal Cisedekan Cihara sungai hamparan Batu hitam, Curug berumpak dan jembatan kereta sisa peninggalan jepang cocok untuk berwisata,”ungkapnya dalam satu kesempatan.

Dari puing-puing lanjut Erwin, “untuk menuju lokasi Curug Berumpak terus telusuri sungai Cisedekan ke atasnya ada air terjun Berumpak hamparan sungai batu hitam. Untuk menuju lokasi Curug Berumpak ini lokasinya tidak jauh dari jembatan terus turun dekat Warung Ojer tepatnya dekat Puskesmas Cihara batas Desa Ciparahu dan Desa Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak,Banten,” terangnya.

Sekedar informasi, jika perjalanan dari Rangkasbitung bisa melalui jalan Gunungkencana, ataupun yang dari Pandeglang via saketi tujuan utama arah Malingping Lebak dan diteruskan ke arah jalan Bayah tidak jauh dari Malingping.

Sebaliknya dari arah Sukabumi Jawa Barat perjalanan menuju Bayah kemudian dilanjutkan ke arah Malingping tetapi Cihara ini jika dari Bayah sebelum Malingping tidak begitu jauh jarak Cihara ke Malingping. [Red]

 

SumberL Aktualnews.co.id

NUSANTARAEXPRESS, SORONG - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) memimpin acara serah terima jabatan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada III dari Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr.(Han) kepada Laksma TNI Retiono Kunto H., S.S., di Markas Panglima Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, 5 Mei 2021.

Selanjutnya, Laksma TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr.(Han) menjabat Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut di Surabaya, sedangkan Laksma TNI Retiono Kunto H., S.S., sebelumnya menjabat Direktur Kerjasama Bakamla di Jakarta. Acara serah terima jabatan ini berlangsung singkat dan sederhana yang dihadiri Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Hendri Suprianto, para Asisten Pangkoarmada III dan Komandan Satuan jajaran Koarmada III dengan berpedoman protokol Kesehatan serta di ruang terbuka.



Pangkoarmada III mengatakan pergantian jabatan bertujuan untuk mewujudkan kaderisasi kepemimpinan guna penyegaran semangat dan pemikiran baru dalam mendukung pencapaian kinerja organisasi yang semakin baik.

“Selama Laksma TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr.(Han) menjabat Komandan Guspurla Koarmada III, banyak prestasi yang ditorehkan diantaranya Serbuan Vaksinasi di Ambon dan Pulau Buru, peresmian Bandara Halmahera, pengamanan VVIP RI-1 di perairan Ambon dan Halmahera serta menangkap kapal pengebom ikan di Pulau Serua,” tegas Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han).

Sementara itu, Laksma TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr.(Han) mengungkapkan bahwa selama menjabat Komandan Guspurla Koarmada III telah berlayar menegakkan kedaulatan dan menjaga keuntuhan NKRI (wilayah kerja Koarmada III) selama 409 hari atau kurang lebih 13 bulan 15 hari. “Kami di laut atau di Kapal Markas 67,7 persen, sisanya berada di darat,” ujarnya.

 

Autentikasi:
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul kadir, M.A.P.

Bogor, Aktual NewsKorem 061/Suryakancana Rabu 5 Mei 2021 menggelar Komunikasi Sosial bersama dengan Keluarga Besar TNI di Wilayah Korem 061/SK TA 2021, Kegiatan tersebut dipimpin oleh Komandan Korem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P., M.M. dan didampinggi oleh Kasrem 061/SK dan Kasiter Rem 061/SK .

Bertempat di Lapangan Tenis Korem 061/SK Jl.Ciwaringin no 2 Rt 02/Rw 04 Kel Ciwaringin Kec Bogor Tengah Kota Bogor kegiatan Komunikasi Sosial dengan Keluarga Besar TNI di hadiri oleh lebih kurang 100 peserta, yang diantaranya yaitu Perwakilan LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Perwakilan PEPABRI Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Perwakilan PIVERI (Persatuan Isteri Veteran Republik Indonesia) Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Perwakilan Unit KORPRI Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Perwakilan PPM (Pemuda Panca Marga) Kota/Kab. Sukabumi dan Cianjur, Perwakilan FKPPI Kota/Kab. Sukabumi dan Cianjur dan juga Perwakilan HIPAKAD dari Kota/Kab. Sukabumi dan Cianjur.

Dengan Tema “Melalui Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI, Perkuat Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam rangka menjaga dan mempertahankan Kedaulatan NKRI” kegiatan ini dibuka oleh Danrem 061/SK.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Danrem 061/SK bahwa
Kegiatan Komunikasi Sosial dengan Keluarga Besar TNI di Wilayah Korem 061/SK adalah untuk memelihara dan meningkatkan hubungan yang baik antara TNI-AD Khususnya Korem 061/SK dengan KBT guna membangun persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan Sinergitas, Kerjasama dan dapat saling memberikan informasi tentang perkembangan situasi dan kondisi di wilayah yg tersebar di jajaran wilayah Korem 061/Suryakancana, agar tercipta situasi yang aman dan kondusif. Hal itu disampaikan oleh Danrem kepada keluarga besar TNI yang hadir.

” Kebersamaan memang perlu dipupuk untuk menumbuhkan rasa Persatuan dan Kesatuan yang memang sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai permasalahan Bangsa saat ini. Dari kebersamaan ini diharapkan timbul kesadaran, kepedulian dan kesediaan semua komponen Bangsa dalam mengantisipasi munculnya berbagai kemungkinan permasalahan yg ada di wilayah Korem 061/Suryakancana.” Ujar Danrem.

Kemudian ia mengatakan, bahwa terkait dengan perkembangan situasi yang terjadi saat ini menjadi dasar Korem 061/SK untuk mengadakan Komunikasi Sosial dengan KBT. “Potensi ancaman yang terjadi bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI saja, namun juga termasuk dengan keluarga besar TNI maupun pihak lainnya juga harus berperan serta,karena mereka memiliki peran yang cukup penting ikut membangun masyarakat, sehingga situasi di wilayah Korem 061/SK berjalan dengan aman dan kondusif,” ungkapnya.

Selain itu, Brigjen TNI Achmad Fauzi Dalam penyajian materi komsos kali ini menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan kepentingan nasional, dimana bangsa Indonesia harus senantiasa mengembangkan dan memiliki kesadaran ruang dan kesadaran geografis sebagai Negara kepulauan.

Sementara itu untuk menjaga keamanan bangsa tentunya harus dipahami kemampuan bangsa dalam melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar dan dari dalam, termasuk di dalamnya melindungi Pancasila sebagai Dasar Negara. Hingga saat ini, Pancasila masih tampak kokoh berdiri mempersatukan berbagai komponen bangsa, suku bangsa, golongan dan etnik di bawah NKRI. Pungkasnya. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kepala Suku Kampung Kimak, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua Abelom Kogoya mengajak serta mengimbau warganya untuk tidak terprovokasi ulah Kelompok Teroris OPM di wilayah itu yang masif akhir-akhir ini.


Saat ditemui di Kimak, Selasa (4/5/2021), Abelom mengaku sempat diancam akan ditembak mati oleh Kelompok Teroris OPM pimpinan Numbuk Telenggen. Namun, hal itu tidak menciutkan nyali Abelom.


“Masyarakat harus tetap tenang, tidak terpengaruh maupun terprovokasi oleh ulah Teroris OPM karena aparat TNI-Polri senantiasa siap menjaga keamanan warga di Papua,” kata Abelom.


Tokoh agama setempat Pendeta Menaser Labene menuturkan bahwa kelompok Teroris OPM juga sempat mengusik ketenangan warga yang bermukim di wilayah Muara, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.


Seperti yang dikabarkan pada Minggu, 2 Mei lalu, kelompok teroris OPM dilaporkan membakar gedung SD Mayuberi, perumahan guru, gedung lama puskesmas, serta merusak fasilitas jalan dan jembatan yang menghubungkan kampung-kampung terdekat.


Terkait pembakaran  ini, Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan pemerintah tidak salah mengelompokan OPM menjadi organisasi teroris, karena selalu melakukan teror baik melalui ancaman, pembunuhan, kekerasan bersenjata yang menyasar aparat dan masyarakat sipil, serta juga melakukan perusakan terhadap sarana umum dengan membakar sekolah, puskesmas, dan lain-lain.


Untuk itu, Kolonel Suriastawa menegaskan bahwa aparat keamanan akan mengejar dan menangkap pelaku untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, baik kepada masyarakat Papua maupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan. (**)

Banten, Aktual News-Muhlis,SH selaku DPRD Provinsi banten dari Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan pada hari terkait perda dan wawasan kebangsaan

Lanjut, Muhlis,SH dalam kegiatan sosialisasi perda dan wawasan kebangsaan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan memberikan rasa cinta pada negara indonesia melalui wawasan kebangsaan.

Dalam kegiatan ini, mengundang narasumber yaitu Anri Saputra Situmeang,SH.,MH dengan materi wawasan kebangsaan.

Anri Situmeang berterimakasih atas undangan sebagai narasumber yang dipercayai oleh bapak Muhlis,SH sebagai DPRD Provinsi Banten untuk memaparkan tema wawasan kebangsaan

Lanjut, Anri mengapresiasi kegaiatan sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh bapak Muhlis,SH untuk mewujudkan masyarakat memahami dan menerapkan 4 pilar di Indonesia.

Dan saya berharap dalam sosialisasi wawasan kebangsaan ini sebagai bentuk kita untuk kesadaran berbangsa dan bernegara berarti sikap dan tingkah laku kita harus sesuai dengan kepribadian bangsa agar selalu mengkaitkan dirinya dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsa Indonesia. [ Red/Akt-26/Har ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Rabu 5 Mei 2021, dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati terpilih pilkada serentak 2020 pasca PSU 24 April 2021 lalu diruang rapat DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM Raja rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan.

Pengumuman hasil pemilihan tersebut Menindaklanjuti pasal 160 ayat 3 3U ndang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang.

Kemudian poin "X" (Sepuluh) Angka 2 dan 3 huruf "b" surat edaran menteri Dalam Negeri Nomor 273/487/SJ tanggal 21 Januari 2020 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020,dan juga keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu nomor: 70/PL.02.6-Kpt/1210/KPU-Kab/V/2021, tanggal 2 Mei 2021 tentang penetapan Pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020.



Berdasarkan hal tersebut di atas DPRD Kabupaten Labuhanbatu melalui wakil ketua DPRD Hj.Juraidah Harahap mengumum kan bahwa wa Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 dr.H.Erik Astrada Ritonga, MKM dan Hj.Elya Rosa Siregar,S.Pd, M.M, dengan perolehan suara sebanyak 88.493 atau setara 37,29% dari total suara sah, sebagai Pasangan calon Bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2020.



Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu fraksi Gerinda Abdul Karim Hasibuan,SH, mengatakan an-nisa putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 58/PHP.BUP-XIX/2021 tanggal 22 Maret 2021 yang ditindaklanjuti oleh keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu nomor 21/PP.01.2-Kpt/1210/KPU- Kab/III/2021 tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan pemungutan suara ulang pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2020 paska putusan Mahkamah Konstitusi telah dilaksanakan pemungutan suara ulang pada tanggal 24 April 2021.

Selanjutnya sesuai dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu tersebut maka pada hari ini dilakukan Paripurna pengumuman hasil penetapan Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu terpilih dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020.ucap Karim.

Selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu yang turut hadir menyaksikan paripurna PJ Bupati Kabupaten Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi.Msi mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara pemungutan suara ulang pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu kepada pihak Komisioner KPU, Bawaslu, Polri dan TNI serta seluruh masyarakat dan stakeholder lainnya. Karena pesu telah terlaksana secara konduksi aman dan damai. Di samping itu atas nama pemerintahan daerah PJ Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pasangan calon bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2021.



Selanjutnya mengakhiri pidatonya Mulyadi Simatupang mengucapkan selamat kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Labuhanbatu yang terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2021. Semoga kedepan Labuhanbatu lebih jaya. Ucap Mulyadi.

Terlihat juga hadir pada Paripurna dimaksud, Seluruh anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu selain fraksi Golkar, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.IK, MH, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan, Kajari Rantauprapat Komaedi SH, seluruh kepala OPD Pemkab Labuhanbatu, para Camat, OKP, Ormas, Toga, Tomas dan tamu undangan. [Rahmad]

Tangerang , Aktual News-
Parah pekerjaan paving blok dari dinas perumahan, pemukiman dan pemakaman ( Perkim ) Kabupaten Tangerang tidak ada volume pekerjaan padahal secara aturan proyek pembangunan yang akan dikerjakan pasti dilakukan survei lokasi untuk memastikan lahan atau jalan tersebut tidak bermasalah, pantauan Aktual News Rabu, 05/04/2021 plang papan tersebut masih terpampang.

Menurut aturan seharusnya
dilakukan pengukuran untuk mengetahui lebar kali panjang untuk menghitung jumlah atau anggaran yang akan di kuncurkan.

Patut diduga Dinas Perkim Kabupaten Tangerang telah menabrak aturan, yang mana peraturan dibuat sesuai dengan juklak juknisnya diharapkan inspektorat kabupaten Tangerang menyikapi hal ini.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

 

Labuhanbatu, Aktual NewsRabu 5 Mei 2021, dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati terpilih pilkada serentak 2020 pasca PSU 24 April 2021 lalu diruang rapat DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM Raja rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan.

Pengumuman hasil pemilihan tersebut Menindaklanjuti pasal 160 ayat 3 3U ndang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang.

Kemudian poin “X” (Sepuluh) Angka 2 dan 3 huruf “b” surat edaran menteri Dalam Negeri Nomor 273/487/SJ tanggal 21 Januari 2020 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020,dan juga keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu nomor: 70/PL.02.6-Kpt/1210/KPU-Kab/V/2021, tanggal 2 Mei 2021 tentang penetapan Pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020.

Berdasarkan hal tersebut di atas DPRD Kabupaten Labuhanbatu melalui wakil ketua DPRD Hj.Juraidah Harahap mengumum kan bahwa wa Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 dr.H.Erik Astrada Ritonga, MKM dan Hj.Elya Rosa Siregar,S.Pd, M.M, dengan perolehan suara sebanyak 88.493 atau setara 37,29% dari total suara sah, sebagai Pasangan calon Bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2020.

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu fraksi Gerinda Abdul Karim Hasibuan,SH, mengatakan an-nisa putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 58/PHP.BUP-XIX/2021 tanggal 22 Maret 2021 yang ditindaklanjuti oleh keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu nomor 21/PP.01.2-Kpt/1210/KPU- Kab/III/2021 tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan pemungutan suara ulang pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2020 paska putusan Mahkamah Konstitusi telah dilaksanakan pemungutan suara ulang pada tanggal 24 April 2021.

Selanjutnya sesuai dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu tersebut maka pada hari ini dilakukan Paripurna pengumuman hasil penetapan Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu terpilih dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020.ucap Karim.

Selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu yang turut hadir menyaksikan paripurna PJ Bupati Kabupaten Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi.Msi mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara pemungutan suara ulang pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu kepada pihak Komisioner KPU, Bawaslu, Polri dan TNI serta seluruh masyarakat dan stakeholder lainnya. Karena pesu telah terlaksana secara konduksi aman dan damai. Di samping itu atas nama pemerintahan daerah PJ Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pasangan calon bupati dan wakil bupati Labuhanbatu tahun 2021.

Selanjutnya mengakhiri pidatonya Mulyadi Simatupang mengucapkan selamat kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Labuhanbatu yang terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2021. Semoga kedepan Labuhanbatu lebih jaya. Ucap Mulyadi.

Terlihat juga hadir pada Paripurna dimaksud, Seluruh anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu selain fraksi Golkar, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.IK, MH, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan, Kajari Rantauprapat Komaedi SH, seluruh kepala OPD Pemkab Labuhanbatu, para Camat, OKP, Ormas, Toga, Tomas dan tamu undangan. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Siantar, Aktual NewsPolres Pematangsiantar dan instansi terkait laksanakan apel gelar pasukan Operasi terpusat Ketupat Toba 2021 dengan Tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kita Tingkatkan Sinegritas Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Idul Fitri 1442 H”, bertempat di Lapangan H Adam Malik, Rabu 5/ 5/ 2021.

Bertindak sebagai Irup Walikota Pematangsiantar Dr. H. Hefriansyah, SE. MM dan Perwira Apel Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP Muhammad Hasan SH,MH serta Komandan Upacara AKP ROBERT SANTONI PURBA . dalam Kegiatan tersebut di ikuti oleh Kapolres Pematangsiantar AKPB BOY SUTAN BINANGAN SIREGAR S.I.K bersama dengan forkopimda dan undangan lainnya.

Pada kesempatan ini Walikota Pematangsiantar Dr. H. Hefriansyah, SE. MM Amanat Kapolri, Ops. Ketupat Toba-2021 dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 06 Mei 2021 sampai tanggal 17 Mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul fitri 1442 H tetap menerapkan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Personil yang melaksanakan pengamanan ditempatkan pada 333 Pos Penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 Pos Pengamanan untuk melaksanakan Pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas dan 596 Pos Pelayanan dan 180 Pos Terpadu untuk melaksanakan Pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, Stasiun, Terminal, Bandara, Pelabuhan dan tempat wisata.

Adapun Penekanan dari Kapolri yang dibacakan Walikota Pematangsiantar yaitu siapkan mental dan fisik. saudara yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. hindari sikap dan tindakan — tindakan tidak simpatik dan arogan yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian, dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

Jakarta, Aktual News Wakil Direktur Bimbingan Masyarakat (Wadirbinmas) Polda Metro Jaya AKBP Yudhistira Midyahwan SH, S.IK, M.si melakukan silaturahmi sekaligus memberikan bantuan sosial di Slum Area (daerah kumuh) di Cipulir, Kebayoran Lama, Selasa, 4/05/2021.

Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat di Slum Area Cipulir yaitu seratus paket sembako berupa beras 5 liter, mie instan, sarden serta minyak goreng.

Turut hadir dalam pemberian bantuan sosial ini yaitu Kasubdit Bintibsos Ditbinmas Kompol Sujanto SH, M.AP; Kasubdit Binpolmas Ditbinmas AKBP Sri Warniningsih, SH; Subditbintibsos Paur Sipenakta, Ipda Kristiawan, SH; Subdit Polmas Aipda Heru Bamin; Bhabinkamtibmas Kelurahan Cipulir Aiptu Pendi serta Ketua Rw 12 Cipulir.

Sementara itu, Wadirbinmas Yudhistira Midyahwan, SH, S.ik yang ditemui oleh awak media mengatakan harapannya agar dengan giat bansos ini dapat mempererat hubungan polisi dengan masyarakat. “Semoga dengan kegiatan bantuan sosial dan sosialisasi ini dapat mempererat hubungan polisi dengan warga sekaligus menimbulkan kesadaran masyarakat serta dalam kondisi apa pun tetap dapat menjaga protokol kesehatan,” tuturnya ramah.

Walaupun kegiatan sosial ini dilakukan di masa pandemi Covid-19 namun tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan. [Red/Akt-43/AG]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, SANGGAU, KALBAR - Pada hari Minggu, tanggal 02 Mei 2021 sekitar pukul 21.30 WIB, Tim Gabungan dari Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Posda Sanggau Binda Kalbar, Tim 3 Satgas Kapuas BAIS TNI, Unit Intel Kodim 1204/Sgu, BNN Kab. Sanggau, Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar dan Subsie Intelijen Cabjari Entikong berhasil mengamankan 1 orang WNI berinisial S yang membawa 2 Paket Narkotika Golongan I Jenis Sabu-Sabu seberat 1, 702 Kg di Dusun Kenaman, Desa Kenaman, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa dalam rilisnya di Mako Satgas Entikong, Kabupaten Sanggau, Selasa (4/05/2021).

Dansatgas menjelaskan bahwa kasus ini merupakan hasil pengembangan dari informasi yang diperoleh Tim Gabungan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Posda Sanggau Binda Kalbar, Tim 3 Satgas Kapuas BAIS TNI, Unit Intel Kodim 1204/Sgu, BNN Kab. Sanggau, Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar dan Subsie Intelijen Cabjari Entikong.



"Selain itu, keberhasilan kali ini atas pengetatan yang kami laksanakan sesuai petunjuk dan arahan dari Bapak Pangdam XII/Tpr selaku Pangkoops dan Bapak Danrem 121/Abw selaku Dankolakopsrem untuk lebih memperketat pengawasan di jalur perbatasan menjelang Lebaran," ungkap Dansatgas

"Kemudian penjabaran dari penekanan Pangkoops serta Dankolakops tersebut, diimplementasikan dengan pelaksanaan Pengumpulan Informasi dari Satgas Intel yang berada di wilayah perbatasan, serta Analisa lebih lanjut yang dilakukan serta didukung dengan kerja keras dari Tim Gabungan dari Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Posda Sanggau Binda Kalbar, Tim 3 Satgas Kapuas BAIS TNI, Unit Intel Kodim 1204/Sgu, BNN Kab. Sanggau, Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar dan Subsie Intelijen Cabjari Entikong pada pelaksanaannya di lapangan." tambah Letkol Inf Alim Mustofa.

Selanjutnya Dansatgas mengatakan, Tim Gabungan melaksanakan pemeriksaan terhadap pelaku berinisial S (33) dan ditemukan 2 Paket Narkotika Golongan I jenis sabu-sabu dengan berat bruto 1,702 Kg yang dibungkus dalam kemasan Teh Cina Merk "Qing Shang".

"Saya mewakili Pangkoops serta Dankolakops mengucapkan terimakasih kepada seluruh Prajurit Satgas Pamtas Yonif 642 Kapuas beserta Tim Gabungan yang memiliki integritas serta dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas diperbatasan ini." ujar Dansatgas.

Dansatgas menegaskan sinergitas antara Satgas Pamtas dengan Satgas Intelijen, Satgas Teritorial, BNN Provinsi Kalbar, Polda Kalbar dan seluruh Stakeholder yang berada di perbatasan, semakin erat terjalin untuk bersama-sama menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia dari segala bentuk kegiatan ilegal khususnya Narkoba.

“Untuk penyelidikan lebih lanjut, kasus ini kami limpahkan kepada pihak Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalimantan Barat.” pungkas Letkol Inf Alim Mustofa. [Pen Satgas Yonif 642/Kps]

NUSANTARAEXPRESSS, JAKARTA - Pemerintah telah bekerja keras membangun konektivitas nasional, salah satunya konektvitas digital melalui infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.  Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan konektivitas digital akan menghubungkan seluruh pelosok Nusantara melalui tol langit untuk peningkatan ekonomi dan menyatukan nusantara.

Guna membangun pemerataan infrastruktur TIK dan menjaga keberlangsungan layanan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama Kepala Kepolisan RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo membahas sinergitas untuk membangun dan menjaga infrastruktur TIK agar lebih merata di seluruh Indonesia.

“Hari ini secara khusus saya mendatangi dan menjumpai Bapak Kapolri Jenderal Sigit dalam diskusi untuk menterjemahkan secara teknis program-program dan kebijakan Presiden di sektor Kominfo. Pertemuan tersebut membahas kerja sama Kementerian Kominfo dan Polri dalam rangka menterjemahkan secara teknis arahan Presiden Joko Widodo,” paparnya dalam Konferensi Pers usai pertemuan dengan Kapolri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (04/05/2021).

Menkominfo dan Kapolri Sigit ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama bermigrasi ke ruang digital, disamping pembangunan infrastruktur digital atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang lebih memadai di seluruh wilayah tanah air.

“Dalam kaitan dengan itu, Kominfo akan membangun infrastruktur TIK di wilayah 3T melalui BLU Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi  (BAKTI) Kominfo, tentu dalam pembangunan itu ada banyak kerjasama yang harus dibangun, baik lintas kementerian/lembaga maupun dengan rekan-rekan dan sahabat-sahabat pemerintah daerah dan ekosistemnya,” jelasnya.

Mengenai kerja sama dengan Polri, Menteri Johnny memastikan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar khususnya di wilayah kerja Kementerian Kominfo di seluruh Indonesia.

“Tentunya Kominfo berharap bahwa dukungan personil yang kuat dimiliki Polri yang tersebar di seluruh wilayah tanah air, bisa menjadi modal kuat dalam kolaborasi pembangunan TIK untuk kepentingan masyarakat dan rakyat Indonesia,” tandasnya.

Menkominfo menegaskan kebutuhan akan infrastruktur TIK semakin tinggi dan semakin diperlukan oleh masyarakat, tidak saja di wilayah perkotaan tetapi secara juga di desa-desa atau rural area.

“Di wilayah rural area ini tentu tantangannya banyak, termasuk tantangan Kamtibmas. Tentu dengan dukungan dari Polri mudah-mudahan ini bisa dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Johnny menyampaikan progres pembangunan infrastruktur TIK, salah satunya mengenai target penyelesaian pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) di seluruh desa/kelurahan di Indonesia pada tahun 2022 nanti. Target tersebut melengkapi total 83.548 desa dan kelurahan yang akan mendapatkan layanan signal 4G.

“Kerjasama ini tentu sangat strategis dan sangat penting untuk kelancaran pembangunan infrastruktur TIK di wilayah-wilayah yang sulit, di wilayah yang berat di daerah 3T yang harus menyeberangi lautan selat, mendaki gunung, menuruni lembah dan ngarai yang luar biasa besar tantangannya. Kerjasama lintas Kementerian lembaga dan pemerintah daerah tentu akan sangat membantu suksesnya program pembangunan infrastruktur TIK nasional kita,” tandasnya.

Polri Siap Jaga Infrastruktur TIK

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan pembangunan infrastruktur TIK oleh Kementerian Kominfo harus mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Menurutnya ruang digital menjadi kebutuhan bersama, terutama di saat negara menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Menurut Kapolri Jenderal Sigit kebutuhan masyarakat saat ini perlu menyesuaikan dan membiasakan dari aktifitas offline menjadi online.  “Ini tentunya menjadi satu kebutuhan yang harus didukung dengan kemajuan teknologi informasi, baik di dunia pendidikan, ekonomi, kesehatan yang tentu mau tidak mau perlu ada penyesuaian-penyesuaian,” ujarnya.

Kapolri menyatakan kesiapan dalam mendukung seluruh program Menkominfo untuk membangun infrastruktur TIK di seluruh Indonesia. “Oleh karena itu, kami Polri siap mendukung seluruh program dari Menkominfo dalam rangka membangun infrastruktur TIK sehingga segera bisa terwujud, bisa segera memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat baik yang ada di wilayah yang jauh sehingga kemudian memiliki kemampuan yang sama, fasilitas yang sama seperti masyarakat yang ada di wilayah perkotaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolri Jenderal Sigit menegaskan bahwa penegakan hukum di ruang cyber harus dipatuhi oleh masyarakat dan bersama-sama menjaga ruang digital yang bersih dan sehat.

"Jaga bersama sebagai bagian dari upaya kita untuk tetap menjaga negara kita tercinta ini, tentunya menjadi pembahasan yang juga kita bicarakan,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli, dan Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif. [HSMY-Red]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu bersama tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat labuhanbatu memperingati malam turunya Al-Qur'an yang sering disebut dengan Nuzulul Qur'an diruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu jalan Asrol Adam Kecamatan Rantau Selatan Selasa (4/5/2021).

Peringatan Nuzulul Qur'an pada Ramadhan 1442 H tersebut dihadiri oleh PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Para Asisten, Kepala OPD, Sekwan, Kabag, Kaban, Camat dan Staf pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan pentausyah Ustadz Muhammad Ali Hasibuan, M.Pdi dari kota Medan dan Qira'at Qur'an oleh Hamdani Abdul ghofur.



Pj.Bupati Menyebutkan diperingatinya Nuzul Quran sebagai bentuk kekuatan iman kita kepada Allah bahwa di waktu itu Allah menyampaikan Wahyu yang pertama melalui malaikat Jibril kepada baginda Rasulullah Saw." Sebagai umat muslim tentunya kita mengimani ini, karena percaya terhadap Al-Qur'an termasuk dalam salah satu rukun iman", ucap PJ.Bupati.

PJ.Bupati Berharap kepada seluruh yang berhadir dapat menjadikan momen peringatan Nuzulul Qur'an sebagai wadah mempererat tali silaturahmi antar sesama umat, karena sesungguhnya kita bersaudara ini dibuktikan dengan satu pedoman kitap yang kita imani.

Beliau juga berpesan kiranya Nuzul qur'an dijadikan pembulu rindu didada kita untuk tetap membaca dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan kita sehari-hari.



Sebelumnya, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA menghimbau kepada seluruh ASN Pemkab Labuhanbatu untuk selalu bekerja dengan tulus dan serius meskipun disuasana menjelang lebaran dan pelantikan Bupati.

Pimpinan ASN tertinggi dilabuhanbatu ini juga menegaskan kepada seluruh ASN untuk tetap menjalin silaturahmi sesama pegawai, " meskipun open house ditiadakan saya berharap kita bisa menjalin silaturahmi dengan kunjung mengunjungi diantara kita, tegas Sekda.

Kemudian ucapnya, kepada seluruh aparatur pemerintahan untuk memberikan contoh kepada masyarakat mendukung himbauan pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan keluar kota atau mudik.

Dikesempatan itu, Ustadz Muhammad Ali Hasibuan dalam tausiyahnya menyampaikan tentang betapa pentingnya ingat mengingatkan kebaikan antar sesama dan mengagungkan suami atau istri.

Rangkain acara tersebut direncanakan diisi dengan berbuka bersama dan shalat Maghrib berjama'ah. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.