NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Puluhan penumpang bus jurusan Jakarta – Madura tertahan di Jembatan Suramadu sisi Surabaya setelah diminta putar balik oleh polisi di pos check point pada Kamis (6/5/2021) dini hari.

Seorang penumpang bus asal Kalianget, Sumenep, Ani mengungkapkan sebenarnya dia sudah mengetahui jika ada larangan mudik tahun ini.

Oleh karena itu, ia mudik lebih awal sebelum dilakukan penyekatan. Ia menyebut karena sebelumnya bus sempat salah jalan saat masuk tol.

“Saya naik bis dari Terminal Poris menuju Sumenep. Harusnya tadi jam 11 malam sudah melewati Jembatan Suramadu. Tapi karena tadi bis nya nyasar sekitar dua jam akhirnya sampai sini sudah jam 1 malam. Akhirnya disuruh putar balik,” ungkap Ani.

Lantaran bus kesasar itulah, ia bersama penumpang lain tidak bisa masuk ke Madura. Sebab, mulai pukul 00.00 Wib, Polres Tanjung Perak Surabaya mulai melakukan penyekatan.

“Bingung tidak mau bagaimana. Kalau orangnya sih naik motor bisa, tapi ini barang-barangnya bagaimana,” kata dia.

Sopir Bus Luthansa jurusan Tanjung Priok-Bangkalan, Johan mengatakan sebenarnya ia dan seluruh kru bus sudah memiliki surat-surat lengkap. Hanya saja, para penumpang tidak bisa menunjukkan surat bebas Covid-19 dan persyaratan lain.

“Semua kru bus sudah punya surat-surat lengkap, tapi ya tetep harus putar balik, penumpangnya kan tidak punya surat keterangan bebas Covid-19,” katanya.

Ia pun mengaku kebingungan, pasalnya ia memiliki tanggung jawab untuk mengantarkan penumpang sampai ke tujuan.

“Bingung, mau tidak mau harus balik. Tapi kami punya tanggungjawab biar para penumpang bisa masuk, bisa ke Madura,” tandasnya. [AktualnewsRedho-Red]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Jakarta. Pemerintah terus berjuang untuk menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia, salah satu upaya tersebut melalui kebijakan peniadaan aktifitas mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan dimulai pada tanggal 6 Mei 2021 besok.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh masyarakat untuk tidak mudik atau melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman saat merayakan Idulfitri 1442 Hijriah. Sebagai gantinya, Menkominfo mengajak silaturahmi secara virtual melalui ruang digital yang saat ini sudah marak dipergunakan dalam berbagai kesempatan.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital. Lebaran digital itu keren," ajaknya dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) "Jaga Keluarga, Tidak Mudik", yang digelar secara virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (05/05/2021).

Menurut Menteri Johnny silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan para sanak saudara yang berada nun jauh di sana dengan gawainya.

"Merayakan acara hari besar hari lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," katanya.

Menkominfo menyebutkan peniadaan mudik menjadi upaya tegas dan tepat Pemerintah untuk memastikan Indonesia segera beranjak dari pandemi.

“Peniadaan mudik oleh pemerintah dalam hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Indonesia berhasil menangani pandemi Covid19, untuk menurunkan serendah-rendahnya penyebaran virus Covid-19,” jelasnya,

Menteri Johnny berharap masyarakat yang menjalankan ibadah puasa dan akan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan tidak mudik membawa berkah bagi Indonesia dalam menyelesaikan pandemi Covid-19.

“Berkahnya dimana kita segenap sekalian bantu mendoakan agar kita berhasil untuk menangani pandemi covid-19. Tahun lalu pada saat pemerintah mengambil langkah-langkah yang tegas, komunikasi publik yang masif, tetap saja terjadi peningkatan Covid-19 yang luar biasa, lebih dari 90 persen. Tahun ini, dengan semua pelajaran dan pengalaman yang kita miliki, Presiden memerintahkan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dan tegas. Tujuannya satu, menyelesaikan dan memperkecil potensi penyebaran virus Covid-19,” tandasnya.

Menurut Menkominfo, kebijakan dan keputusan peniadaan mudik yang tepat dari Pemerintah tersebut merupakan langkah bersama yang juga perlu dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat.

Dukungan Layanan Telekomunikasi

Dalam mewujudkan lebaran digital, Menteri Johnny menyatakan Kementerian Kominfo akan memastikan jaringan telekomunikasi berkualitas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai wilayah. “Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini,” tandasnya.

Dengan menggandeng sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler, Kementerian Kominfo akan menyediakan trafik paket data(bandwith) yang sangat besar. Semua itu, menurut Menkominfo ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tengah melakukan lebaran virtual melalui aplikasi-aplikasi daring yang ada.

"Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas," tuturnya.

Menteri Johnny mengharapkan masyarakat dapat yang merayakan Hari Raya Idulfitri secara virtual dapat bersuka cita. Karena, dapat melakukan komunikasi dengan sanak saudara melalui sambungan telekomunikasi berkualitas dalam beberapa waktu ke depan.

Menteri Johnny menyatakan sarana infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang disiapkan itu juga memenuhi keinginan masyarakat ketika ingin berbelanja secara digital.

“Kampanye Bangga Buatan Indonesia melalui belanja online itu disiapkan, masyarakat perlu memanfaatkan dan menggunakan ini dengan baik, tidak harus pergi sendiri ke pasar-pasar, ke toko-toko, tidak perlu. Kalau memang harus ke pasar-pasar, ke toko-toko perhatikan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Menkominfo meyakini, dengan segala kekuatan yang dimiliki, Pemerintah terus memastikan perayaan bulan suci ramadhan dan lebaran nanti dapat dilakukan secara virtual yang memadai.

“Merayakan hari lebaran nanti secara tetap meriah dalam keluarga sendiri dan berkomunikasi dengan tentu meriah lagi dengan memanfaatkan teknologi. Kami menyiapkan bandwidth yang cukup, kami juga menjaga agar komunikasi, ekspresi rasa dan suka cita dapat dilakukan di dalam ruang digital yang lebih baik di tahun ini,” jelasnya.

Dalam diskusi FMB9, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan peraturan dan kebijakan terkait pelarangan mudik lebaran melalui tayangan video. Sedangkan turut hadir di Ruang Media Center Kementerian Kominfo Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Kabaharkam Polri Komjen Pol. Arief Sulistyanto. [HSMY]

Tigaraksa, Aktual News-Pembangunan sarana air bersih ( SAB ) di perum PWS Jalan Widalia VII, Blok AI 1 E.11/ E 13 telah dikerjakan selama enam(6) hari dan pekerjaan tersebut hampir selesai.

Awak media AktualNews bersama bang Amrulloh rekan dari media Indotimes.co, Kamis 06/05/2021.17:36 WIB, menanyakan kepada pekerja terkait pembangunan sab yang tidak ada papan proyek menurut pekerja.

 

Pembangunan sab tersebut telah dikerjakan selama enam(6) hari dan masih menurut pekerja papan proyek sedang dikerjakan.

Bedasarkan hal tersebut patut diduga dimana proyek tersebut tak bertuan berdasarkan tidak adanya informasi papan proyek atau papan anggaran yang di pasang dan artinya proyek tersebut tidak ada penanggung jawabnya.

Awak media AktualNews.co.id, dan rekan dari media Indotimes.co, akan memintai konfirmasi terkait pembangunan sab tersebut
[ Red/Akt-26 Har ]

 

Aktual News

Deli Serdang,Aktual NewsKapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Rabu (5/5).

Saat kedatangan Kapolda Sumut bersama Pangdam I/BB memastikan tidak adanya warga negara India yang masuk ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu.

Tapi setibanya di KNIA, Kapolda Sumut beserta rombongan mengecek kedatangan 150 penumpang Malindo Air dari Malaysia. Dalam pengecekan itu, Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB memastikan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh penumpang dari Malaysia berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Namun dari 150 penumpang Malindo Air tidak ada ditemukan warga India yang masuk ke Sumut melalui Bandara Kualanamu,” ucap Kapolda Sumut.

Kapolda mengatakan, setiap penumpang yang tiba di Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu wajib menunjukkan surat kesehatan. Begitu juga dengan penumpang warga asing wajib membawa surat kesehatan dan menjalani isolasi.

“Ketika Kedatangan saya bersama Panglima untuk memastikan penerapan protokol kesehatan terhadap penumpang yang tiba di Kualanamu,” bilangnya sembari mengakui penerapan protokol kesehatan di KNIA sudah berjalan sesuai aturan.

Namun sementara itu, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hasanuddin menambahkan, kedatangan WNI dari Malaysia telah dilakukan penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Kita lihat petugas bandara cukup ketat menerapkan prokes bagi seluruh penumpang. Begitu juga bagi WNI dari Malaysia wajib menjalani isolasi mandiri setelah tiba di KNIA,” tegasnya. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual NewsRamadhan tahun ini adalah Ramadhan 1442 H yang penuh dengan ujian bagi siapapun. Wabah Pandemi Covid-19 yang masih terus menyebar hampir diseluruh Nusantara sedikitnya telah melemahkan perekonomian yang berimbas pada masyarakat menengah kebawah, oleh karena itu sangat diperlukan kepedulian sesama untuk saling membahu dalam menangani ini.

Terkait hal tersebut, TNI dalam hal ini Korem 061/SK dengan jajarannya juga telah melakukan berbagai cara untuk membantu warga masyarakat binaannya yang mengalami kesulitan ekonomi, misalnya dengan pemberian bantuan sembako. seperti yang dilakukan pada hari ini, Kamis (6/5), Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. ikut serta menyerahkan bantuan sembako kepada 500 warga masyarakat diwilayah Bogor Tengah Kota Bogor, sembako yang diserahkan yaitu berupa beras.

Pemberian bantuan sembako tersebut diadakan di kantor Kelurahan Kebon Kelapa Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, dan diberikan secara simbolis oleh orang nomor satu di jajaran Korem 061/SK.dengan total 5 ton beras dan 10.000 pcs maskers

Pada kegiatan bakti sosial tersebut, Danrem yang berkesempatan menyampaikan amanatnya mengatakan bahwa ditengah masa pandemi global ini, kita bersyukur karena masih banyak masyarakat yang peduli terhadap sesama, ini adalah satu hal yang sangat baik, dan kiranya patut diikuti oleh warga lainnya yang mampu, Hal itu disampaikan oleh Danrem dihadapan para warga masyarakat yang akan mengambil bantuan tersebut.

” Bantuan ini tentunya diberikan untuk warga masyarakat yang terdampa dari wabah pandemi ini, orang2 yang tidak mampu, yatim piatu, kaum dhuafa dengan harapan bahwa bantuan ini dapat bermanfaat bagi yang menerimanya.” Ujarnya.

Kemudian Ia menambahkan, bahwa saat ini Corona Virus Desease 19 masih terus mewabah, oleh karena itu kita harus tetap waspada, harus tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk warga masyarakat yang sudah divaksin.

” Saya sering menyampaikan bahwa kita harus tetap waspada walaupun sudah divaksin, karena Vaksin Covid-19 sifatnya hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang, bukan secara langsung untuk mencegah penularan. Jadi apabila kita lalai, tidak mematuhi protokol kesehatan dan tiba-tiba kondisi fisik kita menurun, maka bisa saja kita terpapar virus tersebut. Oleh karena itu kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.” Tegasnya.

” Dan selain itu, saya harap dalam pengambilan bantuan ini, semua harus tertib dan harus mengikuti arahan. kita harus sama-sama saling mengingatkan, karena semua ini untuk kepentingan dan Kesehatan kita bersama.” Pungkasnya.

Turut mendampingi Danrem 061/SK pada kegiatan Baksos kali ini yaitu Pabintal Rem 061/SK (Letda I Made S), Danramil Bogor Tengah (Kapten CHB Ss Rumalutur), Kasipem Kec.Bogor Tengah (Rohman), Lurah Kebon Kelapa (Yadi SE), serta perwakilan dari Budha Tsu Zhi. [ Red/Akt-01]

 

 

Aktual News

 

 

Sumber: Penrem 061/SK

Ciampea, Aktual News-Pemerintah Desa Cicadas,Ciampea, Bogor telah mengadakan lomba kreatifitas pembuatan kohkol dan bedug, sebanyak 32 RT telah mengikuti lomba yang diadakan di desa Cicadas Kecamatan Ciampea, Bogor berjalan dengan lancar, yang juga didampingi oleh Sekertaris Camat ,Ketua Mui,Babinsa Bpk Dadang Cicadas, Ciampea, Bogor, protokol kesehatan pun tetap dipatuhi.

Saat ditemui awak media AktualNews.co.id pada Rabu (05/05/2021) Pukul 02.15 WIB, Kepala Desa Cicadas Hj Ujang Yani mengatakan acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi.

” Saya mengadakan acara ini bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi kepada warga cicadas dan memanfaatkan waktu yang cocok di bulan suci ramadhan ini dengan lomba kohkol dan bedug yang sebagai simbol yang baik ” ungkapnya.

Pelaksanaan yang pertama kali di Kecamatan Ciampea,
Pelaksanaan lomba hingga selesai dari pukul 02.15 hingga pukul 16.00 WIB , dari mulai hingga membagikan berupa batik kepada RT/RW yang juga sekaligus peserta lomba dan pembagian hadiah ke masing-masing pemenang lomba kohkol dan bedug, dan warga pun sangatlah antusias dan merasa gembira karena bentuk perhatian ke warganya.

Harapan semua akan bisa beranjut ke tahap selanjutnya dengan acara yang bernilai positif dan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.[ Red/Akt-07/Kuswanto ]

 

Aktual News

Tangerang, Aktual News – Koperasi Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Doa Bunda pagi tadi menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke 1, tahun buku 2020, yang dilaksanakan di Center Amprok Riung, Serikat Pekka didesa Klebet, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (5/5/2021).

Sri Yani salah satu pengurus Kelompok Koperasi kepada media mengatakan, rapat ini merupakan rapat tahunan yang kami gelar, rapat pertama Koperasi Pekka Doa Bunda tahun buku 2020, setelah terbentuknya koperasi ini.

“Kami dari Serikat Pekka Tanggerang, serikat yang mewadahi kelompok koperasi yang ada di Tanggerang, sudah 32 kelompok koperasi yang terbentuk dalam satu wadah Pekka ini, salah satunya Koperasi Pekka Doa Bunda, yang hari ini menggelar rapat pertama tahun buku 2020, setelah terbentuk,” ucap Sri Yani pengurus Kelompok Koperasi

Lanjutnya ia mengatakan, hari ini kami membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada seluruh anggota koperasi Pekka Doa Bunda

“Kami membagikan SHU, kepada anggota, serta bingkisan, seperti tema dalam RAT kali ini, ” BERSAMA KOPERASI MEMBANGUN EKONOMI SWADAYA DITENGAH PANDEMI,” tutup Sri Yani.

Dalam Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pekka Doa Bunda, hadir selain Anggota, hadir juga para pengurus Serikat Pekka, dan beberapa para pengurus kelompok dari 32 kelompok koperasi  [Red/Akt-45/A. Suryani]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Ketua Fraksi Partai Golkar Harianto Ritonga mengambil sikap tegas dengan "Walk Out" dari sidang Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu atas putusan wakil ketua DPRD Kabupaten Abdul Karim Hasibuan yang tetap melanjutkan Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu 2020 Terpilih Rabu(05/05/2021).

Aksi Walk Out ini dilakukan setelah Herianto dan kawan-kawan melakukan protes kepada pimpinan sidang Abdul Karim Hasibuan yang mana menurut Harianto paripurna ini bisa menjadi polemik dikemudian hari karena KPUD Labuhanbatu dinilai kangkangi MK.

“Intinya, kita tidak ada menghalang-halangi Paripurna. Yang menjadi persoalan, kewenangan KPUD Labuhanbatu itu kan hanya sampai pada mengumumkan hasil dari putusan Mahkamah Konstitusi. Kita minta, Pimpinan DPRD itu untuk melakukan konsultasi terkait polemik yang bukan lagi persoalan lokal (Labuhanbatu) tetapi sudah persoalan Nasional. Kita minta dilakukan konsultasi dan pengkajian ke instansi yang terkait", ujarnya.



Setelah itu baru kita rumuskan untuk diparipurnakan. Jadi ada landasannya, ketika kita memparipurnakan. Jangan nanti setelah diparipurnakan, katakanlah umpamanya nanti apa yang dilakukan KPUD Labuhanbatu menyalahi, jadi ikut Lembaga DPRD terseret-seret dengan persoalan KPUD Labuhanbatu. Jadi, kita tidak sependapat. Dalam arti kata, kita hanya meminta dikonsultasikan", ujar Harianto.

Menurutnya (Harianto) ada multi tafsir antara Amar Putusan MK dengan Aturan PKPU Nomor 19 Tahun 2020. Jadi, Fraksi kami Walk Out itu karena kita meminta kepada Pimpinan untuk mengkonsultasikannya dulu hasil Penetapan KPUD Labuhanbatu yang dikirim ke DPRD Labuhanbatu. Gunanya apa, karena kita tidak mau Lembaga DPRD ini ikut terseret-seret dengan jika nantinya ada kesalahan KPUD Labuhanbatu di kemudian hari “ tandas Harianto kepada awak media.

Pantauan dilokasi bahwa Rapat Paripurna DPRD Labuhanbatu ini dihadiri mayoritas Anggota Dewan tanpa Ketua DPRD Hj. Meika Riyanti Siregar, SH, diwarnai Aksi Walk Out bersama-sama oleh sekitar 6 Orang Anggota Dewan yang berasal dari Fraksi Golkar dipimpin oleh Ketua Fraksinya Harianto Ritonga. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) resmi menjabat Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) menggantikan Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) dalam Upacara Serah Terima Jabatan yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Rabu (5/5) petang.

Upacara Sertijab yang dilangsungkan di Selasar Gedung Neptunus Detasemen Markas Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur ini, juga bersamaan dengan sertijab Askomlek Kasal dari Laksda TNI Atok Dushanto, M.Soc.Sc. kepada Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Pangkoarmada ll dari Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. kepada Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S,H., M.A.P., M.Tr (Han)., Danseskoal dari Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S,H., M.A.P., M.Tr(Han). kepada Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) dan Kadisopslatal dari Laksma TNI Deny Septiana, S.I.P., M.A.P. kepada Laksma TNI Eko Wahjono, S.E.



Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama wilayah Jakarta dan para Kadis jajaran Mabesal Lainnya.

Para Perwira Tinggi TNI AL ini telah dimutasi dan dipromosikan bersama-sama dengan Pati TNI AD dan TNI AU lainnya berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/350/IV/2021 tanggal 26 April 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Acara Sertijab diawali dengan pengambilan sumpah jabatan, penyerahan Pataka, penanggalan, penyematan tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando serta penandatanganan Pakta Integritas.

Menurut Kasal, serah terima jabatan memiliki makna yang penting dan strategis bagi TNI Angkatan Laut. Hal ini merupakan perwujudan dari proses pembinaan organisasi dan personel secara berkesinambungan dan menyeluruh. Sehingga pergantian pejabat diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi ke arah yang lebih baik.

Gubernur AAL yang baru, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, adalah putra kelahiran Wonosobo, 23 Oktober 1967 yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Korps Marinir.

Berbagai penugasan telah diemban Jenderal Bintang Satu lulusan AAL Angkatan XXXV tahun 1989 ini. Usai dilantik menjadi Perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua, Ia ditempatkan sebagai Danton Pan-2 Brigif-2 Kormar, setelah itu masa dinasnya diabdikan di Korps berlambang Keris Samudera ini, bahkan pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Khusus di Batalyon Intai Amfibi (Danyon Taifib) dan Komandan Detasemen Jala Mangkara (Dandenjaka) TNI AL.

Dalam menjalani karier profesionalnya di TNI AL, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah telah melaksanakan berbagai pendidikan dan kursus baik di lingkungan TNI AL, TNI hingga pendidikan formal di universitas.

Program S2 Strategi & Kampanye Militer Unhan-Jakarta, S2 Magister Manajemen STIMA IMMI-Jakarta dan PPSA Angkatan ke-22 Lemhannas Rl Tahun 2019 menjadi pendidikan terakhir yang ia jalani. *

 

Autentikasi:

Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Kalabahi, Aktual News Mengawali penyampaiannya, Bupati Alor Drs. Amon Djobo menyampaikan terima kasih kepada Satgas TNI AD Yonzikon 13/KE, dimana Alor merupakan daerah kepulauan sehingga dalam membangun daerah ini sangat-sangat sulit. Baik itu teritorial, infrastruktur, maupun pelaksanaan kegiatan pemerintahan, memang sangat sulit.

Tetapi puji Tuhan, melalui kolaborasi atau kerja sama antara Pemda dan TNI khususnya Kodim 1622/Alor, maka yang sulit sekalipun menjadi baik.

“Pak Dandim ini, mulai dari Dandim ganti Dandim tetapi beliau sekarang ini punya kerendahan hati, ketulusan bekerja dalam melayani masyarakat di Kabupaten Alor sangat luar biasa. Apalagi bencana saat ini, beliau turun langsung bersama prajuritnya disegala tempat dan medan yang sulit sekalipun”, kata Amon.

Dijelaskan Bupati 2 periode ini, sejak kehadiran Dandim Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag di Kodim 1622/Alor, Pemda memberikan beberapa tugas terutama infrstruktur dasar terutama jalan-jalan didaerah yang paling sulit. Kerja sama TNI di Alor dengan Pemda itu, setiap tahun dialokasikan dana untuk jalan-jalan yang sulit menuju kantong ekonomi cepat tumbuh.

“Kami percayakan teman-teman TNI yang turun melalui Karya Bakti TNI bersama masyatakat. Ini sudah berjalan sejak hampir 3 tahun ini. Karena TNI kerja tidak mencari nama atau pujian, mereka kerja target selesai dan masyarakat nikmati”, ungkapnya.

Terus terang, Pemda Alor sangat percaya dengan Kodim 1622/Alor pada setiap pelaksanaan karya bakti. Berhubung dengan bencana dimana karya bakti sedang dilaksanakan oleh TNI di Pulau Pantar sehingga Dandim langsung memerintahkan anggotanya turun membantu masyarakat terutama membuka akses jalan yang terputus dan tertutup material banjir dan longsor.

Terkait dengan pengawasan dibidang keamanan tentu sangat sulit karena daerah kepulauan, tapi Dandim bersama anggotanya cukup luar biasa dalam kolaborasi dan koordinas kerja. Lalu ada kegiatan TNI di Kodim 1622/Alor, Pemda selalu memberikan dukungan seperti, dalam penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Alor, TNI hadir juga ditengah-tengah masyarakat membangun lahan pertanian di Desa Tanglapui Kecamatan Alor Timur sebanyak 186 hektar dengan hasil panen mencapai 270 ton gabah kering.

“Ini kerja sama kami dengan TNI, Covid-19 TNI turun himbau dan buat operasi pendisiplinan, tetapi mereka juga peduli dengan perutnya masyarakat sehingga tidak menderita kelaparan”, jelas Djobo.

Ditambahkannya, keterlibatan TNI Kodim 1622/Alor membantu Pemda dibidang infrastruktur, buka jalan, air bersih, bangun rumah rakyat, bangun taman baca. Jadi yang luar biasa lagi masalah ketersediaan pangan lokal, TNI turun tangan kerja membantu masyarakat tidak hanya di Tanglapui, tapi di Desa Air Mancur Kecamatan Alor Timur Laut dan Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya.

“Coba bayangkan kerjanya teman-teman TNI harus kita akui dan apresiasi. Pak Dandim dengan teman TNI lainnya di Kodim 1622/Alor sudah terlalu banyak berbuat untuk masyarakat di Alor ini. Inilah karya orang-orang yang dengan ketulusan mau bekerja melayani masyarakat”, ujarnya.

Sebagai pimpinan di daerah ini, sangat apresiasi kinerja Dandim 1622/Alor bersama anggotanya. Pada kesempatan ini, Pemda berterima kepada Panglima TNI, Kasad, Pangdam IX/Udayana, serta Danrem 161/Wira Sakti.

“Saya omong dimana-mana, TNI tidak pernah buat susah orang dan tidak pernah buat pencitraan. Saya omong betul ini. Sejengkal tanah pasti TNI pertahankan, itu betul karena TNI hadir untuk bangsa dan negara serta masyarakat. Contohnya saat ini, saat terjadi bencana tapi kami tidak sendiri. Hari pertama bencana, seluruh infrastruktur rusak dan tertutup, tapi Pangdam dan Danrem datang. Disana sudah ada prajurit yang mendahului disana dan juga ibu-ibu Persit”, tutur Djobo.

Lanjutnya, pasca bencana semua menjadi lumpuh, tapi TNI tampil di masyarakat membantu pencarian jenazah korban banjir bandang dan tanah longsor, bantu menguburkan jenazah para korban, bantu distribusi logistik, menyiapkan air bersih, dapur umum, sandang, dan sebagainya. TNI sudah buat itu dengan tulus.

Saat vicon dengan Pangdam, kami didukung jembatan dan sekarang sudah selesai dibangun. Walau hanya 1 tapi tidak masalah, yang kami butuh adalah perhatian TNI terhadap kami. Mereka kerja siang malam akhirnya direncanakan 11 hari baru selesai tapi baru 5 hari sudah selesai dan akan diresmikan besok Kamis (6/5/2021) oleh Bapak Danrem 161/Wira Sakti.

“Sebagai Bupati saya akan usulkan kepada Kasad supaya naikan pangkat bagi teman-teman TNI di Kodim 1622/Alor yang sangat membantu dalam tugas kemanusiaan pasca bencana. Lebih baik aksi naik pangkat saat masih hidup, kalau mati baru kasi naik anumerta, dia sudah tidak menikmati. Saya akan usulkan ke Kasad”, ucap Amon. [Red/Akt-43/AG]

 

Aktual News

(Pendim 1622)

Labuhanbatu, Aktual NewsPj Bupati Labuhanbatu, Mulyadi Simatupang, S.Pi,M.Si, pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 di Lapangan Apel Polres Labuhanbatu, Rabu (5/5/2021).

Turut hadir Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Kasdim 0209/ LB Mayor Arah Muji Santoso, para PJU Polres Labuhanbatu dan para Kapolsek, tokoh agama, tokoh masyarakat, Dishub Labuhanbatu, BPBD Labuhanbatu, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Jasa Raharja.

Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang mengatakan, Operasi Ketupat Toba 2021 ini memiliki target memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan dilakukan penyekatan di perbatasan Kabupaten untuk Mencegah masyarakat melaksanakan mudik Lebaran 2021 dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Virus COVID-19.
“Tujuan apel untuk memutus mata rantai Covid-19 pada saat Lebaran nih”, Ujarnya.

Adapun peserta apel yaitu 1 Pleton Perwira, 1 Pleton Sub Denpom Rantauprapat, 1 Pleton TNI dari Kodim 0209/LB, 1 Pleton Staff Gabungan Polres Labuhanbatu, 1 Pleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Narkoba.

1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton Dishub, 1 Pleton Dinas BPBD, 1 Pleton Dinas BPBD, 1 Pleton Satpol PP, 1 Pleton Jasa Raharja dan 1 Pleton Pramuka. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Ketua Fraksi Partai Golkar Harianto Ritonga mengambil sikap tegas dengan “Walk Out” dari sidang Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu atas putusan wakil ketua DPRD Kabupaten Abdul Karim Hasibuan yang tetap melanjutkan Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu 2020 Terpilih Rabu(05/05/2021).

Aksi Walk Out ini dilakukan setelah Herianto dan kawan-kawan melakukan protes kepada pimpinan sidang Abdul Karim Hasibuan yang mana menurut Harianto paripurna ini bisa menjadi polemik dikemudian hari karena KPUD Labuhanbatu dinilai kangkangi MK.

“Intinya, kita tidak ada menghalang-halangi Paripurna. Yang menjadi persoalan, kewenangan KPUD Labuhanbatu itu kan hanya sampai pada mengumumkan hasil dari putusan Mahkamah Konstitusi. Kita minta, Pimpinan DPRD itu untuk melakukan konsultasi terkait polemik yang bukan lagi persoalan lokal (Labuhanbatu) tetapi sudah persoalan Nasional. Kita minta dilakukan konsultasi dan pengkajian ke instansi yang terkait”, ujarnya.

Setelah itu baru kita rumuskan untuk diparipurnakan. Jadi ada landasannya, ketika kita memparipurnakan. Jangan nanti setelah diparipurnakan, katakanlah umpamanya nanti apa yang dilakukan KPUD Labuhanbatu menyalahi, jadi ikut Lembaga DPRD terseret-seret dengan persoalan KPUD Labuhanbatu. Jadi, kita tidak sependapat. Dalam arti kata, kita hanya meminta dikonsultasikan”, ujar Harianto.

Menurutnya (Harianto) ada multi tafsir antara Amar Putusan MK dengan Aturan PKPU Nomor 19 Tahun 2020. Jadi, Fraksi kami Walk Out itu karena kita meminta kepada Pimpinan untuk mengkonsultasikannya dulu hasil Penetapan KPUD Labuhanbatu yang dikirim ke DPRD Labuhanbatu. Gunanya apa, karena kita tidak mau Lembaga DPRD ini ikut terseret-seret dengan jika nantinya ada kesalahan KPUD Labuhanbatu di kemudian hari “ tandas Harianto kepada awak media.

Pantauan dilokasi bahwa Rapat Paripurna DPRD Labuhanbatu ini dihadiri mayoritas Anggota Dewan tanpa Ketua DPRD Hj. Meika Riyanti Siregar, SH, diwarnai Aksi Walk Out bersama-sama oleh sekitar 6 Orang Anggota Dewan yang berasal dari Fraksi Golkar dipimpin oleh Ketua Fraksinya Harianto Ritonga. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj. Bupati Labuhanbatu, Mulyadi Simatupang, S.Pi,M.Si, pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021 di Lapangan Apel Polres Labuhanbatu, Rabu (5/5/2021).

Turut hadir Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Kasdim 0209/ LB Mayor Arah Muji Santoso, para PJU Polres Labuhanbatu dan para Kapolsek, tokoh agama, tokoh masyarakat, Dishub Labuhanbatu, BPBD Labuhanbatu, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Jasa Raharja.

Pj Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang mengatakan, Operasi Ketupat Toba 2021 ini memiliki target memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan dilakukan penyekatan di perbatasan Kabupaten untuk Mencegah masyarakat melaksanakan mudik Lebaran 2021 dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Virus COVID-19.


"Tujuan apel untuk memutus mata rantai Covid-19 pada saat Lebaran nih", Ujarnya.

Adapun peserta apel yaitu 1 Pleton Perwira, 1 Pleton Sub Denpom Rantauprapat, 1 Pleton TNI dari Kodim 0209/LB, 1 Pleton Staff Gabungan Polres Labuhanbatu, 1 Pleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Narkoba.

1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton Dishub, 1 Pleton Dinas BPBD, 1 Pleton Dinas BPBD, 1 Pleton Satpol PP, 1 Pleton Jasa Raharja dan 1 Pleton Pramuka. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate bertemu dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI Cilangkap, Rabu (05/05/2021). Pertemuan ini diadakan untuk menindaklanjuti berbagai kerja sama di sektor digital yang selama ini telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo dan TNI.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo dan TNI telah memiliki payung kolaborasi berupa Nota Kesepahaman tentang Sinergi Program Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Tentara Nasional Indonesia dalam Rangka Penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditandatangani pada Desember 2018 lalu. Nota Kesepahaman ini mencakup kolaborasi dalam hal pemanfaatan sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat dan TNI, dukungan pengamanan, diseminasi informasi, serta pertukaran data.



“Kolaborasi antara Kementerian Kominfo dan TNI perlu semakin diperkuat, terutama untuk menjamin pemanfaatan ruang digital agar berkontribusi positif bagi keamanan dan pertahanan digital Indonesia,” jelas Menteri Johnny.

Kolaborasi untuk Transformasi Digital

Dalam pertemuan ini, Menteri Kominfo bersama Panglima TNI setidaknya membahas beberapa peluang penguatan kolaborasi untuk memperkuat ketahanan sektor digital Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan agenda Akselerasi Transformasi Digital Indonesia yang sedang menjadi prioritas Pemerintah.

“Transformasi digital semakin mendorong kita untuk memperluas strategi pertahanan negara agar tidak hanya terbatas pada aspek pertahanan tradisional saja, namun juga mencakup aspek lainnya termasuk pertahanan digital dan pertahanan siber,” ujar Menteri Johnny.

Untuk itu, Kementerian Kominfo dan TNI akan terus mendorong kolaborasi lebih lanjut dalam hal penyiapan dan fasilitasi kebutuhan teknologi militer untuk kepentingan pertahanan serta keamanan, seperti pemanfaatan spektrum frekuensi untuk pertahanan negara.

Di samping itu, kolaborasi dalam membangun dan menjaga upaya pemerataan infrastruktur telekomunikasi dan informatika di seluruh pelosok Nusantara juga menjadi fokus utama antara Menteri Kominfo dengan Panglima TNI.

“Salah satu tugas utama Kementerian Kominfo adalah untuk menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang merata di seluruh penjuru Tanah Air agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini membutuhkan kolaborasi yang kuat lintas sektor. Kami berharap TNI dapat turut berkolaborasi dan memberikan dukungan yang dapat menjadi modal kuat dalam keberlangsungan juga keamanan pembangunan infrastruktur TIK untuk kepentingan rakyat Indonesia,” ujar Menteri Johnny.

Sepanjang tahun 2021 hingga 2022, Kementerian Kominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI akan membangun Base Transceiver Stations (BTS) 4G di 7.904 desa/kelurahan pada wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), yang tersebar di Kepualuan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Papua. Selain untuk, Kementerian Kominfo juga akan mempersiapkan infrastruktur jaringan tambahan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke-20 pada Oktober 2021 mendatang di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Pembangunan infrastruktur TIK yang berkualitas dan merata merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia agar semakin terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju,” tegas Menteri Kominfo.

Pertemuan tersebut berlangsung dalam susana penuh keakraban dan silaturahmi serta diakhiri dengan kesepakatan untuk memperkuat fondasi hubungan kerja sama dan koordinasi antar Kementerian Kominfo dan TNI. [HSMY]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr.(Han), Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E. dan Waasintel Panglima TNI Laksma TNI Drs. I Putu Arya Angga. S. menerima kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Jonny G. Plate di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Menkominfo didampingi oleh Deddi Permadi (Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik), Ahmad Ramli (Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika), Anang Achmad Latif (Dirut Badan Aksesibilitas Layanan Telekomunikasi & Informasi), Samuel A. Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika).

Dalam pertemuannya dengan Panglima TNI,  Menkominfo menyampaikan rencana pembangunan 5000 Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Papua dan Natuna yang akan dilakukan oleh Kominfo. “Pembangunan 5000 BTS tersebut dilakukan untuk pemerataan akses internet di seluruh Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana untuk membangun BTS secara masif diseluruh wilayah Indonesia, khususnya diwilayah terpencil dan terluar,” ujarnya.



Kominfo akan membangun  BTS tersebut di area yang tidak dimasuki operator seluler khususnya daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. “Hari ini secara khusus saya bertemu dengan Panglima TNI untuk menterjemahkan secara teknis program-program dan kebijakan Presiden RI Joko Widodo di sektor Kominfo,” kata Menkominfo.

Menurut Jonny G. Plate, nantinya Kominfo akan menggandeng TNI  untuk membantu pengamanan pembangunan infrastruktur digital atau teknologi informasi dan komunikasi yang lebih memadai di seluruh wilayah tanah air khususnya di Papua. “Hal tersebut untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama proses pembangunan BTS di wilayah Papua, mulai dari pengiriman logistik dan bahan yang akan digunakan dalam membangun BTS,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI menyambut baik rencana kerja sama antara TNI dan Kominfo. TNI akan mendukung penuh rencana  pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan  oleh Kementerian Kominfo.  “Hal ini merupakan program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan pembangunan konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok Nusantara,” ujarnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa TNI akan membantu keamanan selama dan sesudah pembangunan BTS didaerah terpencil diseluruh wilayah NKRI. Pengamanan tersebut menjadi penting dilakukan untuk mempercepat proses peningkatan fasilitas dan kemampuan dibidang teknologi informasi diberbagi sektor.

“Pembangunan infrastruktur digital oleh Kementerian Kominfo merupakan program strategis yang harus didukung  untuk pemerataan akses internet di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya pemerataan akses internet, maka dapat mendukung sistem pertahanan negara dan mempermudah pelaksanaan tugas pokok TNI,” katanya.

 

Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Kasdim 0713 Brebes, Mayor Infanteri Edwin Samma Baratiku, melepas para Babinsa pemotor yang akan membagikan nasi box buka puasa kepada warga masyarakat yang membutuhkan dan terdampak covid-19.

Tampak dirinya memimpin doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sebelum pelaksanaan tugas mulia itu. Rabu sore (5/5/2021).

Dijelaskannya, masakan dimasak oleh anggota Kodim bersama ibu-ibu Persit di dapur lapangan bakti sosial yang didirikan dengan tenda pleton di halaman Makodim Brebes.



“Kurang lebih 777 nasi box akan dibagikan tersebar di 17 koramil jajaran Kodim Brebes, dan ini merupakan jilid kedua,” terangnya.

Selain pembagian nasi tersebut, juga dibagikan 2.010 masker kain kepada warga di 17 koramil/kecamatan.

Lanjut Edwin, gerakan sosial itu merupakan program dari Kodam IV Diponegoro yang juga dilaksanakan secara serentak di 36 Kodim lainnya setiap tanggal ganjil pada awal bulan Mei 2021 sampai dengan H-2 lebaran 1442 H (3-11 Mei 2021).



“Fokus sasaran pembagian masih sama, yaitu kaum dhuafa, anak yatim-piatu, pemulung, gelandangan, tukang becak, dan petugas kebersihan,” tandasnya.

Untuk wilayah Brebes selatan, dapur umum beroperasi di halaman Koramil 08 Bumiayu. (Aan)
Diberdayakan oleh Blogger.