Labuhanbatu, Aktual NewsBadan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu sempat menjadi bahan perbincangan publik yang tak sedap.

Ironis nya, Pada saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun 2020 yang lalu membuat Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu semakin di soroti oleh publik, Sebab diduga ada nya kecurangan pilkada sehingga Bawaslu di anggap tidak berfungsi sebagai badan pengawas pemilu yang di nilai gagal dalam menjalankan tugas.

” Gak berfungsi Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu, Kemana petugas nya, apa mau makan tidur dan makan gaji buta. Sehingga kami menilai kurang nya pengawasan, Diduga ada nya kong kali kong dengan pihak yang lain,” ungkap sumber yang tidak ingin di sebutkan nama nya pada wartawan. Kamis (28/05/2021).

Lanjut sumber menambahkan, Kegiatan- kegiatan kerja yang di lakukan oleh Bawaslu itu yang menanggung adalah negara dan masuk dalam anggaran, Jadi kenapa kinerja dari Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu di anggap tidak beres atau beselamak tak tau kerja.

” Oleh sebab itu di harapkan kepada komisi pemberantasan korupsi (KPK) Republik Indonesia agar mengecek anggaran dan kegiatan yang di lakukan oleh Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu pada saat Pilkada Dan PSU yang baru saja selesai beberapa waktu yang lalu.

Lebih parahnya nya lagi kata sumber, setelah pilkada yang di menangkan oleh pasangan ASRI pasangan ERA menggugat KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan bukti yang ada, lalu diterima dan di kabulkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dengan mengabulkan 9 TPS yang di PSU kan.

Selanjut nya, setelah PSU siap berlangsung maka kemenangan ada di pasangan ERA, artinya Posisi kebalik dari sebelum nya, lalu pasangan ASRI menggugat KPU kembali, Informasi di lapangan sudah di terima tapi belum tau entah di kabulkan atau tidak,” Tutup sumber.

Hingga berita ini di kirim ke meja redaksi Makmur Dalimunthe sebagai ketua Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu belum memberikan keterangan apapun. Walau pun sudah di konfirmasi dengan di tandai dua centang what’s app. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Jakarta, Aktual News-7 Mei 2021. Kontroversi apakah MK akan menyidangkan permohonan pembatalan Keputusan KPU terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2021 di 17 daerah yang diperintahkan MK terjawab sudah. Kemarin, Kamis 6 Mei 2022, Panitera MK Muhidin telah menyurati Ketua KPU memberitahukan bahwa MK telah menerima 8 (delapan) permohonan perselisihan hasil pasca PSU.

Dalam surat itu, Panitera MK juga menginformasikan kepada KPU bahwa MK
“akan segera menyelenggarakan pemeriksaan permohonan sesuai ketentuan perundang-undangan”.

Dengan surat MK tersebut, maka menjadi jelas bahwa Keputusan Rekap Hasil PSU yang digabungkan dengan hasil perolehan suara yang tidak dibatalkan MK dalam Pilkada Desember 2020 yang lalu dapat dijadikan sebagai obyek sengketa di MK.

KPU di beberapa daerah, antara lain di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, telah melangkah dengan menetapkan pasangan calon pemenang dan dituangkan dalam sebuah SK. Siapa paslon pemenang bahkan telah diumumkan oleh DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang mungkin pula telah mengusulkan pelantikan paslon pemenang kepada Mendagri melalui Gubernur Sumut.

Saya sendiri sebagai lawyer paslon Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar, telah mengirim surat kepada KPU Labuhanbatu agar jangan buru-buru menetapkan paslon pemenang karena kami menolak hasil PSU dan telah mendaftarkan sengketa ke MK. Kami minta agar KPU setempat menunggu sampai ada putusan MK. Namun surat kami tidak digubris KPU Labuhanbatu. Mereka adakan pleno dan menetapkan paslon pemenang pasca PSU. Tindakan KPU Labuhanbatu konon mendapat arahan KPU Pusat. Penetapan paslon pemenang didasarkan atas Keputusan KPU No 19 Tahun 2020 Pasal 54 ayat 4,5 dan 6 yang isinya kohtroversial tidak sesuai dengan Putusan MK paling akhir tentang pelaksanaan PSU. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Jumat 07 Mei 2021 Polres Labuhanbatu bergabung dengan Kodim 0209/LB bertempat di Jalinsum Kota Pinang Labusel tepatnya di depan Lapangan SBBK melakukan penyekatan antisipasi pemudik jelang lebaran dan melakukan tes Urin kepada awak kenderaan umum yang melintas

Sebanyak 41 Personil gabungan diturunkan Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan,SIK.,MH terdiri dari 12 Personil Sat Narkoba,Lantas,Intel dan URKES masing-masing masing 4 Personil,12 Personil Polsek Kota Pinang dan 4 Personil Kodim yang dipimpin Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu,MH

Sebanyak 50 Orang Awak Kenderaan yang melintas dilakukan tes Urin dengan hasil sebanyak 4 Orang positif Urin nya mengandung zat methafetamine yaitu berinisial AJS Lk 31 Th,NNP Lk 19 Th,FS Lk 36 Th dan KP Lk 27 Th yang saat ini masih diambil keterangannya dalam berita acara interogasi untuk diketahui dari mana sumber narkoba yang mereka pergunakan.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan,SIK.,MH didampingi Dandim 0209/LB Letkol Asrul Kurniawan Harahap.,SE.,M.Tr.Han bersama Unsur Muspida Labusel memantau pelaksanaan kegiatan penyekatan dan tes Urin tersebut.

Oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari himbauan pemerintah yang melarang warga mudik dalam perayaan Idul Fitri Tahun ini mengantisipasi terjadi kluster Virus Corona,Kita harus belajar dari peristiwa yang terjadi di India adanya lonjakan penyebaran CORONA setelah perayaan keagamaan di sungai Gangga,kami menghimbau warga Selabuhanbatu Raya mari rayakan Idul Fitri di rumah masing masing dan kita tunda mudik untuk kesehatan dan keselamatan.

Sekira pukul 15.00 WIB kegiatan Tes Urin selesai selanjutnya Rombongan Kapolres,Dandim dan Muspida Labusel meninjau Pos PAM di Perbatasan Sumut-Riau. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Danrem 061/Sk Hadiri Rapat Pleno DPD KNPI Kota Bogor dan Musyawarah Daerah Pemuda/KNPI XV Kota Bogor, Kamis (6/5).

Bertempat di
Lapangan Indoor Makorem 061/SK Jl.Ciwaringin no 2 Rt 02/Rw 04 Kel Ciwaringin Kec Bogor Tengah Kota Bogor, Rapat Pleno DPD KNPI Kota Bogor Dan Musyawarah Daerah Pemuda/KNPI XV Kota Bogor dibuka oleh Walikota Bogor (Dr.Bima Arya Sugiarto) dan dihadiri lebih kurang 100 orang peserta, Ikut menghadiri para pejabat diantaranya Danrem 061/SK (Brigjen TNI Ahmad Fauzi,S.I.P, M.M), Ketua DPRD Kota Bogor (Atang Trisnanto), Kadispora (Drs.Herry Karnadi), Ketua DPD KNPI Kota Bogor (Bagus Maulana), Ketua MPI KNPI Kota Bogor
(Muhammad, SH), Ketum DPD KNPI Jawa Barat
(Rio F. Wiliantara) dan juga Para Ketua Ormas Kota Bogor.

Brigjen TNI Achmad Fauzi yang berkesempatan memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa
Rapat Pleno DPD KNPI Kota Bogor dan musyawarah daerah menjadi forum tertinggi dalam menentukan arah kebijakan dan pengambilan keputusan dalam mengembangkan kinerja organisasi yang lebih baik dan lebih bermakna bagi kelangsungan hidup didalam masyarakat, bangsa dan negara. Karena secara nyata keberadaan KNPI bagi kehidupan bermasyarakat sangatlah dirasakan manfaatnya.

Sehubungan dengan hal itu, selaku Komandan Korem 061/Suryakancana dan atas nama pribadi, saya menyambut baik diselenggarakannya Rapat Pleno DPD KNPI Kota Bogor dan musyawarah daerah Pemuda/KNPI XV Kota Bogor dengan Tema
”Mengokohkan Peran Pemuda Sebagai Kekuatan Perekat Persatuan Dari Kota Bogor Menuju Indonesia Emas”.

” Saya berharap kepada KNPI Kota Bogor Siapapun nantinya yang terpilih sebagai Ketua KNPI Kota Bogor harus dapat di terima oleh semuanya, Karena ini merupakan keputusan bersama yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Lalu, Manfaatkan kegiatan Rapat ini sebaik mungkin guna mengevaluasi, mempelajari dan meneliti setiap kendala yang masih ditemui. Kemudian rumuskan bersama untuk mengolah dan memperbaiki kualitas program kerja TA. 2021 – 2024. Keempat, Jadikan forum Rapat ini sebagai wujud demokrasi dengan menampilkan kejujuran, transparan, sehingga menjadi ajang silaturahmi antara anggota dan pimpinannya.

Dan pada intinya bahwa Ia selaku Danrem 061/SK mendukung kegiatan Organisasi Kepemudaan KNPI yang berada di wilayah Korem 061 Suryakancana. Pungkasnya.

Pemilihan ketua KNPI Kota Bogor masa Bhakti 2021 -2024 diikuti oleh dua calon kandidat yaitu Rivaldo S Darmawan (PP) dan Sapta B Alfarabi (PPM). [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

 

Bogor, Aktual News-Menjelang hari raya Idul Fitri yang tinggal satu minggu lagi, Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P, M.M melaksanakan Kegiatan Bakti sosial Di Wilayah Kota Bogor, Jum’at (7/5).

Kegiatan bakti sosial berbagi ini sebenarnya bukan baru kali ini saja dilakukan oleh Danrem diwilayah Korem 061/sk. Dan pada hari ini Brigjen TNI Achmad Fauzi memberikan bantuan sembako dan santunan tali asih serta masker untuk para anak yatim di wilayah Bogor Barat, Bogor Timur dan Bogor Tengah, tepatnya di Masjid Nurul Akbar yang berada di Jl. Gg Kelor Rt 01/Rw 09 Kel Menteng Kec Bogor Barat Kota Bogor serta Yayasan Al Ghazali di Jl.Semboja Kel Kebon Kalapa Kec Bogor Tengah Kota Bogor dan juga di Masjid AL. Ummah yang berada di Rt.04/07 Kel. Sindangrasa Kec. Bogor Timur Kota Bogor.

Untuk diwilayah Bogor Barat, Danrem memberikan bantuan paket sembako untuk 42 anak yatim, 43 orang kaum dhuafa dan 25 orang Anak Tahfiz Qur’an , yang diserahkan secara simbolis kepada kepada Ibu Yati Sukirman (Koordinator Anak Yatim, Piatu dan Du’afa).

Kemudian di Yayasan Al Ghazali Jl.Semboja Kel Kebon Kalapa Kec Bogor Tengah Kota Bogor, Danrem 061/SK menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada Ust Arif (Koordinator Anak Yatim, Piatu dan Du’afa) untuk diberikan kepada 83 orang anak yatim serta 120 orang anak penyandang Disabilitas Kota & Kab Bogor.

Dan yang terakhir Danrem memberikan bantuan untuk para Tuna Netra di Bogor Timur sebanyak 35 orang dan 52 orang anak Yatim, Piatu yang diserahkan secara simbolis kepada Ridho Pertuni Hafidz (Pimpinan Persatuan tuna netra Penghapal Al Qur’an) di Masjid AL. Ummah GG Babadak Rt 04/07 Kel. Sindangrasa Kec. Bogor Timur Kota Bogor.

Dan jumlah keseluruhan bantuan tersesebut yaitu, untuk bantuan sembako sebanyak 400 paket, untuk santunan tali asih sebanyak 400 dan juga masker sebanyak 400 pc.

Pada saat pemberian bantuan sembako dan santunan tali asih, Danrem berkesempatan menyampaikan beberapa hal, yang mana dalam penyampaiannya tersebut Danrem mengatakan bahwa ia berharap semoga bantuannya tersebut dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Dan semoga bantuan ini dapat mencukupi kebutuhan mereka. Dan Ia juga mengingatkan kepada para anak yatim untuk tetap semangat dalam meraih cita-cita, belajarlah semaksimal mungkin dan patuhilah saran dari para pembimbing, serta perbanyaklah beribadah.

Selain itu Danrem juga mengingatkan, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari Kerumunan dan membatasi mobilitas.

” Saat ini wabah pandemik global covid-19 masih terus menyebar bahkan hingga kepelosok wilayah, virus ini dengan mudah dapat mengenai siapapun, oleh karena itu kita harus tetap waspada, kita harus menerapkan protokol kesehatan jangan lalai, termasuk yang sudah divaksin pun harus tetap waspada. Karena sesungguhnya vaksin tersebut hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang, bukan untuk mencegah penularan secara langsung. Jadi apabila kondisi fisik kita sedang menurun maka bisa saja kita terpapar oleh virus tersebut. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kondisi tubuh kita sebaik mungkin.” Ungkap Danrem.

Dan kita harus selalu bersinergi untuk membantu menanggulangi wabah pandemik global ini. Pungkasnya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

 

 

 

Lebak, Aktual News Dedi Sumarno yang biasa dipanggil Jaro Kudeng (JK) dibulan Ramadhan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Seperti tahun – tahun sebelumnya. beliau selalu menebar kebaikan dengan berbagi terhadap warganya yang kurang mampu dan selalu menyantuni anak – anak yatim yang berada diwilayah desanya. desa Cimangeunteng, Kecamatan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat (07/05/2021).

Jaro Kudeng panggilan lapangan, kepala desa Cimangeunteng kepada media mengatakan, kegiatan berbagi ini rutin kita laksanakan setiap tahun, setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Kita berbagi terhadap warga yang kurang mampu dan anak – anak yatim yang ada didesa Cimangeunteng.

“Sebanyak Tujuh (70) anak yatim yang ada didesa saya, alhamdulilah saya santuni. Selain anak yatim yang saya santuni. Saya juga berbagi terhadap warga kurang mampu, seperti janda – janda tua, dan kaum dhuafa,” ucapnya

Menurutnya, santunan dan bantuan yang diberikan oleh kepala desa Cimangeunteng berupa sarung, dan bingkisan. Sarung yang disiapkan dan dibagikan berjumlah 640 Pcs dan bingkisan yang disiapkan dan dibagikan sebanyak 600 buah semua itu telah dibagikan terhadap warga yang kurang mampu

“Bantuan yang saya berikan berupa sarung merek Atlas, sebanyak 640 Pcs dan 600 bingkisan, telah saya siapkan dan saya bagikan terhadap warga saya yang ada diwilayah desa Cimangeunteng,” ungkapnya

Dirinyapun mengatakan, baru kali ini kita mengundang media sebelumnya kita tidak pernah, namun jangan jadikan hal ini untuk ria, semoga keberkahannya kita semua mendapatkan.

“Seperti santunan sebelumnya saya tidak pernah mengundang media, karena takut disebut Ria, namun mari kita berdoa semoga keberkahan dari kegiatan ini, kita semua mendapat keberkahanya,” tutupnya

Sementara, Ust Baedhowi wakil ketua TSPP kecamatan Rangkas kepada media dilokasi pembagian santunan, sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, Sangat baik sekali apalagi dibulan Ramadhan, bulan penuh barokah, sangat baik sekali.

“Yang saya ketahui, pak Jaro Kudeng ini sering berbagi untuk warga yang kurang mampu, selain dibulan Ramadhan saja, dibulan Syawal pun sering berbagi, dan kegiatan ini saya ketahui rutin dilaksanakan setiap tahunya,” tutup Ust. Baedhowi [ Red/Akt-44/ Ahmad Suryani ]

 

 

Aktual News

Medan, Aktual News Wali Kota Medan, melakukan safari ramadhan ke Masjid Al Akbar di jalan Petunia Raya No. 7, Kel. Namo Gajah Kec. Medan Tuntungan, Kamis (6/5/2021).

Namun safari ramadhan ini dimaksudkan agar terjalin silaturahmi yang harmonis antara Pemko Medan dengan masyarakat. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, safari ramadhan tahun ini digelar dengan dua versi, pertama dilakukan secara langsung dan yang kedua dilakukan secara virtual. Hal tersebut guna mencegah penularan covid-19.

“Tapi meskipun dilakukan secara virtual, bukan berarti mengurangi makna dari safari ramadhan tersebut guna tetap dapat menjaga silaturahmi dengan masyarakat,”ucap Wali Kota Medan.

Dalam safari ramadhan yang juga dihadiri oleh sejumlah unsur Forkopimda Kota Medan dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan ini. Wali Kota Medan menyampaikan sejumlah program Pemko Medan salah satunya ialah pembentukan Masjid mandiri dengan menjadikan Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai pusat peradaban umat dan pusat ekonomi keumatan.

“Di Kota Medan terdapat 1.115 Masjid, apabila Masjid-Masjid ini diberdayakan maka akan mampu menopang perekonomian jamaahnya melalui berbagai kegiatan ekonomi keumatan sehingga nantinya para jamaah dan Masjid itu akan semakin makmur,”kata Wali Kota Medan.

Wali Kota Medan menghimbau kepada masyarakat yang nantinya ingin menggelar takbiran agar tidak melakukan konvoi, cukup melakukan takbiran di dalam Masjid.

“Kami tidak melarang masyarakat melakukan takbiran untuk menyambut hari raya Idul Fitri, tetapi kami himbau untuk dilakukan di dalam Masjid. Apalagi Pemko Medan juga akan melakukan penutupan ruas jalan sebanyak 32 titik pada saat malam takbiran,”sebut Wali Kota Medan sembari mengungkapkan bahwa Pemko Medan tidak menggelar sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Medan.

Dalam saat safari ramadhan ini Wali Kota Medan juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al Akbar sebesar Rp. 50 juta yang diserahkan langsung kepada Ketua BKM Masjid Al Akbar, Ismail Munthe, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan dan cindramata kepada anak yatim piatu. Setelah itu Wali Kota Medan juga menandatangani prasastasi pembangunan Masjid Al Akbar.

Sementara itu, Ketua BKM Masjid Al Akbar Ismail Munthe dalam sambutanya mengaku merasa berbahagia atas kehadiran Wali Kota Medan ke Masjid Al Akbar. Ismail menceritakan bahwa Masjid ini berawal dari sebuah Musholah. Seiring berjalan waktu Musholah tersebut diubah menjadi sebuah Masjid yang dilengkapi juga dengan Pesantren.

“Sebagian besar biaya pendidikan bagi anak yang tidak mampu digratiskan di pesantren ini,”bilangnya. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Saya tegaskan, khusus Veronica Koman yang selalu memprovokasi dari pelariannya di Australia, Anda sama sekali tidak punya hak untuk bicara masalah Papua. Anda, Veronica Koman, bukan orang Papua. Anda tidak lebih dari seorang provokator.

Hal ini disampaikan oleh Nicholas Youwe salah seorang mantan tokoh senior pendiri OPM (Organisasi Papua Merdeka), dalam acara webinar "Memahami Papua, serta Upaya Penyelesaian Secara Kolaborarif & Holistik”, di Jakarta, diselenggarakan Indonesia Publik Institute (IPI), Kamis, 6 Mei 2021.

Hadir dalam webinar sejumlah aktifis dalam dan luar negeri, para tokoh Papua, di antaranya mantan Menteri Luar Negeri OPM selama 15 tahun Nicholas Youwe yang telah menyatakan kesetiaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersama Nick Messet sejak tahun 2010.

Bertindak sebagai narasumber dalam webinar ini adalah, Bobby Aditya Rizaldi anggota komisi I DPR RI, Dr Muhammad AS Hikam MA (pengamat politik Presiden University), Komisaris Jenderal Polisi Paulus Waterpauw (Kepala Badan Intelijen dan Pengamanan Polisi Republik Indonesia), Dr Jaleswari Pramodawardhani (Deputi V Bidang Politik Hukum Pertahanan Keamanan dan Hak Azasi Manusia Kantor Staf Presiden) dan Billy Mambrasar (Staf Khusus Presiden).

Nicholas Youwe mengatakan, dalam kondisi sekarang sudah tidak ada lagi keraguan dari Pemerintah Republik Indonesia didalam membangun Papua. Karena itu, berbagai pihak yang selaku memprovokasi masyarakat, agar menghentikan aktifitasnya. "Anda hanya mencari keuntungan atas kekisruhan ini" tegas Nicholas.

"Saya harap, anda Veronica Koman jangan campuri lagi urusan Papua, anda adalah provokator yang pengecut bersembunyi di luar negeri" ucap Nicholas.

Veronica Koman dikenal setelah terjadinya demonstrasi di Papua yang dipicu oleh insiden rasis di Surabaya, pada 4 September 2019. Veronica Koman ditetapkan sebagai tersangka karena dituduh telah melakukan penghasutan dan memprovokasi melalui media sosial, saat ini berada saat dalam pelariannya di Australia.

Menurut Nicholas Youwe, masih ada kelompok criminal di Papua, tapi eksistensinya sudah semakin melemah, yaitu Organisasi Papua Merdeka (OPM) tersebar dalam empat faksi, yaitu Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang presidennya Victor Yeimo.

Kemudian, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dengan presiden Benny Wenda, OPM Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (OPM-TPNPB) dipimpin Jeffrey Bolmanak dan Kelompok Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) yang presidennya Forkorus Yaboisembut.

“Sekarang dengan pendekatan anthropologi budaya yang dilakukan Pemerintah Pusat di Jakarta, pemberdayaan masyarakat adat dan hak-hak masyarakat adat di Papua, harus menjadi perhatian. Orang Papua harus segera bangkit dari keterpurukan,” pungkas Nicholas Youwe. [*red]

Simalungun,Aktual News-Saat Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi turun langsung melihat pemeriksaan kendaraan dinas milik Pemkab Simalungun, di halaman belakang Kantor Bupati Simalungun, Kamis (6/5/21). Dalam pemeriksaan tersebut, Zonny Waldi menghimbau pengguna kendaraan dinas, agar selalu memperhatikan kesehatan atau kondisi kendaraannya, sebelum dibawa beroperasi.

Namun Wakil Bupati Simalungun itu juga meminta, agar setiap pengguna kendaraan dinas di data secara lengkap dan jelas. “Siapa yang menggunakan kendaraan dinas harus jelas, harus didata dengan rinci” katanya.

Dalam pemeriksaan itu, Zonny Waldi menemukan sejumlah kendaraan dinas yang pajak nya belum dibayarkan, atas hal tersebut, Zonny meminta agar OPD yang bersangkutan segera melakukan pembayaran pajak kendaraan tersebut.

Namun, di sela-sela pemeriksaan kendaraan dinas, Wakil Bupati Simalungun juga mengapresiasi kendaraan dinas milik RSUD Parapat. Menurutnya, kendaraan milik RSUD Parapat bagus dan beres dalam administrasi dan juga kondisi kendaraan. “Kalau Rumah Sakit Parapat ini memang bagus, kendaraannya bagus dan pajaknya sudah diurus,” ucap Zonny Waldi.

Di tempat berbeda, kepada awak media, Zonny Waldi mengatakan sangat menyayangkan atas banyaknya kendaraan dinas yang tidak dibayarkan pajaknya. Menurutnya, pejabat pemerintahan seharusnya bisa menjadi contoh teladan kepada masyarakat.

“Pejabat Pemkab ini harusnya menjadi teladan kepada masyarakat. Kalau pejabatnya tidak membayar pajak, kita kejar-kejar orang lain untuk taat pajak kan tak mungkin. Jadi kita harus menjadi contoh teladan bagi masyarakat,” sebut Wakil Bupati Simalungun itu.

Zonny Waldi berharap, dengan dilakukannya pemeriksaan kendaraan dinas, ke depan, seluruh administrasi kendaraan dinas, sampai pembayaran pejak kendaraan bisa tertib dilakukan. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

 

 

 

Rangkasbitung, Aktual News – Masih dalam rangkaian Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Lapas Kelas III Rangkasbitung mendapatkan kunjungan dari Pimti Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten, Nirhono Jatmokoadi dan Andi Taletting Langi, jum’at (07/05).

Kunjungan Kepala Divisi Pemasyarakatan Nirhono Jatmokoadi dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taletting Langi di sambut langsung oleh Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto didampingi Pejabat Struktural beserta jajaran Lapas Rangkasbitung.

Dalam kunjungannya, Nirhono Jatmokoadi dan Andi Taletting Langi melakukan peninjauan terhadap sarana dan prasarana seperti Ruang layanan kunjungan, Blok hunian, Dapur, Area Wisata Hukum, Klinik, serta Produk yang dihasilkan di Lapas Kelas III Rangkasbitung

Selain itu Nirhono Jatmokoadi dan Andi Taletting Langi memberikan arahan dan masukkannya guna menunjang dan meningkatkan kualitas pelayanan publik sehingga menjadi lebih baik dan lebih prima untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Andi Taletting Langi selaku Kadiv Yankumham menjelaskan dengan adanya perubahan seperti menyiapkan desain ruangan, menampilkan video pelayanan, adanya kotak pengaduan, dan efektivitas penunjuk arah akan menunjang kualitas pelayanan publik sehingga lebih balik lagi dan dapat menjaga Integritas Pegawai untuk menciptakan Good Governance and Clean Government.

Kadiv Pemasyarakatan, Nirhono Jatmokoadi mengingatkan bahwa bukan hanya sarana dan prasarana, Pelayanan Publik harus didukung oleh etika yang baik, senantiasa terapkan 5S dalam kegiatan Pelayanan Publik sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima, dan tetap menjaga standar protokol kesehatan di Ruang pendaftaran.

Menanggapi Kunjungan Pimti Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten , Kalapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto mengaku senang dan lega. Pasalnya, ada sejumlah catatan dan apresiasi yang disampaikan Pimti Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten terhadap jajaran Lapas Rangkasbitung.

“Pesan-pesan Bapak Pimti Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten akan segara kami tindak lanjuti demi peningkatan kinerja yang lebih baik. Tentunya kunjungan hari ini dapat menambah semangat kami untuk bekerja lebih keras lagi” Tutup Budi Ruswanto. [Red/Akt-44 ]

 

 

Aktual News

Serang, Aktual News – Dibulan Suci Ramadhan yang penuh rakhmat ini, Warung Jumat Barokah Polda Banten melaksanakan Saba Pesantren, kegiatan yang di laksanakan oleh tim Jum’at Barokah Bidhumas Polda Banten ini menyambangi Pondok Pesantren Al-khoziny, bertempat di kampung Kadu tomo Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang. Jum’at 07/05/2021.

Program Kegiatan Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho S.H M.H M.B.A ini, di pimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi bersama tim warung Jumat Barokah nya membagikan Paket puluhan sembako, Masker, Bingkisan sebanyak 25 paket berupa Sajadah, Al Quran, Sarung dan Mukena., Sembako dari Kapolda Banten tersebut diserahkan kepada pimpinan Pondok Pensantren Al-khoziny, KH. Khozinul Asror.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, Warung Jum’at dengan Saba Pesantren adalah implementasi Program Kapolda Banten, dengan cara mengunjungi Pondok Pesantren sekaligus bersilaturahmi dengan pimpinan Ponpes Untuk menyampaikan Kamtibmas kepada masyarakat di masa pandemi.

“Semoga bantuan yang diberikan bapak Kapolda Banten dapat  bermanfaat bagi anak anak para santri diponpes. Diharapkan Masyarakat dan para santri Agar Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan” ujar Edy Sumardi.

Pada kesempatan tersebut Pimpinan Pondok Pesantren Al-khoziny, KH. Khozinul Asror menyampaikan banyak terimakasih atas kunjungan dan bantuan sembako yang di berikan oleh bapak Kapolda Banten,

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi kesini dan pemberian paket sembako dan masker ke Pondok Pesantren Al-khoziny, kami do’akan semoga bapak Kapolda sehat selalu dan diberikan umur panjang, dengan pertemuan kita hari ini terjalin silahturahmi yang baik, Semoga Allah memberikan hidayah nya” ujar KH Asror. [ Red/Akt-44/Her- Bidhms ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Kontroversi apakah MK akan menyidangkan permohonan pembatalan Keputusan KPU terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2021 di 17 daerah yang diperintahkan MK terjawab sudah. Kemarin, Kamis 6 Mei 2022, Panitera MK Muhidin telah menyurati Ketua KPU memberitahukan bahwa MK telah menerima 8 (delapan) permohonan perselisihan hasil pasca PSU.

Dalam surat itu, Panitera MK juga menginformasikan kepada KPU bahwa MK akan segera menyelenggarakan pemeriksaan permohonan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Dengan surat MK tersebut, maka menjadi jelas bahwa Keputusan Rekap Hasil PSU yang digabungkan dengan hasil perolehan suara yang tidak dibatalkan MK dalam Pilkada Desember 2020 yang lalu dapat dijadikan sebagai obyek sengketa di MK.

KPU di beberapa daerah, antara lain di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, telah melangkah dengan menetapkan pasangan calon pemenang dan dituangkan dalam sebuah SK. Siapa paslon pemenang bahkan telah diumumkan oleh DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang mungkin pula telah mengusulkan pelantikan paslon pemenang kepada Mendagri melalui Gubernur Sumut.

Saya sendiri sebagai lawyer paslon Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar, telah mengirim surat kepada KPU Labuhanbatu agar jangan buru-buru menetapkan paslon pemenang karena kami menolak hasil PSU dan telah mendaftarkan sengketa ke MK. Kami minta agar KPU setempat menunggu sampai ada putusan MK. Namun surat kami tidak digubris KPU Labuhanbatu. Mereka adakan pleno dan menetapkan paslon pemenang pasca PSU. Tindakan KPU Labuhanbatu konon mendapat arahan KPU Pusat. Penetapan paslon pemenang didasarkan atas Keputusan KPU No 19 Tahun 2020 Pasal 54 ayat 4,5 dan 6 yang isinya kohtroversial tidak sesuai dengan Putusan MK paling akhir tentang pelaksanaan PSU. [Rahmad]

Lebak, Aktual News – Aplikasi Ojek Online (Ojol) Udag menggelar launching di Andika Cafe, Jalan Raya Dr. Insinyur Soetami , No 45 Cijoro Pasir, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Jum’at (07/05/2021)

Hadir pada launching Ojol Udag online tersebut Darsan selaku Owner Ojol Udag Online dan Buya Sujana Karis, tokoh masyarakat Banten selaku Komisaris Ojol Udag Online sekaligus Ketua Umum Badak Banten, dan sejumlah tamu undangan lainnya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Sebagai aplikasi ojol pertama yang merupakan 100 persen milik putra daerah Banten, Ojol Udag online tersebut berbeda dengan aplikasi ojol-ojol lainnya.

Owner Ojol Udag Dasan mengatakan, ada banyak perbedaan di aplikasi udag online ini.

“Tak hanya antar jemput penumpang dan barang, aplikasi ini juga menerima jasa dari mulai pemesanan message atau pijat, jasa paranormal, jasa salon, jasa service hingga jasa untuk mencari jodoh,” ujarnya.

Maka dari itu jelas Dasan, aplikasi ini dinamakan bermacam-macam, ada udag jodoh, udag service hingga udag udag lainnya.

Dasan pun yakin aplikasi ini akan membantu program pemerintah untuk “Dirumah Aja” karena menurutnya untuk aktivitas transaksi apapun bisa dilakukan hanya dengan memesan lewat aplikasi udag online ini, yang per 10 Mei 2021 mendatang bisa di download lewat play store.

Sementara itu Buya Karis Sujana selaku Tokoh Masyarakat Lebak dan juga Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) Badak Banten yang hadir pada acara launching udag online mengatakan, mendukung sepenuhnya karya asli putra Banten ini.

“Alhamdulillah saya dipercayakan untuk menjadi salah satu pengurus udag online, dan saya mendukung udag online ini, agar bisa berkembang dan tidak kalah dari aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah lebih dulu berjalan”. Singkat Buya Karis Sujana. [ Red/Akt-44/AS ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu sempat menjadi bahan perbincangan publik yang tak sedap.

Ironis nya, Pada saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun 2020 yang lalu membuat Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu semakin di soroti oleh publik, Sebab diduga ada nya kecurangan pilkada sehingga Bawaslu di anggap tidak berfungsi sebagai badan pengawas pemilu yang di nilai gagal dalam menjalankan tugas.

"Gak berfungsi Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu, Kemana petugas nya, apa mau makan tidur dan makan gaji buta. Sehingga kami menilai kurang nya pengawasan, Diduga ada nya kong kali kong dengan pihak yang lain," ungkap sumber yang tidak ingin disebutkan nama nya pada wartawan. Kamis (28/05/2021).

Lanjut sumber menambahkan, Kegiatan- kegiatan kerja yang di lakukan oleh Bawaslu itu yang menanggung adalah negara dan masuk dalam anggaran, Jadi kenapa kinerja dari Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu di anggap tidak beres atau beselamak tak tau kerja.

"Oleh sebab itu diharapkan kepada komisi pemberantasan korupsi (KPK) Republik Indonesia agar mengecek anggaran dan kegiatan yang di lakukan oleh Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu pada saat Pilkada Dan PSU yang baru saja selesai beberapa waktu yang lalu.

Lebih parahnya nya lagi kata sumber, setelah pilkada yang di menangkan oleh pasangan ASRI pasangan ERA menggugat KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan bukti yang ada, lalu diterima dan di kabulkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dengan mengabulkan 9 TPS yang di PSU kan.

Selanjut nya, setelah PSU siap berlangsung maka kemenangan ada di pasangan ERA, artinya Posisi kebalik dari sebelum nya, lalu pasangan ASRI menggugat KPU kembali, Informasi di lapangan sudah di terima tapi belum tau entah di kabulkan atau tidak," Tutup sumber.

Hingga berita ini di kirim ke meja redaksi, Makmur Dalimunthe sebagai ketua Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu belum memberikan keterangan apapun. Walaupun sudah dikonfirmasi dengan di tandai dua centang what's app. [Rahmad]

Tigaraksa, Aktual NewsDi bulan suci ramadhan yang penuh berkah perkumpulan pedagang keliling Banten bersama perkumpulan media online Indonesia ( MOI ) Kabupaten Tangerang Jum’at 07/05/2021, bertempat di kantor sekretariat MOI berbagai santunan dengan anak yatim.

Selanjutnya acara dilanjutkan pembagian masker kepada masyarakat dan warga perum PWS.

Acara tersebut dihadiri oleh ketua umum ( Ketum ) perkumpulan pedagang keliling Banten ( PPKB ) Bpk Muttaqien Rachman dan Bpk Situmeang panesehat DPC MOI Kabupaten Tangerang.

Muttaqien Rachman mengatakan dibulan suci ramadhan yang penuh berkah ini perkumpulan pedagang keliling Banten bersama DPC MOI Kabupaten Tangerang.

“Jelang hari raya Idhul Fitri berbagi dengan menyantuni anak yatim semoga acara santunan ini dapat berlangsung setiap tahun, masih menurut Muttaqien acara santunan dan berbagi masker tetap mentaati peraturan protokol kesehatan ( prokes ), acara santunan kepada anak yatim agar anak yatim juga bisa merasakan kebahagiaan dan menjelang hari raya idul fitri jika bukan kita yang memperhatikan anak yatim siapa lagi, ” ujar Muttaqien Rachman.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, SEMARANG - Sejumlah peserta yang tergabung dalam Team Expedisi Nusantara melaksanakan kegaitan silahturahmi dengan berbagai unsur tokoh masyarakat (tomas) dan tokoh agama (toga) bertempat di Ponpes An-Najiyah yang berlokasi di dusun Kemuning, desa Pledokan Kecamatan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah. Acara yang mengusung tema dengan semangat kebersamaan uhkhuwah islamiah Ramadhan 1442 H kita tingkatkan kerukunan dan kebersamaan nilai Pancasila menuju Indonesia yang aman, damai dan sejahtera di tengah pandemi, itu berlangsung pada Rabu, 5 Mei 2021.

Hadir pada acara tersebut, selain para tokoh agama, juga terlihat para pemangku jabatan pemerintahan setempat, seperti Danramil 10 Sumowono, Lettu Inf Yuwono; Kapolsek Sumowono yang diwakili Kanit Intel, Ipda Budi; Camat Sumowono, Asep Mulyana, STP; dan Sekcam Sumowono, Prayitno. Selain para tokoh tersebut, pertemuan silahturahmi itu dihadiri oleh para santri beserta pengurus dan pimpinan Ponpes An-Najiyah.

Acara silahturahmi ini dimaksudkan untuk menjali dan memperkuat tali persaudaraan di tengah banyaknya perbedaan elemen bangsa. Hakekatnya perbedaan adalah suatu keberagaman yang hakiki, namun demikian perbedaan itu dapat dijadikan sebagai bagian dari kehidupan yang memiliki kekuatan dalam membangun kehidupan itu sendiri. Dengan demikian tujuan dari keharmonisan, hidup bertoleransi dan tercipta kedamaian benar-benar terwujud adanya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyaknya keberagaman maupun perbedaan. Masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai latar belakang yang berbeda, seperti perbedaan agama, suku, ras, bahasa, budaya, adat istiadat dan antar golongan. Hal ini dapat menjadi aset dalam bernegara yang tidak ternilai harganya. Tidak semua negara di dunia memilikinya.

Salah satu cara untuk menjaga perbedaan yang beragam tersebut adalah dengan membentengi diri dan memahami benar hakikat Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika (berbeda beda tetapi tetap satu jua). Hal tersebutlah yang dijadikan semboyan dan pedoman bagi kehidupan, sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia. Penerapan falsafah itu dalam keseharian kita adalah dengan saling menghargai satu sama lainnya sehingga terbangun keutuhan dan kebersamaan dalam membangun negara kesatuan dan bangsa yang majemuk ini.

Dalam tausiyah tentang nilai-nilai Pancasila yang disampaikan oleh KH. Achmad Rofi’I, salah satu tokoh agama yang hadir, dijelaskan bahwa Bhineka Tunggal Ika menjadi fitrah bagi umat Islam dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. “Mengapa demikian? Karena dalam Al-Quran disebutkan Allah SWT menciptakan manusia dengan perbedaan, baik suku, agama, ras, adat dan bahasa, agar manusia dapat saling mengenal dan berbuat kebaikan di muka bumi. Sedangkan Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang dapat mewakili semua golongan. Salah satunya adalah sila pertama dari Pancasila itu sendiri yang berke-Tuhan-an Yang Maha Esa,” beber Achmad Rofi’i.

Di bagian lain tausiyahnya, KH. Achmad Rofi’i juga menjelaskan secara detail tentang sila pertama Pancasila. “Bangsa yang berketuhanan, artinya adalah bahwa Pancasila telah mengamanahkan kita untuk meniadakan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama serta tidak melakukan tindakan yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa itu sendiri,” tambah Achmad Rofi’i.

Kyai yang ramah ini menjelaskan lebih lanjut tentang perilaku yang merusak persatuan, diantarannya adalah tindakan radikalisme, terorisme, komunisme, animisme, marksisme maupun hal-lain keji seperti dijelaskan dalam Al-Quran, memberantas amal makruf nahi mungkar. “Sehingga, jika ada yang masih mempertanyakan kepada umat Islam tentang Pancasila sama artinya pertanyaan tersebut tidak mengerti dan memahami Pancasila yang sesungguhnya. Karena Pancasila lahir terbesar dari Umat Islam dan pendiri bangsa untuk NKRI. Sedangkan NKRI terbentuk setelah bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dengan tidak terlepas dari keagamaan sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Oleh karenanya semangat keberagaman, kebersamaan, kerukunan dan nilai keagamaan tidak dapat dipisahkan dengan falsafah Pancasila yang berketuhanan sebagai nilai luhur bangsa Indonesia untuk menjaga kebhinekaan dan NKRI,” urai Achmad Rofi’i meyakinkan.

Acara itu dirangkaikan dengan buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah. Usai tausiyah dilakukan pemberian bantuan bahan pokok makanan kepada Ponpes An-Najiyah yang diterima langsung oleh Pengurus Ponpes AN-Najiyah, Sdr. Msutafa. Pelaksanaan acara silahtiurahmi bersama para tomas dan toga serta para santri itu dilakukan secara sederhana dihadiri peserta terbatas kurang-lebih 50 orang, dengan mengedepankan protokol kesehatan. Acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. (AGJ/Red)

Kresek, Aktual News-Pekerjaan saluran pembuangan air limbah( SPAL ) proyek kecamatan kresek Kabupaten Tangerang diduga ada pembohongan hal tersebut berdasarkan hasil penelusuran awak media AktualNews.co.id dan awak media indotimes.co, kamis 6 mei 2021,11:03 Wib dipapan proyek atau papan anggaran proyek tersebut dari kecamatan Kresek, dengan Nomor SPK : 602.021/SPK- /Kec,KRS/IV/2021 Spal, Kp Renged Rt 04/02 ( Aceng ) sumber dana APBD 2021, biaya sebesar Rp 49.500.000-,( Empat puluh sembilan juta, lima ratus ribu rupiah ) dengan volume pekerjaan P=51, waktu pelaksanaan tiga puluh ( 30 ) hari kerja dikerjakan oleh CV putra rajeg mandiri hal serupa juga di dapati di Puskesmas Kec Kresek dimana pekerjaan tersebut sama dengan di Kp Renged, tetapi pekerjaan Spal atau U-ditch di lingkungan puskesmas kresek dikerjakan dengan asal-asalan sehingga air kotoran tersebut keluar dan berwarna hitam.

Sekedar informasi pekerjaan Spal atau U-ditch di lingkungan Puskesmas Kresek dengan Nomor SPK : 602.021/SPK- / Kec, KRS/IV/2021, sumber dana APBD 2021 dengan biaya sebesar Rp 49.000.000,- (Empat puluh sembilan juta rupiah ) Volume P = 51, waktu pelaksanaan tiga puluh ( 30 ) hari kerja, dikerjakan oleh CV bintang muda waliwis.dari kedua pekerjaan tersebut Spk’nya dikosongkan hal tersebut menjadi pertanyaan besar dan kuat dugaan pihak kecamatan Kresek diduga ada unsur pembohongan atas proyek pembangunan Spal atau U-ditch tersebut.

Awak media AktualNews.co.id dan rekan dari media indotimes.co, akan memintai konfirmasi ke pihak kecamatan Kresek atas pekerjaan tersebut yang diduga dikerjakan asal jadi dan fungsi pengawasan dari kecamatan Kresek seperti apa.[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Pentolan teroris OPM yang juga Gubernur Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) bernama Alex Hamberi dan kawan kawan, Selasa (4/5) malam, mendatangi satgas Nemangkawi. Kedatangan Alex untuk menyatakan diri kembali setia pada NKRI.

Penyerahan diri ini dilakukan di kampung Sima, distrik Your, Nabire. Dalam pernyataannya, Alex mengatakan, selama ini diangkat jadi Gubernur NRFPB di Kab. Nabire, Papua. Namun, atas kesadaran diri kembali ke NKRI karena menganggap langkah tersebut selama ini salah.

Alex mengajak serta 17 anggotanya untuk menyatakan diri kembali setia pada NKRI. Saat pertanyaan diri, mereka menggenggam erat bendera merah putih wujud kembalinya Alex dan kawan-awan kepangkuan ibu pertiwi.

“Sehubungan kami pernah direkrut menjadi anggota NRFPB, bahkan kami ditunjuk sebagai Gubernur di Kabupaten Nabire Papua. Maka hari ini, saya Alex Hamberi (51) bersama seluruh saudara saya 17 orang simpatisan dengan sepenuh hati menyatakan diri kami berhenti dan keluar NFRPB dan kembali menjadi warga NKRI,” kata Alex dalam pernyataannya.

Hal itu pun disambut baik Kasatgas Humas Nemangkawi Kombespol Iqbal Al Qudussy. Ia menyampaikan terima kasih ke Alex Hamberi.

“Turut syukur dan berterima kasih atas kembalinya Alex Hamberi ke NKRI, berharap agar diikuti oleh seluruh simpatisan NRFPB,” ujar Iqbal.

Acara tersebut juga diikuti dan disaksikan, aparat TNI-Polri, Kepala suku Sarakwari Yerisiam Agus Rumatra, Kepala Suku Besar Yerisiam Ayub Kowoy, Kepala Kampung Sima Daniel Inggeruhi, dan tokoh agama pendeta Yohanes Rarawi. (**)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Ratusan buruh PT. Agung Pelita Industrindo (API), Jalan Raya Klampok, Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan protes keras kepada pihak manajemen karena mereka rencananya hanya akan diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp. 50 ribu. Rabu malam (5/5/2021).

Itu artinya THR tidak sesuai dengan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Indonesia Nomor Menaker NO. M/6/HK/.04/IV/2021, tanggal 12 April 2021, tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Terkait jumlah besaran, bagi pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, THR diberikan dengan ketentuan sebesar 1 bulan upah. Sementara bagi pekerja/buruh dengan masa kerja 1 bulan secara terus menerus namun kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 bulan kemudian dikali 1 bulan upah.



Adapun bagi pekerja/buruh yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja harian yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima selama 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Sedangkan bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Unjuk rasa sekitar 400 buruh pabrik aksesoris sepatu itu diawali dengan mogok kerja shift malam mulai pukul 21.00-23.00 WIB, dengan korlap Haerudin selaku salah satu pekerja shift malam.

“Memang benar, ada pemotongan THR bagi buruh yang masa kerjanya di atas satu tahun hanya akan diberikan THR sebesar Rp. 50 ribu dengan alasan terdampak pandemi, bagaimana yang dibawah 1 tahun, makanya kami menolak kebijakan itu,” ujar Haerudin.

Haerudin juga menyatakan akan menggelar mogok kerja esok hari jika tuntutan mereka tidak direspon. Pasalnya, THR harus diberikan kepada pekerja/buruh paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

THR keagamaan tahun ini pun wajib dibayar penuh dan tepat waktu oleh pelaku usaha, berbeda pada 2020 lalu saat pemerintah memberikan kelonggaran kepada para pengusaha untuk memberikan THR secara bertahap.

Jika pengusaha tidak membayar THR kepada para pekerjanya sesuai aturan pemerintah maka dapat dikenai sanksi administratif sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021, mulai dari teguran, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara kegiatan produksi, hingga pembekuan kegiatan usaha.

Ia pun menyayangkan pihak manajemen tidak melakukan musyawarah dengan para buruh/pekerja terlebih dahulu terkait rencana besaran pemberian THR.

Pihak manajemen PT. API kemudian merespon aksi mogok kerja dengan melakukan musyawarah. Sempat terjadi kegaduhan saat para buruh dengan tegas menolak kebijakan pabrik tentang pemberian THR yang tak sesuai aturan pemerintah.

Saat kegaduhan berlangsung datang petugas Kamtibmas dari Polsek dan Koramil 03 Wanasari untuk menenangkan mereka. Saat para buruh telah tenang maka musyawarah pun dilanjutkan kembali dan akhirnya pihak pabrik menyetujui pemberian THR sesuai aturan pemerintah.

Rio, selaku Manajer Bagian Umum PT. API membenarkan jika sempat terjadi kegaduhan saat musyawarah berlangsung.

“Kesimpulannya tadi manajemen sudah sepakat jika pemberian THR sesuai dengan ketentuan pemerintah, dan kapan pemberiannya akan disampaikan dalam waktu dekat,” katanya.

Menurutnya, aksi protes dan mogok kerja sementara itu telah menjadi pembelajaran berharga bagi pihak manajemen.

Setelah kesepakatan itu, akhirnya mulai pukul 23.05 WIB, para buruh membatalkan aksi mogok kerja dan mereka mulai kerja kembali.

Perlu diketahui, ada setidaknya 1.800 orang pekerja/buruh yang menggantungkan hidup di pabrik tersebut, sehingga THR di saat pandemi covid-19 tahun ini sangat berarti bagi mereka.

Pun dengan THR maka diharapkan dapat menstimulasi konsumsi masyarakat sehingga memacu pertumbuhan dan pemulihan ekonomi dampak dari pandemi berkepanjangan. (Aan)

Balada Rasuah di Negeri Para Bedebah


Oleh : Agung Marsudi

Rumahnya megah,
mobilnya mewah, plat merah
kiri kanan ajudan, membawa naskah
pidato pembagian sembako dan sedekah
tapi rakyat tetap susah,
kenapa negeri ini begitu banyak rasuah
mestinya mereka sudah dapat kartu merah

Laporan dari bawah,
menumpuk di laci birokrasi tukang olah,
padahal kita tahu, merekalah calo-calo proposal semangka "dibelah"

Laporan dari kades dan lurah,
hanya menumpuk di meja anggota dewan keluh kesah
padahal kita tahu pemerintah,
kerjanya tukang "perintah"

Perda itu peraturan daerah
Bukan "pertalian darah"

Inikah, yang disebut negeri para bedebah

Jabatan dilelang, anggaran diperjualbelikan

Lelang, beli, jual adalah mesin kapital
Tak tik tirani, tik tak memenangi
permainan dan monopoli

Kepalanya ngaku nasionalis,
tapi leher ke perut kapitalis
bawah perut maunya liberalis

Tahta, harta, wanita
O, bau tak sedap korupsi merebak kemana-mana,
politik sandiwara, yang tak ada habis-habisnya
Penjara, tak membuat mereka jera

Ada gelisah, arus bawah
dengan hati melawan hegemoni
tapi ketika miliaran rupiah mulai dibagi-bagi
mereka seperti kehausan
lintang pukang, masuk kandang

Dana BOS itu, bukan untuk bos
Itu proyek jalan lingkar, bukan jalan melingkar-lingkar

Itu proyek pengadaan, bukan arisan
Betelagah pasang lukah,
proyek-proyek basah

Inikah, yang disebut negeri para bedebah
Yang menipu jalannya sejarah

Maaf, tuan dan puan,
Ini hanya puisi antirasuah, bukan khutbah
Ini hanya puisi antikorupsi, bukan testimoni
Rakyat butuh nasi
Tapi dijejali pidato demokrasi

Makeralisasi, mafia proyek kelas tinggi
Pasal-pasal kontrak dihapus dan diganti

Gendang gendut, tali kecapi
Kenyang perut karena korupsi

 

Dibacakan dalam acara Deklarasi Seniman Antikorupsi Bengkalis (SUNKIS)

Di : Piramida Cafe

Tanggal : 30 April 2021
Diberdayakan oleh Blogger.