NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengajak masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri di masa pandemi Covid-19. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah sendiri dipastikan Kamis (13/5/2021), berdasarkan Sidang Isbat yang dilakukan Kementerian Agama.

Senator Jawa Timur itu mengatakan, Idul Fitri tahun 2021 masih berada dalam suasana keprihatinan.

"Idul Fitri kali ini, kita memang masih berada dalam keprihatinan karena pandemi belum berlalu. Tapi yakinlah, amal ibadah kita di saat-saat sulit akan terasa lebih penuh rahmat," ujar LaNyalla, Rabu (12/5/2021).

LaNyalla juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan ketentuan yang dikeluarkan di daerahnya masing-masing. Hal ini terkait pelaksanaan Salat Id.

Sejumlah daerah ada yang mengizinkan Salad Id digelar berjamaah di masjid, meski jumlahnya dibatasi. Namun beberapa daerah melakukan pelarangan Salat Id bagi yang berada di zona merah Corona.

"Saya mengimbau agar Salat Id digelar di rumah masing-masing untuk daerah yang berada di zona merah. Namun untuk di zona hijau, bisa Salat Id di masjid namun dengan protokol kesehatan yang ketat agar tidak ada penyebaran Covid," tutur Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu.

LaNyalla juga mengajak masyarakat untuk tidak saling berkunjung dalam perayaan Idul Fitri, supaya tidak menimbulkan lonjakan kasus baru Corona. Menurutnya, silaturahmi masih bisa terjaga dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk diketahui, PP Muhamamdiyah sudah lebih dahulu menetapkan 1 Syawal 1442 jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Penentuan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Dan dengan Sidang Isbat kemarin, dipastikan 1 Syawal 1442 akan dirayakan serentak. Untuk itu, Saya mengucapkan selamat menyambut Idul Fitri 1442 H kepada saudara-sadaura saya umat muslim," tuturnya. (*)

Bogor, Aktual News Allahu Akbar , Allahu Akbar, Allahu Akbar, alunan suara takbir telah bergema dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H. Lebaran tahun ini sama seperti tahun sebelumnya ditengah pademi covid-19 dan pembatasan sholat Ied di zona merah diberlakukan serta tetap pada protokol kesehatan.

Dihari yang Fitri ini, kami dan seluruh jajaran Redaksi media AktualNews.co.id mengucapapkan selamat hari raya Idul Fitri, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
Semoga kita semua diberikan kesabaran dan ketabahan dalam nuansa pademi covid-19 ini.

Atas nama Media AktualNews.co.id mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pembaca media kami, karena manusia tak luput dari kesalahan dalam berkarya, kami hanya manusia biasa, jadikan berita sebagai sumber informasi yang berimbang.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. [Red/Akt-03]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAYAPURA - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Pitewi dan personel Bea Cukai menggelar kegiatan Sweeping yang digelar di jalan Lintas Pitewi menuju kp Kriko di depan Pos Pitewi Distrik Arso Timur Kab. Keerom.


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, S.H., M.Tr.(Han), dalam keterangan tertulisnya di Distrik Muara Tami, Jayapura, Rabu (12/05/2021).
Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan sweeping gabungan antara personel Satgas Pamtas 131/Brs bekerja sama dengan Dinas Bea Cukai dengan kekuatan 8 orang TNI dan 4 orang dari Dinas Bea Cukai. “Kegiatan ini berhasil menggagalkan penyelundupan 11 kantong plastik paket besar ganja kering seberat 800 gram,” ujarnya.


Lanjut dikatakan Letkol Inf Muhammad Erfani bahwa pelaku ditangkap saat melintas di depan pos dengan menggunakan kendaraan motor Honda Beat warna putih. Dari tangan pelaku ditemukan 11 bungkus daun ganja kering terdiri dari 8 bungkus menggunakan plastik warna bening dan 3 bungkus plastik warna hitam yang disimpan di kap bagian bawah motor. “Dari keterangan pelaku rencana ganja tersebut akan dijual kembali di wilayah Apepura, kota Jayapura,” katanya.



“Saat ini 1 orang pelaku dan barang bukti 11 paket ganja 800 gram, uang tunai Rp 170 ribu, 2 buah korek api, 1 motor Beat warna putih, 1 karung daun singkong, 1 karung singkong dan 1 karung sagu basah sudah diserahkan kepada pihak berwenang,” jelas Dansatgas.


Dansatgas menuturkan bahwa dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan, Satgas rutin menggelar kegiatan sweeping di seluruh jajaran Pos Satgas Pamtas RI- PNG Yonif 131/Brs. Hal ini bertujuan untuk mencegah peredaran dan keluar masuknya barang-barang ilegal di wilayah Jayapura.


Sementara itu, Kasi Penindak Bea Cukai Robinsar Samosir sangat mengapresiasi atas kerja sama yang dilakukan  oleh Satgas Yonif 131/Brs khususnya Pos Pitewi dengan Dinas Bea Cukai. “Saya berterima kasih banyak atas bantuan yang diberikan personel Satgas Pamtas Yonif 131/Brs pada kami dalam upaya mencegah barang-barang ilegal yang masuk dari PNG ke wilayah Indonesia,” katanya. (Pen Satgas Yonif 131/Brs)

Sekenario Perampokan Jiwasraya Berkedok Penyelamatan Polis Nasabah


(Bagian 2)

Oleh: Latin, SE

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Selain merugikan jutaan nasabah ini, kebijakan tersebut juga akan membawa kerugian bagi Perusahaan AJS, terutama dikaitkan dengan potensi hilangnya income perseoran Jiwasraya di masa depan. Hal itu akan berpengaruh kepada menurunnya potensi pemenuhan liabilitas atau hutang yang harus dilunasi perusahaan kepada para pihak terkait. (kutipan paragraf terakhir artikel bagian 1)

Proses Pengakhiran Polis Merugikan Konsumen

Dalam hal status pengakhiran polis asuransi, yang notabene di dalamnya memiliki Nilai Tunai, yang telah dimatikan (diakhiri - red) secara sepihak oleh manajemen AJS, semestinya dapat dibayarkan segera kepada pemegang polis sesuai nilai masing-masing polis. Demikian juga terhadap polis yang telah selesai masa kontrak, seperti polis tahapan dana belajar/pendidikan dan polis pembayaran klaim meninggal dunia, seharusnya dilakukan pembayarannya sesuai dengan pengajuan besaran masing-masing polis. Pembayaran juga harus diselesaikan sekaligus tanpa melalui proses pembayaran cicilan uang klaim asuransi, serta tidak patut dialihkan terlebih dulu ke perusahaan IFG Life.

Jika merujuk kepada Program Restrukturisasi Polis AJS, mekanisme pembayaran uang klaim asuransi secara keseluruhan harus melalui proses restrukturisasi polis, yang akan dialihkan terlebih dahulu kepada new company yakni pada perusahaan IFG Life. Hal ini merupakan suatu kejanggalan dan keanehan besar, karena kebijakan semacam itu tidak memiliki dasar pijakan yang jelas, terutama dari sisi regulasi dan perundangan yang berlaku di dunia perasuransian.

Mekanisme pembayaran uang klaim asuransi tersebut, berdasarkan Program Restrukturisasi Polis AJS, harus terlebih dahulu melalui membelian polis asuransi jiwa pada produk asuransi milik perseroan Jiwasraya. Selanjutnya polis-polis baru ini diklaim sepihak oleh manajemen AJS sebagai hasil restrukturisasi polis konsumen Jiwasraya. Polis-polis baru itu nantinya akan dibayarkan berdasarkan polis asuransi tersebut sebagai acuan pembayaran klaim pada new company di IFG Life sebagai penanggung pertanggungan yang baru.

Hal tersebut menambah kejanggalan yang sulit diterima akal sehat. Sebagaimana diketahui bahwa isi dari masing-masing produk (polis) berbeda-beda antara ketiga kelompok distribusi pemasaran sebagaimana diuraikan terdahulu. Sebagai contoh, nasabah di saluran distrubusi bancassurance dengan durasi waktu pembayaran cicilan klaim selama 5 hingga 15 tahun, pembayaran klaim cicilan pokok tanpa bunga akan dipotong biaya adminsitrasi polis sebesar 29 % & 31 % dari ketersediaan dana polisnya. Sisa dari pemotongan untuk biaya administrasi tersebut (69 % & 71 % – red) pembayarannya akan dicicil selama 5 tahun tanpa bunga. Langkah ini semakin ngawur dan aneh, serta tidak memiliki landasan hukum.

Kebijakan semacam itu dipastikan bertentangan dengan Peraturan Otortitas Jasa Keuangan Nomor: 69/POJK.05/2016, yang pada pasal 61 ayat (2) menyatakan bahwa: “Dalam hal pemegang polis, tertanggung, peserta, atau Perusahaan Ceding menolak pertanggungannya dialihkan kepada Perusahaan atau Unit Syariah lain, pertanggungan menjadi berakhir dan Perusahaan atau Unit Syariah wajib mengembalikan hak pemegang polis, tertanggung, peserta, atau Perusahaan Ceding.”

Berkaitan dengan pasal 61 ayat (2) di atas, maka pemegang polis AJS berhak sepenuhnya untuk menolak pengalihan pertanggungan yang akan dilakukan manajemen AJS, yang selanjutnya berhak mendapatkan pembayaran berdasarkan nilai pertanggungan pada saat penolakan itu disampaikan kepada perusahaan. Hal ini sesuai pasal 62 ayat (1) yang berbunyi: “Pengembalian hak pemegang polis, tertanggung, peserta, atau Perusahaan Ceding sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat (2) dilakukan sebagai berikut: (c) untuk polis asuransi atau polis asuransi syariah yang memiliki unsur tabungan adalah sebesar nilai tunai (NT) pada tanggal pemegang polis, tertanggung, peserta, atau Perusahaan Ceding menyampaikan penolakan atas pengalihan pertanggungannya.”

Pun, proses pengembalian hak pemegang polis tidak boleh dibebankan biaya administrasi apapun. Penegasan itu dapat dilihat pada pasal 62 ayat (2) yang lengkapnya berbunyi: “Pengembalian hak pemegang polis, tertanggung, peserta, atau Perusahaan Ceding sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dapat dibebankan dengan biaya administrasi termasuk biaya pengakhiran polis atau surrender charge.”

Pengambilan keputusan sepihak tentang Program Restrukturisasi Polis AJS itu, oleh manajemen AJS tanpa melibatkan pemegang polis Jiwasraya, merupakan sebuah pelanggaran hukum dan harus dinyatakan illegal. Dampak dari kebijakan illegal tersebut telah menimbulkan kegaduhan dan keresahan di masyarakat, khususnya para nasabah AJS. Lagi, program restrukturisasi polis konsumen Jiwasraya benar-benar tidak berdasarkan prinsip asas keadilan dan mengabaikan hak-hak 5,3 juta rakyat Indonesia pemegang polis Jiwasraya yang selama puluhan tahun telah ikut berjuang membesarkan perusahaan asuransi milik negara itu. (bersambung)

Catatan: Baca artikel terkait “Sekenario Perampokan Jiwasraya Berkedok Penyelamatan Polis Nasabah (Bagian 1)”: https://nusantaraexpress.top/2021/05/11/sekenario-perampokan-jiwasraya-berkedok-penyelamatan-polis-nasabah/

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pandemi virus corona atau COVID-19 membuat banyak bisnis seperti restoran atau tempat makan sangat terpukul. Saat awal-awal pandemi, mengakibatkan penjualan merosot dan bisnis bisa mengalami penurun omzet hingga mencapai 80 persen.
Persoalan itulah, yang kemudian turut menjadi sebab Waroeng Steak & Shake sempat merumahkan sekitar 700 pekerjanya. Menghadapi situasi yang sulit, selain harus terus berivonasi Waroeng Steak & Shake juga meningkatkan program spiritual company. Yaitu meningkatkan leadership karyawan dari sisi spiritual guna memaksimalkan "marketing langit".

Direktur dari Waroeng Steak & Shake, Rinto mengatakan, program spiritual company ini sudah kami jalankan sejak 2010 silam. Alhamdulillah dengan adanya program spiritual company banyak membawa dampak positif untuk karyawan juga perusahaan.

"Saat ini, Program Spiritual Company menitik-beratkan pada sholat wajib berjamaah, sholat sunnah dhuha dan membaca AlQuran sebelum bekerja, pelajaran tahsin per pekan, hafalan surat pilihan (Al-Mulk, Yasin, Ar-Rahman dan Al-Waqiah) sebagai syarat undian umroh untuk karyawan serta kegiatan pengajian bersama masyarakat sekitar outlet yang sebelum pandemi dilaksanakan sebulan sekali," ujarnya.

Secara lebih luas, Rinto juga mencatat adanya kenaikan pengunjung dan penjualan produk pada outlet-outlet di seluruh Indonesia. Sehingga dalam kurun waktu 6 bulan (September 2020 hingga Maret 2021) Waroeng Steak & Shake mampu membuka 11 cabang di 8 kota yaitu Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan, Padang, Tangerang, Bekasi dan Jember.

Hal itu, memang tidak lepas dari ibadah dan doa yang dijalankan oleh karyawan-karyawan Waroeng Steak & Shake baik di head office maupun di outlet. (JNI / Red)

NUSANTARAEXPRESS, PNG - Pemerintah Papua Nugini (PNG) melakukan penyelidikan terkait sebuah posting media sosial yang memperlihatkan warganya mengenakan seragam tentara dan menamakan menamakan dirinya sebagai Batallion Sepik, yang menyatakan siap perang melawan tentara Indonesia untuk membela kelompok teroris OPM di Papua Barat.

Menteri Luar Negeri Papua Nugini Soroi Eoe mengatakan bahwa tindakan sekelompok warganya itu adalah kriminal dan tengah diselidiki oleh pihak berwenang.

“Warga PNG tidak seharusnya melibatkan diri mereka dengan warga Indonesia dan urusan dalam negeri mereka,” kata Komandan Pasukan Keamanan PNG Mayor Jenderal Gilbert Toropo sebagaimana diberitakan Post Courier, Selasa (11/5).

Dia mengatakan kelompok tersebut tidak mewakili PNG sebagai negara. “Ini adalah elemen kriminal, yang berlawanan dengan sikap nasional dengan tetangga terdekat kita Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa pihkanya akan bekerjasama dengan lembaga penegak hukum untuk menangkap para kriminal ini atas tuduhan membuat kekuatan ilegal di PNG untuk melawan Indonesia dan kekuatan militernya.

Sementara itu Departemen Luar Negeri PNG mengatakan bahwa pernyataan kelompok itu adalah sebuah tindakan pengkhianatan terhadap negara, dan untuk alasan apapun tidak boleh ada tentara selain Pasukan Keamanan PNG. *

Simalungun, Aktual News– Lahan 200 Hektar eks Perkebunan karet PT Goodyear yang berada di Kecamatan Tapian Dolok akan saya rancang menjadi Industrial Park Simalungun atau kawasan industri Simalungun, yang diharapkan akan menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Simalungun setidaknya Rp600 Miliar.

Hal ini diungkapkan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga,SH didampingi Kadis Kominfo Pemkab Simalungun Wasin Sinaga serta sejumlah pejabat saat bersilaturahmi dengan para wartawan di kediaman pribadinya di Jl.Surung Dayung,Rambung Merah kecamatan Siantar,Selasa malam,(11/05/2021).

“Dalam mewujudkan kawasan industri ini saya berharap kolaborasi dengan para investor dan para jurnalis yang akan menciptakan suasana kondusif membangun Simalungun,yang bermuara pada meningkatnya PAD setidaknya bisa menghasilkan Rp600 miliar,” ujarnya.

Menurut bupati untuk mewujudkan hal ini tidak susah, karena dirinya berangkat dari pengusaha, salah satunya yakni bidang properti, dan mengaku sangat paham mengelola hal yang seperti ini.
“Asal terjalin kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, baik investor maupun para jurnalis yang bertugas memasarkan kawasan industri dengan pemberitaan yang positif. Saya mencintai kabupaten Simalungun dan mewakafkan diri saya untuk Simalungun,”ujarnya seraya menampilkan video animasi kawasan industri Simalungun tersebut dihadapan para jurnalis.
Disebutkan, dari 200 hektar lahan itu, nantinya akan difungsikan efektif 130-an hektar untuk pabrik dan usaha industri lainnya, yang bakal menyerap ribuan tenaga kerja dari masyarakat Simalungun, sedangkan sisanya untuk fasilitas umum ( fasum) dan Fasilitas Sosial ( Fasos ) yang terdiri dari mess penginapan para pekerja,tempat kuliner dan tempat usaha jual beli Usaha Menengah,Kecil dan Mikro (UMKM).

Bupati menekankan bahwa meski di Kabupaten Simalungun ada Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, tidak akan tumpang tindih dengan diciptakannya Kawasan industri Simalungun,karena akan berorientasi pada tenant industri menengah ke bawah,termasuk UMKM masyarakat Simalungun.
“Konsep ini sederhana, dan ini berawal dari pemikiran bagaimana kita bisa bertahan dan keluar dari kondisi keuangan di Pemkab Simalungun yang bukan lagi nol,tetapi minus,”tukas Radiapoh lagi.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengemukakan untuk membangun Kabupaten Simalungun, dirinya bersama wakil bupati akan membuat terobosan-terobosan dalam bidang pendidikan yang akan menyekolahkan puluhan mahasiswa ke Jerman, serta memberdayakan dan berkolaborasi dengan para ahli khususnya para guru besar dan profesor dari putra daerah yang selama ini di perantauan.
Ke depan,Radiapoh juga menginginkan para kadis yang menduduki jabatan strategis dalam pembangunan fisik seperti infrastruktur, pendidikan, pariwisata atau bidang lainnya di Kabupaten Simalungun agar lebih aktif “jemput bola” dalam mengupayakan bantuan dana dari kementrian.

” saya ingin setiap kadis yang menduduki jabatan strategis, harus lebih aktif “jemput bola” dan lebih banyak berkantor di Jakarta. Untuk itu akan dibangun mess Pemkab Simalungun di Jakarta.Di sini ( Simalungun) cukup sekretaris dan kabid serta kasie.Para kadis harus bisa mengupayakan dana bantuan dari kementrian.Saya yang akan membuka gerbang dan mengetuk pintu, maka tugas kadis harus bisa mengupayakan dana bantuan dari pusat itu mengalir ke Simalungun,” tegas bupati.

Selama ini, sebut bupati, hal itu yang masih sangat kurang dilakukan. “Coba pikir, bagaimana kita mau membangun dan membenahi pariwisata di Simalungun, terlebih dengan adanya tujuan kawasan pariwisata prioritas Danau Toba yang dicanangkan presiden.Bagaimana bisa berjalan kalau anggaran pariwisata Simalungun misalnya hanya Rp420 juta saja per tahun.Itu jauh panggang dari api.tidak mungkin berjalan baik,” imbuhnya. [ Red/Akt-40/Kiki ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual News Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi, SIP, MM, didampingi Kasrem 061/Sk, Para Kasi Korem dan seluruh anggota perwira, memberikan Bingkisan kepada prajurit Bintara, Tamtama dan Pns Korem 061 Suryakancana dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021. Secara simbolis digelar di lapangan apel Makorem 061/SK Ciwaringin Bogor Tengah Kota Bogor, Selasa (11/5).

Pada kesempatan tersebut Brigjen TNI Achmad Fauzi menyampaikan bahwa tanpa terasa dua hari lagi akan datang bulan syawal berarti dua hari ini adalah hari di penghujung bulan suci ramadhan, artinya sebentar lagi puasa ramadhan akan segera berakhir, semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang Muttaqin dan mari kita sambut hari raya Idul Fitri 1442 hijriah.

“Meski masih dalam suasana pandemi covid-19 dan kondisi Bogor dan sekitarnya saat ini masih tidak stabil, maka saya berharap seluruh personel Korem 061/SK mengikuti himbauan pemerintah untuk tidak mudik dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yang mana hal tersebut tentunya untuk memutus mata rantai covid-19. Dan saya meminta kepada seluruh anggota serta senantiasa berdoa kepada Allah swt Tuhan yang maha esa agar pandemi ini segera berakhir”, ujar Danrem.

Danrem juga mengapresiasi kepada seluruh prajurit dan Pns yang berada di Korem 061/SK atas sinergitasnya dalam menanggulangi penyebaran 061/SK. Mari kita tetap pertahankan itu, apabila ada permasalahan agar dapat berkoordinasi kepada pimpinan ataupun Komandan satuan untuk penyelesaiannya”, terangnya.

Usai memberikan arahannya, Danrem 061/Sk memberikan THR secara simbolis, Anggota TNI yang menerima Tunjangan Hari Raya yaitu sebanyak 446 orang, sedangkan PNS sebanyak 64 orang, jadi jumlah keseluruhannya yaitu 510 orang yg sudah termasuk dengan Balak Korem.

” Jangan dilihat dari bentuk dan nilainya tetapi ini adalah sebagai wujud perhatian dan kasih sayang pimpinan kepada prajurit dan pns Korem 061/SK.”ujarnya lagi.

“ kepada seluruh prajurit dan pns, Saya beserta keluarga mengucapkan Selamat hari raya idul fitri 1442 hijriah, mohon maaf lahir dan batin. serta sampaikan salam hormat saya untuk keluarga masing-masing.”, pungkasnya. [ Red/ Akt-01 ]

 

 

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK.

Rancabuaya, Aktual News
Ketua panitia pilkades Rancabuaya Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang Bpk Juanda kepada awak media AktualNews.co.id dan media Indotimes.co, Selasa 11 mei 2021,16:04 WIB mengatakan terkait adanya kerumunan massa pada saat penetapan nomor Urut Calon Kades Rancabuaya Minggu,9/05/2021, yang diduga ada salah satu calon yang membawa atau mengakomodir massa sehingga terjadinya kerumunan.

Hal tersebut di bantah oleh Juanda dan itu bukan tanggung jawabnya kita ( Juanda-red ) panitia pilkades sebelum acara dimulai kita sampaikan atau memanggil para calon kalau ada yang mau mengantar pihaknya memberi arahan kepada para calon kades, pengantar hanya di perbolehkan mengantar maksimal tiga puluh (30) orang itu pun dengan catatan yang tiga puluh (30) orang yang dua puluh lima ( 25 ) orang menunggu di luar kantor sekretariat panitia pemilihan kepala desa, lima ( 5 ) diijinkan masuk tapi tetap mematuhi protokol kesehatan dan hal tersebut juga di sampaikan saat rapat di kantor kecamatan Jambe dan para calon pun sepakat.

Juanda pun mengatakan adanya kerumunan massa itu diluar tanggung jawabnya, artinya masih menurut juanda bisa saja massa tersebut hanya simpatisan salah satu calon kades Rancabuaya dan itu diluar wewenangnya, dirinya sebagai ketua panitia pemilihan kepala desa Rancabuaya pada prinsipnya sudah mengingatkan kepada para calon jangan membawa massa ke acara tersebut lebih lanjut juanda mengatakan kepada awak media dirinya juga mengatakan kepada para calon nanti juga ada masanya kampanye silahkan, tetapi di saat kampanye massa dari para calon harus mengikuti protokol kesehatan dan menjaga jarak.

Wawancara awak media dengan ketua panitia pemilihan kepala desa Rancabuaya Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang Juanda didampingi oleh ketua BPD desa Rancabuaya Bpk Samsudin dan sekretaris panitia pemilihan kepala desa Rancabuaya sekedar catatan Juanda pun baru tadi pagi melihat videonya, sebelumnya Juanda ketua panitia pemilihan kepala desa Rancabuaya juga telah memberi gambaran di masa kampanye para calon maupun massa dari masing-masing calon harus mengikuti protokol kesehatan dan menjaga jarak imbuhnya.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

 

Efek "Yutubiah" dan Kapitalisasi Opini


Oleh : Agung Marsudi

Ini potret negeri paling sensi, ketika koalisi oligarki gak cukup. Masih perlu koalisi dengan para buzzer, menghadapi cabaran disrupsi informasi.

Jejaring para "pendengung" itu memenuhi langit opini setiap hari. Era digital, memang menjanjikan bagi para milenial, tapi sejatinya ada "rumah lebah" dan rentang kendali, yang jika tak dibatasi akan melahirkan gelombang "populisme api".

"Red Alert".
(Rumah merah, mobil plat merah, uang merah, buku-bukunya merah, rapor merah, mestinya sudah dapat kartu merah)

Kapitalisasi opini, alirannya deras di kanal milenial. Narasi polemik kekinian, kesamarataan, toleransi, hak asasi, demokratisasi, dikemas dengan kampanye keberagaman. Titik akhirnya adalah memanfaatkan bonus demografi.

Usianya emas. Potensi virtualnya "mubal" di kelas milenial.

Itu yang digarap, maka tak salah jika membutuhkan isu strategis (tema dan skema), menampung keringat politik yang berkelindan di media, senayan dan istana. Rapi, dirancang, digalang. Tuntas, dibiayai, dan dieksekusi.

Radius dan interaksi ideologinya digitalisasi. Sel-sel anak muda, ditantang berselancar dengan eksistensi, manuver dan "unlimited" transaksi. Dunia siber, perang proxy, politik (dan bisnisnya) bertemu di jaringan. Operasinya, butuh asupan, tenaga, analisis dan intelegensia.

Anatomi digitalnya sederhana, daya tariknya, aneka "efek yutubiah" seperti anak panah, menyasar ke segala arah. Gawai anda adalah "rover" global positioning system, andalah sejatinya ujung tombak yang akan mendengungkan, misi duplikasi para pendengung.

Mudah publik dibuat asik, terbawa cerita "gono-gini" Bill Gates - Melinda, melalui jendela (windows). Lupalah ketegangan vaksin nusantara, kasus Papua, korupsi bansos, prahara tes wawasan kebangsaan di KPK, tembang Bipang Ambawang dan "Red carpet", untuk kedatangan ratusan warga negara Cina di bandara.

Seperti hawar, seperti amuba, para "pendengung" direkrut, dan merata-rata. [Red]

NUSANTARAEXPRESS, SAMBAS - Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersinergi melaksanakan Pelatihan Peningkatan Disiplin kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Tahun Anggaran 2021, bertempat di Balai Desa Sungai Baru, Kec. Teluk Keramat, Kab Sambas, Selasa (11/5/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sungai Baru Bapak H. Sudarto EP, S.Pd.SD, Babinsa Desa Sungai Baru Serda Rafly Aly, Bhabinkamtibmas Desa Sungai Baru Briptu Wiramas. Kegiatan dihadiri sekitar 10 orang Linmas.

Kepala Desa Bapak H. Sudarto EP, S.Pd.SD, berharap dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini maka terjalinlah silaturahmi yang baik antara aparat kewilayahan dan anggota Linmas desa binaan, serta mengenalkan sejarah awal mulanya Linmas, tugas dan fungsi Linmas di desa.



Babinsa Sungai Baru Serda Rafly Aly menyampaikan, selama pelaksanaan kegiatan pelatihan sekaligus memberi himbauan kepada anggota Linmas dan keluarganya agar selalu memakai masker saat keluar rumah dan selalu jaga jarak (Physical Distancing) serta untuk tetap produktif dalam melakukan aktifitas di tengah pandemi Covid-19 dengan mempedomani Protokol Kesehatan (Adaptasi Kebiasaan Baru).

Babinsa juga menambahkan agar sewaktu melaksanakan tugas pengamanan nanti dilapangan, kalau ada orang yang mencurigakan harus diutamakan sopan dan humanis dalam bertindak. “Anggota Linmas juga harus belajar baris berbaris dan mendapat pengetahuan tentang peraturan baris berbaris,” tegas Rafly.

Letda Inf Wasino sebagai Danramil 1208-07/Sekura mengatakan, selain tugasnya membantu masyarakat binaan, Babinsa juga melatih anggota Linmas dalam rangka memberikan pembinaan keterampilan dan pembinaan fisik serta mental para anggota Linmas untuk mengasah kemampuan yang selama ini mereka miliki.

“Pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil), dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas, sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” kata Danramil.

Dengan dilaksanakannya pembinaan oleh Babinsa, para anggota Linmas akan bisa menjalin hubungan kerja yang harmonis, meski materi yang disampaikan adalah gerakan ketangkasan fisik seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Kita selenggarakan pelatihan ini untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas karena mereka adalah mitra Babinsa, sehingga diharapkan kedepannya dapat diimplementasikan dalam kerja mereka di lingkungan masyarakat,” ungkap Danramil mengakhiri.

 

Autentifikasi : Kapendim 1208/Sambas

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Disaksikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, nota kesepahaman antara DPD RI dengan PT Garuda Indonesia Tbk, resmi ditandatangani, Selasa (11/5/2021), di Kantor Pimpinan DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Sekjen DPD RI Rahman Hadi dan Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra. Hadir dalam kesempatan itu Direktur Niaga dan Kargo Garuda Moh Rizal Pahlevi dan Deputi Administrasi Lalu Niqman Zahir.

Kerja sama tersebut meliputi diskon perjalanan, termasuk rute internasional. Selain itu juga fleksibilitas untuk mengubah jadwal penerbangan, asistensi untuk grup maupun charter, dan program harga perjalanan sesuai pagu perjalanan dinas.



LaNyalla menyambut baik kesepakatan ini. Senator asal Jawa Timur itu menilai MoU DPD RI dan Garuda akan mempermudah kerja para senator.

"Seperti diketahui, kerja senator banyak sekali. Mereka harus turun ke lapangan menyerap aspirasi daerah dan masyarakat. Kemudahan dan benefit yang diberikan Garuda akan memudahkan tugas-tugas kami," tutur LaNyalla.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu menambahkan, pekerjaan senator juga termasuk menjalin kerja sama dengan lembaga perwakilan rakyat luar negeri. Hal tersebut membuat perwakilan DPD RI terkadang perlu melakukan kunjungan muhibah atau mengikuti forum-forum internasional.

"Namun kerja sama untuk rute internasional baru bisa dilakukan menyesuaikan kebijakan pemerintah di masa pandemi Covid-19," jelasnya.

LaNyalla berharap kerja sama antara DPD RI dan Garuda bisa berjalan dengan lancar.

"Terima kasih atas partisipasi Garuda membantu kinerja lembaga perwakilan rakyat," ucap LaNyalla.

Sementara itu Sekjen DPD RI Rahman Hadi berharap DPD akan lebih mudah mendapatkan tiket-tiket dadakan atau urgent dengan adanya kerja sama ini. Ia juga menyebut mempercayakan perjalanan dinas kepada Garuda sebagai maskapai terbaik Indonesia.

"Dengan kerja sama ini kita berharap juga Garuda mengakomodir atau mempermudah adanya hal-hal urgent terkait kebutuhan tiket, penundaan jadwal dan lain sebagainya," kata Rahman Hadi. (*)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Para Babinsa di 17 Koramil jajaran Kodim 0713 Brebes bersama para Bhabinkamtibmas sejumlah Polsek, kembali membagikan takjil buka puasa dan masker kain kepada warga masyarakat terdampak resesi ekonomi pandemi covid-19. Selasa (11/5/2021).

Disampaikan Dandim melalui Pjs. Pasi Logistik Kodim, Letda Infanteri Sunardi, bahwa pembagian akan dilakukan secara tersebar di 17 koramil/kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan menggunakan sepeda motor dinas yang dipasang saddle bag jumbo.



“Ini merupakan takjil on the road terakhir di bulan Ramadhan 1442 Hijriah, yang merupakan kegiatan sosial Kodam IV Diponegoro,” bebernya.

Lanjutnya, kegiatan serupa sudah dilakukan mulai tanggal 3, 5, 7, dan 9 Mei 2021 lalu, dengan sasaran khususnya kepada kaum dhuafa, anak yatim-piatu, pemulung, gelandangan, tukang becak, tukang parkir, tukang bangunan,dan petugas kebersihan.

“Pada takjil on the road terakhir atau jilid ke-5 ini, dibagikan sebanyak 777 nasi kotak dan 4.250 masker kain,” sambungnya.



Untuk takjil dimasak oleh anggota Kodim bersama ibu-ibu Persit, di Dapur Lapangan Peduli Covid-19 yang didirikan di Makodim untuk mengcover wilayah Pantura dan Brebes tengah. Sedangkan untuk wilayah Brebes selatan, takjil dimasak di Dapur Lapangan Peduli Covid-19 Koramil 08 Bumiayu dengan bantuan anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika dan anak-anak pembinaan fisik masuk TNI.

Ia berharap gerakan sosial 5 hari yang juga dilakukan serentak di 36 Kodim lainnya di Jawa Tengah itu, bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap TNI.



“Ini merupakan takjil on the road terakhir, karena tanggal 13 Mei 2021 ini merupakan Hari Raya Idul Fitri,” pungkasnya.

Tak lupa dirinya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, atas bantuan beras dan masker yang selama ini juga dimasak dan dibagikan kepada masyarakat di Brebes.

Perlu diketahui, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan kepada warga Kabupaten Brebes tersebut, dengan perincian 555 kilogram beras dan 21.110 buah masker kain.

Beras yang dimasak dan dikemas secara higienis, kemudian ditambahkan lauk-pauk dan sayur-mayur sederhana, kemudian didistribusikan oleh para Babinsa pemotor sebagai takjil berbuka puasa. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Sebanyak 56 Perwira Tinggi TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1070/V/2021, tanggal 10 Mei 2021. Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 56 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 33 Pati TNI AD,14 Pati TNI AL dan 9 Pati TNI AU, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (11/5/2021).

Adapun 56 Pati TNI yang naik pangkat terdiri dari 33 Pati TNI AD yaitu Letjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P. (Dankodiklat TNI),  Mayjen TNI Basuki Nugroho (Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI), Mayjen TNI Rukman Ahmad, S.I.P., M.S.S. (Staf Ahli Bid. SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam), Mayjen TNI Sunarto Setia Budi, S.I.P. (Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI), Mayjen TNI R. Agus Abdurrauf, S.I.P., M.Tr.(Han) (TA Pengkaji Bid. Kepemimpinan Nasional Lemhannas), Mayjen TNI Prantara Santosa, S.Sos., M.Si., M.Tr.(Han) (Kapuspen TNI), Mayjen TNI Dwi Mastono, S.E., M.M. (Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Unhan),  Mayjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P. (TA Pengkaji Bid. Padnas Lemhannas), Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han. (Deputi Bid. Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam), Mayjen TNI Dr. dr. Catur Suzantra Sutisna, Sp.B., Sp.BA. (Kakommed RSPAD Gatot Soebroto), Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S. (Kapoksahli Ka RSPAD  Gatot Soebroto),  Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, S.I.P. (Kas Kogabwilhan I),  Brigjen TNI Yovensius Rosarindarta (Kapoksahli Pangdam Jaya), Brigjen TNI Darmanto (Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Siber), Brigjen TNI Sudi Prihatin, S.Sos. (Irter Itum Itjenad),  Brigjen TNI Pribadi Jatmiko (Kapoksahli Pangdam IX/Udy).



Brigjen TNI Wasono, S.Sos., M.Hum. (Widyaiswara Bid. Min Akmil),  Brigjen TNI Achmad Adipati Karnawidjaja, PSCJ., M.M. (Kepala Biro SDM pada Sekretariat Utama BIN), Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, S.H. (Kabinda Sulawesi Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN), Brigjen TNI Ario Prawiseso (Kepala Biro Logistik pada Sekretariat Utama BIN),  Brigjen TNI Armansyah, S.H. (Kabinda Sumatera Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN), Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos. (Dirjianbang Seskoad), Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. (Kapusjarah TNI), Brigjen TNI Mushadi (Pa. Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI), Brigjen TNI Agustinus Purboyo, S.I.P., M.Tr.(Han) (Dirdok Kodiklatad), Brigjen TNI Vincentius Satiawan Bayu Sasetiyo, S.I.P., M.Si.(Han) (Kabinda Papua Barat pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN), Brigjen TNI Made Aryawan Winaya (Ir Pushubad), Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin, S.T. (Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN), Brigjen TNI dr. Moch Hasyim, Sp.An., K.I.C. (Dirum Puskesad), Brigjen TNI Dr. dr. Dian Andriani R.D., Sp.KK., M.Biomed., M.A.R.S., FINSDV. (Komite Etik Perumahsakitan RSPAD Gatot Soebroto), Brigjen TNI Eep Subana, S.E., M.M. (Pa Sahli Tk. II Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI), Brigjen TNI Gatot Murdiyantoro, S.E. (Ir I Itjen Kemhan) dan Brigjen TNI Teguh Bangun Martoto, S.Sos., M.H. (Dirajenad).



14 Pati TNI AL yaitu Laksda TNI Catur Sudarsono, S.AP., M.M., M.Si.(Han)  (Pa. Sahli Tk. III Bid. Banusia Sahli Panglima TNI), Laksda TNI Suratno, S.H., M.H. (TA Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas), Laksda TNI Budi Kalimantoro (TA Pengajar Bid. Geopol dan Wawasan Nusantara Lemhannas), Laksda TNI Bambang Irwanto, M.Tr.(Han)., CHRMP. (Staf Ahli Bid. Keamanan Kemhan),  Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han). (Gubernur AAL), Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si. (Dankodikopsla Kodiklatal), Laksma TNI Bambang Irawan, S.E., M.Tr.Opsla. (Direktur Kerjasama Bakamla), Laksma TNI Edi Krisna Murti (Danlatamal XIII/Trk Koarmada II),  Laksma TNI Supriatno, M.Tr.(Han) (Kepala Biro Sarana dan Prasarana pada Settama Bakamla), Laksma TNI Sumardi, S.E., M.M., M.Si.(Han) (Kapok Sahli Koarmada I), Brigjen TNI (Mar) Imam Sopingi, M.M. (Kabinda Maluku Utara pada Deputi Bidang Intelijen dalam Negeri BIN), Brigjen TNI (Mar) Nana Rukmana, S.E. (TA Pengkaji Madya Bid. Politik Lemhannas), Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono (Karo Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Setmilpres Kemensetneg) dan Brigjen TNI (Mar) Suwandi, S.A.P., M.M. (Aspotwil Kaskogabwilhan II).

9 Pati TNI AU yaitu Marsda TNI Trusta Yuniarta (Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI), Marsda TNI R. Agung Handoko, S.H., M.M., M.H. (Orjen TNI Babinkum TNI), Marsma TNI M. Veronica Tig, S.E., M.M. (Kapoksahli Kodiklatau), Marsma TNI Bayu G. H. Kusuma (Dirum Kodiklatau), Marsma TNI Yostariza, S.E. (Karo Pengamanan Setmilpres Kemensetneg), Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E., M.M. (Dirum Sesko TNI), Marsma TNI Danang Sulistiyanto (Danpuspomau) Marsma TNI Saefullah, S.E., M.Sc. (TA Pengkaji Madya Bidang Wawasan Nusantara Lemhannas) dan Marsma TNI Soegeng Ryady, S.T. (Askomlek Kaskogabwilhan I).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.M., Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr.(Han), para Asisten Panglima TNI dan Angkatan serta Pejabat Utama Mabes TNI.

 

Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.
Diberdayakan oleh Blogger.