Serang, Aktual News Pemerintah desa Cemplang, bersama pendamping desa kecamatan Jawilan, dan Pendamping Lokal Desa gelar acara pembinaan terhadap para Tim Kelompok Kerja (Pokja) Sustainable Development Goals (SDGs) desa Cemplang tahun anggaran 2021, acara digelar dikantor desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa (18/05/2021).

Hadir dalam kegiatan pembinaan Tim Pokja SDGs Desa, Samsudin Pjs Kepala Desa Cemplang, Ripai ketua BPD desa Cemplang beserta jajarannya, Sirojudin pendamping desa kecamatan Jawilan, Yunus Arisamanan pendamping lokal desa, serta para RT yang menjadi peserta Tim Pokja SDGs dan Ketua RW.

Samsudin Pjs Kepala desa Cemplang kepada Media mengatakan, kegiatan ini digelar bertujuan agar mereka para Tim Pokja SDGs Desa, memahami dalam melaksanakan tugas sebagai tim SDGs, karena kegiatan pendataan masyarakat demi pembangunan berkelanjutan sistem pendataannya menggunakan Aplikasi.

“Agar Para RT dapat mengisi aplikasi yang sudah disediakan SDGs ini, faham bagaimana mengisi aplikasi pendataan ini,” ungkapnya.

Senada dikatakan Yunus Arismanan, Pendamping Lokas Desa (PLD), Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan berkelanjutan Tahun anggaran 2021, penggunaan DD untuk program SDGs itu ada 18 point, yang pertama itu adalah desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, ke dua desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa aman dan nyaman, konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, desa tangkap perubahan iklim, desa peduli lingkungan laut, desa peduli lingkungan darat, desa damai berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, untuk nomor yang terakhir 18 yaitu kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaftif.

“Tim Pokja SDGs ini akan mendata seluruh masyarakat, dan data ini ada aplikasinya, terpantau oleh pusat, data ini nantinya dijadikan prioritas pembangunan berkelanjutan,” tutupnya.[Red/Akt-44/A. Suryani]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan,S.Kom, seluruh Pejabat, Staf, dan honorer diskominfo menggelar acara halal bihalal hari raya Idul Fitri 1442 H diruang rapat Diskominfo jalan Gose Gautama Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Selasa 18/5/2021.

Mengawali ritual sakral umat muslim tersebut, Kadiskominfo Rajid Yuliawan mengucapkan minal aidzin walfaidzin, ” minnal aidzin walfaidzin mohon ma’af lahir dan batin, saya selaku pimpinan di dinas ini, jika ada tersilaf kata dan perbuatan selama kita bekerja dengan kerendahan hati saya meminta maaf kepada seluruh karyawan staf, pegawai maupun honorer, semoga silaturahmi ini tetap terjaga selama kita bersama”.

Halal bihalal adalah suatu ritual rohani yang rutin dilakukan umat muslim di seluruh dunia, dimana melalui momen ini diantara sesama kita dituntut untuk bisa menerima kesalahan kita maupun orang lain yang tulus dari hati, bukan hanya sekedar ucapan atau sungkeman, saya berharap seluruh kita yang ada di dinas ini selalu menjalin komunikasi yang baik antar sesama.

Ditegaskan Rajid, meski masih dalam suasana lebaran saya berharap tidak menyurutkan semangat kerja kita sebagai corongnya publikasi Pemerintah, namun lebih semangat lagi melayani masyarakat dengan menyajikan informasi yang menarik dan membangun, tegas Rajid.

Bersamaan diruang tersebut, Kepala Bidang Informasi pelayanan publik Zainul Arifin Nasution, S.Pd diikuti Kabid Egove Awaludin Hasibuan dan Kabid TI Fadly Rangkuti juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 H/2021, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh yang berada di ruangan, semoga kedepannya Diskominfo semakin berkarya. Ucap mereka.

Sesi halal bihalal tersebut dirangkai dengan rapat Monev laporan kinerja mingguan dari seluruh bidang diskominfo, dilanjutkan dengan salam menyalam tanda memaafkan bersama seluruh karyawan dan staf Diskominfo Labuhanbatu..[ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Danrem 061/Sk (Brigjen TNI Ahmad Fauzi,S.I.P, M.M) Selasa 18 Mei 2021 melaksanakan kegiatan jam Komandan kepada seluruh Anggota Yonif 315 /Grd menjelang atau sebelum berangkat satgas penugasan Pamrahwan ke Papua.

Bertempat di Mayonif 315/Grd , Jl.Mayjen Ishak Djuarsa Kel.Gunung Batu Kec.Bogor Barat Kota Bogor, kegiatan jam komandan tersebut dihadiri oleh Brigjen TNI Asep Syarifudin ( Irdam III / Slw ), Kolonel inf Rahman Yadi ( Asops Dam III / Slw, Kolonel Rendra Kasi Intelrem 061 / Sk, Kasi log rem 061 / Sk, Letkol Inf Aryo (Danyon 315 / Grd ), Letkol Inf Suryanto (Calon Danyon 315 / Grd ), Kapten Inf Birawa ( Dantim Intelrem 061/ Sk ) dan juga 400 Personil Yonif 315/Grd yang akan melaksanakan tugas ke Papua.

Pada kegiatan tersebut Brigjen TNI Achmad Fauzi selaku orang nomor satu dijajaran Korem 061/SK menyampaikan kepada Para perwira, Bintara dan tamtama.

” Saya harap semua prajurit/Anggota sudah semakin fokus dan konsen detik detik terakhir pemberangkatan Satgas berikan pengertian kepada keluarga yang ditinggalkan banyak berdoa untuk keselamatan semuanya dan kalian jangan khawatir yg di homebase sudah ada yg mengurus, tetap harus semangat, kompak, karena di sana tugas menunggu kalian semua. jadi kalian juga harus siap-siap, atas nama satuan kalian harus mendukung komandan Satgas .”ungkapnya Danrem.

Saya sudah sampeikan kepada publik bahwa pasukan Bataliyon yang melaksanakan tugas di daerah papua mereka hanya fokus melaksanakan pembinaan teritorial, mereka fokus melaksanakan membina daerahnya masing-masing, mereka memperbaiki/ merenovasi gereja, mereka melakukan pendekatan dengan pendeta-pendeta, dan kepada para kepala suku. Himbau dan ajak masyarakat kalau ditemukan di pelosok pelosok yang belum melaksanakan upacara 17-an bersama-sama dengan masyarakat yang selama ini belum pernah mereka lakukan. Bahkan banyak dr Satuan Tugas lain mereka juga bisa berhasil mendapatkan berapa puluh senjata rakitan dan juga termasuk senjata organik yang berasal dari pembinaan teritorial.

Tidak lama lagi kalian akan berangkat melaksanakan penugasan ke daerah operasi Papua, dan nanti saat keberangkatan tidak ada keluarga yang mengantar ke Kolinlanmil, keluarga hanya cukup mengantar di Bataliyon 315 / Grd saja. penugasan tidak lama, hanya 9 bulan saja, kita harus berjuang yang terbaik buat bangsa. Jadi kalian manfaatkan Fokus pada penugasan kalian disana. persiapkan sebaik-baiknya jangan sampai ada masalah apapun, karena penugasan ini adalah berjuang demi NKRI.” Tambahnya.

Kemudian Danrem berpesan kepada Satgas Pamrahwan agar tetap mematuhi protokol kesehatan di saat berangkat baik di Kapal maupun ditempat penugasan, hal tersebut tentunya untuk mencegah dari penularan Penyakit yang sangat berbahaya di daerah papua yaitu
Covid 19 , HVI dan Malaria.

Adapun pengarahan dari Irdam III / Slw yaitu meminta kepada personil 315 yang akan bertugas ke Papua untuk mereview ulang bahwa kita semua sudah menghibahkan diri untuk negara dan bangsa, ” saya pun sebagai prajurit juga mengingatkan kepada seluruh rekan-rekan bahwa kita ini prajurit, mari kita bersama-sama bersumpah untuk menghibahkan diri untuk negara, bangsa dan orang tua.” Ujarnya.[ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

 

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU -Dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan,S.Kom, seluruh Pejabat, Staf, dan honorer diskominfo menggelar acara halal bihalal hari raya Idul Fitri 1442 H diruang rapat Diskominfo jalan Gose Gautama Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Selasa 18/5/2021.



Mengawali ritual sakral umat muslim tersebut, Kadiskominfo Rajid Yuliawan mengucapkan minal aidzin walfaidzin, " minnal aidzin walfaidzin mohon ma'af lahir dan batin, saya selaku pimpinan di dinas ini, jika ada tersilaf kata dan perbuatan selama kita bekerja dengan kerendahan hati saya meminta maaf kepada seluruh karyawan staf, pegawai maupun honorer, semoga silaturahmi ini tetap terjaga selama kita bersama".

Halal bihalal adalah suatu ritual rohani yang rutin dilakukan umat muslim di seluruh dunia, dimana melalui momen ini diantara sesama kita dituntut untuk bisa menerima kesalahan kita maupun orang lain yang tulus dari hati, bukan hanya sekedar ucapan atau sungkeman, saya berharap seluruh kita yang ada di dinas ini selalu menjalin komunikasi yang baik antar sesama.

Ditegaskan Rajid, meski masih dalam suasana lebaran saya berharap tidak menyurutkan semangat kerja kita sebagai corongnya publikasi Pemerintah, namun lebih semangat lagi melayani masyarakat dengan menyajikan informasi yang menarik dan membangun, tegas Rajid.

Bersamaan diruang tersebut, Kepala Bidang Informasi pelayanan publik Zainul Arifin Nasution, S.Pd diikuti Kabid Egove Awaludin Hasibuan dan Kabid TI Fadly Rangkuti juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 H/2021, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh yang berada di ruangan, semoga kedepannya Diskominfo semakin berkarya. Ucap mereka.

Sesi halal bihalal tersebut dirangkai dengan rapat Monev laporan kinerja mingguan dari seluruh bidang diskominfo, dilanjutkan dengan salam menyalam tanda memaafkan bersama seluruh karyawan dan staf Diskominfo Labuhanbatu. (Rahmad)

Medan,Aktual News – Petugas Gabungan kembali memeriksa setiap pengendara yang masuk ke Kota Medan di pos cek point penyekatan di Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Medan Tuntungan, Senin (17/5/2021). Berdasarkan jadwal hari ini merupakan hari terakhir Penyekatan namun demikian Polda Sumut memperpanjang Penyekatan kendaraan sampai tanggal (24/5/2021).

Semua pengendara yang masuk ke Kota Medan diperiksa satu persatu oleh petugas gabungan yang terdiri dari Polri-TNI, Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan, Dinas Kominfo Kota Medan, BPBD Kota Medan. Kemudian oleh petugas pengendara ditanyakan dari mana dan tujuan ke Kota Medan.

Namun selain itu para pengendara juga diwajibkan menjalani prosedur yang ditetapkan diantaranya pengecekan dokumen perjalanan, pengecekan suhu tubuh dan jalani Test Swab bagi pengendara yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat Celcius. Kemudian pengendara yang telah menjalani prosedur diarahkan untuk kembali melanjutkan perjalanannya.

Tapi dari pemeriksaan yang dilakukan, petugas menemukan penumpang yang bersembunyi diatas atap angkutan umum dibalik terpal. Oleh petugas warga tersebut diminta turun dan tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanannya. Selain itu supir angkutan umum yang membawa penumpang tersebut mendapatkan hukuman push up karena telah melanggar aturan berlalu lintas dan dapat membahayakan keselamatan.

Salah satu petugas Kompol Efendi Sinaga mengungkapkan Penyekatan ini sendiri bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat yang ingin memasuki kota Medan. Artinya penyekatan ini dilakukan untuk melihat apakah masyarakat yang masuk ke Kota Medan dalam kondisi sehat atau tidak.

“Hal ini kami lakukan penyekatan dengan pola memberhentikan kendaraan secara acak dan pengendara dilakukan pengukuran suhu tubuh, jika terdapat masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat Celcius maka akan dilakukan Swab Antigen. Bagi masyarakat yang telah diperiksa kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanannya,” tandasnya.

Namun selain di Jalan Jamin Ginting Kecamatan Medan Tuntungan, penyekatan juga dilakukan di Jalan Sisingamangaraja kawasan Amplas dan Jalan Gatot Subroto tepatnya di kawasan Simpang Kampung Lalang Medan Sunggal. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

Jayanti, Aktual NewsPendistribusian buku rekening dan ATM guru ngaji se Kabupaten Tangerang melalui bank BJB untuk 3 Kecamatan di pusatkan di Kecamatan Balaraja pada tgl 08 mei 2021 kemarin berjalan tertib tanpa kendala, kecamatan Cisoka dengan data 130 orang penerima, kecamatan Jayanti berdasar data 104 orang dan Kecamatan Balaraja dengan data 117 orang penerima.

H.Ahmad Khusaeri selaku sekretaris umum MUI Kecamatan Jayanti yang merangkap Majelis Dakwah Indonesia (MDI) Kabupaten Tangerang menyambut baik program Pemerintah tersebut” karna dengan begitu para ustad atau guru ngaji bisa terbantu kebutuhan nya menjelang Idul fitri ini “.

Namun menurut H.Ahmad Khusaeri alangkah baiknya jika pemberian itu langsung berupa uang saja jangan melalui ATM lagi” ini cuma usulan saya saja, sebab repot juga para Ustad harus antri di Bank untuk mencairkan ATM nya” sambung nya ke awak media.

Pemberian insentif untuk para ustad/ guru ngaji adalah program pemerintah melalui Kesra dan MUI Kabupaten Tangerang bertujuan untuk membantu menutupi kebutuhan menjelang hari raya Idul fitri bagi para guru ngaji yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mewujudkan Kabupaten Tangerang sebagai Kabupaten yang Agamis di Banten ini.[Red/Akt-15/Mulyadi]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Dalam rangka menyatukan visi dan misi, Danramil 02/Labuhan Haji Tengah Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Alfonso jalin Silaturrahmi dengan Camat Kecamatan Labuhan Haji Tengah di Makoramil, Senin (17/05/2021).

Pada kesempatan ini juga para Staf Kecamatan Labuhan Haji Tengah juga ikut berhadir dalam kegiatan silaturrahmi tersebut.

Daramil 02/Lateng menyampaikan, kegiatan tersebut selain sebagai sarana silaturahmi juga sangat bermanfaat sebagai sarana bertukar pikiran dan informasi tentang situasi dan kondisi wilayah.

"Dalam silaturrahmi ini juga, dapat juga sebagai sarana untuk mengambil keputusan dalam mengantisipasi masalah-masalah sosial dan gangguan keamanan yang terjadi di wilayah kecamatan labuhan haji tengah."ujar Danramil.

Terlebih, lanjut Danramil, di tengah pandemi covod-19 saat ini, tentunya di butuhkan saling memperkuat kerjasama dalam mengambil langkah serta upaya untuk mengatasi dan mencegah penyebaran virus tersebut di wilayah.

"Kita akan terus bersinergi dengan pihak kecamatan dan juga unsur-unsur terkait lainnya untuk melayani masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukan hari ini juga dapat lebih mempererat hubungan antara pihak koramil dan pemerintahan kecamatan."imbuhnya lagi.

Disela-sela itu juga, melalui Media ini Danramil 02/Lateng menghimbau dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus beperan serta dan aktif menghambat serta melawan penyebaran covid-19 tersebut dengan langkah selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Camat Labuhan Haji Tengah Akmal, AH.S.pd menyatakan sangat siap bersinergi dalam mendukung terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Ia juga sangat mengapresiasi pihak Koramil yang selama ini telah sangat aktif dalam menjaga Kamtibmas terutama dalam mensosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19.

"Semoga sinergitas ini terus terjalin demi terwujudnya wilayah labuhan haji tengah selalu aman dan kondusif."tutup Camat. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA -  Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) mendorong warga masyarakat yang jadi korban asuransi Jiwasraya untuk melakukan gugatan hukum terhadap perusahaan BUMN itu. PPWI juga akan terus memonitor perkembangan dan mengawal perjuangan para korban untuk mendapatkan keadilan dan hak-hak mereka sesuai polis asuransi Jiwasraya yang mereka miliki. Hal ini disampaikan Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, kepada pewarta media ini, Senin, 17 Mei 2021.

“PPWI melihat adanya dugaan penyalahgunaan wewenang yang merugikan para nasabah Jiwasraya, baik dari sisi materi maupun peluang usaha yang selama ini menjadi sumber penghidupan bagi mereka. Oleh sebab itu, PPWI mendorong para korban untuk melakukan upaya-upaya yang diperlukan dalam rangka memperoleh hak-hak mereka melalui jalur-jalur yang ada, termasuk jalur hukum,” beber alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2021 itu.

Lalengke menjelaskan bahwa pihaknya akhirnya harus turun tangan melakukan advokasi terhadap para korban asuransi milik negara itu karena puluhan anggota organisasi jurnalis warga ini tercatat sebagai nasabah Jiwasraya dan menjadi korban dari perusahaan tersebut. “Kita sedang mendata rekan-rekan PPWI yang merupakan nasabah Jiwasraya dan menjadi korban dari salah urus PT. Asuransi Jiwasraya itu. Para anggota PPWI ini nanti yang akan kita bela hak-haknya agar mendapat perhatian para pihak terkait, termasuk Pemerintah Republik Indonesia,” ungkap lulusan pasca sarjana bidang Global Ethics dari Birmingham University, England, ini.

Walaupun pembelaan PPWI ini ditujukan untuk anggotanya, kata Lalengke lagi, namun pihaknya membuka pintu lebar-lebar bagi setiap warga masyarakat yang akan ikut bergabung dalam gerakan memperjuangkan hak-hak nasabah korban asuransi plat merah itu. Sebagaimana viral diberitakan beberapa waktu terakhir bahwa tidak kurang dari 5,3 juta pemegang polis asuransi Jiwasraya telah menjadi korban dari program restrukturisasi polis nasabah [2].

“PPWI membuka kesempatan kepada semua warga masyarakat dimanapun berada, mereka yang jadi korban asuransi Jiwasraya silahkan kontak Sekretariat PPWI, kita akan fasilitasi untuk melakukan berbagai upaya dalam memperjuangkan hak-hak mereka,” jelas Lalengke sambil mengeja nomor kontak Sekretariat PPWI yang bisa dihubungi, yakni 081371549165.

Kerugian materi yang akan diderita oleh para nasabah akibat program restrukturisasi dimaksud adalah pemotongan langsung terhadap nilai manfaat polis yang dimiliki setiap nasabah. Jumlah potongan tidak tanggung-tanggung, rata-rata sebesar 30 persen. “Aneh sekali perusahaan milik Pemerintah itu, kerugian akibat mis-manajemen dan perilaku koruptif para pengelolanya dibebankan kepada nasabahnya,” ujar Lalengke heran.

Saat ditanya terkait langkah-langkah yang akan diambil PPWI dalam membantu para nasabah korban asuransi Jiwasraya, Presiden Persaudaraan Indonesia Sahara Maroko (Persisma) itu menjelaskan pihaknya akan menempuh beberapa jalur advokasi, yakni jalur hukum, politik, dan media massa. “Secara garis besar, PPWI telah menyusun langkah strategis dalam membantu warga korban Jiwasraya, yakni gugatan perdata ke pengadilan, membuat laporan polisi terkait adanya indikasi pelanggaran pidana oleh para pihak terkait, dan komunikasi politik, serta pemberitaan secara massif di media massa, baik lokal, nasional, maupun internasional,” ulas Lalengke bersemangat.

Karena ini menyangkut nasib 5,3 juta nasabah Jiwasraya bersama keluarganya, tambah Ketum PPWI Wilson Lalengke, ia menilai bahwa pihak pengelola perusahaan asuransi tersebut sungguh luar biasa tidak bertanggung jawab terhadap nasabah dan agen-agen marketingnya. Pemerintah Republik Indonesia, menurutnya, harus mengambil alih tanggung jawab para pengelola Jiwasraya. “Sesuai amanat konstitusi, dalam kasus BUMN Jiwasraya ini, Pemerintah wajib menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelindung rakyatnya yang 5,3 juta itu dan mensejahterakan mereka. Ini perintah pembukaan UUD 1945 alinea keempat loh yaa,” tegas Lalengke sambil membacakan secara lengkap isi alinea 4 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” [3].

Untuk itu, Lalengke menyarankan agar Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, dapat sesegera mungkin melakukan evaluasi terhadap para pembantunya di Kabinet dan memberikan petunjuk solutif dalam mengatasi persoalan Jiwasraya. “Saya berharap Presiden Joko Widodo tidak diam saja. Sebagai kepala negara, Beliau harus segera bertindak mengevaluasi langkah-langkah penyelesaian yang sudah dilakukan para pembantunya, dan memberikan arahan solutif yang berpihak kepada rakyatnya yang 5,3 juta itu,” pungkas Lalengke berharap. (APL/Red)

Catatan:

[1] Skenario Perampokan Jiwasraya Berkedok Penyelamatan Polis Nasabah (Bagian Akhir dari 3 Tulisan); https://pewarta-indonesia.com/2021/05/skenario-perampokan-jiwasraya-berkedok-penyelamatan-polis-nasabah-bagian-akhir-dari-3-tulisan/

[2] Skenario Perampokan Jiwasraya Berkedok Penyelamatan Polis Nasabah (Bagian 1); https://pewarta-indonesia.com/2021/05/skenario-perampokan-jiwasraya-berkedok-penyelamatan-polis-nasabah-bagian-1/

[3] Tujuan Negara Indonesia dalam UUD 1945 Alinea Ke-4, Perlu Dipahami; https://hot.liputan6.com/read/4503955/tujuan-negara-indonesia-dalam-uud-1945-alinea-ke-4-perlu-dipahami

Kotim, Aktual News Kanit Binmas Polsek Pulau Hanaut jajaran Polres Kotim Polda Kalteng, BRIPKA Dona Prio Prakoso melaksanakan Sambang Binaannya di Desa Hanaut dan Desa Mekarti Jaya, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Untuk mewujudkan Kondusifitas Kamtibmas di Wilayah Desa Binaan Kanit Binmas Bripka Donna melaksanakan sambang Desa Binaan sekaligus membangun sinergitas dan kemitraan diantara aparat keamanan dan warga masyarakat.

Kanit Binmas BRIPKA Dona Prio Prakoso melaksanakan sambang Desa dan mengadakan tatap muka dan dialogis dengan para pemuda dan warga sambil memberikan himbauan tentang pesan pesan kamtibmas serta mengajak warga untuk menolak segala macam bentuk Hoax yang banyak beredar di Media Sosial serta selalu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19.

“Pada saat ini segala sesuatu baik yang bersifat positif maupun negatif sangat mudah untuk didapat melalui media sosial, begitu pula berita berita bohong atau hoax saat ini banyak sekali ditemukan dalam media sosial,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa sebagai pemuda yang menjadi tulang punggung Bangsa dan Negara, harus mampu dan pandai untuk memilih hal hal yang bersifat positif atau yang baik serta harus mampu untuk menyaring mana berita yang betul atau berita hoax, sebagai pemuda hendaknya kita tidak mudah terprovokasi dengan adanya berbagai isu dan berita bohong yang ada di Media Sosial serta tidak mudah untuk menyebarkan adanya berita berita bohong kepada teman ataupun masyarakat, supaya tidak menimbulkan keresahan didalam masyarakat.

“Kami minta untuk para pemuda utamanya yang ada di Wilayah Hukum Polsek Pulau Hanaut, dapat selalu menjadi mitra dari Aparat Keamanan utamanya dalam menciptakan dan menjaga kondusifitas kamtibmas yang selama ini sudah terjaga, dan sangat berharap untuk para pemuda apabila mengetahui dan melihat adanya potensi gangguan kamtibmas ataupun melihat terjadinya gangguan kamtibmas hendaknya segera untuk menghubungi Bhabinkamtibmas atau segera melapor ke Polsek agar dapat segera untuk diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan keresahan,” pesannya.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin S.I.K, M.Si melalui Kapolsek Pulau Hanaut IPTU Achmad Sobari, SH menjelaskan kegiatan Sambang oleh Anggota nya akan selalu di lakukan untuk menjaga kemitraan antara Polsek Pulau Hanaut dengan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda,ujarnya .[ Red/Akt-01/Hanaut  ]

 

 

Aktual News

Jakarta, Aktual News – Presiden Joko Widodo mengatakan komisi pemberantasan korupsi (KPK) harus memiliki sumber daya manusia (SDM) terbaik dan berkomitmen tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi.

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Apresiasi Pernyataan Presiden Jokowi tindak lanjut bagi program 75 pegawai KPK Tak Lolos TWK. Demikian disampaikan kepada media pada senin (17/5).

Oleh karena itu, kata Jokowi, pengalihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) harus menjadi bagian dari upaya untuk pemberantasan korupsi yang lebih sistematis.

“Saya minta kepada para pihak terbaik, khususnya pimpinan KPK, Menteri PAN RB, dan Kepala BKN untuk merancang tindak lanjut bagi program 75 pegwai KPK yang dinyatakan tidak lulus tes dengan prinsip-prinsip sebagaimana saya sampaikan tadi,” ujar Jokowi.

Jokowi sependapat dengan pertimbangan MK dalam putusan pengujian UU 19/2019 tentang perubahan UU kedua KPK yang menyatakan bahwa proses pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN.

Terkait Hal tersebut, Senator Fachrul Razi yang juga Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) turut mengapresiasi kebijakan serta pernyataan yang diambil Presiden Jokowi ditengah Pro-Kontra status 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK.

” Pemimpin yang Arif, Bapak Jokowi telah menentukan arah yang tepat bagi penguatan KPK. artinya Pemerintah serius dalam membangun Narasi KPK yang Transparan dan terus Memerangi Praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme” ujarnya.

Ketua Komite I, Fachrul Razi Menambahkan Bahwa, pernyataan Presiden Jokowi tersebut harus dimaknai sebagai upaya merehabilitasi nama baik 75 pegawai KPK.

Ia juga meminta pemerintah untuk segera memproses langkah-langkah straregis dalam menindaklanjuti program 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK. “Pak Presiden Jokowi sudah berbicara, saatnya institusi terkait untuk memfollow up pernyataan presiden,” tegas Fachrul Razi.

membentuk tim Investigasi publik yang independen untuk melakukan evaluasi dan memberikan tindakan tegas terhadap kebijakan dan tindakan yang tidak patut yang telah dilakukan oleh pimpinan KPK.

Evaluasi tersebut meliputi perbaikan sistem di KPK agar mendukung upaya pemberantasan korupsi yang lebih efektif sebagaimana disampaikan oleh Presiden. Upaya ini dilakukan semata-mata untuk memastikan agar tindakan dan kebijakan semacam ini tidak berulang di lembaga anti korupsi. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Didampingi Plt. Kaban BPBD Atiya muktar dan Kasatpol PP M.Yunus SH, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA memantau perkembangan penyekatan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 di simpang Aek Buru Kecamatan Bilahbarat Senin 17/5/2021.

Monitoring dimaksud dilakukan untuk memantau sejauh mana pelaksanaan larangan mudik masa pandemi Covid-19, ” kita tetap pantau pos-pos penyekatan mudik yang dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona Covid-19 sesuai arahan pemerintah pada tahun ini” ucap Sekda.

Lebih lanjut ucap Muhammad Yusuf Siagian, selai memberikan himbauan tunda mudik hingga hari ini, pemkab labuhanbatu juga membagikan masker kepada pengguna jalan yang melintas,” masker juga kita berikan sebagai bentuk perhatian kita kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan masa pandemi”.

Tetaplah patuhi protokol kesehatan Covid-19 agar kesehatan kita dan orang-orang yang kita cintai terjaga dari wabah ini.Tegas Sekda.

Disisi lain Plt Kaban BPBD Atiya Muktar mengatakan, sejak di putuskan ya lokasi penyekatan mudik, Pemkab Labuhanbatu sudah standby dilokasi, baik tenaga medis, Tim SAR BPBD dan Pol PP, “sejak tanggal 6 Mei hingga hari ini kita tetap dilokasi pos PAM lebaran secara bergantian” ucap Atya.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat labuhanbatu yang telah berpartisipasi menunda mudik lebaran tahun ini, semoga ditahun depan pandemi ini segera berakhir agar kita bisa bertatap muka dengan keluar diluar daerah,”ujar Atya.

Terpantau dilokasi, Sekdakab Labuhanbatu bersama tim membagikan masker dan memberikan arahan kepada pengguna jalan yang melintas. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Levak, Aktual News – Aryani ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKB) Kecamatan Rangkas Bitung, Bagaimana caranya Organisasi dapat mensejahterakan masyarakat, mensejahterakan lingkungan melalui organisasi.

“Kami, tidak mau organisasi hanya dijadikan oknum – oknuman, namun bagaimana caranya organisasi dapat mensejahterakan masyarakat, dan lingkungannya. melalui organisasi BPPKB ini, lingkungan dan masyarakat dapat terbantu, tentunya kami harus memberikan pembinaan terlebih dahulu dengan cara membangun Sumber Daya Manusianya, sehingga ketika SDM nya terbangun, mereka (Anggota -Red) akan dapat memberikan yang terbaik bagi keluarga dan lingkungan” ucap Aryani sapaan akrabnya Kakang Prabu Ketua PAC BPPKB Kecamatan Rangkas Bitung dilokasi usahanya, usaha pemancingan Ikan Lele yang tak jauh dari kediamannya Kampung Ketug Tengah, Kecamatan Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak – Banten, Senin (17-05-2021).

Lanjut ia mengungkapkan kepada media, maksud mensejahterakan masyarakat melalui organisasi, maksudnya organisasi itu selain tempat untuk mendewasakan diri seseorang, juga bagaimana organisasi bisa mereka memberikan pemahaman dan wawasan contoh kecil bagaimana cara memanfaatkan lingkungan yang ada yang tidak manfaat menjadi manfaat yang dapat menumbuhkan nilai ekonomi. tentunya kita akan memberikan pembinaan dan pelatihan melalui jembatan organisasi, baik pembinaan dan pelatihan dibidang UMKM dan usaha – usaha lainya entah dibidang pertanian, dan peternakan dengan pelatihan dan pembinaan sehingga SDM para anggota dapat terbangun.

“Tentunya kita harus bangun SDM nya dulu, Sehingga kalau sudah terbangun SDM nya, baik usia produktif atau pun yang usianya tidak produktif, mereka akan faham,” ucapnya

Sederhananya, lanjut ia mengungkapkan dengan dikasih pendidikan dibidang pertanian, dan terus didorong akan keberhasilan usaha tersebut, pasti penghasilan, akan mereka dapatkan, kesejahteraan, mereka dapatkan. akhirnya keberadaan organisasi berguna bagi keluarga dan lingkungan, selain mensejahterakan dirinya juga bisa membantu masyarakat yang ada dilingkungannya.

“Sejahtera baik untuk dirinya dan masyarakat di lingkungannya,” tutupnya .[ Red/Akt-44/Ahmad Suryani  ]

 

 

Aktual News

 

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemilik warung HH (40) dan pemain jekpot PH (21), warga Dusun Pondok Kroyok, Desa Emplasemen, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu ditangkap Tekab Reskrim Polsek Bilah Hulu kemarin Minggu (16/5/2021) sekira pukul 19.30 WIB.

Dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas mengamankan barang bukti 2 buah mesin jekpot, 100 koin jekpot dan uang tunai Rp 10.000.

Kapolsek Bilah Hulu, AKP Ramses Panjaitan membenarkan penangkapan tersebut."Benar semalam tim Reskrim menangkap pemilik warung dan pemain jekpot", Ujarnya kepada wartawan, Senin (16/5/2021).

Kata AKP Ramses Panjaitan, penangkapan berawal saat Tekab Reskrim Polsek Bilah Hulu mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasanya di Dusun Pondok Kroyok, Desa Emplasemen, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu tepatnya di warung marga Hutapea ada permainan jenis judi jekpot.

Mendapatkan informasi tersebut, Tekab Reskrim Polsek Bilah Hulu mendatangi tempat yang dimaksud dan berhasil menangkap kedua tersangka yaitu pemilik warung dan pemain jekpot beserta barang bukti.

KemudianTekab Reskrim Polsek Bilah Hulu mengamakan pelaku dan barang bukti ke Mako Polsek Bilah Hulu guna proses selanjutnya. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Didampingi Plt. Kaban BPBD Atiya muktar dan Kasatpol PP M.Yunus SH, Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA memantau perkembangan penyekatan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 di simpang Aek Buru Kecamatan Bilahbarat Senin 17/5/2021.

Monitoring dimaksud dilakukan untuk memantau sejauh mana pelaksanaan larangan mudik masa pandemi Covid-19, " kita tetap pantau pos-pos penyekatan mudik yang dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona Covid-19 sesuai arahan pemerintah pada tahun ini" ucap Sekda.



Lebih lanjut ucap Muhammad Yusuf Siagian, selai memberikan himbauan tunda mudik hingga hari ini, pemkab labuhanbatu juga membagikan masker kepada pengguna jalan yang melintas," masker juga kita berikan sebagai bentuk perhatian kita kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan masa pandemi".

Tetaplah patuhi protokol kesehatan Covid-19 agar kesehatan kita dan orang-orang yang kita cintai terjaga dari wabah ini.Tegas Sekda.

Disisi lain Plt Kaban BPBD Atiya Muktar mengatakan, sejak di putuskan ya lokasi penyekatan mudik, Pemkab Labuhanbatu sudah standby dilokasi, baik tenaga medis, Tim SAR BPBD dan Pol PP, "sejak tanggal 6 Mei hingga hari ini kita tetap dilokasi pos PAM lebaran secara bergantian" ucap Atya.

Terima kasih kepada seluruh masyarakat labuhanbatu yang telah berpartisipasi menunda mudik lebaran tahun ini, semoga ditahun depan pandemi ini segera berakhir agar kita bisa bertatap muka dengan keluar diluar daerah.ujar Atya.

Terpantau dilokasi, Sekdakab Labuhanbatu bersama tim membagikan masker dan memberikan arahan kepada pengguna jalan yang melintas. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.