NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindaklanjuti pernyataan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan yang membuka suara bahwa kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 nilainya mencapai Rp100 triliun lebih.

Novel mengatakan kasus bansos covid-19 di mana KPK melakukan operasi tangkap tangan hanya untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kasus serupa juga terjadi di seluruh daerah di Indonesia dengan pola yang sama sehingga perlu penyelidikan lebih lanjut.

Fachrul Razi menegaskan, pernyataan tersebut harus di proses cepat dan ditindaklanjuti oleh lembaga KPK agar tidak menimbulkan berbagai spekulasi di masyarakat.

“Saya meminta KPK segera membongkar indikasi korupsi bansis Covid-19 secara cepat dan membuktikan bahwa pernyataan Novel Baswedan adalah “Mega Korupsi” yang harus diusut tuntas,” jelas Fachrul Razi.

Fachrul Razi juga meminta KPK untuk menangkap aktor dan tokoh yang terlibat dalam menikmati dana bansos Covid-19. “Korupsi adalah pandemi yang sebenarnya dan lebih berbahaya. Proses hukum harus diterima seberat-beratnya para para koruptor bansos ini,” kata Fachrul Razi.

“Kemiskinan meningkat selama Covid karena memang banyak masyarakat miskin yang terkena dampak Covid tidak mendapatkan bantuan sama sekali, ini harus di proses oleh KPK sampai ke daerah dan memeriksa kepala daerah yang terlibat,” tegas Fachrul Razi yang juga mantan aktivis Universitas Indonesia.

Tahun 2020 lalu, anggaran untuk perlindungan sosial karena pandemi covid-19 sebesar Rp234,33 triliun. Sebanyak Rp129,49 triliun dialokasikan untuk Kemensos dengan rincian Program Keluarga Harapan (PKH) Rp41,97 triliun, Sembako dan Bantuan Tunai Sembako Rp47,32 triliun, Bansos Jabodetabek Rp7,1 triliun, dan Bansos non-Jabodetabek Rp33,1 triliun.

“DPD RI akan terus memantau temuan kasus korupsi Rp. 100 Triliun sampai tuntas. Kami mendukung KPK untuk segera menangkap para aktor yang terlibat dalam menikmati bansos Covid-19,” tutupnya. *

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya di pemerintahan, untuk menghentikan perilaku koruptif. Menurutnya, perilaku tersebut akan menghambat pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan LaNyalla kepada sejumlah tokoh yang hadir dalam Webinar Kebangkitan Nasional sekaligus Peluncuran Buku Mantan Ketua DPD RI Irman Gusman, Kamis (20/5/2021) di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPD RI periode 2009-2016 Irman Gusman, Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy Hiariej, Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Viva Yoga Mauladi, Sekjen Majelis Nasional KAHMI Manimbang Kahariyady, juga Para Pembicara Diskusi Hamdan Zoelva, Erman Suparman, dan Fahri Hamzah.

Dijelaskan LaNyalla, meski DPD memiliki kewenangan pengawasan atas Undang-Undang tertentu dan atas Peraturan Daerah, tetapi DPD RI bukan lembaga pencegah korupsi, tetapi memiliki kewajiban untuk melakukan penguatan perekonomian daerah.

"Di DPD RI sendiri, ada tiga isu strategis daerah yang harus disuarakan. Pertama percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah, kedua peningkatan indeks fiskal daerah, dan ketiga, kesejahteraan dan kemakmuran daerah," katanya.



Senator asal Jawa Timur ini mengatakan, ketiga isu tersebut sangat berkaitan dengan pencegahan korupsi di daerah.

"Karena, perilaku koruptif akan menghambat dan memperlambat pencapaian ketiga hal strategis tersebut. Dampaknya adalah semakin terhambatnya pembangunan daerah," tuturnya

Mengenai banyaknya kepala daerah serta anggota DPRD yang menjadi terpidana dalam kasus korupsi, LaNyalla mencoba untuk melihat dari sudut pandang lain.

"Dalam konteks pencegahan korupsi, kita sebagai bangsa harus memiliki pandangan yang sama. Pandangan itu harus dipahami dan tertanam dalam benak semua kepala daerah, khususnya, dan penyelenggara negara pada umumnya," tuturnya.

LaNyalla menerangkan, tujuan dibangunnya Indonesia sudah dituangkan dalam konstitusi, salah satunya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan seterusnya.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, maka negara membentuk pemerintahan dan aparatur. Termasuk lembaga negara dalam fungsi legislatif, yudikatif dan auditif. Ketika dalam pelaksanaan tugasnya, lembaga dan aparatur tersebut berbuat untuk kepentingan sendiri atau kelompok dan bukan untuk tujuan negara, maka itulah korupsi," ujarnya.

Menurutnya, ketika ada undang-undang yang memerintahkan penyerahan hajat hidup orang banyak kepada mekanisme pasar, maka sejatinya undang-undang tersebut adalah undang-undang koruptif.

"Ini bukan hanya soal APBD atau APBN saja. Juga bukan hanya tentang kepala daerah saja. Tetapi soal komitmen kita sebagai bangsa untuk mencapai dan mewujudkan tujuan negara ini,” pungkasnya. (*)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan pentingnya pengelolaan dana desa untuk kebangkitan ekonomi desa. Selain itu, keberadaan BUMDes juga harus dioptimalkan.

Hal ini disampaikan LaNyalla pada Halal Bil Halal Nasional Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PADPBSI) yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (20/5/2021).

"Bagaimana Desa bisa bangkit dengan stimulus dana desa? Ini yang harus dijawab oleh para stakeholder di desa. Kalau menurut saya, yang utama adalah semua harus satu orientasi. Yakni, mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan desa," ujar LaNyalla.



Sejak tahun 2015 hingga 2019, dana desa yang dikucurkan mencapai Rp 257 Triliun. Dari tahun 2019 hingga 2025, Pemerintah akan mengalokasikan hingga Rp 400 Triliun ke seluruh desa di Indonesia.

"Potensi antara satu desa dengan desa lainnya berbeda. Makanya para pemangku kekuasaan di desa harus menggali dan sepakat menentukan potensi unggulan yang bisa diwujudkan menjadi kekuatan ekonomi," ucap Senator asal Jatim itu.

Bagi LaNyalla, desa memang harus mandiri. Seperti amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang memberikan keleluasaan luar biasa kepada desa untuk menjadi desa mandiri.

"Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi memiliki tanggung jawab mendorong terwujudnya hal tersebut lewat program-programnya," ucap LaNyalla.

Salah satu prioritas program dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi adalah pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menurut LaNyalla, DPD RI secara khusus juga mendorong optimalisasi BUMDes, dengan mengajukan inisiatif RUU BUMDes yang tahun ini sudah masuk dalam Prolegnas.

"Bagi DPD RI, pendirian BUMDes sangat penting bagi kemandirian ekonomi desa. BUMDes bisa melibatkan banyak orang dan mampu berkontribusi menambah pendapatan desa dari hasil usaha mereka," jelasnya.

Selain itu, tambah LaNyalla, BUMDes bisa memotong permainan para Tengkulak yang memainkan harga pasar. Sehingga petani kecil dapatkan hasil penjualan yang layak.

"BUMDes ambil peranan sebagai pengorganisir petani kecil dan menjual hasil pertanian atau perkebunannya langsung ke Bulog. Kalau ini bisa terjadi, pasti Tengkulak tidak mampu memainkan harga," lanjutnya.

Apabila BUMDes sudah mapan, ke depannya justru desa yang memberikan kontribusi dana ke negara dengan adanya pajak dari BUMDes. Desa tidak lagi meminta dana ke negara.

"Di sinilah keinginan kita, mengoptimalkan peran BUMDes sebagai kekuatan ekonomi yang berbasis ekonomi kerakyatan," ujar pria yang pernah menjabat Ketum PSSI ini. (*)

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr. (Han) ikut hadir menyambut kedatangan Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-L United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) bersama KRI Sultan Hasanudin (SHN-366) bertempat di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara Kamis (20/05).

Satgas ini diikuti oleh 119 Prajurit yang terdiri dari 113 pengawak KRI SHN-366 dengan komandan Letkol Laut (P) Ludfi sekaligus menjabat sebagai Komandan Satgas MTF Konga XXVIII-L UNIFIL Lebanon, yang melaksanakan tugas sejak tanggal Agustus 2019 hingga Mei 2021.

Dalam tugasnya sebagai Pasukan Perdamaian PBB, KRI SHN-366 bertugas membantu Lebanese Armed Forces (LAF) Navy mencegah masuknya senjata atau peralatan lainnya menuju Lebanon secara ilegal melalui laut. Selain itu juga melatih LAF Navy untuk dapat melaksanakan operasi keamanan maritim di wilayah laut teritorialnya.

Panglima TNI melalui Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., mengatakan, “ Diplomasi militer yang kuat dibutuhkan dalam rangka mendukung diplomasi luar negeri guna memperkuat posisi Indonesia pada percaturan dunia internasional. “Terlebih saat ini Indonesia dipercaya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Posisi ini memungkinkan kita berperan lebih aktif dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia,” ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh prajurit Satgas MTF XXVIII-L Lebanon dan berharap pengalaman selama menjalankan tugas di Lebanon bisa dijadikan bekal tugas dan ditularkan kepada prajurit lainnya.

Tampak ikut hadir dalam upacara penyambutan Satgas MTF para unsur pimpinan TNI yang diwakili, antara lain Askomlek Panglima TNI, Asrena Kasal, Pangkoarmada II, Waasops Panglima TNI, Waaster Panglima TNI, Kepala Staf Kolinlamil, Waaspers Panglima TNI, Wakapuspen TNI, Irops Itjen TNI dan pejabat terkait lainnya. (Pen2)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Komunitas media sosial di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar acara halal bihalal di Jalan Taman Siswa Brebes. Rabu (19/5/2021).

Disampaikan Adi selaku Sekretaris Komunitas Media Brebes (KMB) dan juga selaku tuan rumah acara, silaturahmi ini untuk lebih menjalin persaudaraan terlebih masih di Bulan Syawal, Idul Fitri 1442 H.

“Acara ini juga sebagai ajang tukar pikiran untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis,” ujarnya.



Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Eko Saputro selaku Ketua PWI Brebes, juga mengajak rekan-rekan wartawan dan wartawati untuk lebih meningkatkan profesionalitas wartawan untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat menurut kaidah jurnalistik.

Menurutnya, media sosial merupakan corongnya informasi publik.

Eko juga mengajak rekan-rekan kuli tinta untuk mendapatkan legalitas, yaitu mengikuti pelatihan UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

“Saya berharap terutama kepada rekan wartawan atau wartawati di Brebes, untuk ikut UKW sehingga mempunyai legalitas yang bisa diakui oleh Pemda dan masyarakat,” ujarnya.

Pasalnya, legalitas itu membuktikan bahwa seorang wartawan betul-betul mengerti akan tupoksinya. [Gofur/Aan]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pemerintah Melalui Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan tidak ada tempat bagi kelompok teroris di Wilayah Indonesia termasuk Teroris OPM di Papua, hal ini disampaikannya saat konferensi pers, Rabu (19/5/2021).

Menko Polhukam menegaskan Aparat keamanan dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme akan terus mengejar dan meruntuhkan para pelaku teror untuk melindungi masyarakat agar merasa aman dari tindakan teror yang dilakukan oleh kelompok kecil tapi mengganggu itu.

"Aparat keamanan harus bergerak cepat, tegas, dan terukur. Sejauh ini sebenarnya sudah dilaksanakan cukup baik oleh TNI-Polri, BIN serta aparat terkait seperti BNPT" ujarnya.

Mahfud MD menambahkan pengejaran yang dilakuakn aparat keamanan dilakukan secara hati-hati serta focus, sehingga tidak menimbulkan korban dari warga sipil. "Aparat keamanan berusaha dan cukup berhasil memisahkan masyarakat sipil dan para pelaku teror. Jadi tugas pokoknya itu memisahkan" urainya.

Mahfud kembali menegaskan Pemerintah belum pernah berpikir memberlakukan darurat sipil dan militer di Papua. Serangkaian aksi teror di Papua bukanlah masalah yang terlalu besar. Orang teridentifikasi teroris, itulah terorisnya, bukan Papua.

Disampaikannya lebih lanjut, bahwa ada tiga kelompok organisasi di Papua, dua di antaranya masih mau berembuk mencari solusi bersama pemerintah. Hanya satu kelompok yang memang harus ditindak tegas.

"Karena di Papua itu ya ada tiga lapis gerakan, satu gerakan politik, dua kelompok klendestin, tetapi ketiga yang kecil ini dan ada namanya ini itulah yang kita sebut teroris. Jadi yang besar, 90 persen itu mari kita ajak berembuk," ucapnya.

Pemerintah melakukan pendekatan kesejahteraan dan jalan damai dalam permasalahan di Papua. Salah satu buktinya, melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dana otonomi khusus (Otsus) Papua juga akan ditambah jumlahnya sebesar 0,25 persen dari yang tadinya 2 persen, menjadi 2,25 persen. Jika dikalkulasikan, maka jumlah itu lebih besar 17 kali lipat dari dana masyarakat luar Papua.

"Perburuan terhadap pelaku teror itu dilakukan secara terukur, dan bukan asal-asalan. Seluruh data yang berisikan nama-nama orang terindikasi pelaku teror sudah tercatat dengan baik" pungkasnya. *





NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Kepala suku di wilayah Paluga distrik Ilaga Utara kabupaten Puncak FV Yohan Dewelek, S.Th menyatakan tidak ada aksi pembakaran gereja yang dilakukan oleh TNI-Polri di wilayahnya.


Hal ini menepis berita hoaks yang beredar di media sosial (media propaganda) yang tidak bertanggung jawab.


"Di wilayah kami aman-aman saja, tidak ada baku tembak seperti yang unggah di media tersebut," tegas FV Yohan Dewelek sang kepala suku melalui sambungan telepon, Rabu (19/5/2021).


Lebih lanjut Kepala suku mengatakan adanya gambar-gambar peralatan militer yang beredar di media tersebut kembali FV Yohan Dewelek mengatakan tidak ada baku tembak atau pengeboman oleh militer yang menyebabkan rumah dan gereja ikut terbakar.


Ungkapan ini disampaikannya guna memberikan gambaran sesungguhnya di kampung Paluga distrik Ilaga Utara Kabupaten Puncak.


Selain itu jejak digital yang ditelusuri tim Analis Satgas Nemangkawi membuktikan bahwa foto-foto yang diunggah oleh media propaganda tersebut pernah juga diunggah pada tanggal 2 April tahun 2019 lalu.


Sementara itu Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudussy, S.IK mengatakan setiap berita mohon di sharing sebelum di share. "Diharapkan media maupun masyarakat untuk memberitakan kejadian yang sebenarnya, stop Hoax maupun provokatif yang bisa berdampak hukum dan juga merugikan pihak tertentu," himbaunya.


Saat dihubungi lewat telepon pada Rabu (19/5) siang, Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suristiawa menyampaikan hal yang senada, bahwa pemberitaan hoaks yang menyudutkan pemerintah dan TNI-Polri terkait isu Papua selalu berulang dan di share oleh beberapa portal media online, tanpa adanya klarifikasi sebelumnya. “Ini sudah berulang kali dilakukan, jangan asal share apalagi dari sumber yang tidak jelas ataupun sumber yang selalu berbohong seperti Sabby Sambom yang mengaku sebagai jubir kelompok teroris OPM,” ujarnya.


Sebelumnya, pada Selasa (18/5) kemarin Suristiawa juga menegaskan bahwa pemberitaan itu adalah hoaks dari kelompok teroris OPM dengan memutarkan balikkan fakta yang sebenarnya. Faktanya pembakaran dilakukan kelompok teroris OPM yang dilatarbelakangi konflik antara kelompok teroris Goliat Tabuni dengan kelompok teroris Lekagak Talenggen. “Kejadian ini, diputarbalikkan faktanya oleh mereka dan seperti biasanya di hoakskan bahwa yang melakukan adalah aparat TNI-Polri,” ujar Suriastawa saat itu.


Autentikasi :

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi I Gusti Nyoman Suriastawa




NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan do'a selamat, Pj Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.pi, M.Si, membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 dan Festival Nasyid ke-35 tahun 2021 tingkat Kabupaten Labuhanbatu, di Kecamatan Bilahbarat, Rabu malam 19/5/2021.

Turut hadir mendampingi Pj.Bupati kala itu, PJ.Ketua TP.PKK, Sutiar Ningsih S.Pi, Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Para Kepala OPD, Ketua DPRD Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar,SH, Dandim 0209/lb, dan Polres Labuhanbatu, Kakankemenag Labuhanbatu Drs.Safiruddin, Para Camat se-kabupaten Labuhanbatu beserta perangkat, tokoh pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat sekitar.



"Dengan momentum MTQ ini, mari kita tingkatkan kecintaan kita kepada Al-qu'ran," ujar PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, dalam sambutannya.

Muliyadi juga mengimbau masyarakat untuk menyemarakkan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan ini. Momen ini diharapkan dapat menambah keimanan kita pada tuhan, dan membiasakan budaya membaca qur'an. Dengan mengucapkan Bismillah MTQ ke 50 dan Festival Nasyid ke-35 tingkat Kabupaten Labuhanbatu resmi dibuka. selamat bertanding bagi para kontingen, tunjukan yang terbaik buat masyarakat labuhanbatu.tegasnya.

Disesi yang sama,Camat Bilahbarat M.Noor Putra BF, ST, selaku tuan rumah penyelenggara mengatakan, bahwa kegiatan MTQ ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Dalam kondisi ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan mengacu pada standar protokol kesehatan.

"Untuk pelaksanaan MTQ ini kita tidak bosan-bosanya mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan. Sesuai aturan pemerintah yaitu 4M, Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menjahui kerumunan," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Noor itu berharap, dengan kegiatan MTQ ini agar dapat kembali menghidupkan fungsi Al-qu'ran dan menjadi pedoman hidup manusia yang beriman untuk selamat dunia dan akhirat.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana kegiatan H.Husni Tamrhin menyampaikan adapun jumlah peserta pada Cabang MTQ berjumlah 343 orang yang terbagi 173 orang laki-laki, 170 orang perempuan, dan untuk festival nasyid berjumlah 241 peserta, 115 orang laki-laki dan 126 peserta perempuan, sedangkan dewan hakim dan juri terdiri dari 67 orang.

Rangkaian kegiatan malam ditandai dengan penekanan sirine oleh PJ.Bupati Labuhanbatu didampingi yang sebelumnya di isi dengan tarian drama kolosal oleh sanggar tari binaan PJ, Ketua TP.PKK Labuhanbatu. (Rahmad)

Padangsidimpuan, Aktual News – Kodim 0212/Tapsel bersama fasilitas kesehatan Rumah Sakit (RS) TNI AD Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara serentak bagi Purnawirawan dan Warakawuri di bertempat di Rumah Sakit (RS) TNI AD Padangsidimpuan, Jln. Sudirman Kota Padangsidimpuan, Selasa (18/05/2021).

Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, S.I.P. yang memimpin langsung pelaksanaan Vaksinasi menyampaikan, kegiatan Vaksinasi Covid-19 kepada Purnawirawan beserta isteri Purnawirawan dan Warakawuri wilayah Kodim 0212/Tapsel dilaksanakan secara serentak se-wilayah Kodam I/BB

“ini merupakan upaya TNI AD dalam rangka membantu pemerintah menyukseskan pelaksanaan Vaksinasi Nasional kepada masyarakat khususnya Purnawirawan dan Warakawuri” tutur Dandim.

Dandim juga menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaannya, para peserta Vaksinasi Purnawirawan dan Warakawuri tersebut diantaranya berasal beberapa Kabupaten/Kota se-Wilayah Kodim 0212/Tapsel.

“sebelumnya telah kita data para Purnawirawan dan Warakawuri di seluruh Kabupaten/Kota wilayah Tapanuli Bagian Selatan dan hari ini kita laksanakan secara serentak. Dan dalam pelaksanaannya para peserta terlebih dahulu melewati tahapan pemeriksaan dengan baik dan selanjutnya dilakukan penyuntikan Vaksin.

selain itu. Dandim juga berpesan kepada kepada Purnawirawan dan Warakawuri yang telah menerima Vaksin untuk tetap dan selalu menjaga Protokol Kesehatan dengan menerapkan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi di luar rumah.

sementara itu, dalam Pelaksanaan Vaksinasi itu sendiri melalui beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran peserta, pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah serta screening dan selanjutnya dilakukan penyuntikan dan observasi kepada seluruh peserta yang telah selesai melaksanakan vaksinasi

turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Walikota Padangsidimpuan yang diwakili Wakil Walikota Padangsidimpuan, Bupati Tapanuli Selatan yang diwakili Kadis Pertanian, Ketua DPRD Padangsidimpuan, Dandim 0212/Tapsel, Kapolres Tapanuli Selatan, Kapolres Padangsidimpuan, Kepala RS TNI AD Padangsidimpuan, Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, Kaban Kesbang Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kaban Kesbang Kota Padangsidimpuan. [ Red/Akt-03 ]

 

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Dalam rangka memperingati HUT Kodam III/Slw ke-75 serta Hari Kebangkitan Nasional Danrem 061/SK Brigjen TNI Ahmad Fauzi S.I.P.,M.M., melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian sembako, masker dan santunan untuk anak yatim piatu dan anak-anak disabilitas yang berada di Yayasan Ar-Rahman yang berada di Gang makam RT 002 RW 05 Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Kamis (20/5).

Adapun bantuan yang diberikan kepada anak yatim piatu dan anak disabilitas yaitu berupa paket sembako, masker dan santunan tali asih, dan jumlah keseluruhan yang diserahkan yaitu sembako sebanyak 100 buah, masker 200 pc, serta 100 santunan tali asih.

Pada kesempatan tersebut Danrem yang yang hadir didampingi oleh Kapolsek Bogor Barat, Danramil Bogor Barat, Pa Bintal rem 061/sk, kasi trantib Kecamatan bubar, Lurah Cilendek, serta para Babinsa dan Babinkamtibmas, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan tersebut merupakan wujud syukur atas hari jadi Kodam III/Slw ke-75, dan semoga bantuan tersebut dapat membantu warga masyarakat yang membutuhkan, dan semoga ditengah suasana pandemi Global covid-19 ini, sinergitas antara TNI dengan warga masyarakat dapat terjalin dengan baik, dan juga diharapkan semoga TNI dan warga masyarakat tetap saling mendukung dan saling mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

” Saya selaku Komandan Korem 061/SK mengucapkan banyak terima kasih kepada semua masyarakat, yang mana dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara TNI dengan masyarakat maka tugas TNI AD dan dalam hal ini Korem 061/SK bisa terlaksana dengan baik.” Ujar Danrem menutup sambutannya.

Dan sebagai penutup rangkaian kegiatannya, Danrem menyerahkan bantuan baksos tersebut secara simbolis. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Penrem: 061/SK

Pangkat, Aktual News-Siti Apikah bin Ahmad Zen memang dikenal sebagai sosok wanita yang rendah hati, Pergaulan yang luas dan juga berjiwa sosial di lingkungan nya, beliau juga sebagai tokoh muda yang sangat mendorong generasi muda desa Pangkat untuk bangkit membangun desa.

Sejauh ini, dukungan dari lapisan masyarakat yang mendukung diri nya kian meluas, Pasal nya sebelum mencalonkan diri sebagai salah satu kontestan di Pilkades Siti Apikah telah banyak memberikan kontribusi dalam memajukan masyarakat desa, dia selalu membuka dialog untuk memberikan pencerahan agar masyarakat terutama pemuda nya untuk bangkit membangun perekonomian secara mandiri.

” Salah satu upaya untuk mencapai tujuan masyarakat yang sejahtera adalah dengan adanya Pemberdayaan masyarakat ” kata Siti Apikah
Lebih jauh Siti Apikah memaparkan ” Perbaikan kehidupan di harapkan dapat memperbaiki keadaan kehidupan setiap keluarga dan masyarakat, Program Pemberdayaan masyarakat desa di bidang ekonomi tujuan nya untuk membuat masyarakat mandiri dan juga sejahtera ” sambungnya.

Saat ini persoalan utama di desa Pangkat memang tak jauh dari soal keterbatasan informasi ke masyarakat tentang lowongan pekerjaan sangat minim bahkan tidak ada sama sekali, ini yang menjadi dilema bagi Siti Apikah untuk menjawabnya.

Sri Rahayu salah seorang warga desa Pangkat sangat berharap Siti Apikah yang bakal menang di Pilkades nanti ” Saya yakin sosok seperti Siti Apikah yang bisa memimpin di desa ini, sebab Siti Apikah paham dengan persoalan yang di hadapi desa ini ke depan ” kata nya ke Aktual News [Red/Akt-15/Mulyadi]

 

Aktual News

Serdang Bedagai, Aktual News– Usai mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan langsung me-Launching Gerakan Aksi Kasih (GAK) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (20/5/2021).

Dalam sambutannya Bupati Darma Wijaya mengemukakan selain Gerakan Amal Sholeh (GAS), Pemkab Sergai juga me-launching GAK untuk umat Nasrani serta memberikan tali kasih kepada guru sekolah Minggu yang ada di gereja-gereja di Kabupaten Sergai.

“Namun ini menjadi semangat bagi kita bersama, bahwasanya guru sekolah Minggu sudah bisa mendapatkan insentif sebesar 1,2 juta yang akan di terima dalam 3 tahapan dan semoga apa yang kita beri ini membawa manfaat sekaligus menambah semangat bagi mereka dalam menjalankan tugas mulianya,” ucap Bupati.

Saat Bupati Darma Wijaya menyebut, Gerakan Aksi Kasih ini dananya diambil dari penghasilan para ASN yang beragama Kristen di jajaran Pemkab Sergai dengan besaran 2,5% dari Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN.

“Saya tegaskan kembali kepada kita semua, jangan membeda-bedakan dalam memberikan bantuan ini dan jangan beranggapan bahwa bantuan tersebut ada kaitannya dengan politik. Urusan politik telah usai, saat nya kita sama-sama bekerja, bersinergi bahu-membahu membangun Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam melayani masyarakat dengan ikhlas dan setulus hati,” sebut Bupati.

Bupati mengajak seluruh unsur Forkopimda agar bersama-sama mengentaskan permasalahan narkoba yang akhir-akhir ini kian mengkhawatirkan di Kabupaten Sergai. Dalam hal ini kami siap untuk berkoordinasi dan membantu jajaran Polri menuntaskan penanganan narkoba ini.

“Kita selamatkan generasi muda dari bahaya narkoba, karena dapat merusak masa depan dan moral anak bangsa. Kita jangan takut untuk memberantas narkoba, yang perlu kita tindak saat ini adalah para pengedarnya. Jika jaringan pengedar narkoba tidak betah berada di Sergai maka peredaran narkoba akan terkendali. Oleh karenanya, sudah sepantasnya jaringan pengedar narkoba diberi hukuman yang berat agar tidak merusak generasi bangsa,” tegas Bupati.

Sebelumnya, Drs Fajar Simbolon dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah gereja yang ada di Sergai sebanyak 417 gereja. Sedangkan jumlah ASN yang beragama Kristen sebanyak 2011 orang. Dari 2,5% penghasilan yang di donasikan ASN ke Pemkab Sergai dapat memberikan tali kasih kepada 1 orang guru sekolah Minggu yang berada di masing-masing gereja dengan besaran sebanyak 1,2 juta dalam setahun.

Dalam kegiatan ini hadir juga, unsur Forkopimda, Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Asisiten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta perwakilan guru Minggu atau pimpinan gereja di Sergai.[ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

 

Aceh, Aktual News. Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama umat atas musibah yang melanda saudara-saudara se iman di Palestina yang di Landa peperangan oleh Zionis Israel.

Dengan keadaan masyarakat disana yang sangat memperihatinkan, hal tersebutlah yang menggugah hati umat muslim dunia bilkhsus dari Indonesia.

Kepedulian itu juga lahir dari berbagai kalangan tidak terkecuali yang ditunjukan oleh Camat Teluk Dalam beserta staf, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan kawan-kawan mahasiswa dalam wilayah Kecamatan Teluk Dalam mukim Tete Bano dan berlanjut ke mukim tala Bano, Kami (20/5)

Menurut keterangannya Penggalangan Dana tersebut di lakukan dari pintu ke pintu rumah warga, kios-kios kantor-kantor dan kantin serta warga suka rela.

Camat Teluk Dalam Supriman Juliansyah, S.Pi menyampaikan “penggalangan dana ini di lakukan dengan harapan hasilnya nanti dapat membantu meringankan beban saudara kita di Palestina dan sebagai bentuk perhatikan kita sesama manusia sudah pasti hari ini mereka membutuhkan bantuan kita, ungkapnya.

Maka oleh karena itu kami berharap kepada seluruh masyarakat agar kira nya kita mengulurkan sedikit rejeki kita mari kita berdonasi seribu dua ribu agar umat Islam di Palestina dapat tertolong, jika tidak bisa kita berikan dalam bentuk uang maka mari sama-sama kita mendoakan saudara-saudara kita”.

Penggalangan dana ini di laksanakan Dua tahap yang pertama Desa-desa dalam mukim Tete Bano dan Insyaallah besok hari jumat 21 Mei kita laksanakan di mukim Tala Bano.

Kurniawan selaku Tokoh Pemuda berharap agar Giat serupa dapat dilakukan di wilayah Kecamatan lainnya di Simeulue, demi saudar-saudara kita di Palestina. Release by Kurniawan. [Red/Akt-25/As]

 

Aktual News

 

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Dewan Pers (DP) akhirnya melayangkan surat undangan kepada Pemimpin Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) dengan portal resmi www.pewarta-indonesia.com. Surat undangan tertanggal 11 Mei 2021 yang bertajuk ‘Undangan Penyelesaian Pengaduan Ke-2’ itu diterima Pimred KOPI, Wilson Lalengke, pada Selasa 18 Mei 2021. Lalengke bersama sejumlah pemimpin redaksi lainnya, seperti Pimred Media News Metropol, diharapkan hadir secara online pada Kamis, 20 Mei 2021.

Dalam surat undangan itu disampaikan bahwa DP mengundang para pimred untuk penyelesaian pengaduan dari Nico yang mewakili Mimihetty Layani yang merasa keberatan atas pemberitaan di media (salah satunya KOPI – red) berjudul ‘Soal Kisruh PT. Kahayan Karyacon, Akhirnya Direktur Leo Handoko Buka Suara’ [1]. “Menurut Pengadu, berita yang diadukan tidak sesuai fakta serta merugikan Pengadu. Teradu juga tidak melakukan klarifikasi kepada Pengadu,” kata DP dalam suratnya.

Merespon surat undangan DP yang ditanda-tangani oleh Arif Zulkifli tersebut, Wilson Lalengke, menyatakan pihaknya telah membalas suratnya dan memberikan jawaban tegas seperlunya. “Sebenarnya saya tidak ingin menanggapi undangan semacam itu, namun ada hal yang mesti disampaikan kepada DP agar mereka lebih cerdas dalam merespon pengaduan dari pihak-pihak tertentu, terutama para pengusaha yang memiliki muatan kepentingan bernuansa keserakahan dan keangkuhan,” ungkap Lalengke yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) ini, 19 Mei 2021.

Untuk memperjelas isi jawaban terhadap undangan DP tersebut, Lalengke menyertakan surat jawaban, lengkap dengan lampirannya, kepada pewarta media ini. Berikut jawaban lengkapnya:

Jakarta, 18 Mei 2021

Nomor: 141/KOPI/U/V-2021
Lamp.: 1 (satu) set
Hal: Jawaban Pengaduan Nico ke Dewan Pers

Kepada Yth.
Saudara Ketua Dewan Pers
di- Jakarta

Dengan hormat,

Menanggapi surat Saudara nomor 365/DP/K/V/2021, tertanggal 11 Mei 2021, perihal Undangan Penyelesaian Pengaduan Ke-2, bersama ini kami sampaikan jawaban sebagai berikut:

1. Kami hanya akan menghadiri undangan penyelesaian pengaduan secara off-line alias tatap muka langsung dengan para pihak, baik di kantor Dewan Pers maupun di tempat lain (netral) yang ditentukan.

2. Nico bukanlah pihak yang dirugikan, dia tidak punya kapasitas untuk menyelesaikan masalah pemberitaan karena dia adalah pihak lain yang tidak ada kaitannya dengan materi berita. Nico bukan pihak yang mengalami langsung, melihat, merasakan, maupun mendengar fakta yang terjadi, yang menjadi materi berita, sehingga dia tidak dapat merepresentasekan para pihak yang diberitakan, yakni Mimihetty Layani, Soedomo Mergonoto, dan Christeven Mergonoto. Oleh sebab itu, kami hanya akan menghadiri undangan penyelesaian bersama dengan Dewan Pers apabila pihak pengadu (Mimihetty Layani, Soedomo Mergonoto, dan Christeven Mergonoto) hadir dalam pertemuan dimaksud, tidak diwakilkan kepada siapapun.

3. Untuk informasi bagi Saudara bahwa kami, bersama puluhan wartawan lainnya, telah ‘mengejar’ untuk wawancara Mimihetty Layani, Christeven Mergonoto, Paulus bersama istrinya, dan Nico, untuk mengkonfirmasi dan meminta tanggapan terkait berbagai isu yang beredar selama ini di kalangan wartawan tentang kisruh Dewan Direksi versus Dewan Komisaris PT. Kahayan Karyacon, pada hari Selasa tanggal 16-02-2021 di PN Serang, Banten. Namun, dengan berbagai dalih, mereka semua menolak wawancara dan tidak bersedia memberikan tanggapan sama sekali. Oleh karena itu, jika sekarang mereka melayangkan pengaduan ke Dewan Pers terkait pemberitaan tersebut, ini dapat dipandang sebagai suatu kebodohan akut yang diderita para pengadu.

4. Berhubungan dengan poin 3 di atas, semestinya Saudara lebih jeli dan cerdas dalam menerima dan merespon pengaduan dari warga seperti Mimihetty Layani, dkk. Jangan karena mereka pengusaha Kopi Kapal Api yang memiliki banyak uang, Saudara dengan mudah mengakomodir pengaduan mereka.

Sebagai referensi Saudara, berikut kami lampirkan foto KTA Peradi atas nama Nico yang ditunjukkannya pada saat ‘dikejar’ wawancara bersama Mimihetty Layani cs, dan berkas pemberitaan terkait kehadiran Nico dan Mimihetty Layani di PN Serang pada Selasa (16-02-2021).

Demikian Surat Jawaban ini kami sampaikan, atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Pemimpin Redaksi
Koran Online Pewarta Indonesia,

Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA

Lebih lanjut Lalengke mengatakan bahwa SDM para pengelola DP itu amat memprihatinkan. Pasalnya, sesaat Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu menerima surat undangan melalui nomor WhatsApp-nya, dirinya langsung meminta nomor kontak Nico untuk berkomunikasi mempertanyakan pengaduan yang bersangkutan, dan kapasitasnya sebagai pengadu. “Berkali-kali saya telepon orang DP itu, nada dering masuk, tapi pemegang handphone yang konon bernama Astrid tidak mengangkat atau menjawab telepon saya. Saya berpikir positif saja, mungkin hantu yang kirim surat undangan DP via nomor WA saya tadi, nyatanya saat ditelepon dan dikirim pesan WA tidak dibalas atau sekedar direspon dengan icon sekedarnya,” beber Lalengke keheranan.

Surat undangan kedua inipun, tambah Lalengke, sangat aneh. Dia merasa tidak menerima surat pertama, tiba-tiba mendapat surat undangan ke-2. Namun, dia menduga bahwa surat undangan pertama, jika memang ada ke redaksi KOPI, pasti isinya sama dengan undangan yang dikirimkan kepada pimred Bratapos.Com dan lainnya yang pernah diteruskan kepada dirinya.

“Tapi dari dua kali pengiriman surat undangan itu terlihat jelas bahwa kinerja DP benar-benar jeblok. Di surat undangan pertama, pihak pengadu yang keberatan atas berita berjudul ‘Soal Kisruh PT. Kahayan Karyacon, Akhirnya Direktur Leo Handoko Buka Suara’ itu adalah PT. BRI dan BRI Cash [2]. Lha, tiba-tiba di surat undangan kedua, pengadu telah berganti orang? Administrasinya itu benar-benar amburadul bin acak-kadut ala lulusan taman kanak-kanak. Saya amat prihatin…” pungkas Lalengke prihatin. (APL/Red)

Catatan:

[1] Soal Kisruh PT. Kahayan Karyacon, Akhirnya Direktur Leo Handoko Buka Suara; https://pewarta-indonesia.com/2021/03/soal-kisruh-pt-kahayan-karyacon-akhirnya-direktur-leo-handoko-buka-suara/

[2] Dihajar Badai Bertubi-tubi, DP Makin Aneh dan Linglung; https://pewarta-indonesia.com/2021/05/dihajar-badai-bertubi-tubi-dp-makin-aneh-dan-linglung/

Labuhanbatu, Aktual NewsDiawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan do’a selamat, Pj Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.pi, M.Si, membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 dan Festival Nasyid ke-35 tahun 2021 tingkat Kabupaten Labuhanbatu, di Kecamatan Bilahbarat, Rabu malam 19/5/2021.

Turut hadir mendampingi Pj.Bupati kala itu, PJ.Ketua TP.PKK, Sutiar Ningsih S.Pi, Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Para Kepala OPD, Ketua DPRD Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar,SH, Dandim 0209/lb, dan Polres Labuhanbatu, Kakankemenag Labuhanbatu Drs.Safiruddin, Para Camat se-kabupaten Labuhanbatu beserta perangkat, tokoh pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat sekitar.

“Dengan momentum MTQ ini, mari kita tingkatkan kecintaan kita kepada Al-qu’ran,” ujar PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, dalam sambutannya.

Muliyadi juga mengimbau masyarakat untuk menyemarakkan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan ini. Momen ini diharapkan dapat menambah keimanan kita pada tuhan, dan membiasakan budaya membaca qur’an. Dengan mengucapkan Bismillah MTQ ke 50 dan Festival Nasyid ke-35 tingkat Kabupaten Labuhanbatu resmi dibuka. selamat bertanding bagi para kontingen, tunjukan yang terbaik buat masyarakat labuhanbatu.tegasnya.

Disesi yang sama,Camat Bilahbarat M.Noor Putra BF, ST, selaku tuan rumah penyelenggara mengatakan, bahwa kegiatan MTQ ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Dalam kondisi ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan mengacu pada standar protokol kesehatan.

“Untuk pelaksanaan MTQ ini kita tidak bosan-bosanya mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan. Sesuai aturan pemerintah yaitu 4M, Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menjahui kerumunan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Noor itu berharap, dengan kegiatan MTQ ini agar dapat kembali menghidupkan fungsi Al-qu’ran dan menjadi pedoman hidup manusia yang beriman untuk selamat dunia dan akhirat.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana kegiatan H.Husni Tamrhin menyampaikan adapun jumlah peserta pada Cabang MTQ berjumlah 343 orang yang terbagi 173 orang laki-laki, 170 orang perempuan, dan untuk festival nasyid berjumlah 241 peserta, 115 orang laki-laki dan 126 peserta perempuan, sedangkan dewan hakim dan juri terdiri dari 67 orang.

Rangkaian kegiatan malam ditandai dengan penekanan sirine oleh PJ.Bupati Labuhanbatu didampingi yang sebelumnya di isi dengan tarian drama kolosal oleh sanggar tari binaan PJ, Ketua TP.PKK Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Jambe, Aktual News-Majunya Ujang Efendi sebagai calon kepala desa dengan Nomor Urut 04, Desa Kutruk Kec Jambe Kab, Tangerang dengan membawa Visi :

Mewujudkan pemerintahan desa yang baik dan bersih, serta hadir lebih dekat lagi untuk melayani masyarakat demi terwujudnya desa kutruk yang aman damai serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan agama yang berahlakul karimah.

Dengan misi :

A. Meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat.

B. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang bersih terbebas dari korupsi, serta bentuk-bentuk penyelewengan dan penyalahgunaan lainnya.

C. meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penciptaan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya dengan berbasiskan potensi wilayah ( zona industri ), untuk menekan angka pengangguran warga masyarakat desa Kutruk.

D. Meningkatkan pelayanan masyarakat dengan mengedepankan kendaraan operasional desa selama dua puluh empat ( 24 ) jam, selain visi dan misi yang diusung Ujang Efendi calon kades nomor urut 04, Ujang Efendi juga berpegang dengan motto ” BERJUANG BERSAMA MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN DESA KUTRUK” menuju perubahan dengan meningkatkan sumber daya manusia ( SDM ), dan pemberdayaan masyarakat karena masyarakat adalah ujung tombak kemajuan desa khususnya desa kutruk Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang.[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua Komite 1 DPD-RI Fachrul Razi MIP mengapresiasi capaian 100 hari program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah berjalan dengan baik semenjak ia dilantik menjadi Kapolri Januari lalu menggantikan Jenderal Purnawirawan Idham Aziz.

Senator asal Aceh tersebut mengatakan bahwa pencapaian dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu dapat tercapai karena ia mengedepankan upaya keadilan restorative justice yang merupakan sebuah pendekatan yang bertujuan mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, dan sering pula melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum. Konsep pendekatan seperti ini menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri ujar Fachrul Razi melalui siaran persnya. (19/05/2021)

“Pendekatan restorative justice merupakan sebuah terobosan cemerlang yang dilakukan oleh Kapolri dalam 100 hari program prioritasnya, dari data yang saya terima terdapat setidaknya 1.864 kasus yang telah ditangani dengan menggunakan pendekatan tersebut dan hasilnya sangat baik dalam masyarakat” Jelas Fachrul Razi.

Ia mengatakan bahwa kinerja yang telah dicapai oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus diapresiasi oleh seluruh komponen karena itu merupakan program presisi Kapolri yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan dengan pendekatan-pendekatan yang humanis.

Fachrul Razi menuturkan bahwa terdapat 16 program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo antara lain yaitu penataan kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan SDM Polri yang unggul di era police 4.0, perubahan teknologi kepolisian modern di era police 4.0, pemantapan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, peningkatan kinerja penegakan hukum, pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, menjamin keamanan program prioritas nasional, penguatan penanganan konflik sosial, peningkatan kualitas pelayanan publik Polri, mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi, pemantapan komunikasi publik, pengawasan pimpinan dalam setiap kegiatan, penguatan fungsi pengawasan, dan pengawasan oleh masyarakat pencari keadilan (public complaint).

Komite 1 DPD RI yang menjadi mitra Kepolisian Republik Indonesia secara kelembagaan berharap kepada seluruh elemen masyarakat harus lebih aktif dalam mengambil peran bagian untuk menyukseskan program Presisi dari Kapolri, Kapolri beserta jajaran sangat membutuhkan kerjasama serta dukungan dari masyarakat.

“Sebagai masyarakat kita semua harus ikut andil dalam menyukseskan program dan pencapaian Kapolri sesuai porsi kita masing-masing contohnya seperti saat berlalu lintas agar terbangun kesadaran untuk tidak melanggar aturan lalu lintas karena saat ini rata-rata sudah terpasang kamera pengawas di jalanan, itu merupakan salah satu cara mengubah perilaku masyarsakat tanpa harus adanya penekanan serta tindakan langsung di lapangan karena semuanya telah memakai sistem Elektronik. Jelas Fachrul Razi. [*]

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Maling sepeda motor menjadi bulan-bulanan warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Pasarbatang, setelah aksinya tertangkap tangan. Rabu (19/5/2021).

Disampaikan Danramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, Kapten Armed Zaenal Abidin, kejadian terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, pelakunya berinisial A (37), salah satu warga kecamatan tetangga, yaitu warga Kecamatan Wanasari.

“Melihat kunci kontak yang masih menempel di sepeda motor milik warga setempat, Rizqi, yang terparkir di depan rumah, pelaku langsung menghidupkan Honda Supra dengan Nopol G 5177 DG, dan berusaha melarikannya,” terangnya.



Namun naas bagi pelaku, korban yang melihat aksi curanmor itu langsung berteriak maling sehingga memancing perhatian warga. Karena panik dan dihadang warga, pelaku meninggalkan motor korban dan lari menghindari kejaran warga.

Pelaku belum sempat lari jauh karena berhasil ditangkap, diikat menggunakan tali, dan menjadi bulan-bulanan warga.

“Beruntung tim gabungan Satreskrim Polres Brebes dan Polsek Brebes cepat tiba di TKP sehingga pelaku berhasil diamankan dari amuk warga lebih lanjut,” sambungnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Hadi Handoko, membenarkan kejadian tersebut dan kini pelaku telah diamankan di Mapolres Brebes proses hukum lebih lanjut.

Pelaku akan terjerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Guna mengikut perhelatan dalam menegakkan nilai-nilai syi’ar Islam yang terkandung dalam Kalam Illahi, Agenda religi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 50 dan Festival Nasyid ke-35 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang diselenggarakan di lapangan SMKN 2 Rantau Prapat Kelurahan Aek Paing Kecamatan Bilahbarat Rabu (19/5/2021).



Sebelum dilakukan pembukaan acara MTQ ke XXXXX diawali dengan pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Hakim dan juri Tilawatil Qur’an oleh PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,SPI, M.Si.

Dalam bimbingan dan arahannya, PJ.Bupati mengatakan Dewan Hakim adalah figur terpercaya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang akan menentukan hasil dari pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten di tahun 2021 ini. Seperti diketahui tugas beserta tanggung jawab tersebut tentunya tidak mudah karena berkaitan dengan harapan berbagai pihak.



“Saya yakin Dewan Hakim yang terpilih merupakan orang yang mempunyai kompetensi dan mampu melaksanakan tugas secara obyektif dan professional. Semoga amanah yang telah diberikan dapat dipertanggung jawabkan baik secara pribadi, pada masyarakat dan utamanya pada Allah SWT,”ucapnya.

Muliyadi juga menjelaskan, MTQ ini merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa. Namun jangan dianggap bahwa ini sebuah tradisi tanpa ada pesan dakwah Islam didalamnya. Bahkan tujuannya selain memberikan yang terbaik bagi daerah juga peningkatan minat generasi muda dalam membaca Al-qur’an serta akan menambah pengetahuan masyarakat akan pentingnya Al-qur’an.



Muliyadi mengharapkan, perhatian dari semua pihak, terutama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sebagai lembaga yang berkompeten dalam pengembangan kegiatan Tilawatil Quran, bahwa kualitas perhakiman, sistem penilaian dan pelaksanaan MTQ harus makin baik dari waktu ke waktu. Dengan tujuan ke depan diharapkan LPTQ mampu menggali potensinya.

“Karena saya yakin seluruh kecamatan yang ada di kabupaten ini memiliki potensi yang sama dalam hal kualitas sumber daya manusia guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang maju, modern dan religius dalam kehidupan yang damai, berkeadilan dan sejahtera,” ujar Muliyadi

Diakhir sambutan, Muliyadi berpesan kepada para kafilah yang akan bertanding, semoga keikutsertaan dalam MTQ kali ini dapat membawa manfaat dan maslahat, tidak hanya bagi pribadi saja, tetapi juga masyarakat luas yang ada di Kabupaten Labuhanbatu .

“Kepada panitia penyelenggara, Dewan Hakim dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan penyelenggaraan seluruh rangkaian MTQ ditengah new normal covid-19 ini. Pertahankan terus semangat ini, mudah-mudahan pengorbanan tersebut akan menjadi amal saleh bagi kita dan mendapat barokah dari Allah SWT

 

Rangkaian acara dimaksud diisi dengan upacara pembukaan MTQ, dilanjutkan dengan pengibaran bendera LPTQ dan LASQI serta penyerahan biala bergilir LPTQ dan LASQI dari Camat Bilahulu kepada PJ.Bupati selanjutnya di serahkan kepada Camat Bilahbarat dan pengambilan sumpah para hakim dan juri.

Terlihat hadir mengikuti upacara pembukaan MTQ ke 50, PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.Pi, M.Si, ketua TP.PKK Labuhanbatu Sutyar Ningsih S.Pi, Ketua DPRD Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar,SH, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap,SE, MTr, HAN, Kasat BINMAS Polres Labuhanbatu, AKP, Abdurrahman Manurung, Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Kakankemenag Labuhanbatu Drs.Syafiruddin, Para Camat Se-kabupaten Labuhanbatu, Para Kades dan lurah se-kabupaten Labuhanbatu, dan para perwakilan Kafilah dari sembilan Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu. (Rahmad)
Diberdayakan oleh Blogger.