NUSANTARAEXPRESS, KOTIM - Seorang laki-laki mantan Disertir inisial AR (41 tahun) diamankan Personil Satuan Reserse Narkoba Polres Kotim, jajaran Polda Kalteng, bertempat di Jalan Bata Merah (barak Kontrakan bpk. Muhammad) pintu No.01 Rt.030 Rw.011 Kelurahan Sawahan, Kecamatan MB. Ketapang, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng.

Pada pengungkapan tersebut dari tangan Pelaku inisial AR (41 Tahun) di TKP, berhasil diamankan barang bukti berupa 16 Paket bungkusan plastik klip yang diduga berisi narkotika jenis sabu dengan total berat kotor 5,57 gram, Kamis (20/05) 08.40 Wib.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, S.I.K, M.Si melalui Kasat Narkoba Polres Kotim AKP Syaifullah, S.H.M.H, berdasarkan laporan Kejadian, mengatakan bahwa telah melakukan pengungkapan Pelaku pengedar Narkoba inisial AR (41 Tahun) berawal dari Informasi dari masyarakat, tentang Pelaku Pengedar narkotika jenis Sabu didaerah tersebut.

Dari kegiatan penyelidikan terhadap informasi tersebut, Anggota Sat Resnarkoba mengamankan Pelaku AR yang ketika itu sedang berada di TKP pada alamat tersebut diatas, setelah ditunjukan Surat Tugas kemudian dilakukan penggeledahan disaksikan Ketua RT setempat, Petugas berhasil menemukan 16 bungkus plastik klip kecil yang diduga berisi sabu di dalam sebuah dompet kecil warna merah muda yang berada didalam kantong celana depan sebelah kanan yang saat itu dikenakan oleh AR, selain itu didalam dompet kecil warna merah muda ditemukan juga 1 buah pipet kaca kemudian diamankan juga 1 unit HP merk Nokia warna hitam dari dalam kantong celana sebelah kiri, selanjutnya AR beserta barang bukti diamankan ke Polres Kotim untuk proses sidik lebih lanjut.

Kasat Narkoba menambahkan bahwa AR (41 Tahun) ini adalah mantan Desertir yang telah diberhentikan Tidak Dengan Hormat (PTDH) dari Kedinasan Polri sekitar tahun 2016, karena Kasus Positif Pengguna Narkoba dan Meninggalkan Tugas (Desersi).

Atas perbuatan Pelaku inisial AR (41 Tahun) diduga telah melanggar Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika, diancam penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, dan pidana denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 dan paling banyak Rp10.000.000.000,00. [Humas-Spt]

 

Editor MISLAM

NUSANTARAEXPRESS, RIAU – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang selama ini menjadi buah bibir di kalangan jurnalis Indonesia mendapat penilaian tersendiri dari Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 yang juga sebagai Ketua  Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) yang mempunyai hobi menulis ini.

Ketika disodorkan daftar Lembaga Uji Kompetensi (LUK) dari DP, Wilson yang dikenal kritis dan pemerhati serta banyak membela hak jurnalis di Indonesia ini memberikan tanggapan sedikit menggigit yang selama ini sudah mubal di media sosial dan dunia maya. Melalui pesan WhatsApp, Minggu (23/05/21) Wilson menjelaskan dengan gamblang.

Berikut isi tanggapan Ketua Umum PPWI terkait Lembaga Uji Kompetensi  afiliasi DP;

  1. Istitusi di daftar itu lebih tepat disebut Lembaga Uji Kompetensi (LUK), bukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).

  2. LUK tidak punya dasar hukum yang jelas dalam sistim perundangan Indonesia, sementara LSP merupakan amanat UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

  3. Logo sertifikat dari LUK adalah bunga kamboja aka bunga kuburan, sedangkan logo sertifikat dari LSP berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah Garuda Pancasila.


Ketika ditanya, mana yang harus dipakai?

Semuanya terpulang kepada publik, baik wartawan maupun masyarakat umum, mau sertifikat resmi dari NKRI atau sertifikat uka-uka dari lembaga partikelir DP.

[Red]

Bogor, Aktual News-Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. selaku Komandan Korem 061/SK pimpin Upacara tradisi Pelepasan pemberangkatan Prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Papua Yonif 315/Grd dibawah pimpinan Letkol Inf Suryanto yang dilaksanakan di Mako Yonif 315/Grd Jl.Mayjen Ishak Gunung Batu Bogor Barat Kota Bogor, Minggu (23/5).

Dengan menggunakan armada Yonif 315/Grd, 400 Prajurit Satgas Pamrahwan Papua siap diberangkatkan menuju Konlinlamil, yang selanjutnya akan diberangkatkan menuju Papua esok hari dengan menggunakan KRI

Dalam sambutanya, Danrem mengucapkan Selamat atas terpilihnya prajurit Yonif 315/Grd sebagai Satgas Pamrahwan di wilayah Papua, di mana penugasan yang dipercayakan kepada Yonif 315/Grd adalah suatu perintah yang sangat membanggakan bagi semua personel TNI termasuk prajurit Yonif 315/Grd yang akan melaksanakan tugas di daerah rawan Papua periode 2021.

Selaku Danrem 061/Sk Brigjen TNI Ahmad Fauzi menekankan agar prajurit Satgas pamrahwan melaksanakan tugas dengan tetap memegang teguh Sapta Marga Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta melaksanakan sikap teritorial dengan bersikap sopan santun dan Profesional. TNI selalu dituntut kesiapannya untuk mengamankan wilayah NKRI. Untuk itu, saya berharap agar Satgas Yonif 315/Grd juga dapat menjaga keamanan Papua dengan pendekatan kesejahteraan, kemudian cari, dekati dan layani untuk masyarakat Papua yang membutuhkan bantuan serta pendekatan
melalui kegiatan baksos , pengobatan, pelayanan rohani , program ketahanan pangan ( pertanian dan peternakan ), pembinaan bagi putra putri Papua utk persiapan masuk TNI , Polri maupun ASN.

Selalu bersama sama dg Toga,Tomas dan pimpinan Wilayah baik itu Pendeta , Kepala Suku /Tokoh Adat , Pimpinan wilayah utk bersama sama bekerja dan bekerja bersama sama.

Dan kemudian cari, dekati dan hancurkan orang orang atau kelompok yg berbeda pendapat/pandangan , terutama KKB dan Kelompok Separatis Teroris yang tidak mau menyerah supaya di hancurkan.
hal tersebut disampaikan oleh Danrem.

“ Laksanakan tugas yang dipercayakan ini dengan sebaik-baiknya, jaga kehormatan diri, Satuan, nama baik Yonif 315/Grd dan khususnya TNI-AD. Hindari hal-hal yang mengarah kepada kesalahan prosedur, pelanggaran hukum dan lain sebagainya yang dapat menjatuhkan citra TNI dan khususnya Yonif 315/Grd.” tambahnya.

“Saya berharap kepada seluruh prajurit Satgas Pamrahwan Papua Yonif 315/Grd periode 2021 untuk tetap utamakan kewaspadaan dan keselamatan, selalu melakukan pengamanan personel dan materiil, baik selama pergeseran pasukan maupun selama bertugas di daerah operasi, berangkat dengan 400 personil pulang pun harus lengkap 400 personil,”ujarnya.

” Selamat bertugas Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan lindungan dan keselamatan kepada kita semua. Kobarkan terus semangat pantang menyerah, rela berkorban dan senantiasa memiliki keunggulan moral dalam pelaksanaan tugas operasi, karena Tugas ini adalah demi bangsa dan negara yang kita cintai.” pungkasnya.

Selain Brigjen TNI Ahmad Fauzi Walikota Bogor Dr.Bima Arya Sugiharto juga memberikan sambutannya, yang mana dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa selaku Walikota Bogor ia sangat bangga dengan Yonif 315/Grd karena merupakan satuan kebanggaan Kota Bogor, dan Ia berharap semoga Yonif 315/Grd sukses selalu dalam setiap pelaksanaan tugas.

” Saya selaku Walikota Bogor dan forkopimda Kota Bogor memastikan kebutuhan keluarga yang ditinggalkan. dan yang dibutuhkan Insyaallah akan kita layani, semoga dalam melaksanakan tugasnya Satgas pamrahwan Yonif 315/Grd yang selama 9 bulan kedepan m, bisa kembali dengan selamat dan berkumpul kembali dengan keluarga.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Roby bulan Dandim 0606/Kota Bogor, Kombes Pol Susatyo Condro Kapolres Bogor Kota, Kasrem 061/Sk , para Kasi Korem 061/Sk, , Kabalak Aju Jajaran Korem 061/Sk, Ketua Persit Kck Koorcab Rem 061/Sk beserta pengurus. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

Jayanti,Aktual NewsSetiap gelaran Demokrasi pasti di tandai semaraknya Poster atau baliho dari para Calon penguasa entah itu Pilpres, Pilgub, Pilbub bahkan Pilkades sekalipun pasti perang baliho atau poster di setiap sudut perkampungan bahkan sudut keramaian sekalipun.

Di gelaran Pilkades serentak Kabupaten Tangerang 2021 ini tampak ada yang aneh dan bikin heran, yaitu di desa Pasir Gintung kecamatan Jayanti, desa yang paling ujung di Kabupaten Tangerang ini dalam tahapan sosialisasi para calon Kades nya terkesan lengang dan sepi tanpa di hiasi Poster poster dan baliho dari masing masing kontestan Pilkades.

Mengherankan memang, jika di desa tetangga nya banyak perang baliho atau Poster tapi desa Pasir Gintung sepi dan biasa biasa saja, apa sebenar nya ada kesepakatan dari para calon kades yang berjumlah 3 orang atau memang intruksi dari Panitia Pilkades itu sendiri yang melarang ada nya baliho atau poster yang terpampang.

Menyikapi keanehan yang tidak seperti biasa nya itu perlu pertanyaan besar kepada para calon kades di Pasir Gintung ini apa sebenar nya yang mereka sajikan untuk menyukseskan gelaran Pilkades di desa Pasir Gintung ini, menyesuaikan situasi bangsa yang dilanda pandemi Covid atau memang sengaja menghemat anggaran Pribadi di saat Pandemi Covid sekarang ini.

Menurut salah seorang Calon kades yang berhasil ditemui media, mengatakan ” Ini suatu kedewasaan berpolitik tanpa harus mengedepankan emosional ” katanya kepada media pada Minggu siang (23/05/2021).[Red/Akt-15/Mulyadi]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-Camat Pangkatan Hulwi SE, memantau berjalanya pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Desa Kampung Padang di Aula Kantor Kepala Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara pada Minggu (23/6/2021) sekira pukul 10.00 WIB.

Selain mantau pembagian, Hulwi juga memberikan langsung secara simbolis kepada penerima BLT DD, di Aula kantor Kapala Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan.

Hulwi mengatakan bahwa penerima BLT -DD Desa Kampung Padang adalah Kepala Keluarga (KK) yang berdomisili di beberapa dusun yang ada di Desa Kampung Padang.

Camat tersebut juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker jika keluar rumah, hidari kerumunan. “Harus rajin mencuci tangan serta selalu menjaga kesehatan agar kita semua terhindar dari Covid 19 yang kita tak tau kunjung selesai,” pesan kepala desa.

Salah satu warga berinisial S mengucapkan terimah kasih atas bantuan ini. “Karena dengan bantuan ini sangat membantu kami apa lagi ini disaat anak anak masuk sekolah, jadi bantuan ini sangat membantu kami untuk membelikan kebutuhan sekolah anak anak,” jelasnya.

Masih keterangan S, juga mengucapkan terimah kasih kepada kepala desa, camat.dan pemerintah pusat yang telah membantu kami di masa wabah Virus Corona (Covid-19). “Kami warga yang bisa di bilang kurang mampu sangat terdampak pandemi Covid-19, pencaharian kami sangat merosot pada saat ini,” terangnya.

Dalam kegiatan itu selain Camat dan kepala desa beserta kaurnya, hadir dilokasi Pendamping desa Debi boru Lubis, Bahbinkamtimmas Aiptu Saparuddin dari Polsek Negeri Lama, Babinsa Serda Dedi Setiadi dan Koramil 09/NL dan seluruh penerima bantuan tersebut. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

Jakarta, Aktual News – Penjualan vaksin Covid-19 secara ilegal yang dilakukan 2 dokter dan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumatera Utara, dikecam Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya perbuatan tersebut tak bisa dibenarkan.

Senator asal Jawa Timur menyesalkan tindakan oknum-oknum yang menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi di saat pandemi.

“Perbuatan dokter dan ASN di Sumatera Utara yang menjual vaksin Covid-19 secara ilegal, sangat mencederai rasa kemanusiaan. Apalagi dilakukan di saat kita melawan wabah agar bisa segera keluar dari pandemi,” ujar LaNyalla, Sabtu (22/5/2021).

Para pelaku diketahui memanfaatkan jatah vaksin untuk tenaga Lapas dan warga binaan untuk dijual ke pihak lain. Pelaksanaan vaksinasi ilegal dengan nilai suap sebesar Rp 238,7 juta itu, telah melanggar program vaksinasi pemerintah.

“Tindakan ini merusak alur pemberian vaksin. Dan vaksin yang dijual Rp 250 ribu per dosisnya tersebut telah diberikan kepada 1.085 orang secara ilegal,” tutur LaNyalla.

Yang membuat LaNyalla tambah geram, tindakan ini dilakukan oleh oknum-oknum yang bekerja secara stabil ekonominya dan dibantu seorang perantara.

“Dokter kan penghasilan cukup, ASN juga bukan salah satu profesi yang tidak terlalu terdampak pandemi secara ekonomi. Tapi saya betul-betul menyayangkan apa yang dilakukan pelaku karena mereka masih mencoba mencari keuntungan di saat pelaku UKM, orang-orang yang bekerja di sektor usaha, hiburan, dan lainnya mencoba bertahan hidup di tengah pandemi,” papar LaNyalla.

Untuk itu, mantan Ketum PSSI ini meminta agar polisi mengungkap tuntas kasus yang telah menjadi perhatian publik itu.

“Polisi bekerja sama dengan Satgas Covid-19 daerah harus ketat melakukan pengawasan. Karena dikhawatirkan dugaan korupsi ini terjadi di daerah lain. Kita harus sama-sama memastikan program vaksinasi berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Kepada masyarakat, LaNyalla meminta agar bersabar menunggu pemberian vaksin. Ia mengingatkan pemerintah telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh rakyat.

“Bahkan Presiden Joko Widodo terus berupaya mengamankan stok vaksin. Tapi karena jumlah warga negara kita kan banyak, jadi memang memerlukan waktu. Tapi percayalah, semua pasti akan mendapatkan jatah vaksin sesuai dengan waktunya. Pemerintah sudah memperhitungkan sebaik mungkin,” katanya.

Ia juga meminta kepada seluruh senator untuk memantau secara ketat pelaksanaan vaksinasi di daerah binaannya masing-masing. Para anggota DPD RI diharapkan selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat di daerah.[ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

KETERANGAN FOTO : Ketua DPD RI bersama Senator Sylviana Murni asal DKI Jakarta melakukan proses Vaksinasi Nusantara di Cell Culture RSPAD Gatot Subroto yang dilakukan oleh DR. Terawan, 21 April 2021, yang lalu.

Labuhanbatu, Aktual News-Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Pangkatan, Kecamatan Pangkatan, Labuhanbatu, Sumatera Utara menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 sebesar Rp300 ribu.

Penyaluran BLT-DD berlangsung di balai desa setempat, Sabtu (23/05/201) dihadiri Camat Pangkatan Hulwi SE, Kepala Desa (Kades) Pangkatan Hazrul Selamat Rambe, perangkat desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa.

Hazrul menegaskan, BLT-DD diperuntukan bagi warga miskin terdampak COVID-19 serta belum mendapat bantuan seperti PKH, BPNT, BST, JPS dan segala bentuk bantuan lainnya.

Dia berpesan agar warga menggunakan bantuan ini untuk membeli kebutuhan pokok serta kebutuhan sehari-hari lainnya.

Soritua Harahap, warga penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan meminta pemerintah agar selalu memperhatikan masyarakat yang tidak mampu.

Binsar Rambe, Babinsa Kecamatan Pangkatan menyampaikan, pembagian BLT-DD berjalan dengan lancar dan aman serta menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Disisi lain, Camat Pangkatan Hulwi berpesan kepada masyarakat penerima BLT untuk memanfaatkan bantuan yang diterima dengan sebaik-baiknya, ” masa pandemi Covid-19 ini segala sesuatunya harus diperhitungkan, karena begitu besar dampaknya terhadap perekonomian, dari itu gunakanlah uang tersebut dengan sebaik-baiknya”, ucap camat. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Pangkatan, Kecamatan Pangkatan, Labuhanbatu, Sumatera Utara menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 sebesar Rp300 ribu.

Penyaluran BLT-DD berlangsung di balai desa setempat, Sabtu (23/05/201) dihadiri Camat Pangkatan Hulwi SE, Kepala Desa (Kades) Pangkatan Hazrul Selamat Rambe, perangkat desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa.

Hazrul menegaskan, BLT-DD diperuntukan bagi warga miskin terdampak COVID-19 serta belum mendapat bantuan seperti PKH, BPNT, BST, JPS dan segala bentuk bantuan lainnya.

Dia berpesan agar warga menggunakan bantuan ini untuk membeli kebutuhan pokok serta kebutuhan sehari-hari lainnya.

Soritua Harahap, warga penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan meminta pemerintah agar selalu memperhatikan masyarakat yang tidak mampu.

Binsar Rambe, Babinsa Kecamatan Pangkatan menyampaikan, pembagian BLT-DD berjalan dengan lancar dan aman serta menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Disisi lain, Camat Pangkatan Hulwi berpesan kepada masyarakat penerima BLT untuk memanfaatkan bantuan yang diterima dengan sebaik-baiknya, " masa pandemi Covid-19 ini segala sesuatunya harus diperhitungkan, karena begitu besar dampaknya terhadap perekonomian, dari itu gunakanlah uang tersebut dengan sebaik-baiknya", ucap camat. (Rahmad)

Surabaya, Aktual News Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memantu pos penyekatan pasca larangan mudik di Suramadu, Sabtu (22/5/2021). Dia sempat berbincang dengan sejumlah petugas gabungan di lokasi. Kepada Eri mereka sampaikan, ada dua orang pengendara dari 34 orang yang dites secara acak dinyatakan reaktif hasil swab antigen.

Kepada wartawan Eri pun memastikan bahwa dua dari 34 pengendara yang dinyatakan reaktif itu datang dari Madura. “Selanjutnya mereka dibawa ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Eri.

Seperti diketahui, pasca larangan mudik, petugas masih memberlakukan tahap pengetatan di titik penyekatan termasuk di titik pemeriksaan Suramadu. Masa pengetatan ini akan berlangsung sampai Senin (24/5/2021) lusa.

Selain pengecekan kelengkapan surat ijin keluar masuk bagi para pengemudi kendaraan selain plat L dan W, terhadap para pengendara itu juga diterapkan tes usap antigen secara acak. Eri bilang, Pemkot Surabaya menyediakan sekitar seribu alat swab antigen di pos penyekatan Suramadu.

Setiap harinya, kata dia, petugas gabungan di pos penyekatan itu akan melakukan tes swab antigen secara acak terhadap pengendara. Wali Kota Surabaya itu juga bilang, ini merupakan bentuk pencegahan dan upaya Pemkot supaya Kota Pahlawan bisa segera menjadi zona hijau atau risiko rendah penularan Covid-19.

Mengenai penerapan penyekatan di masa pengetatan pascalarangan mudik lebaran, Eri bilang dirinya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Pemprov Jatim, meskipun sesuai instruksi Mendagri penyekatan itu hanya berlangsung sampai Senin besok.

Penyekatan kendaraan di Suramadu itu, kata Eri, juga merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat dari luar Surabaya. Ketika masyarakat ini hendak masuk ke Surabaya mereka harus melengkapi diri sesuai syarat yang ada. Salah satunya surat keterangan negatif hasil rapid antigen. [Red/Akt-21/Redho]

 

Aktual News

 

Diberdayakan oleh Blogger.