Jakarta, Aktual NewsKepala Badan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan empat daerah di Sulawesi Utara (Sulut).

Empat daerah tersebut yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama tersebut dilaksanakan di Aula K.H. Abdurrahman Wahid BP2MI Jakarta. Selasa (25/5/2021).

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah salah satu dari perwujudan mandat UU No.18/2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Merujuk pada aktivitas sosialisasi UU No.18/2017 yang telah dilaksanakan dibeberapa provinsi di Indonesia.

“Penandatangan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah diharapkan dapat membangkitkan gairah baru untuk Pemerintah Daerah tersebut dalam pemberdayaan calon PMI di masing-masing wilayah. Hal ini juga dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain,” ujar Benny.

Benny mengatakan, pelaksanaan sosialisasi tersebut tidak lepas dari inisiasi dan dukungan dari Pemerintah Daerah Sulut.

Tidak sedikit warga Sulut yang kini menjadi PMI di berbagai negara-negara penempatan di seluruh dunia, contohnya di Amerika Serikat, dengan mayoritas penempatan pekerjaan di sektor formal dan pendapatan yang tinggi.

Benny juga mengatakan, meski pandemi Covid-19, penempatan PMI dapat menjadi salah satu solusi jangka panjang. Hal itu merupakan kontribusi BP2MI bersama dengan Pemerintah Daerah untuk diimplementasikan, salah satunya adalah dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Utara.

“Penandatanganan ini menjaminkan bahwa Pemerintah Daerah bertanggung jawab langsung kepada warganya terkait pelindungan PMI sebelum, selama, dan sesudah penempatan. Hal ini juga memastikan bahwa PMI mendapatkan pelayanan sebagai warga VVIP (Very Very Important Person) sebagai pahlawan devisa,” kata Benny.

Bupati Kabupaten Minahasa, Royke Octavian Roring, memberikan apresiasi yang tinggi kepada BP2MI atas inisisasi terhadap kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini. Kegiatan ini tentunya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat Minahasa dan menjadi jaminan keamanan dan sosial bagi para PMI.

“Terima kasih atas upaya dan inisasi untuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama hari ini. Saya percaya bahwa kegiatan hari ini akan sangat bermanfaat bagi PMI, keluarga, dan seluruh Indonesia,” kata Royke.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon, Sherly Bororing, yang mewakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon. Perjanjian Kerja Sama ini menelurkan kesepakatan untuk pengalokasian anggaran pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk calon PMI tahun 2022.

Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy
Pangemanan, juga mengucapkan terima kasih sebagai perwakilan dari seluruh warga Kota Bitung untuk inisiasi dan visi dari Kepala BP2MI yang luar biasa.

Pujian datang dari Sekretaris Daerah Minahasa Utara, Jemmy H. Kuhu, yang menyebut bahwa BP2MI peduli dan perhatian. Khususnya kepada warga Minahasa Utara, terkait pelatihan dan pelindungan kepada PMI agar menjadi lebih baik untuk ke depannya.

Penandatanganan kerja sama ini dihadiri Bupati Kabupaten Minahasa, Royke Octavian Roring. Juga Wakil Bupati Kabupaten Minahasa, Robby Dondokambey, Inspektur Kabupaten Minahasa, Alva Montong, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon, Johny Runtuwene.

Hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon, Sherly Bororing, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara, Jemmy H. Kuhu, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan, serta seluruh pejabat Eselon I, Eselon II, dan para koordinator di lingkungan BP2MI. [Red/Akt-43/AG]

 

Aktual News

 

Padangsidimpuan, Aktual NewsSebanyak 495 Personel Batalyon Infanteri 123/Rajawali melakukan pemeriksaan Psikologi oleh tim dari Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) dalam rangka persiapan pelaksanaan Satgas Pamtas RI-PNG sektor Selatan Wilayah Marauke-Papua TA 2021.

Adapun tim pemeriksa dari Dispsiad terdiri dari empat personel yang dikoordinatori oleh Letkol Inf Ibrahim Harahap. Pemeriksaan psikologi meliputi Psikologi Umum dan Psikologi Lapangan, yang bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi masing-masing prajurit, sehingga dapat dinyatakan siap untuk melaksanakan penugasan ataupun tidak.

Sebelum pelaksanaan tes dari tim psikologi menekankan agar para prajurit mengikuti arahan dan petunjuk dari tim psikologi agar tidak melakukan kesalahan yang fatal dalam mengerjakan persoalan-persoalan yang diberikan.
Katim Psikologi Letkol Inf Ibrahim Harahap menyampaikan, bahwa kegiatan tes psikologi merupakan program dari Komando atas kepada para personel yang akan melaksanakan tugas operasi. Pelaksanaan tes ini untuk mengetahui mental dan kejiwaan prajurit itu sendiri didalam kesiapan melaksanakan tugas nantinya.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 123/Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban menekankan kepada seluruh anggota yang mengikuti test psikologi agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian test agar hasilnya dapat dicapai dengan maksimal.

Kegiatan Pemeriksaan Psikologi akan dilaksanakan selama 4 hari, dan tidak hanya Prajurit yang melaksanakan Operasi saja namun Prajurit yang Korum dan Anggota Persit yang suaminya berangkat juga akan dilaksanakan Pemeriksaan Psikologi. [ Red/Akt-03/Adam Nasution ]

 

Aktual News

 

Medan,Aktual News -Terkait banyaknya aset Pemko yang tidak diketahui kejelasannya, sebaiknya Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) memakai (memasang) barcode (kode batang) untuk semua aset yang dimilikinya.

“Di DKI Jakarta, pemerintah setempat memakai barcode untuk semua asetnya, baik mobil, sepeda motor, meubiler kantor, hingga pulpen. Hasilnya, semua aset bisa diketahui dimana tempatnya dan kemungkinan hilang sangat kecil,” ujar Anggota Komisi III DPRD Medan Hendri Duin Sembiring kepada perwakilan BPPRD yang hadir dalam rapat dengan anggota dewan, Selasa (25/5/2021).

“Kalau pihak BPPRD komitmen mempertahankan aset dan memeliharanya, di Kota Medan dalam waktu dekat akan launcing pengusaha barcode dan bisa dijajaki kerjasamanya. Dengan tujuan agar tidak ada lagi aset yang hilang,” katanya seraya menambahkan Komisi III saja sampai saat ini tidak mengetahui apa saja aset Pemko Medan dan berapa yang sudah lepas kepada pihak ketiga.

Namun sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Rahman Nasution yang mempertanyakan sejumlah aset Pemko seperti hotel, warehouse, plaza, gedung yang disewakan di beberapa lokasi. “Sudah bagaimana kondisinya saat ini, agar ada kejelasannya,” ucap nya.

Seperti lapangan Gajah Mada juga sudah sempat dimenangkan melalui pengadilan, namun kini jadi masalah lagi. Kemudian, bangunan di Jalan Nibung yang disewakan tidak lebih dari Rp.5 juta, padahal letaknya sangat strategis.

Menanggapi itu, perwakilan BPPRD Suwadi mengatakan, untuk lapangan Gajah Mada, sudah dibayarkan kepada ahli waris sebesar Rp4 miliar. Terkait adanya aduan dari ahli waris lagi, dirinya mengaku tidak mengetahui penyebabnya.

Tapi disebutkannya, seluruh aset yang ada sudah jelas terdaftar di Pemko. Terkait Warehouse merupakan milik Pemko dan saat ini digunakan pihak ketiga sebagai hak pakai.

“Tapi tahun ini, kami sedang memutahirkan data tanah dan bangunan yang menjadi aset Pemko,” ucapnya.

Sedangkan aset berupa mobil dan sepeda motor, diakuinya saat ini berjumlah sekira 1300 unit dan 500 di antaranya adalah kendaraan roda empat.[ Red/Akt-35/Ansary ]

 

 

Aktual News

Lebak, Aktual News Pecinta Alam dari beberapa daerah, Lebak, Pandeglang, Serang, Cilegon dan Tanggerang, sedang menggalang donasi terhadap sesama insan Pecinta Alam. Donasi yang terkumpul akan diberikan kepada Ema digunung Pulosari Pandeglang – Banten.

Ompong kepada media mengatakan, Ema Pandat dan Ema Pamengker ialah seorang Ibu – ibu yang kebaikannya sangat dirasakan oleh para Pencinta Alam, yang mendaki Gunung Pulosari. Sebelum atau sesudah mendaki mereka para pecinta alam selalu beristirahat ditempat Ema di Kaki Gunung Pulosari.

“Karena kebaikannya terhadap kami, kebaikannya yaitu selain ramah tamah, Ema ini buka warung namun harga yang diberikan terhadap kami sangat murah, dan ketika kami tidak punya uang, kehabisan. Ema ini menyarankan tidak usah bayar, disini kami rasa sangat baik terhadap kami, bukan hanya kekami tapi terhadap semua pendaki,” ucap Ompong.

Sambungnya, waktu masih terasa hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, kami ingin memberikan Kado Cinta, berbagi. sekaligus memberikan ucapan terima kasih terhadap Ema yang baik hati yang sulit kami lupakan kebaikannya. Kami bersama rekan – rekan Galang Donasi untuk disembahkan kepada Ema yang berada di Kampung Pandat dan Ema yang ada di Kampung Pamengker, yang biasa kami sebut.

“Sambil lebaran, bersilaturahmi. Namun disana kami ingin memberikan sesuatu, namun sesuatu itu dari kita semua dengan Cara Galang Donasi, setelah dana terkumpul, akan kita serahkan kepada Ema entah berupa uang yang diberikan atau berupa barang gimana kesepakatan,” kata Ompong di Toko miliknya Toko Pacet Adventure, Rabu (26/05/2021).

Ompong berharap, semoga para pecinta alam dapat menyumbangkan sebagian rizkynya untuk Ema yang baik hati, Donasi bisa langsung melalui Ompong Pacet Adventure Jl.soekarno-hatta, By Pass Mandala, Kampung Rawasari, Kecamatan Cibadak, Kota Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak Banten. atau melalui Transfer ke rekening BCA 5420269244 an. AHMAD MUHDIYAT dan Konfirmasi donasi ke nomor Omphonk Pacet 087772225234.

“Saya berharap, semoga rekan – rekan dapat membantu kegiatan ini, hasil donasi dari rekan – rekan akan diserahkan langsung ke Ema, tanggal berangkat menuju Gunung Pulosari Pandeglang nanti kembali diinfokan, mari kita berangkat bareng kesana sambil silaturahmi dan Bacakan (Ngaliwet),” tutupnya. [Red/Akt-44/A.Suryani)

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melantik Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen TNI Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021, bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021).


Pelantikan Kepala BNPB berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 79/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang ditetapkan di Jakarta 24 Mei 2021.


Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengambil dan mendiktekan sumpah jabatan Kepala BNPB yang baru.  “Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab”.



Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, diikuti oleh tamu undangan terbatas yang hadir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.


Letjen TNI Ganip Warsito kelahiran Magelang pada tanggal 23 November 1963. Sebelum menjabat sebagai Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI yang dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada 1 Februari 2021 lalu. Selain itu, lulusan Akabri 1986 ini pernah menduduki jabatan strategis di lingkungan militer dan berpengalaman dalam beberapa penugasan di medan operasi, baik dalam maupun luar negeri.


Beberapa jabatan itu antara lain Direktur Latihan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD (2014-2015), Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad (2015-2016), Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI (2016), Pangdam XIII/Merdeka (2016-2018), Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI (2018), Asops Panglima TNI (2018-2019), dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III (2019-2021).



Sedangkan beberapa penugasan operasi yang pernah dilaksanakan sosok Jenderal Bintang Tiga ini selama berkarir di dunia militer antara lain Operasi Seroja Timor Timur (1988, 1992, 1994 dan 1996), Operasi Banwil Maluku pada tahun 2002, Operasi Pengamanan Perbatasan RI-RDTL tahun 2003, RI-Malaysia tahun 2012, dan RI-Philipina tahun 2017, Operasi Tinombala tahun 2017, dan Operasi Papua tahun 2018. Untuk penugasan luar negeri, antara lain di negara Pakistan, Brunei, Korea Selatan, Pakistan, Afrika Tengah, Malaysia, dan Thailand.


Dengan pengalaman jabatan dan berbagai penugasan operasi itu, Letjen TNI Ganip Warsito diyakini dapat melaksanakan amanah tugas yang diberikan kepadanya sebagai Kepala BNPB, terutama dalam menghadapi tantangan tugas berupa penangganan Covid-19 dan manajemen bencana alam di wilayah Indonesia.


Hal ini bisa dipahami karena memang TNI selama ini sangat aktif menjalankan fungsi penanganan bencana dengan memobilisasi dan pengerahan kekuatan TNI dalam penanggulangan bencana di Indonesia, dan Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan bahwa jabatan Kepala BNPB adalah dijabat oleh perwira tinggi aktif, agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan.



Autentikasi :


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, SPAIN – OKDIARIO published an interview with Lebsir, who admitted that Ghali is planning to leave Spain once he is fully recovered. Salem Lebsir, a Polisario member, acknowledged that separatist leader Ibrahim Ghali is planning to leave Spain in the next few days without answering legal charges against him.

The Polisario leader, Ibrahim Ghali, entered Spain illegally, using a fake identity and passport to avoid prosecution for his involvement in rape, torture, illegal detention, and kidnapping. Spain allowed Ghali to enter Spain with false identification under the name of Mohamed Ben Batouch, in arrangement with Algeria.

Lebsir visited Ghali at the Spanish hospital, claiming that the accusations against Ghali only seek to “tarnish his image.” OKDIARIO said Ghali refused to accept the document that summoned him to the national court in Spain for the charges against him.

Amid tension between Spain and Morocco, the Spanish National Court Judge Santiago Pedraz said he reopened the case against Ghali. The Spanish judge said his decision was after a score of human rights organizations and activists called on Spain to immediately arrest Ghali for the charges against him, including genocide.

One of the complainants is Fadel Mehdi Braika, a Sahrawi who filed charges against Ghali for the torture he suffered in the Polisario camps in Tindouf, Algeria. [Persisma/Red]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021 tanggal 25 Mei 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 80 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 46 Pati TNI AD, 15 Pati TNI AL dan 19 Pati TNI AU.

46 Pati TNI AD yaitu Letjen TNI Doni Monardo dari Ka BNPB menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. dari Kasum TNI menjadi Ka BNPB, Letjen TNI Eko Margiyono, M.A. dari Pangkostrad menjadi Kasum TNI, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dari Pangdam Jaya menjadi Pangkostrad, Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A. dari Aspers Kasad menjadi Pangdam Jaya, Mayjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si. dari Danpussenkav Kodiklatad menjadi Aspers Kasad, Letjen TNI Besar harto Karyawan, S.H., M.Tr.(Han) dari Koorsahli Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi dari Danpusterad menjadi Koorsahli Kasad, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, M.M. dari Asintel Kasad menjadi Danpusterad, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M. dari Wadanpusterad menjadi Asintel Kasad, Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH menjadi Wadanpusterad, Brigjen TNI Gregerius Heru Basworo, S.I.P., M.Tr. (Han) dari Wakapusziad menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH, Brigjen TNI Yohanes Dwi Prasetyo dari Dirdcab Pusziad menjadi Wakapusziad, Kolonel Czi Mochammad Reza Utama dari Dirbindiklat Pusziad menjadi Dircab Pusziad.

Mayjen TNI Sunarto Setiabudi, S.I.P. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Benny Antony Sitohang, S.H., M.Hum. dari Kapuslemasmil Babinkum TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI, Kolonel Cpm Salidin, S.H., M.Hum. dari Dirbin Idik Pom TNI menjadi Kapuslemasmil Babinkum TNI, Mayjen TNI Tri Martono, S.I.P., M.I.P. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Brigjen TNI Dr. Budi Pramono, S.I.P., M.A., M.M. dari Dosen Tetap Unhan menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI, Brigjen TNI Enang Rusdiana Wongso dari Pa Sahli Tk. II Wassus Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Agustinus, S.I.P., M.Si. dari Paban I/Ren Ster TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Wassus Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, Brigjen TNI Rakimin M. Djoeri, S.I.P., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Intekmil Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Brigjen TNI John Sihombing, S.H., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Intekmil menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Drs. Agung Zamani, M.Sc. dari Widyaiswara Bid. Strategi dan Kawasan Seskoad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Intekmil, Kolonel Arh Halomoan F. S. Alexandra, S.H., M.H. dari Analis Madya Bid. Fasilitas dan Pangkalan Ditfasjas Ditjen Kuathan Kemhan  menjadi Widyaiswara Bid. Strategi dan Kawasan Seskoad, Brigjen TNI Fauzi Helmy Dusun, S.H. dari Dircab Puspomad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Eko Yatma Parnowo dari Dansatidik Puspomad menjadi Dircab Puspomad, Kolonel Cpm Kemas Ahmad Yani Yulianto, S.H., M.H. dari Dirbindik Puspomad menjadi Dansatidik Puspomad, Brigjen TNI Dr. dr. Soroy Lardo, Sp.PD., K.PTI., FINASIM. dari Dirbang Riset RSPAD Gatot Soebroto menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun),  Kolonel Ckm dr. Sutan Finekri A. Abidin, Sp.OG, K.F.M. dari Pamen Ahli Kumetdok Pok Sahli RSPAD Gatot Soebroto menjadi Dirbang Riset RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI Sofwan Hardi, S.I.P., M.Si. dari Ir Pusziad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Ita Jayadi dari Kapoksahli Pangdam XII/Tpr menjadi Ir Pusziad, Kolonel Inf Handoko Nurseta, S.H., M.Tr. (Han) dari Kasrem 084/BJ (Surabaya) Kodam V/ Brw menjadi Kapoksahli Pangdam XII/Tpr.

Brigjen TNI Anak Agung Ng Alit, S.Sos. dari Dirum Pusbekangad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Diding Ahmad Kizwini, S.Sos., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Wassus menjadi Dirum Pusbekangad, Kolonel Inf Endi Servandy, S.Sos., M.M. dari Dirbinlitbang Pussenif Kodiklatad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Wassus, Brigjen TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. dari Anggota Pokkimiltama Mahkamah Agung menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Purnomo Sidi, S.I.P., M.H., M.M. dari Deputi Bid. Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Iriyanto, S.I.P., M.Si.(Han) dari Asisten Deputi Koordinasi Intelijen Keamanan, Bimbingan Masyarakat dan Objek Vital Nasional, Kemenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf M. Sujono, S.E., S.H., M.Si., M.Han. dari Kasrem 010/Ant (Banjarmasin) Kodam VI/Mlw menjadi Asisten Deputi Koordinasi Intelijen Keamanan, Bimbingan Masyarakat dan Objek Vital Nasional, Kemenko Polhukam, Brigjen TNI Achmad Taufiq dari Ses Ditjen Renhan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Cpl Kuswara Harja dari Irbek Babek TNI menjadi Dirrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan.

Brigjen TNI Jahidin Chilo, S.I.P., M.Si. dari Direktur Rendalgiat Ops pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Drs. Moch. Amin, M.M. dari Kabinda Kalimantan Timur pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Danni Koswara dari Kabagdukops pada Binda Kalimantan Timur Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Kalimantan Timur pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN dan Brigjen TNI Ario Prawiseso dari Kepala Biro Logistik pada Sekretariat Utama BIN menjadi Staf Khusus Menteri Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Kemenparekraf.

15 Pati TNI AL yaitu, Laksda TNI Moelyanto, M.Si. (Han)., M.Tr. Opsla., CFrA., CHRMP. dari Irjenal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Sunaryo, CFrA. dari Wairjenal menjadi Irjenal, Laksma TNI Ferial Fachroni, M.Tr. Opsla. dari Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen menjadi Wairjenal, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dari Danlantamal I Blw Koarmada I menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Ekojemen, Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., CHMRP. dari Paban II Jemen Srenal menjadi Danlantamal I Blw Koarmada I, Laksda TNI Dr. Drs. Ir.  S. Thamrin M. Eng.Sc., CIQaR., CIQnR., M.Tr. Opsla. dari Koorsahli Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Muhamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc dari Danlantamal V SBY Koarmada II menjadi Koorsahli Kasal, Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr. (Han), M.Tr. Opsla., CHRMP. dari Seklem AAL menjadi Danlantamal V SBY Koarmada II, Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H., M.M. dari Wadanlantamal XII Ptk Koarmada I menjadi Seklem AAL.

Laksda TNI Weko Pamudji Mulyo, S.E., M.M. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Ir. Nur Fahrudin, M.M. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Amrien, S.E. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI (Mar) Joko Supriyanto, S.H. dari Kabadiklat Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI dr. Arie Zakaria, Sp.OT., Sp.KL. dari Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun) dan Laksma TNI Didit Maryono dari Agen Madya pada Direktorat Sulawesi dan Nusa Tenggara Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

19 Pati TNI AU yaitu Marsdya TNI Tamsil Gustari Malik, S.E., M.M. dari Danjen Akademi TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI Andyawan Martono P., S.I.P. dari Asrena Kasau menjadi Danjen Akademi TNI, Marsda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS. dari Pangkoopsau III menjadi Asrena Kasau, Marsda TNI Bowo Budiarto, CHRMP. dari  Wairjen TNI menjadi Pangkoopsau III, Marsma TNI Hesly Paat dari Kas Koopsau III menjadi Wairjen TNI, Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr. (Han) dari Pati Sahli Kasau Bid. Polhukam menjadi Kas Koopsau III, Marsma TNI Ardhi Tjahjoko dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Polhukam, Kolonel Tek V. Andy P. Suartha, S.H., M.I.Pol. dari Paban III/Alpal Slog TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Intekmil Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Marsma TNI Supriyanto, S.E., M.Si. (Han) dari Askomlek Kas Kogabwilhan III menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Kolonel Lek Kuat Sitanggang, M.Si. (Han) dari Paban V/Kompernika Sopsau menjadi Askomlek Kas Kogabwilhan III, Marsma TNI dr. Ferdik Sukma Wahyudin, Sp.S., M.Kes. dari Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem menjadi Dosen Tetap Unhan, Kolonel Pnb I Putu Gede Suartika dari Paban IV/Renprogar Srenau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem, Marsma TNI Syamsu Maizar dari Dirliak Puslaiklambangjaau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Fachri Adamy, S.E. dari Pati Sahli Kasau Bid. Sumdanas menjadi Dirlaik Puslaiklambangjaau, Kolonel Kal Julianto Sutrisnawan dari Paban V/Watpers Spersau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Sumdanas.

Marsma TNI dr. Agoes Tino S., Sp. B. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI Rus Nurhadi Sutedjo dari Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI  Erwin Buana Utama, Grad Dipl in ORS, MMOAS. dari Dirrenbanghan Ditjen Renhan Kemhan menjadi Ses Ditjen Renhan Kemhan dan Kolonel Kes dr. Budi S. Utomo, Sp.KFR, MARS. dari Kabid Rehabilitasi Medik Pusrehab Kemhan menjadi Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan.

 

Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menanggapi rencana Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana terkait pentingnya melakukan pemutakhiran data Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selasa, 25 Mei 2021.

Senator asal Aceh tersebut menyebutkan bahwa pemerintah harus bergerak cepat dalam melakukan reformasi di tubuh BKN, ini penting di lakukan mengingat Indonesia baru melakukan dua kali pemutakhiran data ASN pasca kemerdekaan.

"Kita di DPD RI mendorong cepat agar reformasi di tubuh BKN penting dilakukan secara menyeluruh, khususnya terkait data ASN," kata Alumni Politik Universitas Indonesia tersebut, Selasa (25/5).

Fachrul Razi memaparkan fakta bahwa, pasca kemerdekaan, Indonesia baru melakukan pemutakhiran data ASN sebanyak dua kali, yang pertama dilakukan pada tahun 2002 secara manual. Dan yang kedua penataan ulang ASN yang dilakukan masing-masing oleh para ASN pada tahun 2014 secara elektronik.

Mantan aktivis UI tersebut juga menyoroti adanya temuan yang di sampaikan oleh kepala BKN terkait adanya data hampir 100.000 tepatnya 97.000 data misterius yang dibayarkan gajinya termasuk iuran pensiun tapi orangnya tidak ada.

"Hal-hal seperti ini yang harus menjadi perhatian semua pihak, khususnya BKN. Dampak dari semberautnya data di BKN juga akan berimbas pada keuangan negara. Dan itu harus segera ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Ketua Komite I DPD RI tersebut mengusulkan agar BKN segera melakukan pemutakhiran data-data misterius tersebut, dan pos anggarannya bisa di alih fungsikan untuk pengangkatan guru honorer menjadi PNS, “BKN harus bergerak cepat untuk melakukan pemutakhiran data ASN, pos angaran yang selama ini mengalir ke penerima misterius lebih baik dialihkan ke pengangkatan para guru honorer menjadi PNS," tutup Fachrul Razi. *

NUSANTARAEXPRESS, TARAKAN – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, membahas mengenai pentingnya Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II saat memberikan keynote speech dalam Focus Group Discussion yang digelar Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (25/5/2021).

Ketua DPD RI Hadir di Universitas Borneo Tarakan (UBT) bersama rombongan, yaitu Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin, Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni, Senator asal Sumatera Selatan Jialyka Maharani, Andi Muh Ihsan (Sulawesi Selatan), serta Sekjen DPD RI Rahman Hadi.

Empat senator daerah pemilihan (dapil) Kaltara turut mendampingi LaNyalla. Mereka adalah Martin Billa, Asni Hafid, Hasan Basri, Fernando Sinaga (Wakil Ketua Komite I DPD).

Begitu tiba di lokasi, LaNyalla disambut oleh Rektor Universitas Borneo Adri Patton secara adat Dayak. Sebelum acara dimulai, LaNyalla beserta rombongan dihibur oleh tari-tarian Dayak seperti tari perang Pepatai yang dibawakan oleh mahasiswa UBT asal wilayah perbatasan Kaltara.

Acara FGD digelar secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan. FGD juga disiarkan secara virtual.

LaNyalla memberikan sejumlah masukan dalam FGD yang mengangkat tema ‘Percepatan Program Strategis Nasional di Kawasan Perbatasan Negara Provinsi Kalimantan Utara’.

Bagi LaNyalla, ALKI II sangat strategis. Apalagi, ALKI II membelah sisi Indonesia Bagian Barat dan sisi Indonesia Bagian Timur untuk pelayaran yang melintasi Laut Sulawesi, Selat Makasar, Laut Flores, dan Selat Lombok menuju Samudera Hindia, dan sebaliknya menuju Samudra Pasifik.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan Pemerintah Indonesia, termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan pemerintah kabupaten/kota se-Kalimantan Utara.

“Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kepentingan geostrategi nasional, DPD RI mendorong peningkatan pertahanan-keamanan ALKI II. Potensi ancamannya cukup tinggi, baik dari negara tetangga maupun kapal-kapal asing non-tradisional,” katanya.

Saran kedua yang disampaikan LaNyalla, adalah perubahan paradigma. Menurutnya, paradigma lama continental-based development sudah harus ditinggalkan.

“Gunakan paradigma baru maritime atau sea-based development yang harus dilakukan konsisten dan kontinyu,” paparnya.

Jika kedua hal ini dilakukan serius, Senator asal Jawa Timur ini optimis pemanfaatan ALKI II dapat diarahkan kepada pertumbuhan ekonomi kawasan perbatasan negara dan pembangunan wilayah. (*)

NUSANTARAEXPRESS, JAYAPURA - Keluarga Besar Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jayapura lakukan halal bihalal dengan tema menjalin silahturahmi mempererat tali persaudaraan dalam memajukan pendidikan anak usia dini Kabupaten Jayapura. Acara ini dilakukan pertama kali di Paud Tunas Pertiwi, Jl. Komba, Kamp, Yobeh Sentani, Papua, Kamis, 20 Mei 2021, usai dilantiknya Ketua Himpaudi Kabupaten Jayapura yang baru, Ibu Hetty Siafarudin, S.Pd pada April lalu.

Tidak kurang dari 50-an orang guru dan dan kepala sekolah anggota Himpaudi dari berbagai lembaga Paud hadir dalam acara halal bihalal ini. Mereka sangat antusias mendengarkan pencerahan dari Ustad Ahmad Kholil, yang menyampaikan pesan-pesan perdamaian dan pentingnya membangun kebersamaan.

“Kebersamaan itu sangat penting, keyakinan Islam atau Kristen itu urusan kepercayaan masing-masing individu. Sehingga acara halal bihalal keluarga besar Himpaudi Kabupaten Jayapura menjalin kebersamaan mempererat tali persaudaraan dalam memajukan pendidikan anak usia dini itu sangat penting,” tutur Kholil.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jayapura, Hetty Siafarudin, S.Pd, dalam sambutannya menekankan komitmen bersama untuk memajukan pendidikan anak usia dini de seluruh Kabupaten Jayapura. “Lembaga-lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Jayapura ini, kita maju bersama-sama mendidik dan membina anak usia dini melalui himpaudi ini. Kita juga merangkul semua lembaga-lembaga PAUD yang ada di 19 distrik Kabupaten Jayapura ini, bagaimana kita bisa maju bersama. Mungkin hari ini tidak semua lembaga paud bisa hadir karena berbagai kendala jaringan di WA Grup tidak bisa tersambung, dan situasi Covid-19 juga sangat mempengaruhi, namun ya, apapun keadaan, saya berharap kita tetap bersama-sama maju untuk mensukseskan pendidikan anak usia dini, khususnya Kabupaten Jayapura. Jadi tidak ada yang dikatakan di kota saja yang maju sudah, ya kita sama-sama maju bersama,” beber Hetty.

Selanjutnya, lanjut Hetty, dirinya berharap melalui acara halal bihalal ini dapat dibangun kebersamaan dan silahturahmi di antara para anggota Himpaudi. “Acara halal bihalal Himpaudi Kabupaten Jayapura untuk tahun 2021 ini kita menjalin sirahturahmi persaudaraan ya.. Karena Himpaudi ini adalah untuk semua lembaga-lembaga paud yang berlatar belakang keagamaannya yang berbeda-beda, baik itu dari Kristen maupun Muslim," ujar Hetty.

Untuk itu setiap momen seperti ini, tambahnya, kita menjalin silahturahmi, mempererat tali persaudaraan kita dan saling kontribusi satu sama lain untuk mendidik anak-anak Paud dengan hubungan jadi manis karena tujuan kita untuk memajukan Pendidikan Paud Kabupaten Jayapura. "Kita harus membina dengan antar lembaga tidak bisa berdiri sendiri, karena lembaga PAUD di Kabupaten Jayapura cukup banyak, oleh sebab itu kita musti merangkul semuanya. Keluarga besar himpaudi yang terdiri dari sejumlah paud nonformal Kelompok Bermain (KB) sebanyak 146 lembaga paud, sedangkan satuan paud sejenis ada 5 Paud, yang berada di 19 distrik Kabupatem Jayapura, untuk itu kita harus maju bersama,” harap Hetty.

Acara halal bihalal dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan makan bersama sekaligus dari masmedia mempromosikan buku paket PAUD/TK 2021 dengan menawarkan per paket kisaran harga Rp. 115.000 sampai Rp 173.000 dengan potongan 30% masing-masing paket, berisinya 8 buku dan 4 buku. "Diharapkan bagi guru-guru PAUD/TK bisa membelinya karena bukunya sangat bagus untuk belajar anak usia dini,” demikian pesan sponsor acara ini.

Selanjutnya ucapan terima kasih yang disampaikan Ketua Pengelola PAUD Tunas Pertiwi sebagai tuan rumah acara halal bihalal Himpaudi kepada penulis berita ini yang sudah berkenan melakukan peliputan acara Halal Bihalal Himpaudi. "Kami sangat berterima kasih kepada awak media Kabarxxi.com yang sudah hadir meliput dalam acara kami di sini dan Ibu guru Paud HimpaudiKkabupaten Jayapura, yang mana pada hari ini bisa berkumpul di lembaga kami yaitu Paud Tunas Pertiwi di Komba Sentani dalam rangka halal bihalal, karena situasi memang masih Idul fitri. Kami mengambil tema menjalin silahturahmi mempererat tali persaudaraan, dengan tujuan supaya kami bisa saling berbagi dan bisa saling mengasihi antar umat beragama, seperti itu. Supaya ke depannya kita bisa lebih erat lagi dalam menjalin silahturahmi dalam rangka memajukan pendidikan anak usia dini Kabupaten Jayapura” tutur Ketua Pengelola Paud Tunas Pertiwi, yang tidak menyebutkan namanya.

Di akhir acara Ketua Himpaudi Kabupaten Jayapura memberikan kesempatan kepada penulis, Sem Gombo, untuk memperkenalkan diri sebagai Wartawan Nasional yang berkecimpung di PPWI Media Grup Nasional. "Selama ini kami sudah banyak meliput berita kegiatan-kegiatan PAUD di Kabupaten Jayapura. Kami perkenalkan diri sebagai wartawan nasional di media Pewarta-Indonesia.com dan Kabarxxi.com. Sekaligus kami juga punya lembaga Paud di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Jl. Padang Pasir," jelas Sem Gombo, yang juga merupakan pengelola Paud di Sentani, Papua itu.

Dengan senang hati Ketua Himpaudi Kabupaten Jayapura berharap setiap kegiatan Himpaudi Kabupaten Jayapura akan diliput oleh para awak media nasional dari PPWI Media Group. "Kalau ada kegiatan di Himpaudi, kita akan tetap pesan bapak untuk meliput berita," kata Hetty berharap. (SEM/Red)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Umat Buddha di seluruh dunia akan melaksanakan peringatan Trisuci Waisak 2565 BE tahun 2021 yang jatuh pada hari Rabu, 26 Mei 2021, ini. Demikian juga di Indonesia, para pemeluk agama Buddha akan menyelenggarakan peringatan Hari Besar Trisuci Waisak secara nasional.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI, Caliadi, SH, MH, dalam jumpa pers di kantornya Jalan MH Tamrin, lantai 16, menyampaikan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan Dharmasanti Trisuci 2565 BE tahun 2021 ini dengan mengusung tema 'Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju'. "Kegiatan peringatan kali ini dilaksanakan secara daring dan luring," ungkap Caliadi.

Acara tersebut rencananya akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, melalui virtual. "Selain Bapak Presiden, juga akan hadir secara virtual Bapak Menteri Agama. Kita juga mengundang organisasi keagamaan Buddha seperti, Walubi, Permabudhi, Pimpinan Majelis Agama Buddha, tokoh lintas agama, serta mengundang semua umat Buddha di Indonesia secara virtual," beber Caliadi menambahkan.

Waktu pelaksanaannya, imbuh Caliadi, adalah pada hari Kamis, 27 Mei 2021 pukul 09:00 wib s/d 11:30 wib bertempat di Auditorium Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat. (AMR/Red)

NUSANTARAEXPRESS, CILEGON, BANTEN - PLN unit Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cilegon Baru melaksanakan kegiatan Simulasi Tanggap Darurat dalam rangka mengantisipasi dampak terjadinya gangguan keamanan di GITET Cilegon Baru. Kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Pulomerak, Polres Cilegong.

Kapolsek Pulomerak, Kompol Akbar Baskoro Nur Hutomo, S.I.K, memberikan keterangan kepada awak media Senin, 24 Mei 2021, terkait pelaksanaan simulasi tanggap darurat terhadap gangguan keamanan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (gitet) Cilegon Baru yang berlokasi di Jl. Raya Merak Km. 7 Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten. Untuk diketahui bahwa wilayah Pulo Merak dan GITET Cilegon Baru merupakan bagian dari Objek Vital Nasional di Kota Cilegon.

Dalam rangkaian simulasi tersebut, Akbar menjelaskan bahwa pihak GITET Cilegon Baru (seolah-olah) mendapatkan teror melalui telepon dari orang tidak dikenal yang akan melakukan pengrusakan. Lalu, petugas jaga GITET yang mendapat teror melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kepolisian Sektor Pulomerak.

Setelah menerima laporan pengaduan tersebut, pihak kepolisian langsung mengadakan apel guna melakukan tindakan pengaman. Seusai mendapat arahan dari pimpinan terkait tugas masing-masing personil, para petugas itupun langsung bergerak cepat ke tempat kejadian perkara yakni GITET Cilegon Baru. Aparat dari Polsek Pulomerak itupun serta-merta melakukan tindakan pengamanan lokasi setiba di sasaran.

“Kami siap menciptakan dan memberikan rasa aman kepada warga masyarakat, khusunya warga Merak, dengan menerapkan prosedur pengamanan yang sudah ditentukan,” ujar Kapolsek Kompol Akmal.

Manager Unit Layanan Transmisi & Gardu Induk Cilegon Baru, Hundusin, mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepolisian Sektor Pulomerak atas kerjasama yang baik dalam acara simulasi tersebut. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepolisian Sektor Pulomerak atas kerjasama dan bantuannya kepada kami, khusunya dalam melakukan simulasi tanggap darurat terhadap ancaman terror ini,” ungkap Hindusin.

Semoga hubungan kerjasama ini, lanjut Hindusin, tetap terjaga dan ke depannya bisa lebih baik lagi demi pelayanan kepada masyarakat. (PND/Red)
Diberdayakan oleh Blogger.