NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Puncuk pimpinan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Jum’at,(28/05/21) resmi berganti, pergantian Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya diserah terimakan dari Drs. SD. Seputra, S.K.M., MM kepada penggantinya Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si berlangsung di Long Room SMP HangTuah 6 Excellent Juanda.

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya di nahkodai oleh seorang Pamen TNI AL yang masih aktif, upacara serah terima jabatan kali ini di saksikan langsung oleh Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Pur) Amri Husaini, serta pengurus inti PP Yht Jakarta, Anggota Pengawas Daerah II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto, para Kasatdik/ Kepala Sekolah dilingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya dari tingkat TK,SD,SMP, SMA dan SMK.



Serah terima jabatan diawali dengan penandatangan berita acara serah terima jabatan serta secara simbolis Kapeng baru Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto , M.Si menerima berita acara sertijab tersebut dari Drs .SD Seputra selaku Kapeg lama.

Letkol Laut (KH) Drs . Ambar Kristiyanto, M.Si saat ini merupakan perwira menengah aktif yang masih berdinas di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Kodiklatal ), selaku Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya akan memimpin 34 satuan pendidikan ( Satdik) mulai dari tingkat TK,SD,SMP,SMA dan SMK yang berada di Surabaya dan Sidoarjo.



Selama berdinas di TNI Angkatan Laut, Kapeng YHT yang baru Letkol Laut(KH) Drs.Ambar Kristiyanto, M.Si masuk di TNI AL th. 1988, langsung bertugas di lingkungan Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) hingga tahun 2005, bergeser ke Kodiklatal, dan sempat menjadi orang nomor dua di STTAL ( Wadan STTAL ) kemudian kembali Ke Kodiklatal di Pusdik Dukum, Gumil dan pada th 2019 menjadi Kepala Sekolah di SMK KAL-1. Di SMK KAL-1 sempat menorehkan sejarah menjadi SMK Terbaik dalam Pameran Teknologi dan Lomba Festifal Extrakurikuler tingkat SMK dan SMA se Jawa Timur dengan menampilkan Karya Inovasi Teknologi Institusi (KITI).

Setelah usai pelaksanaan sertijab Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya langsung memberikan pengarahan awal kepada seluruh Kasatdik ( Kepala Sekolah) yang berada di lingkungan Cabang Surabaya. Dalam kesempatan tersebut Kapeng menyampaikan harapan akan masa depan Yayasan yang ia pimpin, juga menyampaikan agar setiap satdik selalu menjaga kebersihan lingkungan serta mengadakan penghijauan dengan menanam pohon guna menjaga lingkunganyang sehat (Yht/dar).

Kita Perlu Satukan Narasi Hadapi Persoalan Papua


NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Menteri Koordinador Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD hari Kamis (27/5) kembali menggelar dialog tentang Papua. Kali ini dengan melibatkan unsur yang lebih luas dan beragam. Dalam dialog ini, Menko Mahfud kembali menegaskan bahwa pemerintah membangun Papua dengan pendekatan Kesejahteraan dan Dialog. Sebagian besar warga Papua juga menyatakan mendukung pembangunan di Papua, juga mengharapkan Papua dibangun dengan damai.

Mahfud menegaskan, berdasarkan survei yang dilakukan BIN bekerjasama dengan sejumlah universitas, 92 persen warga Papua pro NKRI dan mendukung pembangunan di Papua. “Sebanyak 82 persen setuju Otsus, 10 persen menyatakan terserah pemerintah, berarti setuju juga, dan sisanya 8 persen yang menolak” lanjut Mahfud.

“Nah, sisanya yang kecil 8 persen itu terbagi tiga yakni bergerak di jalur politik, klandestein, dan KKB. Yang paling kecil yakni KKB ini, inilah yang dihadapi dengan penegakan hukum berdasarkan UU No 5 tahun 2018 tentang Terorisme. Jadi yang dihadapi adalah KKB Egianus Kagoya, KKB Lekagak Talenggen, KKB Militer Murib, dan kelompok lain lagi, jadi bukan KKB Papua” tegas mantan Menteri Pertahanan itu.

Kepala KSP Moeldoko juga menyatakan pandangannya. Menurutnya, komitmen presiden dalam membangun Papua sangat tinggi. “Presiden mana yang pernah berkunjung ke Papua sampai 17 kali. Belum ada, baru di masa Presiden Jokowi ini hal itu terjadi, karena beliau sungguh ingin Papua maju dan damai” ujar Moeldoko.

Silaturrahmi kebangsaan berjudul “Membangun Papua yang Damai dengan Berbagai Program” ini dihadiri antara lain Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin Al Rahab, tokoh LSM seperti Haris Azhar (Lokataru), Tokoh senior Papua seperti Freddy Numberi, Yorrys Raweyai, dan Michael Manufandu, peneliti LIPI Adriana Elisabeth, akademisi seperti Hikmahanto Juwana dan Rhenald Kasali.

Hadir pula tokoh-tokoh agama, seperti Sekretaris Umum PGI Jacklevyn Manuputty, Ketua PBNU Marsudi Syuhud, dan Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Dari kalangan pemerintah hadir Kepala BNPT Boy Rafli Amar, pimpinan Polri, TNI, BIN, dan beberapa perwakilan Kementerian dan Lembaga.

Dalam sesi dialog, guru besar hukum internasional Prof Hikmahanto Juwana sependapat dengan Mahfud MD, bahwa Papua bagian dari NKRI dan itu sudah final. “Kita membangun Papua karena Papua bagian dari Indonesia,” tegasnya.

Hikmahanto mendukung bahwa kelompok kriminal bersenjata (KKB), masuk klasifikasi teroris, dan dapat ditekenai UU Terorisme. “Kalau KKB melakukan kekerasan, kita harus lawan,” ujarnya.

Mewakili kalangan gereja Jacklevyn Manuputty, mengatakan gereja tidak bisa dipisahkan dalam menyelesaikan permasalahan Papua. Diingatkan, pemerintah perlu memiliki narasi agar dapat menyentuh hati masyarakat Papua.
“Persoalan Papua juga persoalan gereja, sehingga gereja harus dilibatkan dalam menyelesaikan masalah papua,” ujar Jaklevyn.

Di sisi lain, Haris Azhar mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan kondisi pengungsi di Ilaga dan Ndunga. “Perlu juga ada pendampingan dari BPK agar tidak terjadi penyelewengan anggaran,” ujar Haris. Masalah sumber daya manusia juga tak kalah pentingnya untuk mendapat perhatian pemerintah.

Sementara tokoh Papua Yorrys Raweyai mengatakan, selama Papua bergabung dengan NKRI sejak 58 tahun silam, masalah Papua terus muncul. “Berarti ini ada problem “ katanya.

Menurut Yorrys masalahnya ada pada narasi terkait Papua yang berbeda-beda, sehingga pemahaman terkait Papua, khususnya untuk generasi baru, tidak sama. “Marilah kita rapatkan barisan. Kita satukan narasi dan diksi untuk menyatukan tekad menghadapi tantangan-tantangan di Papua,” ujar Yorrys.

Menyinggung penggunaan dana Otsus, Yorrys menyebut perlu adanya variabel-variabel yang bisa dipertanggungjawabkan ke publik.

Hal itu juga disinggung mantan Gubernur Papua Freddy Numberi, yang mengisyaratkan ada perlakuan beda pada tindak pidana korupsi di Papua. [*Red]

Bekasi, Aktual News– Ephorus HKI Pdt. Firman Sibarani M.Th dan Ibu, didampingi Pdt. Happy Pakpahan Praeses HKI D.XII, dan para Pendeta HKI yang ada di Kota Bekasi Pdt. Herlina Gultom, Pdt. Jandiman Pasaribu, dan Panitia Serah Terima Praeses St. Saut TP Manullang dan St. Agus Aritonang bertemu dengan Walikota Bekasi DR. Rahmat Efendy Jumat (28/05/2021).

Pertemuan dilakukan di Kantor Gugus Tugas Covid 19 Kota Bekasi, yang dalam 15 bulan ini menjadi Kantor Walikota dalam mempimpin pengendalian dan pencegahan laju Covid.

Banyak hal yang dibahas seputar pembangunan kota Bekasi, Kerukunan umat beragama dan peran warga Gereja dalam berbangsa. Pertemuan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), sebelum pertemuan dengan Walikota Bekasi DR Rahmat Effendi, rombongan Ephorus HKI menjalani rapot test oleh tim gugus tugas Covid-19.

” Seluruh HKI mengapresiasi, dan mengucapkan terimakasih kepada Walikota Bekasi DR Rahmat Effendi sebagai Bapak Toleransi, dan juga bapak Pemersatu Bangsa yang berbagai etnis, Suku, Agama dan Ras, dan juga Bapak terciptanya Kota yang Harmoni, serta banyak lagi torehan torehan lain seperti WTP dan prestasi lainnya,” ujar Ephorus Firman Sibarani MTh kepada media.

Hal yang sama dikatakan Walikota Bekasi DR Rahmat Effendi, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ephorus HKI Firman Sibarani, kiranya semua umat di kota Bekasi, khususnya warga gereja HKI agar menjaga keharmonisan yang sudah ada.

” Harmonisasi, Toleransi, Kerukunan Umat Beragama di kota Bekasi, sudah cukup baik, untuk itu, kepada umat mari saling menjaga, bertoleransi, adalah kewajiban kita bersama,” sambung Rahmat Effendi.

Perlu diketahui, kota Bekasi ini adalah Kota yang sangat Heterogen, kota Bekasi ini adalah Kota yang multi etnis, itulah dasar yang kita bangun harmonisasi, dan kota harmonisasi tentunya agar semua individu masyarakat nya dalam sebuah komunitas saling bertoleransi, ujar Pepen panggilan Akrabnya kepada media.

Diakhir pertemuan, Panitia memberikan undangan puncak kunjungan Pastoral Ephorus HKI Firman Sibarani dalam acara Mangojakkon Praeses HKI Daerah XII yang baru yaitu Pdt Happy Pakpahan Minggu (30/05/2021) pukul 15.00 Sore ke Walikota Bekasi, sekaligus Ephorus HKI menyerahkan kenang kenangan berupa buku karangan Tulisan Ephorus dalam hal budaya, serta perpaduan budaya zaman dulu ke zaman sekarang moderenisasi.[ Red/Akt-01/CRM ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, PRINGSEWU - Anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) atas nama Aan Sugianto mengalami tindak kekerasan dan penganiayaan ketika sedang melakukan pengisian BBM di sebuah SPBU, Kamis, 27 Mei 2021. Kejadian naas yang menimpa Aan Sugianto berupa pemukulan dan hantaman di bagian kepala itu berlangsung tiba-tiba, pada saat korban masih berada di atas motornya, sedang mengantri untuk mengisi BBM.

Peristiwa yang menyebabkan mata sebelah kanan korban memar dan bengkak itu terjadi di SPBU 23.353.18 yang berlokasi di Jalan Ganjaran 2 Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, sekitar pukul 20.00 WIB. Pelaku tindak pidana kekerasan dan penganiayaan tersebut tidak lain adalah seorang petugas security atau satpam SPBU bernama Hendri Wiliansa.

Kasus ini sudah dilaporkan ke Polres Polres Pringsewu dengan Nomor laporan: LP/B-317/V/2021/POLDA LPG/RES Pringsewu, tidak lama setelah kejadian. “Korban penganiayaan jurnalis PPWI Provinsi Lampung atas nama Aan Sugiarto, didampingi Ketua LSM Topan RI Pringsewu, Asep Sudrajat, telah melapor ke Polres Pringsewu, tidak lama setelah kejadian tersebut, Kamis, 27 Mei 2021 malam,” tulis Ketua LSM Topan RI Pringsewu, Asep Sudrajat, dalam laporannya ke Ketua Umum PPWI di Jakarta melalui jaringan WhatsApp-nya.

Menanggapi laporan penganiayaan terhadap anggota PPWI tersebut, Ketum PPWI Wilson Lalengke bereaksi keras, meminta jajaran Polres Pringsewu segera memproses kasus tersebut. “Atas nama organisasi PPWI, saya mengecam keras tindakan main hakim sendiri yang dilakukan oleh begundal Hendri Wiliansa terhadap warga PPWI atas nama Aan Sugiarto di Pringsewu Kamis malam tadi. Untuk itu, saya mendesak agar jajaran Kepolisian Resort Pringsewu segera bergerak mengusut dan memproses si pelaku penganiayaan. Lebih cepat lebih baik,” tegas alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu dalam releasenya, Jumat, 28 Mei 2021.

Jika ada persoalan antara oknum satpam Hendri Wiliansa dengan Aan Sugianto atau siapapun, lanjut Lalengke, Hendri tidak semestinya menggunakan cara kekerasan dengan menganiaya orang lain. “Ada mekanisme hukum yang bisa dia tempuh jika ada persoalan yang menimbulkan konflik antar pribadi terjadi di antara mereka. Jangan main pukul saja, itu cara barbar yang harus diusut tuntas oleh aparat hukum,” ujar tokoh pers nasional yang anti kekerasan ini.

Tindak kekerasan dan penganiayaan terhadap anggota PPWI Lampung, Aan Sugiarto, tersebut bermula saat yang bersangkutan hendak mengisi BBM motornya di SPBU 23.353.18 Ganjaran 2 Pagelaran Pringsewu. Di saat antrian pengisian BBM, menurut saksi mata, oknum satpam Hendri Wiliansa memanggil korban disertai lambaian tangan. Namun, karena masih menunggu mengisi BBM, korban tidak menghiraukan panggilan oknum bermental begundal Hendri Wiliansa itu.

Merasa panggilannya diabaikan, oknum security Hendri Wiliansa atau biasa disapa Heen tersebut menghampiri Aan Sugianto yang masih duduk di atas motor dan dalam antrian mengisi BBM motornya. Secara tiba-tiba, setelah dekat dengan korban, dari arah samping Hendri Wiliansa langsung menonjok mata Aan Sugianto secara bertubi-tubi dan memababi-buta. Tidak kurang dari 3 kali pukulan sekaligus tanpa memberi kesempatan kepada korban untuk melakukan pembelaan diri. Kurang puas dengan serangan bertubi pertama, dan terlihat sasaran pukulan masih sehat wal afiat, oknum Hendri Wiliansa menyerang lagi sambil memukul menggunakan helm korban yang tergantung di motor milik anggota PPWI Lampung tersebut.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi oleh Ketua DPD PPWI Lampung, Edi Suryadi, SE, atas kejadian tersebut melalui telpon genggamnya, Hendri Wiliansa mengaku bahwa dirinya tidak melakukan penganiayaan. Oknum predator psikopat Hendri Wiliansa itu berdalih bahwa mereka berkelahi. Namun kemudian dia menjelaskan aksi penganiayaan yang dilakukannya itu terjadi dalam keadaan dia tidak sadarkan diri (mungkin maksudnya khilaf - red).

Dari pengumpulan informasi sementara, kasus penganiayaan ini terjadi dipicu oleh persoalan ganti rugi tanah korban yang dijadikan fasilitas umum (jalan nasional – red) yang diduga sebagian besarnya ditilep oleh paman Hendri Wiliansa, Sdr. Waseh. (APL/Red)

Bogor, Aktual News– Dalam rangka melaksanakan giat Jum’at berkah Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P., M.M melaksanakan kunjungan ke Yayasan Mizan Amanah yang berada di Jl.Sukasari 1 non29 RT 006/RW 02 Kel.Sukasari Kec.Bogor Timur Kota Bogor. Jum’at (28/5).

Dalam kunjungannya tersebut, Danrem yang berkesempatan bertemu dengan 80 anak yatim piatu serta 20 orang kaum dhuafa memberikan motivasi kepada mereka, terutamanya kepada para santri yatim piatu yang masih diusia sekolah.

Ia berharap kepada para santri tersebut agar belajar lebih giat lagi untuk mencapai cita-cita yang diharapkan, serta dengan diimbangi dengan rajin beribadah dan patuh pada setiap arahan para pembimbing di Yayasan.

Selain itu Danrem juga menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke Yayasan tersebut, yang mana juga ingin memberikan bantuan sembako sebanyak 100 paket serta santunan tali asih, dengan harapan semoga bantuan tersebut dapat membantu mencukupi kebutuhan para santri dan juga kaum dhuafa.

Selain memberikan manfaat buat mereka yang membutuhkan, banyak hikmah yang didapat oleh Danrem dengan mengunjungi dan menyantuni anak yatim, jompo dan para Tuna netra. Selain menjadikan ladang pahala, tentunya apa yang diberikan oleh Danrem tersebut dalam Menyantuni atau mengasihi anak yatim adalah sarana untuk menanamkan sifat istiqamah pada diri sendiri dan keluarga yang menjadi sifat penting dalam beriman pada Allah SWT.

Dan terkait Covid-19, Danrem juga mengingatkan kepada warga Yayasan Mizan Amanah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas serta mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan air mengalir dan sabun ataupun juga menggunakan hand sanitizer.

” Usai libur lebaran tahun ini, jumlah penderita Covid-19 diwilayah Kota Bogor meningkat, oleh karena itu maka saya berharap agar kita semua sama-sama mendukung untuk menanggulangi penyebaran virus tersebut. Dengan cara saling menjaga dan daling mengingatkan untuk patuhi protokol kesehatan.” Hal itu disampaikan oleh Danrem.

” Mari kita sama-sama menjaga dan menjaga bersama-sama.” Tambahnya.

“Danrem juga tidak lupa mengingatkan bahwa kota Bogor adalah salah satu Kota yang menjadi Barometer, dimana Presiden RI saat ini menetap di Istana Bogor, maka sudah pasti Kota Bogor menjadi perhatian dunia. Oleh karena itu Ia berharap agar semua elemen menjaga Kota Bogor semaksimal mungkin, ” pungkasnya.

Turut hadir pada giat tersebut Kapolsek Bogor Timur (Kompol Hida Tjahjono), Danramil Bogor Timur (Kapten Inf Suharja), Pabintal Rem 061/SK (Letda Inf Sutisna), serta Sekcam Bogor Timur. [ Red/Akt-01/Rena ]

 

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

Tangerang, Aktual News-Ketua Perkumpulan Pedagang Keliling Banten ( PPKB ) Sektor Cisoka Solear, Damri salurkan kepada pedagang anggota PPKB yang terdampak oleh penutupan obyek wisata makam kramat Solear, jum’at (28/5/21).

Sembako yang disalurkan merupakan bantuan dari Bupati Kabupaten Tangerang A.Zaki Iskandar melalui Dinas Sosial kepada para pedagang yang terdampak oleh penutupan destinasi wisata sesuai Surat Edaran ( SE) gubernur dengan nomor : 556/901-Dispar/2021 tertanggal 15 Mei hingga 30 Mei Tahun 2021.

” Alhamdulillah, terima kasih kepada Bupati Kabupaten Tangerang A.Zaki Iskandar yang telah peduli kepada kami, bantuan ini sangat membantu kami ditengah kesulitan yang di akibatkan oleh pandemi covid 19 ” ucapnya bang Adam sapaan akrab ketua PPKB sektor Cisoka – Solear.

Lanjut bang Adam , sebanyak 75 paket sembako akan kami salurkan untuk rekan rekan pedagang di makam kramat solear yang tergabung dalam Keluarga Besar PPKB ” pungkasnya. [ Red/Akt-26/Mut ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Setelah mendapat suntikan vaksin Sinovac Covid-19 pertama pada 7 Mei 2021 lalu, hari ini Jum'at 28 Mei 2021 para pegawai dan karyawan beserta staf menerima vaksinasi fase ke-2 diruang rapat Diskominfo Labuhanbatu jalan Martinus Lubis Kecamatan Rantau Selatan.

Langkah ini sebagai bentuk dukungan kita kepada pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19," ucap Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan,S.Kom, usai menerima suntikan.

Kita wajibkan kepada seluruh staf Diskominfo untuk mengikuti vaksinasi, untuk mendukung kinerja pemerintah menangani dan mencegah berkembangnya Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Sebagai warga dan intansi pemerintahan yang baik, Diskominfo wajib memberikan contoh kepada masyarakat ataupun intansi lain untuk mengikuti dan mensukseskan kinerja pemerintah memberantas keberadaan covid-19.ujar Rajid.

Mewakili rekanya, Putri salah satu honorer dinas tersebut mengatakan ada keuntungan kita mengikuti suntik vaksin ini, diantaranya kita memiliki imun tubuh yang kuat, ucap nya.

Tidak ada efek negatif setelah disuntik, "saya biasa saja tidak ada gejala negatif, ayo jangan takut untuk divaksin," ujar Putri.

Vaksinasi fase ke-2 ini diawali oleh Kadiskominfo Rajid Yuliawan sebagai orang pertama menerima suntikan, diikuti para Kabid, kasi, staf dan honorer. (Rahmad)

Aceh, Aktual News. Menanggapi sejumlah berita yang beredar (27/5) terkait ditundanya pembacaan tuntutan jaksa terhadap para terdakwa dugaan kasus pemeliharaan jalan dan jembatan di Kabupaten Simeulue yang merugikan negara mencapai 5.7 Milyar Rupiah itu “Dipertanyakan” sejumlah kalangan.

Ketua Projo Simeulue Yusuf Daud yang memantau proses persidangan kasus tersebut turut mempertanyakan “Ada apa” ungkapnya di Jakarta (28/5).

Beberapa hari yang lalu juga diberitakan para terdakwa bebas berkeliaran, sebelumnya juga diberitakan bahwa mereka ditangguhkan dengan jaminan Bupati, terus hari ini kembali diberitakan penundaan pembacaan tuntutan.

Jangan-jangan Ini ada intervensi dari oknum tertentu, ujar Yusuf Daud.

Karena itu saya berharap agar masyarakat dan pegiat anti korupsi seperti LSM GeRAK, MaTA, GEMPAR, LASKAR, LPK, GARDA ACEH dan LSM lainnya terus mengawal demi keadilan bagi Masyarakat di Aceh, tutupnya. [Red/Akt-25/hs]

 

Aktual News.

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kamis, 27 Mei 2021.

Pada kesempatan itu, Kapolri mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI- Polri serta masyarakat yang turut serta menjaga keamanan Bumi Cendrawasih.

"Tujuan kunjungan saya dan Panglima ke Papua untuk melihat langsung situasi keamanan di Papua. Berdasarkan kalender kamtibmas ada beberapa agenda penting yang dilaksanakan di Papua seperti PON ke XX dan Papernas XVI 2021 dan sebagainya yang membutuhkan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (27/5/2021).

Terkait agenda PON dan Peparnas, Sigit mengaku dirinya dan Panglima TNI telah menyiapkan strategi pengamanan dengan melibatkan stakeholders lainnya seperti Pemprov, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat.

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang fokus dalam pembangunan Papua, baik infrastruktur, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

"Bapak presiden telah memberikan perhatian khusus kepada Papua agar melakukan percepatan pembangunan seperti daerah-daerah lainnya," ungkapnya.

Upaya ini, lanjut dia, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mengubah paradigma pembangunan dari Jawa sentris menjadi Indonesia sentris.

Mantan Kapolda Banten ini pun menbeberkan beberapa pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah yakni beberapa pembangunan jembatan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI dan Papua Nugini, Bandara, Pelabuhan dan Pasar.

Sedangkan pembangunan infrastruktur lainnya yang akan dilanjutkan yakni Jalan Trans Papua yang menghubungkan Papua Barat dan Papua, membentang dari Sorong hingga Merauke dengan panjang 4.330,07 KM.

Kemudian pembangunan Palapa Ring yang menjangkau 51 Kabupaten/Kota, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG), Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro, pembangunan jalan perbatasan RI-Papua Nugini, Pembangunan Stadion Lukas Enembe dan lainnya.

Selain itu, upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk membangun SDM unggul Papua yakni dari segi ekonomi dilakukan pendampingan terhadap UMKM, pengembangan masyarakat berbasis desa, pembangunan bibit babi unggul melalui inseminasi buatan.

Dari segi pendidikan, pemerintah membangun rumah untuk guru, asrama untuk pelajar dan mahasiswa serta memberikan bantuan rehabilitasi infrastruktur sekolah.

Dari segi kesehatan, membangun gedung poliklinik di RSUD Jayapura, program pengobatan gratis dan pelayanan pengendalian penyakit malaria.

"Pembangunan yang sedang berjalan ini harus didukung dengan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang tentunya menjadi tanggungjawab seluruh pihak dan masyarakat Papua," ungkap jenderal bintang empat ini.

Menurut Sigit, saat ini ada beberapa permasalahan yang membuat program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Papua terhambat. Salah satunya adalah belum tersosialisasi upaya pemerintah tersebut.

"Berkaitan dengan itu Bapak Presiden berharap agar penyelesaian masalah tersebut dilakukan melalui tatap muka dan dialog dengan memperhatikan adat istiadat, serta frekuensi yang sama sehingga menjadi dasar dalam membangun Papua," ucapnya.

Oleh karena itu, Sigit mengaku dirinya bersama Panglima TNI saat ini datang langsung untuk melakukan tatap muka dan dialog bersama tokoh agama, adat dan masyakarat guna mendapat dukungan dan masukan untuk menyelesaikan segala permasalahan.

"Harapan saya dengan adanya dialog ini, masyarakat Papua dapat berperan aktif dan secara bersama-sama menjaga stabilitas keamanan untuk mewujudkan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia Papua yang unggul, serta mampu mengelola sumber daya alam secara maksimal sehingga menjamin kesejahteraan masyarakat Papua," tutup mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini. *

NUSANTARAEXPRESS, KEPULAUAN SERIBU - Indonesia sangat berkomitmen untuk mengurangi timbulan sampah plastik. Dalam 15 tahun terakhir Indonesia menghadapi tantangan besar dalam sampah plastik karena jumlah dan fraksi sampah plastik terus meningkat yang sebagian besar dihasilkan dari barang-barang plastik sekali pakai seperti kantong plastik, kemasan plastik fleksibel (sachet dan pouch), sedotan plastik, dan wadah busa plastik (styrofoam). Pada tahun 2005 fraksi sampah plastik sebesar 11%, namun saat ini fraksi tersebut meningkat signifikan menjadi 15,7-18,5%.



Pemerintah Indonesia telah menyusun 5 strategi dan rencana aksi pengurangan sampah plastik dalam jangka panjang yang terdiri dari: (1) meningkatkan gerakan nasional untuk mengelola sampah secara komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan didukung oleh regulasi yang kuat serta pelaksanaannya di tingkat nasional dan daerah; (2) melaksanakan pengelolaan sampah baik di darat maupun di laut dengan intensitas tinggi, peningkatan teknologi serta inisiatif dan partisipasi masyarakat; (3) meningkatkan pengelolaan sampah plastik, termasuk pencemaran sampah plastik di laut dari kegiatan perikanan, transportasi, tempat dan kegiatan wisata, serta dari permukiman, khususnya di kawasan pesisir; (4) memperkuat pembangunan kapasitas kelembagaan dan keuangan, pengawasan dan penegakan hukum; dan (5) penelitian dan pengembangan, untuk mendorong inovasi dan meningkatkan teknologi.



Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Pusat Kajian Kebijakan Strategis (Pusjakstra) pada Senin (24/5/2021) meninjau langsung salah satu contoh aktivitas masyarakat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu yang memanfaatkan teknologi untuk mengolah sampah plastik dan mengubahnya menjadi Energi Baru Terbarukan (EBT) berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar. Bertempat di Aula Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, Taman Nasional Kepulauan Seribu, Kepala Pusat Kajian Kebijakan Strategis KLHK, Herry Subagiadi berdiskusi dengan masyarakat penggiat lingkungan dari komunitas Rumah Literasi Hijau.

Herry menyampaikan bahwa, kedatangannya ke Pulau Pramuka ini untuk melihat langsung dan mendengar cerita pemanfaatan sampah plastik menjadi BBM. Dirinya berharap dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi nelayan dan kedepannya dapat menghasilkan listrik di pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. "Saya harap kegiatan di Pulau Pramuka ini dapat direplikasi di tempat lain, dari diskusi ini, kami berharap ada tindak lanjut yang akan kami kaji di kantor untuk mewujudkan pemanfaatan sampah plastik menjadi EBT di tempat lain," ungkap Herry.

Hjh. Mariyah, seorang guru dan inisiator Rumah Literasi Hijau, menjelaskan bahwa dirinya sejak tahun 2009 telah berkegiatan dan mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Kemudian, sejak 2 tahun terkahir, RLH mendapatkan bantuan alat mesin Pirolisis yang dapat mengubah sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) berupa solar.



Teknologi ini menurut Hjh. Mariyah sangat sederhana, dan memungkinkan orang awam untuk cepat mempelajarinya. Teknologi Pirolisis ini juga tidak perlu listrik yang besar dan tempat yang luas, sehingga limbah plastik dapat dikelola bahkan menjadi manfaat. "Hasil uji lab yang kami lakukan sebanyak 3 kali di 2 laboratorium berbeda, hasilnya adalah BBM yang dihasilkan relatif stabil dan bisa mengoperasikan mesin 2 tak seperti chainsaw," ungkap Hjh. Mariyah.

Menurut Pertamina, Pirolisis adalah proses dekomposisi suatu bahan pada suhu tinggi yang berlangsung tanpa adanya udara atau dengan udara terbatas. Proses dekomposisi pada pirolisis ini juga sering disebut dengan devolatilisasi. Pirolisis atau bisa di sebut thermolisis adalah proses dekomposisi kimia dengan menggunakan pemanasan tanpa kehadiran oksigen.

Proses pirolisis menghasilkan produk berupa bahan bakar padat yaitu karbon, cairan berupa campuran tar dan beberapa zat lainnya. Produk lain adalah gas berupa karbon dioksida (CO2), metana (CH4) dan beberapa gas yang memiliki kandungan kecil. Hasil pirolisis berupa tiga jenis produk yaitu padatan (charcoal/arang), gas (fuel gas) dan cairan (bio-oil).

Setelah melakukan diskusi terkait pemanfaatan sampah plastik menjadi EBT, pada kunjungan kerjaydi Kepulauan Seribu, Herry juga melakukan penanaman Mangrove di Pulau Karya (25/5/2021). Sebanyak 210 bibit Mangrove dibagi dalam 3 kelompok tanam.



Herry menginginkan Mangrove yang ditanam kali ini dapat terpelihara dan tumbuh dengan baik. "Kami berharap, bermula dari hal kecil ini dapat memicu pihak-pihak lain untuk melakukan hal yang sama dengan kami, yaitu ikut menanam Mangrove di tempat yang sama untuk melengkapi pantai di Pulau Karya," harap Herry.

Mangrove memiliki manfaat yang besar dalam ekosistem pesisir laut. Fungsi ekologi mangrove juga sangat penting untuk habitat dan berkembang biak biota laut. Melimpahnya ikan dan satwa laut lainnya dari ekosistem mangrove yang baik, akan mendatangkan pendapatan tambahan bagi para nelayan.

Mangrove juga berfungsi sebagai pemecah gelombang laut yang akan mencegah abrasi pantai dan intrusi air laut. Fakta penting lainnya dari mangrove adalah dapat menyerap karbon dalam jumlah besar. Luas 1 Ha hutan mangrove dapat menyerap 1.000 ton lebih karbon, lebih banyak daripada hutan alam biasa. (HSMY)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. [WIKA] menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2020 di Jakarta, Kamis (27/5) RUPST berlangsung dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 dimana seluruh peserta yang hadir diwajibkan untuk menjalani tes swab anti gen terlebih dahulu dan patuh pada penerapan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak).

Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2020 ini membahas 10 (sepuluh) agenda diantaranya persetujuan laporan tahunan berikut penetapan laba bersih Perseroan, penunjukan kantor akuntan publik untuk tahun buku 2021, laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Wijaya Karya tahap I tahun 2020, persetujuan perubahan anggaran dasar Perseroan, serta susunan pengurus Perseroan.



Pada RUPST ini, diinformasikan kepada para pemegang saham bahwa capaian Kontrak Baru WIKA pada tahun 2020 adalah sebesar Rp23,37 Triliun sehingga membukukan order book sebesar Rp98,08 Triliun. Selain itu, RUPS ini juga menyetujui Perseroan untuk mengalokasikan seluruh laba bersih Perseroan sebagai cadangan.

Perseroan berhasil membukukan dan disetujui oleh RUPST untuk laba bersih yang diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp185,77 Miliar. Catatan tersebut mencerminkan keberhasilan WIKA dalam merealisasikan laba bersih lebih tinggi dari RKAP review Perseroan yang disesuaikan akibat dampak pandemi Covid-19.

“Manajemen ingin mengupayakan kondisi Perseroan tetap sehat, di mana langkah yang kami ambil adalah melakukan proses bisnis yang adaptif dan tangguh bertahan di tengah pandemi. Sebagai perusahaan EPC, WIKA pun membangun komunikasi aktif dan berusaha untuk menyelaraskan kepentingannya dengan kepentingan pemilik proyek. Dengan demikian, jadwal maupun progres proyek tetap terjaga dan memenuhi harapan dari para pemangku kepentingan,” terang Sekretaris Perusahaan, Mahendra Vijaya.

Kemudian pada mata acara terakhir, RUPST menyetujui susunan pengurus Perseroan sesuai dengan usulan dari Pemegang Saham Seri A Dwiwarna sebagai berikut:
Dewan Komisaris,
Komisaris Utama : Jarot Widyoko
Komisaris : Satya Bhakti Parikesit
Komisaris : Firdaus Ali
Komisaris : Edy Sudarmanto
Komisaris Independen : Adityawarman
Komisaris Independen : Harris Arthur Hedar
Komisaris Independen : Suryo Hapsoro Tri Utomo

Sedangkan jajaran Direksi adalah sebagai berikut:
Direktur Utama : Agung Budi Waskito
Direktur Human Capital
dan Pengembangan : Mursyid
Direktur Quality, Health,
Safety and Environment : Rudi Hartono
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Ade Wahyu
Direktur Operasi I : Hananto Aji
Direktur Operasi II : Harum Akhmad Zuhdi
Direktur Operasi III : Sugeng Rochadi

#Sehatberprestasi
#Qualityleadstobetterlife

(HSMY).

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han), melepas peserta latihan K2 Jalakaca 21 Satkopaska Koarmada II bertempat di dermaga Madura Koarmada II, Kamis (27/5)

Latihan K2 Jalakaca 21 yang dilaksanakan di Banyuwangi tersebut akan berlangsung di Banyuwangi selama lebih kurang 10 hari dan dipimpin langsung oleh Komandan Satkopaska Koarmada II/4 Kolonel Laut (P) Agus Yudho Kristianto.

Pangkoarmada II dalam sambutannya berharap bahwa keberhasilan organisasi selain adanya aturan yang mengikat tapi juga didukung oleh kemampuan personel yang handal, yang profesional, yang mempunyai keahlian dan keahlian tersebut dapat dicapai dengan latihan yang mantap, latihan yang terprogram dan berkelanjutan.



Pangkoarmada II juga menyampaikan bahwa Satkopaska sebagai pasukan khusus yang mempunyai skill harus bisa mengemban tugas sebagaimana yang diharapkan oleh pimpinan dan juga negara. Dan beliau juga berharap Satkopaska mampu melaksanakan latihan dengan sebaik baiknya.

Latihan K2 Jalakaca 21 dilepas dan diberangkatakan secara resmi oleh Pangkoarmada II pada pukul 06.45 WIB.

Latihan K2 Jalakaca 21 ini sesuai juga dengan program prioritas Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan SDM TNI AL yang unggul dan peningkatan kemampuan TNI AL dalam hadapi ancaman bersifat non-konvensional. [Pen2]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Hingga tahun 2030, Kemenhub memperkirakan total kebutuhan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk operasional pemerintah mencapai sekitar 132 ribu unit kendaraan roda empat. Perkiraan tersebut merupakan salah satu bagian dari hasil penyusunan Peta Jalan Transformasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai Kendaraan Operasional Pemerintahan dan Transportasi Umum yang dilakukan oleh Kemenhub.

“Kami rencanakan penerapan penggunaan KBLBB sebagai kendaraan operasional pemerintahan, akan dilakukan di 3 (tiga) Kota Percontohan di Indonesia yaitu: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali,” demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat menjadi keynote speaker dalam acara Webinar dengan tema ‘Membangun Masyarakat eMobility’ yang diselenggarakan oleh Cigre Indonesia, Kamis (27/5).

Menhub mengatakan, Peta Jalan (Road Map) yang telah disusun Kemenhub tersebut adalah dalam rangka mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Dalam rangka mendorong percepatan penggunan KBLBB secara massal di Indonesia, pemerintah juga telah memberikan kemudahan (insentif fiskal) berupa pengenaan biaya pengujian KBLBB yang lebih murah dibandingkan dengan Kendaraan berbahan bakar minyak (BBM), yang masih terdapat item biaya uji emisi gas buang. Misalnya: untuk sepeda motor, biaya uji kendaraan BBM mencapai 9,5 juta rupiah, sedangkan untuk KBLBB hanya 4,5 juta rupiah. Kemudian, mobil, untuk kendaraan BBM mencapai 27,8 juta rupiah, sedangkan KBLBB hanya 13,2 juta rupiah. Dan Bus, untuk kendaraan BBM mencapai 126,9 juta, sedangkan KBLBB hanya 13,2 juta rupiah.

Sejumlahpemerintah daerah yakni di Jawa Timur, Banten, Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, juga telah menyusun kebijakan insentif fiskal berupa pengurangan biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk KBLBB.

“Sampai dengan saat ini, berdasarkan data dari Kementerian ESDM, juga telah dibangun 112 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia. Dan pada tahun 2031, kebutuhan SPKLU di Indonesia mencapai 7.146 unit,” kata Menhub.

Menhub berharap, kolaborasi antara Kementerian/Lembaga dapat terus berjalan baik agar penggunaan KBLBB di Indonesia dapat direalisasikan dengan cepat.

“Stakeholder sudah bergerak, pelaku industri kita harapkan juga bergerak, masyarakat juga kiranya bisa melakukan suatu upaya mengurangi emisi CO2 dari kendaraan berbahan bakar fosil dengan menggunakan kendaraan listrik agar kualitas udara di Indonesia semakin baik,” ucap Menhub.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Penggiat Kendaraan Listrik Indonesia Dahlan Iskan, serta Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril. (HSMY)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Indonesia telah memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern dengan memanfaatkan jaringan koneksi generasi kelima (5G). Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan infrastruktur digital nasional akan ditopang dengan jaringan 4G dan 5G secara simultan.

"Saya ingin memastikan roll out 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini juga tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G, karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah tanah air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita," ujarnya dalam peresmian 5G Telkomsel, di Vertical Garden the Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/05/2021).



Menteri Johnny menyatakan peresmian jaringan 5G oleh Telkomsel merupakan hari bersejarah untuk Indonesia."Hari ini hari bersejarah, hari yang sangat khusus untuk telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai satu langkah baru revolusioner menatap masa depan telekomunikasi dan digitalisasi Indonesia," tandasnya.

Menurut Menkominfo sudah banyak harapan yang diterima, baik dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, komunitas bisnis, komunitas masyarakat, dan masyarakat umum mengenai kehadiran 5G untuk memenuhi kebutuhan di era teknologi digital.

"Ini tanda-tanda baik, sekaligus tantangan yang luar biasa apabila memahami implikasi harapan itu. Hari ini hari yang luar biasa, di mana kita mengawali deployment 5G dengan tetap menjaga dan mempertahankan agar internet link rasio, agar disparitas internet antar wilayah negara kita, tetap terjaga dengan baik," tandasnya.

Akselerasi Transformasi Digital

Dalam kesempatan itu, Menteri Johnny menyampaikan kebanggaan dan apresiasi melihat keseriusan dari Telkomsel yang mengambil langkah cepat untuk mengawal pembangunan 5G di Indonesia.

Namun, Menkominfo menegaskan perlunya persiapan yang matang dengan pertimbangan dan keputusan bisnis yang future oriented, melihat kedepan, menantang dan menerima peluang sebagai arena baru telekomunikasi nasional.

"Setidaknya hari ini akan tercatat dalam riwayat dunia, Indonesia mengambil bagian sebagai negara yang sudah operasi komersial untuk 5G, dengan semua konsekuensinya, baik dampak-dampak positif, peluang dan harapan maupun dampak buruk dan tantangan-tantangannya yang harus kita atasi," jelasnya.

Kepada Telkomsel, Menteri Johnny menegaskan tantangan dan dampak buruk bukan menjadi faktor yang menghentikan langkah, justru menjadi faktor yang mendorong pemerintah dan mitranya untuk berkolaborasi agar pembangunan 5G menjadi lebih matang dan lebih kuat di Indonesia.

"Harapan masyarakat kita, transformasi digital, migrasi rakyat dari ruang fisik ke ruang digital sudah luar biasa di Indonesia. Setidaknya 196 juta warga internet Indonesia, satu peluang dan space digital yang luar biasa besar di era di saat di mana terjadi tantangan pandemi Covid-19," ujarnya.

Menkominfo menyatakan, sisi lain dari pandemi Covid-19 di era digital ini adalah awal dan sebagai penanda dimulainya akselerasi transformasi digital. "Karenanya, marilah kita gunakan ini untuk kepentingan nasional kita, di saat di mana teknologi memungkinkan kecepatan 10 kali lipat dibanding 4G, di mana teknologi memungkinkan latensi yang rendah, dimana teknologi memungkinkan spektrum yang lebih efisien untuk kita gunakan. Marilah kita gunakan ini untuk manfaat," jelasnya.

Dukungan Penuh

Menteri Johnny menegaskan dukungan Pemerintah untuk memastikan menjalankan peran, tugas, fungsi dan pokok pemerintah, khususnya di sektor telekomunikasi.

"Kepada saya disampaikan bahwa kebutuhan spektrum frekuensi sampai tahun 2024, setidaknya sebanyak 2. 047 Mhz untuk mendukung 4G dan 5G deployment. Hingga saat ini kita baru menggunakan sekitar 737 Mhz untuk keseluruhan operasi telekomunikasi kita saat ini," jelas Menteri Johnny.

Kebutuhan spektrum frekuensi itu menggambarkan pemerintah perlu melakukan farming dan refarming spektrum sebanyak 1.310 MHz, atau hampir dua kali lipat dari kapasitas kebutuhan saat ini.

"Itu pekerjaan yang besar, tetapi saya memberikan aturan bahwa pemerintah akan gunakan itu secara optimal dan maksimal, gunakan itu untuk kepentingan industri yang ujungnya demi kejayaan negeri kita," imbuhnya.

Disamping menjadi tonggak infrastruktur telekomunikasi, Menkominfo juga mengingatkan agar tetap memperhatikan Capital Expenditure (Capex) dan Operational Expenditure (Opex) yang dibutuhkan untuk kepentingan infrastruktur dan pemanfaat hilir dari telekomunikasi nasional.

"Kita membangun upstream dengan harapan downstream bisnis telekomunikasi juga mekar dan berkembang," ujarnya.

Menteri Kominfo menitipkan pesan kepada Telkomsel dan mitra kerjanya untuk terus melakukan terobosan teknologi baru di Indonesia. "Titipan saya let's do it! harapan saya kepada stakeholders meeting ambil keputusan yang tepat dan segera, dorongan saya adalah siapkan Capex dan Opex yang memadai, pasar menunggu dan menanti, the opportunity is that," tandasnya.

Dalam peresmian 5G Telkomsel, Menteri Johnny didampingi Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika; Ismail, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika; Ismail. Turut hadir Komisaris Utama PT Telkomsel; Wishnutama Kusubandio, Direktur Utama Telkomsel; Setyanto Hantoro, dan Direktur Utama Telkom Indonesia; Ririek Adriansyah. (HSMY).

NUSANTARAEXPRESS, BANYUMAS - Komandan Korem (Danrem) 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, memimpin 9 Dandim jajarannya untuk mengikuti vicon Rakornis TMMD Reguler 111 di Aula Jenderal Sudirman Makorem 071 Wijayakusuma, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kamis (27/5/2021).

Dalam vicon yang dipimpin Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P, M.Si, Waaster Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI, yang mewakili Aster Kasad (Mayjen TNI Nurchahyanto) itu, selain para Dandim di tanah air, para pejabat Forkopimda juga mengikuti vicon di masing-masing daerah yang wilayahnya menjadi lokasi pelaksanaan TMMD Reguler 111.



Untuk di Korem 071 sendiri, kali ini Kodim 0704 Banjarnegara menjadi pelaksana TMMD Reguler 111 di Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan, sehingga pejabat Forkopimda Banjarnegara juga hadir meliputi Ketua DPRD Isnawan Setya, Bupati Budhi Sarwono, Dandim Letkol Infanteri Sujeidi Faisal ST, M.Han, Kedispermades Hendro, serta Kabaperlitbangda Ir. Arifin.

“Vicon ini untuk menyamakan persepsi tentang berbagai program pemerintah yang dapat disinergikan melalui TMMD Reguler 111 yang akan dilaksanakan mulai 15 Juni hingga 14 Juli 2021 mendatang,” beber Danrem.

Lanjutnya, TMMD yang mengambil tema wujud sinergi membangun negeri itu merupakan kegiatan lintas sektoral dengan melibatkan semua komponen bangsa dalam upaya membantu pemerintah daerah memeratakan pembangunan di desa tertinggal infrastruktur di daerah.

Selain itu, di TMMD Reguler juga dilaksanakan pembangunan non fisik untuk meningkatkan SDM masyarakat desa sasarannya, seperti edukasi kesadaran bela negara, kesehatan, pertanian, bahaya narkoba, paham radikalisme, kamtibmas, sampai dengan kesadaran pentingnya protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid-19.

“Karena itu, TMMD Reguler merupakan salah satu solusi bagi Pemda untuk menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat saat ini. Dan TMMD pula merupakan wadah instansi lintas sektoral untuk bergotong-royong serta meningkatkan soliditas dalam pengabdian meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya mengulas penyampaian Waaster Kasad.

Berkaitan dengan publikasi/pemberitaan pelaksanaan TMMD Reguler 111 Banjarnegara melalui media massa, Danrem meminta agar segenap stakeholder di Banjarnegara dapat mensupport setiap jengkal pelaksanaannya sehingga pembangunan infrastruktur, SDM, dan gotong-royongnya, agar diketahui juga khalayak umum baik lokal maupun nasional.

“Yang utama adalah bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat diketahui umum saat pelaksanaan TMMD itu sendiri,” pintanya.

Sementara itu, saat vicon berlangsung, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes menyampaikan bahwa, pihaknya (Kemenkes) bersinergi dengan TNI melalui TMMD untuk meningkatkan SDM masyarakat lebih berkualitas melalui pelayanan kesehatan dasar yaitu upaya promotif dan preventif kesehatan yang didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Diuraikannya, pelayanan kesehatan dasar meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak, KB, kesehatan reproduksi, percepatan gizi masyarakat, pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat, pengendalian penyakit, penguatan sistem kesehatan dan pengawasan obat yang tentunya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta menurunkan stunting.

“Karenanya, melalui program TMMD ini Kemenkes ikut turut andil untuk lebih menyehatkan dan mensejahterakan sejahtera,” paparnya.

Puncak Rakornis ini juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler ke-110 Tahun 2021, baik untuk kategori umum maupun Dansatgas TMMD. (Susilo/Aan)

NUSANTARAEXPRESS, PAPUA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan kunjungan kerja ke Papua. Beberapa agenda dilakukan keduanya di Bumi Cendrawasih itu diantaranya memberikan motivasi kepada prajurit dan melakukan pertemuan terhadap tokoh masyarakat Papua.

Dalam arahanya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghimbau kepada seluruh personil yang bertugas di Bumi Cendrawasih agar memiliki formula khusus bagaimana merebut hati rakyat Papua agar tetap teguh mencintai NKRI. Ia juga meminta semua unsur personel yang bertugas meningkatkan sinergitas sehingga kesejahteraan masyarakat Papua dirasakan lebih cepat.

“TNI dan Polri bermanunggal dengan rakyat. Dengan Binmas Noken dan teritorial. Bangun sinergi dengan baik antar lintas satuan,” demikian Kata Panglima TNI, pada Rabu (26/5/2021).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa selain tugas pengamanan yang dilakukan, personel TNI-Polri juga harus menyampaikan bahwa kehadirannya untuk mengawal agenda pemerintah membangun Papua.

“Tugas saudara semua mengawal untuk memberitahu akan pembangunan yang sudah dilakukan. Petakan dengan baik apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Papua,” kata Kapolri.

Usai memberikan arahannya, Panglima TNI dan Kapolri melakukan pertemuan tertutup dengan tokoh agama, adat dan masyarakat Papua. (*)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Perayaan Waisak Nasional digelar di Hall B3 C3 Jakarta International (JI) Expo Kemayoran, diawali dengan kegiatan retreat selama 3 hari, dari Mazhab Theravada, Mahayana dan Tantrayana dan puncaknya hari ini, Rabu (26/5/2021). Acara dilaksanakan secara offline yang dihadiri oleh 300 umat Buddha.

Peringatan Hari Raya Waisak Nasional kali ini, kegiatannya dipusatkan di JI Expo, Kemayoran Jakarta Pusat, beda dengan tahun-tahun lalu dimana dipusatkan di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Romo Asun Gotama yang menjabat Wasekjend DPP Walubi dalam keterangan usai acara tersebut mengatakan, "Tahun ini ritual pengambilan api, air suci, semuanya tidak mungkin bisa kita laksanakan. Dan saat pandemi ini kita menyelenggarakan peringatan hari Waisak Nasional dengan sangat sederhana."

Romo Asun juga menjelaskan bahwa Waisak Nasional 2565 BE tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam Waisak tahun ini mengambil tema “Waisak Membangkitkan Semangat Persatuan Untuk Indonesia Maju dan Sub Tema Gunakan Hati Berbuat Kebajikan".

“Sementara umat Buddha lainnya di Indonesia dapat menyaksikan peringatan Hari Raya Waisak 2565 BE secara daring mengingat saat ini masih dalam suasana covid-19 dan kami harus mengikuti aturan pemerintah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ulas Romo Asun.

Masih kata Romo Asun, peringatan Hari Raya Waisak Nasional tahun ini dihadiri Ketua Umum DPP Walubi, Ibu Dra S Hartati Murdaya, Wakil Menteri Agama RI Bapak Zainut Tauhid Sa'adi beserta Ibu, Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI Bapak Caliadi SH, M.H., beserta Ibu, Gubernur DKI Jakarta Bapak H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., Tokoh Lintas Agama dari PGI, KWI, Matakin, MUI, PHDI, PBNU dan tokoh masyarakat dan ketua umum seluruh majelis.

Adapun Ritual menyambut detik-detik Waisak yang jatuh pada pukul 18.13.30 Wib dimulai jam 16.00 Wib, diawali dengan penyalaan lilin panca warna oleh Bapak Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Bapak Caliadi, S.H., M.H; Ketua Umum Walubi, Ibu Hartati Murdaya; Dewan Pengawas Walubi, Bapak Murdaya Po; Sekjend Walubi Bhante, Kanit Sannano; Ketua Dewan Sangha Walubi, Suhu Dutavira Mahasthavira; Bhante Kamsai; Suhu Pu Shan; Ketua Panitia, Bapak Budiharto Hasbun; dan Ketua Harian Majelis Umat Buddha Theravada Indonesia Romo Asun Gotama.

“Sambutan dari Ketua Umum DPP Walubi, dilanjutkan dengan bimbingan meditasi menyambut detik-detik Waisak oleh Ketua Dewan Sangha Walubi Suhu Dutavira Mahasthavira dan penutup acara ritual ditutup dengan pradaksina dan menyanyikan lagu malam Suci Waisak bersama-sama dengan menyalakan lilin sebagai penerang dalam kegelapan,” pungkas Romo Asun. (AMR/Red)

Labuhanbatu, Aktual News-Setelah mendapat suntikan vaksin Sinovac Covid-19 pertama pada 7 Mei 2021 lalu, hari ini Jum’at 28 Mei 2021 para pegawai dan karyawan beserta staf menerima vaksinasi fase ke-2 diruang rapat Diskominfo Labuhanbatu jalan Martinus Lubis Kecamatan Rantau Selatan.

Langkah ini sebagai bentuk dukungan kita kepada pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19,” ucap Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan,S.Kom, usai menerima suntikan.

Kita wajibkan kepada seluruh staf Diskominfo untuk mengikuti vaksinasi, untuk mendukung kinerja pemerintah menangani dan mencegah berkembangnya Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Sebagai warga dan intansi pemerintahan yang baik, Diskominfo wajib memberikan contoh kepada masyarakat ataupun intansi lain untuk mengikuti dan mensukseskan kinerja pemerintah memberantas keberadaan covid-19.ujar Rajid.

Mewakili rekanya, Putri salah satu honorer dinas tersebut mengatakan ada keuntungan kita mengikuti suntik vaksin ini, diantaranya kita memiliki imun tubuh yang kuat, ucap nya.

Tidak ada efek negatif setelah disuntik, “saya biasa saja tidak ada gejala negatif, ayo jangan takut untuk divaksin,” ujar Putri.

Vaksinasi fase ke-2 ini diawali oleh Kadiskominfo Rajid Yuliawan sebagai orang pertama menerima suntikan, diikuti para Kabid, kasi, staf dan honorer. [ Red/Akt-01 ]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Kementerian Investasi menggelar ‘Central Sulawesi Investment Webinar Forum 2021 di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (27/5/2021) dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun ke-57 Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola M.Si mengatakan bahwa Investasi di suatu daerah sangat diperlukan karena investasi bertambah maka pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dan rakyat sejahtera.

“Tiga tahun lalu saya sudah meluncurkan perwakilan Bank Sulteng di Jakarta, untuk itu saya berharap kepada para investor yang berinvestasi di Provinsi Sulawesi Tengah agar memanfaatkan pelayanan Bank Sulteng yang ada di Jakarta sebagai sarana transaksi berinvestasi di Sulawesi Tengah," jelas Gubernur Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulteng dua periode itu juga memaparkan potensi investasi yang ada di Kabupaten maupun Kota.

Di akhir sambutannya, Longki Djanggola mengundang Gubernur terpilih Sulawesi Tengah Rusdy Mastura untuk menyampaikan gagasan dan harapan yang akan dijalankan tentang pembangunan dan investasi di Sulteng.
"Ke depan kami bersama pemerintah daerah berupaya mendorong peningkatan daya saing perekonomian daerah untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas infrastruktur pendukung yang memadai, regulasi yang tidak berbelit-belit serta adanya kepastian hukum bagi para investor," papar Rusdy Mastura.

Keberadaan kantor cabang investor itu juga akan memudahkan menyelesaikan urusan administrasi dengan daerah yang dijadikan pusat pengembangan usaha.

Di Sulawesi Tengah sendiri terdapat investasi dari dalam dan luar negeri yang bergerak di berbagai bidang antara lain pertambangan, perkebunan, jasa dan perindustrian.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal dan Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ir. Christina Shandra, MT menawarkan sejumlah investasi 62 Triliun rupiah. “Kami menawarkan sejumlah investasi yang bernilai 62 Triliun. Sudah lama melalukan aktifitas one-one meeting semenjak di Palu sampai saat ini di hotel Ayana Mid Plaza. Ada 6 perusahaan dengan nilai total investasi mencapai 32 triliun rupiah dan tersebar di 2 Kabupaten Morowali dan 2 di Kabupaten Morowali Utara, yaitu di Kabupaten Buol dan di Kabupaten Parigi Moutong,” ungkapnya dengan ramah.

“Promosi-promosi investasi bagi para investor yang sekedar melihat-lihat, ingin tahu menjadi tahu, memberikan informasi mengenai pertanyaan dan data ataupun lainya, komoditi unggulan atau informasi secara lengkap untuk yang saat ini kebanyakan dari Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN),” urainya kepada awak media. (JSY)

Cisoka ,Aktual NewsDari penelusuran awak media AktualNews terkait pembangunan atau normalisasi yang diduga tak bertuan di kampung Pasir Lengoh Rt 001/005 desa Caringin Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Jum’at, 21/05/2021,13:29 WIB awak media AktualNews.co.id menyambangi bpk Amak ketua Rt 001/005, guna konfirmasi terkait pembangunan normalisasi atau sodetan sungai tersebut, Amak mengatakan kepada awak media tidak mengetahui dari mana proyek pembangunan normalisasi tersebut dirinya hanya mendapatkan perintah dari ketua Rw 005 bpk Amhani jika akan turun alat berat, selanjutnya awak media AktualNews.co.id mendatangi rumah ketua Rw 005 jawaban yang sama pun didapati bahwasannya ketua Rt maupun ketua Rw tidak mengetahui dari mana proyek pembangunan normalisasi atau sodetan sungai tersebut dan awak media diarahkan ke kantor Desa Caringin.

Upen Ependi staf desa Caringin Kec Cisoka Kabupaten Tangerang mengatakan kepada awak media bahwa proyek pembangunan normalisasi atau sodetan sungai tersebut dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) terkait papan anggaran maupun anggarannya menurut Upen pihak Desa tidak mengetahuinya, hal aneh suatu pekerjaan dinas terkesan di sembunyikan ada apa ?

Ervin Suryono ketua Aliansi sadar pembangunan Tangerang ( Aspeta ) via pesan WhatsApp mengatakan kepada awak media AktualNews.co.id, ” setiap pembangunan daerah itu wajib membuat dan memasang papan proyek, karena itu bagian dari menjalankan amanah undang-undang tentang keterbukaan informasi publik.informasi itu penting agar masyarakat tahu bahwa ada pembangunan apa, anggaran dari mana, berapa nilai anggarannya, waktu mengerjakan berapa lama dan lainnya.sehingga peran masyarakat sebagai kontrol sosial berjalan dan masyarakat juga berhak mempertanyakan kalau tidak ada papan proyek, jangan-jangan ada sesuatu yang ditutup-tutupi sampai tidak ada papan proyeknya” ujar Ervin Suryono ketua Aspeta.

Ervin juga berharap agar pihak dinas terkait transparan sebagai pejabat pengguna anggaran untuk itu pihaknya akan melayangkan surat kepada kepala dinas ( Kadis ) PU DBMSDA Kabupaten Tangerang terkait mekanisme dan juklak juknisnya suatu proyek sebelum dan sesudah di kerjakan jangan sampai proyek pembangunan daerah menjadi ajang kepentingan dan adanya titipan ujar Ervin.[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBILIK - Sesosok jenazah perempuan yang belakangan diketahui bernama Normah (45), Islam, warga Jalan Laksana, Lingkungan III, Kelurahan Labuhanbilik, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), ditemukan dalam posisi telungkup di tepi aliran sungai Lingkungan Gang Surya, Jalan Panglima Sudirman Labuhanbilik, Kamis pagi (27/5/2021).



Saat ditemukan, jenazah Normah memakai baju warna merah motif bunga-bunga dan celana setinggi lutut warna belang hitam putih.

Keterangan diperoleh wartawan dari kakak kandung korban, bernama Kholijah, menyebutkan bahwa pagi tadi, Kamis (27/5/2021) sekira pukul 05.30 WIB, Ia sedang bergegas hendak belanja Sembako ke pasar.

Seperti biasanya, sebelum berangkat ke pasar, Kholijah kerap terlebih dulu melihat keadaan adiknya itu di kamar. Saat itu, kata Kholijah, dia melihat adiknya itu (korban - red) masih tidur. Kholijah pun pergi berangkat ke pasar.



Sepulang belanja dari pasar, sekira pukul 06.30 WIB, Ia melihat pintu kamar adiknya itu terbuka lebar. Kholijah mendatangi kamar dan dia melihat korban tidak ada di kamar tersebut. Karena mengira adiknya hanya berjalan keluar rumah sebagaimana kebiasaan korban sehari-harinya, Kholijah pun kembali melanjutkan pekerjaannya mengurusi belanjaan yang baru dibeli dari pasar.

Namun, berselang sekira 2 jam kemudian, bagai disambar petir, Kholijah terkejut mendapat kabar dari warga bahwa adiknya Normah ditemukan sudah jadi mayat dalam posisi telungkup di tepi aliran sungai Lingkungan Gang Surya, Jalan Panglima Sudirman Labuhanbilik.

Saksi yang pertama kali melihat dan menemukan jenazah korban adalah seorang nelayan setempat, bernama Saiful Bahri (34). Ia mengaku sangat terkejut melihat ada sesosok mayat perempuan dalam posisi telungkup di tepi aliran sungai.

"Saat itu saya hendak membongkar teratak yang berada di dekat lokasi tepi aliran sungai. Namun, tiba-tiba saya melihat ada sesosok jenazah perempuan dalam keadaan telungkup di pinggir aliran sungai itu. Waktunya sekira pukul 08.30 WIB, kondisi air sungai masih pasang," kata Saiful Bahri.

Nelayan itu pun berteriak memanggil warga. "Kawan saya bernama Agus Salim dan sejumlah warga lainnya pun berdatangan. Selanjutnya kami beritahukan ke Polsek Panai Tengah,” ujar Saiful Bahri.

Tak lama berselang, personil Kepolisian Sektor (Polsek) Panai Tengah tiba di lokasi dan langsung melakukan evakuasi terhadap korban.

Kapolsek Panai Tengah, AKP Rusdi Koto, melalui Wakapolsek, Iptu Ahmad Alwi Umri Nasution membenarkan peristiwa tersebut.

“Ia benar, kita lakukan cek tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian, jenazah almarhumah kita evakuasi dan selanjutnya kita bawa ke Rumah Sakit (RS) untuk divisum," kata Iptu Ahmad Alwi Umri Nasution.

"Tidak ada ditemukan tanda tanda kekerasan dijasad korban. Pihak keluarga almarhumah Normah juga bersedia membuat surat pernyataan untuk tidak dilakukan autopsi terhadap jenazah. Pihak keluarganya menyebutkan bahwa korban selama ini memang ada mengidap penyakit epilepsi (ayan - red)," kata Wakapolsek Panai Tengah tersebut. (Her)
Diberdayakan oleh Blogger.