NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Implementasi teknologi telekomunikasi 5G menjadi langkah untuk mewujudkan akses telekomunikasi yang lebih berkeadilan dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan implementasi teknologi telekomunikasi 5G juga menjembatani kesenjangan digital, meningkatkan kemampuan dan literasi masyarakat untuk menggunakan teknologi secara lebih adaptif.

“Tentunya juga turut mendorong penggunaan internet yang lebih produktif dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkapnya dalam Konferensi Pers Hasil Uji Laik 5G Indosat Ooredoo yang berlangsung virtual dari Media Center Kominfo, Jakarta, Senin (14/06/2021).

Menteri Johnny menyatakan Indonesia telah memasuki era 5G beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 27 Mei 2021. “Kita sama-sama menyaksikan komersialisasi yang dilakukan oleh PT. telkomsel. Hari ini, Indosat juga telah berhasil menjadi operator telekomunikasi berikutnya yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk komersialisasi layanan 5G,” tuturnya.

Menurut Menkominfo pihaknya telah menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) kepada PT. Indosat Ooredoo, Tbk untuk melakukan pengujian di Jakarta Pusat area Monas, yakni: Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Dengan diterbitkannya SKLO 5G ini menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun oleh PT. Indosat Tbk, secara teknis siap dioperasikan. Khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz dengan lebar pita 20 Mhz dalam rentang 1837,5 sampai 1857,5 Mhz,” jelasnya.

Menteri Johnny menjelaskan tahapan penerbitan SKLO ini dilaksanakan sesuai Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi. Aturan itu merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 mengenai Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

Menkominfo menjelaskan standarisasi 5G yang telah selesai memberikan beberapa alokasi frekuensi yang dapat digunakan untuk basic connectivity, mobile broadband speed, dan superdata layer pada spektrum frekuensi 26, 28 dan 39 Ghz, termasuk untuk layanan fix broadband. Menurut Menteri Johnny, Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan teknologi netral dalam implementasi layanan 5G.

“Operator seluler memiliki kesempatan untuk memilih teknologi netral yang cocok dengan pertimbangan bisnis dan keadaan di lingkungan opeselnya masing-masing. Kami mengharapkan pilihan tersebut dapat mendukung penyelenggara layanan telekomunikasi seluler untuk mengembangkan ekosistem teknologi,” harapnya.

*Dukung Transformasi Digital*

Menteri Johnny mengatakan dengan hadirnya layanan 5G diharapkan akan berkembang dalam waktu yang tidak terlalu lama dan akan terus diperluas berdasarkan pertumbuhan permintaan pasar di lokasi-lokasi lainnya.

“Selain di Pulau Jawa, penggunaan jaringan 4G juga akan diterapkan pada tempat-tempat yang menjadi prioritas utama destinasi wisata, diantaranya seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, dan Liupang di Sulawesi Utara. Selain itu, akan ada lokasi industri manufaktur yang juga akan menerima jaringan 5G, serta untuk di lokasi ibu kota negara baru pada tahun 2024 mendatang,” paparnya.

Bahkan, dalam generasi kelima atau 5G, Menkominfo mengharapkan dapat memberikan layanan untuk mendukung industri dan masyarakat di masa depan seiring dengan perkembangan kecerdasan buatan atau AI, serta teknologi Internet of Things.

“Peningkatan performa atau kecepatan akses yang tinggi (high speed), kapasitas besar (high capacity) latensi yang rendah (low latency), serta konektivitas yang sangat banyak atau massive connectivity merupakan target dari teknologi generasi kelima ini,” ungkapnya.

Menteri Johnny menyatakan Pemerintah Indonesia tetap meletakkan tulang punggung transformasi digital pada penggelaran 4G signal di seluruh wilayah tanah air. “Karenanya, sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya Kominfo melalui BAKTI akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur TIK di wilayah 3T di tahun 2021 dan 2022 nanti,” tuturnya.

Di saat yang bersamaan, Menkominfo menegaskan Pemerintah meminta agar operator seluler juga menyelesaikan pembangunan BTS-BTS 4G sinyal 4G di wilayah-wilayah komersial termasuk komitmen dari Indosat. “Sehingga dengan demikian akan terjadi koeksistensi di mana layanan 4G untuk wilayah nasional dan layanan 5G initial commercial operation untuk selected area atau area yang dipilih,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, Pemerintah akan melakukan farming dan refarming spektrum frekuensi untuk memungkinkan penggelaran 5G yang lebih efisien. Sekaligus mendukung pemanfaatan 4G yang juga semakin optimal.

“Pembangunan 5G ini akan melakukan perubahan cara kita untuk mengisi dunia digital kita, mengingat kecepatan yang luar biasa latensinya yang rendah. Karenanya juga, saya berharap bahwa penggelaran 4G untuk mendukung sebagai tulang punggung transformasi digital kita dan inisial commercial operation 5G dapat kita manfaatkan secara maksimal, secara optimal dan secara cerdas untuk kepentingan pembangunan negara kita, pembangunan bangsa kita dan secara khusus untuk kepentingan pembangunan masyarakat kita munikasi operator seluler yang sudah diberikan,” tandas Menkominfo.

CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama memberi apresiasi kepada Kominfo yang telah mendukung dan mengizinkan Indosat Ooredoo untuk menggelar layanan 5G secara komersial. CEO Ahmad menyatakan Indosat Ooredoo berkomitmen untuk senantiasa mendorong percepatan transformasi digital dan menumbuhkan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi terdepan, konektivitas berkecepatan tinggi, dan pengalaman digital terbaik.

“Kami akan memastikan hadirnya layanan 5G akan bermanfaat bagi masyarakat dan berdampak terhadap pemulihan ekonomi. Kami percaya Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara dan teknologi 5G akan memainkan peran yang sangat penting dalam langkah maju ini,” tuturnya.

Dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan melalui kanal YouTube Kominfo TV, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal PPI Ahmad Ramli, dan Direktur Telekomunikasi Aju Widyasari. Sementara CEO Indosat Ahmad, didampingi Director and Chief Operating Officer Vikram Sinha. *

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Program Vaksinasi bagi pelayan Publik dan lansia terus di lakukan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari Koramil dan Polsek Tapaktuan juga ikut mendampingi kegiatan vaksin yang di gelar di Puskesmas Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (14/06/2021).

Kehadiran Personil Babinsa dari Koramil 01/Tapaktuan Kodim 0107/Aceh Selatan yang di Pimpin Peltu Wahdi bersama Kapolsek Tapaktuan Iptu Rizal Firmansyah, SE ini guna untuk mendukung Program Vaksinasi Massal yang di laksanakan kepada pelayan Publik dan masyarakat di wilayah binaaanya.

Peltu Wahdi menuturkan, bahwa kegiatan Vaksinasi tersebut berjalan dengan lancar dan aman serta menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat dan teratur.



Ia juga menyebutkan, bahwa pelayan Publik dan masyarakat Desa Air Berudang sangat antusias mengikuti dan menerima Vaksinasi tersebut.

"Hari ini, tercatat sebanyak 70 orang warga desa air berudang mengikuti vaksinasi, dari jumlah tersebut, kesemuanya dapat di vaksin termasuk di dalamnya terdapat 3 orang lansia."terang Peltu Wahdi.

Sementara itu, Serma Sukarma yang selaku Babinsa Desa setempat menghimbau kepada Warga Desa binaannya untuk tidak takut melaksanakan Vaksini itu.

"Vaksin ini baik, aman dan halal kita gunakan. Hal ini merupakan upaya kita menangkal dari penularan Covid-19, karena vaksin dapat meningkatkan daya tahan dan imun tubuh kita."sebutnya.

Kemudian, terakhir dalam kesempatan itu juga, Serma Sukarma tidak bosan mengingatkan warga Desa binaannya untuk terus menerapkan anjuran Protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, MERANGIN - Hasil kerja keras anggota Kodim 0420/Sarko bersama-sama masyarakat dua desa yakni Desa Sungai Kapas dan Bukit Beringin, akhirnya jalan penghubung dua desa yang sebelumnya nyaris putus dipastikan sudah bisa dilalui, Minggu (13/06/2021).

Hal ini tak lepas kerja sama masyarakat dua desa dan Kodim 0420/Sarko. Rasa senang dan bangga terhadap TNI pun diungkapkan warga yang bisa merasakan kehadiran TNI ditengah masyarakat.

Ryan salah satu warga Desa Sungai Kapas mengatakan jika hal ini baru terjadi didesanya, ada jalan rusak langsung diperbaiki.

" Ya, saya sangat bangga terhadap bapak-bapak TNI dari Kodim 0420/Sarko, karena mereka akses jalan ini bisa kembali normal, disinilah saya merasakan TNI yang tak kenal lelah dan ikhlas membantu warga, " ungkap Ryan yang saat itu melihat langsung proses perbaikan jalan tersebut.

Sementara itu Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis S.A.P., M.Han mengatakan jika dirinya telah melakukan koordinasi dengan Pemda dan Pemdes Sungai Kapas maupun Pemdes Bukit Beringin dan memerintahkan kepada personilnya untuk perbaiki jalan agar secepatnya dapat diakses.

" Alhamdulilah, minggu sore jalan yang sebelumnya nyaris terputus saat ini sudah bisa dilalui. Ini tak lepas dari kerja sama kita yang bahu membahu dengan warga dua desa, bahkan dua kepala desa yakni kades bukit beringin dan sungai kapas pun ikut turun ke lokasi, dua kades ini sangat cepat dan tanggap hingga jalan ini selesai diperbaiki dan sekarang sudah normal " jelas Dandim 0420/Sarko. [mcdim0420sarko]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengatakan, orang asli Papua tidak ada yang ingin merdeka atau lepas dari NKRI. Yang diinginkan saat ini adalah peningkatan kesejahteraan.

Hal ini disampaikan nya dalam Dialog Kenegaraan yang digelar DPD RI bertajuk ”RUU Otsus Papua, Apakah Menyejahterakan Rakyat?” di Media Center Parlemen, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Lebih lanjut bupati mengatakan saat ini untuk meningkatkan kemajuan, salah satu programnya adalah mendorong anak-anak dari Merauke untuk disekolahkan dibidang IT, kedokteran, engineering dan lain-lain.



"Saya harus dorong anak-anak Merauke untuk lebih maju, isu begini harus didorong pada orang Papua, jadi dia akan mendunia,” ujarnya.

Romanus menilai tidak tepat dan keliru jika Papua dilabeli sebagai wilayah yang identik dengan kerusuhan.

“Jangan dibuat stigma chaos melulu. Mari kita membuat Papua ini menjadi bagian integral dari Indonesia,” ungkapnya bersemangat.

Romanus mengatakan, masalah-masalah di Papua harus diselesaikan dengan berbagai pendekatan. Sebagai contoh, ia menyinggung soal program lumbung pangan nasional.

Menurut Romanus, sebenarnya lumbung pangan itu layak dibangun di Papua.

“Yang paling penting adalah pendekatan kesejahteraan. Kita gali untuk pengembangan pertanian, tetapi hari ini kebijakan Presiden sudah ada tetapi action-nya menjadi cadangan lumbung pangan nasional sampai hari ini belum terealisasi, ini yang harus di-clearance dengan baik,” katanya.

“Saya diskusi dengan Pangdam, Kapolda, semua harus melihat secara utuh permasalahan di Papua, sehingga penanganan lebih baik,” ujarnya.

Menurut Romanus, masalah di Papua tidak bisa digeneralisir begitu saja, namun harus dipetakan secara baik, mana yang perlu pendekatan keamanan dan mana yang perlu dengan pendekatan kesejahteraan.

“Papua itu, orang Timur itu, mulai dari NTT ke sana, saya pikir seluruh Indonesia, orang Indonesia itu ramah, orang Papua itu ramah. Kalau mau pendekatan, pendekatan kemanusiaan, suruh gereja duluan, masjid duluan. Insya Allah puji Tuhan negeri ini damai,” pungkasnya. (red)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Bertempat di Anjungan Provinsi Maluku TMII, Ikatan Keluarga MusiloU mengadakan acara halal-bihalal dengan tema “Halal Bihalal Tiga Gandong” dan sub tema “Laeng Sayang laeng, Memperkuat Hidup Orang Basudara Untuk Indonesia Emas”.
Pada Minggu , 14/06/2021.

Ikatan Keluarga Musilou adalah himpunan masyarakat Maluku berdasarkan hubungan kekerabatan (Gandong) yang terdiri dari tiga unsur agama yaitu Islam, Protestan dan Katolik yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta.

Acara halal bihalal Tiga Gandong ini diadakan dalam rangka menjaga silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Turut mengundang dalam acara ini, Ketua DPD RI Dr. Ir. La Nyalla Mahmud Mattalitti, Wagub DKI Jakarta A.Riza Patria, Ketua DPD Partai Berkarya Toni Hasibuan secara webinar.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran.

Dr. Ir. La Nyalla Mahmud Mattalitti memberikan sambutan secara virtual.
Hal senada juga dikatakan Wagub DKI Jakarta, A. Riza Patria melalui virtual. Beliau menyarankan agar terus terbina persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat Maluku yang beraneka-ragam agama. Diharapkan dari acara halal bihalal ini, tercipta terus kerukunan beragama.

Toni Hasibuan, ketua DPD DKI Jakarta Partai Berkarya, memberikan kata sambutannya. Toni mengatakan, bahwa bangga kepada tokoh-tokoh muda Maluku yang sudah berkarya dan eksis di kancah politik, sosial dan masih banyak lagi. “Saya melihat teman-teman Maluku memiliki keistimewaan. Orang Maluku adalah bagian dari NKRI. Negara ini didirikan oleh semua suku di Indonesia. Biarlah saling bahu-membahu menjaga keutuhan NKRI, “

Berbagai pentas seni tari Maluku, yang menampilkan tari-tarian diberbagai wilayah Maluku.

Ketum DPP PPMI M. Ramadan Ulayo mengatakan bahwa kegiatan ini memunculkan kebudayaan Maluku. “Diharapkan acara ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan wilayah Provinsi Maluku khususnya. Serta dengan acara halal bihalal ini, diharapkan terus terjalin persatuan dan kesatuan antar warga Maluku di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya,” urainya kepada awak media

Sementara itu, Rando Pawae selaku Ketua Panitia dan sekaligus Ketua Musilou Jabodetabek mengatakan bahwa Ikatan Keluarga Musilou adalah himpunan masyarakat Maluku berdasarkan hubungan kekerabatan ( Gandong) yang terdiri dari tiga unsur agama yaitu Islam, Protestan, dan Katolik yang berdomisili di Propinsi DKI Jakarta.
“Dengan adanya kegiatan halal-bihalal yg dilakukan oleh seluruh anak cucu Musilou yang ada di Jabodetabek ini lebih memperkokoh tali persaudaraan gandong ketiga negeri yaitu Tamilouw,Hutumuri,Siri Sori,” katanya dengan ramah.

Rando Pawae juga berharap agar ke depannya Musilou menghasilkan generasi yang cerdas. “Harapan saya ke depannya agar Musilou ke depannya melahirkan generasi-generasi yang cerdas, yang berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Maluku pada khususnya,dan terus menjaga tali persaudaraan di antara anak cucu Musilou,”ungkapnya dengan semangat. (JSY)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU UTARA - Akibat dikibusi warga ke Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, Diduga pengedar sabu-sabu ditangkap Sat Narkoba Polres Labuhanbatu. Minggu (13/6/2021).

Adapun tersangka yang ditangkap yakni RS alias Dedek (36), warga Dusun Inpres Tanah Seribu, Desa Marbau Selatan, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Darinya disita barang bukti 3 plastik klip berisi kristal diduga sabu-sabu seberat 2,52 gram bruto, uang tunai Rp 355.000 dan 1 unit Hp Nokia warna hitam.
"Benar tadi malam ada ditangkap diduga pengedar sabu-sabu dari Marbau", kata Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu, AKP Martualesi Sitepu kepada wartawan.

Tersangka berhasil ditangkapi setelah seminggu lebih dilaporkan masyarakat kepada Kapolres Labuhanbatu yang isinya, “Pak Kapolres tolong ditindak segera bandar sabu di desa merbau selatan dusun tanah seribu Yng bernama dedek ALS Dagol".

Lebih lanjut, AKP Martualesi Sitepu menjelaskan, personel berhasil menangkap dan mengamankan barang bukti dari tersangka hari Sabtu (12/6/2021) sekira pukul 18.00 WIB, saat menunggu pembeli diteras rumahnya di Dusun Inpres, Desa Marbau.

Kepada petugas tersangka bapak dua anak ini menerangkan, sudah 3 bulan berjualan sabu-sabu dengan putaran 2 gram setiap 4 harinya dan memperoleh keuntungan Rp 300.000 hingga Rp 400.000 setiap gram nya dan tersangka mendapatkan sabu-sabu dengan cara menghubungi No hp yang saat ini masih dilakukan pengembangan.

Tersangka dipersangkakan melanggar pasal 114 Sub 112 UU RI NO 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara. (Her)

Serdang Bedagai,Aktual News Komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam memutus mata rantai Covid-19 ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan vaksinasi. Salah satunya pelaksanaan vaksinasi massal Kecamatan Dolok Masihul yang digelar di Yayasan Pendidikan Fajar (Yaspenjar) Desa Dolok Manampang dengan menargetkan 1.000 orang tervaksin hari ini, Minggu (13/6/2021).

Saat Bupati Sergai H Darma Wijaya meninjau kegiatan dengan didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengatakan program vaksinasi kecamatan ini juga sebagai langkah percepatan dan mendukung program pemerintah menuntaskan target 181 juta penerima vaksin.

“Tapi seperti kita ketahui bahwa Desa Dolok Manampang ini merupakan perlintasan jalan provinsi, sehingga mobilitasnya sangat tinggi serta rentan akan tertular virus asal Wuhan yang sudah menyebar sejak akhir tahun 2019 ini. Kami ingin warga mendapatkan vaksin untuk menambah kekebalan tubuhnya,”ucap Bupati.

Kata Bupati lagi, tercatat sudah ada hampir 400 orang selesai divaksin. Hal ini patut diapresiasi karena antusias warga yang berdatangan ke lokasi vaksinasi. Antusias ini pun dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan.

“Saya senang lihat warga sangat antusias. Itu artinya masyarakat sangat ingin memutus mata rantai pandemi dengan tetap menjaga kesehatan dan kekebalan tubuhnya. Hari ini kita batasi 1.000 orang dulu. Selebihnya di kesempatan berikutnya. Target kita vaksinasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini tuntas dalam waktu 6 (enam) bulan,”katanya.

Namun Bupati berharap, upaya menuntaskan target vaksinasi, diikuti Kecamatan lain yang juga melakukan vaksinasi massal. Sasaran vaksinasi tenaga pendidik juga akan dilakukan pekan depan.

“Akhir bulan Mei lalu vaksinasi 6.000 lansia sudah tuntas, ini kita targetkan 25.000 orang tervaksin dalam pekan ini termasuk guru. Jadi tiap kecamatan diharapkan melakukan vaksinasi seperti ini sehingga target kabupaten tuntas,” sebutnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Dolok Masihul, drg Rina Manurung mengungkapkan vaksinasi massal ini ditujukan untuk usia 18 tahun ke atas. 32 tenaga kesehatan dilibatkan untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Untuk vaksinasi 1.000 warga Dolok Masihul ini kita siapkan empat tim dimana tiap tim terdiri dar 8 orang nakes. Saat ini Kecamatan Dolok Masihul yang sudah tervaksinasi sebanyak hampir 2.000 orang. Jumlah ini belum termasuk pelaksanaan vaksinasi hari ini,” jelas drg Rina Manurung.[ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

Klaten, Aktual News Badan Pengurus Kota (BPK) Ormas Oi Kabupaten Klaten menggelar Musyawarah Kota (Muskot) ke-5 pada Minggu (13/06/2021), di Sekretariat BPK Oi Klaten, Candirejo Kidul, Tonggalan, Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Muskot ke-5 BPK Oi Klaten yang mengusung tema “Jaga Silaturahmi, Jaga Nurani” itu diikuti oleh sejumlah anggota Oi dari beberapa Badan Pengurus Kelompok (BPKel) Oi yang ada di wilayah Kabupaten Klaten seperti BPKel Oi Condet, BPKel Oi Air Surgawi dan BPKel Oi Kesaksian, BPKel Oi Doa dan BPKel Oi Bunga Trotoar.

Dalam Muskot tersebut, Muhammad Maulana terpilih sebagai Ketua BPK Oi Klaten periode 2021 – 2025, menggantikan posisi pimpinan yang sebelumnya dijabat oleh Putra Ahmansyah.

Saat dikonfirmasi usai acara Muskot tersebut, Ketua BPK Oi Klaten terpilih, Muhammad Maulana berharap, dengan kepengurusan yang baru nantinya dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk BPK Oi Klaten.

“Sesuai tema acara pada Muskot ke-5 ini, yang kami harapkan silaturahmi antar sesama anggota Oi khususnya di Klaten ini tetap terjaga. Kedepannya, tentu saya dan teman – teman pengurus akan berupaya agar BPK Oi Klaten semakin baik, maju dan bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Putra Ahmadsyah menambahkan, anggota Oi di Kabupaten Klaten ditekankan agar dapat selalu menjaga silaturahmi pada setiap kegiatan.

“Tetap jaga silaturahmi, mengingat setiap kegiatan tanpa adanya silaturahmi akan sulit untuk dilaksanakan. Karenanya, barang siapa yang mengamalkan silaturahmi maka akan dibukakan pintu – pintu kebaikan untuk dirinya,” ungkapnya. [Red/Akt-23/Rosis]

 

Aktual News

 

Tangerang,Aktual News-Musibah pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kampung Kuya Pangkat Kecamatan Jayanti Tangerang menjadi keprihatinan semua pihak yang mendengar nya, Plt.Kepala desa Risky Apriliansyah.SH yang juga sebagai Kasie Pemberdayaan Kecamatan Jayanti ketika mendengar laporan dari staf nya pada esok hari nya Minggu pagi (13/06/2021) langsung tinjau lokasi rumah warga yang rusak berat tertimpa pohon yang tumbang pada Sabtu malam kemarin.

Risky Apriliansyah.SH yang pada hari itu tidak mengenakan pakaian kedinasan nya langsung temui Sayuti pemilik rumah tersebut, dalam Kunjungan nya Risky Apriliansyah ungkapkan rasa keprihatinan nya yang mendalam kepada Sayuti yang terkena musibah itu berupa bantuan dana.

Menurut Plt Kepala desa tersebut desa Pangkat sebentar lagi akan menggelar hajat Demokrasi dalam Pilkades serentak Kabupaten Tangerang 2021 ini, masih menurut nya ini adalah momen di mana para Calon kades bersaing untuk merebut simpati dari warganya ” Dengan datang mengunjungi warga yang tertimpa musibah adalah suatu momen penting bagi Calon untuk menunjukan kepedulian nya terhadap masyarakat ” kata Risky Apriliansyah di lokasi pohon tumbang tersebut.

Mudah mudahan sindiran positip dari Plt Kepala desa bisa membangkitkan persaingan sehat untuk para calon Kades yang ada di desa Pangkat untuk menunjukan kepedulian sosialnya dalam merebut simpati masyarakat yang akan memilihnya nanti, sebab menurut Risky Apriliansyah.SH ini momen penting di mana Calon kades harus berbagi rasa dalam suka maupun duka dengan masyarakat nya.[Red/Akt-15/Mulyadi].

 

Aktual News

Bogor, Aktual News-Setelah Lima Belas tahun bersengketa, akhirnya kasus pembangunan GKI yang berlokasi di Yasmin Kota Bogor dapat diselesaikan secara kekeluargaan, Pemerintah Kota Bogor akhirnya memberikan lahan hibah seluas 2000 m² di Jl.KH.Abdullah Kel.Cilendek Barat Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Dan pada hari Minggu, (11/6) Pemkot Bogor melaksanakan serah terima hibah lahan tersebut kepada GKI Pengadilan sekaligus Konferensi pers. Kegiatan penyerahan Berita Acara Serah Terima tersebut dilaksanakan di halaman Gereja GKI Pengadilan Jl.Pengadilan No.35 Kel.Pabaton Kec.Bogor Tengah Kota Bogor yang dipimpin langsung oleh
Walikota Bogor Bima Arya Sugiharto dan dihadiri oleh Danrem 061/SK (Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.M
,M.M.), Dandim 0606/Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota , Ketua MUI Kota Bogor, Ka Bakesbangpol Kota Bogor, PN Kota Bogor, Ketua FKUB Kota Bogor, Kemenag Kota Bogor.

Dalam sambutannya Walikota Bogor mengatakan bahwa perdamaian ini merupakan atas kerjasama semua pihak baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung. ” Saya bersyukur dikarenakan pada akhirnya permasalahan ini dapat diselesaikan walaupun dalam kurun waktu lebih kurang 15 tahun, oleh karena itu maka marilah kita sama-sama mensyukuri keberhasilan ini.”ungkapnya.

Terkait hal tersebut ketua majelis Jemaat GKI Pengadilan Pdt.Tri Cantoro mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut memantau dalam pelaksanaan hibah tempat ibadah. ” Kami menyambut baik kebijakan dari Pemkot Bogor atas penyerahan BAST hibah lahan kepada Majelis Sinode GKI.” Ungkapnya.

Begitupun dengan ketua MUI Kota Bogor KH.Mustofa Abdulah Bin Nuh, Ia bersyukur dengan keberhasilan yang telah diselesaikan oleh Walikota Bogor bersama Forkopimda. ” Mari kita bekerjasama dan berlomba dalam kebaikan sehingga Kota Bogor bisa menjadi kota yang saling bertoleransi antar umat beragama sehingga bisa. menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman.

Brigjen TNI Achmad Fauzi selaku orang nomor satu dijajaran Korem 061/Sk ketika diminta tanggapannya oleh awak media, Ia mengatakan bahwa Ia sangat mengapresiasi atas kesepakatan yang telah dihasilkan oleh pihak Pemkot Bogor. Yang mana Pemkot Bogor telah memberikan kebijakan yang tepat dengan menyerahkan lahan hibah sebagai lahan pengganti untuk pembangunan GKI. ” Ini adalah salah satu keberhasilan Pemkot Bogor yang patut diberi apresiasi, karena jika diurai kebelakang lagi, bahwa permasalahan ini sudah ada sejak 15 tahun yang lalu, dengan berbagai kendala dilapangan maka permasalahan tersebut baru dapat diselesaikan saat ini. Maka hal tersebut perlu kita syukuri dan dicontoh bersama-sama.” Ujarnya.

” Kedepannya, Marilah kita bersama-sama melakukan berbagai kebaikan untuk sesama, saling menjaga toleransi antar umat beragama sehingga Kota Bogor sebagai Barometer bisa menjadi Kota yang dibanggakan dengan memegang teguh Bhineka Tunggal Ika. Dan semua warganya pun selain dapat menjalin silaturahmi antar sesama tentunya semua warga dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman.” Pungkasnya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Jelang PSUU Pilkada Labuhanbatu, Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi., M.Si, Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) dan Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.I.K., M.H bersilaturrahmi kerumah kediaman Paslon nomor urut 03 Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T-Faizal Amri Siregar, S.T. MT, Sabtu (12/6/2021).

Selain ke rumah Paslon ASRI para Pimpinan Daerah Labuhanbatu itu, baik dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Institusi TNI dan Institusi Polri dalam hal ini Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu melakukan hal yang sama bersilaturrahmi ke rumah kediaman Paslon 02 Erik Atrada Ritonga-Elya Rosa Siregar (ERA).

"Kami TNI-Polri akan siap mengamankan Pemungutan suara ulang (PSU) Labuhanbatu yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021, Pesan saya orang yang terbaik adalah orang yang memikirkan daerahnya untuk jadi yang lebih baik, itu harapan saya kepada calon Bupati yang terpilih, " Tukas DandimDikesempatan itu Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, SE.M.Tr (Han).

Ditempat yang sama, PJ Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S. Pi., M. Si berharap Siapa pun yang terpilih nanti itulah pilihan masyarakat Labuhanbatu, tidak usah saling menjelek-jelekkan karena kita sama-sama masyarakat Labuhanbatu."

"Kita perlu mewaspadai pihak-pihak yang mengadu domba yang menginginkan kericuhan di Labuhanbatu, " Ujar PJ Bupati Labuhanbatu.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, SIK.MH dalam sambutannya mengatakan, "Kami polres Labuhanbatu menekankan ke paslon Bupati segala tindak pidana yang terjadi saat pelaksanaan pemungutan suara ulang PSU kita limpahkan ke Polda, Polres Labuhanbatu fokus pada jalannya pemungutan suara ulang (PSU)."

"Kami berharap pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) dapat berjalan aman, " Imbuh Kapolres.

Sementara selaku tuan rumah, Paslon H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT - Faizal Amri Siregar, menyampaikan "Kami meminta pihak KPU, Bawaslu untuk mengeluarkan surat secara tertulis Apa langkah yang harus kami lakukan sehingga tidak menjadikan kesalahan saat pelaksanaan PSU."

"Mohon pihak KPU dan Bawaslu harus bisa menjalankan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi harus menjadi contoh yang lebih baik di Labuhanbatu, " Harap Andi Suhaimi

Lebih lanjut Andi Suhaimi mengatakan, "Sampai saat ini kita kabupaten Labuhanbatu belum memiliki Bupati maka dari itu diadakan Pemungutan suara ulang (PSU) jilid 2."

"Saya berharap bapak PJ Bupati Labuhanbatu bisa mengingatkan kepada seluruh ASN agar netral, " Pungkas Andi Suhaimi.

Turut hadir dalam silaturrahmi ke kediaman paslon nomor urut 03 dan 02, Dir Samapta Polda Sumut Kombes POL Yus Nurjaman, SIK., M.Si, Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi., M. Si, Waka Polres Labuhanbatu KOMPOL Muhd Taufik, SE., MH, Para PJU Polres Labuhanbatu, Kajari Labuhanbatu Kumaedi, SH, Ketua PN Rantauprapat diwakili Tengku Almadriyan, SH, Ketua KPU Labuhanbatu Wahudi, S. Sos., MM, Asisten I Pemkab Labuhanbatu Saripunan, M.Pd, Ketua Bawaslu Makmur, SE, Ketua MUI Labuhanbatu K. H Darwis Husein, Lc, Ketua PD Muhammadiyah Labuhanbatu Yursalim Nasution, LO dan pendukung kedua Paslon. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.