NUSANTARAEXPRESS, LABUSEL -  Hari pertama rabu, 16 juni 2021 kegiatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebanyak 389 di Kecamatan Torgamba berjalan lancar tanpa ada halangan apapun, Kamis (17/06/21) hari kedua di Kantor Camat Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara juga masih berlangsung pantauan Media Express NUSANTARAEXPRESS.TOP.

Vaksinasi masal ini sesuai dengan jadwal akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2021 sampai dengan Kamis 17 Juni 2021 sebanyak 389 orang. Dan akan menyusul jadwal berikutnya jika hari kedua tidak sesuai dengan target yang diharapkan.



Seperti yang diungkapkan oleh Camat Torgamba Aja Alimsah,S. S.Pd, M.AP saat masyarakat menjalani vaksinasi, Kamis (17/06/21).

“Alhamndulillah, antusias dari masyarakat yang mengikuti vaksinasi ini cukup bagus, dri beberapa desa dapat divaksin sebanyak 389 orang. Harusnya target kita pada hari pertama adalah 700 orang, namun pada hari kedua target kita adalah 200 orang. Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan program nasional dengan vaksinasi secara masal di Kecamatan Torgamba”.



Jelasnya lagi, “Dari satu kecamatan ada 14 desa, dan hari ini smua terget mudah-mudahan tercapai. Utuk vaksinasi massal kali ini jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin sicovac sesuai anjuran dan instruksi dari pemerintah”.

“Kita dari Kecamatan Torgamba mendapatkan jatah 1400 vaksinasi kepada masyarakat, dan apabila belum mencapai target, kita akan menunggu instruksi dari pemerintah kabupaten. Dan sebagai tanda bahwa masyarakat sudah melakukan vaksinasi, mereka akan mendapatkan sertifikat vaksin”, Jelas camat Torgamba Camat Torgamba Aja Alimsah,S. S.Pd, M.AP. [Irvan]

Surakarta, Aktual News SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta terus berbenah membidik predikat sekolah adiwiyata tingkat Kota Surakarta. Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung penilaian, salah satunya menggelar acara sosialisasi pada Kamis (17/6) secara blended (virtual dan tatap muka) mengingat kondisi covid-19 di Solo.

Muhdiyatmoko, M.Pd. mengatakan sekolahnya sedang bergerak mempersiapkan diri untuk maju dalam Adiwiyata tingkat Kota Surakarta. Pada tahun 2021, kita mendapatkan kesempatan sebagai calon sekolah adiwiyata tingkat Kota Surakarta.

“Acara sosialisasi ini, kita mengundang nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan aktivis pegiat lingkungan hidup. Selain itu, perwakilan orang tua, masyarakat, guru dan siswa kita undang secara terbatas. Peserta yang lain bisa menyimak melalui zoom meeting dan you tube sekolah, PK TV,” terangnya kepada media.

Kegiatan sosialisasi menuju sekolah adiwiyata di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko mengatakan gerakan kepedulian lingkungan ini mengarah pada kerja sama berbagai pihak.

“Kegiatan adiwiyata merupakan kegiatan yang sifatnya edukasi, partisipasi, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah, siswa, komite, dan orang tua terkait perilaku pelestarian dan penghijauan lingkungan. Target kegiatan membuat sekolah asri, bersih, hijau, dan nyaman sehingga menjadi rumah kedua,” ungkap Muhdiyatmoko, Kamis (17/6).

Sekolah yang berada di Jalan Pleret Raya nomor 9 Banyuanyar, Banjarsari, Kota Surakarta, menurut Muhdiyatmoko, tidak main-main dalam menuju sekolah Adiwiyata. Upaya dimulai dengan perencanaan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang disesuaikan dengan kondisi nyata sekolah. Sekolah memperkuat inovasi-inovasi dalam bidang lingkungan.

“Kami melakukan inovasi pengelolaan sampah dengan pemilahan sampah organik dan non organik. Sampah organik dimanfaatkan sebagai kompos dan sampah non organik didaur ulang sebagai kreasik (kreasi sampah kemasan), ecobrick, kreasi stem barang bekas, pot botol plastik, dan sebagainya,” jelasnya.

Inovasi-inovasi lain, menurut Muhdiyatmoko, dilakukan guru bersama para siswa dalam esktra kurikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja) seperti pembuatan hand sanitizer sikura kemayu, herbal drink (teh dari kulit salah dan kopi biji salak), Bisa Bro (obat nyamuk herbal), Teh Bidara budikdamber (budi daya ikan dalam ember), dan sebagainya.
Acara tersebut terdapat penganugerahan duta adiwiyata sekolah. Mereka nanti diharapkan sebagai ujung tombak sekolah dalam mengajak teman-teman peduli lingkungan.

Sementara itu, selaku narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta menjelaskan tentang upaya dan tahapan yang harus ditempuh sekolah untuk mencapai sekolah adiwiyata baik tingkat kota, provinsi, nasional maupun mandiri. Adapun, aktivis lingkungan hidup, Suryono Arief Wijaya menekankan pentingnya inovasi-inovasi bidang lingkungan hidup yang dilakukan sekolah seperti pemanfaatan air wudu untuk menyiram tanaman, hemat energi, kebersihan sekolah, dan pengelolaan sampah. [Red/Akt-23]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan seluruh Komponen Masyarakat Aceh Selatan yang berlangsung di Aula Makodim Jl. T.Cut Ali Desa Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (17/06/2021).

Kegiatan ini langsung di hadiri Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Abdurrokhim, S.Ag, Para Perwira Staf serta Danramil jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan.

Selain itu juga, turut di hadiri Kepala MPU Aceh Selatan Tgk H.T Armia Ahmad, Ketua MAA Aceh Selatan Bachtiar, Moderator dari Kesbangpol dan Poltekes Aceh Selatan serta para Tokoh Adat, Agama dan Pemuda yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.



Dalam kata sambutannya, Dandim Aceh Selatan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para undangan yang telah berhadir dalam kegiatan Komsos tersebut.

Dandim Aceh Selatan mengatakan, kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat ini di selenggarakan sebagai media untuk membina hubungan silaturahmi serta wahana untuk saling mengenal dan berkomunikasi satu sama lain antara Prajurit Kodim 0107 Aceh Selatan dengan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah Aceh Selatan.

"Kami berharap dalam pertemuan ini dapat lebih mempererat rasa kebersamaan hubungan emosional antara TNI khususnya Kodim 0107/Aceh Selatan dengan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Selatan ini."ujar Dandim.

Pada kesempatam tersebut juga, Dandim Aceh Selatan memaparkan kondisi umum di wilayah Kabupaten Aceh Selatan saat ini.

Dimana, sebut Dandim, saat ini di semua wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Aceh Selatan sedang menghadapi wabah pandemi covid 19.

Untuk itu, melalui kegiatan tersebut Dandim Aceh Selatan mengajak kepada segenap komponen masyarakat yang hadir untuk bersama-sama membantu Pemerintah dan tim Satgas Covid-19 dalam mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19 dan turut serta dalam mensukseskan pemberian vaksinasi kepada seluruh masyarakat.

Sehingga di harapkan kita semua dapat terhindar dari dan terbebas dari pandem covid-19. Di samping itu juga selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun berada, terlebih lagi pada saat berada di tempat-tempat umum, keramaian dan sebagainya."imbuh Dandim.

Selanjutnya, Komandan Kodim Aceh Selatan pada kesempatan ini juga mengajak kepada segenap komponen masyarakat untuk secara bersama-sama ikut menyampaikan pesan-pesan atau ajakan-ajakan kepada masyarakat Aceh Selatan yang bersifat persuasif dan masif dalam mencegah penyebaran Virus Corona dengan terus disiplin memakai masker bila berpergian, menjaga jarak dan mencuci tangan setiap saat.

"Sehingga wabah pandemi virus covid-19 ini dapat segera kita atasi dan kita semua dapat beraktivitas dengan hidup normal kembali."tutup Dandim.

Kemudian acara Komsos tersebut di lanjutkan dengan kegiatan ramah-tamah dengan tetap menerapkan anjuran Protokol Kesehatan secara ketat dan teratur. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, BAUBAU - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, melakukan kunjungan kerja ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (17/6/2021). LaNyalla didampingi Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni dan anggota DPD dari Sultra Amirul Tamim.

Sedangkan Senator asal Sultra lainnya, Andi Nirwana, bergabung saat rombongan transit di Bandara Sultan Hasanudin, Makassar. Dari Makassar, rombongan langsung menuju Kota Baubau yang berada di Pulau Buton.

Setibanya di Bandara Betoambari, Kota Bau-bau, LaNyalla dan rombongan senator disambut Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, anggota DPD asal Sultra MH. Dewa Putu Ardika Seputra, Ketua DPRD Kota Baubau H. Zahari SE, Kepala Pengadilan Negeri Baubau Jaya Putra dan Sekda Baubau Roni Muhtar.

“Kedatangan kami di Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Baubau, masih dalam rangka tugas pokok sebagai anggota DPD RI, untuk menyerap aspirasi dari daerah. Pulau-pulau kecil yang jauh dari pusat pemerintahan juga harus dilihat dan didengar suaranya," ucap LaNyalla.

Menurutnya, komunikasi dengan daerah sangat penting. Sebab pemerintah daerah merupakan mitra sinergis DPD RI dalam membangun masyarakat daerah.

“Terkadang Pemda mempunyai kebutuhan penting, sudah mengusulkan ke tingkat provinsi atau bahkan ke pusat, namun belum mendapat tanggapan. Di situlah sebagai Ketua DPD kita bisa menjembatani kebutuhan pemda sehingga cepat direspon pemerintah yang lebih tinggi," lanjutnya.

Tempat pertama yang dikunjungi LaNyalla di Sultra adalah Makam Sultan Murhum, Sultan pertama di Kesultanan Buton. Sultan Murhum, atau Sultan Muhamad Isa Kaimuddin Khalifatul Khamis, adalah sultan yang mengubah Buton menjadi Kesultanan setelah dirinya memeluk Islam.

Makam Sultan Murhum berada di kompleks Masjid Agung Kesultanan Buton, yang ada di dalam benteng Kesultanan Buton.

Makam tersebut banyak dikunjungi oleh peziarah dan sudah menjadi lokasi wisata religi. Makam Sultan Murhum sendiri berada di bawah pohon beringin dengan panjang sekitar 5 meter. Sultan Murhum memang diyakini berbadan tinggi besar dan mempunyai banyak kesaktian.

Untuk mencapai lokasi makam, LaNyalla dan rombongan harus mendaki beberapa anak tangga. Karena Makam Sultan Murhum berada di atas ketinggian.

LaNyalla yang berziarah bersama Gubernur Sultra Ali Mazi, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Walikota Baubau AS Thamrin, Sylviana Murni (Ketua Komite III), dan tiga senator dapil Sultra Amirul Tamim, Andi Nirwana dan Dewa Putu Ardika. Semuanya membaca Yasin dan memanjatkan doa di makam Sultan Murhum.

Dalam kesempatan itu LaNyalla juga mengingatkan agar cagar budaya seperti benteng Keraton Buton tetap dilestarikan.

Pemda setempat diharapkan bisa menggarap tempat tersebut dengan baik sebagai sebuah destinasi wisata.

“Kompleks Benteng Keraton Buton ini sangat luas. Bahkan terluas di dunia. Itu menjadi nilai lebih yang bisa dijual ke para wisatawan. Lokasinya juga indah, berada di atas bukit dan bisa memandang ke arah lautan," tuturnya. (*)

NUSANTARAEXPRESS, BENGKALIS – Warga Desa Ketam Putih, Kecamatan Bengkalis pagi tadi digegerkan dengan temuan mayat anak-anak dengan kepala berdarah, tangan kanan nyaris putus di semak-semak lokasi Sungai Batang, jalan Rumbia, Kamis (17/06/21).

Mayat ini ditemukan oleh warga setempat, saat dalam perjalanan menoreh getah. Dan diketahui bocah yang tewas demean bersimpah darah ini, merupakan warga setempat bernama Riswandi (13), yang kabarnya malamnya berangkat mengaji diantar oleh orang tuanya, namun tidak pulang-pulang.

Menurut Kepala Desa (Kades) Ketam Putih, Kecamatan Bengkalis, Suhaimi mengatakan, bahwa setelah ditemukan oleh warga berangkat menoreh getah itu, langsung melapor ke Pemerintah Desa (Pemdes). “Setelah itu, kami melaporkan ke Polsek setempat, “terang Kades, Suhaimi, Kamis (17/06/21) pagi.

Dijelaskan, tadi malam orangtua korban sudah mengadu kehilangan anak yang diantar pergi mengaji, namun tidak pulang-pulang ke rumah. Sehingga dibantu FKPM mencari anak tersebut sampai subuh, namun tidak juga ketemu.

“Korban ini merupakan seorang siswa SDN 035 Ketam Putih kelas 5. Jasad korban menurut Suhaimi sudah dievakuasi pihak Kepolisian dan lokasi tempat ditemukan sudah di garis Polisi, “ tutup dia.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK ketika dihubungi menyebutkan, bahwa kasus tersebut saat ini sudah dalam penyelidikan pihak Sat Reskrim Polres Bengkalis.**

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - PJ. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang,S.Pi, M.Si, menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang digelar di ruang rapat DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan Kamis 17 Juni 2021.

Pada penyampaian tersebut PJ Bupati menjelaskan, Adapun dasar pembentukan rancangan peraturan daerah ini mempedomani undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak Daerah dan retribusi Daerah guna memberikan kepastian hukum mutlak dimiliki oleh setiap kabupaten kota.



Menurutnya retribusi pengendalian menara telekomunikasi yang diatur sesuai dengan pasal 124 undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah menyatakan bahwa objek retribusi pengendalian menara telekomunikasi sebagaimana dimaksud dalam pasal 110 ayat 1 huruf N, adalah pemanfaatan ruang untuk menara telekomunikasi dengan memperhatikan aspek tata ruang, keamanan, dan kepentingan umum. Seperti halnya jenis retribusi lain maka sesuai dengan pasal 156 undang-undang nomor 28 tahun 2009 an-najah Daerah dan retribusi daerah, maka retribusi pengendalian menara telekomunikasi ditetapkan melalui peraturan daerah.

Di sini Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu merupakan OPD yang menangani pengendalian menara telekomunikasi. Adapun salah satu komponen pendapatan asli daerah yang mempunyai kontribusi dan potensi besar di Kabupaten Labuhanbatu adalah retribusi pengendalian menara komunikasi,retribusi yang dipungut oleh pemerintah daerah khususnya oleh diskominfo bersifat bukan pajak dan merupakan kewenangan daerah. Dalam rangka pelaksanaan desentralisasi, artinya retribusi dapat menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang potensial yang dapat membantu pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.



Diakhir penyampaiannya PJ bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang berharap semoga rancangan peraturan daerah Kabupaten Labuhanbatu ini dapat disetujui dan disahkan menjadi peraturan daerah tahun 2021.

Sidang paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Abdul Karim ini juga dihadiri oleh Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, para Asisten, Kadis Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan,S.Kom, para perwakilan kepala opd dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu dari berbagai fraksi.

Setelah mendengarkan penyampaian penjelasan dari PJ Bupati pada pukul 11:00 WIB, direncanakan sidang akan dilanjutkan pada pukul 14:00 WIB untuk mendengarkan tanggapan dari berbagai fraksi anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu. [Rahmad]

Labuhanbatu, Aktual News-Lulus sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021, Tiga Putra-Putri terbaik Labuhanbatu Suan ke Pj.Bupati Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, di Kantor Bupati Labuhanbatu Jl. Sisingamangaraja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Rabu 16/6/2021.

Plt. Kadisporabudpar Kabupaten Labuhanbatu Syahrizal Hasibuan, S.E didampingi Plt. Kepala Bidang Kepemudaan Riduan Sinaga, S.Si, yang turut mendampingi ketiganya menjelaskan bahwa kunjungan tersebut adalah sebagai pemberitahuan kepada Pj. Bupati Labuhanbatu bahwa ada 3 (tiga) orang putra-putri labuhanbatu lulus sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

Seleksi Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 tersebut dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2021 di Kampus LPP Medan.

Adapun nama putra-putri labuhanbatu yang lulus sebagai paskibra provsu tersebut yaitu :
1. TEGUH IRFAN TARIGAN
Asal sekolah SMA Negeri 1 Rantau Utara
2. NASWA MEIDINA
Asal sekolah SMA Negeri 1 Rantau Selatan
3. YESICHA DWI NURLAELA ELVIN
Asal sekolah SMA Negeri 2 Rantau Utara

Dalam kesempatan itu Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si berpesan kepada Plt. Kadisporabudpar untuk terus membimbing serta memfasilitasi keperluan putra-putri perwakilan kabupaten labuhanbatu yang nantinya akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada 17 Agustus 2021 mendatang di Provinsi Sumatera Utara.

“Saya harap adik-adik dapat menjaga kesehatannya, sehingga nantinya bisa mengikuti proses latihan paskibra di medan. Dan pak kadis juga mohon dibantu mereka ya, dipantau terus pola makan dan vitaminnya agar kondisi fisik mereka kuat”, tututpnya. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual News-PJ Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang,S.Pi, M.Si, menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang digelar di ruang rapat DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan Kamis 17 Juni 2021.

Pada penyampaian tersebut PJ Bupati menjelaskan, Adapun dasar pembentukan rancangan peraturan daerah ini mempedomani undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak Daerah dan retribusi Daerah guna memberikan kepastian hukum mutlak dimiliki oleh setiap kabupaten kota.

Menurutnya retribusi pengendalian menara telekomunikasi yang diatur sesuai dengan pasal 124 undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah menyatakan bahwa objek retribusi pengendalian menara telekomunikasi sebagaimana dimaksud dalam pasal 110 ayat 1 huruf N, adalah pemanfaatan ruang untuk menara telekomunikasi dengan memperhatikan aspek tata ruang, keamanan, dan kepentingan umum. Seperti halnya jenis retribusi lain maka sesuai dengan pasal 156 undang-undang nomor 28 tahun 2009 an-najah Daerah dan retribusi daerah, maka retribusi pengendalian menara telekomunikasi ditetapkan melalui peraturan daerah.

Di sini Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu merupakan OPD yang menangani pengendalian menara telekomunikasi. Adapun salah satu komponen pendapatan asli daerah yang mempunyai kontribusi dan potensi besar di Kabupaten Labuhanbatu adalah retribusi pengendalian menara komunikasi,retribusi yang dipungut oleh pemerintah daerah khususnya oleh diskominfo bersifat bukan pajak dan merupakan kewenangan daerah. Dalam rangka pelaksanaan desentralisasi, artinya retribusi dapat menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang potensial yang dapat membantu pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

Diakhir penyampaiannya PJ bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang berharap semoga rancangan peraturan daerah Kabupaten Labuhanbatu ini dapat disetujui dan disahkan menjadi peraturan daerah tahun 2021.

Sidang paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Abdul Karim ini juga dihadiri oleh Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, para Asisten, Kadis Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan,S.Kom, para perwakilan kepala opd dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu dari berbagai fraksi.

Setelah mendengarkan penyampaian penjelasan dari PJ Bupati pada pukul 11:00 WIB, direncanakan sidang akan dilanjutkan pada pukul 14:00 WIB untuk mendengarkan tanggapan dari berbagai fraksi anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Lulus sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021, Tiga Putra-Putri terbaik Labuhanbatu sowan ke Pj.Bupati Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, di Kantor Bupati Labuhanbatu Jl. Sisingamangaraja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Rabu 16/6/2021.

Plt. Kadisporabudpar Kabupaten Labuhanbatu Syahrizal Hasibuan, S.E didampingi Plt. Kepala Bidang Kepemudaan Riduan Sinaga, S.Si, yang turut mendampingi ketiganya menjelaskan bahwa kunjungan tersebut adalah sebagai pemberitahuan kepada Pj. Bupati Labuhanbatu bahwa ada 3 (tiga) orang putra-putri labuhanbatu lulus sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.



Seleksi Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 tersebut dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2021 di Kampus LPP Medan.

Adapun nama putra-putri labuhanbatu yang lulus sebagai paskibra provsu tersebut yaitu :
1. TEGUH IRFAN TARIGAN
Asal sekolah SMA Negeri 1 Rantau Utara
2. NASWA MEIDINA
Asal sekolah SMA Negeri 1 Rantau Selatan
3. YESICHA DWI NURLAELA ELVIN
Asal sekolah SMA Negeri 2 Rantau Utara

Dalam kesempatan itu Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si berpesan kepada Plt. Kadisporabudpar untuk terus membimbing serta memfasilitasi keperluan putra-putri perwakilan kabupaten labuhanbatu yang nantinya akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera pada 17 Agustus 2021 mendatang di Provinsi Sumatera Utara.

"Saya harap adik-adik dapat menjaga kesehatannya, sehingga nantinya bisa mengikuti proses latihan paskibra di medan. Dan pak kadis juga mohon dibantu mereka ya, dipantau terus pola makan dan vitaminnya agar kondisi fisik mereka kuat". Tututpnya. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Danramil dan Personil Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan Aceh Selatan mengikuti Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Bin Siap Apwil dan Puan Ter) yang berlangsung di Aula Makodim Jl T. Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (16/06/2021).

Kegiatan tersebut langsung di awasi oleh Pabandya Puanter Sterdam Iskandar Muda Mayor Inf Lim Abdul Muksit, S.Ag berserta stafnya.

Dalam kegiatan ini juga, berhadir Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom yang di wakili oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Abdurrokhim, S.Ag.



Kegiatan tersebut tetap mengikuti anjuran Protokol Kesehatan secara ketat dan teratur yakni memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan sebelum masuk ke ruang acara.

Dalam kata sambutan Dandim Aceh Selatan yang di bacakan oleh Kasdim menyampaikan, dalam doktrin Kartika Eka Paksi yang disahkan dengan keputusan Panglima TNI Nomor Kep/184/II/2018 Tanggal 28 Februari 2018 menyebutkan bahwa pembinaan teritorial Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI AD.

"Sehingga setiap satuan jajaran TNI AD dalam situasi dan kondisi apapun harus melaksanakan binter guna mendukung tugas pokoknya terutama dalam penyiapan Ruang Alat dan Kondisi (Rak) Juang yang tangguh guna penyelenggaraan sistem pertahanan semesta (Sishanta)."sebut Kasdim.

Kasdim melanjutkan, TNI AD sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia dituntut untuk dapat memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

"Hal ini yang menyebabkan TNI AD harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tersebut dimana satu dari peran satuan teritorial adalah menciptakan kekuatan kewilayahan yang dapat diandalkan, sehingga secara nyata tercipta daya tangkal yang tangguh."tuturnya.

Dari hal tersebut, Kasdim Aceh Selatan berpesan kepada para Danramil dan Babinsa agar benar-benar mengikuti kegiatan tersebut dengan seksama serta memahami materi-meteri yang akan di sampaikan oleh pamateri.

Sementara itu, Pabandya Puanter Ster Dam IM dalam arahannya mengatakan, bahwa, dalam pelaksanaan pembinaan teritorial, aparat kewilayahan perlu memahami pengetahuan yang terkandung dalam materi binsiap apwil dan puanter serta harus mampu menerapkan dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun satuan.

"Melalui penyelenggaraan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial ini di harapkan dapat meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah.

Disamping itu, sasaran kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.

Kami juga mengharapnya, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai alat ukur dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja guna dalam menunjang tugas khususnya di Kodim 0107/Aceh Selatan."tutupnya. [Husni]

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru-baru ini memerintahkan Kapolri untuk membereskan para pelaku premanisme di Pelabuhan Tanjung Priuk [1]. Perintah orang nomor 1 di Indonesia itu dikeluarkan setelah menerima pengaduan para sopir truk yang mengaku sering di-pungli oleh para oknum preman di pelabuhan tersebut.

Tidak menunggu lama, puluhan preman di lokasi yang dikeluhkan itu langsung diciduk dan diamankan oleh Jenderal Sigit Prabowo beserta jajarannya [2]. Tidak hanya di Tanjung Priuk, perintah membereskan mereka yang dianggap preman dan meresahkan masyarakat di seluruh penjuru tanah air pun dilaksanakan dengan tegas dan segera. Setiap Mapolda, Mapolres/Mapolresta, hingga Polsek-polsek seakan berlomba melakukan penangkapan terhadap warga yang dicap preman di wilayah hukumnya masing-masing [3].

Menanggapi gerak cepat Presiden Jokowi bersama aparat keamanan dalam merespon laporan para sopir truk terkait premanisme tersebut, Wilson Lalengke mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Presiden dan Polri. “Saya sangat mengapresiasi respon cepat Presiden Jokowi atas keluhan para sopir di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara itu. Polri yang dengan cekatan melaksanakan perintah Presiden juga sangat bagus. Sudah semestinya begitu, agar rakyat merasa aman, nyaman, dan tidak terganggu dalam segala aktivitasnya,” ungkap alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini kepada media, Selasa, 15 Juni 2021.

Namun begitu, tambah pria yang sehari-hari menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) ini, dirinya sangat prihatin karena Presiden Joko Widodo terkesan abai dalam melihat banyaknya pelaku premanisme di dekatnya. “Premanisme itu identik dengan pelaku pungutan liar atau pungli, tukang peras, tukang palak, tukang rampok, dan sejenisnya [4]. Seperti yang di Tanjung Priuk itu, mereka disebut pelaku premanisme karena melakukan pungutan liar, memeras dan memalak para sopir. Jika sopir tidak setor uang, mereka dihambat dalam melakukan aktivitas keluar-masuk ke pelabuhan,” beber tokoh pers nasional yang mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke-48 Lemhannas RI dari tanggal 20 Maret hingga 13 Desember 2012 itu.

Perilaku tukang pungli, tukang peras dan memalak orang lain, kata Lalengke, juga marak terjadi di lingkungan yang dekat dengan istana, seperti antara lain di BUMN-BUMN. “Nah, justru para preman di institusi dan lembaga itu yang jauh super parah dari yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priuk. Sebagai contoh, pungli dan pemalakan dalam bentuk pemotongan dana nasabah yang melanggar aturan hukum yang dilakukan oleh para pengelola BUMN PT. Asuransi Jiwasraya, yang mencapai triliunan. Itu adalah kejahatan premanisme yang luar biasa [5]. Apakah Presiden tidak mendengar dan melihat jeritan dari jutaan nasabah yang dipalak oleh para oknum pengelola perusahaan plat merah itu?” tutur lulusan pasca sarjana bidang Global Ethics dari Birmingham University, England, tahun 2006 itu dengan nada prihatin.

Presiden Jokowi mendapat banyak dukungan dan simpati rakyat atas respon cepatnya soal premanisme di Pelabuhan Tanjung Priuk yang kemudian merambah ke hampir seluruh pelosok tanah air. Oleh karena itu, sudah semestinya Presiden Jokowi yang merupakan presiden para sopir truk dan nasabah asuransi Jiwasraya, mengeluarkan perintah agar perilaku pungli dan pemalakan terhadap nasabah Jiwasraya oleh oknum manajemen PT. Asuransi Jiwasraya, Tbk., dihentikan segera dan seluruh pelaku diproses secara hukum, sama seperti para preman di Tanjung Priuk itu.

“Saya meminta kepada Presiden Joko Widodo agar bersikap adil dalam memperlakukan warga, tidak diskriminatif dalam mengambil kebijakan yang menyangkut rakyatnya, termasuk dalam menerapkan aturan hukum, tidak boleh menggunakan standar ganda. Premanisme di lingkaran Presiden juga harus dibabat habis. Ada 5,3 juta nasabah Jiwasraya yang adalah juga rakyat Indonesia yang terzolimi, dipotong dana mereka secara paksa, liar, dan kasar, dengan dalih untuk penyelamatan perusahaan asuransi milik negara tersebut [6]. Aturan dari mana itu, nasabah harus menanggung kerugian perusahaan asuransi akibat kegagalan manajemen dan perilaku koruptif pengelolanya?” ujar Lalengke yang mengaku sedih karena puluhan anggotanya juga jadi korban perilaku premanisme pengelola Asuransi Jiwasraya yang salah urus itu. (APL/Red)

Catatan:

[1] Respons Perintah Jokowi, Kapolri Perintahkan Jajarannya Berantas Premanisme; https://www.liputan6.com/news/read/4578991/respons-perintah-jokowi-kapolri-perintahkan-jajarannya-berantas-premanisme.

[2] Sebanyak 49 Preman Ditangkap, Ini Dua Hari Usai Jokowi Perintah Kapolri Tangkap Aksi Premanisme; https://seputarcibubur.pikiran-rakyat.com/seputar-cibubur/pr-1782043256/sebanyak-49-preman-ditangkap-ini-dua-hari-usai-jokowi-perintah-kapolri-tangkap-aksi-premanisme.

[3] Antisipasi Premanisme, Polsek Kp. Mentaya Gelar Patroli KRYD ke Dermaga Habaring Hurung; https://pewarta-indonesia.com/2021/06/antisipasi-premanisme-polsek-kp-mentaya-gelar-patroli-kryd-ke-dermaga-habaring-hurung.

[4] Premanisme; https://id.wikipedia.org/wiki/Premanisme.

[5] Siapakah yang Pantas Disebut Preman?; https://nasional.kompas.com/read/2013/04/10/14281610/siapakah.yang.pantas.

[6] Skenario Perampokan Jiwasraya Berkedok Penyelamatan Polis Nasabah (Bagian Akhir dari 3 Tulisan); https://pewarta-indonesia.com/2021/05/skenario-perampokan-jiwasraya-berkedok-penyelamatan-polis-nasabah-bagian-akhir-dari-3-tulisan.

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 ini dimana perekonomian masih dalam keadaan yang sulit, namun ada seorang pengusaha atau investor yang berani dan optimis untuk membuka restoran baru yang tentu saja hal ini menandakan perekonomian sudah mulai bangkit dan membaik.

Ibu Miranda Korua dan ibu Engelin Kardinal adalah sosok intrepreneur sejati yang sanggup exis dan terus mengembangkan sayap usahanya di Jakarta dan rencananya akan membuka cobang baru antara lain di Surabaya dan Yogyakarta.

Saat ditemui oleh awak media di Restoran Yougwa Danau Sentani di Spark Mal Senayan di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 15/06/2021. Ibu Miranda yang didampingi oleh ibu Engelin Kardinal mengatakan bahwa restoran Yougwa Danau Sentani merupakan cabang ke-3 di Jakarta yang sebelumnya ada di Kelapa Gading Jakarta Utara dan Batu Ceper Jakarta Pusat.

Restoran ini menyerap tenaga kerja sebanyak 45 orang yang terdiri dari 5 koki, 20 orang lainnya sebagai asisten dapur antara lain waitres dan office boy, cleaning servise serta kasir dan bartender dengan kapasitas restoran sampai 100 lebih pengunjung setiap. Tersedia pula ruangan ber-AC dan tidak ber-AC serta VIP Room dengan pemandangan danau yang indah.

Salah satu kelebihan yang ada di restoran ini dibandingkan dengan tempat lain yaitu tersedianya ruang pamer produk UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) buatan asli Papua dan ada juga ruang akuarium yang berisi lobster, gabus dan kepiting dari Papua.

Ibu Miranda menjelaskan bahwa makanan yang ada di restorannya tidak hanya makanan dari Papua saja. “Makanan yang ada di restoran ini tidak hanya dari Papua saja tetapi ada dari Manado, lengkap dengan makanan laut, masakan Cina seperti capcay, fuyunghai dan kwetiau,” urainya kepada awak media.

Ibu Miranda juga berharap masakan Papua dapat dikenal masyarakat luas. Seperti Papeda yang selama ini sering kita dengar tidak hanya ada di Papua tetapi ada juga di Maluku, NTT, Sulawesi.
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa salah satu makanan ciri khas Papua yaitu bakar batu yang diadakan setelah menang perang antar suku di Papua, tetapi di restoran ini disajikan secara modern.

Ibu Miranda juga berharap masyarakat Indonesia lebih mengenal masakan dari Indonesia Timur tidak hanya masakan dari Pulau Jawa, Padang dll.

Lebih lanjut, semua bahan-bahan masakan ini ada di Jakarta kecuali lobster,ikan gabus dan kepiting. Sementara itu, Ibu Engelin Kardinal menjelaskan banyak ornamen-ornamen di restoran Yougwa Danau Sentani buatan Mache (mama) yang dipromosikan dan dijual di Jakarta sebab mereka untuk membawa hasil buatannya membutuhkan biaya yang sangat besar dan mahal karena keberadaannya yang sangat jauh di pedalaman Papua (sulit dijangkau ).

Sementara itu, hasil dari penjualan karya pengrajin dari Papua akan dikembalikan dengan utuh kepada pengrajinnya. Serta jasa hasil dari pengirimannya diberikan PT Freeport secara gratis.

Tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas untuk mempromosikan makanannya atau produk UKM-nya sehingga orang Papua yang berada di Jakarta bila kangen dengan makanan khas Papua maka inilah tempatnya.

Turut hadir dalam pembukaan restoran ini antara lain Ibu Ratih DPR RI dari Fraksi Nasdem, Komisaris Bank Papua dan sejumlah anggota Polri. (AGS)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si mengikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Lanjutan / Tahap II Pasca Putusan MK pada Pilkada Serentak TA. 2020/2021 di lapangan Kampus Univa Labuhanbatu Kecamatan Rantau Selatan Rabu (16/6/2021).

Adapun PSU nantinya akan berlangsung di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu yang akan diselenggarakan pada 19 Juni 2021 mendatang.

Pasukan yang mengikuti apel tersebut terdiri dari Pasukan TNI 0209/LB, Pasukan Brimob Polda Sumut, Pasukan Unit Polantas dan Shabara Polres Labuhanbatu yang dilanjutkan dengan parade pengamanan.



Dikesempatan itu PJ.Bupati berharap PSU nanti berjalan aman dan Kondusif, " mari kita jaga bersama kondusifitas pada PSU nanti, agar pelaksanaanya berjalan sukses", ucapnya.

Apel Pasukan tersebut juga diikuti Dirpamobvit Polda Sumatera Utara Kompbes Pol. Fedinan Pasaribu, S.H, S.I.K, M.H., Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E, M.Tr (Han) beserta jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Kumaedi, S.H., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat Fauzi Isra, S.H, M.H., Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan.
Juga terlihat Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd., Plt Kepala Dinas Perhubungan Bonaran Tambunan, S.E., Perwakilan Kesbangpol Labuhanbatu, Perwakilan Satpol PP Labuhanbatu, Kabag Protokol Prandi Alnajhar Nasution, SSTP, Camat Rantau Selatan Azhar Rambe, S.E., Lurah Bakaran Batu Ardi Juliandi Dalimunthe, S.T., Ketua Bawaslu Labuhanbatu Makmur, SE., Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Rektor Univa Labuhanbatu Basyarul Ulya, S.H, M.M., serta tamu undangan. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pj. Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, menghadiri rapat koordinasi bersama Polda Sumut, Bawaslu Provinsi, dan Ketua Pemenangan masing-masing Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah PSU Jilid II Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (15/6/2021) di Aula Tunggal Panaluan Polres Labuhanbatu Jalan MH. Thamrin, Kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Labuhanbatu berharap kepada masing-masing ketua pemenangan bersama-sama menjaga kondusifitas PSU Jilid II yang akan dilaksanakan pada 19 Juni 2021 mendatang. "Sehingga pemilihan suara ulang bisa berjalan dengan aman dan damai," pesan Mulyadi.



Rakor ini juga dihadiri hadir Wadirreskrimum Polda Sumatera Utara AKBP Faisal Napitupulu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Safrida R. Rasahan, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, beserta jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Kumaedi, Asisten I Pemerintahan dan Kesra H. Sarimpunan Ritonga, Plt. Kaban BPBD Atia Muchtar Maulana Hasibuan, Perwakilan Kesbangpol Labuhanbatu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Prandi Alnajhar Nasution, Ketua Bawaslu Labuhanbatu Makmur, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Ketua Tim Pemenangan Paslon No. 02, Ketua Tim Pemenangan Paslon No. 03, dan para tamu undangan. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Selangkah lebih maju Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu kenalkan buku register KB pasca persalinan menurut catatan yang lebih baik, " Tanpa pencatatan yang baik dan benar akan sulit bagi kita untuk dapat melakukan perbaikan berdasarkan kondisi yang sebenarnya", ucap Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H. Kamal Ilham pada acara workshop pengenalan buku register KB pasca persalinan ( KBPP-Pilihan) yang digelar di Hotel Platinum pada hari Selasa 8 Juni 2021 lalu.

Di ruang kerjanya jalan KH.Dewantara Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan, Selasa 15/6/2021 Kadiskes menyebutkan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari agenda pendampingan program kbpp pilihan yang difasilitasi oleh JHPIEGO yang akan berjalan 2 tahun kedepan, yang bertujuan meningkatkan cakupan KB pasca persalinan di Kabupaten Labuhanbatu, dan peserta yang mengikuti workshop merupakan fasilitas yang akan didampingi secara penuh oleh JHPIEGO.ucap Kamal.



Sementara jalan Ahmad perwakilan dari JHPIEGO menyebutkan pengenalan buku register di Labuhanbatu merupakan agenda yang pertama dilakukan untuk semua daerah dampingan JHPIEGO dalam program KBPP. Secara umum kegiatan ini bertujuan agar pemangku kebijakan terkait dan fasilitas kesehatan pemberian layanan kbpp mendapatkan penguatan pencatatan dan pelaporan, sehingga fasilitas Kesehatan memiliki satu sumber data yang sama untuk digunakan dalam melakukan identifikasi masalah dan melakukan perbaikan pelayanan KB-PP.

Di lokasi yang sama kepala bidang Kesehatan Masyarakat Friska Simanjuntak, SKM, memberikan penekanan kepada 5 Puskesmas yang hadir yaitu Puskesmas Perlayuan, Kota, Sigambal, Lingga Tiga dan Gunung Selamat, terkait adanya dukungan dari jampersal untuk KBPPP, berkaitan dengan pentingnya agenda pengenalan buku register ini Riska menyebutkan akan mengupayakan melakukan agenda serupa secara mandiri melalui APBD Kabupaten Labuhanbatu, agar semua fasilitas kesehatan mendapatkan materi ini,.

Friska berharap data KBPP dalam lingkungan Kabupaten bisa didapatkan lebih lengkap. Saat ini baru 8 fasilitas yang didampingi oleh JHPIEGO program KBPP pilihan.dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten untuk melakukan replikasi fasilitas yang belum didampingi.

Lebih jelas disebutkan nya terkait JHPIEGO adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada kesehatan dan merupakan afiliasi dari universitas john's Hopkins yang memiliki visi untuk menyelamatkan jiwa, meningkatkan derajat kesehatan dan mengubah masa depan. Iya bermitra dengan pemerintah pakar kesehatan dan masyarakat untuk membangun keterampilan atau kapasitas dan sistem yang menjamin masa depan yang lebih sehat bagi perempuan dan keluarga.ucapnya.

Syafrimet Azis, program officer kbpp, menyebutkan bahwa Labuhanbatu dalam agenda ini dikenalkan 3 buku register kbpp yang terdiri dari buku register pelayanan KB, buku register konseling ANC dan buku register konseling kepulangan ibu.

Pada workshop kali ini ini kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi serta pemutaran video tutorial yang sudah disiapkan oleh JHPIEGO,Selain itu dinas p2kb Kabupaten Labuhanbatu juga membagikan buku peraturan Kepala BKKBN Nomor 18 tahun 2020 tentang pelayanan Keluarga berencana pasca persalinan. Yang mana buku tersebut menurut Kabid KBKR Dinas P2KB Labuhanbatu merupakan pegangan fasilitas dalam implementasi KBPP. [Rahmad]
Diberdayakan oleh Blogger.