Gunungsitoli, Aktual News– Sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Utara, E. Hulu S.H beberapa waktu lalu mengindikasikan bahwa pemberhentian sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Y. Nazara diduga keras tidak berdasarkan hukum yang jelas.

Dalam penjelasan Kabag Hukum Setda Nias Utara kepada wartawan melalui whatsapp, tertulis bahwa surat keputusan Bupati Nias Utara menjelaskan dasar pemberhentian sementara Sekda Kabupaten Nias utara Y. Nazara antara lain pasal 5 dan pasal 23 huru f UU R.I Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur Sipil Negara ; juga pasal 65 ayat 2 huruf d UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang pemerintahan otonomi daerah .

Setelah ditelusuri pasal 5 dan pasal 23 huru f UU R.I Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur Sipil Negara ternyata tidak memberikan kewenangan kepada Bupati Nias Utara untuk memberhentikan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara. Demikian juga pasal 65 ayat 2 huruf d UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang pemerintahan otonomi daerah yang berbunyi ‘mengambil tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh Daerah dan/atau masyarakat; Namun dalam penjelasan pasal 65 ayat 2 huruf d UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang pemerintahan otonomi daerah tersebut menjelaskan bahwa tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh Daerah dan/atau masyarakat yang terkait dengan urusan pemerintahan umum dilakukan oleh kepala daerah setelah dibahas dalam Forkopimda. Yang mana unsur forkopimda tingkat Kabupaten terdiri dari, yaitu Kepala Daerah (Bupati), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Ketua DPRD), Kepolisian Resort (Kapolres), Komando Distrik Militer (Dandim), Pengadilan Agama (Ketua Pengadilan Agama), Pengadilan Negeri (Ketua Pengadilan Negeri) dan Kejaksaan.

Sedangkan yang dirapatkan diruangan Wakil Bupati Nias Utara pada tanggal 16 Juni 2021 menurut Kabag Hukum E. Hulu S.H adalah hanya beranggotakan :
•Pengarah : Bupati Nias Utara
• Wakil Pengarah : Wakil Bupati Nias Utara
• Penanggung Jawab : Sekretaris Daerah
• Ketua : Kepala BKD Nias Utara
• Wakil Ketua : Asisten Bidang Administrasi Umum
• Sekretaris : Inpektur Kabupaten Nias Utara
• Wakil Sekretaris : Sekretaris BKD
• Anggota :
1. Kepala BPKPAD
2. Kabag Hukum
3. Kabid Pengadaan dan. Pembinaan Pegawai
4. Kabid Pengembangan Pegawai
5. Kabid Diklat
6. Kasubbid Perencanaan dan Pengembangan Pegawai
7. Kasubbid Kesejahteraan dan Data Pegawai.

Selain pasal 5 dan pasal 23 huru f UU R.I Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur Sipil Negara dan pasal 65 ayat 2 huruf d UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang pemerintahan otonomi daerah yang menjadi alasan pemberhentian sementara Sekda Kabupaten Nias Utara adalah berdasarkan laporan hasil kegiatan Operasi Yustisi razia tempat hiburan oleh Satuan Resnarkoba Polrestabes Medan dan masukan secara langsung dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah untuk segera bertindak sesuai dengan kewenangannya sebagai Kepala Daerah Kabupaten Nias Utara.

Menurut salah seorang praktisi hukum yang sebelumnya menilai SK Bupati Nias Utara Nomor 800/152/K/Tahun 2021 adalah “Kontradiktif dan nyaris melampaui putusan pengadilan” kepada wartawan, kemarin (30/6) mengatakan, alasan pemberhentian sekda yang diungkapkan oleh Kabag Hukum Kabupaten Nias Utara tersebut bisa membingungkan masyarakat. sebab dalam pasal pasal tersebut tidak ada kata yang memberikan kewenangan kepada Bupati untuk memberhentikan sekretaris daerah.

Ditambahkannya , ” memang aneh dan dapat meresahkan jika perbuatan hukum tidak disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku. Misalnya disebutkan bahwa salah satu dasar pemberhentian sementara Sekda Nias Utara adalah berdasarkan laporan hasil kegiatan Operasi Yustisi razia tempat hiburan oleh Satuan Resnarkoba Polrestabes Medan, jika demikian maka seharusnya dicantumkan nomor surat laporan polisi tersebut dalam SK Bupati Nias Utara Nomor : 800/152/K/Tahun 2021 tentang Pemberhentian Sementara Pegawai Negeri Sipil dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah,” ujarnya.

Sementara dikonfirmasi wartawan kepada Kabag Hukum Setda Nias Utara, kemarin (30/6), E. Hulu, S.H meminta agar SK Bupati Nias Utara tersebut tidak dipolemikkan.

“Mohon maaf pak, kami memandang tanggapan kemarin sudah cukup, kita juga tidak ingin SK itu tidak perlu lagi dipolemikkan, SK sudah merupakan produk hukum, dan pengujian terhadapnya merupakan kewenangan instansi berwenang, mohon pengertiannya pak” Tulisnya via Whatsapp.

Selanjutnya, dikonfirmasi kepada Ketua DPRD Nias Utara via whatsapp (30/6), apakah lembaganya telah dilibatkan atas pemberhentian terhadap YN dalam jabatan fungsional Sekda Nias Utara, hingga berita ini dipublikasikan, Sukanto Waruwu, S.E belum memberikan respon.[ Red/Akt-01/A86 ]

 

Aktual News

Solear, Aktual News-Rabu 29/06/2021.10:42Wib, awak media AktualNews.co.id 1mengkonfirmasi ke pihak kecamatan Solear kabupaten Tangerang, terkait adanya lansia dan anaknya yang bernama ibu Imelda warga perumahan Taman Kirana Surya Blok D5 Rt 03/08, Desa Pasanggrahan Kec Solear kab, Tangerang yang terpapar positif Covid-19, sudah beberapa hari belum dapat penanganan medis dari Puskesmas Cikuya, awak media AktualNews.co.id bertemu dengan salah satu Staf kecamatan Solear Bpk Komarudin, hal tersebut akan segera di sampaikan kepada pak camat ( H. Soni Karsan-Red ).

Sebelumnya media AktualNews.co.id telah memberitakan prihal adanya Lansia Warga Kirana Blok D5 yang positif Covid-19 dan belum dapat penanganan dengan judul berita ” Miris Niat Minta Rujukan Penanganan Covid-19 Malah Di Arahkan Kesecurity Oleh Pihak Puskesmas Cikuya-Solear ” dengan respon yang baik H Soni Karsan Camat Solear selaku Ketua gugus tugas penanggulangan pandemi Covid-19, langsung meminta kepada pihak Puskesmas Cikuya agar memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu Imelda beserta ibunya yang sudah lansia

Dokter Marini Bersama Dokter Abdul Rohman Tenaga kesehatan ( Nakes ), dari Puskesmas Cikuya di hari yang sama pada pukul 10:11.Wib, mendatangi rumah ibu Imelda Untuk memeriksa kondisi dari ibu Imelda dan ibunya, Dr Marini memberikan arahan dan pemberitahuan kepada ibu Imelda dan ibunya untuk saat ini semua Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ), yang berada di wilayah kabupaten Tangerang dalam keadaan penuh maka dari itu Dr Marini menganjurkan untuk isolasi mandiri kepada ibu Imelda sebab dengan kondisi ibunya Imelda yang lansia dan kondisi saat ini yang tidak memungkinkan ibunya Imelda bisa dirawat di RS rujukan.

Dari keterangan dr Marini kedatangan dirinya ke rumah ibu Imelda atas permintaan H Soni Karsan Camat Solear agar memberikan penanganan medis kepada ibu Imelda dan ibunya, lebih lanjut awak media menanyakan kepada Dr Marini apakah Ibu Imelda dan ibunya, sebelumnya telah ada yang melaporkan jika ibu Imelda dan ibunya terpapar atau positif Covid-19, pasalnya di setiap desa ada kader posyandu.

Dari penuturan Dr Marini dirinya dapat pemberitahuan malah dari pihak kecamatan dalam hal ini camat Solear H Soni Karsan yang menghubungi Puskesmas Cikuya ujar Dr Marini, masih menurut Dr Marini untuk saat ini Nakes di puskesmas Cikuya cukup kewalahan menangani lonjakan pandemi Covid-19 entah itu yang bertugas di puskesmas maupun yang bertugas di luar puskesmas Dr Marini pun menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak, jauhi kerumunan demi keselamatan diri dan keluarga.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

Solear , Aktual News-Dari keterangan via pesan WhatsApp tertanggal 29/06/2021, ibu Lasi kader posyandu desa Pasanggrahan Kecamatan Solear kabupaten Tangerang, ibu Lasi mengatakan kepada ibu Imelda sebagai penanggung jawab utama adalah keluarga dari ibu Imelda sendiri.

Disini dapat di simak dari chatnya ibu Lasi diduga lepas tanggung jawab dengan alasan tanggung jawab penanganan kasus positif Covid-19, ibu Imelda dan ibunya hanya keluarga ibu Imelda yang menangani dan itu di luar tanggung jawabnya, sungguh ironis yang mana ibu Lasi sebagai kader posyandu desa Pasanggrahan beralamat satu Blok dengan ibu Imelda, masih dari chat WhatsApp ibu Lasi mengatakan “Sedesa Udah 70 terkirim kemarin”, artinya Perumahan Taman Kirana Surya desa Pasanggrahan-Solear dengan jumlah pasien positif Covid-19, 70 lebih terkirim.

Dan dari pantauan awak media AktualNews.co.id, pasien positif Covid-19 di desa Pasanggrahan sengat mengkhawatirkan belum lagi yang meninggal terlepas, warga yang meninggal tersebut di akibatkan positif Covid-19 atau sakit bawaannya, lebih lanjut dalam cheat tersebut ibu Lasi mengatakan Puskesmas dari siang juga sudah angkat tangan karena tingginya kasus terkonfirmasi di Puskesmas baik itu di poli maupun di IGD Puskesmas, dapat di simpulkan dari chat WhatsApp ibu Lasi dengan ibu Imelda, dengan tingginya kasus terkonfirmasi Perumahan Kirana Surya desa Pasanggrahan kecamatan Solear berkategori zona merah.
[ Red/Akt-26/Har ]

 

Aktual News

Labuhanbatu, Aktual NewsSuatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu karena telah mampu menghantarkan Putra terbaiknya menjadi Atlit di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar ( PPLP ) Sumut, yang mana kita ketahui untuk memasuki PPLP bukan suatu yang muda, ada jutaan orang antri untuk mendapatkan posisi ini.

Seperti halnya disampaikan PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.Pi,M.Si dirumah Dinas Bupati Labuhanbatu jalan Pramuka Kecamatan Rantau Utara Kamis 1 Juli 2021 ketika menerima silaturahmi empat (4) orang generasi muda Labuhanbatu yang hendak menempuh pendidikan Atlit di PPLP Sumut.

” Tidak gampang untuk bisa duduk di bangku PPLP, Banyak yg bercita cita menjadi atlit PPLP, jadi dengan peluang yang kalian miliki ini jangan disia-siakan”.

Didampingi Kadispora Labuhanbatu Syafrizal Hasibuan SE, keempat Atlit muda ini mendapat bimbingan dari PJ Bupati yang mana menurut PJ Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, banyak peraturan yang nantinya harus kalian patuhi untuk kepentingan atlit yang berprestasi, kita harus mengikuti
semua tahapan jadi jangan ada beban dalam benak kita.

Mulyadi juga berpesan jangan lupa untuk beribadah sebagai rasa syukur kita atas yang kita dapatkan hari ini, “tetaplah beribadah, berlatih sepenuh hati jangan setengah-setengah, dan yang terpenting jangan sombong jika kelak kita berhasil dengan prestasi yang kita miliki”, ucap Mantan pemain PSPS Pekanbaru ini.

Sebelumnya mengawali suan tersebut Kadispora Labuhanbatu Syafrizal Hasibuan SE, memohon kepada PJ Bupati Labuhanbatu untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada para generasi muda Labuhanbatu agar Labuhanbatu mampu melahirkan atlit generasi muda yang berprestasi, yang mampu membawa nama baik Labuhanbatu melalui dunia olahraga di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu Alfin Pulungan yang berperan sebagai pelatih takwondo bersama asistenya Julfa Sitorus dan
Ibnu Hajar selaku pelatih Atletik mengucapkan banyak terimakasih kepada PJ Bupati, ” tidak disangkah kami memperoleh dukungan dari pak Bupati, terima kasih pak atas perhatiannya”, ucapnya.

Adapun keempat Atlit muda Labuhanbatu yang hendak berangkat pada Tgl 5 ke kota Medan tersebut yaitu Ferdi Julianto berprofesi sebagai atlit Gulat asal sekolah SMPN3 Rantau Utara, Alfaridho Pulungan Atlit Taekwondo pelajar SMA 1 Ransel, Ridho Akbar Ritonga Atlit sepakbola pelajar SMA1 Ransel dan Kautsar Junierdi Atlit cabang Atletik pelajar di MTsN 2 Rantau Utara.

Turut hadir mendampingi silaturahmi keempat Atlit dimaksud, Kadispora Labuhanbatu Syafrizal Hasibuan SE, Kabid Informasi dan Pelayanan Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Zainul Arifin Nasution,S.Pd, M.Pd dan tiga orang pelatih cabang Taekwondo dan Atletik, Silaturahmi dilanjutkan dengan foto bersama. [ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Siantar,Aktual News-Kapolres Pematangsiantar AKBP BOY S.B SIREGAR,S.I.K bersama dengan Forkopimda , Kabag dan Kasat mengikuti Upacara hari Bhayangkara Ke 75 dengan cara Virtual yang diikuti secara serentak diseluruh Indonesia yang dipimpin oleh PRESIDEN RI IR.H. JOKO WIDODO. Bertempat di Ruang SCC Polres Pematangsiantar Kamis 01 Juli 2021 Pada Pukul 09.00 wib.

Pada kesempatan ini PRESIDEN RI IR.H. JOKO WIDODO menyampaikan amanatnya, Jajaran polri telah bersinergi dengan TNI, kesehatan, kementerian, lembaga dalam menangani covid 19 ini. Kami harap jajaran polri untuk aktif terus selama penanganan covid 19. Polri menjadi garda terdepan dalam menjalankan tugas tugas pokoknya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan penegakan hukum.

Polri memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat indonesia. Penggunaan kewenangan polri harus dilakukan secara bertanggung jawab. Polri harus presisi dalam menjalankan tugas dan menjunjung tinggi martabat masyarakat. Pengembangan sdm polri harus di perhatikan secara transparan dan akuntabel.Polri juga harus membenahi dan memperkuat menajamen kelembagaannya.

Selamat bertugas dan teruslah menjadi pengabdian yang terbaik kepada rakyat kepada bangsa dan negara semoga tuhan yang maha kuasa mempermudah dalam menjalankan tugas. Teruslah menjadi polri yang presisi menjadi abdi utama bangsa dan Negara. selamat Hari Bhayangkara Ke 75 tahun 2021 semoga Polri kedepan semakin baik Terimkasih

Usai mengikuti upacara Virtual secar serentak, Polres Pematangsiantar melanjutkan acara Sukuran yang dihadiri oleh Forkopimda Kota pematangsiantar, Para Kabag Kasat,Kapolsek Jajaran ,Personil Polres Pematangsiantar, Bhayangkari Cabang Pematangsiantar, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Undangan Lainnya.

Pada kesempata ini Kapolres Pematangsiantar AKBP BOY S.B SIREGAR,S.I.K menyampaikan, Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir pada acara syukuran hari bhayangkara ke 75 tahun 2021 di polres Pematangsiantar,adapun Tema Hari Bhayangkara ke 75 Tahun 2021 ini “Tranformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid 19 Untuk Masyarakat Sehat Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”. Dengan Tema tersebut Polri akan dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin berat dan komplek.

Ditengah pandemi virus covid-19,ancaman gangguan kamtibmas,situasi politik dan permasalahan ekonomi membutuhkan perhatian serius dari kita semua. saat ini berbagai upaya telah di lakukan oleh pemerintah daerah, tni — polri dalam memberikan himbauan/sosialisasi pencegahan penyebaran covid 19 dengan meningkatkan protokol kesehatan 5m (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi — dan interaksi), melaksanakan operasi yustisi, membentuk kampung paten dan melaksanakan program ppkm mikro.

Kami menyadari masih banyak kekurangan atau kelemahan anggota kami sehingga kedepan polri berkomitmen untuk terus melakukan perbaikanperbaikan agar memperoleh kepercayaan masyarakat mengingat institusi polri adalah milik seluruh masyarakat dan sekaligus aset bangsa indonesia. Kami mohon doa dan dukungan dari bapak bapak sekalian supaya apa yang menjadi tema kali ini bisa kami jalankan dan wujudkan di Kota pematangsiantar.[ Red/Akt-40/Kiki]

 

 

Aktual News

NUSANTARAEXPRESS, ACEH SELATAN - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom hadiri peringatan HUT Bhayangkara ke 75 di Mapolres Aceh Selatan Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan, Kamis (01/07/2021).

Di tengah pandemi Covid-19, Upacara Peringatan HUT dilaksanakan secara virtual.

Seusai mengikuti acara Upacara secara Virtual, Dandim Aceh Selatan mengucapkan selamat ulang tahun bagi Polisi Republik Indonesia.

"Seluruh personil Kodim 0107/Aceh Selatan berserta jajaran mengucapkan selamat hari ulang tahun Polisi Republik Indonesia dimanapun berada, Semoga Polri semakin jaya, sukses dan terus profesional dalam mengayomi dan melindungi masyarat."ucap Dandim secara langsung kepada Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho, S.I.K, SH.MH.

Dandim Aceh Selatan berharap, hikmah HUT ke 75 ini Polri terus dapat meningkatkan Profesonalismenya dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

Komandan Kodim Aceh Selatan juga turut mendo'akan di HUT ke-75 ini Polri semakin profesional, modern dan terpercaya dalam melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Sekali lagi, kami ucapkan selamat ulang tahun bagi Polri, semoga melalui peringatan HUT ini kita tingkatkan sinergitas TNI-Polri, sehingga Kamtibmas semakin kondusif serta dapat terus mewujudkan masyarakat aceh selatan semakin produktif."tutup Dandim.

Peringatan HUT Bhayangkara Ke-75 yang dilaksanakan secara Virtual dan tetap mengedapankan anjuran Protokol Kesehatan itu juga turut di hadari Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dan seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Selatan. (Husni)

NUSANTARAEXPRESS, MOSSO -  Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs membagikan gunting kuku, sabun, shampo, odol dan sikat gigi kepada masyarakat di Kampung Mosso Distrik Muara Tami, Kota Jayapura (30/06/2021).

Dokter Satgas Yonif 131/Brs Lettu CKM dr. Muhammad Hendra Rizki dalam rilisnya mengatakan, kegiatan ini didahului dengan memberikan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat Kampung Mosso.



"Setelah masyarakat menerima edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, selanjutnya kami memberikan bantuan gunting kuku, sabun, shampo, pasta gigi dan sikat gigi kepada masyarakat. Tujuan kegiatan ini agar masyarakat memahami tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini diharapkan dapat mengurangi resiko terkena penyakit, khususnya penyakit kulit akibat infeksi bakteri dan jamur. Sehingga kualitas kesehatan warga Kampung Mosso dapat meningkat", pungkas Dokter Satgas.



Agus (46), Kepala Kampung Mosso menyampaikan, "Kami berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh personil satgas terhadap kesehatan masyarakat Mosso. Personil satgas telah peduli akan hal-hal kecil dalam kesehatan yang selama ini kurang begitu diperhatikan oleh masyarakat", ujarnya. *

NUSANTARAEXPRESS, MAUMERE - Kojadoi Sail Festival 2021 tidak dipungkiri menjadi ajang promosi bagi Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere, Lantamal VII, jajaran Koarmada II untuk memperkenalkan Pulau Kojadoi sebagai Kampung Bahari Nusantara. Ini terlihat dimana Pulau Kojadoi menjadi titik finish para peserta pelombaan Perahu Layar Tradisional, yang digelar di Perairan Maumere, Rabu (30/6).

Tanpa menggunakan mesin dan bahan bakar minyak, sebanyak 26 perahu layar tradisional milik para peserta yakni para Nelayan di Kabupaten Sikka berlomba-lomba menuju garis Finish dengan route pelayaran menuju pulau Kojadoi, Pulau yang di promosikan sebagai Kampung Bahari Nusantara Pangkalan TNI Angkatan Laut Maumere.



Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, M. Tr. Hanla., M.M., CTMP.sebagai Penanggung Jawab Kojadoi Sail Festival 2021mengatakan jika disitulah letak keunikan lomba perahu layar tradisional, yang juga digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-76. “ Nenek moyang kita adalah seorang Pelaut, karenanya dalam Kojadoi Sail Festival 2021 para nelayan harus mampu menyeberangi antar pulau tanpa berbekal mesin dan hanya mengandalkan layar dengan bantuan angin, “ ujar Dwi Yoga.

Ia melanjutkan jika perlombaan tersebut juga memberikan edukasi bagi para nelayan agar bisa bertahan di laut (The Survival At Sea), bilamana mereka menemui masalah atau kendala dengan mesin perahu mereka. “ Lomba Perahu Layar Tradisional ini sekaligus membangkitkan daya tarik bagi pariwisata di Kabupaten Sikka, Kota Maumere dan Pulau Kojadoi, sebagai destinasi tujuan utama wisata di Provinsi NTT, “ terang Danlanal Maumere.



Sementara itu Kategori lomba terdiri dari kategori perahu kayu kurang dari 10 M, kategori perahu fiber kurang dari 10 M, kategori perahu kayu lebih dari 10 M dan kategori perahu fiber lebih dari 10 M. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sikka, Drs. Roberto Diogo, S.Sos., M.Si. Ketua DPRD Kab. Sikka Donatus David. S.H, dan pejabat setempat lainnya. (Pen2)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Sidang Pantukhir (Panitia Penentuan Akhir) seleksi tingkat pusat penerimaan Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI Mahasiswa Beasiswa (Mabea) TNI TA 2021, bertempat di Aula Satang Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/6/2021).


Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI A. Gustaf Brugman, M.Si. (Han) saat membuka Sidang Pantukhir mengatakan bahwa pada hari ini akan memilih dan memutuskan calon siswa Pa PK TNI Mabea yang akan mengikuti pendidikan pertama sebagai seorang calon Perwira TNI. “Mereka inilah yang kita harapkan dapat menjadi pemimpin masa depan yang profesional sesuai dengan disiplin ilmu dan bidang tugasnya masing-masing,” ujarnya.



Lebih lanjut Aspers Panglima TNI mengajak panitia seleksi untuk bersama-sama membahas dan mengesampingkan kepentingan pribadi di luar kepentingan organisasi TNI. “Marilah kita memberikan perhatian penuh, melakukan diskusi yang konstruktif dan pembahasan logis sesuai dengan aturan yang telah kita sepakati bersama dalam menentukan dan memilih para calon mahasiswa beasiswa TNI,” ucapnya.


“Kepada Panitia seleksi untuk tetap tidak mengesampingkan aspek kualitas yang didasarkan pada hasil seleksi. Proses penyediaan prajurit merupakan suatu kegiatan yang tidak terpisahkan dari siklus pembinaan personel, tentunya kualitas hasil penyediaan prajurit TNI yang akan kita putuskan hari ini akan berdampak pada output prajurit TNI di masa depan,” tegas Marsda TNI A. Gustaf.



Dalam kesempatan tersebut, Aspers Panglima TNI menggarisbawahi bahwa untuk mendapatkan dan memilih calon-calon Pa PK TNI Mabea yang nantinya akan menjadi Perwira TNI harus memiliki kemampuan tinggi dan profesional sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. “ Mereka juga harus memiliki karakter kepribadian yang baik serta kesamaptaan jasmani yang prima, sehingga mampu menjalankan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya,” jelasnya.


Aspers Panglima TNI memberikan penekanan kepada para tim agar lebih teliti dalam pengecekan data awal dari setiap calon siswa yang mengikuti seleksi tingkat pusat sehingga tidak terjadi kesalahan. Bagi mahasiswa yang akan mengikuti seleksi agar mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebagai bekal menghadapi seleksi dalam aspek apapun.


Sementara dari hasil sidang Pantukhir seleksi tingkat pusat Pa PK TNI Mabea TA 2021 diputuskan sebagai berikut jumlah keseluruhan calon siswa sejumlah 33 dari dua matra terdiri dari TNI Angkatan Darat 15 orang (15 Pria) dan TNI Angkatan Laut 18 orang (17 Pria dan 1 Wanita).


Turut Hadir pada acara tersebut, diantaranya Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr. (Han), Waaspers Kasad Bid Ren Pers Brigjen TNI Dany Budiyanto dan Pejabat TNI lainnya.



Autentikasi :


Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes menghadirkan perpustakaan keliling ke lokasi TMMD Sengkuyung Kodim 0713 Brebes, Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Brebes, sebagai partisipasi pembangunan SDM masyarakat melalui kampanye gemar membaca. Rabu (30/6/2021).

Kehadiran mobil yang mengangkut buku-buku bacaan yang mangkal di SDN 2 Ciputih dan pertigaan jalan Kampung Kurungciung Ciputih itu, tentu saja menarik minat khususnya anak-anak dan remaja desa setempat untuk membaca.

Budi Prayitno, S.Si selaku penyuluh lapangan Dinarpus Brebes mengemukakan, anak-anak Ciputih sangat antusias membaca buku-buku yang tersedia.



“Dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak Desa Ciputih mencintai buku, karena mereka tentu saja lebih asik bermain HP saat belajar di rumah terkait pendemi covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, upaya itu untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya budaya baca anak sejak dini sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan mereka meningkat karena sumbernya jelas, sedangkan melalui medsos masih banyak berita yang bersifat hoax.

Pihaknya juga mendorong pihak Pemdes Ciputih untuk pengadaan perpustakaan di Balai Desa. Pasalnya, minat baca anak desa juga dapat dihidupkan melalui Perpusdes.

“Dengan adanya kemudahan akses membaca di desa maka akan mendongkrak menurunnya minat baca karena pengaruh android,” tandasnya.

Untuk pengadaan buku, desa tinggal mengajukan buku kepada Dinarpus Brebes jika sudah memiliki Perpusdes nyata.

Sementara disampaikan Pasiter Kodim Brebes, Kapten Infanteri Surikan, digandengnya Dinarpus Brebes untuk memberikan sosialiasi gemar membaca dan menghadirkan mobil Perpusling itu memang untuk memberikan warna di kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung.

“Kita ucapkan terima kasih juga kepada Dinarpus Brebes atas partisipasi mereka di TMMD, sehingga masyarakat khususnya anak-anak dan remaja yang tinggal di pegunungan wilayah Salem ini mendapatkan pelayanan mereka,” ungkapnya mengapresiasi.

Ditambahkannya, terkait pandemi covid-19, sosialisasi yang juga dihadiri remaja itu juga membahas tentang protokol kesehatan 5M sebagai langkah pencegahan virus. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Pemerintah rencananya akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 yang melonjak drastis. Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung rencana tersebut.

Menurut LaNyalla, PPKM darurat harus diambil untuk mengendalikan penyebaran virus dan menyelamatkan aspek lainnya. Namun, ia berharap hal tersebut didukung dengan pengawasan ketat.

"Saya kira harus ada tindakan yang tepat untuk menangani krisis Covid-19 ini. Terlebih bagi Jakarta yang menjadi ibu kota negara. Jakarta dituntut mampu mengendalikan angka penyebaran virus karena darurat kesehatan berdampak pada aspek lain seperti aspek ekonomi, pendidikan, layanan publik, dan lain-lain," kata LaNyalla, Rabu (30/6/2021).

Saat ini, sejumlah rumah sakit di Jakarta sudah kewalahan. Ruang Gawat Darurat dipenuhi pasien positif Covid-19. Tak hanya itu, terjadi juga kirisis oksigen dan minimnya obat-obatan yang dibutuhkan pasien.

"Fakta tersebut sangat mengkhawatirkan. Memang perlu tindakan khusus agar lonjakan kasus ini bisa segera ditekan. Pemerintah harus ambil tindakan cepat, sedangkan pemerintah daerah sudah sewajibnya mendukung dan melaksanakannya," lanjut LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga berharap koordinasi pusat dan daerah diperkuat. Tidak boleh lagi saling menunggu dan saling menyalahkan dengan kebijakan yang sudah diberlakukan.

"Penanganan Covid-19 harus bersinergi.  Pemerintah daerah maupun pusat harus bersama-sama mengutamakan keselamatan warga. Saatnya kita eratkan lagi sinergitas dan soliditas antar pemerintah, antar lembaga dan institusi untuk menghadapi pandemi ini," jelasnya.

Menurutnya, yang tak kalah penting dalam pelaksanaan PPKM darurat adalah pengawasan yang harus dilakukan oleh aparat terkait, baik dari Kepolisian, TNI, maupun Satpol PP.

"Apalah arti PPKM darurat tapi pengawasan tidak dilakukan ketat. Inti pengetatan bukan hanya pada aturan tapi juga pengawasan. Masyarakat yang sudah jenuh dengan adanya Covid-19 memang tiap waktu harus diingatkan. Harus ditegaskan lagi pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin. Tidak boleh kendor," tutur LaNyalla.

Pemerintah masih menggodok skema final PPKM darurat di Pulau Jawa dan Pulau Bali. PPKM darurat bisa berlaku 1 atau 2 minggu.

Saat membuka Munas Kadin, Presiden Joko Widodo mengatakan ada sejumlah penilaian yang dilakukan pemerintah sebelum PPKM darurat diberlakukan.

"Petanya sudah kita ketahui semuanya, khusus hanya di Pulau Jawa dan Pulau Bali karena di sini ada 44 kabupaten/kota serta 6 provinsi yang nilai asesmennya 4, kita adakan penilaian secara detail yang ini harus ada treatment khusus sesuai yang ada di indikator laju penularan WHO," ujar Jokowi. (*)

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Managing Director Motovillage Kemang yaitu Iwan Diah, sangat bangga karena terpilih menjadi start awal keluarga Cekidot beberapa waktu yang lalu.
“Kami bangga karena Motovillage terpilih untuk menjadi tempat start awal perjalanan keluarga Cekidot,” katanya dengan ramah kepada awak media di Motovillage Kemang, Minggu, 13/06/2021.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Motovillage adalah sebuah tempat bagi para penggemar mobil, motor, dan sepeda untuk berkumpul, bersosialisasi serta bersilaturahmi. Dari pantauan awak media tempat ini sangat nyaman, rapih serta bersih sehingga membuat orang betah untuk berlama-lama di sini.

Lelaki yang sangat ramah kepada para awak media ini mengatakan akan membantu untuk memberikan informasi kepada kolega dan mitra business keluarga Cekidot. “Motovillage akan berusaha untuk membantu mempromosikan keluarga Cekidot dengan memberikan informasi kepada keluarga dan mitra businesnya,” ungkapnya dengan mimik wajah bahagia. (JSY)

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M. Si., M.H., yang didampingi oleh Kepala Balitbangtan dan Kepala Badan Karantina serta Staf khusus Kementerian Pertanian mengunjungi Anak Kandang Farm Puspenerbal di Juanda Sidoarjo (26/6).

Kunjungan Menteri Pertanian RI ini disambut langsung oleh Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M. Han., didampingi oleh Komandan Pangkalan Udara (Danlanudal) Juanda Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir.

Dalam kunjungan yang berlangsung akrab tersebut Menteri Pertanian RI dan rombongan diajak berkeliling melihat-lihat peternakan Sapi Limosin dan Kambing yang ada di Anak Kandang Farm, sekaligus Danpuspenerbal Laksda TNI Edwin, menjelaskan tentang pengembang biakan dan cara mengolah peternakan.

Danpuspenerbal Laksda TNI Edwin sangat berterimakasih kepada Menteri Pertanian RI dan rombongan, dimana disela-sela acara dan jadwal kegiatan Bapak Menteri yang padat masih menyempatkan diri dan sudi mampir di peternakan Anak Kandang Farm Puspenerbal, ujarnya. (Red)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Sambut hari Bhayangkara ke 75 yang diperingati setiap tanggal 01 Juli, Sat Narkoba Polres Labuhanbatu berikan bantuan berupa 100 Sak Semen dari Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, untuk pembangunan Mesjid AL Ikhlas Kelurahan Sidorejo Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Rabu (30/6/2021) sekira pukul 11.30 WIB.

 



Pemberian bantuan diwakili oleh Kanit Idik 1 Sat Narkoba Polres Labuhanbatu, Ipda Sarwedi Manurung yang disambut Lurah Sidorejo, Triyono dan BKM Masjid Al-Ikhlas dilokasi pembangunan Masjid tersebut.
"Pemberian bantuan ini adalah wujud kepedulian Polres Labuhanbatu mendukung pembangunan Masjid Al-Ikhlas dan juga menyambut HUT Bhayangkara ke 75", Ujar Ipda Sarwedi Manurung.



Lebih lanjut, Ipda Sarwedi Manurung menjelaskan, pemberian bantuan juga sebagai ungkapan rasa syukur atas agenda Nasional Pemilukada Labuhanbatu, Labusel dan Labura sampai PSU berjalan lancar.

Begitu juga atas pengungkapan tindak pidana narkotika sabu-sabu 60 kg dan Ectasy 2000 butir yang telah dimusnahkan kemarin di Polda yang dipimpin Kapolda Irjen Pol RZ. Panca Putra dalam Launching Kampung Tangguh Anti Narkoba sejajaran Polda Sumut yang diikuti Polres Sejajaran melalui zoom meeting, dengan harapan kiranya masyarakat Labuhanbatu Raya dapat bersinergi dengan Polres Labuhanbatu dalam menjaga Kamtibmas.



Lurah Sidorejo Triyono bersama BKM Mesjid AL- Ikhlas menyambut baik bantuan dari Kapolres Labuhanbatu dan mengucapkan terima kasih serta mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke 75.
"Kami Bersama Polres Labuhanbatu Mencegah Penyebaran Virus Corona dengan mematuhi Prokes, Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Mendukung PPKM serta Deklarasi Tolak Narkoba",Jelas mereka. (Her)
Diberdayakan oleh Blogger.