NUSANTARAEXPRESS, KEEROM - Peduli pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Kout Km 31 bergotong-royong membersihkan jalan masuk Kampung Baburia, Distrik Arso Barat Kab.Keerom.

Hal tersebut disampaikan Wadan Satgas Yonif 131/Brs Mayor Inf Achmad Muzani CH dalam rilis tertulisnya di Arso 1 Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom, Papua, senin (05/07/2021).



Diungkapkan Wadan Satgas , kegiatan gotong-royong pembersihan jalan kampung tersebut dilaksanakan sepuluh anggota Satgas dari Pos Kout Km 31 bersama-sama dengan warga membersihkan rumput yang tumbuh liar di kiri dan kanan jalan. Dengan pembersihan ini diharapkan jalan masuk Kampung Baburia menjadi lebih indah dan rapi, serta enak dipandang mata.

Wadan Satgas juga menambahkan, melalui kegiatan gotong-royong seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaraan warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Gotong-royong bersama warga perbatasan ini juga sebagai upaya kita untuk meningkatkan semangat kebersamaan antara Satgas dengan warga yang selama ini telah berjalan dengan baik di Kampung Baburia ini", terangnya.

Nikolas (56) salah satu warga Baburia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan partisipasi Satgas Yonif 131/Brs yang telah membantu pelaksanaan gotong-royong di kampungnya.

“Jalan masuk kampung kami sekarang terlihat lebih bersih, indah, dan rapi. Semoga kegiatan bersama warga seperti ini tetap berlanjut dan ditingkatkan di kemudian hari", tuturnya. *

Medan, Aktual News-Tim Personil Gabungan Yang terdiri dari TNI POLRI, Satpol PP dan juga BPBD laksanakan Patroli Protokol Kesehatan Bukit Barisan dan Imbauan Prokes, Senin(5/7/21).

Dalam Ops PPKM Mikro ini sendiri tertuang dalam Surat Edaran (SE) Walikota Nomor 440/5352 tentang PPKM Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19.

Namun sebelumnya, personil gabungan melaksanakan apel Konsolidasi pembagian tugas di Makodam 1/BB dipimpin oleh Kaur Lat Kodim 0201/BS Kapten INF Rahimin.

Ipda Ilham Sanggoro selaku Danton Brimob dalam penugasan Ops PPKM mengatakan imbauan Prokes terus digaungkan oleh personil gabungan dengan harapan masyarakat tetap disiplin dalam penerapan Prokes.

“Lalu kita sampaikan secara humanis dan preventif agar masyarakat yang nantinya apabila mendapatkan teguran dapat menerima apa yang disampaikan oleh petugas dilapangan”, kata Ipda Ilham.

Namun adapun lokasi patroli protokol kesehatan hari ini meliputi Pasar Petisah, Pasar Helvetia dan Pasar USU Medan.

“Kita harapakan, melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan ini mampu menekan dan mengurangi angka Penyebaran Covid-19 di Kota Medan dan tentunya disiplin dalam penerapan 5 M saat beraktifitas di luar rumah menjadi salah satu faktor utama dalam pencegahan Covid-19”, tandasnya. [ Red/Akt-35/Ansary ]

 

Aktual News

Mantan Menteri Penerangan masa Orde Baru, Harmoko meninggal dunia, Minggu (4/7/2021) 

 

Jakarta, Aktual News-Sebagai wartawan, Harmoko menjalani karier tersebut selama 23 tahun sejak lulus SMA dan bekerja mulai di Harian Merdeka pada awal 1960an.

Tahun 1964 pindah ke Harian Angkatan Bersenjata. Hanya berselang setahun, pria kelahiran Nganjuk, Jawa Timur ini berpindah lagi di harian API yang dikenal sebagai media yang “Pancasilais” pada waktu itu.

Pada saat yang sama, Harmoko juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah berbahasa Jawa, Merdiko. Hingga akhirnya pada 1970, Harmoko bersama Jahja Surjawinata, Tahar S. Abiyasa, dan Pansa Tampubolon menerbitkan Surat Kabar berbasis di Jakarta, Pos Kota.

Semasa menjabat sebagai Menteri Penerangan, Harmoko adalah pencetus gerakan Kelompencapir (Kelompok pendengar, pembaca, dan pemirsa) yang disiarkan televisi nasional, TVRI.

Selain itu, selama menjadi Menteri Penerangan Harmoko merupakan ‘kepanjangan tangan’ Presiden Soeharto melakukan pembredelan atas media-media masa dengan alasan demi menjaga stabilitas negara.

Ia dikenal sebagai mantan wartawan yang kemudian berkarier politik di bawah naungan Golkar, lantas menjadi Menteri Penerangan selama tiga periode Kabinet Pembangunan di bawah komando Presiden Soeharto. Ia menjabat di Kabinet Pembangunan IV, V, hingga sebagian VI atau dari 1983 hingga 1997.

Beberapa di antara yang pernah kena ‘tangan dingin’ Harmoko adalah Surat Kabar Sinar Harapan, Majalah Tempo, Tabloid Detik, dan Majalah Editor.

Sebagai mantan wartawan yang kemudian berkarier politik dibawah naungan Golkar, Harmoko lantas menjadi Menteri Penerangan selama tiga periode Kabinet Pembangunan di bawah komando Presiden Soeharto. Ia menjabat di Kabinet Pembangunan IV, V, hingga sebagian VI atau dari 1983 hingga 1997.

Karier politik Harmoko berakhir sebagai Ketua DPR/ MPR yang mengangkat Soeharto sebagai Presiden pada 1998 silam. Namun, Harmoko yang membisikkan agar Soeharto kembali maju jadi Presiden pada 1998, dia pula yang meminta sang penguasa Orba itu untuk mundur pada Mei 1998.

Berikut ini riwayat karier Harmoko:

•             Wartawan dan Kartunis di Harian Merdeka dan Majalah Merdeka (1960)

•             Wartawan di Harian Angkatan Bersenjata (1964)

•             Wartawan Harian API dan Pemimpin Redaksi Majalah Berbahasa Jawa, Merdiko (1965)

•             Pemimpin dan Penanggung Jawab Harian Mimbar Kita (1966-1968)

•             Salah Seorang Pendiri Harian Pos Kota (1970 s/d sekarang)

•             Menteri Penerangan Kabinet Pembangunan V (23 Maret 1988 – 17 Maret 1993)

•             Menteri Penerangan Kabinet Pembangunan VI (17 Maret 1993 – 14 Maret 1998)

•             Ketua Umum DPP Golkar

•             Ketua DPR/MPR (1993-1998)

Jabatan:

•             Ketua DPR/MPR (1997-1998)

•             Menteri Penerangan (1983-1997)

Kegiatan Lain:

•             Anggota BSF (1974-1978)

•             Anggota Dewan Pers

•             Anggota DPR/MPR

•             Ketua KONI Pusat Bidang Litbang

•             Wakil Presiden Konfederasi Wartawan ASEAN

Jabatan Dalam Kabinet:

Menteri Penerangan dalam kabinet Pembangunan IV masa kerja 29 Maret 1983 – 19 Maret 1988

Menteri Penerangan dalam kabinet Pembangunan V masa kerja 23 Maret 1988 – 17 Maret 1993

Menteri Negara Urusan Khusus dalam kabinet Pembangunan VI masa kerja 17 Maret 1993 – 14 Maret 1998

Menteri Penerangan dalam kabinet Pembangunan VI masa kerja 17 Maret 1993 – 14 Maret 1998

Mantan Menteri Penerangan era Soeharto, Harmoko tutup usia (meninggal dunia-red) di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu, 4 Juli 2021, sekira pukul 20:22 WIB. Selamat jalan, Bung.. [ Red/Akt-01 ]

Aktual News

Siantar,Aktual News-Mapolres Pematangsiantar telah dilaksanakan Upacara Korps Raport kenaikan pangkat Perwira, Pangkat Pengabdian dan Bintara Polri Polres Pematangsiantar. Senin, 05/07/2021 Pukul 08.00 Wib bertempat di Lapangan Apel

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Pematangsiantar AKBP BOY S.B SIREGAR,S.I.K, Perwira Upacara Kasubbag pers Bag Sumda AKP RAUN SAMOSIR SH, Komandan Upacara Kanit Patroli PARLUHUTAN MANURUNG SH. Kagiatan diikuti oleh, Para Kabag, Kasat,Kapolsek Jajaran Personil Polres Pematangsiantar.

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan saya mengucapkan selamat kepada para anggota beserta keluarga yang telah melaksanakan Korps Raport kenaikan pangkat pada hari ini, semoga dengan kenaikan pangkat yang telah diterima bisa menambah kebahagiaan dalam keluarga.

Adapun jumlah personil yang naik pangkat setingkat lebih tinggi sebanyak 29 (dua puluh Sembilan) orang diantaranya 1 Personil dari IPDA Ke IPTU, 1 Personil dari AIPTU Ke IPDA dengan pangkat Pengabdian, 8 Personil dari AIPDA Ke AIPTU, 8 Personil dari BRIPKA ke AIPDA, 10 Personil dari BRIGADIR Ke BRIPKA, dan 1 Personil dari BRIPDA Ke BRIPTU.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Pematangsiantar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personil Polres Pematangsiantar yang naik pangkat hari ini, karena atas dedikasinya, loyalitasnya, dan prestasi kerja yang telah dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan secara terus menerus tidak terputus-putus di lingkungan Polri kepada seluruh personil agar menjauhi meninggalkan kegiatan yang bertentangan dengan pelanggaran disiplin terlebih lebih yang tersangkut dengan tindak pidana agar karir kepangkatan kita dalam kepolisian republik indonesia tidak terhalang, pupuk rasa kebanggaan diri untuk menjadi pelayan masyarakat.

Kedepannya polri akan tetap memiliki tugas yang pastinya berat dimana polri masih menjalankan operasi yustisi menekan penyebaran covid-19 yang masih menjadi permasalahan khususnya di kota pematangsiantar ini. Kiranya personil polres pematangsiantar tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tetap menjalankan protokol kesehatan, semoga tuhan yang maha esa selalu memberikan kekuatan, kesehatan dan petunjuk kepada kita dalam melaksanakan tugas serta pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara.[ Red/Akt-40/Kiki ]

 

Aktual News

 

 

 

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Koordinator Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Luar Negeri, Dr. Abdul Rohman S. Daboussy menyampaikan laporannya ke Pimpinan Nasional PPWI di Jakarta bahwa pihaknya telah selesai mempersiapkan Kantor Perwakilan PPWI di Tripoli, Libya. Informasi ini diterima Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, hari ini, Minggu, 4 Juli 2021. Kepala perwakilan PPWI di Libya dijabat oleh Dr. Faez Mohmad Monsour Alfarjani.

“Setelah berhasil membuka Kantor Perwakilan PPWI di Beirut, Lebanon, beberapa waktu lalu, hari ini saya mendapatkan laporan dari Koordinator PPWI Luar Negeri, Dr. Abdul Rohman Daboussy, bahwa rekan-rekan PPWI di sana telah membuka kantor perwakilan kita di Tripoli, Libya,” ungkap Wilson Lalengke kepada media ini, Minggu, 4 Juli 2021.



Ini adalah kantor perwakilan PPWI yang kedua di luar negeri yang berhasil dibuka atas kerjasama antara Dewan Pengurus Nasional (DPN) PPWI yang dimotori oleh Dr. Abdul Rohman Daboussy, dengan mitra-mitra kerja di bidang media dan publikasi di luar negeri, khususnya di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. Pendirian kantor perwakilan di luar negeri, menurut Lalengke, merupakan satu terobosan PPWI untuk mewujudkan sebuah konektivitas komunikasi dan koordinasi antar masyarakat di berbagai belahan dunia.

“Kita bersyukur bisa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai bangsa di dunia melalui sebuah organisasi yang dibangun menggunakan sistim jurnalisme warga, jurnalisme masyarakat kebanyakan. Hal ini akan memungkinkan terbukannya peluang kerjasama antar bangsa yang lebih real, lebih nyata, dan menyentuh kalangan masyarakat akar rumput, bukan hanya oleh para pejabat dan pebisnis elit yang selama ini mendominasi perekonomian maupun geliat dinamika peradaban dunia,” jelas Lalengke yang merupakan lulusan pasca sarjana di bidang Global Ethics dari Birmingham University, The United Kingdom (UK).

Sementara itu, Dr. Abdul Rohman Daboussy dari Lebanon menyampaikan bahwa dirinya telah menjumpai Duta Besar Republik Indonesia di Beirut untuk melaporkan keberadaan kantor perwakilan PPWI, khususnya yang didirikan di Lebanon. “Lebanon’s PPWI representative, Mr. Jamil Ali Zaher, and I have visited and talked to the Ambassador of the Republic of Indonesia here in Beirut about the opening of PPWI office in Lebanon. Mr. Ambassador Hajriyanto Y Thohari and several officers were welcoming us and ready to support our effort to build cooperation among Indonesian journalists and the Lebanese media,” demikian Lalengke mengutip laporan dari pengurus PPWI di Lebanon.



Selanjutnya, Ketum PPWI Wilson Lalengke juga menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang mempersiapkan pembukaan beberapa kantor perwakilan di beberapa negara lagi di wilayah Timur Tengah dan Afrika. “Yang sudah sedang jalan persiapannya antara lain kantor perwakilan PPWI di Irak, Chad, dan Niger. Jika tidak ada hambatan, semoga tahun ini kita bisa membuka kantor perwakilan di sepuluh negara sahabat di wilayah Timur Tengah dan Afrika, termasuk di Arab Saudi,” imbuh Lalengke bersemangat.

Secara global, anggota PPWI telah menyebar di puluhan negara, baik di Asia, Afrika, Eropa, Australia, Amerika, maupun di Amerika Latin. Para anggota PPWI itu, ada yang berkebangsaan Indonesia yang tinggal di luar negeri, banyak juga yang berkebangsaan setempat. “Kita punya sahabat Mr. Katsujiro Ueno dan kawan-kawan PPWI di Jepang, Ken-Chu Lin dan kawan-kawan di Taiwan, Shiva Heririt dan kawan-kawan di Paris, Prancis, dan banyak lagi,” tutur Lalengke. (APL/Red)

Referensi:

BREAKING NEWS PPWI LEBANON; https://www.beritaistana.id/berita/breaking-news-ppwi-lebanon/

Bogor, Aktual News-Antusias Warga masyarakat pada kegiatan Vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Korem 061/SK terlihat di Mako Yonif 315/Grd. Ratusan orang yang sudah terdaftar untuk vaksin mengantri dengan teratur, bahkan warga yang belum mendaftar baik yang mendaftar melalui Kodim, Babinsa ataupun melalui aplikasi, juga ikut antri ingin mendapatkan vaksin, Minggu (4/7).

Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., selaku Komandan Korem 061/SK memantau kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 tersebut sejak pagi hingga sore hari. Ia mengatakan bahwa serbuan vaksinasi hari ini meningkat 3 kali lipat, itu artinya warga masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya vaksinasi.

” kalo kemarin di hari Sabtu, warga masyarakat yang mengikuti vaksin sebanyak 500 orang, sedangkan hari ini lebih kurang sebanyak 1000 orang. Sebenarnya yang sudah terdaftar melalui aplikasi dan melalui Babinsa yaitu 500 orang, selebihnya atau sisanya adalah warga masyarakat yang belum mendaftar dimanapun, baik melalui aplikasi ataupun melalui babinsa, termasuk para pengendara ojol dan lain sebagainya. Tapi bagaimanapun kami tetap memberikan pelayanan terhadap mereka yang memang ingin divaksin, hanya saja mereka harus tetap mengikuti prosedur dan mentaati mekanismenya, serta harus sabar.” Tegas Danrem.

Terkait rencana pemerintah yang akan melaksanakan program 2 juta vaksin perhari, Danrem menyampaikan bahwa Korem 061/SK akan mendukung penuh progam tersebut , dan akan berusaha semaksimal mungkin agar target yang diharapkan bisa tercapai sampai setiap harinya.
” Pada intinya kami dari Korem 061/SK siap mendukung penuh program vaksinasi nasional, termasuk rencana dua juta sehari yang dicanangkan oleh Pemerintah, dan kami akan berusaha melakukan semaksimal mungkin, terutama khususnya Kota Bogor. Karena program vaksinasi Nasional adalah upaya untuk membuat kekebalan imunitas, kelompok atau golongan masyarakat sehingga terbentuk.
minimal 80 sampai 90% harus vaksinisasi sehingga kekebalan immunity akan terbentuk.” Tambahnya.

Turut mendampingi Danrem dalam kegiatan pemantauan pelayanan Vaksinasi tersebut antara lain Kasrem 061/SK, Kasi Log Rem 061/SK serta Kasi Ops Rem 061/SK.[ Red/Akt-01 ]

 

Aktual News

Sumber: Penrem 061/SK

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Press conference jilid 2 yang dilakukan PPWI Nasional bersama Kuasa Hukum Ibu Nina Muhammad menyikapi 'program kriminalisasi Ibu Bhayangkari' yang diduga dilakukan oleh Polresta Manado dan Polda Sulut. Perkara ini mulai berlangsung sejak akhir 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. [Red]

[embed]https://youtu.be/MKkl0r9Buuc[/embed]

 

Baca juga :

Referensi Press Conference terdahulu (jilid 1) dapat dilihat di sini: https://youtu.be/AI6actzK8vY

NUSANTARAEXPRESS, JAKARTA - Press conference jilid 2 yang dilakukan PPWI Nasional bersama Kuasa Hukum Ibu Nina Muhammad menyikapi 'program kriminalisasi Ibu Bhayangkari' yang diduga dilakukan oleh Polresta Manado dan Polda Sulut. Perkara ini mulai berlangsung sejak akhir 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. [Red]

[embed]https://youtu.be/MKkl0r9Buuc[/embed]

 

Baca juga :

Referensi Press Conference terdahulu (jilid 2) dapat dilihat di sini: https://youtu.be/AI6actzK8vY

NUSANTARAEXPRESS, BOYOLALI - Perusahaan penyedia layanan internet dan solusi bisnis IT untuk korporasi, D-Net menggelar aksi berbagai di Ponpes Miftahul Jannah, Negmpak, Boyolali, Minggu (4/7/2021). Kegiatan dengan balutan silaturahmi itu juga diikuti berbagai unsur ormas Islam seperti Laskar Umat Islam Surakarta (Luis), Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK), hingga tokoh masyarakat setempat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Total ada 50 paket sembako yang diberikan D-Net. Paket itu berisi beras, minyak goreng, gula, kopi, teh, hingga mie instan. “Terima kasih untuk tim dari D-Net atas bantuan yang telah diberikan. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ungkap Pengasuh Ponpes Miftahul Jannah, Edi Lukito.

Edi menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyaknya keberagaman maupun perbedaan. Masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai latar belakang yang berbeda, seperti perbedaan agama, suku, ras, bahasa, budaya, adat istiadat dan antar golongan.

Salah satu cara untuk menjaga perbedaan yang beragam tersebut adalah dengan membentengi diri dan memahami benar hakikat Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebutlah yang dijadikan semboyan dan pedoman bagi kehidupan, sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

"Dengan saling menghargai satu sama lainnya sehingga terbangun keutuhan dan kebersamaan dalam membangun negara kesatuan dan bangsa," paparnya.

Dia menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, gotong-royong dan kerukunan harus semakin dipupuk. Terlebih dalam hal membantu sesama dalam kondisi sulit saat ini.

"Dengan demikian tujuan dari keharmonisan, hidup bertoleransi dan tercipta kedamaian benar-benar terwujud adanya," ujar dia.

Dalam tausiyah tentang nilai-nilai Pancasila yang disampaikan oleh menciptakan manusia dengan perbedaan, baik suku, agama, ras, adat dan bahasa, agar manusia dapat saling mengenal dan berbuat kebaikan di muka bumi.

Sementara itu, Pimpinan Humas D-Net, Winmas mengaku bersyukur pihaknya bisa berbagi di tengah pandemi Covid-19. "Kita mengajak kerjasama dengan ormas untuk bebersamaan dari segala elemen masyarakat. Ini sebagai bentuk gotong royong kepada sesama," papar Winmas. (GTR/Red)

Bogor, Aktual News Dalam rangka PPKM,relawan satgas,satgas covid_19 tingkat desa Sanja,Bogor dan satgas covid_19 tingkat Rw telah di lakukan dan berjalan lancar.

Kegiatan yang dilakukan Pada (03/06/2021) Sabtu pagi hingga selesai,Bpk Hadi (sekdes) menuturkan “giat melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh RW, penyemprotan ini di lakukan guna pencegahan virus covid _19 yang semakin meningkat” tuturnya.

Pada kegiatan ini dilaksanakan bertahap pertama penyemprotan yang dilakukan di wilayah Rw 05 /02, selanjutnya penyemprotan kedua dilaksanakan di wilayah Rw 04/ 06 ,dan pada tahap yang ke tiga dilakukan di wilayah 03. Kegiatan ini di lakukan dalam seminggu 2 kali.

Harapan semua berjalan lancar tentunya pada PPKM,dan seluruh yang berkaitan berperan aktif dan bersama-sama selalu menjaga kesehatan dan Covid_19 menghilang. [Red/Akt-07/Koswanto]

 

Aktual News

Diberdayakan oleh Blogger.